Sabtu, 12 Januari 2008

[psikologi_transformatif] Re: MITOS lain di jawa

non sisca bisa ikutan klub penggemar komik & wayang, tanya pak Jusuf
Sutanto deh....

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "edy_pekalongan"
<edy_pekalongan@...> wrote:
>
> karena cintanya pada tokoh pandawa , seorang Raja jawa perempuan
di
> abad 5 masehi membuat monumen .
>
> berupa candi arjuna , candi semar dan lain lain di wilayah Lembah
> Dieng (wonosobo ,jawa tengah )
>
> disamping lembah ada telaga warna. di tahun 1990-an jika pagi hari
> kabut masih tebal , rumput berpijaknya di selimuti kabut sehingga
> anda seakan akan berjalan di atas awan,
>
> tempat ini merupakan situs candi hindu jawa dan lebih tua di
banding
> borobudur.
>
>
>
>
> salam,
> edy
> pekalongan
>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "non_sisca"
> <non_sisca@> wrote:
> >
> >
> > Ehm Ehm ....
> >
> > Syahdan, .....
> >
> > Prabu Baladewa yang datang bersama Begawan Durna menjelaskan
kepada
> > Werkudara bahwa ia tidak pernah memihak Pandhawa atau Kurawa,
dan
> > jelas sekarang pun ia tidak akan memihak kepada salah satu.
> >
> > Ia hanya ingin tahu apakah segalanya berjalan dengan baik.......
> >
> > Mudah2an pemerintahan Prabu Yudistira berjalan lebih baik dan
abadi
> > seperti perkembangan dunia yang semestinya.
> >
> > Prabu Yudistira menambahkan bahwa sekarang adalah awal
kebahagiaan
> > yang sebenarnya.
> >
> >
> >
> > Seperti telah diketahui bahwa di puncak gunung Arga Abramuka,
Semar
> > menerima pencerahan dari Cahaya Keramat yang disebut Wahyu
Tejamaya,
> > yang terdiri dari 5 ajaran.
> >
> > Kelima ajaran tersebut mengingatkan kerajaan Amarta bahwa Amarta
> > sudah memiliki beberapa hal penting, dan Semar menjelaskan
maknanya
> > masing2.
> >
> > Hal2 penting tersebut adalah :
> > (1) Pandhawa Lima yang sudah diturunkan ke bumi sebagai
Pelindung
> > Agung bagi semua ciptaan;
> > (2) Semar dalam bentuk manusia;
> > (3) Pemeliharaan Kesatuan Pandhawa;
> > (4) Kesetiaan Pandhawa kepada dharma (hukum);
> > (5) dan Kewajiban Prabu Yudistira sebagai Pandhawa tertua untuk
> > membimbing dan memberi contoh yang baik kepada rakyatnya dengan
jujur
> > menaati dharma.
> >
> > Prabu Yudistira yang telah mengubah Semar yang semula berbentuk
kotak
> > mirip peti mati kecil dengan harapan menarik masuk Cahaya
Keramat
> > tersebut, kembali menjadi manusia, membuat Lima Ajaran tersebut
> > menjadi lengkap.
> >
> >
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, Asas Asas
> > <asas2004asas@> wrote:
> > >
> > > Hihihi
> > > Orang, Pandawa selalu menang, kok.
> > >
> > > non_sisca <non_sisca@> wrote:
> > > Ya, saya juga pengagum Mitos n Wayang Jawa, membaca bagian2
cerita
> > > yang bermakna dan mengambil nilai baik filosofisnya
> > >
> > > Di istana Dwarawati, Prabu Batara Kresna sedang dihadap oleh
para
> > > sentana dan kerabat kerajaan. Raden Samba, putranya, Raden
> > Sentyaki,
> > > kerabat dan pejabat istana, dan Patih Udawa, ada di antara
para
> > > hadirin.
> > >
> > > Raden Gatutkaca, putra Raden Werkudara kebetulan juga
menghadap.
> > >
> > > Dia membawa masalah penting untuk dibicarakan dengan Batara
> > Kresna.
> > > Batara Kresna heran melihat wajah Gatutkaca yang murung, lalu
> > > bertanya kepadanya apakah dia datang atas kemauan sendiri,
atau
> > > diutus oleh raja Amarta.
> > >
> > > Gatutkaca menjawab, bahwa kedatangannya ini diutus oleh raja
> > Amarta
> > > untuk membawa pesan dari Prabu Judistira, raja Amarta.
> > >
> > > Kemudian dia mengungkapkan dua alasan mengapa dia harus
menghadap
> > > raja Dwarawati.
> > > Pertama, atas nama keluarga besar Pandawa, dia menyampaikan
salam
> > > hormat.
> > > Kedua, dia diutus oleh raja Amarta untuk menyampaikan pesan
kepada
> > > raja Dwarawati, bahwa saat ini kerajaan Amarta sedang
mengalami
> > > berbagai persoalan.
> > >
> > > Persoalan tersebut meliputi wabah penyakit, banyaknya
perkelahian
> > dan
> > > percekcokan antara dua pihak yang bertetangga, bahkan dalam
> > keluarga,
> > > yang menunjukkan menurunnya rasa tanggung jawab dalam
mengurus
> > > keluarga.
> > >
> > > Mungkin dewa2 sedang menghukum rakyat Amarta.
> > >
> > > Gatutkaca selanjutnya menjelaskan, mereka yang bercekcok,
> > alasannya
> > > tidak jelas, bahkan sering tanpa alasan.
> > >
> > > Mendengar itu, Batara Kresna menjadi ikut prihatin dan
mengatakan
> > dia
> > > punya firasat bahwa persoalan yang mengancam rakyat Amarta
> > tersebut
> > > pada akhirnya juga dapat menghancurkan Pandawa kalau tidak
> > diberikan
> > > perhatian khusus......
> > >
> > > --- In
psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "edy_pekalongan"
> > > <edy_pekalongan@> wrote:
> > > >
> > > > non sisca ....
> > > > di jawa ada mitos tentang kerajaan dewa di serang para
raksasa.
> > > > gara gara urusan wanita cantik.
> > > > dan para dewa kocar kacir malah meminta bantuan manusia
yaitu
> > > arjuna,
> > > > karena arjuna memperoleh kesaktian luar biasa dari hasil
> > > bertapanya.
> > > > dewa meminta dewi kunti (ibu arjuna ) untuk memaksa ikut
perang
> > > > membantu dewa dengan begitu arjuna tidak akan menolak .
karena
> > takut
> > > > arjuna sakit hati karena kejadian sebelumnya.
> > > >
> > > > karena sebelumnya arjuna sendiri ketika bertapa untuk
> > memperoleh
> > > ilmu
> > > > yang luar biasa itu , para dewa cemburu ( karena ilmunya
akan
> > bisa
> > > > melebihi para dewa ) dan berusaha menggagalkannya dengan
> > mengirimkan
> > > > tujuh bidadari untuk melakukan rayuan sex selama tujuh
hari
> > tujuh
> > > > malam di gua.
> > > >
> > > > arjuna di telanjangi dst (tidak saya tulis ...karena
vulgar )
> > dalam
> > > > duduk semadinya ,namun tetap berhasil lulus ujian.
> > > >
> > > > namun malah tujuh wanita itu yang tergila gila dan minta di
> > jadikan
> > > > istri .
> > > >
> > > > cerita ini di muat dalam " arjuna wiwaha " , kalau menurut
> > catatan,
> > > > sastra ini di buat oleh Empu Kanwa .
> > > >
> > > > saya masih ingat samar2 cerita ini walaupun pertama kali
membaca
> > > > naskah arjuna wiwaha itu usia saya baru 14 tahun.
> > > >
> > > >
> > > > salam,
> > > > edy
> > > > pekalongan
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "non_sisca"
> > > > <non_sisca@> wrote:
> > > > >
> > > > >
> > > > > Orestes adalah cucu dari Atreus, seorang laki2 yang
secara
> > licik
> > > > > mencoba untuk membuktikan bahwa dia lebih berkuasa dari
Dewa.
> > > > > Karena pemberontakannya melawan mereka, desa menghukum
Atreus
> > > dengan
> > > > > menjatuhkan kutuk atas keturunannya. Sebagai bagian dari
> > > > > dijatuhkannya kutuk itu atas keluarga Atreus, Ibu
Orestes,
> > > > > Clytemmenestra, membunuh ayahnya, suaminya, Agamemnon.
> > > > >
> > > > > Kejahatan ini pada gilirannya mendatangkan kutuk pula
atas
> > > Orestes,
> > > > > karena menurut hukum Yunani mengenai kehormatan, seorang
putra
> > di
> > > > > atas segala2nya wajib, membunuh pembunuh ayahnya.
> > > > >
> > > > > Tetapi, dosa terbesar yang dapat dilakukan seorang Yunani
> > adalah
> > > dosa
> > > > > membunuh ibu.
> > > > >
> > > > > Orestes menanggung derita yang teramat pedih dalam
lingkaran
> > > dilema
> > > > > ini.
> > > > >
> > > > > Akhirnya dia melakukan apa yang dirasanya harus
dilakukannya
> > dan
> > > > > membunuh ibunya.
> > > > >
> > > > > Untuk dosa ini para dewa lalu menghukum Orestes dengan
> > > menyurupkan
> > > > > padanya setan2, tiga makhluk yang menakutkan yang hanya
dapat
> > > dilihat
> > > > > maupun didengarnya sendiri dan yang menyiksanya siang
malam
> > > dengan
> > > > > suara nistaan yang mengerikan dan wujud mereka yang
menakutkan.
> > > > >
> > > > > Karena dicekam setan2 itu ke manapun ia pergi, Orestes
> > berkelana
> > > > > keliling negeri untuk menebus dosanya. Setelah bertahun2
> > > melakukan
> > > > > penyiksaan dan pemurnian diri, Orestes memohon kepada
Dewa
> > untuk
> > > > > melepaskannya dari kutukan keluarganya dan pelampiasannya
atas
> > > > > dirinya melalui setan2 itu, membangkitkan keyakinannya
bahwa
> > ia
> > > telah
> > > > > berhasil menebus dosa membunuh ibunya.
> > > > >
> > > > > Para Dewa mengadakan sidang pengadilan.
> > > > >
> > > > > Berbicara sebagai pembela Orestes, Apollo mengatakan
bahwa dia
> > > telah
> > > > > mengendalikan seluruh keadaan yang menempatkan Orestes
pada
> > suatu
> > > > > posisi tanpa pilihan lain kecuali membunuh ibunya dan
> > karenanya
> > > > > Orestes jelas tidak dapat dimintakan
pertanggungjawabannya.
> > > > >
> > > > > Pada titik ini Orestes melompat berdiri, dan membantah
> > pembelanya
> > > > > sendiri dengan menyatakan : "Sayalah, dan bukan Apollo,
yang
> > > membunuh
> > > > > Ibu !"
> > > > >
> > > > > Para Dewa merasa kagum. Belum pernah seorang keluarga
Atreus
> > > memikul
> > > > > tanggung jawab penuh sebesar itu untuk dirinya dengan
tidak
> > > > > mempersalahkan para Dewa.
> > > > >
> > > > > Alkisah, para Dewa memutuskan persidangan ini untuk
keuntungan
> > > > > Orestes, dan bukan saja membebaskannya dari kutukan atas
> > keluarga
> > > > > Atreus tetapi juga mengubah setan2 itu menjadi Eumenides,
roh2
> > > cinta
> > > > > kasih, yang dengan nasihat mereka yang bijaksana
memungkinkan
> > > Orestes
> > > > > mendapat keberuntungan selama hidupnya.
> > > > >
> > > > > Makna mitos ini jelas. Eumenides, atau "mereka yang
pemurah"
> > juga
> > > > > disebut sebagai "pembawa rahmat".
> > > > > Setan khayalan yang hanya dapat dilihat Orestes,
menghadirkan
> > > > > gejalanya, neraka pribadi dari sakit jiwa.
> > > > > Perubahan penjelmaan setan menjadi Euminides adalah
perubahan
> > > dari
> > > > > sakit jiwa ke peruntungan yang baik.
> > > > >
> > > > > Perubahan ini terjadi karena kebajikan dari kenyataan
bahwa
> > > Orestes
> > > > > bersedia memikul tanggung jawab atas sakit jiwanya.
> > > > > Meskipun dia ingin dibebaskan darinya, dia tidak melihat
setan
> > > itu
> > > > > sebagai hukuman yang tidak pantas atau merasa bahwa dia
adalah
> > > korban
> > > > > dari masyarakat atau dari yang lain2nya.
> > > > > Sebagai akibat yang tak terelakkan dari kutukan yang
pertama
> > atas
> > > > > keluarga Atreus, setan2 itu juga melambangkan fakta bahwa
> > sakit
> > > jiwa
> > > > > adalah urusan keluarga, diciptakan atas seseorang oleh
orang
> > > tuanya
> > > > > atau nenek moyangnya sebagai dosa ayah yang ditimpakan
kepada
> > > anak2.
> > > > >
> > > > > Tetapi Orestes tidak menyalahkan keluarganya -- orang
tuanya
> > > ataupun
> > > > > kakeknya -- walaupun dia bisa.
> > > > >
> > > > > Juga dia tidak menyalahkan para Dewa atau "nasib".
> > > > >
> > > > > Sebaliknya dia menerima keadaannya sebagai sesuatu yang
> > > disebabkan
> > > > > oleh dirinya sendiri dan berupaya untuk menyembuhkannya.
> > > > >
> > > > > Itu merupakan proses yang panjang. Tetapi hasilnya adalah
diri
> > > > > menjadi sembuh dan melalui proses penyembuhan usahanya
> > sendiri,
> > > > > segala sesuatu yang tadinya menyebabkan dia menderita,
justru
> > > menjadi
> > > > > rahmat yang memberinya kebijakan.
> > > > >
> > > > > Every man's life is a fairytale written by God's fingers
(Hans
> > > > > Christian Andersen)
> > > > >
> > > > > Life is a jigsaw puzzle with most of the pieces missing.
> > > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > ---------------------------------
> > > Sent from Yahoo! &#45; a smarter inbox.
> > >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Your school could

win a $25K donation.

Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Dog Groups

on Yahoo! Groups

Share pictures &

stories about dogs.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar