Selasa, 27 November 2007

Re: [psikologi_transformatif] Re: Peranan IQ dalam MUSIK

perawan baby dongggggg..............
hehehehehe...

 
On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@yahoo.com> wrote:

kalau dari pilihan kata-katanya yang ekspresif, opininya yang
langsung, dan pede, dan dilihat dari layar monitor, memang
kelihatannya ya perawan, mbak.

tua?

belum lah. Masih baby, ...... [dibanding Pak Jusuf dan Pak Hudoyo.]

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com , "ratih ibrahim"
<personalgrowth@...> wrote:
>
> barangkali juga ya?
> makanya saya diramal tuyul jadi perawan tua....
> *meringis*
>
> tua memang iya sihhhh......
> tapi perawan?????
> hahahahahahaaaaa..........
>
>
> On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@...> wrote:
> >
> > hahaha maksudnya antene kartu halo?
> >
> > ada yang bilang katanya psikolog karena bisa 'melihat orang' maka
> > susah mencari jodoh?
> >
> > salam,
> > goen
> >
> > --- In

psikologi_transformatif@yahoogroups.com <psikologi_transformatif%
40yahoogroups.com>,
> > "ratih ibrahim"
> > <personalgrowth@> wrote:
> > >
> > > ben boleh mengaku2 bijaksana....
> > > hahahahahaaaaaa...........
> > > gara2 baca bukunya mas Goen nih....
> > > *keliatan ga, di atas kepala ada 'halo'nya...*
> > >
> > >
> > > On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@> wrote:
> > > >
> > > > mbak..... sampeyan asli sabar yo... wong omongane tuyul anake
> > tukul
> > > > kok ditanggapi. banyak minum jus timun ya? supaya sabar..
> > > > menurunkan darah tinggi
> > > >
> > > > salam,
> > > > goen
> > > >
> > > > --- In
> > psikologi_transformatif@yahoogroups.com <psikologi_transformatif%
40yahoogroups.com>
> > <psikologi_transformatif%
> > 40yahoogroups.com>,
> > > > "ratih ibrahim"
> > > > <personalgrowth@> wrote:
> > > > >
> > > > > terima kasih banyak tuyul.
> > > > > karena *jika dalam membaca postingan tuyul di bawah, segala
> > > > pelabelan,
> > > > > pengumpatan, dan penistaannya terhadap pihak2 yang namanya
> > > > dipaparkan di
> > > > > bawah ini dihilangkan, tulisan tuyul = lumayan juga....*
> > > > > **
> > > > > bude tih
> > > > >
> > > > >
> > > > > On 11/27/07, tuyul50 <tuyul50@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > Ini sebuah kado buat bu de Tih, mudah2an bisa membantu
> > tugasnya
> > > > > > sebagai moderator dalam ceramah Djohan Salim, agar
supaya ke-
> > > > salah-
> > > > > > kaprah-annya tidak semakin ber-larut2 menyesatkan
khalayak
> > ramai,
> > > > > > bahkan lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don
Campbell.
> > > > Jika
> > > > > > bude Tih tidak bersedia mendengarkan, apalagi menuruti,
> > nasihat,
> > > > yah
> > > > > > terserah. Akibatnya nanti kan bude Tih dan Djohan Salaim
yang
> > > > malu
> > > > > > sendiri, jika berhadapan dengan pakar2 musik yang benar2
> > mengerti
> > > > > > musik. Kebenaran komentar dibawah ini silahkan di-check
> > dengan
> > > > > > pakar musik siapa saja, juga bisa diverifikasi di
Internet
> > pakai
> > > > > > Google, atau bahkan bisa didengar lewat YouTube dan dari
on-
> > line
> > > > > > sample iklan2 penjualan CD.
> > > > > >
> > > > > > Lantaran tidak ada harganya buat membeli bukunya Djohan
> > Salim,
> > > > > > seperti halnya dengan komentar yang duluan (Erie
Setiawan,
> > > > Kompas 25
> > > > > > Maret 2007) komentar kali ini diambil dari sebuah ulasan
> > dalam
> > > > > > majalah Tempo oleh Afthonul Afif yang bisa di-akses di:
> > > > > >
> > > > > > http://www.ruangbaca.com/ruangbaca/?
> > > > > >
> > > >
> >
doky=MjAwNw==&dokm=MDQ=&dokd=Mjk=&dig=YXJjaGl2ZXM=&on=VUxT&uniq=NDY5
> > > > > >
> > > > > > Untuk jelasnya, artikel Tempo yang lengkap di reproduksi
> > dibawah
> > > > > > komentar ini.
> > > > > >
> > > > > > KOMENTAR:
> > > > > > Ulasan AA sama sekali tidak mangacu pada musiknya Mozart.
> > > > melainkan
> > > > > > menjelaskan efek musik secara UMUM, bahkan semua jenis
musik
> > > > > > termasuk musik pop(uler), Jazz, Rap, dan segala macam
> > bunyi2an
> > > > yang
> > > > > > paling primitif sekalipun. Musik Mozart memang benar
> > memiliki ke-
> > > > > > unikan yang ada hubungannya dengan IQ, tetapi di-
besar2kan
> > oleh
> > > > Don
> > > > > > Campbell dan luput dibahas, diperhatikan, ataupun
diketahui
> > oleh
> > > > > > Djohan Salim. Artinya, si pengulas (Afthonul Afif,
Mahasiwa
> > > > > > Psikologi Klinis Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta)
tidak
> > > > mengerti
> > > > > > musiknya Mozart (mengkali juga belon pernah mendenger).
Lha
> > kok
> > > > > > brani2nya kasi komentar? Tapi ya bisa dimaafkan deh,
sebab si
> > > > Afif
> > > > > > ini masih tingkat mahasiswa. Tapi jeleknya, kok dimuat di
> > TEMPO
> > > > > > yang dibaca oleh khalayak ramai, hingga akibatnya
masyarakat
> > > > > > Indonesia ikut tertipu, kebudayaannya tidak maju2, sebab
> > semakin
> > > > > > tersesat salah-jalan dalam perkembangannya.
> > > > > >
> > > > > > Misalnya, Afthonul Afif keliru besar bahwa musiknya
Mozart
> > > > dicirikan
> > > > > > dengan oleh *in nominee domini* (in the name of the Lord)
> > > > > > [persisnya `Benedictus qui venit in nominee Domini'
> > (`Blessed is
> > > > he
> > > > > > that comes in the name of the Lord') yakni salah satu
aria
> > dalam
> > > > > > oratorio Mozart yang terkenal, REQUIEM]. Ciri keagamaan
> > demikian
> > > > > > barangkali boleh diberikan kepada Johann Sebastian Bach
> > (tetapi
> > > > > > tidak kepada Antonio Vivaldi yang lebih penuh gairah
hidup,
> > > > > > sekalipun sama2 jaman Barok), tetapi sama sekali jauh
buat
> > > > seorang
> > > > > > Mozart. Sebagai komponis dari jaman Pencerahan
(Aufklaerung),
> > > > musik
> > > > > > Mozart mengungkapkan KEINDAHAN DUNIA serta GAIRAH HIDUP
dalam
> > > > bentuk
> > > > > > yang paling murni, tanpa di ganggu, di nodai atau di
warnai
> > oleh
> > > > > > perasaan2 pribadi. Perasaan2 pribadi adalah ciri utama
dari
> > musik
> > > > > > ROMANTIK. Sedangkan musik dari jaman KLASIK (Mozart,
Haydn,
> > J.C.
> > > > > > Bach, Johann Heinichen, dsbnya) keindahannya universal,
> > objektif,
> > > > > > spontan dan murni. Disini jelas komentar Afthonul Afif
bahwa
> > > > > > *seharusnya yang menjadi efek Mozart sesungguhnya* adalah
> > salah-
> > > > > > kaprah dan membuktikan bahwa Afthonul Afif tidak mengerti
> > musik
> > > > > > Mozart. Salah-mengertinya dilanjutkan lagi dengan
*gemuruh
> > yang
> > > > > > menakutkan dari Don Giovanni*. Opera Don Giovanni (Don
Juan)
> > > > lebih
> > > > > > bersifat LUCU ketimbang *gemuruh menakutkan* (Afthonul
> > Afif), hal
> > > > > > mana jelas dengan sendirinya dari katalogisasi oleh
Mozart
> > > > sendiri
> > > > > > sebagai *opera buffa* (opera lucu). Bahkan adegan
terakhir,
> > waktu
> > > > > > Don Giovanni diseret masuk kedalam bumi yang terbelah
oleh
> > patung
> > > > > > batu yang datang memenuhi undangan makan-malam oleh si
Don
> > > > Giovanni,
> > > > > > lebih bersifat lucu ketimbang dramatis, apalagi
*menakutkan*
> > > > (AA).
> > > > > > Juga komentar Afthonul Afif akan *gempita kebahagiaan*
dalam
> > > > opera
> > > > > > *The Magic Flute* (die Zauberflöte) meleset sama sekali,
> > sebab
> > > > > > sekali lagi opera ini lebih bersifat menakjubkan
> > (bezaubernd) dan
> > > > > > lucu (komische Oper). Dan kalo orang mo bilang ada
adegan2
> > yang
> > > > > > *menakutkan*, maka opera ini mengandung lebih banyak
aria2
> > dan
> > > > > > bagian2 musik yang demikian, seperti misalnya aria
*Koenigin
> > der
> > > > > > Nacht* (Queen of the Night) yang nadanya sangat
*powerful*
> > serta
> > > > > > memerlukan teknik vokal yang amat canggih (aria "Der
Hölle
> > Rache
> > > > > > kocht in meinem Herzen" = "The vengeance of Hell boils
in my
> > > > heart").
> > > > > >
> > > > > > Ulasan AA tentang *keruwetan harmoni simfoninya* Mozart
itu
> > > > > > menyesatkan, sebab terbalik seratus-delapan-puluh
derajat!
> > Boleh
> > > > > > dicheck dengan pakar musik siapapun juga, harmoni dalam
musik
> > > > > > instrumental Mozart adalah yang paling sederhana, jernih
dan
> > > > > > transparent, samasekali terbalik daripada *ruwet*. Justru
> > berkat
> > > > > > kesederhanaan dan transparensi itulah maka musik Mozart
bisa
> > di-
> > > > > > asosiasi-kan dengan kemampuan melatih dan merangsang IQ
> > ketaraf
> > > > yang
> > > > > > lebih tinggi. Singkatnya, musik Mozart itu seperti musik
> > kanak2
> > > > > > yang innocent; samasekali tidak ruwet, melainkan spontan
dan
> > > > > > langsung. Contoh yang terbaik disini adalah *Eine Kleine
> > > > > > Nachtmusik* (musik malam kecil) yang digubah dalam
struktur
> > > > simfoni
> > > > > > (empat bagian: cepat-lambat-berirama-amat cepat). Jenis2
> > musik
> > > > > > sebelum maupun sesudah Mozart kurang mermenuhi kriteria
> > asosiatif
> > > > > > ini. Musik Barok terlalu religius dan bersifat *stylish*,
> > hingga
> > > > > > orang harus lebih dulu membiasakan diri dengan musik gaya
> > Barok,
> > > > > > sebelum bisa mengerti dan menikmati musiknya Bach dan
> > Vivaldi.
> > > > > > Demikian juga musik romantik (Beethoven dan komponis2
> > > > sesudahnya),
> > > > > > musiknya dicampuri oleh semrawutnya emosi2 pribadi yang
kuat
> > dan
> > > > > > amat beraneka ragam, hingga seringkali membikin bingung
> > seorang
> > > > > > novice yang masih me-raba2. Musik modern (misalnya
Richard
> > > > Strauss
> > > > > > atu Shostakovich) lebih2 lagi tidak memenuhi kriteria,
sebab
> > buat
> > > > > > bisa menikmati keindahannya saja, orang yang IQ nya
biasa2
> > saja
> > > > > > mesti banyak belajar dan banyak mendengarkan.
> > > > > >
> > > > > > Unsur2 lain yang membuat musik klasik (bukan hanya
Mozart)
> > > > berkaitan
> > > > > > dengan IQ yang canggih terutama adalah komposisinya yang
> > dinamis
> > > > > > (cepat-lambat), teknik permainan instrumen/vokal yang
paling
> > > > > > canggih, pergantian tangga nada yang terus menerus,
teknik2
> > > > > > komposisi yang canggih, seperti a.l. teknik fuga (2-3
tema
> > yang
> > > > > > dimainkan ber-sama2 dan saling berkejar2an) dan teknik
> > *counter
> > > > > > point* (2 tema yang saling kontras dimainkan sekaligus
ber-
> > sama2.
> > > > > > Setiap komponis adalah seorang master, yang karyanya
demikian
> > > > > > sempurnanya hingga tidak mungkin di perbaiki atau ubah
barang
> > > > satu
> > > > > > not pun tanpa mengubah isinya. Satu2nya perkecualian
disini
> > > > adalah
> > > > > > komponis Chopin, yang memang ahli dalam teknik
instrumental
> > > > piano,
> > > > > > tetapi tidak begitu mahir dalam teknik orkestrasi: kedua
> > konserto
> > > > > > pianonya yang kita dengar hari ini orkestrasinya telah
> > diperbaiki
> > > > > > oleh rekannya.
> > > > > >
> > > > > > Tapi se-sederhana2nya musik orkes, musik instrumen-
tunggal
> > > > tentunya
> > > > > > lebih spontan dan langsung. Mungkin oleh sebab itulah Don
> > > > Campbell
> > > > > > mengambil contoh Sonata (piano) dalam D major, meskipun
> > > > barangkali
> > > > > > Sonata dalam C major lebih gemilang (brilian) dan lebih
> > spontan.
> > > > > > Jadi, memang bisa dimengerti bahwa Sonata2 piano dari
Mozart
> > > > adalah
> > > > > > yang paling tepat buah menggugah minat dan merangsang IQ
> > anak2.
> > > > > > Yang pasti benar adalah, mendengarkan dan menikmati musik
> > klasik
> > > > > > membutuhkan IQ yang tinggi.
> > > > > >
> > > > > > Jadi, adalah keliru besar memberikan predikat *ruwet*
pada
> > musik
> > > > > > atau harmoni musiknya Mozart. Ruwet adalah simfoni2
Romantik,
> > > > > > misalnya Beethoven dan Brahms. Lebih ruwet lagi simfoni2
nya
> > > > > > Tschaikovsky dan komponis2 Romantik akhir, dan yang
paling
> > ruwet
> > > > > > adalah musik modern (Shostakovich, Strauss). Kalau yang
> > dimaksud
> > > > > > oleh AA dengan *harmoni* adalah akkoord (chord, korda),
maka
> > AA
> > > > juga
> > > > > > sekali lagi salah-kaprah. Harmoni atau korda2 yang
digunakan
> > oleh
> > > > > > Mozart adalah harmoni yang basic dan standard. Kejeniusan
> > Mozart
> > > > > > bukan pada pemakaian tangga-nada/kunci, melainkan pada
> > pergantian
> > > > > > tangga-nada. Ini pun bukan monopoli Mozart, melainkan
ciri2
> > dari
> > > > > > SEMUA musik klasik (disini *klasik* sebagai istilah
generic
> > yang
> > > > > > mencakup seluruh jenis musik seni yang canggih, mulai
dari
> > > > Vivaldi
> > > > > > sampai dengan hari ini. Pergantian tangga-nada atau
kunci ini
> > > > > > adalah salah satu unsur yang membuat musik klasik tidak
mudah
> > > > > > difahami dan dinikmati oleh orang2 yang IQ nya rendah,
karena
> > > > mereka
> > > > > > pada umumnya cuma bisa mengerti *do-re-mi-fa-sol-la-si*
saja.
> > > > Musik
> > > > > > klasik TIDAK BISA dinyanyikan dengan *do-re-mi-fa-sol-la-
si*,
> > > > > > melainkan selalu berganti2 tangga nada atau kunci,
misalnya
> > mulai
> > > > > > dalam G major, kemudian dalam tema yang berikutnya
berubah
> > > > menjadi
> > > > > > D major, kemudian berubah lagi menjadi D minor, F major,
dan
> > > > > > demikian seterusnya. Contoh yang khas misalnya adalah
aria
> > > > > > Cherubino *Voi Che Sapete* dari operanya Mozart *Le
Nozze di
> > > > Figaro*
> > > > > > (the Marriage of Figaro), yang berganti tangga nada
hampir
> > pada
> > > > > > setiap langkahnya. Pergantian tangga nada atau kunci ini
> > adalah
> > > > > > salah satu ciri yang khas dari ke-jenius-annya para
komponis
> > > > musik
> > > > > > klasik (istilah klasik disini mencakup seluruh genre
musik
> > seni,
> > > > > > dari Vivaldi sampai musik kontemporer). Dinamika dalam
tempo,
> > > > > > pergantian tangga nada, teknik komposisi yang canggih
seperti
> > > > fuga
> > > > > > dan *coiunter point*, serta teknik permainan instrument
atau
> > > > vokal
> > > > > > yang paling canggih, ini semua adalah unsur2 yang
berkaitan
> > > > dengan
> > > > > > IQ, karena pada umumnya hanya bisa ditanggapi, dipahami
dan
> > > > > > dinikmati oleh otak2 yang memiliki daya analisa yang
canggih,
> > > > atau
> > > > > > dengan perkataan lain, punya IQ tinggi.
> > > > > >
> > > > > > Musik Mozart memiliki keunikan lain, yaitu sebagai wakil
dari
> > > > jaman
> > > > > > Pencerahan (Enlightenment). Musiknya bersifat membebaskan
> > pikiran
> > > > > > dan perasaaan manusia dari segala belenggu, termasuk
belenggu
> > > > > > kefantikan agama dari jaman sebelumnya (musik Barok),
maupun
> > > > > > belenggu kefanatikan emosi pribadi (musik Romantik) dari
> > jaman
> > > > > > sesudahnya. Disini rupanya Don Campbell terutama di-
ilhami
> > oleh
> > > > > > pendapat umum di Eropa maupun Amerika, bahwa manusia2
yang
> > IQ nya
> > > > > > canggih pada umumnya akan menggemari musik klasik (Hati2!
> > > > sebaliknya
> > > > > > TIDAK benar, yaitu bahwa orang2 yang menggemari musik
klasik
> > itu
> > > > IQ
> > > > > > nya tinggi). Dari pengamatan pribadi, baik di Indonesia,
> > Eropa
> > > > > > maupun Amerika, orang2 yang punya IQ canggih pada umumnya
> > akan
> > > > > > segera tertarik oleh musik klasik, sekalipun sebelumnya
belum
> > > > pernah
> > > > > > ter-ekspos (exposed) kepada musik jenis demikian. Oleh
> > karena itu
> > > > > > maka Don Campbell mencoba mengkaitkannya dengan efek yang
> > diduga
> > > > > > olehnya boleh jadi bisa meningkatkan IQ jabang bayi.
Data2
> > > > > > statistiknya Don Campbell samasekali tidak ada artinya.
> > Statistik
> > > > > > itu mudah sekali di selewengkan untuk membenarkan hasil
riset
> > > > > > seseorang, apalagi dalam bidang Non-Sains (non IPA), yang
> > umumnya
> > > > > > tidak memiliki landasan yang cukup dalam matematika
> > statistik.
> > > > > >
> > > > > > Tentang ke-universil-an musik Mozart, Afthonul Afif
keblinger
> > > > > > sedangkan Djohan Salim lebih benar. Musik Mozart memang
> > bersifat
> > > > > > universal, sebab keindahannya objektif, tidak memerlukan
> > > > > > interpretasi atau fantasi apa2 guna menikmati keindahan
> > musiknya.
> > > > > > Ulasan AA tentang periodisasi musik Mozart yang
ditarafkan
> > sama
> > > > > > dengan Jazz dan Rock sudah saya bahas dalam tulisan
sebelum
> > ini,
> > > > > > yaitu Afthonul Afif telah melakukan BLUNDER yang fatal
dan
> > tidak
> > > > > > tertolong lagi. Pendapat ini boleh diverifikasi dengan
Google
> > > > > > ataupun ahli musik yang punya kredibilitas. Kalau tidak
sama,
> > > > boleh
> > > > > > dirujuk kembali dimilis ini, nanti akan terbukti bahwa
yang
> > tidak
> > > > > > sama itu yang salah-kaprah. Bukti2 nya banyak sekali dan
juga
> > > > mudah
> > > > > > dicari didunia Internet. Sedangkan pendapat yang
berlawanan,
> > > > > > silahkan cari buktinya, baik dalam Internet maupun buku,
bisa
> > > > > > dipastikan pasti gagal. Sekalipun demikian, dua2 Afthonul
> > Afif
> > > > dan
> > > > > > Djohan Salim keblinger tak tertolong lagi, karena telah
> > salah-
> > > > > > mengenali keunikan musik Mozart.
> > > > > >
> > > > > > Ucapan Djohan Salim menyindir kecerobohan orang Indonesia
> > yang
> > > > > > selalu menganggap produk pengetahuan apa pun yang
dihasilkan
> > oleh
> > > > > > bangsa Jerman seolah-olah tidak patut dipertanyakan,
adalah
> > > > pendapat
> > > > > > seekor katak-dibawah-tempurung, sebab salah-mengenali
musik
> > Eropa
> > > > > > sebagai standard musik dunia dan sebagai seni musik yang
> > telah
> > > > > > dikembangkan beratus2 tahun lamanya secara konitnu dan
tidak
> > > > pernah
> > > > > > terputus (dari Vivaldi s/d hari ini). Sarannya untuk
meneliti
> > > > karya
> > > > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito, Narto
> > Sabdo,
> > > > atau
> > > > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu, adalah *kegede rumongso*
> > hingga
> > > > > > benar2 seperti katak-dibawah-tempurung yang tidak tahu
diri.
> > > > > > Setiap pakar musik tentu maklum bahwa musik2 daerah itu
> > tidak ada
> > > > > > apa2nya dibandingkan dengan musik *klasik*. Apalagi
ulasan
> > Djohan
> > > > > > Salim bahwa musik regional yang disebutkannya itu *tentu
> > memiliki
> > > > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih
realistis*,
> > > > adalah
> > > > > > pendapat yang tekebur dan tidak-tahu-diri.
> > > > > >
> > > > > > Kecorobohan? Bangsa Jerman? Jerman/Austria (=Austro-
Hungarian
> > > > > > empire) memang adalah pusat kebudayaan dunia s/d abad ke-
19!
> > > > Bukan
> > > > > > saja seni musik, tetapi juga seni lukis dan cabang2 seni
> > lainnya.
> > > > > > Di Eropa sampai hari ini orang baru bisa diakui sebagai
> > seorang
> > > > > > intelek (cendekiawan), hanya dan hanya jika ia sanggup
ikut
> > > > bicara
> > > > > > dan mengemukakan pendapat yang berbobot (bukannya yang
> > amburadul
> > > > > > kayak Djohan Salim) dalam diskusi2 (bebas maupun resmi)
> > tentang
> > > > > > soal seni, terutama sekali seni musik. Seni musik (Eropa)
> > adalah
> > > > > > yang satu2nya musik yang telah berkembang paling tinggi
> > sedunia
> > > > > > (secara kontinu mulai dari tahun 1700 sampai dengan hari
> > ini),
> > > > > > lagipula bersifat universal, hingga dengan mudah meng-
> > absorbsi
> > > > dan
> > > > > > meng-integrasi musik bangsa2 lain dengan hati yang
lapang dan
> > > > tangan
> > > > > > terbuka, sudah barang tentu asal nilai seninya cukup
tinggi.
> > > > Musik
> > > > > > instrumentalnya bisa difahami dan dinikmati oleh seluruh
> > bangsa2
> > > > > > didunia (sudah tentu ada syarat IQ), terlepas dari
kebidayaan
> > > > lokal
> > > > > > maupun bahasa. Contoh yang paling jelas adalah, opera
paling
> > > > bagus
> > > > > > untuk dinikmati dalam bahasa aslinya, sebab secara tidak
> > sadar
> > > > sang
> > > > > > komponis telah mengintegrasikan lafal (bunyi khas) dari
> > bahasanya
> > > > > > kedalam musiknya. Misalnya, opera2 Italia akan berkurang
> > banyak
> > > > > > keindahannya maupun ekspresi perasaannya jika dinyanyikan
> > dalam
> > > > > > bahasa Inggris. Demikian juga opera Perancis dan operetta
> > Jerman
> > > > > > akan kehilangan paling sedikit separo dari keindahannya
jika
> > > > > > dinyanyikan dalam bahasa lain. Oleh karena itu opera
hampir
> > > > selalu
> > > > > > disajikan dalam bahasa aslinya, sekalipun sebagian besar
para
> > > > > > penonton tidak mengerti. Terjemahan libretto nya bisa
dibaca
> > > > > > sebagai text dibelakang kursi dihadapan masing2 penonton.
> > > > > >
> > > > > > Dewasa ini musik internasional tidak hanya diwakili oleh
> > Jerman,
> > > > > > tetapi juga Perancis, Eropa Timur (yang disebut dengan
> > istilah
> > > > > > Bohemia), Rusia, Amerika Selatan, dan sejak baru2 ini
juga
> > > > Tiongkok,
> > > > > > yang telah membebaskan diri dari tangganada tradisionil
yang
> > > > > > pentatonis. Musik Asia, termasuk musik Jawa, adalah musik
> > eksotik
> > > > > > yang pentatonis (lima nada), kekurangan dua nada
dibandingkan
> > > > > > tangganada diatonis, sama juga seperti musik tradisionil
> > Tiongkok
> > > > > > dan Jepang. Karena kekurangan dua nada, akibatnya kurang
bisa
> > > > > > mengekspresi perasaan/emosi manusia secara lengkap, atau
> > > > ekspresinya
> > > > > > menjadi aneh dan tidak wajar (eksotik). Kecuali itu juga
> > otomatis
> > > > > > tidak memungkinkan perubahan tangga nada dengan
menggunakan
> > cross
> > > > > > dan flat (kunci C major, G-major (satu cross), F-major
(satu
> > > > flat)
> > > > > > dsbnya. Tangganada diatonis masih diperluas lagi dengan
> > > > tangganada
> > > > > > MINOR, yang nada dasarnya adalah LA, bukannya DO. Sejak
> > Vivaldi,
> > > > > > musik klasik sudah biasa (bahkan harus! demi keindahan)
> > > > menggunakan
> > > > > > perpindahan tangga nada, juga dari Major ke Minor, dan
> > > > sebaliknya,
> > > > > > secara plastis dan kontinu. Bakat seorang komponis
ditetapkan
> > > > > > antara lain (syarat mutlak) oleh kesanggupannya
berpindah2
> > tangga
> > > > > > nada secara wajar dan plastis. Ke-jenius-annya Mozart
> > terulang
> > > > lagi
> > > > > > pada komponis modern Richard Strauss, dikembangkan
menjadi
> > suatu
> > > > > > *aliran* tangganada yang kontinu (dengarkan misalnya The
Four
> > > > Last
> > > > > > Songs), yang kemudian diteruskan dengan musik a-tonal
(bebas
> > > > tangga
> > > > > > nada, bukannya 7 nada diatonis, tetapi seluruh 12 nada
> > kromatis
> > > > > > digunakan secara sama rata dan sama tingkat), contohnya
> > Arnold
> > > > > > Schoenberg dan hampir semua komponis2 modern dan
kontemporer
> > > > (bukan
> > > > > > Jazz dan Rock nya si Afthonul). Aneka ragam ini tidak
mungkin
> > > > > > eksis dalam musik Jawa, atau musik Tiongkok/Jepang yang
> > > > tradisionil,
> > > > > > hingga para pemusik nasional yang sadar akan kekurangan
atau
> > > > > > kelemahan ini pasti berusaha memperbaikinya, seperti yang
> > telah
> > > > > > terjadi dengan Tiongkok modern (misalnya beberapa dari
> > komponis2
> > > > > > maupun soloist2 Tiongkok dewasa ini mulai terkenal di
Eropa
> > dan
> > > > > > Amerika).
> > > > > >
> > > > > > Sebaliknya, jika orang keras kepala seperti Djohan Salim
dan
> > > > tidak
> > > > > > mau kalah (padahal kalah jauh tidak kira2), yah akibatnya
> > akan
> > > > > > semakin terpuruk dan terpencil saja dari pergaulan
masyarakat
> > > > > > dunia. Apresiasi musik barat ini samasekali tidak berarti
> > harus
> > > > > > memandang rendah musik rakyat bangsa sendiri. Seperti
haknya
> > > > dengan
> > > > > > musik tradisonil Tiongkok dan Opera Peking, musik Jawa
dan
> > Bali
> > > > > > memiliki keindahannya sendiri. Juga musik Kroncong dan
musik
> > > > Dangdut
> > > > > > (dua2nya diatonis) memiliki nilai artistik yang cukup
> > canggih,
> > > > yaitu
> > > > > > sebagai musik rakyat, disini bisa dibandingkan dengan
musik
> > > > Gypsy,
> > > > > > yang telah menjadi inspirasi bagi banyak sekali komponis2
> > Eropa.
> > > > > > Jelas disini, yang perlu adalah perkembangan musik dengan
> > hati
> > > > yang
> > > > > > terbuka tanpa prasangka, bukannya dengan keras kepala
yang
> > > > Chauvinis.
> > > > > >
> > > > > > KESIMPULAN:
> > > > > > Djohan Salim maksudnya mau meluruskan khalayak ramai dari
> > bukunya
> > > > > > Don Campbell. Nggak taunya, lantaran ilmunya (atau IQ
nya)
> > masih
> > > > > > terlalu rendah, Djohan Salim salah-kaprah, menyesatkan
> > khalayak
> > > > > > ramai, lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don
Campbell.
> > > > > >
> > > > > > Memang betul, mendengarkan musik klasik TIDAK membuat
> > orang/bayi
> > > > > > menjadi lebih intelligent. IQ orang adalah pembawaan atau
> > bakat,
> > > > > > tidak gampang2 bisa dipertinggi dengan musik therapy
macam
> > apapun
> > > > > > juga.
> > > > > >
> > > > > > Tetapi kemampuan mengerti dan menikmati musik klasik
sedikit
> > > > banyak
> > > > > > menunjukkan taraf IQ si pendengar, menjadi semacam IQ
TEST.
> > > > > >
> > > > > > Pendapat ini adalah pendapat umum di Eropa, baik Eropa
Timur
> > > > maupun
> > > > > > Barat, termasuk Rusia dan negara2 Kaukasia.
> > > > > >
> > > > > > Bahkan di Amerika, yang justru wadahnya musik pop
berasal dan
> > > > > > berkembang, sebagian besar dari masyarakat (yang ber-IQ
> > tinggi
> > > > > > tentunya) juga berpendapat demikian, hal mana bisa dibaca
> > dari
> > > > > > pendapat2 para pembaca dibawah ini:
> > > > > >
> > > > > > http://answers.yahoo.com/question/index?
> > qid=20070925025945AAav9oI
> > > > > > QUESTION: Does classical music makes you intelligent?
why?
> > > > > >
> > > > > > RDENIG_M: No, I don't think it does. But, and dare I say
> > this,
> > > > only
> > > > > > those who are more intelligent to begin with listen to
> > classical
> > > > > > music. I'm not saying that anybody who doesn't listen is
not
> > > > > > intelligent, but that it does take a certain amount of
> > > > intelligence
> > > > > > to begin to comprehend classical music.
> > > > > >
> > > > > > NASATIAN: To understand classical music you already have
to
> > be
> > > > > > intelligent
> > > > > >
> > > > > > MALCOLM D: No, it does not make you more intelligent. If
that
> > > > were
> > > > > > the case we could use it to upgrade people. However, if
you
> > > > examine
> > > > > > the classical music audience, I think you would find an
IQ
> > above
> > > > > > average. It simply attracts more intelligent people. So
the
> > > > question
> > > > > > is really backwards.
> > > > > >
> > > > > > Ruang Baca TEMPO Edisi 29 April 2007
> > > > > > Ulasan bukunya Djohan Salim yang berjudul *Matinya Efek
> > Mozart*,
> > > > > > edisi I, 2007, oleh Afthonul Afif (AA), Mahasiwa
Psikologi
> > Klinis
> > > > > > Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta
> > > > > >
> > > > > > Meskipun secara empiris efek Mozart tidak sebombastis
promosi
> > > > produk-
> > > > > > produknya, bukan berarti musik Mozart tidak bermanfaat
sama
> > > > sekali
> > > > > > bagi kehidupan manusia. Sebagaimana jenis musik lainnya,
> > pengaruh
> > > > > > musik Mozart pada dasarnya lebih bersifat afektif, yaitu
> > mampu
> > > > > > memicu timbulnya perasaan senang, gembira, tenang, dan
> > nyaman.
> > > > > > Namun, musik juga dapat mengaduk-aduk perasaan manusia
> > menjadi
> > > > kian
> > > > > > tak menentu, sehingga muncul perasaan cemas, sedih, dan
> > takut.
> > > > > > Apakah respon musik itu kemudian menimbulkan efek yang
> > > > menyenangkan
> > > > > > atau menyedihkan, hal itu tergantung banyak faktor:
> > kepribadian,
> > > > > > kondisi, memori, persepsi ruang-waktu, dan sebagainya.
> > > > > >
> > > > > > Sekali lagi, karya besar musik Mozart sama sekali tidak
> > berkaitan
> > > > > > dengan hal menjadi cerdas, atau mendatangkan kekuatan.
> > Musiknya
> > > > > > berbicara tentang bagaimana menjadi manusia dan hidup,
> > seperti
> > > > salah
> > > > > > satu lirik dalam musiknya, in nominee domini. Itu
seharusnya
> > yang
> > > > > > menjadi efek Mozart sesungguhnya. Impresi seni dalam
musik
> > Mozart
> > > > > > sangat bagus, gemuruh yang menakutkan dari Don Giovanni,
> > gempita
> > > > > > kebahagiaan The Magic Flute, keruwetan harmoni
simfoninya,
> > dan
> > > > > > akhirnya yang transenden Ave Verum Corpus, La Clemenza di
> > Tito,
> > > > dan
> > > > > > Requiem--di mana semua ini seolah hilang oleh seorang
penulis
> > > > buku
> > > > > > bernama Don Campbell (hlm. 128).
> > > > > >
> > > > > > Satu hal menarik yang dikemukakan penulis buku ini adalah
> > > > anggapan
> > > > > > yang mengatakan bahwa musik Mozart itu seolah-olah
bersifat
> > > > > > universal. Padahal, sebuah karya musik--apa pun
bentuknya,
> > akan
> > > > > > selalu tertawan oleh keterbatasan-keterbatasan faktor
sosio-
> > > > historis
> > > > > > tertentu. Dan hal ini sebenarnya ditunjukkan melalui
adanya
> > > > > > periodesasi dalam perkembangan musik dunia. Musik Mozart
> > > > > > dikategorikan sebagai musik klasik abad ke-18, yang
berbeda
> > > > > > bentuknya dengan musik Jazz atau pun Rock misalnya, yang
> > > > berkembang
> > > > > > pada abad ke-20.
> > > > > >
> > > > > > Penulis juga menyindir kecerobohan kita yang selalu
> > menganggap
> > > > > > produk pengetahuan apa pun yang dihasilkan oleh bangsa
Jerman
> > > > seolah-
> > > > > > olah tidak patut dipertanyakan. Mengapa kita tidak
meneliti
> > karya
> > > > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito, Narto
> > Sabdo,
> > > > atau
> > > > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu misalnya, yang tentu
memiliki
> > > > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih
realistis.
> > > > Jikalau
> > > > > > hasil penelitian dan analisis musiknya secara pedagogis,
> > > > sosiologis,
> > > > > > antropologis, dan psikologis terbukti bermanfaat, mungkin
> > akan
> > > > jauh
> > > > > > lebih tepat bila digunakan oleh orang Indonesia daripada
> > > > bersikeras
> > > > > > menggunakan musik Barat yang tidak semua anak bangsa ini
> > > > > > berkesempatan mengapresiasinya dengan baik dan benar.
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Real Food Group

Share recipes

and favorite meals.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar