Selasa, 27 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: Peranan IQ dalam MUSIK

hahaha maksudnya antene kartu halo?

ada yang bilang katanya psikolog karena bisa 'melihat orang' maka
susah mencari jodoh?

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "ratih ibrahim"
<personalgrowth@...> wrote:
>
> ben boleh mengaku2 bijaksana....
> hahahahahaaaaaa...........
> gara2 baca bukunya mas Goen nih....
> *keliatan ga, di atas kepala ada 'halo'nya...*
>
>
> On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@...> wrote:
> >
> > mbak..... sampeyan asli sabar yo... wong omongane tuyul anake
tukul
> > kok ditanggapi. banyak minum jus timun ya? supaya sabar..
> > menurunkan darah tinggi
> >
> > salam,
> > goen
> >
> > --- In
psikologi_transformatif@yahoogroups.com<psikologi_transformatif%
40yahoogroups.com>,
> > "ratih ibrahim"
> > <personalgrowth@> wrote:
> > >
> > > terima kasih banyak tuyul.
> > > karena *jika dalam membaca postingan tuyul di bawah, segala
> > pelabelan,
> > > pengumpatan, dan penistaannya terhadap pihak2 yang namanya
> > dipaparkan di
> > > bawah ini dihilangkan, tulisan tuyul = lumayan juga....*
> > > **
> > > bude tih
> > >
> > >
> > > On 11/27/07, tuyul50 <tuyul50@> wrote:
> > > >
> > > > Ini sebuah kado buat bu de Tih, mudah2an bisa membantu
tugasnya
> > > > sebagai moderator dalam ceramah Djohan Salim, agar supaya ke-
> > salah-
> > > > kaprah-annya tidak semakin ber-larut2 menyesatkan khalayak
ramai,
> > > > bahkan lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don Campbell.
> > Jika
> > > > bude Tih tidak bersedia mendengarkan, apalagi menuruti,
nasihat,
> > yah
> > > > terserah. Akibatnya nanti kan bude Tih dan Djohan Salaim yang
> > malu
> > > > sendiri, jika berhadapan dengan pakar2 musik yang benar2
mengerti
> > > > musik. Kebenaran komentar dibawah ini silahkan di-check
dengan
> > > > pakar musik siapa saja, juga bisa diverifikasi di Internet
pakai
> > > > Google, atau bahkan bisa didengar lewat YouTube dan dari on-
line
> > > > sample iklan2 penjualan CD.
> > > >
> > > > Lantaran tidak ada harganya buat membeli bukunya Djohan
Salim,
> > > > seperti halnya dengan komentar yang duluan (Erie Setiawan,
> > Kompas 25
> > > > Maret 2007) komentar kali ini diambil dari sebuah ulasan
dalam
> > > > majalah Tempo oleh Afthonul Afif yang bisa di-akses di:
> > > >
> > > > http://www.ruangbaca.com/ruangbaca/?
> > > >
> >
doky=MjAwNw==&dokm=MDQ=&dokd=Mjk=&dig=YXJjaGl2ZXM=&on=VUxT&uniq=NDY5
> > > >
> > > > Untuk jelasnya, artikel Tempo yang lengkap di reproduksi
dibawah
> > > > komentar ini.
> > > >
> > > > KOMENTAR:
> > > > Ulasan AA sama sekali tidak mangacu pada musiknya Mozart.
> > melainkan
> > > > menjelaskan efek musik secara UMUM, bahkan semua jenis musik
> > > > termasuk musik pop(uler), Jazz, Rap, dan segala macam
bunyi2an
> > yang
> > > > paling primitif sekalipun. Musik Mozart memang benar
memiliki ke-
> > > > unikan yang ada hubungannya dengan IQ, tetapi di-besar2kan
oleh
> > Don
> > > > Campbell dan luput dibahas, diperhatikan, ataupun diketahui
oleh
> > > > Djohan Salim. Artinya, si pengulas (Afthonul Afif, Mahasiwa
> > > > Psikologi Klinis Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta) tidak
> > mengerti
> > > > musiknya Mozart (mengkali juga belon pernah mendenger). Lha
kok
> > > > brani2nya kasi komentar? Tapi ya bisa dimaafkan deh, sebab si
> > Afif
> > > > ini masih tingkat mahasiswa. Tapi jeleknya, kok dimuat di
TEMPO
> > > > yang dibaca oleh khalayak ramai, hingga akibatnya masyarakat
> > > > Indonesia ikut tertipu, kebudayaannya tidak maju2, sebab
semakin
> > > > tersesat salah-jalan dalam perkembangannya.
> > > >
> > > > Misalnya, Afthonul Afif keliru besar bahwa musiknya Mozart
> > dicirikan
> > > > dengan oleh *in nominee domini* (in the name of the Lord)
> > > > [persisnya `Benedictus qui venit in nominee Domini'
(`Blessed is
> > he
> > > > that comes in the name of the Lord') yakni salah satu aria
dalam
> > > > oratorio Mozart yang terkenal, REQUIEM]. Ciri keagamaan
demikian
> > > > barangkali boleh diberikan kepada Johann Sebastian Bach
(tetapi
> > > > tidak kepada Antonio Vivaldi yang lebih penuh gairah hidup,
> > > > sekalipun sama2 jaman Barok), tetapi sama sekali jauh buat
> > seorang
> > > > Mozart. Sebagai komponis dari jaman Pencerahan (Aufklaerung),
> > musik
> > > > Mozart mengungkapkan KEINDAHAN DUNIA serta GAIRAH HIDUP dalam
> > bentuk
> > > > yang paling murni, tanpa di ganggu, di nodai atau di warnai
oleh
> > > > perasaan2 pribadi. Perasaan2 pribadi adalah ciri utama dari
musik
> > > > ROMANTIK. Sedangkan musik dari jaman KLASIK (Mozart, Haydn,
J.C.
> > > > Bach, Johann Heinichen, dsbnya) keindahannya universal,
objektif,
> > > > spontan dan murni. Disini jelas komentar Afthonul Afif bahwa
> > > > *seharusnya yang menjadi efek Mozart sesungguhnya* adalah
salah-
> > > > kaprah dan membuktikan bahwa Afthonul Afif tidak mengerti
musik
> > > > Mozart. Salah-mengertinya dilanjutkan lagi dengan *gemuruh
yang
> > > > menakutkan dari Don Giovanni*. Opera Don Giovanni (Don Juan)
> > lebih
> > > > bersifat LUCU ketimbang *gemuruh menakutkan* (Afthonul
Afif), hal
> > > > mana jelas dengan sendirinya dari katalogisasi oleh Mozart
> > sendiri
> > > > sebagai *opera buffa* (opera lucu). Bahkan adegan terakhir,
waktu
> > > > Don Giovanni diseret masuk kedalam bumi yang terbelah oleh
patung
> > > > batu yang datang memenuhi undangan makan-malam oleh si Don
> > Giovanni,
> > > > lebih bersifat lucu ketimbang dramatis, apalagi *menakutkan*
> > (AA).
> > > > Juga komentar Afthonul Afif akan *gempita kebahagiaan* dalam
> > opera
> > > > *The Magic Flute* (die Zauberflöte) meleset sama sekali,
sebab
> > > > sekali lagi opera ini lebih bersifat menakjubkan
(bezaubernd) dan
> > > > lucu (komische Oper). Dan kalo orang mo bilang ada adegan2
yang
> > > > *menakutkan*, maka opera ini mengandung lebih banyak aria2
dan
> > > > bagian2 musik yang demikian, seperti misalnya aria *Koenigin
der
> > > > Nacht* (Queen of the Night) yang nadanya sangat *powerful*
serta
> > > > memerlukan teknik vokal yang amat canggih (aria "Der Hölle
Rache
> > > > kocht in meinem Herzen" = "The vengeance of Hell boils in my
> > heart").
> > > >
> > > > Ulasan AA tentang *keruwetan harmoni simfoninya* Mozart itu
> > > > menyesatkan, sebab terbalik seratus-delapan-puluh derajat!
Boleh
> > > > dicheck dengan pakar musik siapapun juga, harmoni dalam musik
> > > > instrumental Mozart adalah yang paling sederhana, jernih dan
> > > > transparent, samasekali terbalik daripada *ruwet*. Justru
berkat
> > > > kesederhanaan dan transparensi itulah maka musik Mozart bisa
di-
> > > > asosiasi-kan dengan kemampuan melatih dan merangsang IQ
ketaraf
> > yang
> > > > lebih tinggi. Singkatnya, musik Mozart itu seperti musik
kanak2
> > > > yang innocent; samasekali tidak ruwet, melainkan spontan dan
> > > > langsung. Contoh yang terbaik disini adalah *Eine Kleine
> > > > Nachtmusik* (musik malam kecil) yang digubah dalam struktur
> > simfoni
> > > > (empat bagian: cepat-lambat-berirama-amat cepat). Jenis2
musik
> > > > sebelum maupun sesudah Mozart kurang mermenuhi kriteria
asosiatif
> > > > ini. Musik Barok terlalu religius dan bersifat *stylish*,
hingga
> > > > orang harus lebih dulu membiasakan diri dengan musik gaya
Barok,
> > > > sebelum bisa mengerti dan menikmati musiknya Bach dan
Vivaldi.
> > > > Demikian juga musik romantik (Beethoven dan komponis2
> > sesudahnya),
> > > > musiknya dicampuri oleh semrawutnya emosi2 pribadi yang kuat
dan
> > > > amat beraneka ragam, hingga seringkali membikin bingung
seorang
> > > > novice yang masih me-raba2. Musik modern (misalnya Richard
> > Strauss
> > > > atu Shostakovich) lebih2 lagi tidak memenuhi kriteria, sebab
buat
> > > > bisa menikmati keindahannya saja, orang yang IQ nya biasa2
saja
> > > > mesti banyak belajar dan banyak mendengarkan.
> > > >
> > > > Unsur2 lain yang membuat musik klasik (bukan hanya Mozart)
> > berkaitan
> > > > dengan IQ yang canggih terutama adalah komposisinya yang
dinamis
> > > > (cepat-lambat), teknik permainan instrumen/vokal yang paling
> > > > canggih, pergantian tangga nada yang terus menerus, teknik2
> > > > komposisi yang canggih, seperti a.l. teknik fuga (2-3 tema
yang
> > > > dimainkan ber-sama2 dan saling berkejar2an) dan teknik
*counter
> > > > point* (2 tema yang saling kontras dimainkan sekaligus ber-
sama2.
> > > > Setiap komponis adalah seorang master, yang karyanya demikian
> > > > sempurnanya hingga tidak mungkin di perbaiki atau ubah barang
> > satu
> > > > not pun tanpa mengubah isinya. Satu2nya perkecualian disini
> > adalah
> > > > komponis Chopin, yang memang ahli dalam teknik instrumental
> > piano,
> > > > tetapi tidak begitu mahir dalam teknik orkestrasi: kedua
konserto
> > > > pianonya yang kita dengar hari ini orkestrasinya telah
diperbaiki
> > > > oleh rekannya.
> > > >
> > > > Tapi se-sederhana2nya musik orkes, musik instrumen-tunggal
> > tentunya
> > > > lebih spontan dan langsung. Mungkin oleh sebab itulah Don
> > Campbell
> > > > mengambil contoh Sonata (piano) dalam D major, meskipun
> > barangkali
> > > > Sonata dalam C major lebih gemilang (brilian) dan lebih
spontan.
> > > > Jadi, memang bisa dimengerti bahwa Sonata2 piano dari Mozart
> > adalah
> > > > yang paling tepat buah menggugah minat dan merangsang IQ
anak2.
> > > > Yang pasti benar adalah, mendengarkan dan menikmati musik
klasik
> > > > membutuhkan IQ yang tinggi.
> > > >
> > > > Jadi, adalah keliru besar memberikan predikat *ruwet* pada
musik
> > > > atau harmoni musiknya Mozart. Ruwet adalah simfoni2 Romantik,
> > > > misalnya Beethoven dan Brahms. Lebih ruwet lagi simfoni2 nya
> > > > Tschaikovsky dan komponis2 Romantik akhir, dan yang paling
ruwet
> > > > adalah musik modern (Shostakovich, Strauss). Kalau yang
dimaksud
> > > > oleh AA dengan *harmoni* adalah akkoord (chord, korda), maka
AA
> > juga
> > > > sekali lagi salah-kaprah. Harmoni atau korda2 yang digunakan
oleh
> > > > Mozart adalah harmoni yang basic dan standard. Kejeniusan
Mozart
> > > > bukan pada pemakaian tangga-nada/kunci, melainkan pada
pergantian
> > > > tangga-nada. Ini pun bukan monopoli Mozart, melainkan ciri2
dari
> > > > SEMUA musik klasik (disini *klasik* sebagai istilah generic
yang
> > > > mencakup seluruh jenis musik seni yang canggih, mulai dari
> > Vivaldi
> > > > sampai dengan hari ini. Pergantian tangga-nada atau kunci ini
> > > > adalah salah satu unsur yang membuat musik klasik tidak mudah
> > > > difahami dan dinikmati oleh orang2 yang IQ nya rendah, karena
> > mereka
> > > > pada umumnya cuma bisa mengerti *do-re-mi-fa-sol-la-si* saja.
> > Musik
> > > > klasik TIDAK BISA dinyanyikan dengan *do-re-mi-fa-sol-la-si*,
> > > > melainkan selalu berganti2 tangga nada atau kunci, misalnya
mulai
> > > > dalam G major, kemudian dalam tema yang berikutnya berubah
> > menjadi
> > > > D major, kemudian berubah lagi menjadi D minor, F major, dan
> > > > demikian seterusnya. Contoh yang khas misalnya adalah aria
> > > > Cherubino *Voi Che Sapete* dari operanya Mozart *Le Nozze di
> > Figaro*
> > > > (the Marriage of Figaro), yang berganti tangga nada hampir
pada
> > > > setiap langkahnya. Pergantian tangga nada atau kunci ini
adalah
> > > > salah satu ciri yang khas dari ke-jenius-annya para komponis
> > musik
> > > > klasik (istilah klasik disini mencakup seluruh genre musik
seni,
> > > > dari Vivaldi sampai musik kontemporer). Dinamika dalam tempo,
> > > > pergantian tangga nada, teknik komposisi yang canggih seperti
> > fuga
> > > > dan *coiunter point*, serta teknik permainan instrument atau
> > vokal
> > > > yang paling canggih, ini semua adalah unsur2 yang berkaitan
> > dengan
> > > > IQ, karena pada umumnya hanya bisa ditanggapi, dipahami dan
> > > > dinikmati oleh otak2 yang memiliki daya analisa yang canggih,
> > atau
> > > > dengan perkataan lain, punya IQ tinggi.
> > > >
> > > > Musik Mozart memiliki keunikan lain, yaitu sebagai wakil dari
> > jaman
> > > > Pencerahan (Enlightenment). Musiknya bersifat membebaskan
pikiran
> > > > dan perasaaan manusia dari segala belenggu, termasuk belenggu
> > > > kefantikan agama dari jaman sebelumnya (musik Barok), maupun
> > > > belenggu kefanatikan emosi pribadi (musik Romantik) dari
jaman
> > > > sesudahnya. Disini rupanya Don Campbell terutama di-ilhami
oleh
> > > > pendapat umum di Eropa maupun Amerika, bahwa manusia2 yang
IQ nya
> > > > canggih pada umumnya akan menggemari musik klasik (Hati2!
> > sebaliknya
> > > > TIDAK benar, yaitu bahwa orang2 yang menggemari musik klasik
itu
> > IQ
> > > > nya tinggi). Dari pengamatan pribadi, baik di Indonesia,
Eropa
> > > > maupun Amerika, orang2 yang punya IQ canggih pada umumnya
akan
> > > > segera tertarik oleh musik klasik, sekalipun sebelumnya belum
> > pernah
> > > > ter-ekspos (exposed) kepada musik jenis demikian. Oleh
karena itu
> > > > maka Don Campbell mencoba mengkaitkannya dengan efek yang
diduga
> > > > olehnya boleh jadi bisa meningkatkan IQ jabang bayi. Data2
> > > > statistiknya Don Campbell samasekali tidak ada artinya.
Statistik
> > > > itu mudah sekali di selewengkan untuk membenarkan hasil riset
> > > > seseorang, apalagi dalam bidang Non-Sains (non IPA), yang
umumnya
> > > > tidak memiliki landasan yang cukup dalam matematika
statistik.
> > > >
> > > > Tentang ke-universil-an musik Mozart, Afthonul Afif keblinger
> > > > sedangkan Djohan Salim lebih benar. Musik Mozart memang
bersifat
> > > > universal, sebab keindahannya objektif, tidak memerlukan
> > > > interpretasi atau fantasi apa2 guna menikmati keindahan
musiknya.
> > > > Ulasan AA tentang periodisasi musik Mozart yang ditarafkan
sama
> > > > dengan Jazz dan Rock sudah saya bahas dalam tulisan sebelum
ini,
> > > > yaitu Afthonul Afif telah melakukan BLUNDER yang fatal dan
tidak
> > > > tertolong lagi. Pendapat ini boleh diverifikasi dengan Google
> > > > ataupun ahli musik yang punya kredibilitas. Kalau tidak sama,
> > boleh
> > > > dirujuk kembali dimilis ini, nanti akan terbukti bahwa yang
tidak
> > > > sama itu yang salah-kaprah. Bukti2 nya banyak sekali dan juga
> > mudah
> > > > dicari didunia Internet. Sedangkan pendapat yang berlawanan,
> > > > silahkan cari buktinya, baik dalam Internet maupun buku, bisa
> > > > dipastikan pasti gagal. Sekalipun demikian, dua2 Afthonul
Afif
> > dan
> > > > Djohan Salim keblinger tak tertolong lagi, karena telah
salah-
> > > > mengenali keunikan musik Mozart.
> > > >
> > > > Ucapan Djohan Salim menyindir kecerobohan orang Indonesia
yang
> > > > selalu menganggap produk pengetahuan apa pun yang dihasilkan
oleh
> > > > bangsa Jerman seolah-olah tidak patut dipertanyakan, adalah
> > pendapat
> > > > seekor katak-dibawah-tempurung, sebab salah-mengenali musik
Eropa
> > > > sebagai standard musik dunia dan sebagai seni musik yang
telah
> > > > dikembangkan beratus2 tahun lamanya secara konitnu dan tidak
> > pernah
> > > > terputus (dari Vivaldi s/d hari ini). Sarannya untuk meneliti
> > karya
> > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito, Narto
Sabdo,
> > atau
> > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu, adalah *kegede rumongso*
hingga
> > > > benar2 seperti katak-dibawah-tempurung yang tidak tahu diri.
> > > > Setiap pakar musik tentu maklum bahwa musik2 daerah itu
tidak ada
> > > > apa2nya dibandingkan dengan musik *klasik*. Apalagi ulasan
Djohan
> > > > Salim bahwa musik regional yang disebutkannya itu *tentu
memiliki
> > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih realistis*,
> > adalah
> > > > pendapat yang tekebur dan tidak-tahu-diri.
> > > >
> > > > Kecorobohan? Bangsa Jerman? Jerman/Austria (=Austro-Hungarian
> > > > empire) memang adalah pusat kebudayaan dunia s/d abad ke-19!
> > Bukan
> > > > saja seni musik, tetapi juga seni lukis dan cabang2 seni
lainnya.
> > > > Di Eropa sampai hari ini orang baru bisa diakui sebagai
seorang
> > > > intelek (cendekiawan), hanya dan hanya jika ia sanggup ikut
> > bicara
> > > > dan mengemukakan pendapat yang berbobot (bukannya yang
amburadul
> > > > kayak Djohan Salim) dalam diskusi2 (bebas maupun resmi)
tentang
> > > > soal seni, terutama sekali seni musik. Seni musik (Eropa)
adalah
> > > > yang satu2nya musik yang telah berkembang paling tinggi
sedunia
> > > > (secara kontinu mulai dari tahun 1700 sampai dengan hari
ini),
> > > > lagipula bersifat universal, hingga dengan mudah meng-
absorbsi
> > dan
> > > > meng-integrasi musik bangsa2 lain dengan hati yang lapang dan
> > tangan
> > > > terbuka, sudah barang tentu asal nilai seninya cukup tinggi.
> > Musik
> > > > instrumentalnya bisa difahami dan dinikmati oleh seluruh
bangsa2
> > > > didunia (sudah tentu ada syarat IQ), terlepas dari kebidayaan
> > lokal
> > > > maupun bahasa. Contoh yang paling jelas adalah, opera paling
> > bagus
> > > > untuk dinikmati dalam bahasa aslinya, sebab secara tidak
sadar
> > sang
> > > > komponis telah mengintegrasikan lafal (bunyi khas) dari
bahasanya
> > > > kedalam musiknya. Misalnya, opera2 Italia akan berkurang
banyak
> > > > keindahannya maupun ekspresi perasaannya jika dinyanyikan
dalam
> > > > bahasa Inggris. Demikian juga opera Perancis dan operetta
Jerman
> > > > akan kehilangan paling sedikit separo dari keindahannya jika
> > > > dinyanyikan dalam bahasa lain. Oleh karena itu opera hampir
> > selalu
> > > > disajikan dalam bahasa aslinya, sekalipun sebagian besar para
> > > > penonton tidak mengerti. Terjemahan libretto nya bisa dibaca
> > > > sebagai text dibelakang kursi dihadapan masing2 penonton.
> > > >
> > > > Dewasa ini musik internasional tidak hanya diwakili oleh
Jerman,
> > > > tetapi juga Perancis, Eropa Timur (yang disebut dengan
istilah
> > > > Bohemia), Rusia, Amerika Selatan, dan sejak baru2 ini juga
> > Tiongkok,
> > > > yang telah membebaskan diri dari tangganada tradisionil yang
> > > > pentatonis. Musik Asia, termasuk musik Jawa, adalah musik
eksotik
> > > > yang pentatonis (lima nada), kekurangan dua nada dibandingkan
> > > > tangganada diatonis, sama juga seperti musik tradisionil
Tiongkok
> > > > dan Jepang. Karena kekurangan dua nada, akibatnya kurang bisa
> > > > mengekspresi perasaan/emosi manusia secara lengkap, atau
> > ekspresinya
> > > > menjadi aneh dan tidak wajar (eksotik). Kecuali itu juga
otomatis
> > > > tidak memungkinkan perubahan tangga nada dengan menggunakan
cross
> > > > dan flat (kunci C major, G-major (satu cross), F-major (satu
> > flat)
> > > > dsbnya. Tangganada diatonis masih diperluas lagi dengan
> > tangganada
> > > > MINOR, yang nada dasarnya adalah LA, bukannya DO. Sejak
Vivaldi,
> > > > musik klasik sudah biasa (bahkan harus! demi keindahan)
> > menggunakan
> > > > perpindahan tangga nada, juga dari Major ke Minor, dan
> > sebaliknya,
> > > > secara plastis dan kontinu. Bakat seorang komponis ditetapkan
> > > > antara lain (syarat mutlak) oleh kesanggupannya berpindah2
tangga
> > > > nada secara wajar dan plastis. Ke-jenius-annya Mozart
terulang
> > lagi
> > > > pada komponis modern Richard Strauss, dikembangkan menjadi
suatu
> > > > *aliran* tangganada yang kontinu (dengarkan misalnya The Four
> > Last
> > > > Songs), yang kemudian diteruskan dengan musik a-tonal (bebas
> > tangga
> > > > nada, bukannya 7 nada diatonis, tetapi seluruh 12 nada
kromatis
> > > > digunakan secara sama rata dan sama tingkat), contohnya
Arnold
> > > > Schoenberg dan hampir semua komponis2 modern dan kontemporer
> > (bukan
> > > > Jazz dan Rock nya si Afthonul). Aneka ragam ini tidak mungkin
> > > > eksis dalam musik Jawa, atau musik Tiongkok/Jepang yang
> > tradisionil,
> > > > hingga para pemusik nasional yang sadar akan kekurangan atau
> > > > kelemahan ini pasti berusaha memperbaikinya, seperti yang
telah
> > > > terjadi dengan Tiongkok modern (misalnya beberapa dari
komponis2
> > > > maupun soloist2 Tiongkok dewasa ini mulai terkenal di Eropa
dan
> > > > Amerika).
> > > >
> > > > Sebaliknya, jika orang keras kepala seperti Djohan Salim dan
> > tidak
> > > > mau kalah (padahal kalah jauh tidak kira2), yah akibatnya
akan
> > > > semakin terpuruk dan terpencil saja dari pergaulan masyarakat
> > > > dunia. Apresiasi musik barat ini samasekali tidak berarti
harus
> > > > memandang rendah musik rakyat bangsa sendiri. Seperti haknya
> > dengan
> > > > musik tradisonil Tiongkok dan Opera Peking, musik Jawa dan
Bali
> > > > memiliki keindahannya sendiri. Juga musik Kroncong dan musik
> > Dangdut
> > > > (dua2nya diatonis) memiliki nilai artistik yang cukup
canggih,
> > yaitu
> > > > sebagai musik rakyat, disini bisa dibandingkan dengan musik
> > Gypsy,
> > > > yang telah menjadi inspirasi bagi banyak sekali komponis2
Eropa.
> > > > Jelas disini, yang perlu adalah perkembangan musik dengan
hati
> > yang
> > > > terbuka tanpa prasangka, bukannya dengan keras kepala yang
> > Chauvinis.
> > > >
> > > > KESIMPULAN:
> > > > Djohan Salim maksudnya mau meluruskan khalayak ramai dari
bukunya
> > > > Don Campbell. Nggak taunya, lantaran ilmunya (atau IQ nya)
masih
> > > > terlalu rendah, Djohan Salim salah-kaprah, menyesatkan
khalayak
> > > > ramai, lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don Campbell.
> > > >
> > > > Memang betul, mendengarkan musik klasik TIDAK membuat
orang/bayi
> > > > menjadi lebih intelligent. IQ orang adalah pembawaan atau
bakat,
> > > > tidak gampang2 bisa dipertinggi dengan musik therapy macam
apapun
> > > > juga.
> > > >
> > > > Tetapi kemampuan mengerti dan menikmati musik klasik sedikit
> > banyak
> > > > menunjukkan taraf IQ si pendengar, menjadi semacam IQ TEST.
> > > >
> > > > Pendapat ini adalah pendapat umum di Eropa, baik Eropa Timur
> > maupun
> > > > Barat, termasuk Rusia dan negara2 Kaukasia.
> > > >
> > > > Bahkan di Amerika, yang justru wadahnya musik pop berasal dan
> > > > berkembang, sebagian besar dari masyarakat (yang ber-IQ
tinggi
> > > > tentunya) juga berpendapat demikian, hal mana bisa dibaca
dari
> > > > pendapat2 para pembaca dibawah ini:
> > > >
> > > > http://answers.yahoo.com/question/index?
qid=20070925025945AAav9oI
> > > > QUESTION: Does classical music makes you intelligent? why?
> > > >
> > > > RDENIG_M: No, I don't think it does. But, and dare I say
this,
> > only
> > > > those who are more intelligent to begin with listen to
classical
> > > > music. I'm not saying that anybody who doesn't listen is not
> > > > intelligent, but that it does take a certain amount of
> > intelligence
> > > > to begin to comprehend classical music.
> > > >
> > > > NASATIAN: To understand classical music you already have to
be
> > > > intelligent
> > > >
> > > > MALCOLM D: No, it does not make you more intelligent. If that
> > were
> > > > the case we could use it to upgrade people. However, if you
> > examine
> > > > the classical music audience, I think you would find an IQ
above
> > > > average. It simply attracts more intelligent people. So the
> > question
> > > > is really backwards.
> > > >
> > > > Ruang Baca TEMPO Edisi 29 April 2007
> > > > Ulasan bukunya Djohan Salim yang berjudul *Matinya Efek
Mozart*,
> > > > edisi I, 2007, oleh Afthonul Afif (AA), Mahasiwa Psikologi
Klinis
> > > > Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta
> > > >
> > > > Meskipun secara empiris efek Mozart tidak sebombastis promosi
> > produk-
> > > > produknya, bukan berarti musik Mozart tidak bermanfaat sama
> > sekali
> > > > bagi kehidupan manusia. Sebagaimana jenis musik lainnya,
pengaruh
> > > > musik Mozart pada dasarnya lebih bersifat afektif, yaitu
mampu
> > > > memicu timbulnya perasaan senang, gembira, tenang, dan
nyaman.
> > > > Namun, musik juga dapat mengaduk-aduk perasaan manusia
menjadi
> > kian
> > > > tak menentu, sehingga muncul perasaan cemas, sedih, dan
takut.
> > > > Apakah respon musik itu kemudian menimbulkan efek yang
> > menyenangkan
> > > > atau menyedihkan, hal itu tergantung banyak faktor:
kepribadian,
> > > > kondisi, memori, persepsi ruang-waktu, dan sebagainya.
> > > >
> > > > Sekali lagi, karya besar musik Mozart sama sekali tidak
berkaitan
> > > > dengan hal menjadi cerdas, atau mendatangkan kekuatan.
Musiknya
> > > > berbicara tentang bagaimana menjadi manusia dan hidup,
seperti
> > salah
> > > > satu lirik dalam musiknya, in nominee domini. Itu seharusnya
yang
> > > > menjadi efek Mozart sesungguhnya. Impresi seni dalam musik
Mozart
> > > > sangat bagus, gemuruh yang menakutkan dari Don Giovanni,
gempita
> > > > kebahagiaan The Magic Flute, keruwetan harmoni simfoninya,
dan
> > > > akhirnya yang transenden Ave Verum Corpus, La Clemenza di
Tito,
> > dan
> > > > Requiem--di mana semua ini seolah hilang oleh seorang penulis
> > buku
> > > > bernama Don Campbell (hlm. 128).
> > > >
> > > > Satu hal menarik yang dikemukakan penulis buku ini adalah
> > anggapan
> > > > yang mengatakan bahwa musik Mozart itu seolah-olah bersifat
> > > > universal. Padahal, sebuah karya musik--apa pun bentuknya,
akan
> > > > selalu tertawan oleh keterbatasan-keterbatasan faktor sosio-
> > historis
> > > > tertentu. Dan hal ini sebenarnya ditunjukkan melalui adanya
> > > > periodesasi dalam perkembangan musik dunia. Musik Mozart
> > > > dikategorikan sebagai musik klasik abad ke-18, yang berbeda
> > > > bentuknya dengan musik Jazz atau pun Rock misalnya, yang
> > berkembang
> > > > pada abad ke-20.
> > > >
> > > > Penulis juga menyindir kecerobohan kita yang selalu
menganggap
> > > > produk pengetahuan apa pun yang dihasilkan oleh bangsa Jerman
> > seolah-
> > > > olah tidak patut dipertanyakan. Mengapa kita tidak meneliti
karya
> > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito, Narto
Sabdo,
> > atau
> > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu misalnya, yang tentu memiliki
> > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih realistis.
> > Jikalau
> > > > hasil penelitian dan analisis musiknya secara pedagogis,
> > sosiologis,
> > > > antropologis, dan psikologis terbukti bermanfaat, mungkin
akan
> > jauh
> > > > lebih tepat bila digunakan oleh orang Indonesia daripada
> > bersikeras
> > > > menggunakan musik Barat yang tidak semua anak bangsa ini
> > > > berkesempatan mengapresiasinya dengan baik dan benar.
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Win free airfare

from Yahoo!

Fly home for the

Holidays on us.

Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar