Kamis, 09 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] Re: OoT: Kinerja Karyawan Menurun ?

kalau sekarang:

1. Bos marah
2. Bos emosi
3. Bos ngamuk

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, Isywara Mahendratto
<isywaramahendratto@...> wrote:
>
> Studi tentang faktor faktor penyebab kelelahan lahir batin dalam
organisasi yang dilakukan pada beberapa ribu pria dan wanita dari
ratusan perusahaan selama dua puluh tahun menunjukkan terdapat enam
faktor utama yang menyebabkan menurunnya moral dan motivasi
karyawan. (Michael P. Leiter dan L. Robichaud, "Relationships of
Occupational Hazards with Burnout : An Assessment of Measures and
Models," Journal of Occupational Health Psychology 2, 1997; Maslach
dan Leiter, The Truth About Burnout.)
>
> Keenam faktor tersebut adalah :
>
> 1. Beban kerja berlebihan : Terlalu banyaknya pekerjaan,
sedikitnya waktu yang tersedia dan tidak adanya dukungan sistem
menghabiskan cadangan sumber daya dan berdampak pada menurunnya
kualitas kerja. Misal : rasio perawat dengan jumlah pasien yang
tidak seimbang, banyaknya jumlah transaksi yang harus dilakukan
petugas bank, manajer yang terlalu banyak melakukan tugas
administratif dsb.
>
> 2. Kurangnya wewenang : Besarnya tanggung jawab yang harus
dipikul namun tidak disertai wewenang dalam membuat keputusan.
Misal : campur tangan atasan yang berlebihan sampai ke aspek tehnis,
standar operating prosedur (SOP) yang terlalu kaku dsb.
>
> 3. Imbalan yang tidak memadai : Kecilnya upah dibandingkan
dengan volume pekerjaan, tidak menariknya skema insentif dari target
yang ingin dicapai, terjadinya perubahan kebijakan yang lebih buruk
dari kebijakan sebelumnya. Misal : penundaan kenaikan upah,
perubahan menjadi tenaga kontrak, pengurangan tunjangan
kesejahteraan, ditiadakannya bonus dsb.
>
> 4. Hilangnya sambung rasa : Terjadinya pengkotak-kotakan
penugasan yang berdampak pada meningkatnya isolasi sosial dalam
lingkungan kerja. Misal : adanya job desk yang terlalu kaku, gaya
manajemen "devide et empera" yang suka memelihara konflik dsb.
>
> 5. Perlakuan yang tidak adil : Perlakuan yang tidak sama dan
bukan berdasarkan "kompetensi" melainkan "like or dislike". Misal :
kebijakan yang arogan, tidak adanya sistem imbalan yang jelas dan
baku, diskriminasi berdasarkan pada kesamaan suku, kesamaan alumni,
kesamaan minat, nepotisme, dsb.
>
> 6. Terjadinya konflik nilai : Ketidak-sesuaian antara prinsip
pribadi dengan tuntutan pekerjaan. Misal : penugasan yang
mengharuskan mereka "menyogok", berbohong, ataupun taktik lain yang
menghalalkan segala cara namun aktifitas tsb. bertentangan dengan
nilai moral yang diyakininya.
>
> "Keluaran" dari praktek praktek yang tidak "fair" inilah yang
berpotensi menimbulkan sinisme, menurunnya motivasi, kinerja hingga
kelelahan mental kronis pada karyawan.
>
> Isywara Mahendratto
> http://servocenter.wordpress.com/
>
>
> ---------------------------------
> Fussy? Opinionated? Impossible to please? Perfect. Join Yahoo!'s
user panel and lay it on us.
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Yahoo! Avatars

Make a Virtual You

Show your style &

mood in Messenger.

Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Yahoo! Groups

Real Food Group

Share recipes

and favorite meals.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar