Selasa, 02 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] Re: tentang iklan perempuan seharga seperak--Goen

Monggo, pak Goen, dimulai gerakan laki-laki anti-diskriminasinya. Pasti saya
dukung. Cuma, saya gak yakin akan banyak yang mau ikut. Mau dicoba?

manneke

Quoting goenardjoadi <goenardjoadi@gmail.com>:

> Besok bikin iklan cewek mau memilih sekolah, biar pintar, atau ikut
> Oom, langsung dapat hp, ipod, cartier?
>
> dijamin iklannya langsung di banned sama Pak Manneke.....
>
> atau bikin iklan:
>
> laki-laki sirik dengan wanita, karena lebih sulit dapat hp dalam
> semalam. sekarang ini bakal ada gerakan demo dari kaum laki-laki
> karena sekarang semakin sulit [relatif dibandingkan gadis-gadis]
> untuk memperoleh pekerjaan, mendapatkan hp, membeli handbag, dll.
>
> salam,
> goen
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "ratih ibrahim"
> <personalgrowth@...> wrote:
> >
> > lepas dari segala obrolan peka gender dan feminis ini,
> > kejengkelan dan kegerahan yang diakibatkannya,
> > menurutku, iklan perempuan satu rupiah per detik itu efektif dan
> berhasil.
> > buktinya?
> > diomongin sampai ga habis2.....
> >
> > *hebat* yang bikin iklan....
> >
> > *jadi mikir,
> > gimana caranya bisa menggunakan cara yang sama untuk tujuan yang
> lain, ya?
> > termasuk jualan ideologi membangun bangsa.....
> > atau setia, satu pasangan aja itu yang terbaik
> > atau anak itu harus diurus baik2.
> > atau... apalah yang menurutmu baik itu....*
> >
> >
> >
> >
> > On 10/2/07, swastinika <swastinika@...> wrote:
> > >
> > > Saya garis bawahi saja satu kalimat menawan dari Pak
> Manneke :)
> > >
> > > > Tapi, realitasnya adalah iklan itu pendek, minim kata, dan
> utuh dalam
> > > dirinya
> > > > sendiri. Kalaupun ada sesuatu "beyond" the text, yah sangat
> disayangkan
> > > karena
> > > > yang tertangkap indera dan persepsi orang hanya apa yang ada
> di teks.
> > > Itu
> > > > sebabnya, membuat iklan perlu kepekaan ekstra: karena iklan
> itu sebagai
> > > teks
> > > > sudah utuh.
> > >
> > > Setuju sekali :). Iklan itu pendek, sehingga memang butuh
> kepekaan ekstra
> > > dalam membuat iklan supaya "pesannya (tentang produk yang dijual
> > > itu) sampai", tapi juga mengurangi kemungkinan interpretasi lain
> yang
> > > melenceng jauh dari sasaran.
> > >
> > > Ini mungkin yang luput diantisipasi oleh Account Manager di biro
> iklan
> > > pembuatnya dan/atau Brand Manager-nya. Sejauh pengalaman saya,
> seorang AM
> > > atau BM yang baik bisa mengantisipasi hal2 seperti ini, dan
> membicarakannya
> > > dengan creative team. Kalau perlu, sebelum diluncurkan,
> dilakukan penelitian
> > > konsumen terlebih dahulu terhadap storyboard dari "calon iklan"
> itu. Dengan
> > > demikian, bisa diantisipasi sejak dini masalahnya dan tidak
> menjadi berlarut
> > > seperti ini.
> > >
> > > Balik lagi, itulah yang namanya persepsi. Creative Team
> memandang sesuatu
> > > di ranah ide, sementara mungkin konsumen akan memandangnya
> berbeda. AM &
> > > BM-lah yang sebenarnya harus bisa menjembatani ini. Jadi, justru
> di sini
> > > yang perlu dipertanyakan: AM dan BM-nya ngapain aja, kok nggak
> > > mengantisipasi yang seperti ini ;)? Apakah AM & BM-nya kurang
> memahami
> > > konsumen ;)?
> > >
> > > Anyway.. nice discussion, Pak Manneke. Senang bisa sampai di
> tahap ini :)
> > >
> > > Salam,
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@ wrote:
> > > >
> > > > Banyak point Swastinika yang saya setujui, kecuali satu:
> perbandingan
> > > iklan
> > > > dengan naratif, yang dijadikan apologia untuk memaklumi
> kedangkalan
> > > message
> > > > sebuah teks iklan. Saya pikir, membuat iklan tidak lebih mudah
> daripada
> > > membuat
> > > > teks naratif atau puisi, justru karena ia ringkas. Jika iklan
> boleh
> > > berpanjang
> > > > lebar, pembuatnya bisa memberi macam-macam penjelasan untuk
> meminimalkan
> > >
> > > > ketersinggungan orang.
> > > >
> > > > Tapi, realitasnya adalah iklan itu pendek, minim kata, dan
> utuh dalam
> > > dirinya
> > > > sendiri. Kalaupun ada sesuatu "beyond" the text, yah sangat
> disayangkan
> > > karena
> > > > yang tertangkap indera dan persepsi orang hanya apa yang ada
> di teks.
> > > Itu
> > > > sebabnya, membuat iklan perlu kepekaan ekstra: karena iklan
> itu sebagai
> > > teks
> > > > sudah utuh. Kurang lebihnya, ya semuanya ada di situ. Betul
> bahwa sebuah
> > > teks
> > > > macam iklan bisa mengandung makna berbeda dalam tataran
> literal dan
> > > simbolik.
> > > > Namun, yang tertangkap orang mula-mula adalah yang literal
> karena ini
> > > yang
> > > > tersurat. Sedang yang simbolik, maknanya bisa macam-macam dan
> dari satu
> > > orang
> > > > ke orang lain bisa berbeda.
> > > >
> > > > Maka itu, dalam mendesain iklan, sekali lagi, dibutuhkan
> kepekaan
> > > ekstra.
> > > > Kerjanya lebih menantang, karena ruang untuk membangun makna
> yang
> > > berlapis
> > > > tidaklah luas. Di samping itu, makna simbolik apapun yang
> hendak
> > > disertakan, ia
> > > > kan konon tak boleh sampai menafikan tujuan utama iklan itu
> sendiri,
> > > yaitu
> > > > jualan produk. Tegangan antara dua sasaran ini yang sebaiknya
> tidak
> > > menjadi
> > > > sesuatu yang taken for granted bagi kalangan iklan.
> > > >
> > > > manneke
> > > >
> > > > Quoting swastinika swastinika@:
> > > >
> > > > >
> > > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@
> wrote:
> > > > > >
> > > > > > Masalahnya, apakah pembuat iklan Pro XL ini ingin membuat
> kita
> > > > > "melihat beyond
> > > > > > the literal meaning" atau justru secara sistematik, lewat
> desian
> > > > > iklannya,
> > > > > > berusaha menggiring penikmat iklannya untuk melihat
> analogi yang
> > > > > mengusik
> > > > > > antara perempuan dan Rp.1,-/dtk itu?
> > > > >
> > > > > Hehehe.. Pak Manneke, kalau dilihat dari gaya beriklannya,
> serta
> > > dilihat
> > > > > dari positioning Pro XL selama ini, saya kok yakin bahwa
> target yang
> > > > > dituju adalah mereka2 yang "diharapkan" bisa melihat beyond
> the
> > > literal
> > > > > meaning :) Mirip2 dengan iklan A Mild yang kalau buat
> sebagian orang
> > > > > adalah iklan paling tidak jelas sedunia ;).
> > > > >
> > > > > Mungkin kesalahannya the creative team adalah mereka kurang
> > > > > memperhitungkan bahwa "tubuh perempuan" itu termasuk salah
> satu isyu
> > > > > yang bisa bikin gerah sebagian orang :).
> > > > >
> > > > > Terima kasih dikatakan pengamat yang kritis.. ini karena
> sering
> > > ngurusin
> > > > > iklan aja kok ;)
> > > > >
> > > > > > Dalam filem Star Trek yang kemarin diobrolin itu, banyak
> juga yang
> > > > > berpendapat
> > > > > > bahwa busana 7-of-9 atau T'pol terlalu menonjolkan tubuh
> perempuan.
> > > > > Dan ini
> > > > > > sangat betul. Hanya saja, citra yang dibangun dalam filem
> itu lebih
> > > > > kompleks
> > > > > > karena kedua perempuan tak hanya digambarkan bagus bentuk
> tubuhnya
> > > > > saja, tapi
> > > > > > otaknya juga cemerlang, gesit membuat keputusan, dan tak
> kalah dalam
> > > > > segala hal
> > > > > > dari laki-laki.
> > > > >
> > > > > Hehehe.. kalau kita mengikuti Star Trek secara
> berkesinambungan, dan
> > > > > berkesempatan melihat perkembangan karakter Seven of Nine
> atau Deanna
> > > > > Troi, memang kita akan melihat beyond their gorgeous
> body :). Tapi
> > > kalau
> > > > > ada seseorang yang gak gemar nonton Star Trek, dan hanya
> nonton 1-2
> > > > > episode, atau Star Trek tidak dijadikan film seri, besar
> > > kemungkinannya
> > > > > yang teringat ya hanya body indah mereka saja :)
> > > > >
> > > > > > Bandingkan dengan iklan Pro XL, yang tampaknya tak punya
> message
> > > lain
> > > > > di luar
> > > > > > visual yang ditampilkannya tentang perempuan itu. Inilah
> yang
> > > disebut
> > > > > dengan
> > > > > > stereotipe. Citra cuma dikemas dalam dimensi hitam dan
> putih saja.
> > > > > Dangkal.
> > > > >
> > > > > Sebagai sebuah iklan pendek, memang tidak memungkinkan
> perkembangan
> > > > > karakter. Kita dituntut memaknai sesuatu dari sebuah cerita
> singkat
> > > yang
> > > > > hanya 15 - 30 detik, bahkan kadang lebih singkat lagi. Kalau
> > > > > dibandingkan dengan film, apalagi film seri, ini memang
> keadaan yang
> > > > > sangat tidak menguntungkan bagi iklan.
> > > > >
> > > > > Tapi, kalau menurut saya, justru memang kita tidak bisa
> memperlakukan
> > > > > iklan seperti film seri yang penuh narasi. Kita dituntut
> untuk
> > > memahami
> > > > > beyond the story tanpa harus mendengar story-nya diceritakan
> lebih
> > > > > dahulu :)
> > > > >
> > > > > Ibaratnya memahami cerita bersambung, dengan memahami puisi,
> kan
> > > memang
> > > > > nggak bisa sama. Tapi.. bukan berarti suatu puisi itu tidak
> punya
> > > > > message lain :)
> > > > >
> > > > > Salam,
> > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

Real Food Group

Share recipes

and favorite meals

w/ Real Food lovers.

Yahoo! Groups

Find Green Groups

Share with others

Help the Planet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar