Kamis, 01 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: Fwd: RE: Yuk kita rame2 belajar menjadi diri sendiri

hehehehe,

gak ono sing lebih romantis ta? misale makan pisang bakar di
pematang sawah, atau meniti pematang sawah seperti iklane rinso
gitu? mosok ditawari belajar jualan batik. atau bikin tenunan dari
serat pelepah pisang.

pekalongan itu apanya purwokerto?

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Edy Susanto"
<aldo_richard@...> wrote:
>
> pak dhe goen dan teman2 ,
>
> tentang vincent ini ,banyak yang menyindir perilaku dia .
> pakai sindiran halus.percuma saja.
>
> ternyata vincent karena orang china adatnya lain , jadi saya
pikir.
> haute itu pake cara "tongkat pemukul anjing " itu baru pas .
> memang dipikir2 haute iku pinter ... (lulusan endhi ta ? )
>
> he..4x
>
> pak goen sendiri mengigatkan dengan bijaksana.
> cukup pakai " cemeti kuda lumping ". di pecutkan ke udara , agar
> dengan suaranya orang menjadi sadar dan fokus .
>
> tapi sia sia..
>
> mungkin perlu " ajian kentut semar " untuk menghentikan semua ini.
>
> tentang pengikut dekon ,
> memang agak susah melepas "ilmu baru ". apalagi jika merasa itu
> "ilmu hebat ". karena punya rasa memiliki (kemelekatan ; istilah
mbah
> hudoyo ) .mungkin meditasi vipassana bisa membantu ...
>
> kalau takut tidak punya uang , karena dekon di tinggalkan.
> datang ke pekalongan saja . belajar julan batik.
> atau bikin tenunan dari serat pelepah pisang.
>
> atau usaha lainnya .
> silahkan saja....
>
>
> tapi saya paham dan maklum,kalau orang lagi emosi ya maunya menang
> sendiri ,maunya didengarkan , bukan mendengar , maunya di hormati
> bukan menghormati.
>
> saya hanya mengamati ...
>
> silahkan perang dilanjutkan.....
> sampe benjut juga saya betah menemani .
>
> salam,
> edy
> sambil nagkring di pohon kelapa.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> <goenardjoadi@> wrote:
> >
> > Mbak Pipiet,
> >
> > bingung ya lihat orang-orang pada edun?
> >
> > Monde nanya;) Hati nurani itu kebebasan, berdasarkan mengerti
> > kebenaran.. hmmm (berpikir..berpikir..berpikir..) Tapi bukan
> > kebebasan caci maki kan Mas Goen? Atau kebebasan mendukung caci
> > maki? aduh.. maaf ya ,Mas Goen sabar kan? Terima kasih Mas Goen.
> >
> > Pipiet,
> >
> > Mungkin karena kamu di pihak yang tercaci-maki, hanya kebetulan
> > pacarmu membela vincent, maka kelihatan sungguh aneh, wong wis
tuo
> > kok melu-melu bengak-bengok.
> >
> > Mungkin kita semua ini salah memiliki pemikiran bersama, bahwa
> > Kompati itu berbahhhhhhaya, karena anda di dalamnya masih adem
ayem,
> > sambil melek merem mabok kebanyakan teh, dan kehangatan Mas
> > Merkurius Adhi.... hahahah hahahha, anda ada benarnya.
> >
> > Ditinjau dari aspek Nurani, sebenarnya gak ada yang aneh dg
> > vincent, memang Vincent dari 23 bulan yang lalu juga edun, udah
dari
> > sononya begini, korslet.
> >
> > Tapi dari gelombang feedback masyarakat [sebenarnya sih, hanya
10
> > orang yang ada di daftar vincent], yang berbeda.
> >
> > Seandainya yang 10 orang itu setuju, dan menganggap bahwa
Vincent
> > sudah dari sononya korslet, maka Vincent akan kembali edun, dan
> > tidak ada lagi caci-maki ini.
> >
> > Ada cerita seorang bijak yang mapu mendidik siapapun, siapapun,
> > darimanapun, dalam keadaan apapun, snaggup dibina, dididik,
> >
> > ketika dikirim maling, maka malingnya insyaf,
> >
> > ketika dikirim anak idiot, jadi waras,
> >
> > ketika dikirim orang stress, jadi sembuh kembali IQ nya tinggi.
> >
> > ketika dikirim kambing, ternyata gak bisa...... diapa-apain, gak
> > bisa,
> >
> > Maka orang bijaknya bilang: "Kambing kalau diajarin dia
meronta."
> >
> > Pendapat kelompok Psi-trans ini sudah menunjukkan koreksi, namun
> > bila vincent nya sudah gak ada kesadaran, sudah dibilang Dewa
> > Anjing, malah kesenangan, agak sado masochist, ya percum tak
bergun.
> >
> > Sudah, mbak pipiet pake Adipitaloka lagi, Mas Merkurius boleh
balik
> > lagi menulis yang dewasa, saya bantu anda untuk mendinginkan
> > suasana, dan bagaimana kita semua menerima ada orang edun di
samping
> > kita.
> >
> > anggap saja duduk di sebelah kambing.
> >
> > salam,
> > goen
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > <monde78100@> wrote:
> > >
> > > Maaf Yth. Mas Goen,
> > > jari menari ini bukan milik Mas Merkurius Adhi. Tapi, Monde
tidak
> > > bisa memaksa Mas Goen, mungkin ada hubungan khusus antara Mas
Goen
> > > dan Mas Merkurius Adhi. Penjelasan Mas Goen sebagai pakar
nurani,
> > > masih membuat Monde tercengang.. sampe hampir gosong monde
cookies
> > > nya. Mas Goen menulis serangan ke ego (anjing)..? Wah.. anjing
> > punya
> > > ego ya.. hehehe..
> > >
> > > Monde sebagai pengagum Mas Goen, cuma merasa khawatir kalau
ada
> > > pengagum lain, mungkin klien Mas Goen, pembaca buku nurani Mas
> > Goen
> > > yang mengikuti milis ini menjadi pingsan melihat tulisan Mas
Goen
> > di
> > > milis ini. Begitu pun cara penarikan kesimpulan atas identitas
> > > Monde, ah ah.. bukan tidak mungkin nanti muncul id yang
> > > berteriak 'itu bukan Mas Goen penulis nurani, tidak mungkin
> > sependek
> > > itu penarikan kesimpulannya, tidak mungkin rangkaian
kalimatnya
> > > begitu.. Mas Goen penulis nurani perangkai kalimat indah
seperti
> > di
> > > bukunya.. tak mungkin.. tak mungkin..'
> > >
> > > Tapi akan Monde sodorin monde cookies agar pengagum Mas Goen
tidak
> > > terlalu histeris;)
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > >
> > > > itu begini lho Mas Adhi,
> > > >
> > > > maksudnya bolavolley, pabrik_t, wonsosubali, ahli dekon itu
> > adalah
> > > > menyerang ego [anjing] secara langsung, tujuannya supaya ego
itu
> > > > bisa dikalahkan, kemarin contohnya ketika sudah ditinggal
> > > Nalaratih
> > > > [eh, Mbak Isti], sudah kalap, sudah histeris, namun ego nya
> > masih
> > > > terlalu tinggi, sampai marah-marahin Mbak Swastinika, yang
imut-
> > > > imut, ngundang rapat RT atas nama Yun Hok,
> > > >
> > > > jadi gak sembuh-sembuh, itu akibat ego tercampur dengan
batin,
> > > > istilahnya komplikasi, jadi gak stabil, istilah kerennya
chaotic
> > > > management.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > > > <monde78100@> wrote:
> > > > >
> > > > > Hehehe.. Mas Goen ini lho.. terlalu ramah, tadi Mas
Merkurius
> > > > Adhi,
> > > > > sekarang Pak Yun Hok, ini absen ya? Lha.. pakar nurani kan
Mas
> > > > Goen,
> > > > > ya Monde nanya ke Mas Goen dong, apa mesti beli bukunya?
Wah..
> > > > > sepertinya selalu kehabisan, ga nemu-nemu.. jadi mumpung
bisa
> > > > > langsung ngobrol di milis, Monde nanya;) Hati nurani itu
> > > > kebebasan,
> > > > > berdasarkan mengerti kebenaran.. hmmm
> > > > > (berpikir..berpikir..berpikir..) Tapi bukan kebebasan caci
> > maki
> > > > kan
> > > > > Mas Goen? Atau kebebasan mendukung caci maki? aduh.. maaf
> > > ya ,Mas
> > > > > Goen sabar kan? Terima kasih Mas Goen.
> > > > >
> > > > > Jadi beli monde nya? ada bonus special;)
> > > > >
> > > > > --- In
psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > yayaya, sekarang sudah agak sembuh, sudah balik rada
cerdas.
> > > > > >
> > > > > > memihak? dipikir hati nurani itu sabar, tidak memihak?
> > siapa
> > > > > > bilang? hati nurani itu kebebasan, berdasarkan mengerti
> > > > > kebenaran.
> > > > > > nah, kalau sampeyan sudah mengerti, ya syukur, kalau gak
> > > ngerti-
> > > > > > ngerti ya dikembalikan ke Pak Yun Hok.
> > > > > >
> > > > > > salam,
> > > > > > goen
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > --- In
psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > > > > > <monde78100@> wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > Yang terhormast Mas Goen, kok maunya sama Mas
Merkurius
> > Adhi
> > > > > > terus?
> > > > > > > Monde jadi nggak enak nih, duh, maafin Monde ya Mas
> > > Merkurius
> > > > > Adhi
> > > > > > > kalau baca. Untuk urusan marah-marah, apa yang marah-
marah
> > > di
> > > > > > milis
> > > > > > > itu setelah didekon? Jadi semua sudah didekon ya?
> > Bagaimana
> > > > > > > dinamikanya dalam kacamata nurani Mas Goen? Monde
dikasih
> > > > > > penjelasan
> > > > > > > dong rantainya, kalau cuma klaim, kesimpulan .. hehehe
> > Monde
> > > > > > > bingung.. kata Pak Guru di sekolah, kita harus
menekankan
> > > dan
> > > > > > > menghargai proses, tidak hanya hasil akhir, sehingga
bisa
> > > > > mendapat
> > > > > > > pemahaman menyeluruh dan tidak menghentikan proses
> > > > pembelajaran,
> > > > > > > kalau ada kekeliruan bisa kelihatan gitu.. bisa
diurai.
> > > > > > >
> > > > > > > Kalau caci maki bagaimana Mas Goen? Pasti Mas Goen
juga
> > > faham
> > > > > > > tentang amarah, bagaimana ekspresi marah yang positif,
> > tidak
> > > > > > anarki
> > > > > > > atau mencaci? Marah secara konstruktif, bagaimana hati
> > > nurani
> > > > di
> > > > > > > sini Mas Goen?
> > > > > > >
> > > > > > > Kok hati nurani mengincar kubu? Bukannya untuk
menyelinap
> > > dan
> > > > > > > berbisik hingga mendatangkan saling pengertian dan
damai?
> > > Apa
> > > > > > > hubungannya sama raba-raba Mas Goen? Aih.. sepertinya
> > Monde
> > > > > lihat
> > > > > > di
> > > > > > > sini banyak yang nuraninya pada gundul, mesti
ditanamin
> > > lagi..
> > > > > lha
> > > > > > > Mas Goen yang penanam atau ..?
> > > > > > >
> > > > > > > Silahkan cicipin monde nya Mas Goen, sambil nyeruput
teh
> > > > hangat
> > > > > > juga
> > > > > > > boleh, biar ga marah-marah;)
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > --- In
> > > psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > > > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > > > > > >
> > > > > > > > ya yayayaya,
> > > > > > > >
> > > > > > > > Mas Merkurius Adhi khan juga pernah marah-marah soal
> > asal
> > > > usul
> > > > > > > hati
> > > > > > > > nurani ini. ini juga karena efek dekon, amarah.
> > > > > > > >
> > > > > > > > kalau saya, saya mau di dekon sama Mas Merkurius
Adhi,
> > > tapi
> > > > > gak
> > > > > > > pake
> > > > > > > > diraba-raba ya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > salam,
> > > > > > > > goen
> > > > > > > > [suka geli....]
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- In
> > > psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > > > > > > > <monde78100@> wrote:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Ternyata Mas Goen suka maen hom pim pah ya.. Monde
> > lebih
> > > > > > takjub
> > > > > > > > > lagi, karena Mas Goen kok bisa mengatakan 'semua
juga
> > > > karena
> > > > > > > efek
> > > > > > > > > dekon, amarah' .. wah..wah.. atau diam-diam sudah
> > ikutan
> > > > > dekon
> > > > > > > ya?
> > > > > > > > > Siapa yang mendekon? atau mengamati pake nurani
semua
> > > > > dekon,
> > > > > > > > lha..
> > > > > > > > > apa iya hasilnya amarah? Kalo begitu, besok-besok
> > temeni
> > > > > Monde
> > > > > > > > > jualan monde yang legit ya.. ke orang-orang yang
> > dekon,
> > > > > bukan
> > > > > > > > monde
> > > > > > > > > gosong deh.. nanti Monde bilang ke pabrik_t
sekalian
> > > ajak
> > > > > > > pengawas
> > > > > > > > > yang super disiplin om haute.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Tapi Mas Goen, bukankah maaf, minta maaf juga
memberi
> > > maaf
> > > > > itu
> > > > > > > > dari
> > > > > > > > > nurani? kok hom pim pah, seperti petak umpet? Ah..
> > atau
> > > > hati
> > > > > > > > nurani
> > > > > > > > > ogah di sini? Bukannya itu yang dirindukan kala
amarah
> > > > > > > menggelora
> > > > > > > > > (jika itu rasa yang didapat oleh Mas Goen dari
dekon).
> > > > Atau
> > > > > > hati
> > > > > > > > > nurani itu ternyata bisa untuk hom pim pah? Monde
rasa
> > > > perlu
> > > > > > > > berguru
> > > > > > > > > nurani juga ke Mas Goen (Mahaguru caci maki,
pabrik_t,
> > > mau
> > > > > > > gabung
> > > > > > > > > tidak?) Mungkin bisa lahir mata kuliah Caci Maki
> > > berdasar
> > > > > > Nurani
> > > > > > > > > atau Nurani berdasar Caci Maki? Hm.. Monde tunggu
> > deh..
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Atau Mas Goen mau berbagi nurani di milis ini
dengan
> > > > sepenuh
> > > > > > > hati
> > > > > > > > > nurani? Sudah sekian waktu kan Mas Goen di sini
dengan
> > > > > nurani?
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Mas Goen mau beli monde juga? Ga bikin marah
deh...
> > > > kecuali
> > > > > > kalo
> > > > > > > > > yang gosong, hehehe..
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > ;)
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > --- In
> > > > > psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > > > > > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > hompimpah saja, siapa yang kalah minta maaf
duluan,
> > > > lagian
> > > > > > ini
> > > > > > > > > semua
> > > > > > > > > > juga karena efek dekon, amarah.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > salam,
> > > > > > > > > > goen
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > --- In
> > > > psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "sinagahp"
> > > > > > > > > > <sinagahp@> wrote:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > --- In Komunikasi_Empati@yahoogroups.com, Mang
> > Iyus
> > > > > > > <juswan@>
> > > > > > > > > > wrote:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Netters,
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Kejadian ke Solo terjadi setidaknya 3 bulan
yang
> > > > lampau.
> > > > > > > > Banyak
> > > > > > > > > hal
> > > > > > > > > > > telah berubah sejak waktu itu.
> > > > > > > > > > > Termasuk perubahan pada karakter Vincent
sendiri
> > > yang
> > > > > > tampak
> > > > > > > > > bagi
> > > > > > > > > > saya
> > > > > > > > > > > yang "menjaga jarak"
> > > > > > > > > > > selama 3 bulan terakhir ini sehingga dapat
melihat
> > > > > dengan
> > > > > > > > > > sedikit "lebih
> > > > > > > > > > > obyektif" karena tidak
> > > > > > > > > > > terlibat secara pribadi.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 1. Semua analisis, baik yang dilakukan oleh B.
> > > > Sudjanto
> > > > > > > maupun
> > > > > > > > > oleh
> > > > > > > > > > > Vincent, sifatnya "post hoc"
> > > > > > > > > > > Artinya analisis dibuat "post mortem" yaitu
> > SETELAH
> > > > > > semuanya
> > > > > > > > > telah
> > > > > > > > > > > terjadi dan menjadi data historis.
> > > > > > > > > > > Maka penafsiran terhadap kejadian tersebut
> > > > > > dilatarbelakangi
> > > > > > > > > > situasi dan
> > > > > > > > > > > kondisi SEKARANG ini,
> > > > > > > > > > > yaitu setelah terjadi PERUBAHAN paradigma
berpikir
> > > > > maupun
> > > > > > > > > perubahan
> > > > > > > > > > > sikap dan perilaku ybs.
> > > > > > > > > > > Termasuk di dalamnya fakta adanya "peperangan
> > > virtual"
> > > > > di
> > > > > > > dunia
> > > > > > > > > > > maya/mailing list sebagai latar
> > > > > > > > > > > belakang pembuatan analisis. Akibatnya
beberapa
> > > > > pandangan
> > > > > > > > > kemudian
> > > > > > > > > > > menjadi agak BIAS.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 2. Misalnya saja "tuduhan" Vincent bahwa Leo
> > > > mengajaknya
> > > > > > ke
> > > > > > > > Solo
> > > > > > > > > > dalam
> > > > > > > > > > > kerangka "black
> > > > > > > > > > > scenario" untuk "memojokkannya sejak awal".
Saya
> > > > berani
> > > > > > > > berkata
> > > > > > > > > > bahwa
> > > > > > > > > > > hal ini PASTI tidak benar
> > > > > > > > > > > dan lebih merupakan suatu OPINI subyektif yang
> > > > apriori.
> > > > > > Saat
> > > > > > > > itu
> > > > > > > > > > > hubungan pribadi Vincent dan
> > > > > > > > > > > Leo masih baik-baik saja. Tuduhan bahwa Leo
> > menjadi
> > > > > bagian
> > > > > > > > dari
> > > > > > > > > > kubu
> > > > > > > > > > > Pabrik_T sama sekali
> > > > > > > > > > > tidak memiliki dasar, apalagi dasar yang kuat.
> > > Vincent
> > > > > > kini
> > > > > > > > > > melihatnya
> > > > > > > > > > > dari cermin yang sudah buram.
> > > > > > > > > > > Kata-kata seperti "ditindas dan "dipojokkan"
> > selama
> > > 2
> > > > > > minggu
> > > > > > > > > > aromanya
> > > > > > > > > > > sangat pleonasme juga.
> > > > > > > > > > > Permusuhan Vincent dengan Audifax juga dimulai
> > saat
> > > > > > Vincent
> > > > > > > > mau
> > > > > > > > > > mendepak
> > > > > > > > > > > Pabrik-T tetapi
> > > > > > > > > > > dicegah Audifax yang justru mengeluarkan
Vincent
> > > dari
> > > > > > milis
> > > > > > > > Psi-
> > > > > > > > > > Trans.
> > > > > > > > > > > Kalau 'casus belli' itu tidak
> > > > > > > > > > > ada maka perang juga tidak terjadi. Kejadian
> > > Auduifax
> > > > > > > menginap
> > > > > > > > 2
> > > > > > > > > > bulan
> > > > > > > > > > > di rumah Vincent
> > > > > > > > > > > diungkit-ungkit beberapa kali. Kalau saya jadi
> > > > Auduifax
> > > > > > maka
> > > > > > > > > > sayapun
> > > > > > > > > > > akan meradang karena
> > > > > > > > > > > kesannya tidak tulus memberikan tumpangan bagi
> > yang
> > > > lagi
> > > > > > > > perlu.
> > > > > > > > > Ini
> > > > > > > > > > > membuat luka batin juga.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 3. Sebagai observer luar yang berusaha
independen
> > > saya
> > > > > > > memang
> > > > > > > > > > mengamati
> > > > > > > > > > > adanya semacam
> > > > > > > > > > > "persaingan tersamar" yang "agak kurang sehat"
> > > antara
> > > > > Leo
> > > > > > > dan
> > > > > > > > > > Vincent
> > > > > > > > > > > walaupun saling mengaku
> > > > > > > > > > > sebagai "saudara angkat" tetapi sekaligus ada
> > > > > > > semacam "sibling
> > > > > > > > > > rivalry"
> > > > > > > > > > > untuk mengkatrol
> > > > > > > > > > > popularitas pribadi dan kulakan/bakulan masing-
> > > masing.
> > > > > > > > > > > Pada saat pertemuan di Pasca Sarjana Sahid
maupun
> > di
> > > > > > > Kesehatan
> > > > > > > > > > > Masyarakat Untar, maka
> > > > > > > > > > > Leo tampak mencoba "mengkonter keadaan" dengan
> > > > > menunjukkan
> > > > > > > > > > kebolehannya
> > > > > > > > > > > dalam meramal
> > > > > > > > > > > Tarot. Padahal jelas-jelas bahwa "panggung
> > diskusi"
> > > > > > tersebut
> > > > > > > > > > tujuannya
> > > > > > > > > > > khusus membahas materi
> > > > > > > > > > > Komunikasi Empati. Jelas bahwa kesempatan
meramal
> > > > secara
> > > > > > > > > > gratis "lebih
> > > > > > > > > > > menarik" daripada
> > > > > > > > > > > diskusi mengenai Komunikasi Empati yang berat-
> > berat
> > > > dan
> > > > > > > masih
> > > > > > > > > kabur
> > > > > > > > > > > entah "what species".
> > > > > > > > > > > Ada hubungan apa dan urusannya Komunikasi
Empati
> > > > dengan
> > > > > > > Acara
> > > > > > > > > > Penebaran
> > > > > > > > > > > Tarot?
> > > > > > > > > > > Kalau semua terdekon bisa instant baca Tarot
mka
> > > > kulakan
> > > > > > Leo
> > > > > > > > > sudah
> > > > > > > > > > pasti
> > > > > > > > > > > bakal terancam.
> > > > > > > > > > > Bahwa pada awalnya Leo selalu mendukung
Vincent
> > > > > merupakan
> > > > > > > > fakta.
> > > > > > > > > > Namun
> > > > > > > > > > > tidak pula dapat
> > > > > > > > > > > diabaikan sebaliknya Leo juga "sedikit banyak"
> > > > mendapat
> > > > > > > > dukungan
> > > > > > > > > > dari
> > > > > > > > > > > Vincent pada saat
> > > > > > > > > > > kariernya sebagai pembaca tarot masih mandeg
dan
> > > belum
> > > > > > > terlalu
> > > > > > > > > > terkenal
> > > > > > > > > > > seperti keadaannya
> > > > > > > > > > > akhir-akhir ini yang relatif sudah maju pesat
> > dengan
> > > > > klien
> > > > > > > > > > mancanegara
> > > > > > > > > > > pula.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 4. Jelas antara karakter Vincent yang polos,
> > > > > cengengesan,
> > > > > > > > kurang
> > > > > > > > > > santun,
> > > > > > > > > > > norak dan resek
> > > > > > > > > > > dan kerap menjengkelkan itu bersifat antagonis
> > > dengan
> > > > > > > karakter
> > > > > > > > > Leo
> > > > > > > > > > yang
> > > > > > > > > > > kalem, santun,
> > > > > > > > > > > siap melayani orang dengan (semula) ramalan
> > > gratisnya.
> > > > > > > > > > > Kalau ditanya omongan siapa yang lebih menarik
dan
> > > > > > > dipercayai
> > > > > > > > > saya
> > > > > > > > > > pikir
> > > > > > > > > > > jawabannya juga jelas.
> > > > > > > > > > > Namun saya tidak mau bersikap hitam atau
putih.
> > > Apakah
> > > > > Leo
> > > > > > > > atau
> > > > > > > > > > Vincent
> > > > > > > > > > > yang 'totally white'
> > > > > > > > > > > atau 'totally black'? Saya pikir tidak ada
> > > > kategorisasi
> > > > > > > > seperti
> > > > > > > > > itu
> > > > > > > > > > > untuk karakter manusia. Jadi tidak
> > > > > > > > > > > fair kalau membagi mereka menurut kriteria
> > tersebut.
> > > > > Yang
> > > > > > > satu
> > > > > > > > > > kulakan
> > > > > > > > > > > kompati yang lainnya kulakan
> > > > > > > > > > > Tarot. Yang satu kulakan Dekon yang lainnya
> > kulakan
> > > > > Rekon.
> > > > > > > > Yang
> > > > > > > > > > satu
> > > > > > > > > > > kulakan Instink yang
> > > > > > > > > > > lainnya kulakan Intuisi. Semula sih (katanya)
> > > inginnya
> > > > > > > saling
> > > > > > > > > > mengisi
> > > > > > > > > > > tetapi "setelah merasa kuat"
> > > > > > > > > > > ingin saling bersaing saling mematikan. Nafsu
> > > > mematikan
> > > > > > ini
> > > > > > > > > jelas-
> > > > > > > > > > jelas
> > > > > > > > > > > lebih kuat pada satu pihak
> > > > > > > > > > > yang pernah mengutuk (umpamanya soal futie
dsb)
> > > > > > dibandingkan
> > > > > > > > > dengan
> > > > > > > > > > > pihak lainnya yang flat.
> > > > > > > > > > > Kedua-duanya "ngerjain" orang dengan bayaran
> > > (relatif
> > > > > > mahal)
> > > > > > > > > tetapi
> > > > > > > > > > > sama-sama tidak berani
> > > > > > > > > > > menjamin "keberhasilan" apapun dari kegiatan
> > > > operasinya.
> > > > > > > > > > > Adonan ramalan ialah 35% truth, 35% bullshit
dan
> > 30%
> > > > > > sugesti
> > > > > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > > > > Kalau ramalan nasib bagus tepat maka asalnya
dari
> > > 35%
> > > > > > truth
> > > > > > > +
> > > > > > > > 30%
> > > > > > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > > > > Kalau nasib sial maka pasrah saja karena
asalnya
> > 35%
> > > > > > > bullshit
> > > > > > > > +
> > > > > > > > > 30%
> > > > > > > > > > > ngambang.
> > > > > > > > > > > Apapun kejadiannya outputnya dikonfontrir
dengan
> > > > ramalan
> > > > > > > maka
> > > > > > > > > > peramal
> > > > > > > > > > > tetap safe terhadap
> > > > > > > > > > > tuduhan malpraktek. Begitu pula dengan dekon,
> > sejak
> > > > > > > > > semula "sudah
> > > > > > > > > > pasang
> > > > > > > > > > > tameng" bahwa
> > > > > > > > > > > tidak menjanjikan "perubahan" apapun. Jadi
> > > > > > kalau "mengharap
> > > > > > > > > > perubahan"
> > > > > > > > > > > maka salah sendiri
> > > > > > > > > > > kenapa mau didekon. Ibarat beli jamu obat
kuat:
> > > > > jika 'jadi
> > > > > > > > joss'
> > > > > > > > > > maka
> > > > > > > > > > > diam-diam saja
> > > > > > > > > > > karena happy tetapi kalau 'tetap loyo' juga
diam-
> > > diam
> > > > > saja
> > > > > > > > > karena
> > > > > > > > > > malu
> > > > > > > > > > > ketahuan bodonya.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 5. Kini setelah Leo "mapan" dengan bisnis
Tarot
> > dan
> > > M-
> > > > 3
> > > > > > > dengan
> > > > > > > > > > sistem
> > > > > > > > > > > tarif yang mirip sistem
> > > > > > > > > > > Vincent (mula-mula 300 kini 500 dan di Mal)
tentu
> > > > mampu
> > > > > > > > > > berbicara "agak
> > > > > > > > > > > keras" karena
> > > > > > > > > > > sudah tidak membutuhkan sama sekali dukungan
> > apapun
> > > > dari
> > > > > > > > > Vincent,
> > > > > > > > > > baik
> > > > > > > > > > > secara moral
> > > > > > > > > > > apalagi secara material.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 6. Pemisahan 'elmu' yang "totally instinctive"
> > > > > > dan "totally
> > > > > > > > > > intuitive"
> > > > > > > > > > > saya pikir juga sangat absurd,
> > > > > > > > > > > tidak logis, sekaligus keliru juga. Mana ada
> > manusia
> > > > > yang
> > > > > > > > tidak
> > > > > > > > > > punya
> > > > > > > > > > > intuisi? Mana ada sih
> > > > > > > > > > > manusia yang tidak punya instink? Tajam atau
> > tumpul
> > > > soal
> > > > > > > kedua.
> > > > > > > > > > > Kebutuhan akan pangan,
> > > > > > > > > > > shelter dan seks jelas-jelas instinktif. Siapa
> > yang
> > > > gak
> > > > > > > punya?
> > > > > > > > > > Bahkan
> > > > > > > > > > > rohaniwan yang pedofil
> > > > > > > > > > > masih punya godaan-godaan seksual yang
instinktif,
> > > > > > demikian
> > > > > > > > juga
> > > > > > > > > > mereka
> > > > > > > > > > > yang senang dijamu
> > > > > > > > > > > gelojoh/makan enak dan yang suka minum-minum
> > alkohol
> > > > di
> > > > > > > biara.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 7. Menurut paradigma evolusi Darwinian jelas
pada
> > > otak
> > > > > > > manusia
> > > > > > > > > > tampak
> > > > > > > > > > > bahwa kemampuan-
> > > > > > > > > > > kemampuan instinktif MENDAHULUI kemampuan-
> > kemampuan
> > > > > > > intuitif.
> > > > > > > > > > Kemampuan
> > > > > > > > > > > yang terakhir
> > > > > > > > > > > ini baru dimulai pada saat homo sapiens
memiliki
> > > organ
> > > > > > > > > > CEREBELLUM/otak
> > > > > > > > > > > kecil - neo-korteks
> > > > > > > > > > > untuk berpikir logis dan amygdala untuk
merasakan
> > > > secara
> > > > > > > > > emosional
> > > > > > > > > > (
> > > > > > > > > > > yang lebih dulu ada
> > > > > > > > > > > dari neo korteks tetapi lebih belakangan dari
> > lobus
> > > > > > > > pendengaran
> > > > > > > > > dan
> > > > > > > > > > > penglihatan. Letaknya di
> > > > > > > > > > > endoencephalon).
> > > > > > > > > > > Maka kemampuan intuitif MELENGKAPI kemampuan
> > > > instinktif
> > > > > > dan
> > > > > > > > sama
> > > > > > > > > > sekali
> > > > > > > > > > > bukan untuk
> > > > > > > > > > > substitusi menggantikannya. Menuduh Vincent
> > totally
> > > > > > > unstinktif
> > > > > > > > > sama
> > > > > > > > > > > sekali tidak berdasar. Sic!
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 8. Fakta kehidupan modern membuktikan bahwa
> > > kemampuan-
> > > > > > > kemampuan
> > > > > > > > > > > instinktif manusia
> > > > > > > > > > > kota/urban telah menjadi semakin TUMPUL bahkan
> > > hampir
> > > > > > > lenyap.
> > > > > > > > > > Sedangkan
> > > > > > > > > > > pada manusia
> > > > > > > > > > > desa terutama daerah terpencil/terisolasi
> > kemampuan
> > > > > > > instinktif
> > > > > > > > > itu
> > > > > > > > > > masih
> > > > > > > > > > > sangat tajam dan kuat.
> > > > > > > > > > > Sistem pendidikan modern yang
> > > mengandalkan 'kecerdasan
> > > > > > > > rasional'
> > > > > > > > > > semakin
> > > > > > > > > > > menekan habis-
> > > > > > > > > > > habisan baik 'kemampuan intuitif'
> > apalagi 'kemampuan
> > > > > > > > instinktif'
> > > > > > > > > > > siswa-siswa sekolah maupun
> > > > > > > > > > > alumni akademik.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 9. Sinyalemen Vincent ada benarnya. Orang yang
> > > terlalu
> > > > > > > banyak
> > > > > > > > > > bicara
> > > > > > > > > > > soal "supra natural"
> > > > > > > > > > > ("bangunan atas = supra struktur) kerap kali
> > > > kehilangan
> > > > > > > > fondasi
> > > > > > > > > > yang
> > > > > > > > > > > kuat pada "struktur bawah".
> > > > > > > > > > > Melayang-layang di menara gading. Ibarat ilmu
> > silat
> > > > > tidak
> > > > > > > > > mempunyai
> > > > > > > > > > > bhesi/kuda-kuda yang
> > > > > > > > > > > kuat dan kalau sekali saja disabet kakinya
pakai
> > > > sapuan
> > > > > > > bawah
> > > > > > > > > maka
> > > > > > > > > > > segera akan rubuh.
> > > > > > > > > > > Akibatnya, banyak orang yang menyibukkan diri
> > dengan
> > > > > > urusan
> > > > > > > > > > spiritual
> > > > > > > > > > > dan sorgawi tetapi
> > > > > > > > > > > sangat rapuh dalam soal soal keduniawian.
Kedua
> > sub-
> > > > > > struktur
> > > > > > > > > inipun
> > > > > > > > > > > sidatnya
> > > > > > > > > > > KOMPLEMENTER dan sama sekali bukan diametral
> > apalagi
> > > > > > > > > antagonistik.
> > > > > > > > > > > Gereja atau mesjid juga tidak bisa dibangun
kalau
> > > > tidak
> > > > > > ada
> > > > > > > > duit
> > > > > > > > > > para
> > > > > > > > > > > pengusaha donatur yang
> > > > > > > > > > > menjadi umatnya, bahkan untuk urusan makan dan
> > > > > lodgingnya
> > > > > > > juga.
> > > > > > > > > > > Tidak ada duit juga para paderi tidak bisa
dikirim
> > > > untuk
> > > > > > > studi
> > > > > > > > S-
> > > > > > > > > 2
> > > > > > > > > > atau
> > > > > > > > > > > S-3 di manca negara.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 10. Pertanyaannya kemudian ialah mana yang
perlu
> > > > > > > didahulukan?
> > > > > > > > > Bikin
> > > > > > > > > > > "fondasi" lebih dahulu atau
> > > > > > > > > > > pasang "atap". Tak usah jadi insinyur untuk
> > menjawab
> > > > > > > > pertanyaan
> > > > > > > > > > ini.
> > > > > > > > > > > Tanpa struktur fondasi
> > > > > > > > > > > tidak mungkin bisa dipasang atap. Orang tidak
bisa
> > > > ujug-
> > > > > > > ujung
> > > > > > > > > mau
> > > > > > > > > > pasang
> > > > > > > > > > > dinding, apalagi atap,
> > > > > > > > > > > bila tidak pakai fondasi. Memang bisa, tetapi
> > begitu
> > > > ada
> > > > > > > > banjir,
> > > > > > > > > > longsor
> > > > > > > > > > > atau gempa maka seluruh
> > > > > > > > > > > bangunan jadi ambrol. Demikian pula yang
> > > > > > > > mengandalkan "kemampuan
> > > > > > > > > > > intuisi" saja bila terjadi
> > > > > > > > > > > gempa/longsor/banjir di kawasan dapurnya yang
> > tidak
> > > > > > berasap
> > > > > > > > maka
> > > > > > > > > > > semuanya jadi hancur
> > > > > > > > > > > berantakan tanpa ampun.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > 11. Anjing memang binatang dan dianggap "punya
> > > > perasaan"
> > > > > > > > > terutama
> > > > > > > > > > sifat
> > > > > > > > > > > "kesetiaan" dan tentu
> > > > > > > > > > > saja ini semua semata-mata hanyalah
> > soal "kebiasaan
> > > > yang
> > > > > > > > > terbentuk"
> > > > > > > > > > > selama beberapa kurun
> > > > > > > > > > > waktu. Pembandingan karakter manusia dengan
> > > kareakter
> > > > > > anjing
> > > > > > > > > > tentulah
> > > > > > > > > > > hanya bersifat analogi.
> > > > > > > > > > > Anjing tidak punya moral tetapi manusia
seharusnya
> > > > > punya.
> > > > > > > > Karena
> > > > > > > > > > > amygdala belum berkembang
> > > > > > > > > > > pada organ otak anjing maka anjing akan
menunggang
> > > > > > biangnya
> > > > > > > > > > sendiri. Hal
> > > > > > > > > > > itu tidak mungkin
> > > > > > > > > > > terjadi pada manusia yang beradab yang mampu
> > > > menghindari
> > > > > > > > hubungan
> > > > > > > > > > > incest.
> > > > > > > > > > > Maka menarik kesimpulan bahwa anjingpun
mempunyai
> > > > > > kecerdasan
> > > > > > > > > logis
> > > > > > > > > > untuk
> > > > > > > > > > > membuat range
> > > > > > > > > > > dan scale (rentang dan skala) hanyalah
PROYEKSI
> > > > > paradigma
> > > > > > > > > berpikir
> > > > > > > > > > > Vincent yang diterapkan
> > > > > > > > > > > pada anjing. Bukan secara ipso facto memang
ada
> > > proses
> > > > > > > > berpikir
> > > > > > > > > > demikian
> > > > > > > > > > > itu pada seekor anjing.
> > > > > > > > > > > Kalau tesis Vincent benar maka semua anjing
> > manapun
> > > di
> > > > > > dunia
> > > > > > > > ini
> > > > > > > > > > mampu
> > > > > > > > > > > membuat rentang dan
> > > > > > > > > > > skala. Anehnya semua anjing pasti menggonggong
ke
> > > > tukang
> > > > > > > korek-
> > > > > > > > > > korek
> > > > > > > > > > > sampah. Itulah instink
> > > > > > > > > > > murni anjing dan bukannya akibat proses dekon.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Ini hanya refleksi pribadi yang diusahakan
> > > seobyektif
> > > > > > > mungkin
> > > > > > > > > tanpa
> > > > > > > > > > > melakukan "judging" terhadap
> > > > > > > > > > > kedua sohib saya Vincent maupun Leo. Dan saya
> > hanya
> > > > > > (seperti
> > > > > > > > > > diajarkan
> > > > > > > > > > > Leo) harus "berbicara
> > > > > > > > > > > apa adanya" tanpa perlu merasa berpihak secara
> > > > partisan
> > > > > > > kepada
> > > > > > > > > > pihak
> > > > > > > > > > > manapun. Maaf-maaf kata
> > > > > > > > > > > kalau sekiranya ada yang merasa tersinggung
oleh
> > > > > tanggapan
> > > > > > > > saya
> > > > > > > > > > ini.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Mang Iyus
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Vincent Liong wrote:
> > > > > > > > > > > Bagian I
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Pada saat pergi ke Solo tsb memang saya
bermental
> > > > > > > > > > > > seperti bahkan lebih dari Blacky. Ketika
seekor
> > > > Blacky
> > > > > > > > > > > > ditekan, dipojokkan diinjak-injak yang bisa
> > > dilakukan
> > > > > > > > > > > > hanya makan dan minum lebih, juga beol dan
> > kencing
> > > > > > > > > > > > lebih banyak. The point is saya harus membuat
> > > > > > > > > > > > subsitusi dari kondisi dipojokkan dan
> > dipermainkan
> > > > > > > > > > > > dengan cara makan, minum, belol dan kencing
lebih
> > > > > > > > > > > > banyak dari seharusnya. Seekor Vincent Liong
si
> > > > Blacky
> > > > > > > > > > > > akan menahan diri dengan sikap defensive
selama
> > > > > > > > > > > > dirinya ditekan dan akan menggigit ketika
dirinya
> > > > > > > > > > > > berkesempatan lari atau telah lepas dari
tekanan
> > > > > > > > > > > > karena toh dirinya harus bertahan untuk
tetap
> > hidup
> > > > > > > > > > > > sampai akhir masa terpojoknya. Seekor Blacky
akan
> > > > > > > > > > > > lebih sakit hati apabila ditindas tanpa
sebab-
> > > musebab
> > > > > > > > > > > > yang jelas bukan karena sebelumnya dia
menindas
> > > pihak
> > > > > > > > > > > > yang menindasnya.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Leonardo Rimba meminta saya untuk
menemaninya ke
> > > Solo
> > > > > > > > > > > > bersama anda saat itu adalah pada kondisi
dimana
> > > > > > > > > > > > skenario tekanan mental yang sedang
dijalankan
> > > dengan
> > > > > > > > > > > > sangat kuatnya di maillist, dlsb. Skenario
untuk
> > > > > > > > > > > > memojokkan saya sejak awal dengan
memanfaatkan
> > > sifat
> > > > > > > > > > > > anda yang tentunya lebih percaya kata-kata
indah
> > > > > > > > > > > > Leonardo Rimba dibanding saya yang memang
tidak
> > > tidak
> > > > > > > > > > > > menjilat anda untuk lebih menyukai atau
percaya
> > > saya,
> > > > > > > > > > > > saya berusaha jadi orang apa adanya. Kata-
kata
> > > > > > > > > > > > misalnya tentang begitu banyaknya korban
> > > kompatiologi
> > > > > > > > > > > > yang dibicarakan kepada anda memang tidak
> > > memerlukan
> > > > > > > > > > > > bukti kongkrit, hanya perlu cara menjelaskan
yang
> > > > > > > > > > > > tampak sangat menjanjikan dan itu membuat
anda
> > > > menjadi
> > > > > > > > > > > > berkacamata kuda hanya bisa melihat sisi
buruk
> > > saya.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Saya tentunya sebagai manusia punya batas
> > ketahanan
> > > > > > > > > > > > mental. Untuk terror yang saat itu (sebelum
ke
> > > Solo)
> > > > > > > > > > > > sudah berjalan sekitar dua bulan dengan
> > > pengkhianatan
> > > > > > > > > > > > Audifax sebagai kado ulangtahun buat saya,
lalu
> > > > > > > > > > > > kelelahan itu ditambah jebakan yang tidak
saya
> > > > > > > > > > > > sangka-sangka yang dipersiapkan sahabat saya
> > > sendiri
> > > > > > > > > > > > Leonardo Rimba untuk mendukung peran yang
lain
> > dari
> > > > > > > > > > > > skenario yang dijalankan oleh Nurudin
Asyhadie di
> > > > > > > > > > > > bawah provokasi Audifax. Saya bersyukur saya
> > masih
> > > > > > > > > > > > kuat, saya menjalaninya hingga usai pulang
dari
> > > Solo.
> > > > > > > > > > > > Sempat tidak tahan tetapi ya berusaha tahan
juga
> > > > > > > > > > > > melaluinya hingga saat ini sudah lebih dari
> > > setengah
> > > > > > > > > > > > tahun. Saya bersyukur bahwa saya masih hidup
dan
> > > > > > > > > > > > ketahanan mental saya lebih kuat dari
sebelumnya.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Bicara tentang anjing saya Blacky, saya
tinggal
> > > > > > > > > > > > bersama anjing saya Blacky setiap hari sejak
> > kecil.
> > > > > > > > > > > > Jadi buat saya binatang itu (si blacky)
kadang-
> > > kadang
> > > > > > > > > > > > bisa lebih manusiawi daripada manusia.
Keyakinan
> > > akan
> > > > > > > > > > > > hal ini tentunya tidak dianut oleh orang
yang
> > tidak
> > > > > > > > > > > > memelihara anjing secara intense tidur
sekamar di
> > > > > > > > > > > > rumah. Blacky secara teori memang hidup
hanya
> > untuk
> > > > > > > > > > > > makan dan beol, tetapi buat saja Blacky tahu
> > kapan
> > > > > > > > > > > > saya membutuhkan perhatian dan itu di luar
urusan
> > > > > > > > > > > > kebutuhannya untuk sekedar makan.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Bagian I I
> > > > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Dalam kacamata kuda yang sudah ditanamkan
> > Leonardo
> > > > > > > > > > > > Rimba kepada anda, tentang betapa Blacky-nya
> > saya
> > > dan
> > > > > > > > > > > > betapa saya mendidik orang-orang saya
menjadi
> > > > `Blacky'
> > > > > > > > > > > > (makhluk hidup yang mengukur data dengan
> > insting)
> > > > anda
> > > > > > > > > > > > memang selayaknya bingung soal mengapa saya
masih
> > > > > > > > > > > > sedikit civilize dengan masih berpakaian,
> > > menggunakan
> > > > > > > > > > > > piama untuk tidur, mandi, dlsb yang
dilakukan
> > > manusia
> > > > > > > > > > > > setiap hari tetapi tidak dilakukan anjing.
Ini
> > > > > > > > > > > > pertanyaan yang bagus,semoga jawaban saya
bisa
> > > > > > > > > > > > menjawab keingintahuan anda…
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Baik manusia maupun Blacky mengalami
pengalaman
> > > > > > > > > > > > hidupnya dengan pengalaman indrawinya, ini
yang
> > > > > > > > > > > > disebut insting kebinatangan, yang sangat
> > dianggap
> > > > > > > > > > > > rendah dan buruk oleh Leonardo Rimba. Baik
> > manusia
> > > > > > > > > > > > atau hewan masuk ke tahap selanjutnya yaitu
> > > memetakan
> > > > > > > > > > > > posisi-posisi dan rumus sebab-akibat dari
> > > pengalaman
> > > > > > > > > > > > tsb, ini mengapa baik manusia maupun Blacky
bisa
> > > > > > > > > > > > dididik untuk be civilize, sampai dimana
> > civilize-
> > > nya
> > > > > > > > > > > > ya tergantung dari kebutuhan dan aturan yang
> > > > > > > > > > > > ditanamkan secara langsung atau secara sadar
> > tidak
> > > > > > > > > > > > sadar dipelajarinya. Misalnya si Blacky
> > peliharaan
> > > > > > > > > > > > saya suka tidur di ruangan ber-AC,
menganggap
> > > rendah
> > > > > > > > > > > > derajat anjing lain yang dikandangkan di
rumah
> > > saya,
> > > > > > > > > > > > menggaruk-garuk pintu saat ingin dibukakan
pintu,
> > > > > > > > > > > > buang air di kebun, tidak suka menginjak
lantai
> > > yang
> > > > > > > > > > > > basah, dlsb. Semut pun civilize dalam aturan
> > > > > > > > > > > > populasinya sendiri.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Yang membuat saya sungguh mengagumi Blacky
> > sebagai
> > > > > > > > > > > > anjing yang kadang-kadang bias lebih
berusaha
> > > > civilize
> > > > > > > > > > > > dibanding manusia adalah ketika saya
mengetahui
> > > > Blacky
> > > > > > > > > > > > mengalami sakit prostat sampai mengalami
> > kelumpuhan
> > > > > > > > > > > > setengah badan (kaki depan bias bergerak,
tetapi
> > > otot
> > > > > > > > > > > > tulang punggung sampai kaki belakang mati)
gara-
> > > gara
> > > > > > > > > > > > menahan kencing setiap hari di kamar saya.
Dokter
> > > > > > > > > > > > hewan hanya menyarankan anjing saya disuntik
> > mati,
> > > > > > > > > > > > tetapi satu sikap Blacky yang membuat kami
> > > sekeluarga
> > > > > > > > > > > > respect padanya; Blacky setiap ingin pipis
> > berusaha
> > > > > > > > > > > > sekuat tenaga menggunakan kakidepannya yang
belum
> > > > > > > > > > > > lumpuh untuk merangkak sampai ke taman
berkerikil
> > > > > > > > > > > > tempatnya biasa buang air hingga tubuhnya
luka-
> > > luka,
> > > > > > > > > > > > sakit prostat-nya membuat Blacky tidak mampu
> > > > > > > > > > > > mengontrol dan merasakan kalau dirinya sudah
> > > > > > > > > > > > mengeluarkan air kencing sehingga membuat
lantai
> > > > > > > > > > > > menjadi kotor, jadi setiap kencing ayah saya
> > > > > > > > > > > > mencebokkan pantat dan burungnya Blacky.
Hampir
> > > lima
> > > > > > > > > > > > juta rupiah kami sudah keluarkan untuk
mencari
> > cara
> > > > > > > > > > > > menolong Blacky, berbagai dokter dicoba satu
demi
> > > > > > > > > > > > satu, hingga akhirnya Blacky sembuh total
dengan
> > > > > > > > > > > > bantuan seorang akupunturist khusus hewan,
> > padahal
> > > > > > > > > > > > harga seekor Blacky hanya satu juta rupiah.
> > Kalau
> > > > anda
> > > > > > > > > > > > sakit anda masih bisa memaafkan diri anda
untuk
> > > > > > > > > > > > kencing di tempat tidur, tetapi seekor
Blacky
> > tidak
> > > > > > > > > > > > memaafkan dirinya untuk hal semacam itu.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Secara alamiahnya intuisi adalah proses
> > > rekonstruksi
> > > > > > > > > > > > akibat lanjutan dari pengalaman ber-insting.
> > > > > > > > > > > > Aturan-aturan yang terbentuk dalam
pengalaman
> > > insting
> > > > > > > > > > > > menghasilkan suatu teori, konsep, keyakinan,
> > > believe
> > > > > > > > > > > > system, dlsb dimana ada suatu titik tujuan
> > > kebenaran
> > > > > > > > > > > > yang paling mendekati mutlak yang bisa
dicapai.
> > Ini
> > > > > > > > > > > > bisa berkaitan dengan hal ketuhanan kalau
> > > individunya
> > > > > > > > > > > > punya teori ketuhanan, atau bisa berkaitan
dengan
> > > > > > > > > > > > suatu hal empiris, suatu keilmiahan, aturan
main,
> > > > > > > > > > > > norma, dlsb.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Nah, believe system yang saya sering sindir
dalam
> > > > > > > > > > > > konteks ilmu kompatiologi adalah adalah ketia
> > > > > > > > > > > > seseorang memiliki proses intuisi (memiliki
> > teori,
> > > > > > > > > > > > konsep, keyakinan, believe system, dlsb)
yang
> > tidak
> > > > > > > > > > > > berhubungan dengan proses pengalaman
instingnya.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Mengapa Leonardo Rimba selalu menjelek-
jelekkan
> > > > > > > > > > > > insting adalah agar kliennnya tidak mau
> > menghargai
> > > > > > > > > > > > proses instingnya, langsung bicara intuisi
dengan
> > > > > > > > > > > > teori, konsep, keyakinan, believe system,
dlsb
> > yang
> > > > > > > > > > > > bikinan Leonardo Rimba bukan hasil proses
> > > pengalaman
> > > > > > > > > > > > kontemplasi orang itu sendiri. Kalau seorang
> > > manusia
> > > > > > > > > > > > memiliki hubungan relasi antara insting ke
> > intuisi
> > > > > > > > > > > > yang berkaitan erat maka tidak dibutuhkan
lagi
> > > guru,
> > > > > > > > > > > > pembimbing spiritual juga peramal; orang itu
> > > menjadi
> > > > > > > > > > > > independent, ini yang dikahwatirkan Leonardo
> > Rimba
> > > > dan
> > > > > > > > > > > > juga ahli-ahli ilmupengetahuan social
ilmiah,
> > > agama,
> > > > > > > > > > > > spiritual dan metafisika yang mengharapkan
> > > > > > > > > > > > ketergantungan klien kepada dirinya. Kalau
proses
> > > > > > > > > > > > intuisi seseorang adalah hasil bikinan orang
> > lain
> > > > yang
> > > > > > > > > > > > tidak memiliki hubungan relasi dengan
> > instingnya,
> > > > maka
> > > > > > > > > > > > akibatnya orang tsb akan selalu membutuhkan
> > saran,
> > > > > > > > > > > > nasehat, bimbingan dari si pembuat proses
> > intuisi
> > > > yang
> > > > > > > > > > > > ada pada dirinya.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Kepentingan Vincent Liong sebagai pendiri
> > > > kompatiologi
> > > > > > > > > > > > dan Leonardo Rimba sebagai seorang peramal
tarot
> > > dan
> > > > > > > > > > > > ahli mata ketiga terhadap kliennya adalah
amat
> > > sangat
> > > > > > > > > > > > bertolakbelakang:
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Harapan seorang Vincent Liong terhadap
kliennya
> > > > adalah
> > > > > > > > > > > > seseorang meminta bantuannya sekali saja dan
> > > > > > > > > > > > diharapkan agar orang tsb tidak sekalipun
datang
> > ke
> > > > > > > > > > > > Vincent Liong untuk meminta pertolongan yang
sama
> > > > > > > > > > > > seumur hidupnya. Itu kenapa rohaniwan Titus
> > > Budiyanto
> > > > > > > > > > > > mendatangi Vincent dari Bangka untuk belajar
> > > > > > > > > > > > kompatiologi dan bisa mengajarkannya ke
kliennya
> > > > > > > > > > > > adalah karena kesedihannya sebagai rohaniawan
> > > > > > > > > > > > menghadapi klien yang makin hari makin
> > > ketergantungan
> > > > > > > > > > > > sehingga lebih mengharga bila bisa
memberikan
> > klein
> > > > > > > > > > > > tsb independensi yang diharapkan bersifat
> > > permanent.
> > > > > > > > > > > > Itu alasannya mengapa setelah ikut dekon dan
> > > belajar
> > > > > > > > > > > > jadi pendekon Titus Budiyanto langsung
berangkat
> > ke
> > > > > > > > > > > > Batam untuk mendekon sekitar 28 orang dalam
kira-
> > > kira
> > > > > > > > > > > > 5 hari, lalu dilanjutkan dengan berkeliling
> > > > > > > > > > > > pulau-ke-pulau di kepulauan Riau yang
terpencil
> > dan
> > > > > > > > > > > > sulit ada sarana komunikasi, satu kali
memimpin
> > > umat
> > > > > > > > > > > > menjalankan ritual kerohaniannya dan sekali
> > > melakukan
> > > > > > > > > > > > dekon kompatiologi setiap hari.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Harapan seorang Leonardo Rimba terhadap
kliennya
> > > > > > > > > > > > adalah seorang memintanya secara rutin
> > > > (berkelanjutan)
> > > > > > > > > > > > untuk diramal menggunakan kartu tarot,
mengikuti
> > > > > > > > > > > > program konseling dan ilmu mata ketiganya.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Tentang "Democratic People Republic of
Korea"
> > > (Korea
> > > > > > > > > > > > Utara), Vincent Liong memang bangga sebagai
orang
> > > > > > > > > > > > Indonesia yang bisa melakukan observasi
selama
> > satu
> > > > > > > > > > > > tahun lebih terhadap anak-anak aparat
kedutaan
> > > Korea
> > > > > > > > > > > > Utara adalah kesempaan yang langka dan bisa
> > > digunakan
> > > > > > > > > > > > untuk mempelajari banyak hal dari kacamata
> > > > > > > > > > > > sudutpandang yang berbeda-beda.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Vincent Liong harus terus menelepon ke
Jakarta
> > saat
> > > > > > > > > > > > itu adalah untuk memantau secara terus
menerus
> > > > > > > > > > > > perkembangan teror yang sedang dijalankan ke
> > > segenap
> > > > > > > > > > > > praktisi kompatiologi, meskipun tekanan bagi
> > > Vincent
> > > > > > > > > > > > Liong sendiri tetap dialami sepanjang hari
> > melalui
> > > > > > > > > > > > provokasi Leonardo Rimba. Apa boleh buat
Vincent
> > > > Liong
> > > > > > > > > > > > sebagai pendiri kompatiologi harus
> > bertanggungjawab
> > > > > > > > > > > > dalam kondisi apapun juga terhadap
keselamatan
> > para
> > > > > > > > > > > > praktisi kompatiologi di Jakarta di masa
teror
> > yang
> > > > > > > > > > > > begitu intens dan berkelanjutan. Hal ini
tidak
> > ada
> > > > > > > > > > > > hubungannya dengan pengalaman Vincent Liong
> > > mengamati
> > > > > > > > > > > > secara partisipasi anak-anak aparat kedutaan
> > Korea
> > > > > > > > > > > > Utara.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Bagian I I I
> > > > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Peneliti Kompatiologi sudah meneliti
menggunakan
> > > bau,
> > > > > > > > > > > > masalahnya bau mudah melekat di hidung
sehingga
> > > sulit
> > > > > > > > > > > > digunakan sebagai alat sampler yang
berdurasi
> > > cepat.
> > > > > > > > > > > > Menggunakan pengelihatan dan pendengaran
juga
> > > pernah
> > > > > > > > > > > > kami coba, masalahnya orang sudah terlalu
> > > > > > > > > > > > berpengalaman berkomunikasi dengan
pengelihatan
> > dan
> > > > > > > > > > > > pendengaran sehingga tidak bisa dilakukan
> > sampling
> > > > > > > > > > > > yang bebas dari intepretasi berdasarkan
> > pengalaman
> > > > > > > > > > > > verbal.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Ttd,
> > > > > > > > > > > > Vincent Liong
> > > > > > > > > > > > Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2007
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > --- End forwarded message
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

Y! Messenger

Files to share?

Send up to 1GB of

files in an IM.

Yahoo! Groups

Be a Better Planet

Share with others

Help the Planet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar