Hiks…wong dedek saya ndiri juga belum sembuh mas…sori neh lagi sibuk buanget cari utangan
Salam,
Anwar
From: psikologi_transform
atif@yahoogroups [mailto:psikologi_transform.com atif@yahoogroups ] On Behalf Of goenardjoadi.com
Sent: Tuesday, October 02, 2007 4:32 PM
To: psikologi_transformatif@yahoogroups .com
Subject: [psikologi_transformatif] Re: Apakah SURGA dan NERAKA benar-benar ada? - HPS: Iblis, Jin, dan Malaikat
mas anwar.....
kemana aja? dicari sama mbak swastinika lho...
sampeyan ini mau terapi dedek saya kok ngabur? masih belum sembuh.
luka batin.
salam,
goen
--- In psikologi_transformatif@yahoogroups , "Anwar Haryono".com
<aharyono@...> wrote:
>
> Surga dan neraka itu di utaranya kutub utara...selatannya kutub
> selatan.he.he..
>
>
>
> Salam,
>
> Anwar
>
> Yak opo kabare mas Goen?
>
>
>
> _____
>
> From: psikologi_transformatif@yahoogroups .com
> [mailto:psikologi_transformatif@yahoogroups ] On Behalf Of.com
goenardjoadi
> Sent: Tuesday, October 02, 2007 12:03 PM
> To: psikologi_transformatif@yahoogroups .com
> Subject: [psikologi_transformatif] Re: Apakah SURGA dan NERAKA
benar-benar
> ada? - HPS: Iblis, Jin, dan Malaikat
>
>
>
> adanya surga itu karena neraka, siapa bilang itu 2 tempat? itu
satu
> tempat, menyatu.
>
> salam,
> goen
>
> --- In psikologi_transform
> <mailto: psikologi_transformatif%40yahoogrou >ps.com
atif@yahoogroups.com ,
> "nalaratih"
> <nalaratih@> wrote:
> >
> > mas as as ini....
> > mana enak cuma surga thok....
> > semua jadi puitikus nanti...heheheee
> >
> >
> > smile with me
> > Nala
> > *yang masih suka neraka dikit*
> >
> > --- In psikologi_transform
> <mailto: psikologi_transformatif%40yahoogrou >ps.com
atif@yahoogroups.com , as
> as
> > <as2004as_as@> wrote:
> > >
> > > Kalau di aku, Rez
> > > Adanya surga thok
> > > Tak ada nerakanya
> > > Lagi pula, cukup untuk semua orang
> > >
> > > Ayooooooo
> > > Bergabunglah ama akuuuuuuuuuuu
> > >
> > > sinagahp <sinagahp@> wrote:
> > > Namanya "surga dunia" atau "surga di dunia" Mas Goen ? :)
> > >
> > > salam,
> > > harez
> > >
> > > --- In psikologi_transform
> <mailto: psikologi_transformatif%40yahoogrou >ps.com
atif@yahoogroups.com ,
> "goenardjoadi"
> > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > >
> > > > Namun, akhirnya saya "gatel" juga untuk ikutan komentar
dalam
> > topik :
> > > > Benarkah Negeri AKHIRAT Tidak Kekal?.....Apakah SURGA dan
> NERAKA
> > > > benar-benar ada?
> > > >
> > > > GG: Surga itu dianggap banyak orang sebagai dunia setelah
> kita
> > mati,
> > > > saya mengerti mengapa persepsinya jadi begitu, karena
sewaktu
> > kita
> > > > mati maka body kita menjadi tidak significant, jadi tinggal
> jiwa
> > > > kita. maka sebenarnya surga itu adalah dunia jiwa kita.
> > > >
> > > > nah, bagi yang telah memiliki jati diri, atau istilahnya
telah
> > > > mendewasakan jiwanya, dengan banyak memberi makan jiwanya,
> maka
> > > > kehidupan jiwanya pun sudah ada di surga. jadi surga itu
> adalah
> > > > sekarang, kehidupan kekal itu sekarang, kehidupan penuh
> damai,
> > penuh
> > > > berkat, bebas hambatan, berkelimpahan rejeki, dan pahala.
> > > >
> > > > masalahnya adalah kemana kita mencari surga itu? surga bagi
> > jiwa
> > > > kita?
> > > >
> > > > untuk itu sebelumnya kita harus paham mengenai perilaku
> jiwa.
> > jiwa
> > > > itu sifatnya [softwarenya] adalah menolong jiwa-jiwa lainnya.
> > > >
> > > > oleh karena itu ketika Mother Theresa menolong jiwa-jiwa yang
> > > > sekarat, ternyata jiwa-jiwa itu tidak butuh banyak hal,
> paling
> > butuh
> > > > dekapan, kasih, dan perhatian, sehingga ketika sekarat
> jiwanya
> > tidak
> > > > melaknat Tuhan.
> > > >
> > > > banyak orang lain yang mencari surga lewat jalan menolong
> mayat-
> > > > mayat korban tabrak lari,
> > > >
> > > > menurut saya, menemukan surga adalah dengan menolong orang
> lain
> > > > dengan membangkitkan hidupnya, menyelamatkan orang lain
> supaya
> > mampu
> > > > menemukan jati dirinya, itu jauh lebih mulia secara dunia
> > akherat.
> > > >
> > > > kalau ditanya ini ada di ayat mana? di ayat goen 1.0
> > > >
> > > > salam,
> > > > goen
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transform
> <mailto: psikologi_transformatif%40yahoogrou >ps.com
atif@yahoogroups.com ,
> "sinagahp"
> > > > sinagahp@ wrote:
> > > > >
> > > > >
> > > > > --- In psikologi_transform
> <mailto: psikologi_transformatif%40yahoogrou >ps.com
atif@yahoogroups.com ,
> "swastinika"
> > > > > <swastinika@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > Nggak apa2 kok Bang. Memang dasarnya saya juga dari sana
> > kok ;).
> > > > Cuma
> > > > > > yang di-link yang sudah berbentuk artikel.. hehehe..,
> > karena saya
> > > > > > menghindari mengutip ayat2 untuk diskusi dengan teman
> yang
> > bukan
> > > > > muslim.
> > > > > > Nggak enak aja.. belum tentu semua orang senang
> dikutipkan
> > ayat2
> > > > bukan
> > > > > > dari kitab sucinya :)
> > > > > >
> > > > >
> > > > > harez:
> > > > >
> > > > > Wajar aja Swas kalau kamu punya perasaan nggak enak.
> Diskusi
> > soal
> > > > agama
> > > > > memang topik yang sensitif, baik antar agama maupun se
> agama.
> > Aku
> > > > juga
> > > > > pernah merasa begitu. Bahkan kalau jujur, faktor yang
turut
> > menjadi
> > > > > penyebab mengapa aku sempat "non aktif" di milis ini selama
> > > > beberapa
> > > > > waktu, selain faktor kesibukan ya faktor "nggak enak" itu.
> > Jujur
> > > > saja,
> > > > > tadinya saya cenderung menghindari diskusi yang terkait
> dengan
> > > > agama,
> > > > > teologis dan sejenisnya. Bukan saya tidak suka, tapi saya
> > pikir di
> > > > milis
> > > > > ini bukan itu fokus utamanya. Dalam diskusi-diskusi aawal
> > dengan
> > > > Mang
> > > > > Iyus, saya sudah menyatakan hal itu.
> > > > >
> > > > > Namun, akhirnya saya "gatel" juga untuk ikutan komentar
> dalam
> > > > topik :
> > > > > Benarkah Negeri AKHIRAT Tidak Kekal?.....Apakah SURGA dan
> > NERAKA
> > > > > benar-benar ada?
> > > > >
> > > > > yang dikirim oleh Wuryanano Raden
> > > > >
> > > >
> > http://groups.
>
< http://groups.yahoo.com/ >group/psikologi_ transformatif/ message/17181
> yahoo.com/group/psikologi_ transformatif/ message/17181
> > > > >
> > > >
> >
> < http://groups.
>
<http://groups.yahoo.com/ >group/psikologi_ transformatif/ message/17181
> yahoo.com/group/psikologi_ >transformatif/ message/17181
> > > > >
> > > > > terutama melihat ketidaknyaman yang dirasakan oleh rekan-
> rekan
> > > > > (khususnya yang Muslim), apalagi setelah Wuryanano Raden
> > > > mengeluarkan
> > > > > ayat-ayat Quran
> > > > >
> > > >
> > http://groups.
>
<http://groups.yahoo.com/ >group/psikologi_ transformatif/ message/17197
> yahoo.com/group/psikologi_ transformatif/ message/17197
> > > > >
> > > >
> >
> <http://groups.
>
< http://groups.yahoo.com/ >group/psikologi_ transformatif/ message/17197
> yahoo.com/group/psikologi_ >transformatif/ message/17197
> > > > >
> > > > > yang saya rasa seakan-akan semakin memojokkan rekan-rekan
> yang
> > > > Muslim.
> > > > > Karena itulah kemudian, saya ikutan nimbrung dengan
> > mengemukakan
> > > > hal-hal
> > > > > yang saya ketahui.
> > > > >
> > > >
> > http://groups.
>
< http://groups.yahoo.com/ >group/psikologi_ transformatif/ message/17206
> yahoo.com/group/psikologi_ transformatif/ message/17206
> > > > >
> > > >
> >
> < http://groups.
>
<http://groups.yahoo.com/ >group/psikologi_ transformatif/ message/17206
> yahoo.com/group/psikologi_ >transformatif/ message/17206
> > > > >
> > > > > Kemudian, dengan sadar saya mengajukan
> pertanyaan "Dimanakah
> > Tuhan
> > > > > Ketika IA Belum Mencipta?". Pesan yang ingin saya sampaikan
> > > > sebenarnya
> > > > > cuma satu, "Pemahaman Manusia Terhadap Tuhan Sangat
> Terbatas,
> > > > manusia
> > > > > memiliki banyak keterbatasan untuk memahami IA yang tak
> > terbatas".
> > > > >
> > > > > Tapi responsnya kan sangat beragam. Salah satu tanggapan
> yang
> > saya
> > > > rasa
> > > > > adalah respons tidak langsung adalah artikel yang dikirim
> Pak
> > > > Hudoyo
> > > > > yang berjudul "Penginjilan yang tidak sehat!" di:
> > > > >
> > > >
> > http://groups.
>
<http://groups.yahoo.com/ >group/psikologi_ transformatif/ message/17241
> yahoo.com/group/psikologi_ transformatif/ message/17241
> > > > >
> > > >
> >
> <http://groups.
>
< http://groups.yahoo.com/ >group/psikologi_ transformatif/ message/17241
> yahoo.com/group/psikologi_ >transformatif/ message/17241
> > > > >
> > > > > Ha...ha...ha... wah ini sudah nyerempet-nyerempet hal yang
> > ingin
> > > > saya
> > > > > hindari...:) Bisa mucul topik "Penginjilan yang tidak
> sehat
> > atau
> > > > > PemBudhaan yang tidak sehat". Itulah yang kemudian menjadi
> > > > precipitating
> > > > > factor, akhirnya saya non aktif dulu, karena kerjaanku
> numpuk,
> > > > keasyikan
> > > > > berdiskusi kan menyita waktu dan perhatian juga (seperti
> kata
> > Mas
> > > > Goen).
> > > > >
> > > > > Ikutan diskusi lagi gara-gara ada yang mengundang secara
> > personal
> > > > tapi
> > > > > dimasukkan ke milis.
> > > > >
> http://groups.
< http://groups.yahoo.com/ >group/vincentlio ng/message/ 22339
> yahoo.com/group/vincentliong/ message/22339
> > > > > <http://groups.
> < http://groups.yahoo.com/ >group/vincentlio ng/message/ 22339
> yahoo.com/group/vincentliong/ >message/22339
> > > > >
> > > > > Seetelah saya pelajari ternyata ada beberapa perkembangan
> > baru,
> > > > kemudian
> > > > > saya secara perlahan mencoba mulai ikut terlibat lagi.
> > > > >
> > > > > Jadi .... ya wajar saja kalau kamu merasa nggak
> enak/sungkan.
> > Tapi,
> > > > > berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya, kalau
> > diskusi/dialog
> > > > dengan
> > > > > rasa saling menghormati, maka ia bukan saja sekedar dapat
> > menjadi
> > > > > diskusi yang "tidak meng-uenegg-kan", bahkan bisa menjadi
> > suatu
> > > > > diskusi/dialog yang "mencerahkan" dan "menyejukkan". Saya
> > berharap
> > > > > diskusi/dialog kita ini dapat menjadi diskusi/dialog yang
> > demikian.
> > > > >
> > > > > Swas:
> > > > > > Betul, kalau dilihat kata per kata, ayat per ayat,
memang
> > ayat2
> > > > Al
> > > > > Quran
> > > > > > itu banyak yang [seolah2] bertentangan. Maka dari itu
saya
> > > > sendiri
> > > > > > menghindari pengutipan ayat, khawatir justru misleading.
> Itu
> > > > juga yang
> > > > > > sering saya himbau dari teman2 sesama muslim (paling
> tidak
> > dulu
> > > > > himbauan
> > > > > > ini pernah saya ajukan pada Hendrik Bakrie ;)) untuk
tidak
> > > > sepotong2
> > > > > > mengutip dan memaknai ayat.
> > > > > >
> > > > >
> > > > > harez:
> > > > > Ha....ha....ha.... Hendrik Bakrie adalah termasuk salah
> satu
> > member
> > > > > milis ini yang paling saya hargai. Dengan gaya urakan,
> > serampangan,
> > > > > impulsif, konyol .... dsb, sejauh yang saya lihat dia
tidak
> > punya
> > > > > "kepentingan apapun" selain berusaha "membagikan apa yang
> ia
> > yakini
> > > > > sebagai sesuatu yang baik dan benar". Kalau orang mau
> percaya
> > > > silahkan,
> > > > > kalau tidak ya abaikan saja. Yang mangkel mungkin banyak
> sih.
> > > > Tetapi,
> > > > > apa dia jual jasa .... ? Apa dia mendapatkan
> uang/keuntungan
> > dari
> > > > apa
> > > > > yang dia lakukan itu? Apa ada orang yang pernah merasa
> tertipu
> > > > olehnya
> > > > > .... ? Apa ada orang stress gara-gara dia ....? (Eh...,
> kalau
> > yang
> > > > ini
> > > > > malah Mas As As kayanya yang pernah stress (enggak enak
> > hati)).
> > > > > He....he....he.... pokoknya Hendrik Bakrie "top" di mata
> > saya ... !
> > > > >
> > > > > Swas:
> > > > > > Back to topic.. :)
> > > > > > ....
> > > > > > Yang saya tangkap dari segala tafsir ini adalah: dalam
> masa
> > > > manusia
> > > > > > belum diciptakan, yang ada hanya alam roh saja. Secara
> > gampang
> > > > disebut
> > > > > > sebagai "malaikat", yang diciptakan dari cahaya. Tapi..
> > selain
> > > > > malaikat
> > > > > > "standard", ada juga malaikat "limited edition" yang
> dibuat
> > dari
> > > > > "sumber
> > > > > > cahaya", yaitu api atau nyala api. "Malaikat dari sumber
> > cahaya"
> > > > > inilah
> > > > > > yang punya kemampuan lebih dari "malaikat2 standard".
> > > > >
> > > > > harez:
> > > > > Koq kaya mobil saja, pake "limited edition" segala ... :)
> > > > >
> > > > > Swas:
> > > > > > Itu yang menurut saya menjelaskan mengapa ketika ada
> > perintah
> > > > terhadap
> > > > > > malaikat, lantas seluruh malaikat bersujud, sementara
> iblis
> > > > menolak
> > > > > dan
> > > > > > muncul kalimat "dia adalah dari golongan jin, maka..".
> > Mungkin
> > > > kalimat
> > > > > > ini setara dengan kalimat seperti ini (ketika Timor
Leste
> > masih
> > > > jadi
> > > > > > bagian dari RI), "Seluruh bangsa Indonesia menyanyikan
> lagu
> > > > kebangsaan
> > > > > > Indonesia Raya ketika diperintahkan, kecuali si X. Si X
> ini
> > > > berasal
> > > > > dari
> > > > > > Pulau Timor bagian timur, maka.. ".
> > > > > >
> > > > >
> > > > > harez:
> > > > > Saya menggarisbawahi uraianmu pada paragraf terakhir.
> > Sepenangkapan
> > > > > saya, selintas kamu ingin menyatakan bahwa "gaya tutur"
> > atau "gaya
> > > > > penyampaian" perlu diperhatikan. Menurut saya, ini justru
> > salah
> > > > satu hal
> > > > > penting yang perlu diperhatikan.
> > > > >
> > > > > Sebagai contoh saya ambil salah satu ayat saja. Jika kita
> > simak QS
> > > > Al
> > > > > Baqarah 2:34 (mohon perhatikan kata illa) :
> > > > > "Wa-ith qulna lilmala-ikati osjudoo li-adama fasajadoo illa
> > > > ibleesa aba
> > > > > waistakbara..."
> > > > >
> > > > > Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para
> > > > Malaikat:"Sujudlah kamu
> > > > > kepada Adam", maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia
enggan
> > dan
> > > > takabur
> > > > > ..."
> > > > > Sejauh pengetahuan saya, makna asli kata "illa"
> > adalah "kecuali".
> > > > Kata
> > > > > ini umumnya dipakai dalam arti istisna (pengecualian) dan
> > terkadang
> > > > > dipakai juga dalam arti istisna munqatthi, yang
> pemahamannya
> > adalah
> > > > > pengecualian yang terpisah (terpotong). Artinya sesuatu
yang
> > > > > dikecualikan itu tidak harus sama jenisnya dengan sesuatu
> yang
> > > > > disebutkan pertama.
> > > > >
> > > > > Contohnya, perkataan "jaal-qaumu illa himaran", artinya
> adalah
> > > > > "orang-orang telah datang, terkecuali himar". Padahal
orang
> > dan
> > > > himar
> > > > > (sejenis keledai) adalah dua jenis makhluk yang berlainan.
> > > > Kejadian ini
> > > > > (dengan perkataan tersebut) sering ditemui dalam kisah
> ketika
> > > > seseorang
> > > > > atau sekelompok orang sedang menunggu rombongan dagang.
> > Rombongan
> > > > > orangnya sudah sampai, tapi rombongan keledainya (ya
> pastinya
> > > > dikawal
> > > > > juga oleh orang) belum sampai.
> > > > >
> > > > > Barangkali bisa digambarkan dalam suatu peperangan,
komandan
> > > > berteriak
> > > > > "bertiarap ...". Semuanya bertiarap, kecuali si Broni.
> Dalam
> > hal
> > > > ini,
> > > > > Broni misalnya adalah anjing atau binatang apa keq (kuda),
> > atau
> > > > yang
> > > > > lainnya...
> > > > >
> > > > > Bukankah begitu Swas?
> > > > >
> > > > > Pemahaman denagn memperhatikan gaya tutur ini, tampaknya
> > justru
> > > > menarik
> > > > > untuk diperhatikan bukan?
> > > > >
> > > > > Mudah-mudahan dapat lebih memperjelas dan bermanfaat.
> > > > >
> > > > > salam,
> > > > > harez
> > > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > --------------------- --------- ---
> > > Shape Yahoo! in your own image. Join our Network Research
Panel
> > today!
> > >
> >
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar