Selasa, 30 Oktober 2007

Re: [psikologi_transformatif] Fwd: Re: [KomPati] RE: Yuk kita rame2 menghancurkan Vincent Liong

  
TEU BOHONG ENTEU! KADANG ADHI KADANG PITALOKA NAMINA WAE ADHIPITALOKA.
  

On 10/31/07, monde78100 <monde78100@yahoo.com > wrote:

Maaf Yth. Mas Goen,
jari menari ini bukan milik Mas Merkurius Adhi. Tapi, Monde tidak
bisa memaksa Mas Goen, mungkin ada hubungan khusus antara Mas Goen
dan Mas Merkurius Adhi. Penjelasan Mas Goen sebagai pakar nurani,
masih membuat Monde tercengang.. sampe hampir gosong monde cookies
nya. Mas Goen menulis serangan ke ego (anjing)..? Wah.. anjing punya
ego ya.. hehehe..

Monde sebagai pengagum Mas Goen, cuma merasa khawatir kalau ada
pengagum lain, mungkin klien Mas Goen, pembaca buku nurani Mas Goen
yang mengikuti milis ini menjadi pingsan melihat tulisan Mas Goen di
milis ini. Begitu pun cara penarikan kesimpulan atas identitas
Monde, ah ah.. bukan tidak mungkin nanti muncul id yang
berteriak 'itu bukan Mas Goen penulis nurani, tidak mungkin sependek
itu penarikan kesimpulannya, tidak mungkin rangkaian kalimatnya
begitu.. Mas Goen penulis nurani perangkai kalimat indah seperti di
bukunya.. tak mungkin.. tak mungkin..'

Tapi akan Monde sodorin monde cookies agar pengagum Mas Goen tidak
terlalu histeris;)



--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
<goenardjoadi@...> wrote:
>
> itu begini lho Mas Adhi,
>
> maksudnya bolavolley, pabrik_t, wonsosubali, ahli dekon itu adalah
> menyerang ego [anjing] secara langsung, tujuannya supaya ego itu
> bisa dikalahkan, kemarin contohnya ketika sudah ditinggal
Nalaratih
> [eh, Mbak Isti], sudah kalap, sudah histeris, namun ego nya masih
> terlalu tinggi, sampai marah-marahin Mbak Swastinika, yang imut-
> imut, ngundang rapat RT atas nama Yun Hok,
>
> jadi gak sembuh-sembuh, itu akibat ego tercampur dengan batin,
> istilahnya komplikasi, jadi gak stabil, istilah kerennya chaotic
> management.
>
>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> <monde78100@> wrote:
> >
> > Hehehe.. Mas Goen ini lho.. terlalu ramah, tadi Mas Merkurius
> Adhi,
> > sekarang Pak Yun Hok, ini absen ya? Lha.. pakar nurani kan Mas
> Goen,
> > ya Monde nanya ke Mas Goen dong, apa mesti beli bukunya? Wah..
> > sepertinya selalu kehabisan, ga nemu-nemu.. jadi mumpung bisa
> > langsung ngobrol di milis, Monde nanya;) Hati nurani itu
> kebebasan,
> > berdasarkan mengerti kebenaran.. hmmm
> > (berpikir..berpikir..berpikir..) Tapi bukan kebebasan caci maki
> kan
> > Mas Goen? Atau kebebasan mendukung caci maki? aduh.. maaf
ya ,Mas
> > Goen sabar kan? Terima kasih Mas Goen.
> >
> > Jadi beli monde nya? ada bonus special;)
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > <goenardjoadi@> wrote:
> > >
> > > yayaya, sekarang sudah agak sembuh, sudah balik rada cerdas.
> > >
> > > memihak? dipikir hati nurani itu sabar, tidak memihak? siapa
> > > bilang? hati nurani itu kebebasan, berdasarkan mengerti
> > kebenaran.
> > > nah, kalau sampeyan sudah mengerti, ya syukur, kalau gak
ngerti-
> > > ngerti ya dikembalikan ke Pak Yun Hok.
> > >
> > > salam,
> > > goen
> > >
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > > <monde78100@> wrote:
> > > >
> > > > Yang terhormast Mas Goen, kok maunya sama Mas Merkurius Adhi
> > > terus?
> > > > Monde jadi nggak enak nih, duh, maafin Monde ya Mas
Merkurius
> > Adhi
> > > > kalau baca. Untuk urusan marah-marah, apa yang marah-marah
di
> > > milis
> > > > itu setelah didekon? Jadi semua sudah didekon ya? Bagaimana
> > > > dinamikanya dalam kacamata nurani Mas Goen? Monde dikasih
> > > penjelasan
> > > > dong rantainya, kalau cuma klaim, kesimpulan .. hehehe Monde
> > > > bingung.. kata Pak Guru di sekolah, kita harus menekankan
dan
> > > > menghargai proses, tidak hanya hasil akhir, sehingga bisa
> > mendapat
> > > > pemahaman menyeluruh dan tidak menghentikan proses
> pembelajaran,
> > > > kalau ada kekeliruan bisa kelihatan gitu.. bisa diurai.
> > > >
> > > > Kalau caci maki bagaimana Mas Goen? Pasti Mas Goen juga
faham
> > > > tentang amarah, bagaimana ekspresi marah yang positif, tidak
> > > anarki
> > > > atau mencaci? Marah secara konstruktif, bagaimana hati
nurani
> di
> > > > sini Mas Goen?
> > > >
> > > > Kok hati nurani mengincar kubu? Bukannya untuk menyelinap
dan
> > > > berbisik hingga mendatangkan saling pengertian dan damai?
Apa
> > > > hubungannya sama raba-raba Mas Goen? Aih.. sepertinya Monde
> > lihat
> > > di
> > > > sini banyak yang nuraninya pada gundul, mesti ditanamin
lagi..
> > lha
> > > > Mas Goen yang penanam atau ..?
> > > >
> > > > Silahkan cicipin monde nya Mas Goen, sambil nyeruput teh
> hangat
> > > juga
> > > > boleh, biar ga marah-marah;)
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In
psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > > >
> > > > > ya yayayaya,
> > > > >
> > > > > Mas Merkurius Adhi khan juga pernah marah-marah soal asal
> usul
> > > > hati
> > > > > nurani ini. ini juga karena efek dekon, amarah.
> > > > >
> > > > > kalau saya, saya mau di dekon sama Mas Merkurius Adhi,
tapi
> > gak
> > > > pake
> > > > > diraba-raba ya.
> > > > >
> > > > > salam,
> > > > > goen
> > > > > [suka geli....]
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > --- In
psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > > > > <monde78100@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > Ternyata Mas Goen suka maen hom pim pah ya.. Monde lebih
> > > takjub
> > > > > > lagi, karena Mas Goen kok bisa mengatakan 'semua juga
> karena
> > > > efek
> > > > > > dekon, amarah' .. wah..wah.. atau diam-diam sudah ikutan
> > dekon
> > > > ya?
> > > > > > Siapa yang mendekon? atau mengamati pake nurani semua
> > dekon,
> > > > > lha..
> > > > > > apa iya hasilnya amarah? Kalo begitu, besok-besok temeni
> > Monde
> > > > > > jualan monde yang legit ya.. ke orang-orang yang dekon,
> > bukan
> > > > > monde
> > > > > > gosong deh.. nanti Monde bilang ke pabrik_t sekalian
ajak
> > > > pengawas
> > > > > > yang super disiplin om haute.
> > > > > >
> > > > > > Tapi Mas Goen, bukankah maaf, minta maaf juga memberi
maaf
> > itu
> > > > > dari
> > > > > > nurani? kok hom pim pah, seperti petak umpet? Ah.. atau
> hati
> > > > > nurani
> > > > > > ogah di sini? Bukannya itu yang dirindukan kala amarah
> > > > menggelora
> > > > > > (jika itu rasa yang didapat oleh Mas Goen dari dekon).
> Atau
> > > hati
> > > > > > nurani itu ternyata bisa untuk hom pim pah? Monde rasa
> perlu
> > > > > berguru
> > > > > > nurani juga ke Mas Goen (Mahaguru caci maki, pabrik_t,
mau
> > > > gabung
> > > > > > tidak?) Mungkin bisa lahir mata kuliah Caci Maki
berdasar
> > > Nurani
> > > > > > atau Nurani berdasar Caci Maki? Hm.. Monde tunggu deh..
> > > > > >
> > > > > > Atau Mas Goen mau berbagi nurani di milis ini dengan
> sepenuh
> > > > hati
> > > > > > nurani? Sudah sekian waktu kan Mas Goen di sini dengan
> > nurani?
> > > > > >
> > > > > > Mas Goen mau beli monde juga? Ga bikin marah deh...
> kecuali
> > > kalo
> > > > > > yang gosong, hehehe..
> > > > > >
> > > > > > ;)
> > > > > >
> > > > > > --- In
> > psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > hompimpah saja, siapa yang kalah minta maaf duluan,
> lagian
> > > ini
> > > > > > semua
> > > > > > > juga karena efek dekon, amarah.
> > > > > > >
> > > > > > > salam,
> > > > > > > goen
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > --- In
> psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "sinagahp"
> > > > > > > <sinagahp@> wrote:
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- In Komunikasi_Empati@yahoogroups.com, Mang Iyus
> > > > <juswan@>
> > > > > > > wrote:
> > > > > > > >
> > > > > > > > Netters,
> > > > > > > >
> > > > > > > > Kejadian ke Solo terjadi setidaknya 3 bulan yang
> lampau.
> > > > > Banyak
> > > > > > hal
> > > > > > > > telah berubah sejak waktu itu.
> > > > > > > > Termasuk perubahan pada karakter Vincent sendiri
yang
> > > tampak
> > > > > > bagi
> > > > > > > saya
> > > > > > > > yang "menjaga jarak"
> > > > > > > > selama 3 bulan terakhir ini sehingga dapat melihat
> > dengan
> > > > > > > sedikit "lebih
> > > > > > > > obyektif" karena tidak
> > > > > > > > terlibat secara pribadi.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 1. Semua analisis, baik yang dilakukan oleh B.
> Sudjanto
> > > > maupun
> > > > > > oleh
> > > > > > > > Vincent, sifatnya "post hoc"
> > > > > > > > Artinya analisis dibuat "post mortem" yaitu SETELAH
> > > semuanya
> > > > > > telah
> > > > > > > > terjadi dan menjadi data historis.
> > > > > > > > Maka penafsiran terhadap kejadian tersebut
> > > dilatarbelakangi
> > > > > > > situasi dan
> > > > > > > > kondisi SEKARANG ini,
> > > > > > > > yaitu setelah terjadi PERUBAHAN paradigma berpikir
> > maupun
> > > > > > perubahan
> > > > > > > > sikap dan perilaku ybs.
> > > > > > > > Termasuk di dalamnya fakta adanya "peperangan
virtual"
> > di
> > > > dunia
> > > > > > > > maya/mailing list sebagai latar
> > > > > > > > belakang pembuatan analisis. Akibatnya beberapa
> > pandangan
> > > > > > kemudian
> > > > > > > > menjadi agak BIAS.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 2. Misalnya saja "tuduhan" Vincent bahwa Leo
> mengajaknya
> > > ke
> > > > > Solo
> > > > > > > dalam
> > > > > > > > kerangka "black
> > > > > > > > scenario" untuk "memojokkannya sejak awal". Saya
> berani
> > > > > berkata
> > > > > > > bahwa
> > > > > > > > hal ini PASTI tidak benar
> > > > > > > > dan lebih merupakan suatu OPINI subyektif yang
> apriori.
> > > Saat
> > > > > itu
> > > > > > > > hubungan pribadi Vincent dan
> > > > > > > > Leo masih baik-baik saja. Tuduhan bahwa Leo menjadi
> > bagian
> > > > > dari
> > > > > > > kubu
> > > > > > > > Pabrik_T sama sekali
> > > > > > > > tidak memiliki dasar, apalagi dasar yang kuat.
Vincent
> > > kini
> > > > > > > melihatnya
> > > > > > > > dari cermin yang sudah buram.
> > > > > > > > Kata-kata seperti "ditindas dan "dipojokkan" selama
2
> > > minggu
> > > > > > > aromanya
> > > > > > > > sangat pleonasme juga.
> > > > > > > > Permusuhan Vincent dengan Audifax juga dimulai saat
> > > Vincent
> > > > > mau
> > > > > > > mendepak
> > > > > > > > Pabrik-T tetapi
> > > > > > > > dicegah Audifax yang justru mengeluarkan Vincent
dari
> > > milis
> > > > > Psi-
> > > > > > > Trans.
> > > > > > > > Kalau 'casus belli' itu tidak
> > > > > > > > ada maka perang juga tidak terjadi. Kejadian
Auduifax
> > > > menginap
> > > > > 2
> > > > > > > bulan
> > > > > > > > di rumah Vincent
> > > > > > > > diungkit-ungkit beberapa kali. Kalau saya jadi
> Auduifax
> > > maka
> > > > > > > sayapun
> > > > > > > > akan meradang karena
> > > > > > > > kesannya tidak tulus memberikan tumpangan bagi yang
> lagi
> > > > > perlu.
> > > > > > Ini
> > > > > > > > membuat luka batin juga.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 3. Sebagai observer luar yang berusaha independen
saya
> > > > memang
> > > > > > > mengamati
> > > > > > > > adanya semacam
> > > > > > > > "persaingan tersamar" yang "agak kurang sehat"
antara
> > Leo
> > > > dan
> > > > > > > Vincent
> > > > > > > > walaupun saling mengaku
> > > > > > > > sebagai "saudara angkat" tetapi sekaligus ada
> > > > semacam "sibling
> > > > > > > rivalry"
> > > > > > > > untuk mengkatrol
> > > > > > > > popularitas pribadi dan kulakan/bakulan masing-
masing.
> > > > > > > > Pada saat pertemuan di Pasca Sarjana Sahid maupun di
> > > > Kesehatan
> > > > > > > > Masyarakat Untar, maka
> > > > > > > > Leo tampak mencoba "mengkonter keadaan" dengan
> > menunjukkan
> > > > > > > kebolehannya
> > > > > > > > dalam meramal
> > > > > > > > Tarot. Padahal jelas-jelas bahwa "panggung diskusi"
> > > tersebut
> > > > > > > tujuannya
> > > > > > > > khusus membahas materi
> > > > > > > > Komunikasi Empati. Jelas bahwa kesempatan meramal
> secara
> > > > > > > gratis "lebih
> > > > > > > > menarik" daripada
> > > > > > > > diskusi mengenai Komunikasi Empati yang berat-berat
> dan
> > > > masih
> > > > > > kabur
> > > > > > > > entah "what species".
> > > > > > > > Ada hubungan apa dan urusannya Komunikasi Empati
> dengan
> > > > Acara
> > > > > > > Penebaran
> > > > > > > > Tarot?
> > > > > > > > Kalau semua terdekon bisa instant baca Tarot mka
> kulakan
> > > Leo
> > > > > > sudah
> > > > > > > pasti
> > > > > > > > bakal terancam.
> > > > > > > > Bahwa pada awalnya Leo selalu mendukung Vincent
> > merupakan
> > > > > fakta.
> > > > > > > Namun
> > > > > > > > tidak pula dapat
> > > > > > > > diabaikan sebaliknya Leo juga "sedikit banyak"
> mendapat
> > > > > dukungan
> > > > > > > dari
> > > > > > > > Vincent pada saat
> > > > > > > > kariernya sebagai pembaca tarot masih mandeg dan
belum
> > > > terlalu
> > > > > > > terkenal
> > > > > > > > seperti keadaannya
> > > > > > > > akhir-akhir ini yang relatif sudah maju pesat dengan
> > klien
> > > > > > > mancanegara
> > > > > > > > pula.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 4. Jelas antara karakter Vincent yang polos,
> > cengengesan,
> > > > > kurang
> > > > > > > santun,
> > > > > > > > norak dan resek
> > > > > > > > dan kerap menjengkelkan itu bersifat antagonis
dengan
> > > > karakter
> > > > > > Leo
> > > > > > > yang
> > > > > > > > kalem, santun,
> > > > > > > > siap melayani orang dengan (semula) ramalan
gratisnya.
> > > > > > > > Kalau ditanya omongan siapa yang lebih menarik dan
> > > > dipercayai
> > > > > > saya
> > > > > > > pikir
> > > > > > > > jawabannya juga jelas.
> > > > > > > > Namun saya tidak mau bersikap hitam atau putih.
Apakah
> > Leo
> > > > > atau
> > > > > > > Vincent
> > > > > > > > yang 'totally white'
> > > > > > > > atau 'totally black'? Saya pikir tidak ada
> kategorisasi
> > > > > seperti
> > > > > > itu
> > > > > > > > untuk karakter manusia. Jadi tidak
> > > > > > > > fair kalau membagi mereka menurut kriteria tersebut.
> > Yang
> > > > satu
> > > > > > > kulakan
> > > > > > > > kompati yang lainnya kulakan
> > > > > > > > Tarot. Yang satu kulakan Dekon yang lainnya kulakan
> > Rekon.
> > > > > Yang
> > > > > > > satu
> > > > > > > > kulakan Instink yang
> > > > > > > > lainnya kulakan Intuisi. Semula sih (katanya)
inginnya
> > > > saling
> > > > > > > mengisi
> > > > > > > > tetapi "setelah merasa kuat"
> > > > > > > > ingin saling bersaing saling mematikan. Nafsu
> mematikan
> > > ini
> > > > > > jelas-
> > > > > > > jelas
> > > > > > > > lebih kuat pada satu pihak
> > > > > > > > yang pernah mengutuk (umpamanya soal futie dsb)
> > > dibandingkan
> > > > > > dengan
> > > > > > > > pihak lainnya yang flat.
> > > > > > > > Kedua-duanya "ngerjain" orang dengan bayaran
(relatif
> > > mahal)
> > > > > > tetapi
> > > > > > > > sama-sama tidak berani
> > > > > > > > menjamin "keberhasilan" apapun dari kegiatan
> operasinya.
> > > > > > > > Adonan ramalan ialah 35% truth, 35% bullshit dan 30%
> > > sugesti
> > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > Kalau ramalan nasib bagus tepat maka asalnya dari
35%
> > > truth
> > > > +
> > > > > 30%
> > > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > Kalau nasib sial maka pasrah saja karena asalnya 35%
> > > > bullshit
> > > > > +
> > > > > > 30%
> > > > > > > > ngambang.
> > > > > > > > Apapun kejadiannya outputnya dikonfontrir dengan
> ramalan
> > > > maka
> > > > > > > peramal
> > > > > > > > tetap safe terhadap
> > > > > > > > tuduhan malpraktek. Begitu pula dengan dekon, sejak
> > > > > > semula "sudah
> > > > > > > pasang
> > > > > > > > tameng" bahwa
> > > > > > > > tidak menjanjikan "perubahan" apapun. Jadi
> > > kalau "mengharap
> > > > > > > perubahan"
> > > > > > > > maka salah sendiri
> > > > > > > > kenapa mau didekon. Ibarat beli jamu obat kuat:
> > jika 'jadi
> > > > > joss'
> > > > > > > maka
> > > > > > > > diam-diam saja
> > > > > > > > karena happy tetapi kalau 'tetap loyo' juga diam-
diam
> > saja
> > > > > > karena
> > > > > > > malu
> > > > > > > > ketahuan bodonya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 5. Kini setelah Leo "mapan" dengan bisnis Tarot dan
M-
> 3
> > > > dengan
> > > > > > > sistem
> > > > > > > > tarif yang mirip sistem
> > > > > > > > Vincent (mula-mula 300 kini 500 dan di Mal) tentu
> mampu
> > > > > > > berbicara "agak
> > > > > > > > keras" karena
> > > > > > > > sudah tidak membutuhkan sama sekali dukungan apapun
> dari
> > > > > > Vincent,
> > > > > > > baik
> > > > > > > > secara moral
> > > > > > > > apalagi secara material.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 6. Pemisahan 'elmu' yang "totally instinctive"
> > > dan "totally
> > > > > > > intuitive"
> > > > > > > > saya pikir juga sangat absurd,
> > > > > > > > tidak logis, sekaligus keliru juga. Mana ada manusia
> > yang
> > > > > tidak
> > > > > > > punya
> > > > > > > > intuisi? Mana ada sih
> > > > > > > > manusia yang tidak punya instink? Tajam atau tumpul
> soal
> > > > kedua.
> > > > > > > > Kebutuhan akan pangan,
> > > > > > > > shelter dan seks jelas-jelas instinktif. Siapa yang
> gak
> > > > punya?
> > > > > > > Bahkan
> > > > > > > > rohaniwan yang pedofil
> > > > > > > > masih punya godaan-godaan seksual yang instinktif,
> > > demikian
> > > > > juga
> > > > > > > mereka
> > > > > > > > yang senang dijamu
> > > > > > > > gelojoh/makan enak dan yang suka minum-minum alkohol
> di
> > > > biara.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 7. Menurut paradigma evolusi Darwinian jelas pada
otak
> > > > manusia
> > > > > > > tampak
> > > > > > > > bahwa kemampuan-
> > > > > > > > kemampuan instinktif MENDAHULUI kemampuan-kemampuan
> > > > intuitif.
> > > > > > > Kemampuan
> > > > > > > > yang terakhir
> > > > > > > > ini baru dimulai pada saat homo sapiens memiliki
organ
> > > > > > > CEREBELLUM/otak
> > > > > > > > kecil - neo-korteks
> > > > > > > > untuk berpikir logis dan amygdala untuk merasakan
> secara
> > > > > > emosional
> > > > > > > (
> > > > > > > > yang lebih dulu ada
> > > > > > > > dari neo korteks tetapi lebih belakangan dari lobus
> > > > > pendengaran
> > > > > > dan
> > > > > > > > penglihatan. Letaknya di
> > > > > > > > endoencephalon).
> > > > > > > > Maka kemampuan intuitif MELENGKAPI kemampuan
> instinktif
> > > dan
> > > > > sama
> > > > > > > sekali
> > > > > > > > bukan untuk
> > > > > > > > substitusi menggantikannya. Menuduh Vincent totally
> > > > unstinktif
> > > > > > sama
> > > > > > > > sekali tidak berdasar. Sic!
> > > > > > > >
> > > > > > > > 8. Fakta kehidupan modern membuktikan bahwa
kemampuan-
> > > > kemampuan
> > > > > > > > instinktif manusia
> > > > > > > > kota/urban telah menjadi semakin TUMPUL bahkan
hampir
> > > > lenyap.
> > > > > > > Sedangkan
> > > > > > > > pada manusia
> > > > > > > > desa terutama daerah terpencil/terisolasi kemampuan
> > > > instinktif
> > > > > > itu
> > > > > > > masih
> > > > > > > > sangat tajam dan kuat.
> > > > > > > > Sistem pendidikan modern yang
mengandalkan 'kecerdasan
> > > > > rasional'
> > > > > > > semakin
> > > > > > > > menekan habis-
> > > > > > > > habisan baik 'kemampuan intuitif' apalagi 'kemampuan
> > > > > instinktif'
> > > > > > > > siswa-siswa sekolah maupun
> > > > > > > > alumni akademik.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 9. Sinyalemen Vincent ada benarnya. Orang yang
terlalu
> > > > banyak
> > > > > > > bicara
> > > > > > > > soal "supra natural"
> > > > > > > > ("bangunan atas = supra struktur) kerap kali
> kehilangan
> > > > > fondasi
> > > > > > > yang
> > > > > > > > kuat pada "struktur bawah".
> > > > > > > > Melayang-layang di menara gading. Ibarat ilmu silat
> > tidak
> > > > > > mempunyai
> > > > > > > > bhesi/kuda-kuda yang
> > > > > > > > kuat dan kalau sekali saja disabet kakinya pakai
> sapuan
> > > > bawah
> > > > > > maka
> > > > > > > > segera akan rubuh.
> > > > > > > > Akibatnya, banyak orang yang menyibukkan diri dengan
> > > urusan
> > > > > > > spiritual
> > > > > > > > dan sorgawi tetapi
> > > > > > > > sangat rapuh dalam soal soal keduniawian. Kedua sub-
> > > struktur
> > > > > > inipun
> > > > > > > > sidatnya
> > > > > > > > KOMPLEMENTER dan sama sekali bukan diametral apalagi
> > > > > > antagonistik.
> > > > > > > > Gereja atau mesjid juga tidak bisa dibangun kalau
> tidak
> > > ada
> > > > > duit
> > > > > > > para
> > > > > > > > pengusaha donatur yang
> > > > > > > > menjadi umatnya, bahkan untuk urusan makan dan
> > lodgingnya
> > > > juga.
> > > > > > > > Tidak ada duit juga para paderi tidak bisa dikirim
> untuk
> > > > studi
> > > > > S-
> > > > > > 2
> > > > > > > atau
> > > > > > > > S-3 di manca negara.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 10. Pertanyaannya kemudian ialah mana yang perlu
> > > > didahulukan?
> > > > > > Bikin
> > > > > > > > "fondasi" lebih dahulu atau
> > > > > > > > pasang "atap". Tak usah jadi insinyur untuk menjawab
> > > > > pertanyaan
> > > > > > > ini.
> > > > > > > > Tanpa struktur fondasi
> > > > > > > > tidak mungkin bisa dipasang atap. Orang tidak bisa
> ujug-
> > > > ujung
> > > > > > mau
> > > > > > > pasang
> > > > > > > > dinding, apalagi atap,
> > > > > > > > bila tidak pakai fondasi. Memang bisa, tetapi begitu
> ada
> > > > > banjir,
> > > > > > > longsor
> > > > > > > > atau gempa maka seluruh
> > > > > > > > bangunan jadi ambrol. Demikian pula yang
> > > > > mengandalkan "kemampuan
> > > > > > > > intuisi" saja bila terjadi
> > > > > > > > gempa/longsor/banjir di kawasan dapurnya yang tidak
> > > berasap
> > > > > maka
> > > > > > > > semuanya jadi hancur
> > > > > > > > berantakan tanpa ampun.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 11. Anjing memang binatang dan dianggap "punya
> perasaan"
> > > > > > terutama
> > > > > > > sifat
> > > > > > > > "kesetiaan" dan tentu
> > > > > > > > saja ini semua semata-mata hanyalah soal "kebiasaan
> yang
> > > > > > terbentuk"
> > > > > > > > selama beberapa kurun
> > > > > > > > waktu. Pembandingan karakter manusia dengan
kareakter
> > > anjing
> > > > > > > tentulah
> > > > > > > > hanya bersifat analogi.
> > > > > > > > Anjing tidak punya moral tetapi manusia seharusnya
> > punya.
> > > > > Karena
> > > > > > > > amygdala belum berkembang
> > > > > > > > pada organ otak anjing maka anjing akan menunggang
> > > biangnya
> > > > > > > sendiri. Hal
> > > > > > > > itu tidak mungkin
> > > > > > > > terjadi pada manusia yang beradab yang mampu
> menghindari
> > > > > hubungan
> > > > > > > > incest.
> > > > > > > > Maka menarik kesimpulan bahwa anjingpun mempunyai
> > > kecerdasan
> > > > > > logis
> > > > > > > untuk
> > > > > > > > membuat range
> > > > > > > > dan scale (rentang dan skala) hanyalah PROYEKSI
> > paradigma
> > > > > > berpikir
> > > > > > > > Vincent yang diterapkan
> > > > > > > > pada anjing. Bukan secara ipso facto memang ada
proses
> > > > > berpikir
> > > > > > > demikian
> > > > > > > > itu pada seekor anjing.
> > > > > > > > Kalau tesis Vincent benar maka semua anjing manapun
di
> > > dunia
> > > > > ini
> > > > > > > mampu
> > > > > > > > membuat rentang dan
> > > > > > > > skala. Anehnya semua anjing pasti menggonggong ke
> tukang
> > > > korek-
> > > > > > > korek
> > > > > > > > sampah. Itulah instink
> > > > > > > > murni anjing dan bukannya akibat proses dekon.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ini hanya refleksi pribadi yang diusahakan
seobyektif
> > > > mungkin
> > > > > > tanpa
> > > > > > > > melakukan "judging" terhadap
> > > > > > > > kedua sohib saya Vincent maupun Leo. Dan saya hanya
> > > (seperti
> > > > > > > diajarkan
> > > > > > > > Leo) harus "berbicara
> > > > > > > > apa adanya" tanpa perlu merasa berpihak secara
> partisan
> > > > kepada
> > > > > > > pihak
> > > > > > > > manapun. Maaf-maaf kata
> > > > > > > > kalau sekiranya ada yang merasa tersinggung oleh
> > tanggapan
> > > > > saya
> > > > > > > ini.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Mang Iyus
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > Vincent Liong wrote:
> > > > > > > > Bagian I
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Pada saat pergi ke Solo tsb memang saya bermental
> > > > > > > > > seperti bahkan lebih dari Blacky. Ketika seekor
> Blacky
> > > > > > > > > ditekan, dipojokkan diinjak-injak yang bisa
dilakukan
> > > > > > > > > hanya makan dan minum lebih, juga beol dan kencing
> > > > > > > > > lebih banyak. The point is saya harus membuat
> > > > > > > > > subsitusi dari kondisi dipojokkan dan dipermainkan
> > > > > > > > > dengan cara makan, minum, belol dan kencing lebih
> > > > > > > > > banyak dari seharusnya. Seekor Vincent Liong si
> Blacky
> > > > > > > > > akan menahan diri dengan sikap defensive selama
> > > > > > > > > dirinya ditekan dan akan menggigit ketika dirinya
> > > > > > > > > berkesempatan lari atau telah lepas dari tekanan
> > > > > > > > > karena toh dirinya harus bertahan untuk tetap hidup
> > > > > > > > > sampai akhir masa terpojoknya. Seekor Blacky akan
> > > > > > > > > lebih sakit hati apabila ditindas tanpa sebab-
musebab
> > > > > > > > > yang jelas bukan karena sebelumnya dia menindas
pihak
> > > > > > > > > yang menindasnya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Leonardo Rimba meminta saya untuk menemaninya ke
Solo
> > > > > > > > > bersama anda saat itu adalah pada kondisi dimana
> > > > > > > > > skenario tekanan mental yang sedang dijalankan
dengan
> > > > > > > > > sangat kuatnya di maillist, dlsb. Skenario untuk
> > > > > > > > > memojokkan saya sejak awal dengan memanfaatkan
sifat
> > > > > > > > > anda yang tentunya lebih percaya kata-kata indah
> > > > > > > > > Leonardo Rimba dibanding saya yang memang tidak
tidak
> > > > > > > > > menjilat anda untuk lebih menyukai atau percaya
saya,
> > > > > > > > > saya berusaha jadi orang apa adanya. Kata-kata
> > > > > > > > > misalnya tentang begitu banyaknya korban
kompatiologi
> > > > > > > > > yang dibicarakan kepada anda memang tidak
memerlukan
> > > > > > > > > bukti kongkrit, hanya perlu cara menjelaskan yang
> > > > > > > > > tampak sangat menjanjikan dan itu membuat anda
> menjadi
> > > > > > > > > berkacamata kuda hanya bisa melihat sisi buruk
saya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Saya tentunya sebagai manusia punya batas ketahanan
> > > > > > > > > mental. Untuk terror yang saat itu (sebelum ke
Solo)
> > > > > > > > > sudah berjalan sekitar dua bulan dengan
pengkhianatan
> > > > > > > > > Audifax sebagai kado ulangtahun buat saya, lalu
> > > > > > > > > kelelahan itu ditambah jebakan yang tidak saya
> > > > > > > > > sangka-sangka yang dipersiapkan sahabat saya
sendiri
> > > > > > > > > Leonardo Rimba untuk mendukung peran yang lain dari
> > > > > > > > > skenario yang dijalankan oleh Nurudin Asyhadie di
> > > > > > > > > bawah provokasi Audifax. Saya bersyukur saya masih
> > > > > > > > > kuat, saya menjalaninya hingga usai pulang dari
Solo.
> > > > > > > > > Sempat tidak tahan tetapi ya berusaha tahan juga
> > > > > > > > > melaluinya hingga saat ini sudah lebih dari
setengah
> > > > > > > > > tahun. Saya bersyukur bahwa saya masih hidup dan
> > > > > > > > > ketahanan mental saya lebih kuat dari sebelumnya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Bicara tentang anjing saya Blacky, saya tinggal
> > > > > > > > > bersama anjing saya Blacky setiap hari sejak kecil.
> > > > > > > > > Jadi buat saya binatang itu (si blacky) kadang-
kadang
> > > > > > > > > bisa lebih manusiawi daripada manusia. Keyakinan
akan
> > > > > > > > > hal ini tentunya tidak dianut oleh orang yang tidak
> > > > > > > > > memelihara anjing secara intense tidur sekamar di
> > > > > > > > > rumah. Blacky secara teori memang hidup hanya untuk
> > > > > > > > > makan dan beol, tetapi buat saja Blacky tahu kapan
> > > > > > > > > saya membutuhkan perhatian dan itu di luar urusan
> > > > > > > > > kebutuhannya untuk sekedar makan.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Bagian I I
> > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Dalam kacamata kuda yang sudah ditanamkan Leonardo
> > > > > > > > > Rimba kepada anda, tentang betapa Blacky-nya saya
dan
> > > > > > > > > betapa saya mendidik orang-orang saya menjadi
> `Blacky'
> > > > > > > > > (makhluk hidup yang mengukur data dengan insting)
> anda
> > > > > > > > > memang selayaknya bingung soal mengapa saya masih
> > > > > > > > > sedikit civilize dengan masih berpakaian,
menggunakan
> > > > > > > > > piama untuk tidur, mandi, dlsb yang dilakukan
manusia
> > > > > > > > > setiap hari tetapi tidak dilakukan anjing. Ini
> > > > > > > > > pertanyaan yang bagus,semoga jawaban saya bisa
> > > > > > > > > menjawab keingintahuan anda…
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Baik manusia maupun Blacky mengalami pengalaman
> > > > > > > > > hidupnya dengan pengalaman indrawinya, ini yang
> > > > > > > > > disebut insting kebinatangan, yang sangat dianggap
> > > > > > > > > rendah dan buruk oleh Leonardo Rimba. Baik manusia
> > > > > > > > > atau hewan masuk ke tahap selanjutnya yaitu
memetakan
> > > > > > > > > posisi-posisi dan rumus sebab-akibat dari
pengalaman
> > > > > > > > > tsb, ini mengapa baik manusia maupun Blacky bisa
> > > > > > > > > dididik untuk be civilize, sampai dimana civilize-
nya
> > > > > > > > > ya tergantung dari kebutuhan dan aturan yang
> > > > > > > > > ditanamkan secara langsung atau secara sadar tidak
> > > > > > > > > sadar dipelajarinya. Misalnya si Blacky peliharaan
> > > > > > > > > saya suka tidur di ruangan ber-AC, menganggap
rendah
> > > > > > > > > derajat anjing lain yang dikandangkan di rumah
saya,
> > > > > > > > > menggaruk-garuk pintu saat ingin dibukakan pintu,
> > > > > > > > > buang air di kebun, tidak suka menginjak lantai
yang
> > > > > > > > > basah, dlsb. Semut pun civilize dalam aturan
> > > > > > > > > populasinya sendiri.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Yang membuat saya sungguh mengagumi Blacky sebagai
> > > > > > > > > anjing yang kadang-kadang bias lebih berusaha
> civilize
> > > > > > > > > dibanding manusia adalah ketika saya mengetahui
> Blacky
> > > > > > > > > mengalami sakit prostat sampai mengalami kelumpuhan
> > > > > > > > > setengah badan (kaki depan bias bergerak, tetapi
otot
> > > > > > > > > tulang punggung sampai kaki belakang mati) gara-
gara
> > > > > > > > > menahan kencing setiap hari di kamar saya. Dokter
> > > > > > > > > hewan hanya menyarankan anjing saya disuntik mati,
> > > > > > > > > tetapi satu sikap Blacky yang membuat kami
sekeluarga
> > > > > > > > > respect padanya; Blacky setiap ingin pipis berusaha
> > > > > > > > > sekuat tenaga menggunakan kakidepannya yang belum
> > > > > > > > > lumpuh untuk merangkak sampai ke taman berkerikil
> > > > > > > > > tempatnya biasa buang air hingga tubuhnya luka-
luka,
> > > > > > > > > sakit prostat-nya membuat Blacky tidak mampu
> > > > > > > > > mengontrol dan merasakan kalau dirinya sudah
> > > > > > > > > mengeluarkan air kencing sehingga membuat lantai
> > > > > > > > > menjadi kotor, jadi setiap kencing ayah saya
> > > > > > > > > mencebokkan pantat dan burungnya Blacky. Hampir
lima
> > > > > > > > > juta rupiah kami sudah keluarkan untuk mencari cara
> > > > > > > > > menolong Blacky, berbagai dokter dicoba satu demi
> > > > > > > > > satu, hingga akhirnya Blacky sembuh total dengan
> > > > > > > > > bantuan seorang akupunturist khusus hewan, padahal
> > > > > > > > > harga seekor Blacky hanya satu juta rupiah. Kalau
> anda
> > > > > > > > > sakit anda masih bisa memaafkan diri anda untuk
> > > > > > > > > kencing di tempat tidur, tetapi seekor Blacky tidak
> > > > > > > > > memaafkan dirinya untuk hal semacam itu.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Secara alamiahnya intuisi adalah proses
rekonstruksi
> > > > > > > > > akibat lanjutan dari pengalaman ber-insting.
> > > > > > > > > Aturan-aturan yang terbentuk dalam pengalaman
insting
> > > > > > > > > menghasilkan suatu teori, konsep, keyakinan,
believe
> > > > > > > > > system, dlsb dimana ada suatu titik tujuan
kebenaran
> > > > > > > > > yang paling mendekati mutlak yang bisa dicapai. Ini
> > > > > > > > > bisa berkaitan dengan hal ketuhanan kalau
individunya
> > > > > > > > > punya teori ketuhanan, atau bisa berkaitan dengan
> > > > > > > > > suatu hal empiris, suatu keilmiahan, aturan main,
> > > > > > > > > norma, dlsb.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Nah, believe system yang saya sering sindir dalam
> > > > > > > > > konteks ilmu kompatiologi adalah adalah ketia
> > > > > > > > > seseorang memiliki proses intuisi (memiliki teori,
> > > > > > > > > konsep, keyakinan, believe system, dlsb) yang tidak
> > > > > > > > > berhubungan dengan proses pengalaman instingnya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Mengapa Leonardo Rimba selalu menjelek-jelekkan
> > > > > > > > > insting adalah agar kliennnya tidak mau menghargai
> > > > > > > > > proses instingnya, langsung bicara intuisi dengan
> > > > > > > > > teori, konsep, keyakinan, believe system, dlsb yang
> > > > > > > > > bikinan Leonardo Rimba bukan hasil proses
pengalaman
> > > > > > > > > kontemplasi orang itu sendiri. Kalau seorang
manusia
> > > > > > > > > memiliki hubungan relasi antara insting ke intuisi
> > > > > > > > > yang berkaitan erat maka tidak dibutuhkan lagi
guru,
> > > > > > > > > pembimbing spiritual juga peramal; orang itu
menjadi
> > > > > > > > > independent, ini yang dikahwatirkan Leonardo Rimba
> dan
> > > > > > > > > juga ahli-ahli ilmupengetahuan social ilmiah,
agama,
> > > > > > > > > spiritual dan metafisika yang mengharapkan
> > > > > > > > > ketergantungan klien kepada dirinya. Kalau proses
> > > > > > > > > intuisi seseorang adalah hasil bikinan orang lain
> yang
> > > > > > > > > tidak memiliki hubungan relasi dengan instingnya,
> maka
> > > > > > > > > akibatnya orang tsb akan selalu membutuhkan saran,
> > > > > > > > > nasehat, bimbingan dari si pembuat proses intuisi
> yang
> > > > > > > > > ada pada dirinya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Kepentingan Vincent Liong sebagai pendiri
> kompatiologi
> > > > > > > > > dan Leonardo Rimba sebagai seorang peramal tarot
dan
> > > > > > > > > ahli mata ketiga terhadap kliennya adalah amat
sangat
> > > > > > > > > bertolakbelakang:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Harapan seorang Vincent Liong terhadap kliennya
> adalah
> > > > > > > > > seseorang meminta bantuannya sekali saja dan
> > > > > > > > > diharapkan agar orang tsb tidak sekalipun datang ke
> > > > > > > > > Vincent Liong untuk meminta pertolongan yang sama
> > > > > > > > > seumur hidupnya. Itu kenapa rohaniwan Titus
Budiyanto
> > > > > > > > > mendatangi Vincent dari Bangka untuk belajar
> > > > > > > > > kompatiologi dan bisa mengajarkannya ke kliennya
> > > > > > > > > adalah karena kesedihannya sebagai rohaniawan
> > > > > > > > > menghadapi klien yang makin hari makin
ketergantungan
> > > > > > > > > sehingga lebih mengharga bila bisa memberikan klein
> > > > > > > > > tsb independensi yang diharapkan bersifat
permanent.
> > > > > > > > > Itu alasannya mengapa setelah ikut dekon dan
belajar
> > > > > > > > > jadi pendekon Titus Budiyanto langsung berangkat ke
> > > > > > > > > Batam untuk mendekon sekitar 28 orang dalam kira-
kira
> > > > > > > > > 5 hari, lalu dilanjutkan dengan berkeliling
> > > > > > > > > pulau-ke-pulau di kepulauan Riau yang terpencil dan
> > > > > > > > > sulit ada sarana komunikasi, satu kali memimpin
umat
> > > > > > > > > menjalankan ritual kerohaniannya dan sekali
melakukan
> > > > > > > > > dekon kompatiologi setiap hari.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Harapan seorang Leonardo Rimba terhadap kliennya
> > > > > > > > > adalah seorang memintanya secara rutin
> (berkelanjutan)
> > > > > > > > > untuk diramal menggunakan kartu tarot, mengikuti
> > > > > > > > > program konseling dan ilmu mata ketiganya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Tentang "Democratic People Republic of Korea"
(Korea
> > > > > > > > > Utara), Vincent Liong memang bangga sebagai orang
> > > > > > > > > Indonesia yang bisa melakukan observasi selama satu
> > > > > > > > > tahun lebih terhadap anak-anak aparat kedutaan
Korea
> > > > > > > > > Utara adalah kesempaan yang langka dan bisa
digunakan
> > > > > > > > > untuk mempelajari banyak hal dari kacamata
> > > > > > > > > sudutpandang yang berbeda-beda.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Vincent Liong harus terus menelepon ke Jakarta saat
> > > > > > > > > itu adalah untuk memantau secara terus menerus
> > > > > > > > > perkembangan teror yang sedang dijalankan ke
segenap
> > > > > > > > > praktisi kompatiologi, meskipun tekanan bagi
Vincent
> > > > > > > > > Liong sendiri tetap dialami sepanjang hari melalui
> > > > > > > > > provokasi Leonardo Rimba. Apa boleh buat Vincent
> Liong
> > > > > > > > > sebagai pendiri kompatiologi harus bertanggungjawab
> > > > > > > > > dalam kondisi apapun juga terhadap keselamatan para
> > > > > > > > > praktisi kompatiologi di Jakarta di masa teror yang
> > > > > > > > > begitu intens dan berkelanjutan. Hal ini tidak ada
> > > > > > > > > hubungannya dengan pengalaman Vincent Liong
mengamati
> > > > > > > > > secara partisipasi anak-anak aparat kedutaan Korea
> > > > > > > > > Utara.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Bagian I I I
> > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Peneliti Kompatiologi sudah meneliti menggunakan
bau,
> > > > > > > > > masalahnya bau mudah melekat di hidung sehingga
sulit
> > > > > > > > > digunakan sebagai alat sampler yang berdurasi
cepat.
> > > > > > > > > Menggunakan pengelihatan dan pendengaran juga
pernah
> > > > > > > > > kami coba, masalahnya orang sudah terlalu
> > > > > > > > > berpengalaman berkomunikasi dengan pengelihatan dan
> > > > > > > > > pendengaran sehingga tidak bisa dilakukan sampling
> > > > > > > > > yang bebas dari intepretasi berdasarkan pengalaman
> > > > > > > > > verbal.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Ttd,
> > > > > > > > > Vincent Liong
> > > > > > > > > Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2007
> > > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- End forwarded message
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> >
>


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Yahoo! Groups

Be a Better Planet

Share with others

Help the Planet.

Curves on Yahoo!

A group for women

to share & discuss

food & weight loss.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar