Selasa, 27 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: Peranan IQ dalam MUSIK

dulu teman saya pernah bilang dia tahu cewek cantik atau tidak dari
cara telepon, sms, ternyata saya baru ngerti, apanya yang dilihat /
didengar? hahahahahhaha

cewek tidak cantik: mas udah makan?
cewek cantik: ........... [tolong bantu diisi mbak]

cewek tidak cantik: bagaimana khabar hari ini di kantor?
cewek cantik: ........... [tolong bantu diisi mbak]

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "ratih ibrahim"
<personalgrowth@...> wrote:
>
> perawan baby dongggggg..............
> hehehehehe...
>
>
> On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@...> wrote:
> >
> > kalau dari pilihan kata-katanya yang ekspresif, opininya yang
> > langsung, dan pede, dan dilihat dari layar monitor, memang
> > kelihatannya ya perawan, mbak.
> >
> > tua?
> >
> > belum lah. Masih baby, ...... [dibanding Pak Jusuf dan Pak
Hudoyo.]
> >
> > salam,
> > goen
> >
> > --- In
psikologi_transformatif@yahoogroups.com<psikologi_transformatif%
40yahoogroups.com>,
> > "ratih ibrahim"
> > <personalgrowth@> wrote:
> > >
> > > barangkali juga ya?
> > > makanya saya diramal tuyul jadi perawan tua....
> > > *meringis*
> > >
> > > tua memang iya sihhhh......
> > > tapi perawan?????
> > > hahahahahahaaaaa..........
> > >
> > >
> > > On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@> wrote:
> > > >
> > > > hahaha maksudnya antene kartu halo?
> > > >
> > > > ada yang bilang katanya psikolog karena bisa 'melihat orang'
maka
> > > > susah mencari jodoh?
> > > >
> > > > salam,
> > > > goen
> > > >
> > > > --- In
> > psikologi_transformatif@yahoogroups.com<psikologi_transformatif%
40yahoogroups.com>
> > <psikologi_transformatif%
> > 40yahoogroups.com>,
> > > > "ratih ibrahim"
> > > > <personalgrowth@> wrote:
> > > > >
> > > > > ben boleh mengaku2 bijaksana....
> > > > > hahahahahaaaaaa...........
> > > > > gara2 baca bukunya mas Goen nih....
> > > > > *keliatan ga, di atas kepala ada 'halo'nya...*
> > > > >
> > > > >
> > > > > On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > mbak..... sampeyan asli sabar yo... wong omongane tuyul
anake
> > > > tukul
> > > > > > kok ditanggapi. banyak minum jus timun ya? supaya sabar..
> > > > > > menurunkan darah tinggi
> > > > > >
> > > > > > salam,
> > > > > > goen
> > > > > >
> > > > > > --- In
> > > >
psikologi_transformatif@yahoogroups.com<psikologi_transformatif%
40yahoogroups.com>
> > <psikologi_transformatif%
> > 40yahoogroups.com>
> > > > <psikologi_transformatif%
> > > > 40yahoogroups.com>,
> > > > > > "ratih ibrahim"
> > > > > > <personalgrowth@> wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > terima kasih banyak tuyul.
> > > > > > > karena *jika dalam membaca postingan tuyul di bawah,
segala
> > > > > > pelabelan,
> > > > > > > pengumpatan, dan penistaannya terhadap pihak2 yang
namanya
> > > > > > dipaparkan di
> > > > > > > bawah ini dihilangkan, tulisan tuyul = lumayan
juga....*
> > > > > > > **
> > > > > > > bude tih
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > On 11/27/07, tuyul50 <tuyul50@> wrote:
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ini sebuah kado buat bu de Tih, mudah2an bisa
membantu
> > > > tugasnya
> > > > > > > > sebagai moderator dalam ceramah Djohan Salim, agar
> > supaya ke-
> > > > > > salah-
> > > > > > > > kaprah-annya tidak semakin ber-larut2 menyesatkan
> > khalayak
> > > > ramai,
> > > > > > > > bahkan lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don
> > Campbell.
> > > > > > Jika
> > > > > > > > bude Tih tidak bersedia mendengarkan, apalagi
menuruti,
> > > > nasihat,
> > > > > > yah
> > > > > > > > terserah. Akibatnya nanti kan bude Tih dan Djohan
Salaim
> > yang
> > > > > > malu
> > > > > > > > sendiri, jika berhadapan dengan pakar2 musik yang
benar2
> > > > mengerti
> > > > > > > > musik. Kebenaran komentar dibawah ini silahkan di-
check
> > > > dengan
> > > > > > > > pakar musik siapa saja, juga bisa diverifikasi di
> > Internet
> > > > pakai
> > > > > > > > Google, atau bahkan bisa didengar lewat YouTube dan
dari
> > on-
> > > > line
> > > > > > > > sample iklan2 penjualan CD.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Lantaran tidak ada harganya buat membeli bukunya
Djohan
> > > > Salim,
> > > > > > > > seperti halnya dengan komentar yang duluan (Erie
> > Setiawan,
> > > > > > Kompas 25
> > > > > > > > Maret 2007) komentar kali ini diambil dari sebuah
ulasan
> > > > dalam
> > > > > > > > majalah Tempo oleh Afthonul Afif yang bisa di-akses
di:
> > > > > > > >
> > > > > > > > http://www.ruangbaca.com/ruangbaca/?
> > > > > > > >
> > > > > >
> > > >
> >
doky=MjAwNw==&dokm=MDQ=&dokd=Mjk=&dig=YXJjaGl2ZXM=&on=VUxT&uniq=NDY5
> > > > > > > >
> > > > > > > > Untuk jelasnya, artikel Tempo yang lengkap di
reproduksi
> > > > dibawah
> > > > > > > > komentar ini.
> > > > > > > >
> > > > > > > > KOMENTAR:
> > > > > > > > Ulasan AA sama sekali tidak mangacu pada musiknya
Mozart.
> > > > > > melainkan
> > > > > > > > menjelaskan efek musik secara UMUM, bahkan semua
jenis
> > musik
> > > > > > > > termasuk musik pop(uler), Jazz, Rap, dan segala macam
> > > > bunyi2an
> > > > > > yang
> > > > > > > > paling primitif sekalipun. Musik Mozart memang benar
> > > > memiliki ke-
> > > > > > > > unikan yang ada hubungannya dengan IQ, tetapi di-
> > besar2kan
> > > > oleh
> > > > > > Don
> > > > > > > > Campbell dan luput dibahas, diperhatikan, ataupun
> > diketahui
> > > > oleh
> > > > > > > > Djohan Salim. Artinya, si pengulas (Afthonul Afif,
> > Mahasiwa
> > > > > > > > Psikologi Klinis Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta)
> > tidak
> > > > > > mengerti
> > > > > > > > musiknya Mozart (mengkali juga belon pernah
mendenger).
> > Lha
> > > > kok
> > > > > > > > brani2nya kasi komentar? Tapi ya bisa dimaafkan deh,
> > sebab si
> > > > > > Afif
> > > > > > > > ini masih tingkat mahasiswa. Tapi jeleknya, kok
dimuat di
> > > > TEMPO
> > > > > > > > yang dibaca oleh khalayak ramai, hingga akibatnya
> > masyarakat
> > > > > > > > Indonesia ikut tertipu, kebudayaannya tidak maju2,
sebab
> > > > semakin
> > > > > > > > tersesat salah-jalan dalam perkembangannya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Misalnya, Afthonul Afif keliru besar bahwa musiknya
> > Mozart
> > > > > > dicirikan
> > > > > > > > dengan oleh *in nominee domini* (in the name of the
Lord)
> > > > > > > > [persisnya `Benedictus qui venit in nominee Domini'
> > > > (`Blessed is
> > > > > > he
> > > > > > > > that comes in the name of the Lord') yakni salah satu
> > aria
> > > > dalam
> > > > > > > > oratorio Mozart yang terkenal, REQUIEM]. Ciri
keagamaan
> > > > demikian
> > > > > > > > barangkali boleh diberikan kepada Johann Sebastian
Bach
> > > > (tetapi
> > > > > > > > tidak kepada Antonio Vivaldi yang lebih penuh gairah
> > hidup,
> > > > > > > > sekalipun sama2 jaman Barok), tetapi sama sekali jauh
> > buat
> > > > > > seorang
> > > > > > > > Mozart. Sebagai komponis dari jaman Pencerahan
> > (Aufklaerung),
> > > > > > musik
> > > > > > > > Mozart mengungkapkan KEINDAHAN DUNIA serta GAIRAH
HIDUP
> > dalam
> > > > > > bentuk
> > > > > > > > yang paling murni, tanpa di ganggu, di nodai atau di
> > warnai
> > > > oleh
> > > > > > > > perasaan2 pribadi. Perasaan2 pribadi adalah ciri
utama
> > dari
> > > > musik
> > > > > > > > ROMANTIK. Sedangkan musik dari jaman KLASIK (Mozart,
> > Haydn,
> > > > J.C.
> > > > > > > > Bach, Johann Heinichen, dsbnya) keindahannya
universal,
> > > > objektif,
> > > > > > > > spontan dan murni. Disini jelas komentar Afthonul
Afif
> > bahwa
> > > > > > > > *seharusnya yang menjadi efek Mozart sesungguhnya*
adalah
> > > > salah-
> > > > > > > > kaprah dan membuktikan bahwa Afthonul Afif tidak
mengerti
> > > > musik
> > > > > > > > Mozart. Salah-mengertinya dilanjutkan lagi dengan
> > *gemuruh
> > > > yang
> > > > > > > > menakutkan dari Don Giovanni*. Opera Don Giovanni
(Don
> > Juan)
> > > > > > lebih
> > > > > > > > bersifat LUCU ketimbang *gemuruh menakutkan*
(Afthonul
> > > > Afif), hal
> > > > > > > > mana jelas dengan sendirinya dari katalogisasi oleh
> > Mozart
> > > > > > sendiri
> > > > > > > > sebagai *opera buffa* (opera lucu). Bahkan adegan
> > terakhir,
> > > > waktu
> > > > > > > > Don Giovanni diseret masuk kedalam bumi yang terbelah
> > oleh
> > > > patung
> > > > > > > > batu yang datang memenuhi undangan makan-malam oleh
si
> > Don
> > > > > > Giovanni,
> > > > > > > > lebih bersifat lucu ketimbang dramatis, apalagi
> > *menakutkan*
> > > > > > (AA).
> > > > > > > > Juga komentar Afthonul Afif akan *gempita
kebahagiaan*
> > dalam
> > > > > > opera
> > > > > > > > *The Magic Flute* (die Zauberflöte) meleset sama
sekali,
> > > > sebab
> > > > > > > > sekali lagi opera ini lebih bersifat menakjubkan
> > > > (bezaubernd) dan
> > > > > > > > lucu (komische Oper). Dan kalo orang mo bilang ada
> > adegan2
> > > > yang
> > > > > > > > *menakutkan*, maka opera ini mengandung lebih banyak
> > aria2
> > > > dan
> > > > > > > > bagian2 musik yang demikian, seperti misalnya aria
> > *Koenigin
> > > > der
> > > > > > > > Nacht* (Queen of the Night) yang nadanya sangat
> > *powerful*
> > > > serta
> > > > > > > > memerlukan teknik vokal yang amat canggih (aria "Der
> > Hölle
> > > > Rache
> > > > > > > > kocht in meinem Herzen" = "The vengeance of Hell
boils
> > in my
> > > > > > heart").
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ulasan AA tentang *keruwetan harmoni simfoninya*
Mozart
> > itu
> > > > > > > > menyesatkan, sebab terbalik seratus-delapan-puluh
> > derajat!
> > > > Boleh
> > > > > > > > dicheck dengan pakar musik siapapun juga, harmoni
dalam
> > musik
> > > > > > > > instrumental Mozart adalah yang paling sederhana,
jernih
> > dan
> > > > > > > > transparent, samasekali terbalik daripada *ruwet*.
Justru
> > > > berkat
> > > > > > > > kesederhanaan dan transparensi itulah maka musik
Mozart
> > bisa
> > > > di-
> > > > > > > > asosiasi-kan dengan kemampuan melatih dan merangsang
IQ
> > > > ketaraf
> > > > > > yang
> > > > > > > > lebih tinggi. Singkatnya, musik Mozart itu seperti
musik
> > > > kanak2
> > > > > > > > yang innocent; samasekali tidak ruwet, melainkan
spontan
> > dan
> > > > > > > > langsung. Contoh yang terbaik disini adalah *Eine
Kleine
> > > > > > > > Nachtmusik* (musik malam kecil) yang digubah dalam
> > struktur
> > > > > > simfoni
> > > > > > > > (empat bagian: cepat-lambat-berirama-amat cepat).
Jenis2
> > > > musik
> > > > > > > > sebelum maupun sesudah Mozart kurang mermenuhi
kriteria
> > > > asosiatif
> > > > > > > > ini. Musik Barok terlalu religius dan bersifat
*stylish*,
> > > > hingga
> > > > > > > > orang harus lebih dulu membiasakan diri dengan musik
gaya
> > > > Barok,
> > > > > > > > sebelum bisa mengerti dan menikmati musiknya Bach dan
> > > > Vivaldi.
> > > > > > > > Demikian juga musik romantik (Beethoven dan komponis2
> > > > > > sesudahnya),
> > > > > > > > musiknya dicampuri oleh semrawutnya emosi2 pribadi
yang
> > kuat
> > > > dan
> > > > > > > > amat beraneka ragam, hingga seringkali membikin
bingung
> > > > seorang
> > > > > > > > novice yang masih me-raba2. Musik modern (misalnya
> > Richard
> > > > > > Strauss
> > > > > > > > atu Shostakovich) lebih2 lagi tidak memenuhi
kriteria,
> > sebab
> > > > buat
> > > > > > > > bisa menikmati keindahannya saja, orang yang IQ nya
> > biasa2
> > > > saja
> > > > > > > > mesti banyak belajar dan banyak mendengarkan.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Unsur2 lain yang membuat musik klasik (bukan hanya
> > Mozart)
> > > > > > berkaitan
> > > > > > > > dengan IQ yang canggih terutama adalah komposisinya
yang
> > > > dinamis
> > > > > > > > (cepat-lambat), teknik permainan instrumen/vokal yang
> > paling
> > > > > > > > canggih, pergantian tangga nada yang terus menerus,
> > teknik2
> > > > > > > > komposisi yang canggih, seperti a.l. teknik fuga (2-3
> > tema
> > > > yang
> > > > > > > > dimainkan ber-sama2 dan saling berkejar2an) dan
teknik
> > > > *counter
> > > > > > > > point* (2 tema yang saling kontras dimainkan
sekaligus
> > ber-
> > > > sama2.
> > > > > > > > Setiap komponis adalah seorang master, yang karyanya
> > demikian
> > > > > > > > sempurnanya hingga tidak mungkin di perbaiki atau
ubah
> > barang
> > > > > > satu
> > > > > > > > not pun tanpa mengubah isinya. Satu2nya perkecualian
> > disini
> > > > > > adalah
> > > > > > > > komponis Chopin, yang memang ahli dalam teknik
> > instrumental
> > > > > > piano,
> > > > > > > > tetapi tidak begitu mahir dalam teknik orkestrasi:
kedua
> > > > konserto
> > > > > > > > pianonya yang kita dengar hari ini orkestrasinya
telah
> > > > diperbaiki
> > > > > > > > oleh rekannya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Tapi se-sederhana2nya musik orkes, musik instrumen-
> > tunggal
> > > > > > tentunya
> > > > > > > > lebih spontan dan langsung. Mungkin oleh sebab
itulah Don
> > > > > > Campbell
> > > > > > > > mengambil contoh Sonata (piano) dalam D major,
meskipun
> > > > > > barangkali
> > > > > > > > Sonata dalam C major lebih gemilang (brilian) dan
lebih
> > > > spontan.
> > > > > > > > Jadi, memang bisa dimengerti bahwa Sonata2 piano dari
> > Mozart
> > > > > > adalah
> > > > > > > > yang paling tepat buah menggugah minat dan
merangsang IQ
> > > > anak2.
> > > > > > > > Yang pasti benar adalah, mendengarkan dan menikmati
musik
> > > > klasik
> > > > > > > > membutuhkan IQ yang tinggi.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Jadi, adalah keliru besar memberikan predikat *ruwet*
> > pada
> > > > musik
> > > > > > > > atau harmoni musiknya Mozart. Ruwet adalah simfoni2
> > Romantik,
> > > > > > > > misalnya Beethoven dan Brahms. Lebih ruwet lagi
simfoni2
> > nya
> > > > > > > > Tschaikovsky dan komponis2 Romantik akhir, dan yang
> > paling
> > > > ruwet
> > > > > > > > adalah musik modern (Shostakovich, Strauss). Kalau
yang
> > > > dimaksud
> > > > > > > > oleh AA dengan *harmoni* adalah akkoord (chord,
korda),
> > maka
> > > > AA
> > > > > > juga
> > > > > > > > sekali lagi salah-kaprah. Harmoni atau korda2 yang
> > digunakan
> > > > oleh
> > > > > > > > Mozart adalah harmoni yang basic dan standard.
Kejeniusan
> > > > Mozart
> > > > > > > > bukan pada pemakaian tangga-nada/kunci, melainkan
pada
> > > > pergantian
> > > > > > > > tangga-nada. Ini pun bukan monopoli Mozart, melainkan
> > ciri2
> > > > dari
> > > > > > > > SEMUA musik klasik (disini *klasik* sebagai istilah
> > generic
> > > > yang
> > > > > > > > mencakup seluruh jenis musik seni yang canggih, mulai
> > dari
> > > > > > Vivaldi
> > > > > > > > sampai dengan hari ini. Pergantian tangga-nada atau
> > kunci ini
> > > > > > > > adalah salah satu unsur yang membuat musik klasik
tidak
> > mudah
> > > > > > > > difahami dan dinikmati oleh orang2 yang IQ nya
rendah,
> > karena
> > > > > > mereka
> > > > > > > > pada umumnya cuma bisa mengerti *do-re-mi-fa-sol-la-
si*
> > saja.
> > > > > > Musik
> > > > > > > > klasik TIDAK BISA dinyanyikan dengan *do-re-mi-fa-
sol-la-
> > si*,
> > > > > > > > melainkan selalu berganti2 tangga nada atau kunci,
> > misalnya
> > > > mulai
> > > > > > > > dalam G major, kemudian dalam tema yang berikutnya
> > berubah
> > > > > > menjadi
> > > > > > > > D major, kemudian berubah lagi menjadi D minor, F
major,
> > dan
> > > > > > > > demikian seterusnya. Contoh yang khas misalnya adalah
> > aria
> > > > > > > > Cherubino *Voi Che Sapete* dari operanya Mozart *Le
> > Nozze di
> > > > > > Figaro*
> > > > > > > > (the Marriage of Figaro), yang berganti tangga nada
> > hampir
> > > > pada
> > > > > > > > setiap langkahnya. Pergantian tangga nada atau kunci
ini
> > > > adalah
> > > > > > > > salah satu ciri yang khas dari ke-jenius-annya para
> > komponis
> > > > > > musik
> > > > > > > > klasik (istilah klasik disini mencakup seluruh genre
> > musik
> > > > seni,
> > > > > > > > dari Vivaldi sampai musik kontemporer). Dinamika
dalam
> > tempo,
> > > > > > > > pergantian tangga nada, teknik komposisi yang canggih
> > seperti
> > > > > > fuga
> > > > > > > > dan *coiunter point*, serta teknik permainan
instrument
> > atau
> > > > > > vokal
> > > > > > > > yang paling canggih, ini semua adalah unsur2 yang
> > berkaitan
> > > > > > dengan
> > > > > > > > IQ, karena pada umumnya hanya bisa ditanggapi,
dipahami
> > dan
> > > > > > > > dinikmati oleh otak2 yang memiliki daya analisa yang
> > canggih,
> > > > > > atau
> > > > > > > > dengan perkataan lain, punya IQ tinggi.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Musik Mozart memiliki keunikan lain, yaitu sebagai
wakil
> > dari
> > > > > > jaman
> > > > > > > > Pencerahan (Enlightenment). Musiknya bersifat
membebaskan
> > > > pikiran
> > > > > > > > dan perasaaan manusia dari segala belenggu, termasuk
> > belenggu
> > > > > > > > kefantikan agama dari jaman sebelumnya (musik Barok),
> > maupun
> > > > > > > > belenggu kefanatikan emosi pribadi (musik Romantik)
dari
> > > > jaman
> > > > > > > > sesudahnya. Disini rupanya Don Campbell terutama di-
> > ilhami
> > > > oleh
> > > > > > > > pendapat umum di Eropa maupun Amerika, bahwa manusia2
> > yang
> > > > IQ nya
> > > > > > > > canggih pada umumnya akan menggemari musik klasik
(Hati2!
> > > > > > sebaliknya
> > > > > > > > TIDAK benar, yaitu bahwa orang2 yang menggemari musik
> > klasik
> > > > itu
> > > > > > IQ
> > > > > > > > nya tinggi). Dari pengamatan pribadi, baik di
Indonesia,
> > > > Eropa
> > > > > > > > maupun Amerika, orang2 yang punya IQ canggih pada
umumnya
> > > > akan
> > > > > > > > segera tertarik oleh musik klasik, sekalipun
sebelumnya
> > belum
> > > > > > pernah
> > > > > > > > ter-ekspos (exposed) kepada musik jenis demikian.
Oleh
> > > > karena itu
> > > > > > > > maka Don Campbell mencoba mengkaitkannya dengan efek
yang
> > > > diduga
> > > > > > > > olehnya boleh jadi bisa meningkatkan IQ jabang bayi.
> > Data2
> > > > > > > > statistiknya Don Campbell samasekali tidak ada
artinya.
> > > > Statistik
> > > > > > > > itu mudah sekali di selewengkan untuk membenarkan
hasil
> > riset
> > > > > > > > seseorang, apalagi dalam bidang Non-Sains (non IPA),
yang
> > > > umumnya
> > > > > > > > tidak memiliki landasan yang cukup dalam matematika
> > > > statistik.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Tentang ke-universil-an musik Mozart, Afthonul Afif
> > keblinger
> > > > > > > > sedangkan Djohan Salim lebih benar. Musik Mozart
memang
> > > > bersifat
> > > > > > > > universal, sebab keindahannya objektif, tidak
memerlukan
> > > > > > > > interpretasi atau fantasi apa2 guna menikmati
keindahan
> > > > musiknya.
> > > > > > > > Ulasan AA tentang periodisasi musik Mozart yang
> > ditarafkan
> > > > sama
> > > > > > > > dengan Jazz dan Rock sudah saya bahas dalam tulisan
> > sebelum
> > > > ini,
> > > > > > > > yaitu Afthonul Afif telah melakukan BLUNDER yang
fatal
> > dan
> > > > tidak
> > > > > > > > tertolong lagi. Pendapat ini boleh diverifikasi
dengan
> > Google
> > > > > > > > ataupun ahli musik yang punya kredibilitas. Kalau
tidak
> > sama,
> > > > > > boleh
> > > > > > > > dirujuk kembali dimilis ini, nanti akan terbukti
bahwa
> > yang
> > > > tidak
> > > > > > > > sama itu yang salah-kaprah. Bukti2 nya banyak sekali
dan
> > juga
> > > > > > mudah
> > > > > > > > dicari didunia Internet. Sedangkan pendapat yang
> > berlawanan,
> > > > > > > > silahkan cari buktinya, baik dalam Internet maupun
buku,
> > bisa
> > > > > > > > dipastikan pasti gagal. Sekalipun demikian, dua2
Afthonul
> > > > Afif
> > > > > > dan
> > > > > > > > Djohan Salim keblinger tak tertolong lagi, karena
telah
> > > > salah-
> > > > > > > > mengenali keunikan musik Mozart.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ucapan Djohan Salim menyindir kecerobohan orang
Indonesia
> > > > yang
> > > > > > > > selalu menganggap produk pengetahuan apa pun yang
> > dihasilkan
> > > > oleh
> > > > > > > > bangsa Jerman seolah-olah tidak patut dipertanyakan,
> > adalah
> > > > > > pendapat
> > > > > > > > seekor katak-dibawah-tempurung, sebab salah-mengenali
> > musik
> > > > Eropa
> > > > > > > > sebagai standard musik dunia dan sebagai seni musik
yang
> > > > telah
> > > > > > > > dikembangkan beratus2 tahun lamanya secara konitnu
dan
> > tidak
> > > > > > pernah
> > > > > > > > terputus (dari Vivaldi s/d hari ini). Sarannya untuk
> > meneliti
> > > > > > karya
> > > > > > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito,
Narto
> > > > Sabdo,
> > > > > > atau
> > > > > > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu, adalah *kegede
rumongso*
> > > > hingga
> > > > > > > > benar2 seperti katak-dibawah-tempurung yang tidak
tahu
> > diri.
> > > > > > > > Setiap pakar musik tentu maklum bahwa musik2 daerah
itu
> > > > tidak ada
> > > > > > > > apa2nya dibandingkan dengan musik *klasik*. Apalagi
> > ulasan
> > > > Djohan
> > > > > > > > Salim bahwa musik regional yang disebutkannya itu
*tentu
> > > > memiliki
> > > > > > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih
> > realistis*,
> > > > > > adalah
> > > > > > > > pendapat yang tekebur dan tidak-tahu-diri.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Kecorobohan? Bangsa Jerman? Jerman/Austria (=Austro-
> > Hungarian
> > > > > > > > empire) memang adalah pusat kebudayaan dunia s/d
abad ke-
> > 19!
> > > > > > Bukan
> > > > > > > > saja seni musik, tetapi juga seni lukis dan cabang2
seni
> > > > lainnya.
> > > > > > > > Di Eropa sampai hari ini orang baru bisa diakui
sebagai
> > > > seorang
> > > > > > > > intelek (cendekiawan), hanya dan hanya jika ia
sanggup
> > ikut
> > > > > > bicara
> > > > > > > > dan mengemukakan pendapat yang berbobot (bukannya
yang
> > > > amburadul
> > > > > > > > kayak Djohan Salim) dalam diskusi2 (bebas maupun
resmi)
> > > > tentang
> > > > > > > > soal seni, terutama sekali seni musik. Seni musik
(Eropa)
> > > > adalah
> > > > > > > > yang satu2nya musik yang telah berkembang paling
tinggi
> > > > sedunia
> > > > > > > > (secara kontinu mulai dari tahun 1700 sampai dengan
hari
> > > > ini),
> > > > > > > > lagipula bersifat universal, hingga dengan mudah
meng-
> > > > absorbsi
> > > > > > dan
> > > > > > > > meng-integrasi musik bangsa2 lain dengan hati yang
> > lapang dan
> > > > > > tangan
> > > > > > > > terbuka, sudah barang tentu asal nilai seninya cukup
> > tinggi.
> > > > > > Musik
> > > > > > > > instrumentalnya bisa difahami dan dinikmati oleh
seluruh
> > > > bangsa2
> > > > > > > > didunia (sudah tentu ada syarat IQ), terlepas dari
> > kebidayaan
> > > > > > lokal
> > > > > > > > maupun bahasa. Contoh yang paling jelas adalah, opera
> > paling
> > > > > > bagus
> > > > > > > > untuk dinikmati dalam bahasa aslinya, sebab secara
tidak
> > > > sadar
> > > > > > sang
> > > > > > > > komponis telah mengintegrasikan lafal (bunyi khas)
dari
> > > > bahasanya
> > > > > > > > kedalam musiknya. Misalnya, opera2 Italia akan
berkurang
> > > > banyak
> > > > > > > > keindahannya maupun ekspresi perasaannya jika
dinyanyikan
> > > > dalam
> > > > > > > > bahasa Inggris. Demikian juga opera Perancis dan
operetta
> > > > Jerman
> > > > > > > > akan kehilangan paling sedikit separo dari
keindahannya
> > jika
> > > > > > > > dinyanyikan dalam bahasa lain. Oleh karena itu opera
> > hampir
> > > > > > selalu
> > > > > > > > disajikan dalam bahasa aslinya, sekalipun sebagian
besar
> > para
> > > > > > > > penonton tidak mengerti. Terjemahan libretto nya bisa
> > dibaca
> > > > > > > > sebagai text dibelakang kursi dihadapan masing2
penonton.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Dewasa ini musik internasional tidak hanya diwakili
oleh
> > > > Jerman,
> > > > > > > > tetapi juga Perancis, Eropa Timur (yang disebut
dengan
> > > > istilah
> > > > > > > > Bohemia), Rusia, Amerika Selatan, dan sejak baru2 ini
> > juga
> > > > > > Tiongkok,
> > > > > > > > yang telah membebaskan diri dari tangganada
tradisionil
> > yang
> > > > > > > > pentatonis. Musik Asia, termasuk musik Jawa, adalah
musik
> > > > eksotik
> > > > > > > > yang pentatonis (lima nada), kekurangan dua nada
> > dibandingkan
> > > > > > > > tangganada diatonis, sama juga seperti musik
tradisionil
> > > > Tiongkok
> > > > > > > > dan Jepang. Karena kekurangan dua nada, akibatnya
kurang
> > bisa
> > > > > > > > mengekspresi perasaan/emosi manusia secara lengkap,
atau
> > > > > > ekspresinya
> > > > > > > > menjadi aneh dan tidak wajar (eksotik). Kecuali itu
juga
> > > > otomatis
> > > > > > > > tidak memungkinkan perubahan tangga nada dengan
> > menggunakan
> > > > cross
> > > > > > > > dan flat (kunci C major, G-major (satu cross), F-
major
> > (satu
> > > > > > flat)
> > > > > > > > dsbnya. Tangganada diatonis masih diperluas lagi
dengan
> > > > > > tangganada
> > > > > > > > MINOR, yang nada dasarnya adalah LA, bukannya DO.
Sejak
> > > > Vivaldi,
> > > > > > > > musik klasik sudah biasa (bahkan harus! demi
keindahan)
> > > > > > menggunakan
> > > > > > > > perpindahan tangga nada, juga dari Major ke Minor,
dan
> > > > > > sebaliknya,
> > > > > > > > secara plastis dan kontinu. Bakat seorang komponis
> > ditetapkan
> > > > > > > > antara lain (syarat mutlak) oleh kesanggupannya
> > berpindah2
> > > > tangga
> > > > > > > > nada secara wajar dan plastis. Ke-jenius-annya Mozart
> > > > terulang
> > > > > > lagi
> > > > > > > > pada komponis modern Richard Strauss, dikembangkan
> > menjadi
> > > > suatu
> > > > > > > > *aliran* tangganada yang kontinu (dengarkan misalnya
The
> > Four
> > > > > > Last
> > > > > > > > Songs), yang kemudian diteruskan dengan musik a-tonal
> > (bebas
> > > > > > tangga
> > > > > > > > nada, bukannya 7 nada diatonis, tetapi seluruh 12
nada
> > > > kromatis
> > > > > > > > digunakan secara sama rata dan sama tingkat),
contohnya
> > > > Arnold
> > > > > > > > Schoenberg dan hampir semua komponis2 modern dan
> > kontemporer
> > > > > > (bukan
> > > > > > > > Jazz dan Rock nya si Afthonul). Aneka ragam ini tidak
> > mungkin
> > > > > > > > eksis dalam musik Jawa, atau musik Tiongkok/Jepang
yang
> > > > > > tradisionil,
> > > > > > > > hingga para pemusik nasional yang sadar akan
kekurangan
> > atau
> > > > > > > > kelemahan ini pasti berusaha memperbaikinya, seperti
yang
> > > > telah
> > > > > > > > terjadi dengan Tiongkok modern (misalnya beberapa
dari
> > > > komponis2
> > > > > > > > maupun soloist2 Tiongkok dewasa ini mulai terkenal di
> > Eropa
> > > > dan
> > > > > > > > Amerika).
> > > > > > > >
> > > > > > > > Sebaliknya, jika orang keras kepala seperti Djohan
Salim
> > dan
> > > > > > tidak
> > > > > > > > mau kalah (padahal kalah jauh tidak kira2), yah
akibatnya
> > > > akan
> > > > > > > > semakin terpuruk dan terpencil saja dari pergaulan
> > masyarakat
> > > > > > > > dunia. Apresiasi musik barat ini samasekali tidak
berarti
> > > > harus
> > > > > > > > memandang rendah musik rakyat bangsa sendiri. Seperti
> > haknya
> > > > > > dengan
> > > > > > > > musik tradisonil Tiongkok dan Opera Peking, musik
Jawa
> > dan
> > > > Bali
> > > > > > > > memiliki keindahannya sendiri. Juga musik Kroncong
dan
> > musik
> > > > > > Dangdut
> > > > > > > > (dua2nya diatonis) memiliki nilai artistik yang cukup
> > > > canggih,
> > > > > > yaitu
> > > > > > > > sebagai musik rakyat, disini bisa dibandingkan dengan
> > musik
> > > > > > Gypsy,
> > > > > > > > yang telah menjadi inspirasi bagi banyak sekali
komponis2
> > > > Eropa.
> > > > > > > > Jelas disini, yang perlu adalah perkembangan musik
dengan
> > > > hati
> > > > > > yang
> > > > > > > > terbuka tanpa prasangka, bukannya dengan keras kepala
> > yang
> > > > > > Chauvinis.
> > > > > > > >
> > > > > > > > KESIMPULAN:
> > > > > > > > Djohan Salim maksudnya mau meluruskan khalayak ramai
dari
> > > > bukunya
> > > > > > > > Don Campbell. Nggak taunya, lantaran ilmunya (atau IQ
> > nya)
> > > > masih
> > > > > > > > terlalu rendah, Djohan Salim salah-kaprah,
menyesatkan
> > > > khalayak
> > > > > > > > ramai, lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don
> > Campbell.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Memang betul, mendengarkan musik klasik TIDAK membuat
> > > > orang/bayi
> > > > > > > > menjadi lebih intelligent. IQ orang adalah pembawaan
atau
> > > > bakat,
> > > > > > > > tidak gampang2 bisa dipertinggi dengan musik therapy
> > macam
> > > > apapun
> > > > > > > > juga.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Tetapi kemampuan mengerti dan menikmati musik klasik
> > sedikit
> > > > > > banyak
> > > > > > > > menunjukkan taraf IQ si pendengar, menjadi semacam IQ
> > TEST.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Pendapat ini adalah pendapat umum di Eropa, baik
Eropa
> > Timur
> > > > > > maupun
> > > > > > > > Barat, termasuk Rusia dan negara2 Kaukasia.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Bahkan di Amerika, yang justru wadahnya musik pop
> > berasal dan
> > > > > > > > berkembang, sebagian besar dari masyarakat (yang ber-
IQ
> > > > tinggi
> > > > > > > > tentunya) juga berpendapat demikian, hal mana bisa
dibaca
> > > > dari
> > > > > > > > pendapat2 para pembaca dibawah ini:
> > > > > > > >
> > > > > > > > http://answers.yahoo.com/question/index?
> > > > qid=20070925025945AAav9oI
> > > > > > > > QUESTION: Does classical music makes you intelligent?
> > why?
> > > > > > > >
> > > > > > > > RDENIG_M: No, I don't think it does. But, and dare I
say
> > > > this,
> > > > > > only
> > > > > > > > those who are more intelligent to begin with listen
to
> > > > classical
> > > > > > > > music. I'm not saying that anybody who doesn't
listen is
> > not
> > > > > > > > intelligent, but that it does take a certain amount
of
> > > > > > intelligence
> > > > > > > > to begin to comprehend classical music.
> > > > > > > >
> > > > > > > > NASATIAN: To understand classical music you already
have
> > to
> > > > be
> > > > > > > > intelligent
> > > > > > > >
> > > > > > > > MALCOLM D: No, it does not make you more
intelligent. If
> > that
> > > > > > were
> > > > > > > > the case we could use it to upgrade people. However,
if
> > you
> > > > > > examine
> > > > > > > > the classical music audience, I think you would find
an
> > IQ
> > > > above
> > > > > > > > average. It simply attracts more intelligent people.
So
> > the
> > > > > > question
> > > > > > > > is really backwards.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ruang Baca TEMPO Edisi 29 April 2007
> > > > > > > > Ulasan bukunya Djohan Salim yang berjudul *Matinya
Efek
> > > > Mozart*,
> > > > > > > > edisi I, 2007, oleh Afthonul Afif (AA), Mahasiwa
> > Psikologi
> > > > Klinis
> > > > > > > > Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta
> > > > > > > >
> > > > > > > > Meskipun secara empiris efek Mozart tidak sebombastis
> > promosi
> > > > > > produk-
> > > > > > > > produknya, bukan berarti musik Mozart tidak
bermanfaat
> > sama
> > > > > > sekali
> > > > > > > > bagi kehidupan manusia. Sebagaimana jenis musik
lainnya,
> > > > pengaruh
> > > > > > > > musik Mozart pada dasarnya lebih bersifat afektif,
yaitu
> > > > mampu
> > > > > > > > memicu timbulnya perasaan senang, gembira, tenang,
dan
> > > > nyaman.
> > > > > > > > Namun, musik juga dapat mengaduk-aduk perasaan
manusia
> > > > menjadi
> > > > > > kian
> > > > > > > > tak menentu, sehingga muncul perasaan cemas, sedih,
dan
> > > > takut.
> > > > > > > > Apakah respon musik itu kemudian menimbulkan efek
yang
> > > > > > menyenangkan
> > > > > > > > atau menyedihkan, hal itu tergantung banyak faktor:
> > > > kepribadian,
> > > > > > > > kondisi, memori, persepsi ruang-waktu, dan
sebagainya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Sekali lagi, karya besar musik Mozart sama sekali
tidak
> > > > berkaitan
> > > > > > > > dengan hal menjadi cerdas, atau mendatangkan
kekuatan.
> > > > Musiknya
> > > > > > > > berbicara tentang bagaimana menjadi manusia dan
hidup,
> > > > seperti
> > > > > > salah
> > > > > > > > satu lirik dalam musiknya, in nominee domini. Itu
> > seharusnya
> > > > yang
> > > > > > > > menjadi efek Mozart sesungguhnya. Impresi seni dalam
> > musik
> > > > Mozart
> > > > > > > > sangat bagus, gemuruh yang menakutkan dari Don
Giovanni,
> > > > gempita
> > > > > > > > kebahagiaan The Magic Flute, keruwetan harmoni
> > simfoninya,
> > > > dan
> > > > > > > > akhirnya yang transenden Ave Verum Corpus, La
Clemenza di
> > > > Tito,
> > > > > > dan
> > > > > > > > Requiem--di mana semua ini seolah hilang oleh seorang
> > penulis
> > > > > > buku
> > > > > > > > bernama Don Campbell (hlm. 128).
> > > > > > > >
> > > > > > > > Satu hal menarik yang dikemukakan penulis buku ini
adalah
> > > > > > anggapan
> > > > > > > > yang mengatakan bahwa musik Mozart itu seolah-olah
> > bersifat
> > > > > > > > universal. Padahal, sebuah karya musik--apa pun
> > bentuknya,
> > > > akan
> > > > > > > > selalu tertawan oleh keterbatasan-keterbatasan faktor
> > sosio-
> > > > > > historis
> > > > > > > > tertentu. Dan hal ini sebenarnya ditunjukkan melalui
> > adanya
> > > > > > > > periodesasi dalam perkembangan musik dunia. Musik
Mozart
> > > > > > > > dikategorikan sebagai musik klasik abad ke-18, yang
> > berbeda
> > > > > > > > bentuknya dengan musik Jazz atau pun Rock misalnya,
yang
> > > > > > berkembang
> > > > > > > > pada abad ke-20.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Penulis juga menyindir kecerobohan kita yang selalu
> > > > menganggap
> > > > > > > > produk pengetahuan apa pun yang dihasilkan oleh
bangsa
> > Jerman
> > > > > > seolah-
> > > > > > > > olah tidak patut dipertanyakan. Mengapa kita tidak
> > meneliti
> > > > karya
> > > > > > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito,
Narto
> > > > Sabdo,
> > > > > > atau
> > > > > > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu misalnya, yang tentu
> > memiliki
> > > > > > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih
> > realistis.
> > > > > > Jikalau
> > > > > > > > hasil penelitian dan analisis musiknya secara
pedagogis,
> > > > > > sosiologis,
> > > > > > > > antropologis, dan psikologis terbukti bermanfaat,
mungkin
> > > > akan
> > > > > > jauh
> > > > > > > > lebih tepat bila digunakan oleh orang Indonesia
daripada
> > > > > > bersikeras
> > > > > > > > menggunakan musik Barat yang tidak semua anak bangsa
ini
> > > > > > > > berkesempatan mengapresiasinya dengan baik dan benar.
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Green Groups

on Yahoo! Groups

share your passion

for the planet.

Featured Y! Groups

and category pages.

There is something

for everyone.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar