Pengen nanya nih Mbak Ratih... Kemaren itu abis ngobrol dg Alexander dan Mas Anwar di sini, kami melihat bahwa masyarakat kita (atau Jakarta saja?) sarat dengan pola pikir jangka pendek dan pragmatis.
Nah, gimana tuh? Apakah karena kecerobohan orang tua mereka? Apakah karena mereka digiring untuk menggunakan kelenjar according to secara berlebihan, sehingga malas mikir, atau ada kemungkinan lain barangkali?.
Be Fun
TuHanTu
http://hole-
--- In psikologi_transform
>
> On 1/8/08, ratih ibrahim personalgrowth@
>
> > ada beda tipis antara terlalu pintar, terlalu goblok dan terlalu gila...
> > tipisssssssssssssss
>
>
>
> melanjutkan email terdahulu, saya mengirimkan sebuah tulisan lagi di bawah
> ini.
> ini adalah bagian dari psikolog positif.
> untuk apa?
> untuk bahan kuliah dan pembekalan diri.
> mumpung saya lagi agak rajin online hari ini....
>
> maksud tulisan ini ?
> mengingatkan, bahwa penanganan yang keliru, apapun rasionalisasi yang
> menyertainya, tidak bakal berhasil membantu anak mengembangkan potensi
> kecerdasan dirinya secara benar, apalagi optimal...
> melainkan, bisa membuatnya jadi goblok....
> atau gila...
>
> ------------
> Semua Anak Pintar : Sebuah tinjauan tentang Multiple Intelligences Di susun
> oleh Ratih Andjayani Ibrahim, Psikolog
>
>
>
>
> Anak itu Berharga Bagi orangtuanya anak itu penting. Ia sangat berharga.
> Ia sangat istimewa. Dan saya yakin, semua orangtua yang normal juga akan
> memiliki penghayatan yang demikian terhadap anak-anaknya. Intinya, bagi
> orangtua, anak adalah harta yang tak ternilai lantaran luar biasa
> berharganya. Karenanya, saya juga yakin bahwa setiap orangtua mengidamkan
> masa depan yang sangat baik untuk anak-anaknya. Tidak hanya mengidamkan
> tetapi juga berusaha keras agar bisa mengakomodasi segala kebutuhan untuk
> membuat anak mampu tumbuh secara optimal, sebagai individu yang hebat dan *
> happy[1]<http://mail.
> *. Dan hal ini, adalah sesuatu yang hingga saat ini saya yakini tentang
> relasi antara orangtua anak.
>
>
>
> Bahkan ada seorang ahli pendidikan, John Gray Ph.D yang bilang bahwa
> "Anak-anak berasal dari Surga". Dan saya sangat setuju dengan pendapatnya! Anda
> pasti ingat bagaimana Anda dipenuhi sukacita yang sangat ketika mengetahui
> diri Anda atau pasangan Anda hamil. Dan memang betul, banyak orang yang
> percaya bahwa kehadiran anak-anak akan menggenapi kebahagiaan dalam sebuah
> keluarga. Dengan menjadi orangtua, pada dasarnya kita sebuah kehormatan
> besar, langsung dari Tuhan sendiri. Bagaimana tidak, jika berarti kita jadi
> terlibat secara langsung dalam karya penciptaan Allah? Jadi bayangkan betapa
> berharganya seorang anak. Ia dikirim langsung dari surga!
>
>
> Memesan Anak Kepada Tuhan
>
>
>
> Meski demikian, sekarang saya mengajak kita semua kembali ke masa awal
> sebelum anak-anak kita hadir. Coba ingat-ingat, pernahkah dulu kita berdoa,
> meminta diberi anak dengan kriteria tertentu? Ingin anak yang sehat, yang
> pintar, yang hebat, yang cakep, yang keren..... ingin anak lelaki, ingin
> anak perempuan, dst, dst.... Nah, kita memesan anak kepada Tuhan! Saya
> yakin, pesanan kita pasti yang bagus-bagus.
> saat si bocah betulan hadir? Mungkin sebagian dari kita menjadi begitu
> senang, sampai melupakan segala pesanannya. Yang penting pokoknya anaknya
> okelah. Atau ada yang kecewa, karena kok ternyata tidak sesuai amat dengan
> harapan kita. Apakah jangan-jangan Tuhan salah mengirimkan pesanan kita?
>
>
>
> Percayalah, Tuhan pasti tidak akan becanda untuk hal sepenting ini.
> Karenanya, saya juga yakin Tuhan tidak salah kirim. Masalahnya adalah cukup
> mampukah kita menerima si anak, dan memahami segala keistimewaan yang ia
> miliki.?
>
>
> * * *Successful Parents*
>
> * *
>
> Siapa sih yang tidak ingin berhasil dalam menjalankan perannya sebagai
> orangtua? Siapa yang tidak ingin punya anak-anak yang sehat, normal, dan
> pintar? Dan untuk itu orangtua juga ingin bisa membimbing anak-anaknya agar
> bisa tumbuh menjadi anak yang hebat. Untuk itu pula, maka biasanya para
> orangtua akan mengupayakan dengan sekuat tenaga agar bisa mengakomodasi
> segala harapan-harapan luhur bagi anaknya. Sayangnya, acapkali
> harapan-harapan
> yang baik tersebut kemudian berubah menjadi ambisi. Apalagi ketika kita
> mulai membandingkan anak kita dengan anak-anak lainnya. Bukan tidak mungkin
> ego kita jadi terusik. Lalu tanpa sadar kita mulai memasang standard tinggi
> untuk menjadikan anak kita menjadi "hebat" sesuai dengan versi yang kita
> punya, tanpa sungguh-sungguh mampu memahami keunikan dan kapasitas si anak.
> Hal ini bisa memicu frustrasi baik di anak maupun orangtuanya.
>
> Pertanyaannya sekarang, apakah anak kita memang pintar? Apakah anak kita
> hebat? Ya! Saya menjawab : YA !!! Semua anak pintar. Semua anak cerdas.
> Semua anak hebat. Tergantung apa definisi kita tentang hebat, cerdas dan
> pintar itu sendiri. Lalu kalau anak saya pintar, kenapa dia mentok di sana
> sini? Apa yang salah? Di mana yang keliru? Bagaimana menyikapinya?
>
>
>
> "Dosa "kita sebagai orangtua sebagaimana yang saya katakan sebelumnya
> adalah, kita sering tidak mampu memahami bahwa tidak ada satupun anak yang
> sama persis dengan anak lainnya. Ketika membandingkan anak kita dengan
> anak-anak lainnya, ego kita terusik. Kita ingin anak kita seperti anak lain.
> Kita ingin anak kita bisa lebih hebat dari anak yang lain. Misalnya, ketika
> anak-anak di sekitar kita beramai-ramai les biola, karena konon baik untuk
> mengoptimalkan kecerdasan, kita juga memaksa anak kita untuk ikut les biola.
> Dan lalu kita memaksa dia untuk berlatih biola supaya kalau bisa anak kita
> lebih mahir bermain biola dibandingkan teman-temannya. Atau, misalnya karena
> saat ini les bahasa Mandarin sedang jadi trend, anak kita pun kita ikutkan
> les bahasa Mandarin. Padahal tak satupun anggota di rumah yang berbahasa
> Mandarin. Belum lagi les-les yang lain-lain. Padahal, belum tentu segala
> kegiatan yang kita "paksakan" kepada anak itu cocok untuk anak.
>
>
>
> Setiap kali kita membaca buku tentang *parenting*, bertemu dengan para pakar
> perkembangan dan psikolog, biasanya kita diingatkan, bahwa setiap anak itu
> unik, istimewa dan berharga. Karena memang masing-masing anak memiliki
> karakteristiknya sendiri, bakatnya sendiri, keistimewaannya sendiri. Dan
> dalam hal ini peran orangtua dalam pendidikan anak adalah luar biasa
> penting. Di sekolah, peran tersebut diwakilkan kepada kepala sekolah
> sebagai orangtua dari sebuah keluarga bernama sekolah, dan kepada guru
> sebagai orangtua keluarga di kelas. James
> Stetson.[2]<http://mail.
> mengatakan tentang orangtua yang berhasil sebagai berikut : *"Successful
> Parents realize that children grow up not when they can take care of
> themselves but when they can take care of others and want to." *Jadi, coba
> bayangkan betapa sebuah penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak kita
> bukanlah sebuah proses yang main-main. Ada sebuah tanggung jawab yang sangat
> besar di situ. Tidak hanya untuk si anak sendirian, melainkan untuk semua
> anak lainnya. Untuk seluruh bangsa dan masa depannya.
>
>
>
> Nah sekarang apa yang perlu kita lakukan bersama anak kita? Agar metode
> belajar *learning[3]<http://mail.
> * yang kita selenggarakan bagi anak sesuai? Sehingga proses belajarnya bagi
> anak menjadi efektif? Dan agar efek dari belajar terjadi akan menguat?
>
>
>
>
> Mengidentifikasi Kecerdasan dan Bakat Anak
>
>
>
>
>
> Menjadi orangtua jelas bukan sebuah profesi yang mudah. Kita tidak pernah
> berskolah secara khusus untuk menjadi orangtua yang hebat. Kita belajar
> menjadi orangtua yang sebaik mungkin bisa kita upayakan dari seluruh
> pengalaman hidup kita, termasuk dari kesalahan-kesalahan yang kita lakukan.
> Namun saya sungguh percaya, bahwa pada dasarnya setiap orangtua sayang pada
> anaknya. Sehingga, jika dalam prakteknya "tanpa sengaja" terjadi
> kesalah-kesalahan dalam mengekspresikannya, saya yakin hal ini bukan
> lantaran si orangtua kurang mengasihi anaknya. Melainkan karena mungkin ia
> masih kurang mampu mengenali anaknya, untuk kemudian memahami si anak, lalu
> menemukan cara yang paling pas untuk bekerja bersama si anak.
>
>
>
> Saya katakan, bekerja bersama anak. Perhatikan kata : bersama anak. Sebuah
> pendidikan untuk anak tidak akan bisa berhasil, tanpa kerja sama dari anak.
> Untuk bisa berhasil sebagai orangtua kita harus mampu bekerja bersama anak.
> Dan untuk itu, selain kasih sayang, penghargaan dan penerimaan terhadap
> anak, kita juga perlu memahami sang anak, dengan segala kapasitas yang
> dimilikinya, karakter, bakat, potensi serta kecerdasannya.
>
>
>
> Cara yang paling umum dilakukan adalah orangtua membawa anaknya ke dokter
> anak, untuk mengenali segala yang berkaitan dengan perkembangan fisiologis
> anak. Lalu ke psikolog., untuk menggali segala potensi yang dimiliki anak,
> baik kecerdasan, minat, bakat dan karakteristik kepribadian anak. Dan yang
> terutama biasa diminta orangtua kepada psikolog adalah tes IQ. Mengapa?
> Karena tes IQ itu penting. Mengapa penting? Karena diminta oleh
> sekolah. Karena
> orangtua ingin tahu, agar bisa mengarahkan anak secara lebih tepat. Supaya
> bisa mengantisipasi keberhasilan maupun kegagalan anak di sekolah. Pokoknya
> IQ itu penting sekali.
>
>
>
> Ketika ditanya tentang apakah IQ? Maka secara umum IQ bisa dikatakan sebagai
> sebuah ukuran kecerdasan, kecepatan kita dalam berfikir, *intellectual
> skill.*[4]<http://mail.
> **
>
> * *
>
> * *
> Sebetulnya Kecerdasan itu Tunggal atau Majemuk lebih dari satu?
>
> * *
>
> Pertanyaannya sekarang, adalah sebetulnya kecerdasan itu tunggal atau lebih
> dari satu sih? Jika hanya satu, mengapa ada berbagai aspek lain yang
> menonjol pada anak kita dan tidak pada anak lainnya? Apakah itu bukan
> manifestasi dari kecerdasan juga?
>
>
>
> Sampai saat ini masih sangat banyak dari kita yang mengira kecerdasan hanya
> ada satu. Yaitu kecerdasan inteletual. Kecerdasan intelektual, adalah
> kecerdasan yang terutama dibutuhkan di bangku sekolah. Kecerdasan yang ini
> akan diukur dan biasanya diberi nilai selama seorang anak mengenyam
> pendidikan di sekolah. Berdasarkan nilai yang diperoleh ia akan mendapatkan
> "label" sebagai anak yang pintar atau bukan. Dan biasanya, ada nilai dari
> mata pelajaran tertentu yang dipercaya bahwa secara signifikan ia
> berkorelasi dengan kecerdasan anak. Salah satunya adalah matematika. Yang
> terjadi kemudian adalah, kita jadi *over postioning* terhadap mata pelajaran
> yang satu ini. Bahkan kemudian juga terhadap mata pelajaran lain yang
> bersinggungan dengan matematika, yaitu fisika dan kimia. Kebetulan ketiganya
> merupakan mata pelajaran utama dalam kelompok bidang ilmu eksakta. Oleh
> karena itu kita kemudian mengira anak-anak yang mampu menggeluti bidang ilmu
> ini adalah anak-anak yang superior, lebih cerdas ketimbang anak-anak
> lainnya.
>
> Masalahnya sekarang, mana ada sih orangtua yang tidak kepingin anaknya
> termasuk kelompok anak-anak cerdas, anak-anak hebat itu.Mengapa? Karena alam
> bawah sadar kita percaya bahwa yang kuat yang menang. Yang superior akan
> lebih unggul. Yang lebih unggul akan lebih berhasil dalam hidup. Karenanya
> apa yang kemudian dilakukan? Masuk bidang eksakta lalu dijadikan tujuan.
> Kalau perlu anak dipaksa, dimotivasi, diberi les habis-habisan agar bisa
> jago dalam matematika, dan/atau masuk jurusan IPA.
>
> Adalah Howard Gardner yang kemudian membuka mata dunia, termasuk kita, bahwa
> ternyata kecerdasan tidak bersifat tunggal. Kecerdasan ada beraneka ragam.
> Dan setiap orang, juga anak, memiliki karakteristik kecerdasannya
> sendiri-sendiri. Kecerdasan pada setiap orang bersifat sangat subyektif,
> dengan kekuatannya sendiri-sendiri, pun variasinya sendiri-sendiri.
>
> *Siapakah Howard
> Garner[5]<http://mail.
> ?*
>
> *I want my children to understand the world, but not just because the world
> is fascinating and the human mind is curious. I want them to understand it
> so that they will be positioned to make it a better place. Knowledge is not
> the same as morality, but we need to understand if we are to avoid past
> mistakes and move in productive directions. An important part of that
> understanding is knowing who we are and what we can do... Ultimately, we
> must synthesize our understandings for ourselves. The performance of
> understanding that try matters are the ones we carry out as human beings in
> an imperfect world which we can affect for good or for ill.
> (Howard Gardner 1999: 180-181)*
>
>
>
> *Apakah yang dimaksud dengan "Multiple Intelligences"
>
> Pada mulanya Gardner mengindentifikasi kecerdasan kedalam 7 kecerdasan
> utama, yaitu :
>
> 1. Verbal/ Linguistic
>
> 2. Logical/Mathematica
>
> 3. Visual/Spatial
>
> 4. Bodily/Kinesthetic
>
> 5. Musical
>
> 6. Interpesonal
>
> 7. Intrapersonal
>
> *Linguistic intelligence* - melibatkan kepekaan terhadap *spoken* *
> language* dan *written language*, kemampuan untuk mempelajari bahasa-bahasa,
> dan kapasitas untuk menggunakan bahasa demi mencapai tujuan-tujuan tertentu.
> Termasuk juga kemampuan untuk secara efektif menggunakan bahasa untuk
> mengekspresikan dirinya secara *rhetorically* atau *poetically*
> menggunakan bahasa sebagai sarana untuk mengingat informasi. *Writers* -
> penulis, *poets*, *lawyers* dan *speakers* adalah yang oleh Gardner dinilai
> memiliki kecerdasan linguistik yang tinggi.
>
> *Logical-mathematic
> menganalisa permasalahan secara logis, memecahkan perhitungan-
> matematika, menelaah berbagai permasalahan secara ilmiah. Berdasarkan
> Gardner, yang termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk mendeteksi pola,
> menalar secara deduktif dan berfikir logis. Tipe kecerdasan demikian
> memiliki asosiasi yang kuat dengan ilmu pengetahuan dan pemikiran
> matematika.
>
> *Musical intelligence - * melibatkan ketrampilan yang dibutuhkan untuk
> tampil dalam sebuah pertunjukan, komposisi, dan apresiasi terhadap pola-pola
> musikal. involves skill in the performance, composition, and appreciation of
> musical patterns. Termasuk di dalamnya kapasitas untuk mengenali dan membuat
> komposisi musik dari *pitches*, *tones*, dan *rhythms* irama. Menurut
> Howard Gardner musical intelligence secara struktural bersejajar dengan
> linguistic intelligence.
>
> *Bodily-kinesthetic intelligence* - membutuhkan potensi untuk menggunakan
> seluruh atau sebagian dari tubuh untuk mengatasi masalah - *to solve
> problems*. Yang merupakan *bodily-kinesthetic intelligence* merupakan
> kemampuan untuk menggunakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan
> gerakan-gerakan tubuh. Dalam hal ini Gardner melihat bahwa aktivitas mental
> dan fisik ternyata saling berhubungan.
>
> *Spatial intelligence - *melibatkan potensi untuk mengenali dan
> menggunakan pola ruang dalam lingkup ruang yang luas maupun yang terbatas.
>
> *Interpersonal intelligence* - memperhitungkan kapasitas yang dimiliki
> untuk memahami intensi, motivasi, hasrat dari orang lain. Empati. Ia
> memungkinkan orang untuk bisa bekerja secara efektif dengan orang
> lain. Pendidik
> *educators*, *salespeople*
> counsellors* adalah mereka yang membutuhkan *a well-developed interpersonal
> intelligence*
>
> *Intrapersonal intelligence* - membutuhkan kapasitas untuk bisa memahami
> diri sendiri, untuk menghayati dan menghargai perasaan, ketakutan, harapan
> dan motivasi diri sendiri. Menurut Howard, *Intrapersonal*
> *intelligence* melibatkan
> kemampuan untuk secara efektif bekerja dengan diri sendiri, dan sanggup
> mengatur diri sendiri.
>
> Di luar 7 kecerdasan yang dijelaskan di atas, ternyata masih ada
> bentuk-bentuk kecerdasan tambahan lainnya, yang saling berkaitan dan
> mendukung terbentuknya kecerdasan yang lainnya, yaitu :
>
> - naturalistic intelligences
> - spiritual intelligences
> - existential intelligences
> - moral intelligences
>
> *Naturalistic intelligences *memungkinkan manusia untuk mengenali, membuat
> kategori pengelompokkan, dan menggambarkan beraneka macam keistimewaan
> yang ada di lingkungannya. Kecerdasan ini menggabungkan antara gambaran
> tentang kemampuan dasar manusia dengan karakter-karakter peran dalam
> berbagai nilai budaya.
>
> *Bagaimana cara mengidentifikasi kecerdasan yang ada pada saya?*
>
> Setelah lebih memahami betapa berbedanya kecerdasan yang kita punya, bahwa
> setiap orang memiliki perbedaan individual yang sangat unik, kita jadi ingin
> tahu bagaimana mengidentifikasinya bukan? Ada beberapa cara yang bisa
> dilakukan. Diantaranya adalah mengobservasi diri sendiri secara lebih
> cermat. Kita juga bisa meminta masukan dari orang lain yang bisa dipercaya.
> Selain itu kita bisa mencoba menjawab beberapa
> kuis[6]<http://mail.
> yang bertujuan mengukur
> *multiple intelligences* kita. Pertanyaan selanjutnya adalah seberapa jujur
> kita mengamati diri kita sendiri dan dalam menjawab pertanyaan-pertanya
> tersebut. Mungkinkah ada harapan-harapan bawah sadar yang terikut di situ,
> sehingga mempengaruhi kualitas jawaban kita?
>
> Nah, hal yang sama juga terjadi pada anak kita. Tentu semakin muda usia anak
> akan semakin sulit bagi dia untuk menjawab pertanyaan-pertanya
> Pun untuk mencermati dirinya sendiri. Kitalah yang harus melakukannya bagi
> si anak. Tetapi sekali lagi, apakah kita mampu sungguh-sungguh peka dan
> jujur dalam mengamati maupun menjawab kuis tersebut untuk anak?
>
> Mengapa penting untuk bisa mendeteksi kecerdasan anak sejak dini adalah
> agar, mudah-mudahan kita bisa pas dalam membantu anak mengembangkan dirinya
> secara lebih sesuai dengan karakteristik yang ia miliki, dan tentunya juga
> lebih optimal.
>
> *Setelah teridentifikasi, lalu apa?*
>
> Sangat penting kita sadari bahwa mengenali MI itu bukan tujuan. MI adalah
> sarana untuk mengenal anak dan seluruh kapasitas potensinya secara lebih
> baik. Setelah memperoleh hasilnya, kita akanmelihat variasi-variasi
> kecerdasan yang ada pada anak. Pertanyaan sekarang, adalah apa yang bisa
> saya lakukan untuk membantu anak berkembang?
>
> Menurut Gardner ada hal-hal yang dibutuhkan untuk membantu mengembangkan MI
> pada anak-anak kita, sebagai berikut :
>
> 1. *Culture: support for diverse learners and hard work. * Acting on a
> value system which maintains that diverse students can learn and succeed,
> that learning is exciting, and that hard work by teachers is necessary.
>
> 2. *Readiness: awareness-building for implementing MI. *Building staff
> awareness of MI and of the different ways that students learn.
>
> 3. *Tool*: MI is a means to foster high quality work. Using MI as a
> tool to promote high quality student work rather than using the theory as an
> end in and of itself.
>
> 4. *Collaboration*
> constructive suggestions by the staff in formal and informal exchanges.
>
> 5. *Choice*: meaningful curriculum and assessment options. Embedding
> curriculum and assessment in activities that are valued both by students and
> the wider culture.
>
> 6. *Arts*. Employing the arts to develop children's skills and
> understanding within and across disciplines.
>
>
>
> *Bagaimana cara menyelenggarakannya
>
> Nah, untuk hal yang terakhir ini, adalah tugas kita untuk bersama-sama, juga
> bersama anak, untuk menemukannya.
>
>
> -o0o-
> ------------
>
> [1]<http://mail.
> Biddulph,1998, The Secret of Happy Children, Harper Collins Publishers
>
> [2]<http://mail.
> School Principal and Author, in Andrew Mullins, 2005. Parenting for
> Character. Equipping Your Child for Life.
>
>
>
> [3]<http://mail.
> A. Sprinthall, Richard C. Sprinthall, 1990. Educational Psychology
> A Development Approach. 5th edition. Mac Graw-Hill Publishing Company.
>
>
>
> *Learning referring to a process that leads to a relative permanent change
> in behavior resulting from past experience. Thus such activities as
> acquiring physical skills, memorizing poems, acquiring attitudes and
> prejudices or even tics and mannerisms are all examples of learning.
> Learning may be conscious or unconscious, adaptive or maladaptive, overt or
> covert. Although the learning process is typically measured on the basis of
> a change in performance, most psychologists agree that an accompanying
> change occurs within the nervous system. Though there are a great many
> theories and explanations concerning learning, there is general agreement
> regarding its definition.*
>
> * *
>
> [4]<http://mail.
> Ken
> Russell & Philip Carter, 1999. Test Your IQ, Foulsham The Publishing House.
>
> * *
>
> *IQ is the abbreviation for Intelligence Quotient. The dictionary definition
> of quotient is 'the number of times one quantity is contained within
> another'. The definition of intelligence is 'intellectual skill', 'mental
> brightness', quick of mind'.*
>
> * *
>
> *When measuring the IQ of a child, the child would attempt an intelligence
> test which had been given to thousands of children, and the results
> correlated so that the average score had been assessed for each age group.*
>
> [5]<http://mail.
> dalam "Short Biography of Howard Gardner"
>
> [6]<http://mail.
> Lihat
> "Self Quiz"
>
Earn your degree in as few as 2 years - Advance your career with an AS, BS, MS degree - College-Finder.net.
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___