Rabu, 28 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: (=> MAS GOEN ) PSYCHÉ, EROS DAN PSIKOLOGI TRANSFORMATIF

Quote: ... kalau Hendrik cinta agamanya [bagus] tapi suka nyeleneh sentimen sama Yesus [jelek]... End of quote.

Tuhantu: Gini lho Mas Goen, model macam begituan, sih emang ada di alam real sehari-hari, nggak banyak sih, barang dua tiga ekor dulunya gua ketemu di kota gua... Biasanya kalau saya ketemu dgn model begituan itu, gua ejek aja begini... Ah lu itu ngeyelnya bahwa agama lu itu rahmatan lil muslimin... rahmat bagi orang muslim azah...

Jadi bukan seperti slogan-slogan marketing ½rahmatan lil alamin½ yg sering kita dengar itu... Jadinya rahmatan lil alamin itu cuman slogan marketing yang elu claim azah.... Banyak yg dengar cuman senyum senyum aja, malah mereka ikutan meledek si idiot (tul nggak istilahnya ini Mbak Swas?...:-)... Si idiot jelas kesal bin dongkol, tapi, nggak ada yang berani marah ama gua, mungkin karena jumlahnya cuman 2 atau 3 ekor doang ataukah badan gua gede berotot pula, yg oleh rekan-rekan dikenal nggak akan lari kalaupun harus dikeroyok, kalau cuman 2 - 3 orang sih, lewaaattt... Wakakakakaka....

Be Fun

Tuhantu

http://hole-spirit.blogspot.com



--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi" <goenardjoadi@...> wrote:
>
> gini lho......
>
> kalau Hendrik cinta agamanya [bagus]
> tapi suka nyeleneh sentimen sama Yesus [jelek]
>
> jadi ada sisi bagusnya, gitu.
>
> kalau kambing? wah, opo bagusnya? bikin Mbak Istiani susah saja.
>
> salam,
> goen
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "audivacx"
> audivacx@ wrote:
> >
> > Mas Goen ini enggak adil
> > Giliran Hendrik dikeroyok massa Mas Goen nolongin
> > Gilira Kambing disembelih massa Mas Goen diem aja...(hayoo
> berharap
> > pesta sate kambing yaa?)
> >
> >
> > Salam,
> >
> >
> > Audifax
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > <goenardjoadi@> wrote:
> > >
> > > ya ya ya ini untuk mendinginkan suasana, habis hendrik lagi
> > > dikeroyok massa.....
> > >
> > > salam,
> > > goen
> > >
> > >
> > > --- In
> psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "tuhantu_hantuhan"
> > > <tuhantu_hantuhan@> wrote:
> > > >
> > > >
> > > > Wah, Mas Goen... Ini luka lama, kok dikorek-korek to Mas´e?...
> > > >
> > > > Be Fun
> > > >
> > > > Tuhantu
> > > >
> > > > http://hole-spirit.blogspot.com <http://hole-
> spirit.blogspot.com>
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > > >
> > > > >
> > > > > Kalau saya mencoba untuk memahami maksud dari Audifax dan
> > > > > Swastinika, masing-masing memiliki point yang benar.
> Swastinika
> > > > > sendiri sebagai sesama Muslim sangat terganggu dengan
> pemahaman
> > > Bung
> > > > > Hendrik yang sangat bersemangat untuk menyerang gama lain,
> dan
> > > orang
> > > > > lain yang beda agamanya.
> > > > >
> > > > > namun kalau saya coba mengerti Audifax, kadang-kadang sosok
> > > Hendrik
> > > > > ini ada pada EGO kita, kadang kita baca tulisan yang sudah
> > bener,
> > > > > dari Swastika, Fankuang Tzu atau Audifax, kita cenderung
> NGEYEL,
> > > > > cenderung berkata SALAH. inilah sosok Hendrik dalam diri kita
> > > > > semua, yang walaupun mau dimarahi, dikuliahi, dimoderatori,
> > sosok
> > > > > Hendrik dalam hati kita amsing-masing itu ada.
> > > > >
> > > > > Orang pintar seperti Fankuang Tzu, Swastinika dan Audifax
> saja
> > > bisa
> > > > > eyel-eyelan gara-gara Hendrik.
> > > > >
> > > > > saya usul, bagaimana menyikapi sosok hendrik dalam hati kita
> > > masing-
> > > > > masing:
> > > > >
> > > > > 1. sosok tersebut akan selalu ada, makanya kita memiliki
> nafsu,
> > > jadi
> > > > > harus kita terima
> > > > >
> > > > > 2. tidak mungkin kita marah, atau mengusir sosok tersebut,
> > karena
> > > > > itu merupakan bagian dari tubuh kita (masak mau potong tangan
> > > > > sendiri).
> > > > >
> > > > > 3. nah, oleh karena itu kita harus mengerti bahwa di dunia
> ini
> > > > > memang penuh dengan sosok hendrik, yang ngeyel, menyerang,
> > tegang
> > > > > terus (hanya laki-laki yang bisa tegang). biarkan sosok itu
> kita
> > > > > ayomi, kita temani, kita simpan anggaplah kambing di samping
> > > kita.
> > > > >
> > > > >
> > > > > salam,
> > > > > Goenardjoadi Goenawan
> > > > > --- In
> psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > > goenardjoadi@ wrote:
> > > > > >
> > > > > > Pendapat Swastinika ini benar,
> > > > > >
> > > > > > Buat bung Hendrik Bakrie, mohon maaf, sebagai sesama
> Muslim
> > > saya
> > > > > > malu dengan pernyataan2 yang Anda tuliskan di milis ini.
> IMHO,
> > > > > > dengan pernyataan2 Anda yang kasar, Anda justru
> menempatkan
> > > Islam
> > > > > > dan Muslim pada posisi yang lebih sulit. Alih2 orang akan
> > > > > > mendengarkan Anda dan memikirkan argumen Anda, yang ada
> orang
> > > > > malah
> > > > > > antipati terhadap cara Anda yang kurang simpatik dan blame
> it
> > > all
> > > > > to
> > > > > > Islam. Itukah yang Anda mau? Jangan lupa, kewajiban Anda
> > > sebagai
> > > > > > muslim adalah berjihad. Dan berjihad bukan berarti
> > > > > > berperang/berkelahi, melainkan membela prinsip (baca:
> membela
> > > > > Islam,
> > > > > > bukannya malah bikin Islam dimusuhi ;))
> > > > > >
> > > > > > Buat MODERATOR, hmm.. saya tahu Anda menganut paham
> kebebasan
> > > > > > diskusi, sehingga tidak mau menyetop diskusi. Tapi..
> mungkin
> > > Anda
> > > > > > juga harus ingat bahwa kebebasan bukan berarti tidak ada
> > > batasnya
> > > > > > sama sekali. Ada saat2nya dimana Anda harus menjalankan
> fungsi
> > > > > > moderasi dengan menghentikan diskusi yang sudah melebar
> > > kemana2.
> > > > > > Dengan membebaskan diskusi, Anda memang memuaskan pihak yg
> > > ngotot
> > > > > > gak mau berhenti, tapi.. bagaimana dengan kenyamanan
> orang2
> > > yang
> > > > > > ingin membaca debat sehat, bukan debat kusir? Mereka juga
> > > member
> > > > > > milis ini, mereka juga berhak mendapatkan kenyamanan di
> milis,
> > > > > > mereka juga berhak mendapatkan milis yg bersih dari junk
> post.
> > > > > >
> > > > > > Kalau saya mencoba untuk memahami maksud dari Audifax dan
> > > > > > Swastinika, masing-masing memiliki point yang benar.
> > Swastinika
> > > > > > sendiri sebagai sesama Muslim sangat terganggu dengan
> > pemahaman
> > > > > Bung
> > > > > > Hendrik yang sangat bersemangat untuk menyerang gama lain,
> dan
> > > > > orang
> > > > > > lain yang beda agamanya.
> > > > > >
> > > > > > namun kalau saya coba mengerti Audifax, kadang-kadang sosok
> > > > > Hendrik
> > > > > > ini ada pada EGO kita, kadang kita baca tulisan yang sudah
> > > bener,
> > > > > > dari Swastika, Fankuang Tzu atau Audifax, kita cenderung
> > > NGEYEL,
> > > > > > cenderung berkata SALAH. inilah sosok Hendrik dalam diri
> kita
> > > > > > semua, yang walaupun mau dimarahi, dikuliahi,
> dimoderatori,
> > > sosok
> > > > > > Hendrik dalam hati kita amsing-masing itu ada.
> > > > > >
> > > > > > Orang pintar seperti Fankuang Tzu, Swastinika dan Audifax
> saja
> > > > > bisa
> > > > > > eyel-eyelan gara-gara Hendrik.
> > > > > >
> > > > > > saya usul, bagaimana menyikapi sosok hendrik dalam hati
> kita
> > > > > masing-
> > > > > > masing:
> > > > > >
> > > > > > 1. sosok tersebut akan selalu ada, makanya kita memiliki
> > nafsu,
> > > > > jadi
> > > > > > harus kita terima
> > > > > >
> > > > > > 2. tidak mungkin kita marah, atau mengusir sosok tersebut,
> > > karena
> > > > > > itu merupakan bagian dari tubuh kita (masak mau potong
> tangan
> > > > > > sendiri).
> > > > > >
> > > > > > 3. nah, oleh karena itu kita harus mengerti bahwa di dunia
> ini
> > > > > > memang penuh dengan sosok hendrik, yang ngeyel, menyerang,
> > > tegang
> > > > > > terus (hanya laki-laki yang bisa tegang). biarkan sosok
> itu
> > > kita
> > > > > > ayomi, kita temani, kita simpan anggaplah kambing di
> samping
> > > kita.
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > salam,
> > > > > > Goenardjoadi Goenawan
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, audifax -
> > > > > > <audivacx@> wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > Saya tak akan membedakan apakah penting banget atau
> tidak
> > apa
> > > > > yang
> > > > > > anda katakan "Cuma pingin saja". Karena di sinipun saya
> tetap
> > > > > punya
> > > > > > kemungkinan untuk belajar apa itu Psyche. Nah, karena
> alasan
> > > saya
> > > > > > mau belajar itulah maka saya tanggapi dengan sebagian besar
> > > > > berupa
> > > > > > pertanyaan.
> > > > > > >
> > > > > > > Swastinika:
> > > > > > > Yang namanya belajar biasanya dibagi dua: teori dan
> praktek.
> > > > > > Kalau udah ngerti teorinya, lantas praktek. Mengamati
> fenomena
> > > > > > adalah sebuah praktek. Lha, kalau sekumpulan orang di
> milis
> > ini
> > > > > gak
> > > > > > ngerti teorinya, lantas dilepas disuruh mengobservasi
> > > fenomena, ke
> > > > > > arah mana berkembangnya? Bisa2 makin jauh dari esensinya.
> > > > > > >
> > > > > > > Audifax:
> > > > > > > Sebelum menjawab argumen anda yang salah satunya
> > > > > > mengatakan: "Lha, kalau sekumpulan orang di milis ini gak
> > > ngerti
> > > > > > teorinya". Bisakah anda menjelaskan dulu:
> > > > > > >
> > > > > > > Berdasarkan parameter apa atau darimana anda bisa
> > > > > > mengatakan "orang-orangtersebut gak ngerti teorinya".
> > > > > > > Teori yang mana yang anda maksudkan untuk mengerti?
> > > > > > > Darimana anda bisa mengambil kesimpulan "lantas dilepas
> > > > > disuruh
> > > > > > mengobservasi fenomena? Pertama yakinkah anda bahwa memang
> ada
> > > > > yang
> > > > > > menyuruh atau melepas? Kedua yakinkah anda bahwa dari
> tulisan
> > > saya
> > > > > > itu memang saya menganjurkan "MENGOBSERVASI"? Anda paham
> apa
> > > itu
> > > > > > observasi? Paham observasi itu selalu merupakan pengamatan
> > > > > berjarak?
> > > > > > Nah, sekali lagi silahkan anda menjelaskan.
> > > > > > > Pada bagian di mana anda katakan: "Bisa-bisa makin jauh
> dari
> > > > > > esensinya". Sebelum bicara jauh atau dekat, bisakah anda
> > > jelaskan
> > > > > > dulu apa, bagaimana, di mana yang namanya esensi itu?
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > Swastinika:
> > > > > > > Psike memang selalu berkembang. Tapi.. sebuah
> perkembangan
> > > pun
> > > > > > harus diamati dan diperbaiki di sana-sini. Ibarat menanam
> > pohon
> > > > > > merambat, harus selalu diarahkan ke tempat yg tepat supaya
> > > nggak
> > > > > > kemana2. Kalau dibiarkan, bisa jadi tanaman liar dong ;).
> > > > > > >
> > > > > > > Audifax:
> > > > > > > Oh ya..?
> > > > > > > Pertama; anda yakin analogi psike dengan "pohon merambat
> > yang
> > > > > > bisa jadi tanaman liar" itu tepat? Bisakah anda kemukakan
> > > argumen
> > > > > > ketepatannya?
> > > > > > >
> > > > > > > Kedua; anda menulis "harus selalu diarahkan ke tempat
> yang
> > > > > tepat
> > > > > > supaya enggak kemana2". Pertanyaannya: Diarahkan kemana?
> Jika
> > > > > > diarahkan dan tidak bisa kemana-mana, apakah kemudian bisa
> > > > > dikatakan
> > > > > > berkembang? Apa argumen anda?
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > Swastinika:
> > > > > > > Anda mencontohkan moderasi seperti psiindonesia, yang
> bisa
> > > nge-
> > > > > > banned orang out-of-topic. Padahal, yang namanya moderasi
> > nggak
> > > > > > perlu seperti itu. Anda bisa mengembangkan gaya moderasi
> > > sendiri,
> > > > > > menetapkan batas2 yg berbeda, menetapkan koridor
> pembicaraan
> > yg
> > > > > > lebih luas.
> > > > > > >
> > > > > > > Setahu saya, tidak ada yang benar2 tekstual dalam aspek
> > > > > > kehidupan manusia. Semua kontekstual. Demikian juga dengan
> > > > > > moderasi.. ;) Tidak ada all-or-none dalam moderasi.
> > > Kontekstual ;)
> > > > > > Bukankah psike selalu berkembang, eh?
> > > > > > >
> > > > > > > Audifax:
> > > > > > > Seperti pernah saya jelaskan, moderasi hanya dilakukan
> pada
> > > > > > kasus-kasus yang pernah terjadi seperti: memposting promo
> sama
> > > > > > berturut-turut, bahkan hingga 7 sampai 9 kali dengan
> maksud
> > > supaya
> > > > > > postingannya terbaca. Orang-orang ini sudah dimoderasi.
> Lalu
> > > > > pernah
> > > > > > ada kasus yang memasukkan alamat milis ini pada sejumlah
> milis
> > > > > > tempat dorward gambar porno, sehingga sejumlah fwd gbr
> porno
> > > > > sempat
> > > > > > masuk ke e-mail member, itupun sudah dimoderasi.
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > Swastinika:
> > > > > > > Sayang sekali, Anda membuat tulisan yang bagus tentang
> psike
> > > > > > yang senantiasa berkembang. Namun Anda justru melupakan
> > > esensinya:
> > > > > > gaya moderasi, seperti psike, pun selalu berkembang.
> Ketika
> > > Anda
> > > > > > menerima kritik dari Kintil, Wolikertajiwa, dan Mulyono
> Jalil
> > > (dan
> > > > > > apakah perlu saya tambahkan: swastinika ;)?), Anda lantas
> > > > > melupakan
> > > > > > dalil Anda sendiri tentang sesuatu yang berkembang. Anda
> > > > > melihatnya
> > > > > > menjadi sesuatu yang hitam-putih, all or none, tanpa
> > > kemungkinan
> > > > > > lain ;)
> > > > > > >
> > > > > > > Audifax:
> > > > > > > Justru andalah yang patut disayangkan. Anda memposting
> > > kritik,
> > > > > > usulan, tanggapan tapi tidak ada yang jelas maksudnya apa
> dari
> > > > > term-
> > > > > > term yang anda gunakan seperti: "kenyamanan
> > > > > > bersama", "diarahkan", "bukankah psike selalu
> berubah", "gaya
> > > > > > moderasi" dan kali ini anda mengatakan saya melihat
> sesuatu
> > > secara
> > > > > > hitam-putih, sementara jelas yang anda inginkan adalah saya
> > > > > > memoderasi Yang-Hitam: yaitu posting-posting macam hendrik
> > > bakrie
> > > > > > dan meloloskan Yang-Putih, yang tak membicarakan agama,
> > > terutama
> > > > > > mungkin agama anda.
> > > > > > >
> > > > > > > Lalu, yang ingin saya tanyakan berkaitan dengan kalimat
> > anda:
> > > > > > Anda melihatnya menjadi sesuatu yang hitam-putih, all or
> none,
> > > > > tanpa
> > > > > > kemungkinan lain ;). Kenapa anda tidak mencoba terlebih
> dulu
> > > untuk
> > > > > > menerima "kemungkinan lain" dari cara orang membaca agama
> > anda?
> > > > > > Bisakah anda menerima cara membaca agama anda dalam
> > kemungkinan
> > > > > lain
> > > > > > seperti dilakukan hendrik bakrie atau charlie?
> > > > > > >
> > > > > > > Apakah pembacaan yang dilakukan hendrik ataupun charlie
> > > > > terhadap
> > > > > > agama anda bukan pula suatu kemungkinan? Apakah yang bisa
> > > > > > dikatakan "kemungkinan" hanyalah cara pembacaan seperti
> anda
> > > > > > jelaskan panjang lebar denga kutipan-kutipan ayat itu?
> Jika
> > > anda
> > > > > > jawab YA, saya mau tanya lagi: lantas apakah memang yang
> > > seperti
> > > > > itu
> > > > > > masih bisa dibilang kemungkinan?
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > swastinika <swastinika@> wrote: Saya merasa ingin
> > > > > > menanggapi statement [salah satu] moderator ini ;) Cuma
> pingin
> > > > > aja,
> > > > > > penting sih enggak kali yeee.. ;)
> > > > > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, audifax -
> > > > > > <audivacx@> wrote:
> > > > > > > > PSIKOLOGI [YANG] TRANSFORMATIF [DAN MILISNYA]
> > > > > > > > Saya merasa perlu membuat tulisan mengenai Psyché ini,
> > > salah
> > > > > > satunya karena posting dari Wolikertajiwa, Mulyono Jalil
> dan
> > > > > Kintil
> > > > > > yang memberi usulan mengenai perlunya moderasi di milis
> > > Psikologi
> > > > > > Transformatif. Woli misalnya mengatakan bahwa milis ini
> perlu
> > > > > > dimoderasi agar `hanya' berbicara tentang perilaku, mental,
> > > > > pikiran,
> > > > > > perasaan, jiwa, dan yang sejenisnya; yang mungkin
> dipahaminya
> > > > > > sebagai apa itu `Psikologi'.
> > > > > > > > Melalui tulisan ini, yang saya awali dengan penjelasan
> > > > > > mengenai `Psyché', saya mau mengatakan bahwa mereka yang
> mau
> > > > > belajar
> > > > > > apa itu `psikologi' justru mesti melihat dan melibati apa
> > yang
> > > ada
> > > > > > di milis Psikologi Transformatif dengan segala fenomenanya.
> > > > > Termasuk
> > > > > > fenomena eyel-eyelan agama, eyel-eyelan meditasi, fenomena
> > > Vincent
> > > > > > Liong, fenomena Hendrik Bakrie, Kompatiologi, Meditasi,
> hingga
> > > > > yang
> > > > > > teoritis-impor macam Appreciative Inquiry, dan jangan
> kaget,
> > di
> > > > > > waktu mendatang mungkin akan muncul lagi ragam fenomena
> yang
> > > lain.
> > > > > > Inilah kenyataan dari apa itu Psike-psike. Milis Psikologi
> > > > > > Transformatif bukan milis yang orang-orangnya [misalnya]
> > bicara
> > > > > > tentang anak [yang dilabelnya] indigo tetapi ketika anak
> [yang
> > > > > > dilabel] indigo itu betul-betul hadir di tengah-tengah
> mereka
> > > > > dengan
> > > > > > segala pemikiran dan tindak-tanduknya, [bahkan hadir
> sebagai
> > > > > > mahasiswa psikologi] malah justru di-banning dan dianggap
> > > `tidak
> > > > > > normal' atau `tidak mengikuti NORMA yang me-NORMAL-kan
> sebuah
> > > > > milis
> > > > > > psikologi.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Lantas apa saya di sini mau menyalahkan milis
> psikologi
> > > yang
> > > > > > memoderasi milisnya dan mencegah orang-orang yang tak
> normal
> > > > > menjadi
> > > > > > anggotanya? Oh. Sama sekali tidak. Saya Cuma mau tunjukan
> pada
> > > > > teman-
> > > > > > teman di milis Psikologi Transformatif atau siapapun yang
> > > > > kebetulan
> > > > > > membaca tulisan ini, bahwa dalam sebuah "Siaran Langsung
> > > > > > Pertandingan Sepakbola" ada beda antara pemain sepakbola
> yang
> > > > > > bermain dalam pertandingan itu dan komentator sepakbola.
> > > > > Komentator
> > > > > > sepakbola, belum tentu orang yang bisa bermain sepakbola,
> > > kadang
> > > > > > mereka adalah selebriti, wartawan, tokoh politik, anak
> mantan
> > > > > > presiden, atau bahkan mungkin orang-orang yang pegang bola
> > saja
> > > > > > tidak pernah. Itupun kemudian mereka mengomentari
> pertandingan
> > > > > > sepakbola yang disiarkan langsung, melalui `studio' yang
> > > jaraknya
> > > > > > bisa ratusan atau ribuan kilometer dari tenpat pertandingan
> > > > > > sesungguhnya. Tetapi, pemain sepakbola jelas adalah mereka
> > yang
> > > > > > menghadapi dan melibati bola itu dalam permainan.
> Merasakan
> > > malu,
> > > > > > sakit hati, bangga,
> > > > > > > > cemas, tegang, lelah dalam permainan itu. Nah, menjadi
> > > pemain
> > > > > > sepakbola itulah yang ditawarkan di milis Psikologi
> > > Transformatif.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Itu pula sebabnya milis ini dinamakan "Psikologi
> > > > > Transformatif",
> > > > > > karena memang `psike' itu akan selalu bertransformasi.
> Kenapa?
> > > > > > Karena ia kontekstual, bukan tekstual.
> > > > > > > Hmm.. jadi melalui tulisan panjang ini, Audivax menampik
> > > > > > usulan/permintaan teman2 agar milis dimoderasi ;)? Dengan
> > > alasan
> > > > > > bahwa semua yang mau belajar psikologi harus mau melihat
> > > fenomena,
> > > > > > termasuk eyel2an? Dan analoginya adalah komentator
> sepakbola
> > > yang
> > > > > > BUKAN pemain sepakbola?
> > > > > > > Hehehe.. sekedar mengingatkan saja. Dalam tayangan Piala
> > > Dunia
> > > > > > lalu, publik rame2 minta Mbak Titiek Soeharto dilengserkan
> > dari
> > > > > > posisi komentator sepakbola. Salah satu alasannya: nama
> pemain
> > > > > > sekelas David Beckham aja belepotan, kebalik2 nama
> > > negaranya ;).
> > > > > > Well.. komentator memang bukan bagian penting dari sebuah
> > > > > > pertandingan sepakbola. Salah ngomongnya komentator cuma
> bikin
> > > > > > kuping kita gatel, nggak bikin keputusan salah.
> > > > > > > Tapi.. pernahkah Anda bayangkan, jika si Tole yang nggak
> > > > > ngerti
> > > > > > sepakbola lantas mendengarkan Mbak Titiek yang juga nggak
> > > ngerti
> > > > > > sepakbola menjadi komentator? Bisa2 si Tole salah mengerti
> > > mana yg
> > > > > > disebut corner kick mana yg disebut goal kick, kapan dapat
> > > corner
> > > > > > kick kapan dapat lemparan ke dalam.
> > > > > > > Yang namanya belajar biasanya dibagi dua: teori dan
> praktek.
> > > > > > Kalau udah ngerti teorinya, lantas praktek. Mengamati
> fenomena
> > > > > > adalah sebuah praktek. Lha, kalau sekumpulan orang di
> milis
> > ini
> > > > > gak
> > > > > > ngerti teorinya, lantas dilepas disuruh mengobservasi
> > > fenomena, ke
> > > > > > arah mana berkembangnya? Bisa2 makin jauh dari esensinya.
> > > > > > > Psike memang selalu berkembang. Tapi.. sebuah
> perkembangan
> > > pun
> > > > > > harus diamati dan diperbaiki di sana-sini. Ibarat menanam
> > pohon
> > > > > > merambat, harus selalu diarahkan ke tempat yg tepat supaya
> > > nggak
> > > > > > kemana2. Kalau dibiarkan, bisa jadi tanaman liar dong ;).
> > > > > > > Anda mencontohkan moderasi seperti psiindonesia, yang
> bisa
> > > nge-
> > > > > > banned orang out-of-topic. Padahal, yang namanya moderasi
> > nggak
> > > > > > perlu seperti itu. Anda bisa mengembangkan gaya moderasi
> > > sendiri,
> > > > > > menetapkan batas2 yg berbeda, menetapkan koridor
> pembicaraan
> > yg
> > > > > > lebih luas.
> > > > > > > Setahu saya, tidak ada yang benar2 tekstual dalam aspek
> > > > > > kehidupan manusia. Semua kontekstual. Demikian juga dengan
> > > > > > moderasi.. ;) Tidak ada all-or-none dalam moderasi.
> > > Kontekstual ;)
> > > > > > Bukankah psike selalu berkembang, eh?
> > > > > > > Sayang sekali, Anda membuat tulisan yang bagus tentang
> psike
> > > > > > yang senantiasa berkembang. Namun Anda justru melupakan
> > > esensinya:
> > > > > > gaya moderasi, seperti psike, pun selalu berkembang.
> Ketika
> > > Anda
> > > > > > menerima kritik dari Kintil, Wolikertajiwa, dan Mulyono
> Jalil
> > > (dan
> > > > > > apakah perlu saya tambahkan: swastinika ;)?), Anda lantas
> > > > > melupakan
> > > > > > dalil Anda sendiri tentang sesuatu yang berkembang. Anda
> > > > > melihatnya
> > > > > > menjadi sesuatu yang hitam-putih, all or none, tanpa
> > > kemungkinan
> > > > > > lain ;)
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > ---------------------------------
> > > > > > > Everyone is raving about the all-new Yahoo! Mail beta.
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Parenting Zone

on Yahoo! Groups

Your one stop for

parenting groups.

Y! Messenger

Instant hello

Chat over IM with

group members.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar