Selasa, 27 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: Peranan IQ dalam MUSIK

kalau dari pilihan kata-katanya yang ekspresif, opininya yang
langsung, dan pede, dan dilihat dari layar monitor, memang
kelihatannya ya perawan, mbak.

tua?

belum lah. Masih baby, ...... [dibanding Pak Jusuf dan Pak Hudoyo.]

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "ratih ibrahim"
<personalgrowth@...> wrote:
>
> barangkali juga ya?
> makanya saya diramal tuyul jadi perawan tua....
> *meringis*
>
> tua memang iya sihhhh......
> tapi perawan?????
> hahahahahahaaaaa..........
>
>
> On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@...> wrote:
> >
> > hahaha maksudnya antene kartu halo?
> >
> > ada yang bilang katanya psikolog karena bisa 'melihat orang' maka
> > susah mencari jodoh?
> >
> > salam,
> > goen
> >
> > --- In
psikologi_transformatif@yahoogroups.com<psikologi_transformatif%
40yahoogroups.com>,
> > "ratih ibrahim"
> > <personalgrowth@> wrote:
> > >
> > > ben boleh mengaku2 bijaksana....
> > > hahahahahaaaaaa...........
> > > gara2 baca bukunya mas Goen nih....
> > > *keliatan ga, di atas kepala ada 'halo'nya...*
> > >
> > >
> > > On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@> wrote:
> > > >
> > > > mbak..... sampeyan asli sabar yo... wong omongane tuyul anake
> > tukul
> > > > kok ditanggapi. banyak minum jus timun ya? supaya sabar..
> > > > menurunkan darah tinggi
> > > >
> > > > salam,
> > > > goen
> > > >
> > > > --- In
> > psikologi_transformatif@yahoogroups.com<psikologi_transformatif%
40yahoogroups.com>
> > <psikologi_transformatif%
> > 40yahoogroups.com>,
> > > > "ratih ibrahim"
> > > > <personalgrowth@> wrote:
> > > > >
> > > > > terima kasih banyak tuyul.
> > > > > karena *jika dalam membaca postingan tuyul di bawah, segala
> > > > pelabelan,
> > > > > pengumpatan, dan penistaannya terhadap pihak2 yang namanya
> > > > dipaparkan di
> > > > > bawah ini dihilangkan, tulisan tuyul = lumayan juga....*
> > > > > **
> > > > > bude tih
> > > > >
> > > > >
> > > > > On 11/27/07, tuyul50 <tuyul50@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > Ini sebuah kado buat bu de Tih, mudah2an bisa membantu
> > tugasnya
> > > > > > sebagai moderator dalam ceramah Djohan Salim, agar
supaya ke-
> > > > salah-
> > > > > > kaprah-annya tidak semakin ber-larut2 menyesatkan
khalayak
> > ramai,
> > > > > > bahkan lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don
Campbell.
> > > > Jika
> > > > > > bude Tih tidak bersedia mendengarkan, apalagi menuruti,
> > nasihat,
> > > > yah
> > > > > > terserah. Akibatnya nanti kan bude Tih dan Djohan Salaim
yang
> > > > malu
> > > > > > sendiri, jika berhadapan dengan pakar2 musik yang benar2
> > mengerti
> > > > > > musik. Kebenaran komentar dibawah ini silahkan di-check
> > dengan
> > > > > > pakar musik siapa saja, juga bisa diverifikasi di
Internet
> > pakai
> > > > > > Google, atau bahkan bisa didengar lewat YouTube dan dari
on-
> > line
> > > > > > sample iklan2 penjualan CD.
> > > > > >
> > > > > > Lantaran tidak ada harganya buat membeli bukunya Djohan
> > Salim,
> > > > > > seperti halnya dengan komentar yang duluan (Erie
Setiawan,
> > > > Kompas 25
> > > > > > Maret 2007) komentar kali ini diambil dari sebuah ulasan
> > dalam
> > > > > > majalah Tempo oleh Afthonul Afif yang bisa di-akses di:
> > > > > >
> > > > > > http://www.ruangbaca.com/ruangbaca/?
> > > > > >
> > > >
> >
doky=MjAwNw==&dokm=MDQ=&dokd=Mjk=&dig=YXJjaGl2ZXM=&on=VUxT&uniq=NDY5
> > > > > >
> > > > > > Untuk jelasnya, artikel Tempo yang lengkap di reproduksi
> > dibawah
> > > > > > komentar ini.
> > > > > >
> > > > > > KOMENTAR:
> > > > > > Ulasan AA sama sekali tidak mangacu pada musiknya Mozart.
> > > > melainkan
> > > > > > menjelaskan efek musik secara UMUM, bahkan semua jenis
musik
> > > > > > termasuk musik pop(uler), Jazz, Rap, dan segala macam
> > bunyi2an
> > > > yang
> > > > > > paling primitif sekalipun. Musik Mozart memang benar
> > memiliki ke-
> > > > > > unikan yang ada hubungannya dengan IQ, tetapi di-
besar2kan
> > oleh
> > > > Don
> > > > > > Campbell dan luput dibahas, diperhatikan, ataupun
diketahui
> > oleh
> > > > > > Djohan Salim. Artinya, si pengulas (Afthonul Afif,
Mahasiwa
> > > > > > Psikologi Klinis Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta)
tidak
> > > > mengerti
> > > > > > musiknya Mozart (mengkali juga belon pernah mendenger).
Lha
> > kok
> > > > > > brani2nya kasi komentar? Tapi ya bisa dimaafkan deh,
sebab si
> > > > Afif
> > > > > > ini masih tingkat mahasiswa. Tapi jeleknya, kok dimuat di
> > TEMPO
> > > > > > yang dibaca oleh khalayak ramai, hingga akibatnya
masyarakat
> > > > > > Indonesia ikut tertipu, kebudayaannya tidak maju2, sebab
> > semakin
> > > > > > tersesat salah-jalan dalam perkembangannya.
> > > > > >
> > > > > > Misalnya, Afthonul Afif keliru besar bahwa musiknya
Mozart
> > > > dicirikan
> > > > > > dengan oleh *in nominee domini* (in the name of the Lord)
> > > > > > [persisnya `Benedictus qui venit in nominee Domini'
> > (`Blessed is
> > > > he
> > > > > > that comes in the name of the Lord') yakni salah satu
aria
> > dalam
> > > > > > oratorio Mozart yang terkenal, REQUIEM]. Ciri keagamaan
> > demikian
> > > > > > barangkali boleh diberikan kepada Johann Sebastian Bach
> > (tetapi
> > > > > > tidak kepada Antonio Vivaldi yang lebih penuh gairah
hidup,
> > > > > > sekalipun sama2 jaman Barok), tetapi sama sekali jauh
buat
> > > > seorang
> > > > > > Mozart. Sebagai komponis dari jaman Pencerahan
(Aufklaerung),
> > > > musik
> > > > > > Mozart mengungkapkan KEINDAHAN DUNIA serta GAIRAH HIDUP
dalam
> > > > bentuk
> > > > > > yang paling murni, tanpa di ganggu, di nodai atau di
warnai
> > oleh
> > > > > > perasaan2 pribadi. Perasaan2 pribadi adalah ciri utama
dari
> > musik
> > > > > > ROMANTIK. Sedangkan musik dari jaman KLASIK (Mozart,
Haydn,
> > J.C.
> > > > > > Bach, Johann Heinichen, dsbnya) keindahannya universal,
> > objektif,
> > > > > > spontan dan murni. Disini jelas komentar Afthonul Afif
bahwa
> > > > > > *seharusnya yang menjadi efek Mozart sesungguhnya* adalah
> > salah-
> > > > > > kaprah dan membuktikan bahwa Afthonul Afif tidak mengerti
> > musik
> > > > > > Mozart. Salah-mengertinya dilanjutkan lagi dengan
*gemuruh
> > yang
> > > > > > menakutkan dari Don Giovanni*. Opera Don Giovanni (Don
Juan)
> > > > lebih
> > > > > > bersifat LUCU ketimbang *gemuruh menakutkan* (Afthonul
> > Afif), hal
> > > > > > mana jelas dengan sendirinya dari katalogisasi oleh
Mozart
> > > > sendiri
> > > > > > sebagai *opera buffa* (opera lucu). Bahkan adegan
terakhir,
> > waktu
> > > > > > Don Giovanni diseret masuk kedalam bumi yang terbelah
oleh
> > patung
> > > > > > batu yang datang memenuhi undangan makan-malam oleh si
Don
> > > > Giovanni,
> > > > > > lebih bersifat lucu ketimbang dramatis, apalagi
*menakutkan*
> > > > (AA).
> > > > > > Juga komentar Afthonul Afif akan *gempita kebahagiaan*
dalam
> > > > opera
> > > > > > *The Magic Flute* (die Zauberflöte) meleset sama sekali,
> > sebab
> > > > > > sekali lagi opera ini lebih bersifat menakjubkan
> > (bezaubernd) dan
> > > > > > lucu (komische Oper). Dan kalo orang mo bilang ada
adegan2
> > yang
> > > > > > *menakutkan*, maka opera ini mengandung lebih banyak
aria2
> > dan
> > > > > > bagian2 musik yang demikian, seperti misalnya aria
*Koenigin
> > der
> > > > > > Nacht* (Queen of the Night) yang nadanya sangat
*powerful*
> > serta
> > > > > > memerlukan teknik vokal yang amat canggih (aria "Der
Hölle
> > Rache
> > > > > > kocht in meinem Herzen" = "The vengeance of Hell boils
in my
> > > > heart").
> > > > > >
> > > > > > Ulasan AA tentang *keruwetan harmoni simfoninya* Mozart
itu
> > > > > > menyesatkan, sebab terbalik seratus-delapan-puluh
derajat!
> > Boleh
> > > > > > dicheck dengan pakar musik siapapun juga, harmoni dalam
musik
> > > > > > instrumental Mozart adalah yang paling sederhana, jernih
dan
> > > > > > transparent, samasekali terbalik daripada *ruwet*. Justru
> > berkat
> > > > > > kesederhanaan dan transparensi itulah maka musik Mozart
bisa
> > di-
> > > > > > asosiasi-kan dengan kemampuan melatih dan merangsang IQ
> > ketaraf
> > > > yang
> > > > > > lebih tinggi. Singkatnya, musik Mozart itu seperti musik
> > kanak2
> > > > > > yang innocent; samasekali tidak ruwet, melainkan spontan
dan
> > > > > > langsung. Contoh yang terbaik disini adalah *Eine Kleine
> > > > > > Nachtmusik* (musik malam kecil) yang digubah dalam
struktur
> > > > simfoni
> > > > > > (empat bagian: cepat-lambat-berirama-amat cepat). Jenis2
> > musik
> > > > > > sebelum maupun sesudah Mozart kurang mermenuhi kriteria
> > asosiatif
> > > > > > ini. Musik Barok terlalu religius dan bersifat *stylish*,
> > hingga
> > > > > > orang harus lebih dulu membiasakan diri dengan musik gaya
> > Barok,
> > > > > > sebelum bisa mengerti dan menikmati musiknya Bach dan
> > Vivaldi.
> > > > > > Demikian juga musik romantik (Beethoven dan komponis2
> > > > sesudahnya),
> > > > > > musiknya dicampuri oleh semrawutnya emosi2 pribadi yang
kuat
> > dan
> > > > > > amat beraneka ragam, hingga seringkali membikin bingung
> > seorang
> > > > > > novice yang masih me-raba2. Musik modern (misalnya
Richard
> > > > Strauss
> > > > > > atu Shostakovich) lebih2 lagi tidak memenuhi kriteria,
sebab
> > buat
> > > > > > bisa menikmati keindahannya saja, orang yang IQ nya
biasa2
> > saja
> > > > > > mesti banyak belajar dan banyak mendengarkan.
> > > > > >
> > > > > > Unsur2 lain yang membuat musik klasik (bukan hanya
Mozart)
> > > > berkaitan
> > > > > > dengan IQ yang canggih terutama adalah komposisinya yang
> > dinamis
> > > > > > (cepat-lambat), teknik permainan instrumen/vokal yang
paling
> > > > > > canggih, pergantian tangga nada yang terus menerus,
teknik2
> > > > > > komposisi yang canggih, seperti a.l. teknik fuga (2-3
tema
> > yang
> > > > > > dimainkan ber-sama2 dan saling berkejar2an) dan teknik
> > *counter
> > > > > > point* (2 tema yang saling kontras dimainkan sekaligus
ber-
> > sama2.
> > > > > > Setiap komponis adalah seorang master, yang karyanya
demikian
> > > > > > sempurnanya hingga tidak mungkin di perbaiki atau ubah
barang
> > > > satu
> > > > > > not pun tanpa mengubah isinya. Satu2nya perkecualian
disini
> > > > adalah
> > > > > > komponis Chopin, yang memang ahli dalam teknik
instrumental
> > > > piano,
> > > > > > tetapi tidak begitu mahir dalam teknik orkestrasi: kedua
> > konserto
> > > > > > pianonya yang kita dengar hari ini orkestrasinya telah
> > diperbaiki
> > > > > > oleh rekannya.
> > > > > >
> > > > > > Tapi se-sederhana2nya musik orkes, musik instrumen-
tunggal
> > > > tentunya
> > > > > > lebih spontan dan langsung. Mungkin oleh sebab itulah Don
> > > > Campbell
> > > > > > mengambil contoh Sonata (piano) dalam D major, meskipun
> > > > barangkali
> > > > > > Sonata dalam C major lebih gemilang (brilian) dan lebih
> > spontan.
> > > > > > Jadi, memang bisa dimengerti bahwa Sonata2 piano dari
Mozart
> > > > adalah
> > > > > > yang paling tepat buah menggugah minat dan merangsang IQ
> > anak2.
> > > > > > Yang pasti benar adalah, mendengarkan dan menikmati musik
> > klasik
> > > > > > membutuhkan IQ yang tinggi.
> > > > > >
> > > > > > Jadi, adalah keliru besar memberikan predikat *ruwet*
pada
> > musik
> > > > > > atau harmoni musiknya Mozart. Ruwet adalah simfoni2
Romantik,
> > > > > > misalnya Beethoven dan Brahms. Lebih ruwet lagi simfoni2
nya
> > > > > > Tschaikovsky dan komponis2 Romantik akhir, dan yang
paling
> > ruwet
> > > > > > adalah musik modern (Shostakovich, Strauss). Kalau yang
> > dimaksud
> > > > > > oleh AA dengan *harmoni* adalah akkoord (chord, korda),
maka
> > AA
> > > > juga
> > > > > > sekali lagi salah-kaprah. Harmoni atau korda2 yang
digunakan
> > oleh
> > > > > > Mozart adalah harmoni yang basic dan standard. Kejeniusan
> > Mozart
> > > > > > bukan pada pemakaian tangga-nada/kunci, melainkan pada
> > pergantian
> > > > > > tangga-nada. Ini pun bukan monopoli Mozart, melainkan
ciri2
> > dari
> > > > > > SEMUA musik klasik (disini *klasik* sebagai istilah
generic
> > yang
> > > > > > mencakup seluruh jenis musik seni yang canggih, mulai
dari
> > > > Vivaldi
> > > > > > sampai dengan hari ini. Pergantian tangga-nada atau
kunci ini
> > > > > > adalah salah satu unsur yang membuat musik klasik tidak
mudah
> > > > > > difahami dan dinikmati oleh orang2 yang IQ nya rendah,
karena
> > > > mereka
> > > > > > pada umumnya cuma bisa mengerti *do-re-mi-fa-sol-la-si*
saja.
> > > > Musik
> > > > > > klasik TIDAK BISA dinyanyikan dengan *do-re-mi-fa-sol-la-
si*,
> > > > > > melainkan selalu berganti2 tangga nada atau kunci,
misalnya
> > mulai
> > > > > > dalam G major, kemudian dalam tema yang berikutnya
berubah
> > > > menjadi
> > > > > > D major, kemudian berubah lagi menjadi D minor, F major,
dan
> > > > > > demikian seterusnya. Contoh yang khas misalnya adalah
aria
> > > > > > Cherubino *Voi Che Sapete* dari operanya Mozart *Le
Nozze di
> > > > Figaro*
> > > > > > (the Marriage of Figaro), yang berganti tangga nada
hampir
> > pada
> > > > > > setiap langkahnya. Pergantian tangga nada atau kunci ini
> > adalah
> > > > > > salah satu ciri yang khas dari ke-jenius-annya para
komponis
> > > > musik
> > > > > > klasik (istilah klasik disini mencakup seluruh genre
musik
> > seni,
> > > > > > dari Vivaldi sampai musik kontemporer). Dinamika dalam
tempo,
> > > > > > pergantian tangga nada, teknik komposisi yang canggih
seperti
> > > > fuga
> > > > > > dan *coiunter point*, serta teknik permainan instrument
atau
> > > > vokal
> > > > > > yang paling canggih, ini semua adalah unsur2 yang
berkaitan
> > > > dengan
> > > > > > IQ, karena pada umumnya hanya bisa ditanggapi, dipahami
dan
> > > > > > dinikmati oleh otak2 yang memiliki daya analisa yang
canggih,
> > > > atau
> > > > > > dengan perkataan lain, punya IQ tinggi.
> > > > > >
> > > > > > Musik Mozart memiliki keunikan lain, yaitu sebagai wakil
dari
> > > > jaman
> > > > > > Pencerahan (Enlightenment). Musiknya bersifat membebaskan
> > pikiran
> > > > > > dan perasaaan manusia dari segala belenggu, termasuk
belenggu
> > > > > > kefantikan agama dari jaman sebelumnya (musik Barok),
maupun
> > > > > > belenggu kefanatikan emosi pribadi (musik Romantik) dari
> > jaman
> > > > > > sesudahnya. Disini rupanya Don Campbell terutama di-
ilhami
> > oleh
> > > > > > pendapat umum di Eropa maupun Amerika, bahwa manusia2
yang
> > IQ nya
> > > > > > canggih pada umumnya akan menggemari musik klasik (Hati2!
> > > > sebaliknya
> > > > > > TIDAK benar, yaitu bahwa orang2 yang menggemari musik
klasik
> > itu
> > > > IQ
> > > > > > nya tinggi). Dari pengamatan pribadi, baik di Indonesia,
> > Eropa
> > > > > > maupun Amerika, orang2 yang punya IQ canggih pada umumnya
> > akan
> > > > > > segera tertarik oleh musik klasik, sekalipun sebelumnya
belum
> > > > pernah
> > > > > > ter-ekspos (exposed) kepada musik jenis demikian. Oleh
> > karena itu
> > > > > > maka Don Campbell mencoba mengkaitkannya dengan efek yang
> > diduga
> > > > > > olehnya boleh jadi bisa meningkatkan IQ jabang bayi.
Data2
> > > > > > statistiknya Don Campbell samasekali tidak ada artinya.
> > Statistik
> > > > > > itu mudah sekali di selewengkan untuk membenarkan hasil
riset
> > > > > > seseorang, apalagi dalam bidang Non-Sains (non IPA), yang
> > umumnya
> > > > > > tidak memiliki landasan yang cukup dalam matematika
> > statistik.
> > > > > >
> > > > > > Tentang ke-universil-an musik Mozart, Afthonul Afif
keblinger
> > > > > > sedangkan Djohan Salim lebih benar. Musik Mozart memang
> > bersifat
> > > > > > universal, sebab keindahannya objektif, tidak memerlukan
> > > > > > interpretasi atau fantasi apa2 guna menikmati keindahan
> > musiknya.
> > > > > > Ulasan AA tentang periodisasi musik Mozart yang
ditarafkan
> > sama
> > > > > > dengan Jazz dan Rock sudah saya bahas dalam tulisan
sebelum
> > ini,
> > > > > > yaitu Afthonul Afif telah melakukan BLUNDER yang fatal
dan
> > tidak
> > > > > > tertolong lagi. Pendapat ini boleh diverifikasi dengan
Google
> > > > > > ataupun ahli musik yang punya kredibilitas. Kalau tidak
sama,
> > > > boleh
> > > > > > dirujuk kembali dimilis ini, nanti akan terbukti bahwa
yang
> > tidak
> > > > > > sama itu yang salah-kaprah. Bukti2 nya banyak sekali dan
juga
> > > > mudah
> > > > > > dicari didunia Internet. Sedangkan pendapat yang
berlawanan,
> > > > > > silahkan cari buktinya, baik dalam Internet maupun buku,
bisa
> > > > > > dipastikan pasti gagal. Sekalipun demikian, dua2 Afthonul
> > Afif
> > > > dan
> > > > > > Djohan Salim keblinger tak tertolong lagi, karena telah
> > salah-
> > > > > > mengenali keunikan musik Mozart.
> > > > > >
> > > > > > Ucapan Djohan Salim menyindir kecerobohan orang Indonesia
> > yang
> > > > > > selalu menganggap produk pengetahuan apa pun yang
dihasilkan
> > oleh
> > > > > > bangsa Jerman seolah-olah tidak patut dipertanyakan,
adalah
> > > > pendapat
> > > > > > seekor katak-dibawah-tempurung, sebab salah-mengenali
musik
> > Eropa
> > > > > > sebagai standard musik dunia dan sebagai seni musik yang
> > telah
> > > > > > dikembangkan beratus2 tahun lamanya secara konitnu dan
tidak
> > > > pernah
> > > > > > terputus (dari Vivaldi s/d hari ini). Sarannya untuk
meneliti
> > > > karya
> > > > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito, Narto
> > Sabdo,
> > > > atau
> > > > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu, adalah *kegede rumongso*
> > hingga
> > > > > > benar2 seperti katak-dibawah-tempurung yang tidak tahu
diri.
> > > > > > Setiap pakar musik tentu maklum bahwa musik2 daerah itu
> > tidak ada
> > > > > > apa2nya dibandingkan dengan musik *klasik*. Apalagi
ulasan
> > Djohan
> > > > > > Salim bahwa musik regional yang disebutkannya itu *tentu
> > memiliki
> > > > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih
realistis*,
> > > > adalah
> > > > > > pendapat yang tekebur dan tidak-tahu-diri.
> > > > > >
> > > > > > Kecorobohan? Bangsa Jerman? Jerman/Austria (=Austro-
Hungarian
> > > > > > empire) memang adalah pusat kebudayaan dunia s/d abad ke-
19!
> > > > Bukan
> > > > > > saja seni musik, tetapi juga seni lukis dan cabang2 seni
> > lainnya.
> > > > > > Di Eropa sampai hari ini orang baru bisa diakui sebagai
> > seorang
> > > > > > intelek (cendekiawan), hanya dan hanya jika ia sanggup
ikut
> > > > bicara
> > > > > > dan mengemukakan pendapat yang berbobot (bukannya yang
> > amburadul
> > > > > > kayak Djohan Salim) dalam diskusi2 (bebas maupun resmi)
> > tentang
> > > > > > soal seni, terutama sekali seni musik. Seni musik (Eropa)
> > adalah
> > > > > > yang satu2nya musik yang telah berkembang paling tinggi
> > sedunia
> > > > > > (secara kontinu mulai dari tahun 1700 sampai dengan hari
> > ini),
> > > > > > lagipula bersifat universal, hingga dengan mudah meng-
> > absorbsi
> > > > dan
> > > > > > meng-integrasi musik bangsa2 lain dengan hati yang
lapang dan
> > > > tangan
> > > > > > terbuka, sudah barang tentu asal nilai seninya cukup
tinggi.
> > > > Musik
> > > > > > instrumentalnya bisa difahami dan dinikmati oleh seluruh
> > bangsa2
> > > > > > didunia (sudah tentu ada syarat IQ), terlepas dari
kebidayaan
> > > > lokal
> > > > > > maupun bahasa. Contoh yang paling jelas adalah, opera
paling
> > > > bagus
> > > > > > untuk dinikmati dalam bahasa aslinya, sebab secara tidak
> > sadar
> > > > sang
> > > > > > komponis telah mengintegrasikan lafal (bunyi khas) dari
> > bahasanya
> > > > > > kedalam musiknya. Misalnya, opera2 Italia akan berkurang
> > banyak
> > > > > > keindahannya maupun ekspresi perasaannya jika dinyanyikan
> > dalam
> > > > > > bahasa Inggris. Demikian juga opera Perancis dan operetta
> > Jerman
> > > > > > akan kehilangan paling sedikit separo dari keindahannya
jika
> > > > > > dinyanyikan dalam bahasa lain. Oleh karena itu opera
hampir
> > > > selalu
> > > > > > disajikan dalam bahasa aslinya, sekalipun sebagian besar
para
> > > > > > penonton tidak mengerti. Terjemahan libretto nya bisa
dibaca
> > > > > > sebagai text dibelakang kursi dihadapan masing2 penonton.
> > > > > >
> > > > > > Dewasa ini musik internasional tidak hanya diwakili oleh
> > Jerman,
> > > > > > tetapi juga Perancis, Eropa Timur (yang disebut dengan
> > istilah
> > > > > > Bohemia), Rusia, Amerika Selatan, dan sejak baru2 ini
juga
> > > > Tiongkok,
> > > > > > yang telah membebaskan diri dari tangganada tradisionil
yang
> > > > > > pentatonis. Musik Asia, termasuk musik Jawa, adalah musik
> > eksotik
> > > > > > yang pentatonis (lima nada), kekurangan dua nada
dibandingkan
> > > > > > tangganada diatonis, sama juga seperti musik tradisionil
> > Tiongkok
> > > > > > dan Jepang. Karena kekurangan dua nada, akibatnya kurang
bisa
> > > > > > mengekspresi perasaan/emosi manusia secara lengkap, atau
> > > > ekspresinya
> > > > > > menjadi aneh dan tidak wajar (eksotik). Kecuali itu juga
> > otomatis
> > > > > > tidak memungkinkan perubahan tangga nada dengan
menggunakan
> > cross
> > > > > > dan flat (kunci C major, G-major (satu cross), F-major
(satu
> > > > flat)
> > > > > > dsbnya. Tangganada diatonis masih diperluas lagi dengan
> > > > tangganada
> > > > > > MINOR, yang nada dasarnya adalah LA, bukannya DO. Sejak
> > Vivaldi,
> > > > > > musik klasik sudah biasa (bahkan harus! demi keindahan)
> > > > menggunakan
> > > > > > perpindahan tangga nada, juga dari Major ke Minor, dan
> > > > sebaliknya,
> > > > > > secara plastis dan kontinu. Bakat seorang komponis
ditetapkan
> > > > > > antara lain (syarat mutlak) oleh kesanggupannya
berpindah2
> > tangga
> > > > > > nada secara wajar dan plastis. Ke-jenius-annya Mozart
> > terulang
> > > > lagi
> > > > > > pada komponis modern Richard Strauss, dikembangkan
menjadi
> > suatu
> > > > > > *aliran* tangganada yang kontinu (dengarkan misalnya The
Four
> > > > Last
> > > > > > Songs), yang kemudian diteruskan dengan musik a-tonal
(bebas
> > > > tangga
> > > > > > nada, bukannya 7 nada diatonis, tetapi seluruh 12 nada
> > kromatis
> > > > > > digunakan secara sama rata dan sama tingkat), contohnya
> > Arnold
> > > > > > Schoenberg dan hampir semua komponis2 modern dan
kontemporer
> > > > (bukan
> > > > > > Jazz dan Rock nya si Afthonul). Aneka ragam ini tidak
mungkin
> > > > > > eksis dalam musik Jawa, atau musik Tiongkok/Jepang yang
> > > > tradisionil,
> > > > > > hingga para pemusik nasional yang sadar akan kekurangan
atau
> > > > > > kelemahan ini pasti berusaha memperbaikinya, seperti yang
> > telah
> > > > > > terjadi dengan Tiongkok modern (misalnya beberapa dari
> > komponis2
> > > > > > maupun soloist2 Tiongkok dewasa ini mulai terkenal di
Eropa
> > dan
> > > > > > Amerika).
> > > > > >
> > > > > > Sebaliknya, jika orang keras kepala seperti Djohan Salim
dan
> > > > tidak
> > > > > > mau kalah (padahal kalah jauh tidak kira2), yah akibatnya
> > akan
> > > > > > semakin terpuruk dan terpencil saja dari pergaulan
masyarakat
> > > > > > dunia. Apresiasi musik barat ini samasekali tidak berarti
> > harus
> > > > > > memandang rendah musik rakyat bangsa sendiri. Seperti
haknya
> > > > dengan
> > > > > > musik tradisonil Tiongkok dan Opera Peking, musik Jawa
dan
> > Bali
> > > > > > memiliki keindahannya sendiri. Juga musik Kroncong dan
musik
> > > > Dangdut
> > > > > > (dua2nya diatonis) memiliki nilai artistik yang cukup
> > canggih,
> > > > yaitu
> > > > > > sebagai musik rakyat, disini bisa dibandingkan dengan
musik
> > > > Gypsy,
> > > > > > yang telah menjadi inspirasi bagi banyak sekali komponis2
> > Eropa.
> > > > > > Jelas disini, yang perlu adalah perkembangan musik dengan
> > hati
> > > > yang
> > > > > > terbuka tanpa prasangka, bukannya dengan keras kepala
yang
> > > > Chauvinis.
> > > > > >
> > > > > > KESIMPULAN:
> > > > > > Djohan Salim maksudnya mau meluruskan khalayak ramai dari
> > bukunya
> > > > > > Don Campbell. Nggak taunya, lantaran ilmunya (atau IQ
nya)
> > masih
> > > > > > terlalu rendah, Djohan Salim salah-kaprah, menyesatkan
> > khalayak
> > > > > > ramai, lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don
Campbell.
> > > > > >
> > > > > > Memang betul, mendengarkan musik klasik TIDAK membuat
> > orang/bayi
> > > > > > menjadi lebih intelligent. IQ orang adalah pembawaan atau
> > bakat,
> > > > > > tidak gampang2 bisa dipertinggi dengan musik therapy
macam
> > apapun
> > > > > > juga.
> > > > > >
> > > > > > Tetapi kemampuan mengerti dan menikmati musik klasik
sedikit
> > > > banyak
> > > > > > menunjukkan taraf IQ si pendengar, menjadi semacam IQ
TEST.
> > > > > >
> > > > > > Pendapat ini adalah pendapat umum di Eropa, baik Eropa
Timur
> > > > maupun
> > > > > > Barat, termasuk Rusia dan negara2 Kaukasia.
> > > > > >
> > > > > > Bahkan di Amerika, yang justru wadahnya musik pop
berasal dan
> > > > > > berkembang, sebagian besar dari masyarakat (yang ber-IQ
> > tinggi
> > > > > > tentunya) juga berpendapat demikian, hal mana bisa dibaca
> > dari
> > > > > > pendapat2 para pembaca dibawah ini:
> > > > > >
> > > > > > http://answers.yahoo.com/question/index?
> > qid=20070925025945AAav9oI
> > > > > > QUESTION: Does classical music makes you intelligent?
why?
> > > > > >
> > > > > > RDENIG_M: No, I don't think it does. But, and dare I say
> > this,
> > > > only
> > > > > > those who are more intelligent to begin with listen to
> > classical
> > > > > > music. I'm not saying that anybody who doesn't listen is
not
> > > > > > intelligent, but that it does take a certain amount of
> > > > intelligence
> > > > > > to begin to comprehend classical music.
> > > > > >
> > > > > > NASATIAN: To understand classical music you already have
to
> > be
> > > > > > intelligent
> > > > > >
> > > > > > MALCOLM D: No, it does not make you more intelligent. If
that
> > > > were
> > > > > > the case we could use it to upgrade people. However, if
you
> > > > examine
> > > > > > the classical music audience, I think you would find an
IQ
> > above
> > > > > > average. It simply attracts more intelligent people. So
the
> > > > question
> > > > > > is really backwards.
> > > > > >
> > > > > > Ruang Baca TEMPO Edisi 29 April 2007
> > > > > > Ulasan bukunya Djohan Salim yang berjudul *Matinya Efek
> > Mozart*,
> > > > > > edisi I, 2007, oleh Afthonul Afif (AA), Mahasiwa
Psikologi
> > Klinis
> > > > > > Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta
> > > > > >
> > > > > > Meskipun secara empiris efek Mozart tidak sebombastis
promosi
> > > > produk-
> > > > > > produknya, bukan berarti musik Mozart tidak bermanfaat
sama
> > > > sekali
> > > > > > bagi kehidupan manusia. Sebagaimana jenis musik lainnya,
> > pengaruh
> > > > > > musik Mozart pada dasarnya lebih bersifat afektif, yaitu
> > mampu
> > > > > > memicu timbulnya perasaan senang, gembira, tenang, dan
> > nyaman.
> > > > > > Namun, musik juga dapat mengaduk-aduk perasaan manusia
> > menjadi
> > > > kian
> > > > > > tak menentu, sehingga muncul perasaan cemas, sedih, dan
> > takut.
> > > > > > Apakah respon musik itu kemudian menimbulkan efek yang
> > > > menyenangkan
> > > > > > atau menyedihkan, hal itu tergantung banyak faktor:
> > kepribadian,
> > > > > > kondisi, memori, persepsi ruang-waktu, dan sebagainya.
> > > > > >
> > > > > > Sekali lagi, karya besar musik Mozart sama sekali tidak
> > berkaitan
> > > > > > dengan hal menjadi cerdas, atau mendatangkan kekuatan.
> > Musiknya
> > > > > > berbicara tentang bagaimana menjadi manusia dan hidup,
> > seperti
> > > > salah
> > > > > > satu lirik dalam musiknya, in nominee domini. Itu
seharusnya
> > yang
> > > > > > menjadi efek Mozart sesungguhnya. Impresi seni dalam
musik
> > Mozart
> > > > > > sangat bagus, gemuruh yang menakutkan dari Don Giovanni,
> > gempita
> > > > > > kebahagiaan The Magic Flute, keruwetan harmoni
simfoninya,
> > dan
> > > > > > akhirnya yang transenden Ave Verum Corpus, La Clemenza di
> > Tito,
> > > > dan
> > > > > > Requiem--di mana semua ini seolah hilang oleh seorang
penulis
> > > > buku
> > > > > > bernama Don Campbell (hlm. 128).
> > > > > >
> > > > > > Satu hal menarik yang dikemukakan penulis buku ini adalah
> > > > anggapan
> > > > > > yang mengatakan bahwa musik Mozart itu seolah-olah
bersifat
> > > > > > universal. Padahal, sebuah karya musik--apa pun
bentuknya,
> > akan
> > > > > > selalu tertawan oleh keterbatasan-keterbatasan faktor
sosio-
> > > > historis
> > > > > > tertentu. Dan hal ini sebenarnya ditunjukkan melalui
adanya
> > > > > > periodesasi dalam perkembangan musik dunia. Musik Mozart
> > > > > > dikategorikan sebagai musik klasik abad ke-18, yang
berbeda
> > > > > > bentuknya dengan musik Jazz atau pun Rock misalnya, yang
> > > > berkembang
> > > > > > pada abad ke-20.
> > > > > >
> > > > > > Penulis juga menyindir kecerobohan kita yang selalu
> > menganggap
> > > > > > produk pengetahuan apa pun yang dihasilkan oleh bangsa
Jerman
> > > > seolah-
> > > > > > olah tidak patut dipertanyakan. Mengapa kita tidak
meneliti
> > karya
> > > > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito, Narto
> > Sabdo,
> > > > atau
> > > > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu misalnya, yang tentu
memiliki
> > > > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih
realistis.
> > > > Jikalau
> > > > > > hasil penelitian dan analisis musiknya secara pedagogis,
> > > > sosiologis,
> > > > > > antropologis, dan psikologis terbukti bermanfaat, mungkin
> > akan
> > > > jauh
> > > > > > lebih tepat bila digunakan oleh orang Indonesia daripada
> > > > bersikeras
> > > > > > menggunakan musik Barat yang tidak semua anak bangsa ini
> > > > > > berkesempatan mengapresiasinya dengan baik dan benar.
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Real Food Group

on Yahoo! Groups

What does real food

mean to you?

Women of Curves

on Yahoo! Groups

A positive group

to discuss Curves.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar