Kamis, 06 September 2007

Re:Re: [psikologi_transformatif] Re: puasa. pedewasaan spiritual..

Kenapa kyk yg pd ngotot sih?kan kalo ga salah dulu dah
ada yg nulis ; ada r?
ahasia alam yang tidak dapat dijangkau oleh akal
manusia.udahlah,kok ngurus?
in org brjilbab pacarannya asoy segala,jilbab kan cuma
simbol keagamaan,yg ?
make juga blom tentu pemahaman ttg agamanya itu sdh
ada pd tingkat yg lebih?
tinggi dari yg ga pake,ngga ngejamin itu mah.pastor
bibit unggul apa pula ?
itu?!!ga jelas juntrungannya,kalo bibit unggul ya mbo
dilestarikan,dikemban?
gbiakan biar bibit unggulnya makin banyak melimpah
ruah.cobalah baca berita?
daerah dr koran lokal,ada juga tindak kriminal yg
dilakukan itu org yg ber?
titel ustad,pastor,pendeta maupun haji.pernah dengar
ungkapan "saya lebih p?
ercaya pada mantan penjahat daripada mantan
ustad/pendeta..."
_____________________________
Sent from my phone using flurry - Get free mobile
email and news at: http:/?
/www.flurry.com

--- Original Message ---
Date: Wed Sep 05 23:05:29 PDT 2007
From: hendrik bakrie <henrik12syiah@yahoo.com>
To: psikologi_transformatif@yahoogroups.com
Subject: Re: [psikologi_transformatif] Re: puasa.
pedewasaan spiritual..
---

hahhaha...hahhhaha.....hahhaha.......
1. jadi jika biarawati dan pastur itu adalah bibit
unggul.... lalu kenapa?
ada ajaran mereka tidak boleh sex untuk mendapatkan
keturunan unggul...????
... jadi kalau nilai kebaikan atau org baik dijadikan
ukuran dengan menjadi ?
itu.. lalu tentu saja secara tdk langsung
menghilangkan generasi lahirnya b?
ibit unggul.... apalagi kalau yg jadi pastur atau
biarawati itu gagah dan c?
antik..... hahahha.....hahahahha......hahahha.......
kadang ada agama itu l?
ucu...... tetapi lebih lucu lagi kalau ada org yg
sudah belajar teori gen?
etika tetapi menjadi seperti itu...... betul
kagak.....?????
2. penis tuhan atau spermanya....???
hahahah....hahaha.....hahhaha..... m?
ungkin roh kudus.... tetapi kalau api, air, bumi,dll
itu dari penis atau sp?
erma tuhan yg mana sih....???
3. kalau tuhan kagak mau dikira gendoruwo maka
sebaiknya kagak usah punya?
anak dari manusia (tapi nyatanya sekarang tuhan sudah
punya banyak model d?
an warna rambut bahkan warna kulit).... khan aneh
kalau ada pembuat patung ?
tetapi mau punya anak dari patung buatannya.... jika
seandainya diperbandin?
gkan manusia dengan tuhan terhadap manusia dengan
anjing... maka tentu saja?
yg menjadi manusia adalah tuhan dan manusia adalah
anjing (sebab tuhan har?
us lebih tinggi).. jadi adalah suatu keanehan jika ada
manusia "menggauli a?
njingnya" dengan keinginan untuk mendapatkan anak dari
anjingnya.... betul ?
kagak....????
haahahha...hahhha......hahahaha............ kadang
manusia se?
cara tidak sadar mungkin dalam beragama menjadi yg
paling kurang ajar terha?
dap tuhan..... 4. kalau ada gadis berjilbab di ugm
sana yg pacaran... bagu?
s tuh.... kali aja tuhan mau punya anak dari gadis
itu.... bunda maria khan?
berjilbab dan bertunangan dengan yusuf.... tunangan
bisa loh disamakan den?
gan pacaran bahkan bisa lebih berani... jadi
kemungkinan besar dengan ada p?
erilaku itu maka akan lahir adik2 yesus yg lebih
banyak lagi.... hhahahahah?
.......hahaahhaha........hahahhaha....... ayo tuhan,
lebih semangat aja ambi?
l tunangan makhlukmu alias anjingmu....
hahhaha....hahahahah....hahahah...?
..


nalaratih <nalaratih@yahoo.com> wrote:
teori genetika yaaaaaa......artinya
Hend...pastur dan biarawati t?
uh
bibit unggul doooooong..bener kagak????? dan mbok
cerita penis Tuhan
tuh seperti apa sihhhh??? emang punya ya (mikir mode
on)..
dan gimana bisa nikah ama Tuhan..wong ndak keliatan
seperti
hantu...ntar dikiranya nikah ama gendruwo seperti di
pilem
indonesia...(bingung mode on).....:)
tapi Hend...ini di lembah ugm sana...konon kabarnya
banyak orang
pakai jilbab pacaran nya asoy punya.....gimana
tuh?????? (jangan-
jangan yang pakai jilbab tuh orang kristen kali
yaaaaaaaaaaa)....
mbok ya kata-kata si Nietzche dijelaskan karena kalau
ndak salah kan
tidak eksplisit begitu yang dimaksudkan beliau.....

so...mo ngesex bebas???? silakan hubungi tuhan kristen
terdekat
rumah anda.....and keep

smile with me
Nala

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com,
hendrik bakrie
<henrik12syiah@...> wrote:
>
> hahahahah......hahahha...iya.. nanti gue bilang,
kalau gue
ketemu... hahahha...hahahah....hahaha..... jika muslim
lebih dikenal
dengan punya banyak istri... maka tentu saja org
kristen harus
dikenal juga dengan "punya banyak teman sex alias
perempuan yg bisa
di sex tanpa harus menikah" bahkan harus dikenal
dengan pihak
yg "bertanggung jawab terhadap lahirnya/suburnya
tempat prostitusi
seperti di bali dan di thailand".... betul
kagak....???...
setidaknya budaya sex bebas belum menjadi ciri khas
masyarakat
muslim saat ini... jangan dilupa, mungkin kristen
adalah pihak yg
bertanggungjawab terhadap hilangnya beberapa generasi
org yg baik
akibat adanya ajaran "tidak menikah" bagi pastur dan
biarawati...
betul kagak....??? (teori genetika)....
>
> puasa mengajarkan kita mengendalikan nafsu... bukan
menghilangkan... sebab jika nafsu sex bisa melahirkan
sidharta yg
mengajarkan nirwana dan juga paus... jadi kalau memang
mau sex atau
kagak tahan lagi sex maka harus nikah... sebab yg
membedakan manusia
dengan binatang adalah nikah... dan yg namanya nikah
terdapat hak
suami dan hak istri, begitupula dengan kewajiban suami
dan kewajiban
istri...
>
> kalau tuhan dikristen aja punya nafsu dengan
tunangan
makhluknya... betul kagak....??? kok mau punya anak
dari tunangan
org lain sih....??? kalau org arab dihina karena punya
keinginan
terhadap pembantunya yg org indonesia (padahal sama2
manusia)....
lalu kenapa tuhan yg memilki hasrat/nafsu terhadap
makhluknya
itu "tidak dihina"....???... menjijikkan.....!!!
bahkan yg paling
menjijikkan karena tuhan tidak menikahinya....!!!
>
> kalau diislam, maria (maryam itu tidak pernah
disentuh oleh pria)
dan tuhan tidak punya keinginan punya anak darinya..
tetapi di
kristen, justru tuhan sudah tau kalau maria punya
tunangan tetapi
mau punya anak dari tunangan org (sekaligus
makhluknya) tetapi tidak
ada jalur pernikahan.... jadi tuhan dikristen itu
"sangat tidak
bermoral".....!! betul kagak...??? tetapi ketika sudah
punya anak
sekaligus jadi anak tetapi anehnya tuhan yg sudah
punya penis (sebeb
dia disunat) malah tidak ingin punya anak....!! jadi
sia2 tuhan
punya penis... dan kasihan wanita baik2 yg ingin punya
anak dari
tuhan... (tuhan tidak bermoral pada wanita)..
>
> "siapapun yg menyentuh perjanjian baru maka harus
mencuci
tangannya" (nietzsche)
>
> mengapa pelacur ada..??? sebab konsumen ada...!!
kenapa
ada "selingkuh"...?? sebab istri hanya boleh
satu....!!
mungkin.......
>
> islam adalah agama fitrah manusia (al quran)...
>
> tetapi yg saya kagum sekali adalah kemampuan islam
untuk memasuki
alam pikiran seorang freud yg ateis.. dia tetap
menjadi dirinya
tanpa harus menjadi yg lain.... dan dia bisa
menjelaskan dirinya
tentang kebenaran dirinya.... freud khan berfikir
mengapa mustahil
dia pasti salah..
>
> "dan ALLAH memberi petunjuk kepada siapapun yg
dikehendakiNya"
> "dan kami perlihatkan dari segala ufuk bahkan dirimu
sendiri
sehingga jelaslah bahwa alquran itu benar" (alquran)..
> "tidak ada paksaan dalam agama, telah jelaslah jalan
yg benar
daripada jalan yg sesat" (alquran)..
> "bawalah hujjahmu (bukti) jika kamu adalah org2 yg
benar"
(alquran).
>
> as as <as2004as_as@...> wrote:
Tolong bilangkan sama si Jalaludin Rahmat, dia sudah
puasa lebih
dari 40 tahun, tetapi dia masih juga suka bermain-main
dengan alat
kelaminnya, ialah dengan kawin lagi atau kalau istilah
orang
Belanda, menggundik lagi. Tidak kasian sama isterinya
yang
mendampingi dia ketika ia masih melarat. Di mana letak
kemanusiaan
dia ? Liat saja, tampangnya sudah tuwek ewk-ewek gitu
cari gadis
yang kinyis2.
>
> Dia bilang, orang modern numpuk kekayaan, dan dia
terbukti numpuk
gundik.
>
> Dia bekoar mengendalikan hawa nafsu, tapi,
realitasnya, dia
mengumbar hawa nafsu.
>
> Grupmu itu, nDrik, semuanya juga sudah berpuasa, dan
semua orang
disuruh menghormati kalau dia sedang berpuasa, inilah
aku sedang
berpuasa, hai, hormatilah aku, aku sedang berpuasa.
>
> Tetapi tetap saja dia ngrusak tempat ibadah orang
lain.
>
> hendrik bakrie <henrik12syiah@...> wrote:
>
> dari salah satu web site islam...
>
> Puasa, Menuju Pendewasaan Spiritual
> K.H Jalaluddin Rakhmat
>
> Mengapa puasa itu disyariatkan Allah swt pada
seluruh agama?
Pertama, puasa adalah alat untuk mendekatkan diri
kepada Allah swt.
Hakikat keberagamaan adalah upaya untuk mendekati
Allah sehingga
kita menemukan puasa terdapat pada seluruh agama di
dunia ini.
Kedua, agama memenuhi kebutuhan spiritual atau
kebutuhan rohani
kita. Jika Anda seorang Antropolog, Anda tahu bahwa
banyak lembaga-
lembaga sosial dibentuk untuk memenuhi kebutuhan
manusia.
> Untuk memenuhi kebutuhan manusia akan pemuasan
seksual,
masyarakat membentuk lembaga pernikahan. Untuk
memenuhi kebutuhan
manusia akan kekuasaan, masyarakat menciptakan sistern
politik.
Untuk memenuhi kebutuhan ruhaniah manusia, pada
masyarakat lahir
agama. Agama adalah institusi untuk rnemenuhi
kebutuhan ruhaniah.
Secara filosofis, kita percaya bahwa yang membedakan
kita dari
makhluk-makhluk lain adalah ruh. Sebagian orang
menyatakan bahwa
hakikat kemanusiaan seseorang terletak di dalam
ruhnya.
>
> Ada suatu penelitian tentang puasa di Barat.
Penelitian itu
mengamati sekelompok orang yang berpuasa. Setelah
beberapa hari
puasa, terjadi sesuatu yang aneh. Pikiran mereka
menjadi lebih
filosofis. Mereka jadi bisa berfilsafat. Seperti
seorang filusuf,
orang yang berpuasa itu mulai berfikir yang abstrak.
Fikiran mereka
tidak terbatas pada hal-hal yang konkret lagi. Di
dalam ilmu
Psikologi Perkembangan (Development Psychology), kita
ketahui bahwa
dalam perkembangan kepribadiannya, manusia
mengubah-ubah bentuk
kebutuhannya. Dengan kata lain, kenikmatan manusia ini
berganti-
ganti sesuai dengan perkembangan kepribadiannya.
>
> Pada tingkat yang masih awal sekali dalam
perkembangan
kepribadian, kebutuhan manusia itu hanya berkaitan
dengan hal-hal
yang konkret atau hal-hal yang berwujud dan kelihatan.
Pada tingkat
ini, kebutuhan itu memerlukan pemuasan yang sesegera
mungkin
(Immediate Gratification).
>
> Sigmund Freud bercerita tentang kesenangan anak-anak
di masa
kecil mereka. Menurutnya, ada tiga tahap perkembangan
kenikmatan
anak-anak itu. Ketiga tahap itu memiliki persamaan.
Semuanya
bersifat konkret, bisa dilihat, dan pemenuhannya
sesegera mungkin.
Kalau orang itu lapar, ia makan. Segera dia dipuaskan
dengan
kesenangannya pada makan dan minum. Menurut Freud,
dalam periode
paling awal pada perkembangan kepribadian anak, letak
kenikmatan
adalah pada mulut mereka. Freud menyebutnya Periode
Oral.
>
> Anak-anak menemukan kenikmatan ketika memasukkan
sesuatu ke
mulutnya. Kesenangan ini diperoleh dalam pengalaman
pertama ketika
dia menyusu pada ibunya. Dia lalu belajar untuk
memasukkan apa saja
ke dalam mulutnya. Pada Tingkat Oral ini, jika
anak-anak
diperintahkan untuk berjalan, dia akan berusaha
mengambil sesuatu
dan mencoba untuk memasukkannya ke mulut. Bila tidak
ada sesuatu
yang bisa diraih untuk diletakkan ke dalam mulutnya,
dia akan
memasukkan tangannya sendiri.
>
> Pada perkembangan selanjutnya, kenikmatan itu tidak
hanya
terletak pada mulut. Dia mendapatkan kenikmatan ketika
mengeluarkan
sesuatu dari tubuhnya. Seperti ketika dia buang air
besar atau buang
air kecil. Masa itu disebut Masa Anal. Pada periode
ini, seorang
anak bisa berlama-lama di atas toilet. Dia senang
melihat tumpukan
kotorannya dan kadang-kadang ia mempermainkannya.
>
> Sesudah itu, kepribadian anak berkembang lagi.
Kenikmatannya
sekarang bergeser. Dia memasuki satu periode yang akan
mempersiapkan
diri untuk menjadi orang yang lebih dewasa. Periode
ini dinamakan
Periode Genital. Dia senang mempermainkan alat
kelaminnya dan
memperlihatkannya pada orang tuanya.
>
> Kalau teori Freud benar, maka seluruh kebutuhan pada
masa kanak-
kanak itu bersifat fisik. Tidak ada kebutuhan ruhaniah
sedikit pun
di situ. Kebutuhan kita ini berkembang. Semakin dewasa
kita, semakin
abstraklah kebutuhan kita. Pada orang-orang tertentu,
kepribadiannya
itu terhambat dan tidak bisa berkembang. Hambatan
kepribadian itu
disebut Fiksasi.
>
> Misalnya ada orang yang terhambat pada pemenuhan
kebutuhan oral
saja. Walaupun dia sudah dewasa, dia hanya memperoleh
kenikmatan
pada makan dan minum saja. Perbedaannya ialah bahwa
dia mengubah
makan dan minum itu ke dalam bentuk simbol, misalnya
dalam bentuk
pemilikan kekayaan. Saya pernah diwawancarai sebuah
radio di
Jakarta. Saya ditanya tentang relevansi puasa dalam
kehidupan
modern. Saya jawab dengan merujuk kepada teori Freud.
>
> Orang-orang modern dalam pandangan Freud adalah
orang-orang yang
sakit jiwa, orang-orang yang terhambat dalam
perkembangan
kepribadiannya. Mereka hanya mengejar kenikmatan dalam
makan dan
minum saja atau paling tidak mereka terhambat pada
tingkat Genital.
Mereka seperti anak-anak, masih mencari kenikmatan
dalam
mempermainkan alat kelaminnya.
>
> Lembaga-lembaga modern dibuat untuk memenuhi
kebutuhan itu; makan,
minum, dan seks. Bisnis makanan sampai sekarang adalah
bisnis yang
paling banyak menyedot uang di dunia modern. Saya
dengar asset
bulanan suatu restoran fast food di Indonesia itu
adalah puluhan
milyar rupiah. Jadi, puluhan milyar rupiah dikeluarkan
oleh orang
Indonesia hanya untuk membeli sepotong burger saja.
Rata-rata orang
Indonesia mengeluarkan lebih dari tujuh puluh lima
persen dari
penghasilannya untuk makan dan minum.
>
> Orang modern adalah orang yang kerjanya menumpuk
kekayaan. Ia akan
memperoleh kenikmatan dengan melihat banyaknya
kekayaan yang
dimilikinya. Saya ingin memberikan contoh yang
sederhana. Dahulu, di
salah satu kampung yang bertetangga dengan kampung
saya, ada seorang
ibu yang dikenal sebagai orang kaya (kaya dalam ukuran
kampung).
Tetapi, sehari-hari dia hanya makan dengan nasi yang
amat sedikit.
Lauk pauknya pun ia cari sendiri dengan merendam
dirinya di sungai
untuk memperoleh ikan. Pakaian yang biasa dipakainya
pun sangat
sederhana.
>
> Ketika ia meninggal dunia, lemarinya dibuka.
Herannya, lemari itu
penuh berisi dengan pakaian yang bagus-bagus. Orang
tidak pernah
melihat ia memakai pakaian-pakaian itu. Ia juga
meninggalkan uang
yang bertumpuk-tumpuk. Orang-orang bingung. Ia
menderita sepanjang
hidupnya padahal ia memiliki harta yang banyak. Orang
tidak tahu
bahwa ibu itu memperoleh kenikmatan tidak dalam
mempergunakan
seluruh harta dan barangnya, tapi ia memperoleh
kenikmatan ketika
ia membuka lemari dan memandang hartanya itu seraya
berkata pada
dirinya, "Semua ini milikku."
>
> Orang kota juga banyak yang seperti itu. Dia
memperoleh kenikmatan
dalam membaca laporan depositonya di bank. Kalau dia
ingat, dia
membuka lemari dan menyibak lembaran-lembaran
depositonya. Ia tidak
ingin menggunakan depositonya karena takut jumlah uang
itu akan
berkurang. Ada juga orang yang membeli barang-barang
dan memperoleh
kenikmatan dengan melihat tumpukan barang-barang itu.
Sebetulnya
sebagian barang itu saja sudah cukup baginya tetapi
dia memperoleh
kenikmatan dalam pemilikan semua barang itu.
>
> Menurut Sigmund Freud, orang yang seperti itu
bertahan dalam
tahap yang kedua, yaitu tahap kenikmatan melihat
kotoran. Penumpukan
kekayaan yang dibeli dengan pengeluarannya itu
sebetulnya adalah
pemuliaan atau simbolisasi dari kenikmatan melihat
kotoran. Freud
juga memandang bahwa kekayaan-kekayaan yang ditumpuk
itu sebetulnya
adalah kotoran. Dia terhambat pada periode Anal.
>
> Manusia yang tidak mengalami Fiksasi akan memasuki
kepada tahap
kebutuhan yang lebih abstrak, antara lain kebutuhan
intelektual,
kebutuhan akan informasi, kenikmatan dalam
mengumpulkan informasi,
atau kenikmatan dalam menyampaikan informasi.
(Informasi itu sesuatu
yang abstrak.) Abraham Maslow membuat piramida
kebutuhan manusia.
Semakin tinggi bagian piramida, semakin abstrak pula
kebutuhannya.
Pada tingkat yang paling bawah, manusia hanya memenuhi
kebutuhan
makan dan minum saja atau kebutuhan biologis saja.
>
> Bila kebutuhan biologis itu sudah terpenuhi,
kebutuhannya akan
naik pada tingkat selanjutnya. Kebutuhan di atasnya
itu adalah
kebutuhan akan kasih sayang, ketenteraman, dan rasa
aman. Lebih atas
lagi adalah kebutuhan akan perhatian dan pengakuan.
Lebih tinggi
dari itu adalah kebutuhan akan self actualization atau
aktualisasi
diri. Dalam Islam, hal itu disebut kebutuhan akan
AlTakämul Al-
Rühäni, proses penyempurnaan spiritual. Itulah
tingka?
t yang paling
tinggi dalam kebutuhan itu.
>
> Dari uraian yang panjang itu kita bisa menyimpulkan;
semakin
dewasa seseorang, semakin abstrak kebutuhannya.
Kebutuhan yang
paling tinggi ialah ketika orang berusaha memenuhi
kebutuhan-
kebutuhan ruhaniahnya bukan kebutuhan-kebutuhan
jasmaniahnya. Itulah
orang yang sudah sangat dewasa. Di bulan Ramadhan kita
dilatih untuk
mengembangkan kepribadian kita. Kita meninggalkan
tingkat Oral,
Anal, dan Genital ke tingkat ruhaniah yang lebih
tinggi.
>
> Pada siang hari di bulan Puasa, kita berlatih untuk
meninggalkan
masa kanak-kanak kita. Kita mencoba menahan diri untuk
tidak
memenuhi kebutuhan Oral kita dengan tidak makan dan
minum. Kita pun
mencoba untuk meninggalkan tahap Genital dengan
mengendalikan nafsu
seks kita. Pada bulan Ramadhan, kita belajar menjadi
dewasa. Di
bulan itu kita berusaha untuk memenuhi kebutuhan
ruhaniah kita. Kita
meninggalkan keterikatan pada tubuh kita dan mulai
mendekati ruh
kita. Kita adalah gabungan antara ruh dan tubuh tapi
dalam kenyataan
sehari-hari kita ini terikat sekali dengan tubuh kita.

>
> Seseorang yang sudah sampai pada tingkat di mana
keterikatan pada
ruhnya lebih besar daripada keterikatan pada tubuhnya,
akan mampu
untuk mengendalikan tubuhnya sendiri. Orang yang
sangat terikat
dengan tubuh akan mudah sekali dipengaruhi oleh
perubahan cuaca. Dia
bisa kedinginan kalau suhu udara turun. Dia bisa
kegerahan kalau
suhu udara naik. Sedangkan orang yang sudah lebih
terikat kepada ruh
akan bisa menciptakan tubuhnya sejuk ketika udara
sangat panas. Dia
pun bisa membuat tubuhnya hangat ketika udara amat
dingin.
>
> Menurut Murtadha Muthahhari, salah satu tahap dalam
wilayäh at?
au
kewalian seseorang adalah tahap di mana ia sudah bisa
mengendalikan
hawa nafsunya. Dia tidak akan marah ketika seharusnya
marah. Dia
tidak ingin membalas dendam ketika semestinya ia
membalas dendam.
Dia tidak sakit hati ketika orang menyakiti hatinya.
Nafsunya sudah
terkendalikan. Menahan makan dan minum serta menahan
diri dari
perbuatan zina sudah termasuk tingkat wilayah yang
paling awal. Jadi
di dalam bulan Puasa, Insya Allah, kita akan menjadi
wali-wali Allah
pada tingkat yang paling Elementer.
>
> Jika orang sudah berhasil mengendalikan seluruh hawa
nafsunya, dia
akan naik kepada Wilayäh yang kedua, yaitu ketika
ruhnya sudah b?
isa
mengendalikan tubuhnya. Tingkat yang ketiga, ialah
ketika ruhnya
sudah bisa mengendalikan gerakan alam semesta. Kalau
dia menyatakan
sesuatu itu jadi, maka terjadilah sesuatu itu. Kalau
dia meminta
supaya pohon itu berbunga, maka berbungalah pohon itu.
Dari dirinya
memancar sesuatu yang menggerakan dan menggoncangkan
seluruh molekul
di sekitarnya.
>
> Menurut Iqbal, orang seperti itu adalah orang yang
sudah bisa
menentukan takdirnya. "Kembangkan dirimu begitu rupa,"
kata
Iqbal, "sehingga kalau Allah akan menetapkan
takdirnya, Dia akan
berkonsultasi dulu dengan kamu. Kalau Allah akan
mematikan kamu,
Dia akan bertanya dulu: Apakah kamu akan mati sekarang
atau nanti."
Orang tersebut sudah mencapai tingkat kewalian yang
ketiga. Ketika
dia bisa menentukan takdir, menggenggam takdir
ditangannya, dan
tidak lagi tunduk kepada takdir. Bahkan Allah
menentukan takdir
dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepadanya.
>
> Bulan Puasa adalah suatu bulan ketika kita paling
tidak
dihantarkan untuk mengendalikan hawa nafsu. Lalu
bagaimana kalau di
bulan Puasa ada orang yang berhasil mengendalikan
makan, minum, dan
seksnya tetapi dia tidak bisa mengendalikan hawa
nafsunya? Itu
berarti orang itu tidak masuk ke tingkat wali yang
paling Elementer
sekali pun. Orang seperti ini tidak makan dan minum
tapi mudah
tersinggung. Ia mudah marah dan mencaci maki orang
lain. Ia tidak
bisa mengendalikan mulutnya. Ketika ceramah di bulan
Puasa, dia
menghantam golongan lain yang tidak sepaham dengannya.
Sebenarnya
orang itu menderita Fiksasi. Dia terhambat dalam
perkembangan
kepribadiannya, dia belum bisa mengendalikan hawa
nafsunya.
>
> Bagaimana kita meningkatkan tingkat kewalian atau
wiläyah kita?

ini? Kita dapat berpedoman pada hadits-hadits Qudsi.
Hadits Qudsi
adalah petunjuk Allah bagi yang ingin mendekati-Nya.
Dengan latar
belakang psikologis yang panjang di atas, saya akan
mengantarkan
Anda kepada hadits-hadits Qudsi yang membimbing kita
untuk
menjalankan ibadah puasa.
>
> Dalam satu hadits Qudsi tersebut, Allah berfirman:
> "Demi keagungan-Ku, kebesaran-Ku, kemuliaan-Ku,
cahaya-Ku,
ketinggian-Ku, dan ketinggian kedudukan-Ku, tidaklah
seorang hamba
mendahulukan kehendaknya di atas kehendak-Ku kecuali
Aku cerai
beraikan urusannya. Aku kacaukan dunianya. Aku
sibukkan hatinya
dengan dunianya. Dan dunia tidak mendatanginya kecuali
yang sudah
Aku tentukan baginya."
>
> "Demi keagungan-Ku, kebesaran-Ku, kemuliaan-Ku,
cahaya-Ku,
ketinggian-Ku, dan ketinggian kedudukan-Ku, tidaklah
seorang hamba
mendahulukan kehendaknya di atas kehendak-ku kecuali
akan Aku
perintahkan para malaikat untuk menjagaNya. Aku akan
jaminkan langit
dan bumi sebagai rizkinya. Aku akan menyertai setiap
usaha dagang
yang dilakukannya. Dan dunia akan datang sambil
merendahkan diri
kepadanya."
>
> Menurut hadis Qudsi ini, terdapat dua golongan
manusia. Pertama,
golongan manusia yang mendahulukan kehendaknya di atas
kehendak
Allah. Kedua, golongan manusia yang mendahulukan
kehendak Allah di
atas kehendaknya. Orang yang berpuasa adalah orang
yang termasuk ke
dalam golongan pertama. Ia menempatkan kehendak Tuhan
di atas
kehendaknya sendiri. Ketika siang hari, keinginannya
ialah untuk
makan dan minum tetapi keinginan Allah adalah supaya
ia tidak makan
dan tidak minum. Orang yang berpuasa akan mengutamakan
keinginan
Allah itu. Meskipun lapar, ia tidak akan penuhi
keinginannya.
>
> Ketika kita lapar, umumnya kita mudah sekali
tersinggung. Kalau
kita diganggu orang, kita ingin sekali untuk marah.
Namun Allah
menghendaki kita di bulan Ramadhan ini untuk mengekang
amarah kita.
Rasulullah saw bersabda, "Siapa yang mengendalikan
marahnya di bulan
Ramadhan, Allah akan menahan murka-Nya pada Hari
Kiamat nanti." Kita
menahan amarah kita demi memenuhi kehendak Allah.
>
> Sebetulnya setiap hari kita dihadapkan pada dua
pilihan. Apakah
kita akan memenuhi kehendak Allah atau memenuhi
kehendak diri kita
sendiri. Allah berkehendak agar kita mencari nafkah
yang halal untuk
membiayai keluarga kita. Bila kita memiliki kelebihan
harta, Allah
berkehendak agar kelebihan itu dibagikan kepada
hamba-hambaNya. Tapi
jika kita mempunyai kelebihan rizki, kehendak kita
adalah memakai
kelebihan itu untuk memenuhi keperluan konsumtif kita.
Kita tumpuk
makanan berlebih untuk kita santap ketika berbuka
puasa. Seakan
suatu kompensasi akan ketidakmakanan dan
ketidakminuman kita di
siang hari.
>
> Di bulan Puasa ini, mari kita kesampingkan kehendak
kita itu. Kita
utamakan kehendak Allah swt; kita bersedekah
sebanyak-banyaknya
kepada para fakir miskin dan mustadh'afin.
>
> ---------------------------------
> Got a little couch potato?
> Check out fun summer activities for kids.
>
> ---------------------------------
> Need a vacation? Get great deals to amazing places
on Yahoo!
Travel.
>
> ---------------------------------
> Sick sense of humor? Visit Yahoo! TV's Comedy with
an Edge to see
what's on, when.
>


---------------------------------
Pinpoint customers who are looking for what you sell.

__________________________________________________________
Choose the right car based on your needs. Check out Yahoo! Autos new Car Finder tool.
http://autos.yahoo.com/carfinder/

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Quick file sharing

Send up to 1GB of

files in an IM.

Fitness Challenge

on Yahoo! Groups

Get in shape w/the

Special K Challenge.

Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar