Jumat, 28 September 2007

[psikologi_transformatif] Re: Surat Keberatan Media Watch > Kesannya terlalu "sensi" nih ... :)


--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@... wrote:
>
> Lho? Komentar saya itu juga ditujukan untuk mengetahui reaksi Anda.
> Kesimpulannya sama: Ternyata begitu ya reaksinya ... :) [;)]
>

Hua...ha...ha... :)

manneke:
> Wah, Ratna berutang budi kepada Anda dong.


harez:
Nggak ada tuh utang budi - utang budi an ... :) Dia memang memiliki potensi dan kapasitas untuk itu koq. Waktu awal jadi mahasiswa saja ('85), dia sudah diangkat jadi ketua angkatan. Waktu saya jadi ketua senat, dikasih tugas beres dan bagus .... Jadi, .... ya memang pantes aja.... partisipasi saya cuma "bergandengan tangan"  (du ... illehh...) mendobrak tradisi yang "menolak" perempuan jadi ketua senat. Makanya, saya mau jadi campaign manager nya dia. Kemana lagi tuh anak sekarang .... ada info? (sekitar 10 tahun saya meninggalkan "dunia psikologi" - sejak 1996, jadi banyak kehilangan info).

manneke:
> Eh, yang bikin saya makin gak abis
> pikir, ngakunya "tergolong penghormat perempuan" tapi kok bisa punya pikiran
> seperti yang tertuang dalam isu Pro XL ini ya?
>
> Ah, mestinya saya tak usah bingung. Kan cuma mau mancing reaksi orang. Bisa
> berguna ya buat riset psikologi? Semoga.
>

harez:

Sudah dijawab sendiri kan .... jadi tidak perlu saya jawab lagi. :)


Walaupun demikian, tanpa maksud negatif, pernyataan bahwa "bahwa aktivis perempuan terkadang terkesan sensitif" tetap akan saya sampaikan (tidak terkait dengan iklan XL). Itu hanya kesan yang saya tangkap selintas dari berbagai pengalaman. "Kesensitifan" tersebut terkadang malah "kurang menunjang" gagasan maupun upaya-upaya untuk pengembangan dan pemberdayaan perempuan.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu, ketika Mas Luluk (Lukman Sriamin) meminta masukan sehubungan pembahasan KDRT, saya menyampaikan bahwa isi KDRT itu sendiri dapat menjadi bumerang bagi kaum perempuan. Khususnya yang terkait dengan pasal-pasal kekerasan psikologis.

Sebagaimana kita ketahui, pasal-pasal "terbuka"  dalam produk suatu hukum dapat bersifat multi-interpretable. Ocehan/omelan isteri atau ibu rumah tangga dapat saja diajukan sebagai "kekerasan psikologis" dan dijadikan sumber awal untuk membenarkan atau mengeliminir kekerasan fisik yang dilakukan oleh suami. Peluang multi tafsir ini seyogyanya dipersempit. Bukankah kekerasan terhadap perempuan lebih tepat ? Ya.... dan kemudian akhirnya hal tersebut dibahas.

Mengapa pasal-pasal multi tafsir tersebut bisa lolos ? Karena situasi sidang-sidangnya penuh emosi, yang sangat mungkin disebabkan adanya "sensitifitas" yang agak berlebih. Saya tidak tahu persis .... tapi itu sangat mungkin. Jadi, maksud saya menyampaikan masalah sensitifitas ini, bukan dengan tujuan negatif. Anggap saja sebagai masukan yang dapat diolah lebih lanjut, kalau berguna dipakai, kalau tidak diabaikan... :)

Jadi ingat dan kangen sama Bu Sadli nih .... pengen makan spagheti buatan beliau yang enak sekali, di beranda rumahnya yang sejuk itu lho ... :)

salam,
harez




> manneke
>
> Quoting sinagahp sinagahp@...:
>
> > Ha...ha...ha.... :)
> >
> > Wah ... memang benar kalau anda ini ..... sejati :)
> >
> > Mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan.
> >
> > Komentar saya itu memang ditujukan untuk mengetahui bagaimana reaksi
> > anda dan rekan-rekan. Ternyata begitu ya reaksinya .... :) [;)]
> >
> > Sejatinya, saya merasa saya tergolong penghormat perempuan. Boleh
> > ditanya di psikologi ui, siapa yang mengkader dan mendukung Ratna jadi
> > ketua senat mahasiswa, menembus tradisi. Boleh tanya Bu De Tih tuh ...
> > :) Atau tanya Ipoet (E. Kristi Poerwandari) juga boleh ... :)
> >
> > Jangan jadi berang begitu ah ... :)
> >
> > salam,
> > harez
> >
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@ wrote:
> > >
> > > Sensitif? Atau situ yang gak punya kepekaan? Kalo yang bikin iklan itu
> > di
> > > otaknya gak menyamakan tubuh perempuan dengan pulsa murahan, kenapa
> > pakai figue
> > > perempuan dengan tulisan Rp 1/detik di dadanya? Kok gak pake kucing
> > aja? Atau
> > > bunga mawar?
> > >
> > > Harusnya angka berapa? Ini pertanyaan supertolol. Emang tubuh manusia
> > bisa
> > > dihargai dengan Rupiah?
> > >
> > > Soal iklan yang pakai model laki-laki, ya situ aja yang ngerasa
> > laki-laki yang
> > > protes. Kalo kau tak mau protes, yah salah kau sendirilah. Tapi kalo
> > ada
> > > perempuan protes soal iklan dengan citra negatif tentang perempuan, ya
> > kau tak
> > > usah sewotlah. Mbok yang agak sensitif dikit gitu!
> > >
> > > manneke
> > >
> > >
> > > Quoting sinagahp sinagahp@:
> > >
> > > >
> > > > > Citraan ini sangat merendahkan perempuan, memberi kesan tubuh
> > > > > perempuan tersebut sama dengan seharga Rp 1 / per detik. Bahwa
> > iklan
> > > > > ini menunjukkan citraan penjualan seorang perempuan, atau ide dari
> > > > > bisnis hotline.
> > > >
> > > > harez:
> > > >
> > > > Harusnya angkanya berapa per detik? seribu, sepuluh ribu, sejuta ?
> > > > Kesannya siapa ? :)
> > > >
> > > > Kalau dilihat-lihat dan direnung-renung koq kesannya "sensitif"
> > banget
> > > > sih? Masa iya, orang berpikir tubuh perempuan sama ama pulsa
> > murahan?
> > > > Sejam 3600 perak, hampir sama ama chicki snacknya anak kecil. Yang
> > betul
> > > > aja ... Terlalu sensi nih .... :)
> > > >
> > > > Lagian, kalau ngomongin soal diskriminasi, koq iklan apa tuh (LMen
> > ...?)
> > > > atau iklannya AXE koq nggak diprotes? Kan itu nunjukin "udel"nya
> > > > laki-laki? Atau malah menikmati .... ha...ha...ha... :)
> > > >
> > > > Kalau menurut saya, yang harus diprotes lebih keras itu malah
> > > > iklan-iklan dan jasa hotline itu malah. Itu jelas-jelas menjual
> > wanita,
> > > > mulai dari suara dan seterusnya .... he...he...he... ada-ada aja :)
> > > >
> > > >
> > > > salam,
> > > > harez
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "adindatitiana"
> > > > adindatitiana@ wrote:
> > > > >
> > > > > MEDIA WATCH
> > > > > Jl.Bangka Raya No 43 ,Jakarta Selatan 12770
> > > > > Telp: 021-7192627 Fax:021-7192523
> > > > > Email: pemantau_media@
> > > > >
> > > > > No : 001/E/MW/SK/IX/07
> > > > > Lamp : 1 buah foto contoh iklan
> > > > > Hal : Surat Keberatan
> > > > >
> > > > > Jakarta, 26 September 2007
> > > > >
> > > > > Kepada Yth.
> > > > > Pimpinan Perusahaan
> > > > > Kartu Seluler XL
> > > > > di tempat
> > > > >
> > > > > Dengan hormat,
> > > > > Kami bermaksud menyampaikan surat keberatan kami atas iklan XL
> > versi
> > > > > perempuan dengan menggunakan kaos bertuliskan Rp 1/detik
> > > > > Dari cara mempromosikan iklan tersebut menunjukkan citra yang
> > > > > melecehkan perempuan, karena :
> > > > >
> > > > > Model yang diperagakan adalah seorang perempuan dewasa berdiri dan
> > > > > dibagian perut serta sekitar payudara bertuliskan Rp 1 / per
> > detik.
> > > > >
> > > > > Citraan ini sangat merendahkan perempuan, memberi kesan tubuh
> > > > > perempuan tersebut sama dengan seharga Rp 1 / per detik. Bahwa
> > iklan
> > > > > ini menunjukkan citraan penjualan seorang perempuan, atau ide dari
> > > > > bisnis hotline.
> > > > >
> > > > > Dengan ini kami sangat keberatan sekali iklan tersebut terus
> > menerus
> > > > > ditayangkan dan diterbitkan di media-media sampai sekarang yang
> > dapat
> > > > > dilihat oleh semua orang. Masih banyak iklan XL lain sebelumnya
> > yang
> > > > > terlihat lebih kreatif tanpa mencitrakan perempuan seperti itu.
> > > > >
> > > > > Negara Indonesia sudah sepakat untuk menghapuskan semua bentuk
> > > > > diskriminasi terhadap perempuan baik langsung maupun tidak
> > langsung
> > > > > (UU No. 7 Tahun 1984) salah satunya peran media massa (termasuk
> > iklan)
> > > > >
> > > > > Semoga masukan dari kami ini sangat bermanfaat bagi perusahaan
> > Anda.
> > > > >
> > > > > Kami sangat terbuka untuk berdialog dengan pihak XL mengenai
> > keberatan
> > > > > kami ini. Agar terjadi pengertian masyarakat dan untuk selanjutnya
> > > > > silahkan menghubungi Dinda di 08151609391 atau email kami di
> > > > > pemantau_media@ bila tertarik untuk merencanakan pertemuan.
> > > > >
> > > > > Media Watch akan terus memantau tayangan televisi yang memiliki
> > > > > tayangan yang membuat citraan perempuan menjadi negatif. Tujuannya
> > > > > bukan untuk memberangus media industri, tetapi memberi 'masukan
> > lebih'
> > > > > segala hal yang berhubungan dengan prinsip hak asasi manusia. Di
> > > > > negara lain metode ini sudah diterapkan, diantaranya di Filipina.
> > > > >
> > > > > Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
> > > > > Hormat kami,
> > > > >
> > > > > Mariana Amiruddin
> > > > > Koordinator Umum
> > > > >
> > > > > CC:
> > > > > 1.Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
> > > > > 2.Komisi Penyiaran Indonesia
> > > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Special K Challenge

Learn how others are

shedding the pounds.

Yahoo! Groups

Going Green

Share your passion

for the planet.

Yahoo! Groups

Dog Zone

Connect w/others

who love dogs.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar