Kamis, 10 Januari 2008

Re: [psikologi_transformatif] (Bu Guru..Tuhantu nanya tuh)Re: apakah semua anak pintar?

hehehehe
ayo kapan mampir ke sini, kita ngobrol lagi...

bude

On 1/10/08, tuhantu_hantuhan <tuhantu_hantuhan@yahoo.com> wrote:
>
> Udah dijawab tuh Mas Audi, dengan terinci pula... Thank you ya, Bude
> Tih...
>
> Be Fun
>
> TuHanTu
>
> http://hole-spirit.blogspot.com <http://hole-spirit.blogspot.com>
>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "audivacx"
> <audivacx@...> wrote:
> >
> > Bu Guru...
> > Tuhantu tunjuk jari mau nanya tuhhhh.
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "tuhantu_hantuhan"
> > tuhantu_hantuhan@ wrote:
> > >
> > >
> > > Pengen nanya nih Mbak Ratih... Kemaren itu abis ngobrol dg
> > Alexander dan
> > > Mas Anwar di sini, kami melihat bahwa masyarakat kita (atau Jakarta
> > > saja?) sarat dengan pola pikir jangka pendek dan pragmatis.
> > >
> > > Nah, gimana tuh? Apakah karena kecerobohan orang tua mereka? Apakah
> > > karena mereka digiring untuk menggunakan kelenjar according to
> > secara
> > > berlebihan, sehingga malas mikir, atau ada kemungkinan lain
> > > barangkali?... Kira-kira ... according to... Bude Tih, gimana
> > tuh...
> > >
> > > Be Fun
> > >
> > > TuHanTu
> > >
> > > http://hole-spirit.blogspot.com <http://hole-spirit.blogspot.com>
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "ratih ibrahim"
> > > <personalgrowth@> wrote:
> > > >
> > > > On 1/8/08, ratih ibrahim personalgrowth@ wrote:
> > > >
> > > > > ada beda tipis antara terlalu pintar, terlalu goblok dan
> > terlalu
> > > gila...
> > > > > tipisssssssssssssssssss......... sekali!
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > melanjutkan email terdahulu, saya mengirimkan sebuah tulisan
> > lagi di
> > > bawah
> > > > ini.
> > > > ini adalah bagian dari psikolog positif.
> > > > untuk apa?
> > > > untuk bahan kuliah dan pembekalan diri.
> > > > mumpung saya lagi agak rajin online hari ini....
> > > >
> > > > maksud tulisan ini ?
> > > > mengingatkan, bahwa penanganan yang keliru, apapun rasionalisasi
> > yang
> > > > menyertainya, tidak bakal berhasil membantu anak mengembangkan
> > potensi
> > > > kecerdasan dirinya secara benar, apalagi optimal...
> > > > melainkan, bisa membuatnya jadi goblok....
> > > > atau gila...
> > > >
> > > >
> > > -------------------------------------------------------------------
> > -----\
> > > ------------------------------------------------
> > > > Semua Anak Pintar : Sebuah tinjauan tentang Multiple
> > Intelligences Di
> > > susun
> > > > oleh Ratih Andjayani Ibrahim, Psikolog
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Anak itu Berharga Bagi orangtuanya anak itu penting. Ia sangat
> > > berharga.
> > > > Ia sangat istimewa. Dan saya yakin, semua orangtua yang normal
> > juga
> > > akan
> > > > memiliki penghayatan yang demikian terhadap anak-anaknya.
> > Intinya,
> > > bagi
> > > > orangtua, anak adalah harta yang tak ternilai lantaran luar biasa
> > > > berharganya. Karenanya, saya juga yakin bahwa setiap orangtua
> > > mengidamkan
> > > > masa depan yang sangat baik untuk anak-anaknya. Tidak hanya
> > > mengidamkan
> > > > tetapi juga berusaha keras agar bisa mengakomodasi segala
> > kebutuhan
> > > untuk
> > > > membuat anak mampu tumbuh secara optimal, sebagai individu yang
> > hebat
> > > dan *
> > > >
> > > happy[1]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=\
> > > inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn1>
> > > > *. Dan hal ini, adalah sesuatu yang hingga saat ini saya yakini
> > > tentang
> > > > relasi antara orangtua – anak.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Bahkan ada seorang ahli pendidikan, John Gray Ph.D yang bilang
> > bahwa
> > > > "Anak-anak berasal dari Surga". Dan saya sangat setuju dengan
> > > pendapatnya! Anda
> > > > pasti ingat bagaimana Anda dipenuhi sukacita yang sangat ketika
> > > mengetahui
> > > > diri Anda atau pasangan Anda hamil. Dan memang betul, banyak
> > orang
> > > yang
> > > > percaya bahwa kehadiran anak-anak akan menggenapi kebahagiaan
> > dalam
> > > sebuah
> > > > keluarga. Dengan menjadi orangtua, pada dasarnya kita sebuah
> > > kehormatan
> > > > besar, langsung dari Tuhan sendiri. Bagaimana tidak, jika
> > berarti kita
> > > jadi
> > > > terlibat secara langsung dalam karya penciptaan Allah? Jadi
> > bayangkan
> > > betapa
> > > > berharganya seorang anak. Ia dikirim langsung dari surga!
> > > >
> > > >
> > > > Memesan Anak Kepada Tuhan
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Meski demikian, sekarang saya mengajak kita semua kembali ke
> > masa awal
> > > > sebelum anak-anak kita hadir. Coba ingat-ingat, pernahkah dulu
> > kita
> > > berdoa,
> > > > meminta diberi anak dengan kriteria tertentu? Ingin anak yang
> > sehat,
> > > yang
> > > > pintar, yang hebat, yang cakep, yang keren..... ingin anak
> > lelaki,
> > > ingin
> > > > anak perempuan, dst, dst.... Nah, kita memesan anak kepada
> > Tuhan! Saya
> > > > yakin, pesanan kita pasti yang bagus-bagus.... Lalu, apa yang
> > terjadi
> > > pada
> > > > saat si bocah betulan hadir? Mungkin sebagian dari kita menjadi
> > begitu
> > > > senang, sampai melupakan segala pesanannya. Yang penting pokoknya
> > > anaknya
> > > > okelah. Atau ada yang kecewa, karena kok ternyata tidak sesuai
> > amat
> > > dengan
> > > > harapan kita. Apakah jangan-jangan Tuhan salah mengirimkan
> > pesanan
> > > kita?
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Percayalah, Tuhan pasti tidak akan becanda untuk hal sepenting
> > ini.
> > > > Karenanya, saya juga yakin Tuhan tidak salah kirim. Masalahnya
> > adalah
> > > cukup
> > > > mampukah kita menerima si anak, dan memahami segala keistimewaan
> > yang
> > > ia
> > > > miliki.?
> > > >
> > > >
> > > > * * *Successful Parents*
> > > >
> > > > * *
> > > >
> > > > Siapa sih yang tidak ingin berhasil dalam menjalankan perannya
> > sebagai
> > > > orangtua? Siapa yang tidak ingin punya anak-anak yang sehat,
> > normal,
> > > dan
> > > > pintar? Dan untuk itu orangtua juga ingin bisa membimbing anak-
> > anaknya
> > > agar
> > > > bisa tumbuh menjadi anak yang hebat. Untuk itu pula, maka
> > biasanya
> > > para
> > > > orangtua akan mengupayakan dengan sekuat tenaga agar bisa
> > > mengakomodasi
> > > > segala harapan-harapan luhur bagi anaknya. Sayangnya, acapkali
> > > > harapan-harapan
> > > > yang baik tersebut kemudian berubah menjadi ambisi. Apalagi
> > ketika
> > > kita
> > > > mulai membandingkan anak kita dengan anak-anak lainnya. Bukan
> > tidak
> > > mungkin
> > > > ego kita jadi terusik. Lalu tanpa sadar kita mulai memasang
> > standard
> > > tinggi
> > > > untuk menjadikan anak kita menjadi "hebat" sesuai dengan versi
> > yang
> > > kita
> > > > punya, tanpa sungguh-sungguh mampu memahami keunikan dan
> > kapasitas si
> > > anak.
> > > > Hal ini bisa memicu frustrasi baik di anak maupun orangtuanya.
> > > >
> > > > Pertanyaannya sekarang, apakah anak kita memang pintar? Apakah
> > anak
> > > kita
> > > > hebat? Ya! Saya menjawab : YA !!! Semua anak pintar. Semua anak
> > > cerdas.
> > > > Semua anak hebat. Tergantung apa definisi kita tentang hebat,
> > cerdas
> > > dan
> > > > pintar itu sendiri. Lalu kalau anak saya pintar, kenapa dia
> > mentok di
> > > sana
> > > > sini? Apa yang salah? Di mana yang keliru? Bagaimana
> > menyikapinya?
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > "Dosa "kita sebagai orangtua sebagaimana yang saya katakan
> > sebelumnya
> > > > adalah, kita sering tidak mampu memahami bahwa tidak ada satupun
> > anak
> > > yang
> > > > sama persis dengan anak lainnya. Ketika membandingkan anak kita
> > dengan
> > > > anak-anak lainnya, ego kita terusik. Kita ingin anak kita
> > seperti anak
> > > lain.
> > > > Kita ingin anak kita bisa lebih hebat dari anak yang lain.
> > Misalnya,
> > > ketika
> > > > anak-anak di sekitar kita beramai-ramai les biola, karena konon
> > baik
> > > untuk
> > > > mengoptimalkan kecerdasan, kita juga memaksa anak kita untuk
> > ikut les
> > > biola.
> > > > Dan lalu kita memaksa dia untuk berlatih biola supaya kalau bisa
> > anak
> > > kita
> > > > lebih mahir bermain biola dibandingkan teman-temannya. Atau,
> > misalnya
> > > karena
> > > > saat ini les bahasa Mandarin sedang jadi trend, anak kita pun
> > kita
> > > ikutkan
> > > > les bahasa Mandarin. Padahal tak satupun anggota di rumah yang
> > > berbahasa
> > > > Mandarin. Belum lagi les-les yang lain-lain. Padahal, belum tentu
> > > segala
> > > > kegiatan yang kita "paksakan" kepada anak itu cocok untuk anak.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Setiap kali kita membaca buku tentang *parenting*, bertemu
> > dengan para
> > > pakar
> > > > perkembangan dan psikolog, biasanya kita diingatkan, bahwa
> > setiap anak
> > > itu
> > > > unik, istimewa dan berharga. Karena memang masing-masing anak
> > memiliki
> > > > karakteristiknya sendiri, bakatnya sendiri, keistimewaannya
> > sendiri.
> > > Dan
> > > > dalam hal ini peran orangtua dalam pendidikan anak adalah luar
> > biasa
> > > > penting. Di sekolah, peran tersebut diwakilkan kepada kepala
> > sekolah
> > > –
> > > > sebagai orangtua dari sebuah keluarga bernama sekolah, dan
> > kepada guru
> > > –
> > > > sebagai orangtua keluarga di kelas. James
> > > >
> > > Stetson.[2]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&sear\
> > >
> > ch=inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn2>
> > ,
> > > > mengatakan tentang orangtua yang berhasil sebagai berikut :
> > > *"Successful
> > > > Parents realize that children grow up not when they can take
> > care of
> > > > themselves but when they can take care of others and want to."
> > *Jadi,
> > > coba
> > > > bayangkan betapa sebuah penyelenggaraan pendidikan bagi anak-
> > anak kita
> > > > bukanlah sebuah proses yang main-main. Ada sebuah tanggung jawab
> > yang
> > > sangat
> > > > besar di situ. Tidak hanya untuk si anak sendirian, melainkan
> > untuk
> > > semua
> > > > anak lainnya. Untuk seluruh bangsa dan masa depannya.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Nah sekarang apa yang perlu kita lakukan bersama anak kita? Agar
> > > metode
> > > > belajar –
> > > *learning[3]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&sea\
> > >
> > rch=inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn3
> > >
> > > > * yang kita selenggarakan bagi anak sesuai? Sehingga proses
> > belajarnya
> > > bagi
> > > > anak menjadi efektif? Dan agar efek dari belajar terjadi akan
> > menguat?
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Mengidentifikasi Kecerdasan dan Bakat Anak
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Menjadi orangtua jelas bukan sebuah profesi yang mudah. Kita
> > tidak
> > > pernah
> > > > berskolah secara khusus untuk menjadi orangtua yang hebat. Kita
> > > belajar
> > > > menjadi orangtua yang sebaik mungkin bisa kita upayakan dari
> > seluruh
> > > > pengalaman hidup kita, termasuk dari kesalahan-kesalahan yang
> > kita
> > > lakukan.
> > > > Namun saya sungguh percaya, bahwa pada dasarnya setiap orangtua
> > sayang
> > > pada
> > > > anaknya. Sehingga, jika dalam prakteknya "tanpa sengaja" terjadi
> > > > kesalah-kesalahan dalam mengekspresikannya, saya yakin hal ini
> > bukan
> > > > lantaran si orangtua kurang mengasihi anaknya. Melainkan karena
> > > mungkin ia
> > > > masih kurang mampu mengenali anaknya, untuk kemudian memahami si
> > anak,
> > > lalu
> > > > menemukan cara yang paling pas untuk bekerja bersama si anak.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Saya katakan, bekerja bersama anak. Perhatikan kata : bersama
> > anak.
> > > Sebuah
> > > > pendidikan untuk anak tidak akan bisa berhasil, tanpa kerja sama
> > dari
> > > anak.
> > > > Untuk bisa berhasil sebagai orangtua kita harus mampu bekerja
> > bersama
> > > anak.
> > > > Dan untuk itu, selain kasih sayang, penghargaan dan penerimaan
> > > terhadap
> > > > anak, kita juga perlu memahami sang anak, dengan segala
> > kapasitas yang
> > > > dimilikinya, karakter, bakat, potensi serta kecerdasannya..
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Cara yang paling umum dilakukan adalah orangtua membawa anaknya
> > ke
> > > dokter
> > > > anak, untuk mengenali segala yang berkaitan dengan perkembangan
> > > fisiologis
> > > > anak. Lalu ke psikolog., untuk menggali segala potensi yang
> > dimiliki
> > > anak,
> > > > baik kecerdasan, minat, bakat dan karakteristik kepribadian
> > anak. Dan
> > > yang
> > > > terutama biasa diminta orangtua kepada psikolog adalah tes IQ.
> > > Mengapa?
> > > > Karena tes IQ itu penting. Mengapa penting? Karena diminta oleh
> > > > sekolah. Karena
> > > > orangtua ingin tahu, agar bisa mengarahkan anak secara lebih
> > tepat.
> > > Supaya
> > > > bisa mengantisipasi keberhasilan maupun kegagalan anak di
> > sekolah.
> > > Pokoknya
> > > > IQ itu penting sekali.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Ketika ditanya tentang apakah IQ? Maka secara umum IQ bisa
> > dikatakan
> > > sebagai
> > > > sebuah ukuran kecerdasan, kecepatan kita dalam berfikir,
> > *intellectual
> > > >
> > > skill.*[4]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&searc\
> > >
> > h=inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn4>
> > > > **
> > > >
> > > > * *
> > > >
> > > > * *
> > > > Sebetulnya Kecerdasan itu Tunggal atau Majemuk – lebih dari
> satu?
> > > >
> > > > * *
> > > >
> > > > Pertanyaannya sekarang, adalah sebetulnya kecerdasan itu tunggal
> > atau
> > > lebih
> > > > dari satu sih? Jika hanya satu, mengapa ada berbagai aspek lain
> > yang
> > > > menonjol pada anak kita dan tidak pada anak lainnya? Apakah itu
> > bukan
> > > > manifestasi dari kecerdasan juga?
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Sampai saat ini masih sangat banyak dari kita yang mengira
> > kecerdasan
> > > hanya
> > > > ada satu. Yaitu kecerdasan inteletual. Kecerdasan intelektual,
> > adalah
> > > > kecerdasan yang terutama dibutuhkan di bangku sekolah.
> > Kecerdasan yang
> > > ini
> > > > akan diukur dan biasanya diberi nilai selama seorang anak
> > mengenyam
> > > > pendidikan di sekolah. Berdasarkan nilai yang diperoleh ia akan
> > > mendapatkan
> > > > "label" sebagai anak yang pintar atau bukan. Dan biasanya, ada
> > nilai
> > > dari
> > > > mata pelajaran tertentu yang dipercaya bahwa secara signifikan ia
> > > > berkorelasi dengan kecerdasan anak. Salah satunya adalah
> > matematika.
> > > Yang
> > > > terjadi kemudian adalah, kita jadi *over postioning* terhadap
> > mata
> > > pelajaran
> > > > yang satu ini. Bahkan kemudian juga terhadap mata pelajaran lain
> > yang
> > > > bersinggungan dengan matematika, yaitu fisika dan kimia.
> > Kebetulan
> > > ketiganya
> > > > merupakan mata pelajaran utama dalam kelompok bidang ilmu
> > eksakta.
> > > Oleh
> > > > karena itu kita kemudian mengira anak-anak yang mampu menggeluti
> > > bidang ilmu
> > > > ini adalah anak-anak yang superior, lebih cerdas ketimbang anak-
> > anak
> > > > lainnya.
> > > >
> > > > Masalahnya sekarang, mana ada sih orangtua yang tidak kepingin
> > anaknya
> > > > termasuk kelompok anak-anak cerdas, anak-anak hebat itu.Mengapa?
> > > Karena alam
> > > > bawah sadar kita percaya bahwa yang kuat yang menang. Yang
> > superior
> > > akan
> > > > lebih unggul. Yang lebih unggul akan lebih berhasil dalam hidup.
> > > Karenanya
> > > > apa yang kemudian dilakukan? Masuk bidang eksakta lalu dijadikan
> > > tujuan.
> > > > Kalau perlu anak dipaksa, dimotivasi, diberi les habis-habisan
> > agar
> > > bisa
> > > > jago dalam matematika, dan/atau masuk jurusan IPA.
> > > >
> > > > Adalah Howard Gardner yang kemudian membuka mata dunia, termasuk
> > kita,
> > > bahwa
> > > > ternyata kecerdasan tidak bersifat tunggal. Kecerdasan ada
> > beraneka
> > > ragam.
> > > > Dan setiap orang, juga anak, memiliki karakteristik kecerdasannya
> > > > sendiri-sendiri. Kecerdasan pada setiap orang bersifat sangat
> > > subyektif,
> > > > dengan kekuatannya sendiri-sendiri, pun variasinya sendiri-
> > sendiri.
> > > >
> > > > *Siapakah Howard
> > > >
> > > Garner[5]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search\
> > > =inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn5>
> > > > ?*
> > > >
> > > > *I want my children to understand the world, but not just
> > because the
> > > world
> > > > is fascinating and the human mind is curious. I want them to
> > > understand it
> > > > so that they will be positioned to make it a better place.
> > Knowledge
> > > is not
> > > > the same as morality, but we need to understand if we are to
> > avoid
> > > past
> > > > mistakes and move in productive directions. An important part of
> > that
> > > > understanding is knowing who we are and what we can do...
> > Ultimately,
> > > we
> > > > must synthesize our understandings for ourselves. The
> > performance of
> > > > understanding that try matters are the ones we carry out as human
> > > beings in
> > > > an imperfect world which we can affect for good or for ill.
> > > > (Howard Gardner 1999: 180-181)*
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > *Apakah yang dimaksud dengan "Multiple Intelligences"?*
> > > >
> > > > Pada mulanya Gardner mengindentifikasi kecerdasan kedalam 7
> > kecerdasan
> > > > utama, yaitu :
> > > >
> > > > 1. Verbal/ Linguistic
> > > >
> > > > 2. Logical/Mathematical
> > > >
> > > > 3. Visual/Spatial
> > > >
> > > > 4. Bodily/Kinesthetic
> > > >
> > > > 5. Musical
> > > >
> > > > 6. Interpesonal
> > > >
> > > > 7. Intrapersonal
> > > >
> > > > *Linguistic intelligence* - melibatkan kepekaan terhadap
> > *spoken* *
> > > > language* dan *written language*, kemampuan untuk mempelajari
> > > bahasa-bahasa,
> > > > dan kapasitas untuk menggunakan bahasa demi mencapai tujuan-
> > tujuan
> > > tertentu.
> > > > Termasuk juga kemampuan untuk secara efektif menggunakan bahasa
> > untuk
> > > > mengekspresikan dirinya secara *rhetorically* atau *poetically*;
> > dan
> > > > menggunakan bahasa sebagai sarana untuk mengingat informasi.
> > *Writers*
> > > -
> > > > penulis, *poets*, *lawyers* dan *speakers* adalah yang oleh
> > Gardner
> > > dinilai
> > > > memiliki kecerdasan linguistik yang tinggi.
> > > >
> > > > *Logical-mathematical intelligence* - mengacu pada kapasitas
> > untuk
> > > > menganalisa permasalahan secara logis, memecahkan
> > > perhitungan-perhitungan
> > > > matematika, menelaah berbagai permasalahan secara ilmiah.
> > Berdasarkan
> > > > Gardner, yang termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk
> > mendeteksi
> > > pola,
> > > > menalar secara deduktif dan berfikir logis. Tipe kecerdasan
> > demikian
> > > > memiliki asosiasi yang kuat dengan ilmu pengetahuan dan pemikiran
> > > > matematika.
> > > >
> > > > *Musical intelligence - * melibatkan ketrampilan yang dibutuhkan
> > untuk
> > > > tampil dalam sebuah pertunjukan, komposisi, dan apresiasi
> > terhadap
> > > pola-pola
> > > > musikal. involves skill in the performance, composition, and
> > > appreciation of
> > > > musical patterns. Termasuk di dalamnya kapasitas untuk mengenali
> > dan
> > > membuat
> > > > komposisi musik dari *pitches*, *tones*, dan *rhythms* –
> irama.
> > > Menurut
> > > > Howard Gardner musical intelligence secara struktural bersejajar
> > > dengan
> > > > linguistic intelligence.
> > > >
> > > > *Bodily-kinesthetic intelligence* - membutuhkan potensi untuk
> > > menggunakan
> > > > seluruh atau sebagian dari tubuh untuk mengatasi masalah - *to
> > solve
> > > > problems*. Yang merupakan *bodily-kinesthetic intelligence*
> > merupakan
> > > > kemampuan untuk menggunakan kemampuan mental untuk
> > mengkoordinasikan
> > > > gerakan-gerakan tubuh. Dalam hal ini Gardner melihat bahwa
> > aktivitas
> > > mental
> > > > dan fisik ternyata saling berhubungan..
> > > >
> > > > *Spatial intelligence - *melibatkan potensi untuk mengenali dan
> > > > menggunakan pola ruang dalam lingkup ruang yang luas maupun yang
> > > terbatas.
> > > >
> > > > *Interpersonal intelligence* - memperhitungkan kapasitas yang
> > dimiliki
> > > > untuk memahami intensi, motivasi, hasrat dari orang lain.
> > Empati. Ia
> > > > memungkinkan orang untuk bisa bekerja secara efektif dengan orang
> > > > lain. Pendidik
> > > > – *educators*, *salespeople*, *religious*, *political leaders*
> > dan
> > > *
> > > > counsellors* adalah mereka yang membutuhkan *a well-developed
> > > interpersonal
> > > > intelligence*.
> > > >
> > > > *Intrapersonal intelligence* - membutuhkan kapasitas untuk bisa
> > > memahami
> > > > diri sendiri, untuk menghayati dan menghargai perasaan,
> > ketakutan,
> > > harapan
> > > > dan motivasi diri sendiri. Menurut Howard, *Intrapersonal*
> > > > *intelligence* melibatkan
> > > > kemampuan untuk secara efektif bekerja dengan diri sendiri, dan
> > > sanggup
> > > > mengatur diri sendiri.
> > > >
> > > > Di luar 7 kecerdasan yang dijelaskan di atas, ternyata masih ada
> > > > bentuk-bentuk kecerdasan tambahan lainnya, yang saling berkaitan
> > dan
> > > > mendukung terbentuknya kecerdasan yang lainnya, yaitu :
> > > >
> > > > - naturalistic intelligences
> > > > - spiritual intelligences
> > > > - existential intelligences
> > > > - moral intelligences
> > > >
> > > > *Naturalistic intelligences *memungkinkan manusia untuk
> > mengenali,
> > > membuat
> > > > kategori – pengelompokkan, dan menggambarkan beraneka macam
> > > keistimewaan
> > > > yang ada di lingkungannya. Kecerdasan ini menggabungkan antara
> > > gambaran
> > > > tentang kemampuan dasar manusia dengan karakter-karakter peran
> > dalam
> > > > berbagai nilai budaya.
> > > >
> > > > *Bagaimana cara mengidentifikasi kecerdasan yang ada pada saya?*
> > > >
> > > > Setelah lebih memahami betapa berbedanya kecerdasan yang kita
> > punya,
> > > bahwa
> > > > setiap orang memiliki perbedaan individual yang sangat unik,
> > kita jadi
> > > ingin
> > > > tahu bagaimana mengidentifikasinya bukan? Ada beberapa cara yang
> > bisa
> > > > dilakukan. Diantaranya adalah mengobservasi diri sendiri secara
> > lebih
> > > > cermat. Kita juga bisa meminta masukan dari orang lain yang bisa
> > > dipercaya.
> > > > Selain itu kita bisa mencoba menjawab beberapa
> > > >
> > > kuis[6]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=i\
> > >
> > nbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn6>sede
> > rha\
> > > na
> > > > yang bertujuan mengukur
> > > > *multiple intelligences* kita. Pertanyaan selanjutnya adalah
> > seberapa
> > > jujur
> > > > kita mengamati diri kita sendiri dan dalam menjawab
> > > pertanyaan-pertanyaan
> > > > tersebut. Mungkinkah ada harapan-harapan bawah sadar yang
> > terikut di
> > > situ,
> > > > sehingga mempengaruhi kualitas jawaban kita?
> > > >
> > > > Nah, hal yang sama juga terjadi pada anak kita. Tentu semakin
> > muda
> > > usia anak
> > > > akan semakin sulit bagi dia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
> > dalam
> > > kuis.
> > > > Pun untuk mencermati dirinya sendiri. Kitalah yang harus
> > melakukannya
> > > bagi
> > > > si anak. Tetapi sekali lagi, apakah kita mampu sungguh-sungguh
> > peka
> > > dan
> > > > jujur dalam mengamati maupun menjawab kuis tersebut untuk anak?
> > > >
> > > > Mengapa penting untuk bisa mendeteksi kecerdasan anak sejak dini
> > > adalah
> > > > agar, mudah-mudahan kita bisa pas dalam membantu anak
> > mengembangkan
> > > dirinya
> > > > secara lebih sesuai dengan karakteristik yang ia miliki, dan
> > tentunya
> > > juga
> > > > lebih optimal.
> > > >
> > > > *Setelah teridentifikasi, lalu apa?*
> > > >
> > > > Sangat penting kita sadari bahwa mengenali MI itu bukan tujuan.
> > MI
> > > adalah
> > > > sarana untuk mengenal anak dan seluruh kapasitas potensinya
> > secara
> > > lebih
> > > > baik. Setelah memperoleh hasilnya, kita akanmelihat variasi-
> > variasi
> > > > kecerdasan yang ada pada anak. Pertanyaan sekarang, adalah apa
> > yang
> > > bisa
> > > > saya lakukan untuk membantu anak berkembang?
> > > >
> > > > Menurut Gardner ada hal-hal yang dibutuhkan untuk membantu
> > > mengembangkan MI
> > > > pada anak-anak kita, sebagai berikut :
> > > >
> > > > 1. *Culture: support for diverse learners and hard work. *
> > Acting on a
> > > > value system which maintains that diverse students can learn and
> > > succeed,
> > > > that learning is exciting, and that hard work by teachers is
> > > necessary.
> > > >
> > > > 2. *Readiness: awareness-building for implementing MI. *Building
> > staff
> > > > awareness of MI and of the different ways that students learn.
> > > >
> > > > 3. *Tool*: MI is a means to foster high quality work. Using MI
> > as a
> > > > tool to promote high quality student work rather than using the
> > theory
> > > as an
> > > > end in and of itself.
> > > >
> > > > 4. *Collaboration*: informal and formal exchanges. Sharing ideas
> > and
> > > > constructive suggestions by the staff in formal and informal
> > > exchanges.
> > > >
> > > > 5. *Choice*: meaningful curriculum and assessment options.
> > Embedding
> > > > curriculum and assessment in activities that are valued both by
> > > students and
> > > > the wider culture.
> > > >
> > > > 6. *Arts*. Employing the arts to develop children's skills and
> > > > understanding within and across disciplines.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > *Bagaimana cara menyelenggarakannya?*
> > > >
> > > > Nah, untuk hal yang terakhir ini, adalah tugas kita untuk
> > > bersama-sama, juga
> > > > bersama anak, untuk menemukannya.
> > > >
> > > >
> > > > -o0o-
> > > > ------------------------------
> > > >
> > > >
> > > [1]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > >
> > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref1>Steve
> > > > Biddulph,1998, The Secret of Happy Children, Harper Collins
> > Publishers
> > > >
> > > >
> > > [2]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref2>A
> > > > School Principal and Author, in Andrew Mullins, 2005. Parenting
> > for
> > > > Character. Equipping Your Child for Life.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > [3]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > >
> > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref3>Norma
> > n
> > > > A. Sprinthall, Richard C. Sprinthall, 1990. Educational
> > Psychology
> > > –
> > > > A Development Approach. 5th edition. Mac Graw-Hill Publishing
> > Company.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > *Learning referring to a process that leads to a relative
> > permanent
> > > change
> > > > in behavior resulting from past experience. Thus such activities
> > as
> > > > acquiring physical skills, memorizing poems, acquiring attitudes
> > and
> > > > prejudices or even tics and mannerisms are all examples of
> > learning.
> > > > Learning may be conscious or unconscious, adaptive or
> > maladaptive,
> > > overt or
> > > > covert. Although the learning process is typically measured on
> > the
> > > basis of
> > > > a change in performance, most psychologists agree that an
> > accompanying
> > > > change occurs within the nervous system. Though there are a
> > great many
> > > > theories and explanations concerning learning, there is general
> > > agreement
> > > > regarding its definition.*
> > > >
> > > > * *
> > > >
> > > >
> > > [4]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref4>
> > > > Ken
> > > > Russell & Philip Carter, 1999. Test Your IQ, Foulsham The
> > Publishing
> > > House.
> > > >
> > > > * *
> > > >
> > > > *IQ is the abbreviation for Intelligence Quotient. The dictionary
> > > definition
> > > > of quotient is 'the number of times one quantity is contained
> > within
> > > > another'. The definition of intelligence is 'intellectual skill',
> > > 'mental
> > > > brightness', quick of mind'.*
> > > >
> > > > * *
> > > >
> > > > *When measuring the IQ of a child, the child would attempt an
> > > intelligence
> > > > test which had been given to thousands of children, and the
> > results
> > > > correlated so that the average score had been assessed for each
> > age
> > > group.*
> > > >
> > > >
> > > [5]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > >
> > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref5>Lihat
> > > > dalam "Short Biography of Howard Gardner"
> > > >
> > > >
> > > [6]<http://mail.google.com/mail/?
> > ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref6>
> > > > Lihat
> > > > "Self Quiz"
> > > >
> > >
> >
>
>
>



Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:psikologi_transformatif-digest@yahoogroups.com
mailto:psikologi_transformatif-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
psikologi_transformatif-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar