Minggu, 26 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] Re: Harmoni dan Keselamatan


hanya dua kata "deficit approach".....itu salah satu yang berlarut-larut
yang mendamparkan bumi ini ke tanah yang serba bingung (the land of
confusion)....dan nasib anak--anak yang punya kreatifitas dan kalau
dianggap menyimpang dari norma dan kebiasaaan (konteks harmoni dalam
arti sempit)....ya sudah pasti akan dianggap "bocah nakal".....tapi
kalau sudah ada pengakuan dari orang lain(negara lain) baru rame-rame
memberikan pujian....tapi proses selalu luput.....

smile with me

Nala

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "tuhantu_hantuhan"
<tuhantu_hantuhan@...> wrote:
>
>
> ½Harmony½ memang bisa ½menjebak½ karena bisa mengakibatkan
> keterbiusan ke dalam ½comfort zone½ yang berlarut-larut, dan ini
> memungkinkan kita tidak aware terhadap perubahan.

> Ketika masih mahasiswa, misalkan. Seorang mahasiswa masuk perguruan
> tinggi kebanyakan mengejar ijazah sarjana dengan harapan agar bisa
> menjadi ½PEKERJA.½ Setidaknya, itu yg pernah saya perhatikan
> diantara rekan-rekan mahasiswa. Hampir tak ada yang mencari ilmu untuk
> ½Mencipta Pekerjaan½... Karena, yah memang tidak gampang, alias
> susah.
>
> Tugas akhirpun diusahakan yg mudah-mudah saja, tidak peduli apakah
tugas
> akhir itu nantinya hanya nongkrong di laci. ½Ketidak Berdayaan½
> seperti yang Mbak Nala bilang itu, ya salah satunya karena, kita
sering
> mencari gampang, dan sudah terbiasa dengan hal itu. Karena kita selalu
> ingin agar segala sesuatunya berjalan dengan ½aman-aman½ saja...
>
> Pernah, suatu ketika ada seorang mahasiswa Teknik Industri, kebetulan
> sedang ngobrol dan bertanya, apa sebaiknya yang bisa dia tuliskan
dalam
> thesis tugas akhirnya. Saya tanya, mau jadi sarjana sekedar cari
selamat
> dan petantang petenteng bawa map nyari lowongan kerja. Kalau mau yg
> gampang, nggak usah nanya saya, deh... Tapi kalau memang mau menulis
> thesis yg nyari susah, lets have a coffee... Nah, dia milih yang
> ´nyari susah.´... Saya tanya lagi, tanggung sendiri akibatnya?
Dia
> jawab dengan tegas: Ya!
>
> Saya bilang ½amati yang belum ada, dan bisa dikembangkan sebagai
> sebuah industri yg kita disini butuhkan, dan punya peluang di luar
> negri. Misalnya ini...itu...dan anu... ½
>
> Jadilah dia memilih tugas akhirnya dengan salah satu daftar
> ½anu-ini-itu½ yg saya berikan...
>
> Dan, betul! dia mendapat masalah dengan dosen pembimbingnya karena
tidak
> ada referensi! Padahal, potensinya sebagai ½produk lokal½ sangat
> tinggi, bahan-bahan baku yg dibutuhkan berceceran tak punya nilai ...
> Jadi terlihat bagaimana ½clash½ yg ada antara POLA KAKU
institusi
> dan REALITAS di luar... Tapi anak itu tidak menyesal, dia ngotot dan
> ngancam akan keluar kuliah jika dia harus ganti topik... Ini kejadian
> yang sebenarnya.
>
> Jadi, sejak dari tahapan mahasiswa, oleh dosen-dosen DAN system, kita
> hanya disuruh buat sesuatu yg SUDAH ADA DIPASARAN... (ada
referensinya,
> katanya) ... Bukan cuma satu orang yg berani ´membangkang´ yang
> pernah ngobrol, ada dua lagi mahasiswa dengan topik dan background
> berbeda. Saya yakin jenis mahasiswa model begini ½berceceran½ di
> sana-sini, luput dari ½kamera½...
>
> Emang sih, tahun 2004 saya ada di Jakarta, ada urusan dan hanya 1
bulan
> saja disana. Kebetulan sempat bertemu salah satu teman penulis script
> (yg lagi nyari bahan cerita, karena bosan dgn tema sinetron sekarang,
> tapi kehabisan ide...) Teman saya tsb, berminat menuliskan beberapa
hal
> untuk dia ´transform´ kedalam bentuk sinetron... Waktu itu saya
> bilang, cari aja pemeran yg cocok, kalau hitungannya klop, saya jadi
> produsernya aja. Dia bilang, berani nggak elo, ini topik bukan soal
> ½iman½ dan ½takwa½ lho... Kalau yang gituan (imtak) pasti
> laku kayak kacang goyeng.... Hahahahahahahhaha... Indonesiaaaa...
> Indonesiaaaa... (Hendrik mode on)
>
> Be Fun
>
> Tuhantu
>
> http://hole-spirit.blogspot.com <http://hole-spirit.blogspot.com>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "gotholoco"
> gotholoco@ wrote:
> >
> > Kalau saya ngikut gaya bahasa atau gaya tulisan tuhantu atau
pabrik_t,
> > maka istilah atau sebutan "budaya harmoni" adalah suatu upaya
> > melarikan diri (escapisme) dari realitas keras persaingan dan atau
> > saling menghilangkan atau meniadakan. Akibat "budaya harmoni" maka
> > bangsa indonesia ketinggalan dalam persaingan ekonomi politik dan
> > teknologi.
> >
> > Bboleh jadi jika (bangsa)indonesia tidak bisa bersaing maka akan
> > menjadi puing-puing dan hanya menjadi catatan sejarah saja.
> > Budaya harmoni juga bertentangan dengan hukum kepastian kerusakan
alam
> > atau ekosistem yang perlahan-lahan maju dan atau menuju kerusakan
atau
> > kehancuran(dengan skala yang makin besar).
> >
> > "in harmonio progressio" yang dulu merupakan mottonya ITB, sejatinya
> > adalah "dalam progres harmonis" menuju kehancuran(secara
> perlahan-lahan).
> >
> > Salam
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, Akmal Hasan
> > akmalhasan@ wrote:
> > >
> >
> > > Saya lupa siapa yang bilang ya bahwa alam semesta ini
ibaratorkestra
> > tanpa penari.
> > >
> > >
> > >
> > > Rasanya bukan suatu kebetulan kalo Halte Busway Harmonidijadikan
> > tempat bertemunya armada trans-Jakarta dari 3 koridor.
> > >
> > >
> > >
> > > Dalam dualitas, yang dibutuhkan adalah kemampuan menyelaraskandua
> > sisi yang nampaknya saling berlawanan,
> > >
> > > di antara dua sisi ini terentang semua kemungkinan. Namun
> > tidaktertutup kemungkinan THE OTHER di luar dua sisi ini, mungkin
ini
> > yang disebutLIYAN oleh om Audi.
> > >
> > >
> > >
> > > Salam,
> > >
> > > Akmal
> > >
> > > ~Expect the unexpected~
> > >
> > >
> > >
> > > From:
> >
>
psikologi_transformatif@yahoogroups.com[mailto:psikologi_transformatif@y\
\
> ahoogroups.com]
> > On Behalf Of yohanessutopo
> > > Sent: Friday, August 24, 2007 5:41 AM
> > > To: menulis; musyawarah burung; PADMANABA60; pasar naskah;
> > psikologitransformatif; pustakalewi; seni wayang
> > > Subject: [psikologi_transformatif] Harmoni dan Keselamatan
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > Budaya:
> > >
> > >
> > > Harmoni dan Keselamatan
> > >
> > >
> > > Dhandhanggula:
> > >
> > > Ana kidung rumeksa ing wengi
> > > Teguh hayu luput ing lelara
> > > Luputing bilahi kabeh
> > > Jim setan datan purun
> > > Paneluhan tan ana wani
> > > Mungguh penggawe ala
> > > Gunaning wong luput
> > > Geni atemahan tirta
> > > Maling adoh tan wani marak ing mami
> > > Tujuh guna pan sirna
> > >
> > >
> > > Kidung adalah manifestasi dari harmoni. Bagi orang Jawa harmoni
> > adalah penjaga
> > > keselamatan: ana kidung rumeksa ing wengi... terdapat sebuah
kidung
> > (harmoni
> > > semesta raya) yang menjaga kehidupan. Inti budaya Jawa adalah
> > harmoni. Di dalam
> > > harmoni-lah ditemukan keselamatan. Jika harmoni ini terganggu,
akan
> > timbul
> > > bencana atau sengkala. (Untuk teks Kidung Mantra Wedha lengkap
dari
> > bait 1 s/d10, lihat di blog kami: www.catatanrenungan.blogspot.com).
> > >
> > >
> > >
> > > Semua ritual dalam tradisi Jawa didasarkan pada prinsip ini: untuk
> > menjaga atau
> > > memulihkan harmoni. Misalnya: slametan, atau kenduri. Dengan
kenduri
> > orang
> > > sekampung berkumpul dan berbagi makanan dari ambeng yang sama:
> > sehinggahubungan
> > > baik antar sesama dipulihkan dan harmoni kembali ditegakkan.
Ketika
> > ada seorang
> > > yang sakit misalnya, bagi mereka yang masih menjalankan tradisi
ini,
> > akan
> > > mengadakan slametan, dengan dipulihkannya hubungan baik dengan
> > orang-orang di
> > > sekitarnya, diharapkan si sakit dapat sembuh kembali.
> > >
> > > Ilmu kedokteran modern pun meyakini bahwa hubungan (relationship)
> > yang sehatdan
> > > hormonis dengan orang-orang di sekitar kita sangat besar dampaknya
> pada
> > > kesehatan kita. Orang-orang yang hubungannya dengan orang-orang di
> > sekitarnya
> > > tidak harmonis, selalu diwarnai percekcokan dan perang urat-saraf
> > akan rentan
> > > dengan penyakit stres dan serangan jantung. Orang Jawa telah
> > menyadari hal ini
> > > jauh hari sebelumnya, dengan ritual kenduri mereka mengharapkan
> > pemulihan
> > > hubungan yang harmonis dan sehat dengan para tetangga.
> > >
> > > Orang Jawa bukan saja meyakini adanya alam yang kelihatan tapi
juga
> > alam yang
> > > tidak kelihatan, yang tidak kasat mata. Dan hubungan yang harmoni
> > dengan alam
> > > yang tidak kasat mata itupun harus dijaga: maka diberikanlah
sesaji
> di
> > > tempat-tempat keramat. Mereka tidak bermaksud menyembah roh-roh
gaib
> > itu tapi
> > > sekedar menjaga harmoni dengan mereka.
> > >
> > > Demikian juga harmoni dengan alam: dengan sawah ladang, pepohonan,
> > hewan-hewan
> > > piaraan. Pada keluarga-keluarga tertentu yang masih sangat kuat
> > tradisiJawanya,
> > > mereka akan mengadakan slametan bukan saja dalam setiap momen
> > kehidupan seperti
> > > kelahiran, sunatan, mantenan, atau kematian tapi juga dalam
> > momen-momen yang
> > > penting dalam hubungan manusia dengan alam: seperti saat panen,
atau
> > ketikasapi
> > > mereka beranak... setiap momen adalah anugerah dan layak
disyukuri.
> > >
> > >
> > > Salam,
> > > www.catatanrenungan.blogspot.com
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Best of Y! Groups

Check it out

and nominate your

group to be featured.

Dog Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about dogs.

Food Lovers

Real Food Group

on Yahoo! Groups

find out more.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar