Kamis, 01 November 2007

[psikologi_transformatif] Fwd: Re: [KomPati] RE: Yuk kita rame2 menghancurkan Vincent Liong

Mbak Pipiet,

bingung ya lihat orang-orang pada edun?

Monde nanya;) Hati nurani itu kebebasan, berdasarkan mengerti
kebenaran.. hmmm (berpikir..berpikir..berpikir..) Tapi bukan
kebebasan caci maki kan Mas Goen? Atau kebebasan mendukung caci
maki? aduh.. maaf ya ,Mas Goen sabar kan? Terima kasih Mas Goen.

Pipiet,

Mungkin karena kamu di pihak yang tercaci-maki, hanya kebetulan
pacarmu membela vincent, maka kelihatan sungguh aneh, wong wis tuo
kok melu-melu bengak-bengok.

Mungkin kita semua ini salah memiliki pemikiran bersama, bahwa
Kompati itu berbahhhhhhaya, karena anda di dalamnya masih adem ayem,
sambil melek merem mabok kebanyakan teh, dan kehangatan Mas
Merkurius Adhi.... hahahah hahahha, anda ada benarnya.

Ditinjau dari aspek Nurani, sebenarnya gak ada yang aneh dg
vincent, memang Vincent dari 23 bulan yang lalu juga edun, udah dari
sononya begini, korslet.

Tapi dari gelombang feedback masyarakat [sebenarnya sih, hanya 10
orang yang ada di daftar vincent], yang berbeda.

Seandainya yang 10 orang itu setuju, dan menganggap bahwa Vincent
sudah dari sononya korslet, maka Vincent akan kembali edun, dan
tidak ada lagi caci-maki ini.

Ada cerita seorang bijak yang mapu mendidik siapapun, siapapun,
darimanapun, dalam keadaan apapun, snaggup dibina, dididik,

ketika dikirim maling, maka malingnya insyaf,

ketika dikirim anak idiot, jadi waras,

ketika dikirim orang stress, jadi sembuh kembali IQ nya tinggi.

ketika dikirim kambing, ternyata gak bisa...... diapa-apain, gak
bisa,

Maka orang bijaknya bilang: "Kambing kalau diajarin dia meronta."

Pendapat kelompok Psi-trans ini sudah menunjukkan koreksi, namun
bila vincent nya sudah gak ada kesadaran, sudah dibilang Dewa
Anjing, malah kesenangan, agak sado masochist, ya percum tak bergun.

Sudah, mbak pipiet pake Adipitaloka lagi, Mas Merkurius boleh balik
lagi menulis yang dewasa, saya bantu anda untuk mendinginkan
suasana, dan bagaimana kita semua menerima ada orang edun di samping
kita.

anggap saja duduk di sebelah kambing.

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
<monde78100@...> wrote:
>
> Maaf Yth. Mas Goen,
> jari menari ini bukan milik Mas Merkurius Adhi. Tapi, Monde tidak
> bisa memaksa Mas Goen, mungkin ada hubungan khusus antara Mas Goen
> dan Mas Merkurius Adhi. Penjelasan Mas Goen sebagai pakar nurani,
> masih membuat Monde tercengang.. sampe hampir gosong monde cookies
> nya. Mas Goen menulis serangan ke ego (anjing)..? Wah.. anjing
punya
> ego ya.. hehehe..
>
> Monde sebagai pengagum Mas Goen, cuma merasa khawatir kalau ada
> pengagum lain, mungkin klien Mas Goen, pembaca buku nurani Mas
Goen
> yang mengikuti milis ini menjadi pingsan melihat tulisan Mas Goen
di
> milis ini. Begitu pun cara penarikan kesimpulan atas identitas
> Monde, ah ah.. bukan tidak mungkin nanti muncul id yang
> berteriak 'itu bukan Mas Goen penulis nurani, tidak mungkin
sependek
> itu penarikan kesimpulannya, tidak mungkin rangkaian kalimatnya
> begitu.. Mas Goen penulis nurani perangkai kalimat indah seperti
di
> bukunya.. tak mungkin.. tak mungkin..'
>
> Tapi akan Monde sodorin monde cookies agar pengagum Mas Goen tidak
> terlalu histeris;)
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> <goenardjoadi@> wrote:
> >
> > itu begini lho Mas Adhi,
> >
> > maksudnya bolavolley, pabrik_t, wonsosubali, ahli dekon itu
adalah
> > menyerang ego [anjing] secara langsung, tujuannya supaya ego itu
> > bisa dikalahkan, kemarin contohnya ketika sudah ditinggal
> Nalaratih
> > [eh, Mbak Isti], sudah kalap, sudah histeris, namun ego nya
masih
> > terlalu tinggi, sampai marah-marahin Mbak Swastinika, yang imut-
> > imut, ngundang rapat RT atas nama Yun Hok,
> >
> > jadi gak sembuh-sembuh, itu akibat ego tercampur dengan batin,
> > istilahnya komplikasi, jadi gak stabil, istilah kerennya chaotic
> > management.
> >
> >
> >
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > <monde78100@> wrote:
> > >
> > > Hehehe.. Mas Goen ini lho.. terlalu ramah, tadi Mas Merkurius
> > Adhi,
> > > sekarang Pak Yun Hok, ini absen ya? Lha.. pakar nurani kan Mas
> > Goen,
> > > ya Monde nanya ke Mas Goen dong, apa mesti beli bukunya? Wah..
> > > sepertinya selalu kehabisan, ga nemu-nemu.. jadi mumpung bisa
> > > langsung ngobrol di milis, Monde nanya;) Hati nurani itu
> > kebebasan,
> > > berdasarkan mengerti kebenaran.. hmmm
> > > (berpikir..berpikir..berpikir..) Tapi bukan kebebasan caci
maki
> > kan
> > > Mas Goen? Atau kebebasan mendukung caci maki? aduh.. maaf
> ya ,Mas
> > > Goen sabar kan? Terima kasih Mas Goen.
> > >
> > > Jadi beli monde nya? ada bonus special;)
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > >
> > > > yayaya, sekarang sudah agak sembuh, sudah balik rada cerdas.
> > > >
> > > > memihak? dipikir hati nurani itu sabar, tidak memihak?
siapa
> > > > bilang? hati nurani itu kebebasan, berdasarkan mengerti
> > > kebenaran.
> > > > nah, kalau sampeyan sudah mengerti, ya syukur, kalau gak
> ngerti-
> > > > ngerti ya dikembalikan ke Pak Yun Hok.
> > > >
> > > > salam,
> > > > goen
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > > > <monde78100@> wrote:
> > > > >
> > > > > Yang terhormast Mas Goen, kok maunya sama Mas Merkurius
Adhi
> > > > terus?
> > > > > Monde jadi nggak enak nih, duh, maafin Monde ya Mas
> Merkurius
> > > Adhi
> > > > > kalau baca. Untuk urusan marah-marah, apa yang marah-marah
> di
> > > > milis
> > > > > itu setelah didekon? Jadi semua sudah didekon ya?
Bagaimana
> > > > > dinamikanya dalam kacamata nurani Mas Goen? Monde dikasih
> > > > penjelasan
> > > > > dong rantainya, kalau cuma klaim, kesimpulan .. hehehe
Monde
> > > > > bingung.. kata Pak Guru di sekolah, kita harus menekankan
> dan
> > > > > menghargai proses, tidak hanya hasil akhir, sehingga bisa
> > > mendapat
> > > > > pemahaman menyeluruh dan tidak menghentikan proses
> > pembelajaran,
> > > > > kalau ada kekeliruan bisa kelihatan gitu.. bisa diurai.
> > > > >
> > > > > Kalau caci maki bagaimana Mas Goen? Pasti Mas Goen juga
> faham
> > > > > tentang amarah, bagaimana ekspresi marah yang positif,
tidak
> > > > anarki
> > > > > atau mencaci? Marah secara konstruktif, bagaimana hati
> nurani
> > di
> > > > > sini Mas Goen?
> > > > >
> > > > > Kok hati nurani mengincar kubu? Bukannya untuk menyelinap
> dan
> > > > > berbisik hingga mendatangkan saling pengertian dan damai?
> Apa
> > > > > hubungannya sama raba-raba Mas Goen? Aih.. sepertinya
Monde
> > > lihat
> > > > di
> > > > > sini banyak yang nuraninya pada gundul, mesti ditanamin
> lagi..
> > > lha
> > > > > Mas Goen yang penanam atau ..?
> > > > >
> > > > > Silahkan cicipin monde nya Mas Goen, sambil nyeruput teh
> > hangat
> > > > juga
> > > > > boleh, biar ga marah-marah;)
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > --- In
> psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > ya yayayaya,
> > > > > >
> > > > > > Mas Merkurius Adhi khan juga pernah marah-marah soal
asal
> > usul
> > > > > hati
> > > > > > nurani ini. ini juga karena efek dekon, amarah.
> > > > > >
> > > > > > kalau saya, saya mau di dekon sama Mas Merkurius Adhi,
> tapi
> > > gak
> > > > > pake
> > > > > > diraba-raba ya.
> > > > > >
> > > > > > salam,
> > > > > > goen
> > > > > > [suka geli....]
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > --- In
> psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> > > > > > <monde78100@> wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > Ternyata Mas Goen suka maen hom pim pah ya.. Monde
lebih
> > > > takjub
> > > > > > > lagi, karena Mas Goen kok bisa mengatakan 'semua juga
> > karena
> > > > > efek
> > > > > > > dekon, amarah' .. wah..wah.. atau diam-diam sudah
ikutan
> > > dekon
> > > > > ya?
> > > > > > > Siapa yang mendekon? atau mengamati pake nurani semua
> > > dekon,
> > > > > > lha..
> > > > > > > apa iya hasilnya amarah? Kalo begitu, besok-besok
temeni
> > > Monde
> > > > > > > jualan monde yang legit ya.. ke orang-orang yang
dekon,
> > > bukan
> > > > > > monde
> > > > > > > gosong deh.. nanti Monde bilang ke pabrik_t sekalian
> ajak
> > > > > pengawas
> > > > > > > yang super disiplin om haute.
> > > > > > >
> > > > > > > Tapi Mas Goen, bukankah maaf, minta maaf juga memberi
> maaf
> > > itu
> > > > > > dari
> > > > > > > nurani? kok hom pim pah, seperti petak umpet? Ah..
atau
> > hati
> > > > > > nurani
> > > > > > > ogah di sini? Bukannya itu yang dirindukan kala amarah
> > > > > menggelora
> > > > > > > (jika itu rasa yang didapat oleh Mas Goen dari dekon).
> > Atau
> > > > hati
> > > > > > > nurani itu ternyata bisa untuk hom pim pah? Monde rasa
> > perlu
> > > > > > berguru
> > > > > > > nurani juga ke Mas Goen (Mahaguru caci maki, pabrik_t,
> mau
> > > > > gabung
> > > > > > > tidak?) Mungkin bisa lahir mata kuliah Caci Maki
> berdasar
> > > > Nurani
> > > > > > > atau Nurani berdasar Caci Maki? Hm.. Monde tunggu
deh..
> > > > > > >
> > > > > > > Atau Mas Goen mau berbagi nurani di milis ini dengan
> > sepenuh
> > > > > hati
> > > > > > > nurani? Sudah sekian waktu kan Mas Goen di sini dengan
> > > nurani?
> > > > > > >
> > > > > > > Mas Goen mau beli monde juga? Ga bikin marah deh...
> > kecuali
> > > > kalo
> > > > > > > yang gosong, hehehe..
> > > > > > >
> > > > > > > ;)
> > > > > > >
> > > > > > > --- In
> > > psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > > > > > > <goenardjoadi@> wrote:
> > > > > > > >
> > > > > > > > hompimpah saja, siapa yang kalah minta maaf duluan,
> > lagian
> > > > ini
> > > > > > > semua
> > > > > > > > juga karena efek dekon, amarah.
> > > > > > > >
> > > > > > > > salam,
> > > > > > > > goen
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- In
> > psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "sinagahp"
> > > > > > > > <sinagahp@> wrote:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > --- In Komunikasi_Empati@yahoogroups.com, Mang
Iyus
> > > > > <juswan@>
> > > > > > > > wrote:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Netters,
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Kejadian ke Solo terjadi setidaknya 3 bulan yang
> > lampau.
> > > > > > Banyak
> > > > > > > hal
> > > > > > > > > telah berubah sejak waktu itu.
> > > > > > > > > Termasuk perubahan pada karakter Vincent sendiri
> yang
> > > > tampak
> > > > > > > bagi
> > > > > > > > saya
> > > > > > > > > yang "menjaga jarak"
> > > > > > > > > selama 3 bulan terakhir ini sehingga dapat melihat
> > > dengan
> > > > > > > > sedikit "lebih
> > > > > > > > > obyektif" karena tidak
> > > > > > > > > terlibat secara pribadi.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 1. Semua analisis, baik yang dilakukan oleh B.
> > Sudjanto
> > > > > maupun
> > > > > > > oleh
> > > > > > > > > Vincent, sifatnya "post hoc"
> > > > > > > > > Artinya analisis dibuat "post mortem" yaitu
SETELAH
> > > > semuanya
> > > > > > > telah
> > > > > > > > > terjadi dan menjadi data historis.
> > > > > > > > > Maka penafsiran terhadap kejadian tersebut
> > > > dilatarbelakangi
> > > > > > > > situasi dan
> > > > > > > > > kondisi SEKARANG ini,
> > > > > > > > > yaitu setelah terjadi PERUBAHAN paradigma berpikir
> > > maupun
> > > > > > > perubahan
> > > > > > > > > sikap dan perilaku ybs.
> > > > > > > > > Termasuk di dalamnya fakta adanya "peperangan
> virtual"
> > > di
> > > > > dunia
> > > > > > > > > maya/mailing list sebagai latar
> > > > > > > > > belakang pembuatan analisis. Akibatnya beberapa
> > > pandangan
> > > > > > > kemudian
> > > > > > > > > menjadi agak BIAS.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 2. Misalnya saja "tuduhan" Vincent bahwa Leo
> > mengajaknya
> > > > ke
> > > > > > Solo
> > > > > > > > dalam
> > > > > > > > > kerangka "black
> > > > > > > > > scenario" untuk "memojokkannya sejak awal". Saya
> > berani
> > > > > > berkata
> > > > > > > > bahwa
> > > > > > > > > hal ini PASTI tidak benar
> > > > > > > > > dan lebih merupakan suatu OPINI subyektif yang
> > apriori.
> > > > Saat
> > > > > > itu
> > > > > > > > > hubungan pribadi Vincent dan
> > > > > > > > > Leo masih baik-baik saja. Tuduhan bahwa Leo
menjadi
> > > bagian
> > > > > > dari
> > > > > > > > kubu
> > > > > > > > > Pabrik_T sama sekali
> > > > > > > > > tidak memiliki dasar, apalagi dasar yang kuat.
> Vincent
> > > > kini
> > > > > > > > melihatnya
> > > > > > > > > dari cermin yang sudah buram.
> > > > > > > > > Kata-kata seperti "ditindas dan "dipojokkan"
selama
> 2
> > > > minggu
> > > > > > > > aromanya
> > > > > > > > > sangat pleonasme juga.
> > > > > > > > > Permusuhan Vincent dengan Audifax juga dimulai
saat
> > > > Vincent
> > > > > > mau
> > > > > > > > mendepak
> > > > > > > > > Pabrik-T tetapi
> > > > > > > > > dicegah Audifax yang justru mengeluarkan Vincent
> dari
> > > > milis
> > > > > > Psi-
> > > > > > > > Trans.
> > > > > > > > > Kalau 'casus belli' itu tidak
> > > > > > > > > ada maka perang juga tidak terjadi. Kejadian
> Auduifax
> > > > > menginap
> > > > > > 2
> > > > > > > > bulan
> > > > > > > > > di rumah Vincent
> > > > > > > > > diungkit-ungkit beberapa kali. Kalau saya jadi
> > Auduifax
> > > > maka
> > > > > > > > sayapun
> > > > > > > > > akan meradang karena
> > > > > > > > > kesannya tidak tulus memberikan tumpangan bagi
yang
> > lagi
> > > > > > perlu.
> > > > > > > Ini
> > > > > > > > > membuat luka batin juga.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 3. Sebagai observer luar yang berusaha independen
> saya
> > > > > memang
> > > > > > > > mengamati
> > > > > > > > > adanya semacam
> > > > > > > > > "persaingan tersamar" yang "agak kurang sehat"
> antara
> > > Leo
> > > > > dan
> > > > > > > > Vincent
> > > > > > > > > walaupun saling mengaku
> > > > > > > > > sebagai "saudara angkat" tetapi sekaligus ada
> > > > > semacam "sibling
> > > > > > > > rivalry"
> > > > > > > > > untuk mengkatrol
> > > > > > > > > popularitas pribadi dan kulakan/bakulan masing-
> masing.
> > > > > > > > > Pada saat pertemuan di Pasca Sarjana Sahid maupun
di
> > > > > Kesehatan
> > > > > > > > > Masyarakat Untar, maka
> > > > > > > > > Leo tampak mencoba "mengkonter keadaan" dengan
> > > menunjukkan
> > > > > > > > kebolehannya
> > > > > > > > > dalam meramal
> > > > > > > > > Tarot. Padahal jelas-jelas bahwa "panggung
diskusi"
> > > > tersebut
> > > > > > > > tujuannya
> > > > > > > > > khusus membahas materi
> > > > > > > > > Komunikasi Empati. Jelas bahwa kesempatan meramal
> > secara
> > > > > > > > gratis "lebih
> > > > > > > > > menarik" daripada
> > > > > > > > > diskusi mengenai Komunikasi Empati yang berat-
berat
> > dan
> > > > > masih
> > > > > > > kabur
> > > > > > > > > entah "what species".
> > > > > > > > > Ada hubungan apa dan urusannya Komunikasi Empati
> > dengan
> > > > > Acara
> > > > > > > > Penebaran
> > > > > > > > > Tarot?
> > > > > > > > > Kalau semua terdekon bisa instant baca Tarot mka
> > kulakan
> > > > Leo
> > > > > > > sudah
> > > > > > > > pasti
> > > > > > > > > bakal terancam.
> > > > > > > > > Bahwa pada awalnya Leo selalu mendukung Vincent
> > > merupakan
> > > > > > fakta.
> > > > > > > > Namun
> > > > > > > > > tidak pula dapat
> > > > > > > > > diabaikan sebaliknya Leo juga "sedikit banyak"
> > mendapat
> > > > > > dukungan
> > > > > > > > dari
> > > > > > > > > Vincent pada saat
> > > > > > > > > kariernya sebagai pembaca tarot masih mandeg dan
> belum
> > > > > terlalu
> > > > > > > > terkenal
> > > > > > > > > seperti keadaannya
> > > > > > > > > akhir-akhir ini yang relatif sudah maju pesat
dengan
> > > klien
> > > > > > > > mancanegara
> > > > > > > > > pula.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 4. Jelas antara karakter Vincent yang polos,
> > > cengengesan,
> > > > > > kurang
> > > > > > > > santun,
> > > > > > > > > norak dan resek
> > > > > > > > > dan kerap menjengkelkan itu bersifat antagonis
> dengan
> > > > > karakter
> > > > > > > Leo
> > > > > > > > yang
> > > > > > > > > kalem, santun,
> > > > > > > > > siap melayani orang dengan (semula) ramalan
> gratisnya.
> > > > > > > > > Kalau ditanya omongan siapa yang lebih menarik dan
> > > > > dipercayai
> > > > > > > saya
> > > > > > > > pikir
> > > > > > > > > jawabannya juga jelas.
> > > > > > > > > Namun saya tidak mau bersikap hitam atau putih.
> Apakah
> > > Leo
> > > > > > atau
> > > > > > > > Vincent
> > > > > > > > > yang 'totally white'
> > > > > > > > > atau 'totally black'? Saya pikir tidak ada
> > kategorisasi
> > > > > > seperti
> > > > > > > itu
> > > > > > > > > untuk karakter manusia. Jadi tidak
> > > > > > > > > fair kalau membagi mereka menurut kriteria
tersebut.
> > > Yang
> > > > > satu
> > > > > > > > kulakan
> > > > > > > > > kompati yang lainnya kulakan
> > > > > > > > > Tarot. Yang satu kulakan Dekon yang lainnya
kulakan
> > > Rekon.
> > > > > > Yang
> > > > > > > > satu
> > > > > > > > > kulakan Instink yang
> > > > > > > > > lainnya kulakan Intuisi. Semula sih (katanya)
> inginnya
> > > > > saling
> > > > > > > > mengisi
> > > > > > > > > tetapi "setelah merasa kuat"
> > > > > > > > > ingin saling bersaing saling mematikan. Nafsu
> > mematikan
> > > > ini
> > > > > > > jelas-
> > > > > > > > jelas
> > > > > > > > > lebih kuat pada satu pihak
> > > > > > > > > yang pernah mengutuk (umpamanya soal futie dsb)
> > > > dibandingkan
> > > > > > > dengan
> > > > > > > > > pihak lainnya yang flat.
> > > > > > > > > Kedua-duanya "ngerjain" orang dengan bayaran
> (relatif
> > > > mahal)
> > > > > > > tetapi
> > > > > > > > > sama-sama tidak berani
> > > > > > > > > menjamin "keberhasilan" apapun dari kegiatan
> > operasinya.
> > > > > > > > > Adonan ramalan ialah 35% truth, 35% bullshit dan
30%
> > > > sugesti
> > > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > > Kalau ramalan nasib bagus tepat maka asalnya dari
> 35%
> > > > truth
> > > > > +
> > > > > > 30%
> > > > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > > Kalau nasib sial maka pasrah saja karena asalnya
35%
> > > > > bullshit
> > > > > > +
> > > > > > > 30%
> > > > > > > > > ngambang.
> > > > > > > > > Apapun kejadiannya outputnya dikonfontrir dengan
> > ramalan
> > > > > maka
> > > > > > > > peramal
> > > > > > > > > tetap safe terhadap
> > > > > > > > > tuduhan malpraktek. Begitu pula dengan dekon,
sejak
> > > > > > > semula "sudah
> > > > > > > > pasang
> > > > > > > > > tameng" bahwa
> > > > > > > > > tidak menjanjikan "perubahan" apapun. Jadi
> > > > kalau "mengharap
> > > > > > > > perubahan"
> > > > > > > > > maka salah sendiri
> > > > > > > > > kenapa mau didekon. Ibarat beli jamu obat kuat:
> > > jika 'jadi
> > > > > > joss'
> > > > > > > > maka
> > > > > > > > > diam-diam saja
> > > > > > > > > karena happy tetapi kalau 'tetap loyo' juga diam-
> diam
> > > saja
> > > > > > > karena
> > > > > > > > malu
> > > > > > > > > ketahuan bodonya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 5. Kini setelah Leo "mapan" dengan bisnis Tarot
dan
> M-
> > 3
> > > > > dengan
> > > > > > > > sistem
> > > > > > > > > tarif yang mirip sistem
> > > > > > > > > Vincent (mula-mula 300 kini 500 dan di Mal) tentu
> > mampu
> > > > > > > > berbicara "agak
> > > > > > > > > keras" karena
> > > > > > > > > sudah tidak membutuhkan sama sekali dukungan
apapun
> > dari
> > > > > > > Vincent,
> > > > > > > > baik
> > > > > > > > > secara moral
> > > > > > > > > apalagi secara material.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 6. Pemisahan 'elmu' yang "totally instinctive"
> > > > dan "totally
> > > > > > > > intuitive"
> > > > > > > > > saya pikir juga sangat absurd,
> > > > > > > > > tidak logis, sekaligus keliru juga. Mana ada
manusia
> > > yang
> > > > > > tidak
> > > > > > > > punya
> > > > > > > > > intuisi? Mana ada sih
> > > > > > > > > manusia yang tidak punya instink? Tajam atau
tumpul
> > soal
> > > > > kedua.
> > > > > > > > > Kebutuhan akan pangan,
> > > > > > > > > shelter dan seks jelas-jelas instinktif. Siapa
yang
> > gak
> > > > > punya?
> > > > > > > > Bahkan
> > > > > > > > > rohaniwan yang pedofil
> > > > > > > > > masih punya godaan-godaan seksual yang instinktif,
> > > > demikian
> > > > > > juga
> > > > > > > > mereka
> > > > > > > > > yang senang dijamu
> > > > > > > > > gelojoh/makan enak dan yang suka minum-minum
alkohol
> > di
> > > > > biara.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 7. Menurut paradigma evolusi Darwinian jelas pada
> otak
> > > > > manusia
> > > > > > > > tampak
> > > > > > > > > bahwa kemampuan-
> > > > > > > > > kemampuan instinktif MENDAHULUI kemampuan-
kemampuan
> > > > > intuitif.
> > > > > > > > Kemampuan
> > > > > > > > > yang terakhir
> > > > > > > > > ini baru dimulai pada saat homo sapiens memiliki
> organ
> > > > > > > > CEREBELLUM/otak
> > > > > > > > > kecil - neo-korteks
> > > > > > > > > untuk berpikir logis dan amygdala untuk merasakan
> > secara
> > > > > > > emosional
> > > > > > > > (
> > > > > > > > > yang lebih dulu ada
> > > > > > > > > dari neo korteks tetapi lebih belakangan dari
lobus
> > > > > > pendengaran
> > > > > > > dan
> > > > > > > > > penglihatan. Letaknya di
> > > > > > > > > endoencephalon).
> > > > > > > > > Maka kemampuan intuitif MELENGKAPI kemampuan
> > instinktif
> > > > dan
> > > > > > sama
> > > > > > > > sekali
> > > > > > > > > bukan untuk
> > > > > > > > > substitusi menggantikannya. Menuduh Vincent
totally
> > > > > unstinktif
> > > > > > > sama
> > > > > > > > > sekali tidak berdasar. Sic!
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 8. Fakta kehidupan modern membuktikan bahwa
> kemampuan-
> > > > > kemampuan
> > > > > > > > > instinktif manusia
> > > > > > > > > kota/urban telah menjadi semakin TUMPUL bahkan
> hampir
> > > > > lenyap.
> > > > > > > > Sedangkan
> > > > > > > > > pada manusia
> > > > > > > > > desa terutama daerah terpencil/terisolasi
kemampuan
> > > > > instinktif
> > > > > > > itu
> > > > > > > > masih
> > > > > > > > > sangat tajam dan kuat.
> > > > > > > > > Sistem pendidikan modern yang
> mengandalkan 'kecerdasan
> > > > > > rasional'
> > > > > > > > semakin
> > > > > > > > > menekan habis-
> > > > > > > > > habisan baik 'kemampuan intuitif'
apalagi 'kemampuan
> > > > > > instinktif'
> > > > > > > > > siswa-siswa sekolah maupun
> > > > > > > > > alumni akademik.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 9. Sinyalemen Vincent ada benarnya. Orang yang
> terlalu
> > > > > banyak
> > > > > > > > bicara
> > > > > > > > > soal "supra natural"
> > > > > > > > > ("bangunan atas = supra struktur) kerap kali
> > kehilangan
> > > > > > fondasi
> > > > > > > > yang
> > > > > > > > > kuat pada "struktur bawah".
> > > > > > > > > Melayang-layang di menara gading. Ibarat ilmu
silat
> > > tidak
> > > > > > > mempunyai
> > > > > > > > > bhesi/kuda-kuda yang
> > > > > > > > > kuat dan kalau sekali saja disabet kakinya pakai
> > sapuan
> > > > > bawah
> > > > > > > maka
> > > > > > > > > segera akan rubuh.
> > > > > > > > > Akibatnya, banyak orang yang menyibukkan diri
dengan
> > > > urusan
> > > > > > > > spiritual
> > > > > > > > > dan sorgawi tetapi
> > > > > > > > > sangat rapuh dalam soal soal keduniawian. Kedua
sub-
> > > > struktur
> > > > > > > inipun
> > > > > > > > > sidatnya
> > > > > > > > > KOMPLEMENTER dan sama sekali bukan diametral
apalagi
> > > > > > > antagonistik.
> > > > > > > > > Gereja atau mesjid juga tidak bisa dibangun kalau
> > tidak
> > > > ada
> > > > > > duit
> > > > > > > > para
> > > > > > > > > pengusaha donatur yang
> > > > > > > > > menjadi umatnya, bahkan untuk urusan makan dan
> > > lodgingnya
> > > > > juga.
> > > > > > > > > Tidak ada duit juga para paderi tidak bisa dikirim
> > untuk
> > > > > studi
> > > > > > S-
> > > > > > > 2
> > > > > > > > atau
> > > > > > > > > S-3 di manca negara.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 10. Pertanyaannya kemudian ialah mana yang perlu
> > > > > didahulukan?
> > > > > > > Bikin
> > > > > > > > > "fondasi" lebih dahulu atau
> > > > > > > > > pasang "atap". Tak usah jadi insinyur untuk
menjawab
> > > > > > pertanyaan
> > > > > > > > ini.
> > > > > > > > > Tanpa struktur fondasi
> > > > > > > > > tidak mungkin bisa dipasang atap. Orang tidak bisa
> > ujug-
> > > > > ujung
> > > > > > > mau
> > > > > > > > pasang
> > > > > > > > > dinding, apalagi atap,
> > > > > > > > > bila tidak pakai fondasi. Memang bisa, tetapi
begitu
> > ada
> > > > > > banjir,
> > > > > > > > longsor
> > > > > > > > > atau gempa maka seluruh
> > > > > > > > > bangunan jadi ambrol. Demikian pula yang
> > > > > > mengandalkan "kemampuan
> > > > > > > > > intuisi" saja bila terjadi
> > > > > > > > > gempa/longsor/banjir di kawasan dapurnya yang
tidak
> > > > berasap
> > > > > > maka
> > > > > > > > > semuanya jadi hancur
> > > > > > > > > berantakan tanpa ampun.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > 11. Anjing memang binatang dan dianggap "punya
> > perasaan"
> > > > > > > terutama
> > > > > > > > sifat
> > > > > > > > > "kesetiaan" dan tentu
> > > > > > > > > saja ini semua semata-mata hanyalah
soal "kebiasaan
> > yang
> > > > > > > terbentuk"
> > > > > > > > > selama beberapa kurun
> > > > > > > > > waktu. Pembandingan karakter manusia dengan
> kareakter
> > > > anjing
> > > > > > > > tentulah
> > > > > > > > > hanya bersifat analogi.
> > > > > > > > > Anjing tidak punya moral tetapi manusia seharusnya
> > > punya.
> > > > > > Karena
> > > > > > > > > amygdala belum berkembang
> > > > > > > > > pada organ otak anjing maka anjing akan menunggang
> > > > biangnya
> > > > > > > > sendiri. Hal
> > > > > > > > > itu tidak mungkin
> > > > > > > > > terjadi pada manusia yang beradab yang mampu
> > menghindari
> > > > > > hubungan
> > > > > > > > > incest.
> > > > > > > > > Maka menarik kesimpulan bahwa anjingpun mempunyai
> > > > kecerdasan
> > > > > > > logis
> > > > > > > > untuk
> > > > > > > > > membuat range
> > > > > > > > > dan scale (rentang dan skala) hanyalah PROYEKSI
> > > paradigma
> > > > > > > berpikir
> > > > > > > > > Vincent yang diterapkan
> > > > > > > > > pada anjing. Bukan secara ipso facto memang ada
> proses
> > > > > > berpikir
> > > > > > > > demikian
> > > > > > > > > itu pada seekor anjing.
> > > > > > > > > Kalau tesis Vincent benar maka semua anjing
manapun
> di
> > > > dunia
> > > > > > ini
> > > > > > > > mampu
> > > > > > > > > membuat rentang dan
> > > > > > > > > skala. Anehnya semua anjing pasti menggonggong ke
> > tukang
> > > > > korek-
> > > > > > > > korek
> > > > > > > > > sampah. Itulah instink
> > > > > > > > > murni anjing dan bukannya akibat proses dekon.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Ini hanya refleksi pribadi yang diusahakan
> seobyektif
> > > > > mungkin
> > > > > > > tanpa
> > > > > > > > > melakukan "judging" terhadap
> > > > > > > > > kedua sohib saya Vincent maupun Leo. Dan saya
hanya
> > > > (seperti
> > > > > > > > diajarkan
> > > > > > > > > Leo) harus "berbicara
> > > > > > > > > apa adanya" tanpa perlu merasa berpihak secara
> > partisan
> > > > > kepada
> > > > > > > > pihak
> > > > > > > > > manapun. Maaf-maaf kata
> > > > > > > > > kalau sekiranya ada yang merasa tersinggung oleh
> > > tanggapan
> > > > > > saya
> > > > > > > > ini.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Mang Iyus
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Vincent Liong wrote:
> > > > > > > > > Bagian I
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Pada saat pergi ke Solo tsb memang saya bermental
> > > > > > > > > > seperti bahkan lebih dari Blacky. Ketika seekor
> > Blacky
> > > > > > > > > > ditekan, dipojokkan diinjak-injak yang bisa
> dilakukan
> > > > > > > > > > hanya makan dan minum lebih, juga beol dan
kencing
> > > > > > > > > > lebih banyak. The point is saya harus membuat
> > > > > > > > > > subsitusi dari kondisi dipojokkan dan
dipermainkan
> > > > > > > > > > dengan cara makan, minum, belol dan kencing lebih
> > > > > > > > > > banyak dari seharusnya. Seekor Vincent Liong si
> > Blacky
> > > > > > > > > > akan menahan diri dengan sikap defensive selama
> > > > > > > > > > dirinya ditekan dan akan menggigit ketika dirinya
> > > > > > > > > > berkesempatan lari atau telah lepas dari tekanan
> > > > > > > > > > karena toh dirinya harus bertahan untuk tetap
hidup
> > > > > > > > > > sampai akhir masa terpojoknya. Seekor Blacky akan
> > > > > > > > > > lebih sakit hati apabila ditindas tanpa sebab-
> musebab
> > > > > > > > > > yang jelas bukan karena sebelumnya dia menindas
> pihak
> > > > > > > > > > yang menindasnya.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Leonardo Rimba meminta saya untuk menemaninya ke
> Solo
> > > > > > > > > > bersama anda saat itu adalah pada kondisi dimana
> > > > > > > > > > skenario tekanan mental yang sedang dijalankan
> dengan
> > > > > > > > > > sangat kuatnya di maillist, dlsb. Skenario untuk
> > > > > > > > > > memojokkan saya sejak awal dengan memanfaatkan
> sifat
> > > > > > > > > > anda yang tentunya lebih percaya kata-kata indah
> > > > > > > > > > Leonardo Rimba dibanding saya yang memang tidak
> tidak
> > > > > > > > > > menjilat anda untuk lebih menyukai atau percaya
> saya,
> > > > > > > > > > saya berusaha jadi orang apa adanya. Kata-kata
> > > > > > > > > > misalnya tentang begitu banyaknya korban
> kompatiologi
> > > > > > > > > > yang dibicarakan kepada anda memang tidak
> memerlukan
> > > > > > > > > > bukti kongkrit, hanya perlu cara menjelaskan yang
> > > > > > > > > > tampak sangat menjanjikan dan itu membuat anda
> > menjadi
> > > > > > > > > > berkacamata kuda hanya bisa melihat sisi buruk
> saya.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Saya tentunya sebagai manusia punya batas
ketahanan
> > > > > > > > > > mental. Untuk terror yang saat itu (sebelum ke
> Solo)
> > > > > > > > > > sudah berjalan sekitar dua bulan dengan
> pengkhianatan
> > > > > > > > > > Audifax sebagai kado ulangtahun buat saya, lalu
> > > > > > > > > > kelelahan itu ditambah jebakan yang tidak saya
> > > > > > > > > > sangka-sangka yang dipersiapkan sahabat saya
> sendiri
> > > > > > > > > > Leonardo Rimba untuk mendukung peran yang lain
dari
> > > > > > > > > > skenario yang dijalankan oleh Nurudin Asyhadie di
> > > > > > > > > > bawah provokasi Audifax. Saya bersyukur saya
masih
> > > > > > > > > > kuat, saya menjalaninya hingga usai pulang dari
> Solo.
> > > > > > > > > > Sempat tidak tahan tetapi ya berusaha tahan juga
> > > > > > > > > > melaluinya hingga saat ini sudah lebih dari
> setengah
> > > > > > > > > > tahun. Saya bersyukur bahwa saya masih hidup dan
> > > > > > > > > > ketahanan mental saya lebih kuat dari sebelumnya.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Bicara tentang anjing saya Blacky, saya tinggal
> > > > > > > > > > bersama anjing saya Blacky setiap hari sejak
kecil.
> > > > > > > > > > Jadi buat saya binatang itu (si blacky) kadang-
> kadang
> > > > > > > > > > bisa lebih manusiawi daripada manusia. Keyakinan
> akan
> > > > > > > > > > hal ini tentunya tidak dianut oleh orang yang
tidak
> > > > > > > > > > memelihara anjing secara intense tidur sekamar di
> > > > > > > > > > rumah. Blacky secara teori memang hidup hanya
untuk
> > > > > > > > > > makan dan beol, tetapi buat saja Blacky tahu
kapan
> > > > > > > > > > saya membutuhkan perhatian dan itu di luar urusan
> > > > > > > > > > kebutuhannya untuk sekedar makan.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Bagian I I
> > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Dalam kacamata kuda yang sudah ditanamkan
Leonardo
> > > > > > > > > > Rimba kepada anda, tentang betapa Blacky-nya
saya
> dan
> > > > > > > > > > betapa saya mendidik orang-orang saya menjadi
> > `Blacky'
> > > > > > > > > > (makhluk hidup yang mengukur data dengan
insting)
> > anda
> > > > > > > > > > memang selayaknya bingung soal mengapa saya masih
> > > > > > > > > > sedikit civilize dengan masih berpakaian,
> menggunakan
> > > > > > > > > > piama untuk tidur, mandi, dlsb yang dilakukan
> manusia
> > > > > > > > > > setiap hari tetapi tidak dilakukan anjing. Ini
> > > > > > > > > > pertanyaan yang bagus,semoga jawaban saya bisa
> > > > > > > > > > menjawab keingintahuan anda…
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Baik manusia maupun Blacky mengalami pengalaman
> > > > > > > > > > hidupnya dengan pengalaman indrawinya, ini yang
> > > > > > > > > > disebut insting kebinatangan, yang sangat
dianggap
> > > > > > > > > > rendah dan buruk oleh Leonardo Rimba. Baik
manusia
> > > > > > > > > > atau hewan masuk ke tahap selanjutnya yaitu
> memetakan
> > > > > > > > > > posisi-posisi dan rumus sebab-akibat dari
> pengalaman
> > > > > > > > > > tsb, ini mengapa baik manusia maupun Blacky bisa
> > > > > > > > > > dididik untuk be civilize, sampai dimana
civilize-
> nya
> > > > > > > > > > ya tergantung dari kebutuhan dan aturan yang
> > > > > > > > > > ditanamkan secara langsung atau secara sadar
tidak
> > > > > > > > > > sadar dipelajarinya. Misalnya si Blacky
peliharaan
> > > > > > > > > > saya suka tidur di ruangan ber-AC, menganggap
> rendah
> > > > > > > > > > derajat anjing lain yang dikandangkan di rumah
> saya,
> > > > > > > > > > menggaruk-garuk pintu saat ingin dibukakan pintu,
> > > > > > > > > > buang air di kebun, tidak suka menginjak lantai
> yang
> > > > > > > > > > basah, dlsb. Semut pun civilize dalam aturan
> > > > > > > > > > populasinya sendiri.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Yang membuat saya sungguh mengagumi Blacky
sebagai
> > > > > > > > > > anjing yang kadang-kadang bias lebih berusaha
> > civilize
> > > > > > > > > > dibanding manusia adalah ketika saya mengetahui
> > Blacky
> > > > > > > > > > mengalami sakit prostat sampai mengalami
kelumpuhan
> > > > > > > > > > setengah badan (kaki depan bias bergerak, tetapi
> otot
> > > > > > > > > > tulang punggung sampai kaki belakang mati) gara-
> gara
> > > > > > > > > > menahan kencing setiap hari di kamar saya. Dokter
> > > > > > > > > > hewan hanya menyarankan anjing saya disuntik
mati,
> > > > > > > > > > tetapi satu sikap Blacky yang membuat kami
> sekeluarga
> > > > > > > > > > respect padanya; Blacky setiap ingin pipis
berusaha
> > > > > > > > > > sekuat tenaga menggunakan kakidepannya yang belum
> > > > > > > > > > lumpuh untuk merangkak sampai ke taman berkerikil
> > > > > > > > > > tempatnya biasa buang air hingga tubuhnya luka-
> luka,
> > > > > > > > > > sakit prostat-nya membuat Blacky tidak mampu
> > > > > > > > > > mengontrol dan merasakan kalau dirinya sudah
> > > > > > > > > > mengeluarkan air kencing sehingga membuat lantai
> > > > > > > > > > menjadi kotor, jadi setiap kencing ayah saya
> > > > > > > > > > mencebokkan pantat dan burungnya Blacky. Hampir
> lima
> > > > > > > > > > juta rupiah kami sudah keluarkan untuk mencari
cara
> > > > > > > > > > menolong Blacky, berbagai dokter dicoba satu demi
> > > > > > > > > > satu, hingga akhirnya Blacky sembuh total dengan
> > > > > > > > > > bantuan seorang akupunturist khusus hewan,
padahal
> > > > > > > > > > harga seekor Blacky hanya satu juta rupiah.
Kalau
> > anda
> > > > > > > > > > sakit anda masih bisa memaafkan diri anda untuk
> > > > > > > > > > kencing di tempat tidur, tetapi seekor Blacky
tidak
> > > > > > > > > > memaafkan dirinya untuk hal semacam itu.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Secara alamiahnya intuisi adalah proses
> rekonstruksi
> > > > > > > > > > akibat lanjutan dari pengalaman ber-insting.
> > > > > > > > > > Aturan-aturan yang terbentuk dalam pengalaman
> insting
> > > > > > > > > > menghasilkan suatu teori, konsep, keyakinan,
> believe
> > > > > > > > > > system, dlsb dimana ada suatu titik tujuan
> kebenaran
> > > > > > > > > > yang paling mendekati mutlak yang bisa dicapai.
Ini
> > > > > > > > > > bisa berkaitan dengan hal ketuhanan kalau
> individunya
> > > > > > > > > > punya teori ketuhanan, atau bisa berkaitan dengan
> > > > > > > > > > suatu hal empiris, suatu keilmiahan, aturan main,
> > > > > > > > > > norma, dlsb.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Nah, believe system yang saya sering sindir dalam
> > > > > > > > > > konteks ilmu kompatiologi adalah adalah ketia
> > > > > > > > > > seseorang memiliki proses intuisi (memiliki
teori,
> > > > > > > > > > konsep, keyakinan, believe system, dlsb) yang
tidak
> > > > > > > > > > berhubungan dengan proses pengalaman instingnya.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Mengapa Leonardo Rimba selalu menjelek-jelekkan
> > > > > > > > > > insting adalah agar kliennnya tidak mau
menghargai
> > > > > > > > > > proses instingnya, langsung bicara intuisi dengan
> > > > > > > > > > teori, konsep, keyakinan, believe system, dlsb
yang
> > > > > > > > > > bikinan Leonardo Rimba bukan hasil proses
> pengalaman
> > > > > > > > > > kontemplasi orang itu sendiri. Kalau seorang
> manusia
> > > > > > > > > > memiliki hubungan relasi antara insting ke
intuisi
> > > > > > > > > > yang berkaitan erat maka tidak dibutuhkan lagi
> guru,
> > > > > > > > > > pembimbing spiritual juga peramal; orang itu
> menjadi
> > > > > > > > > > independent, ini yang dikahwatirkan Leonardo
Rimba
> > dan
> > > > > > > > > > juga ahli-ahli ilmupengetahuan social ilmiah,
> agama,
> > > > > > > > > > spiritual dan metafisika yang mengharapkan
> > > > > > > > > > ketergantungan klien kepada dirinya. Kalau proses
> > > > > > > > > > intuisi seseorang adalah hasil bikinan orang
lain
> > yang
> > > > > > > > > > tidak memiliki hubungan relasi dengan
instingnya,
> > maka
> > > > > > > > > > akibatnya orang tsb akan selalu membutuhkan
saran,
> > > > > > > > > > nasehat, bimbingan dari si pembuat proses
intuisi
> > yang
> > > > > > > > > > ada pada dirinya.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Kepentingan Vincent Liong sebagai pendiri
> > kompatiologi
> > > > > > > > > > dan Leonardo Rimba sebagai seorang peramal tarot
> dan
> > > > > > > > > > ahli mata ketiga terhadap kliennya adalah amat
> sangat
> > > > > > > > > > bertolakbelakang:
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Harapan seorang Vincent Liong terhadap kliennya
> > adalah
> > > > > > > > > > seseorang meminta bantuannya sekali saja dan
> > > > > > > > > > diharapkan agar orang tsb tidak sekalipun datang
ke
> > > > > > > > > > Vincent Liong untuk meminta pertolongan yang sama
> > > > > > > > > > seumur hidupnya. Itu kenapa rohaniwan Titus
> Budiyanto
> > > > > > > > > > mendatangi Vincent dari Bangka untuk belajar
> > > > > > > > > > kompatiologi dan bisa mengajarkannya ke kliennya
> > > > > > > > > > adalah karena kesedihannya sebagai rohaniawan
> > > > > > > > > > menghadapi klien yang makin hari makin
> ketergantungan
> > > > > > > > > > sehingga lebih mengharga bila bisa memberikan
klein
> > > > > > > > > > tsb independensi yang diharapkan bersifat
> permanent.
> > > > > > > > > > Itu alasannya mengapa setelah ikut dekon dan
> belajar
> > > > > > > > > > jadi pendekon Titus Budiyanto langsung berangkat
ke
> > > > > > > > > > Batam untuk mendekon sekitar 28 orang dalam kira-
> kira
> > > > > > > > > > 5 hari, lalu dilanjutkan dengan berkeliling
> > > > > > > > > > pulau-ke-pulau di kepulauan Riau yang terpencil
dan
> > > > > > > > > > sulit ada sarana komunikasi, satu kali memimpin
> umat
> > > > > > > > > > menjalankan ritual kerohaniannya dan sekali
> melakukan
> > > > > > > > > > dekon kompatiologi setiap hari.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Harapan seorang Leonardo Rimba terhadap kliennya
> > > > > > > > > > adalah seorang memintanya secara rutin
> > (berkelanjutan)
> > > > > > > > > > untuk diramal menggunakan kartu tarot, mengikuti
> > > > > > > > > > program konseling dan ilmu mata ketiganya.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Tentang "Democratic People Republic of Korea"
> (Korea
> > > > > > > > > > Utara), Vincent Liong memang bangga sebagai orang
> > > > > > > > > > Indonesia yang bisa melakukan observasi selama
satu
> > > > > > > > > > tahun lebih terhadap anak-anak aparat kedutaan
> Korea
> > > > > > > > > > Utara adalah kesempaan yang langka dan bisa
> digunakan
> > > > > > > > > > untuk mempelajari banyak hal dari kacamata
> > > > > > > > > > sudutpandang yang berbeda-beda.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Vincent Liong harus terus menelepon ke Jakarta
saat
> > > > > > > > > > itu adalah untuk memantau secara terus menerus
> > > > > > > > > > perkembangan teror yang sedang dijalankan ke
> segenap
> > > > > > > > > > praktisi kompatiologi, meskipun tekanan bagi
> Vincent
> > > > > > > > > > Liong sendiri tetap dialami sepanjang hari
melalui
> > > > > > > > > > provokasi Leonardo Rimba. Apa boleh buat Vincent
> > Liong
> > > > > > > > > > sebagai pendiri kompatiologi harus
bertanggungjawab
> > > > > > > > > > dalam kondisi apapun juga terhadap keselamatan
para
> > > > > > > > > > praktisi kompatiologi di Jakarta di masa teror
yang
> > > > > > > > > > begitu intens dan berkelanjutan. Hal ini tidak
ada
> > > > > > > > > > hubungannya dengan pengalaman Vincent Liong
> mengamati
> > > > > > > > > > secara partisipasi anak-anak aparat kedutaan
Korea
> > > > > > > > > > Utara.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Bagian I I I
> > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Peneliti Kompatiologi sudah meneliti menggunakan
> bau,
> > > > > > > > > > masalahnya bau mudah melekat di hidung sehingga
> sulit
> > > > > > > > > > digunakan sebagai alat sampler yang berdurasi
> cepat.
> > > > > > > > > > Menggunakan pengelihatan dan pendengaran juga
> pernah
> > > > > > > > > > kami coba, masalahnya orang sudah terlalu
> > > > > > > > > > berpengalaman berkomunikasi dengan pengelihatan
dan
> > > > > > > > > > pendengaran sehingga tidak bisa dilakukan
sampling
> > > > > > > > > > yang bebas dari intepretasi berdasarkan
pengalaman
> > > > > > > > > > verbal.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Ttd,
> > > > > > > > > > Vincent Liong
> > > > > > > > > > Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2007
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > --- End forwarded message
> > > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Yahoo! Groups

Wellness Spot

A resource for living

the Curves lifestyle.

Cat Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about cats.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: