Kamis, 10 Januari 2008

[psikologi_transformatif] (Bu Guru..Tuhantu nanya tuh)Re: apakah semua anak pintar?

Udah dijawab tuh Mas Audi, dengan terinci pula... Thank you ya, Bude Tih...

Be Fun

TuHanTu

http://hole-spirit.blogspot.com

 


--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "audivacx" <audivacx@...> wrote:
>
> Bu Guru...
> Tuhantu tunjuk jari mau nanya tuhhhh.
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "tuhantu_hantuhan"
> tuhantu_hantuhan@ wrote:
> >
> >
> > Pengen nanya nih Mbak Ratih... Kemaren itu abis ngobrol dg
> Alexander dan
> > Mas Anwar di sini, kami melihat bahwa masyarakat kita (atau Jakarta
> > saja?) sarat dengan pola pikir jangka pendek dan pragmatis.
> >
> > Nah, gimana tuh? Apakah karena kecerobohan orang tua mereka? Apakah
> > karena mereka digiring untuk menggunakan kelenjar according to
> secara
> > berlebihan, sehingga malas mikir, atau ada kemungkinan lain
> > barangkali?... Kira-kira ... according to... Bude Tih, gimana
> tuh...
> >
> > Be Fun
> >
> > TuHanTu
> >
> > http://hole-spirit.blogspot.com <http://hole-spirit.blogspot.com>
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "ratih ibrahim"
> > <personalgrowth@> wrote:
> > >
> > > On 1/8/08, ratih ibrahim personalgrowth@ wrote:
> > >
> > > > ada beda tipis antara terlalu pintar, terlalu goblok dan
> terlalu
> > gila...
> > > > tipisssssssssssssssssss......... sekali!
> > >
> > >
> > >
> > > melanjutkan email terdahulu, saya mengirimkan sebuah tulisan
> lagi di
> > bawah
> > > ini.
> > > ini adalah bagian dari psikolog positif.
> > > untuk apa?
> > > untuk bahan kuliah dan pembekalan diri.
> > > mumpung saya lagi agak rajin online hari ini....
> > >
> > > maksud tulisan ini ?
> > > mengingatkan, bahwa penanganan yang keliru, apapun rasionalisasi
> yang
> > > menyertainya, tidak bakal berhasil membantu anak mengembangkan
> potensi
> > > kecerdasan dirinya secara benar, apalagi optimal...
> > > melainkan, bisa membuatnya jadi goblok....
> > > atau gila...
> > >
> > >
> > -------------------------------------------------------------------
> -----\
> > ------------------------------------------------
> > > Semua Anak Pintar : Sebuah tinjauan tentang Multiple
> Intelligences Di
> > susun
> > > oleh Ratih Andjayani Ibrahim, Psikolog
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > Anak itu Berharga Bagi orangtuanya anak itu penting. Ia sangat
> > berharga.
> > > Ia sangat istimewa. Dan saya yakin, semua orangtua yang normal
> juga
> > akan
> > > memiliki penghayatan yang demikian terhadap anak-anaknya.
> Intinya,
> > bagi
> > > orangtua, anak adalah harta yang tak ternilai lantaran luar biasa
> > > berharganya. Karenanya, saya juga yakin bahwa setiap orangtua
> > mengidamkan
> > > masa depan yang sangat baik untuk anak-anaknya. Tidak hanya
> > mengidamkan
> > > tetapi juga berusaha keras agar bisa mengakomodasi segala
> kebutuhan
> > untuk
> > > membuat anak mampu tumbuh secara optimal, sebagai individu yang
> hebat
> > dan *
> > >
> > happy[1]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=\
> > inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn1>
> > > *. Dan hal ini, adalah sesuatu yang hingga saat ini saya yakini
> > tentang
> > > relasi antara orangtua – anak.
> > >
> > >
> > >
> > > Bahkan ada seorang ahli pendidikan, John Gray Ph.D yang bilang
> bahwa
> > > "Anak-anak berasal dari Surga". Dan saya sangat setuju dengan
> > pendapatnya! Anda
> > > pasti ingat bagaimana Anda dipenuhi sukacita yang sangat ketika
> > mengetahui
> > > diri Anda atau pasangan Anda hamil. Dan memang betul, banyak
> orang
> > yang
> > > percaya bahwa kehadiran anak-anak akan menggenapi kebahagiaan
> dalam
> > sebuah
> > > keluarga. Dengan menjadi orangtua, pada dasarnya kita sebuah
> > kehormatan
> > > besar, langsung dari Tuhan sendiri. Bagaimana tidak, jika
> berarti kita
> > jadi
> > > terlibat secara langsung dalam karya penciptaan Allah? Jadi
> bayangkan
> > betapa
> > > berharganya seorang anak. Ia dikirim langsung dari surga!
> > >
> > >
> > > Memesan Anak Kepada Tuhan
> > >
> > >
> > >
> > > Meski demikian, sekarang saya mengajak kita semua kembali ke
> masa awal
> > > sebelum anak-anak kita hadir. Coba ingat-ingat, pernahkah dulu
> kita
> > berdoa,
> > > meminta diberi anak dengan kriteria tertentu? Ingin anak yang
> sehat,
> > yang
> > > pintar, yang hebat, yang cakep, yang keren..... ingin anak
> lelaki,
> > ingin
> > > anak perempuan, dst, dst.... Nah, kita memesan anak kepada
> Tuhan! Saya
> > > yakin, pesanan kita pasti yang bagus-bagus.... Lalu, apa yang
> terjadi
> > pada
> > > saat si bocah betulan hadir? Mungkin sebagian dari kita menjadi
> begitu
> > > senang, sampai melupakan segala pesanannya. Yang penting pokoknya
> > anaknya
> > > okelah. Atau ada yang kecewa, karena kok ternyata tidak sesuai
> amat
> > dengan
> > > harapan kita. Apakah jangan-jangan Tuhan salah mengirimkan
> pesanan
> > kita?
> > >
> > >
> > >
> > > Percayalah, Tuhan pasti tidak akan becanda untuk hal sepenting
> ini.
> > > Karenanya, saya juga yakin Tuhan tidak salah kirim. Masalahnya
> adalah
> > cukup
> > > mampukah kita menerima si anak, dan memahami segala keistimewaan
> yang
> > ia
> > > miliki.?
> > >
> > >
> > > * * *Successful Parents*
> > >
> > > * *
> > >
> > > Siapa sih yang tidak ingin berhasil dalam menjalankan perannya
> sebagai
> > > orangtua? Siapa yang tidak ingin punya anak-anak yang sehat,
> normal,
> > dan
> > > pintar? Dan untuk itu orangtua juga ingin bisa membimbing anak-
> anaknya
> > agar
> > > bisa tumbuh menjadi anak yang hebat. Untuk itu pula, maka
> biasanya
> > para
> > > orangtua akan mengupayakan dengan sekuat tenaga agar bisa
> > mengakomodasi
> > > segala harapan-harapan luhur bagi anaknya. Sayangnya, acapkali
> > > harapan-harapan
> > > yang baik tersebut kemudian berubah menjadi ambisi. Apalagi
> ketika
> > kita
> > > mulai membandingkan anak kita dengan anak-anak lainnya. Bukan
> tidak
> > mungkin
> > > ego kita jadi terusik. Lalu tanpa sadar kita mulai memasang
> standard
> > tinggi
> > > untuk menjadikan anak kita menjadi "hebat" sesuai dengan versi
> yang
> > kita
> > > punya, tanpa sungguh-sungguh mampu memahami keunikan dan
> kapasitas si
> > anak.
> > > Hal ini bisa memicu frustrasi baik di anak maupun orangtuanya.
> > >
> > > Pertanyaannya sekarang, apakah anak kita memang pintar? Apakah
> anak
> > kita
> > > hebat? Ya! Saya menjawab : YA !!! Semua anak pintar. Semua anak
> > cerdas.
> > > Semua anak hebat. Tergantung apa definisi kita tentang hebat,
> cerdas
> > dan
> > > pintar itu sendiri. Lalu kalau anak saya pintar, kenapa dia
> mentok di
> > sana
> > > sini? Apa yang salah? Di mana yang keliru? Bagaimana
> menyikapinya?
> > >
> > >
> > >
> > > "Dosa "kita sebagai orangtua sebagaimana yang saya katakan
> sebelumnya
> > > adalah, kita sering tidak mampu memahami bahwa tidak ada satupun
> anak
> > yang
> > > sama persis dengan anak lainnya. Ketika membandingkan anak kita
> dengan
> > > anak-anak lainnya, ego kita terusik. Kita ingin anak kita
> seperti anak
> > lain.
> > > Kita ingin anak kita bisa lebih hebat dari anak yang lain.
> Misalnya,
> > ketika
> > > anak-anak di sekitar kita beramai-ramai les biola, karena konon
> baik
> > untuk
> > > mengoptimalkan kecerdasan, kita juga memaksa anak kita untuk
> ikut les
> > biola.
> > > Dan lalu kita memaksa dia untuk berlatih biola supaya kalau bisa
> anak
> > kita
> > > lebih mahir bermain biola dibandingkan teman-temannya. Atau,
> misalnya
> > karena
> > > saat ini les bahasa Mandarin sedang jadi trend, anak kita pun
> kita
> > ikutkan
> > > les bahasa Mandarin. Padahal tak satupun anggota di rumah yang
> > berbahasa
> > > Mandarin. Belum lagi les-les yang lain-lain. Padahal, belum tentu
> > segala
> > > kegiatan yang kita "paksakan" kepada anak itu cocok untuk anak.
> > >
> > >
> > >
> > > Setiap kali kita membaca buku tentang *parenting*, bertemu
> dengan para
> > pakar
> > > perkembangan dan psikolog, biasanya kita diingatkan, bahwa
> setiap anak
> > itu
> > > unik, istimewa dan berharga. Karena memang masing-masing anak
> memiliki
> > > karakteristiknya sendiri, bakatnya sendiri, keistimewaannya
> sendiri.
> > Dan
> > > dalam hal ini peran orangtua dalam pendidikan anak adalah luar
> biasa
> > > penting. Di sekolah, peran tersebut diwakilkan kepada kepala
> sekolah
> > –
> > > sebagai orangtua dari sebuah keluarga bernama sekolah, dan
> kepada guru
> > –
> > > sebagai orangtua keluarga di kelas. James
> > >
> > Stetson.[2]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&sear\
> >
> ch=inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn2>
> ,
> > > mengatakan tentang orangtua yang berhasil sebagai berikut :
> > *"Successful
> > > Parents realize that children grow up not when they can take
> care of
> > > themselves but when they can take care of others and want to."
> *Jadi,
> > coba
> > > bayangkan betapa sebuah penyelenggaraan pendidikan bagi anak-
> anak kita
> > > bukanlah sebuah proses yang main-main. Ada sebuah tanggung jawab
> yang
> > sangat
> > > besar di situ. Tidak hanya untuk si anak sendirian, melainkan
> untuk
> > semua
> > > anak lainnya. Untuk seluruh bangsa dan masa depannya.
> > >
> > >
> > >
> > > Nah sekarang apa yang perlu kita lakukan bersama anak kita? Agar
> > metode
> > > belajar –
> > *learning[3]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&sea\
> >
> rch=inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn3
> >
> > > * yang kita selenggarakan bagi anak sesuai? Sehingga proses
> belajarnya
> > bagi
> > > anak menjadi efektif? Dan agar efek dari belajar terjadi akan
> menguat?
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > Mengidentifikasi Kecerdasan dan Bakat Anak
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > Menjadi orangtua jelas bukan sebuah profesi yang mudah. Kita
> tidak
> > pernah
> > > berskolah secara khusus untuk menjadi orangtua yang hebat. Kita
> > belajar
> > > menjadi orangtua yang sebaik mungkin bisa kita upayakan dari
> seluruh
> > > pengalaman hidup kita, termasuk dari kesalahan-kesalahan yang
> kita
> > lakukan.
> > > Namun saya sungguh percaya, bahwa pada dasarnya setiap orangtua
> sayang
> > pada
> > > anaknya. Sehingga, jika dalam prakteknya "tanpa sengaja" terjadi
> > > kesalah-kesalahan dalam mengekspresikannya, saya yakin hal ini
> bukan
> > > lantaran si orangtua kurang mengasihi anaknya. Melainkan karena
> > mungkin ia
> > > masih kurang mampu mengenali anaknya, untuk kemudian memahami si
> anak,
> > lalu
> > > menemukan cara yang paling pas untuk bekerja bersama si anak.
> > >
> > >
> > >
> > > Saya katakan, bekerja bersama anak. Perhatikan kata : bersama
> anak.
> > Sebuah
> > > pendidikan untuk anak tidak akan bisa berhasil, tanpa kerja sama
> dari
> > anak.
> > > Untuk bisa berhasil sebagai orangtua kita harus mampu bekerja
> bersama
> > anak.
> > > Dan untuk itu, selain kasih sayang, penghargaan dan penerimaan
> > terhadap
> > > anak, kita juga perlu memahami sang anak, dengan segala
> kapasitas yang
> > > dimilikinya, karakter, bakat, potensi serta kecerdasannya..
> > >
> > >
> > >
> > > Cara yang paling umum dilakukan adalah orangtua membawa anaknya
> ke
> > dokter
> > > anak, untuk mengenali segala yang berkaitan dengan perkembangan
> > fisiologis
> > > anak. Lalu ke psikolog., untuk menggali segala potensi yang
> dimiliki
> > anak,
> > > baik kecerdasan, minat, bakat dan karakteristik kepribadian
> anak. Dan
> > yang
> > > terutama biasa diminta orangtua kepada psikolog adalah tes IQ.
> > Mengapa?
> > > Karena tes IQ itu penting. Mengapa penting? Karena diminta oleh
> > > sekolah. Karena
> > > orangtua ingin tahu, agar bisa mengarahkan anak secara lebih
> tepat.
> > Supaya
> > > bisa mengantisipasi keberhasilan maupun kegagalan anak di
> sekolah.
> > Pokoknya
> > > IQ itu penting sekali.
> > >
> > >
> > >
> > > Ketika ditanya tentang apakah IQ? Maka secara umum IQ bisa
> dikatakan
> > sebagai
> > > sebuah ukuran kecerdasan, kecepatan kita dalam berfikir,
> *intellectual
> > >
> > skill.*[4]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&searc\
> >
> h=inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn4>
> > > **
> > >
> > > * *
> > >
> > > * *
> > > Sebetulnya Kecerdasan itu Tunggal atau Majemuk – lebih dari satu?
> > >
> > > * *
> > >
> > > Pertanyaannya sekarang, adalah sebetulnya kecerdasan itu tunggal
> atau
> > lebih
> > > dari satu sih? Jika hanya satu, mengapa ada berbagai aspek lain
> yang
> > > menonjol pada anak kita dan tidak pada anak lainnya? Apakah itu
> bukan
> > > manifestasi dari kecerdasan juga?
> > >
> > >
> > >
> > > Sampai saat ini masih sangat banyak dari kita yang mengira
> kecerdasan
> > hanya
> > > ada satu. Yaitu kecerdasan inteletual. Kecerdasan intelektual,
> adalah
> > > kecerdasan yang terutama dibutuhkan di bangku sekolah.
> Kecerdasan yang
> > ini
> > > akan diukur dan biasanya diberi nilai selama seorang anak
> mengenyam
> > > pendidikan di sekolah. Berdasarkan nilai yang diperoleh ia akan
> > mendapatkan
> > > "label" sebagai anak yang pintar atau bukan. Dan biasanya, ada
> nilai
> > dari
> > > mata pelajaran tertentu yang dipercaya bahwa secara signifikan ia
> > > berkorelasi dengan kecerdasan anak. Salah satunya adalah
> matematika.
> > Yang
> > > terjadi kemudian adalah, kita jadi *over postioning* terhadap
> mata
> > pelajaran
> > > yang satu ini. Bahkan kemudian juga terhadap mata pelajaran lain
> yang
> > > bersinggungan dengan matematika, yaitu fisika dan kimia.
> Kebetulan
> > ketiganya
> > > merupakan mata pelajaran utama dalam kelompok bidang ilmu
> eksakta.
> > Oleh
> > > karena itu kita kemudian mengira anak-anak yang mampu menggeluti
> > bidang ilmu
> > > ini adalah anak-anak yang superior, lebih cerdas ketimbang anak-
> anak
> > > lainnya.
> > >
> > > Masalahnya sekarang, mana ada sih orangtua yang tidak kepingin
> anaknya
> > > termasuk kelompok anak-anak cerdas, anak-anak hebat itu.Mengapa?
> > Karena alam
> > > bawah sadar kita percaya bahwa yang kuat yang menang. Yang
> superior
> > akan
> > > lebih unggul. Yang lebih unggul akan lebih berhasil dalam hidup.
> > Karenanya
> > > apa yang kemudian dilakukan? Masuk bidang eksakta lalu dijadikan
> > tujuan.
> > > Kalau perlu anak dipaksa, dimotivasi, diberi les habis-habisan
> agar
> > bisa
> > > jago dalam matematika, dan/atau masuk jurusan IPA.
> > >
> > > Adalah Howard Gardner yang kemudian membuka mata dunia, termasuk
> kita,
> > bahwa
> > > ternyata kecerdasan tidak bersifat tunggal. Kecerdasan ada
> beraneka
> > ragam.
> > > Dan setiap orang, juga anak, memiliki karakteristik kecerdasannya
> > > sendiri-sendiri. Kecerdasan pada setiap orang bersifat sangat
> > subyektif,
> > > dengan kekuatannya sendiri-sendiri, pun variasinya sendiri-
> sendiri.
> > >
> > > *Siapakah Howard
> > >
> > Garner[5]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search\
> > =inbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn5>
> > > ?*
> > >
> > > *I want my children to understand the world, but not just
> because the
> > world
> > > is fascinating and the human mind is curious. I want them to
> > understand it
> > > so that they will be positioned to make it a better place.
> Knowledge
> > is not
> > > the same as morality, but we need to understand if we are to
> avoid
> > past
> > > mistakes and move in productive directions. An important part of
> that
> > > understanding is knowing who we are and what we can do...
> Ultimately,
> > we
> > > must synthesize our understandings for ourselves. The
> performance of
> > > understanding that try matters are the ones we carry out as human
> > beings in
> > > an imperfect world which we can affect for good or for ill.
> > > (Howard Gardner 1999: 180-181)*
> > >
> > >
> > >
> > > *Apakah yang dimaksud dengan "Multiple Intelligences"?*
> > >
> > > Pada mulanya Gardner mengindentifikasi kecerdasan kedalam 7
> kecerdasan
> > > utama, yaitu :
> > >
> > > 1. Verbal/ Linguistic
> > >
> > > 2. Logical/Mathematical
> > >
> > > 3. Visual/Spatial
> > >
> > > 4. Bodily/Kinesthetic
> > >
> > > 5. Musical
> > >
> > > 6. Interpesonal
> > >
> > > 7. Intrapersonal
> > >
> > > *Linguistic intelligence* - melibatkan kepekaan terhadap
> *spoken* *
> > > language* dan *written language*, kemampuan untuk mempelajari
> > bahasa-bahasa,
> > > dan kapasitas untuk menggunakan bahasa demi mencapai tujuan-
> tujuan
> > tertentu.
> > > Termasuk juga kemampuan untuk secara efektif menggunakan bahasa
> untuk
> > > mengekspresikan dirinya secara *rhetorically* atau *poetically*;
> dan
> > > menggunakan bahasa sebagai sarana untuk mengingat informasi.
> *Writers*
> > -
> > > penulis, *poets*, *lawyers* dan *speakers* adalah yang oleh
> Gardner
> > dinilai
> > > memiliki kecerdasan linguistik yang tinggi.
> > >
> > > *Logical-mathematical intelligence* - mengacu pada kapasitas
> untuk
> > > menganalisa permasalahan secara logis, memecahkan
> > perhitungan-perhitungan
> > > matematika, menelaah berbagai permasalahan secara ilmiah.
> Berdasarkan
> > > Gardner, yang termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk
> mendeteksi
> > pola,
> > > menalar secara deduktif dan berfikir logis. Tipe kecerdasan
> demikian
> > > memiliki asosiasi yang kuat dengan ilmu pengetahuan dan pemikiran
> > > matematika.
> > >
> > > *Musical intelligence - * melibatkan ketrampilan yang dibutuhkan
> untuk
> > > tampil dalam sebuah pertunjukan, komposisi, dan apresiasi
> terhadap
> > pola-pola
> > > musikal. involves skill in the performance, composition, and
> > appreciation of
> > > musical patterns. Termasuk di dalamnya kapasitas untuk mengenali
> dan
> > membuat
> > > komposisi musik dari *pitches*, *tones*, dan *rhythms* – irama.
> > Menurut
> > > Howard Gardner musical intelligence secara struktural bersejajar
> > dengan
> > > linguistic intelligence.
> > >
> > > *Bodily-kinesthetic intelligence* - membutuhkan potensi untuk
> > menggunakan
> > > seluruh atau sebagian dari tubuh untuk mengatasi masalah - *to
> solve
> > > problems*. Yang merupakan *bodily-kinesthetic intelligence*
> merupakan
> > > kemampuan untuk menggunakan kemampuan mental untuk
> mengkoordinasikan
> > > gerakan-gerakan tubuh. Dalam hal ini Gardner melihat bahwa
> aktivitas
> > mental
> > > dan fisik ternyata saling berhubungan..
> > >
> > > *Spatial intelligence - *melibatkan potensi untuk mengenali dan
> > > menggunakan pola ruang dalam lingkup ruang yang luas maupun yang
> > terbatas.
> > >
> > > *Interpersonal intelligence* - memperhitungkan kapasitas yang
> dimiliki
> > > untuk memahami intensi, motivasi, hasrat dari orang lain.
> Empati. Ia
> > > memungkinkan orang untuk bisa bekerja secara efektif dengan orang
> > > lain. Pendidik
> > > – *educators*, *salespeople*, *religious*, *political leaders*
> dan
> > *
> > > counsellors* adalah mereka yang membutuhkan *a well-developed
> > interpersonal
> > > intelligence*.
> > >
> > > *Intrapersonal intelligence* - membutuhkan kapasitas untuk bisa
> > memahami
> > > diri sendiri, untuk menghayati dan menghargai perasaan,
> ketakutan,
> > harapan
> > > dan motivasi diri sendiri. Menurut Howard, *Intrapersonal*
> > > *intelligence* melibatkan
> > > kemampuan untuk secara efektif bekerja dengan diri sendiri, dan
> > sanggup
> > > mengatur diri sendiri.
> > >
> > > Di luar 7 kecerdasan yang dijelaskan di atas, ternyata masih ada
> > > bentuk-bentuk kecerdasan tambahan lainnya, yang saling berkaitan
> dan
> > > mendukung terbentuknya kecerdasan yang lainnya, yaitu :
> > >
> > > - naturalistic intelligences
> > > - spiritual intelligences
> > > - existential intelligences
> > > - moral intelligences
> > >
> > > *Naturalistic intelligences *memungkinkan manusia untuk
> mengenali,
> > membuat
> > > kategori – pengelompokkan, dan menggambarkan beraneka macam
> > keistimewaan
> > > yang ada di lingkungannya. Kecerdasan ini menggabungkan antara
> > gambaran
> > > tentang kemampuan dasar manusia dengan karakter-karakter peran
> dalam
> > > berbagai nilai budaya.
> > >
> > > *Bagaimana cara mengidentifikasi kecerdasan yang ada pada saya?*
> > >
> > > Setelah lebih memahami betapa berbedanya kecerdasan yang kita
> punya,
> > bahwa
> > > setiap orang memiliki perbedaan individual yang sangat unik,
> kita jadi
> > ingin
> > > tahu bagaimana mengidentifikasinya bukan? Ada beberapa cara yang
> bisa
> > > dilakukan. Diantaranya adalah mengobservasi diri sendiri secara
> lebih
> > > cermat. Kita juga bisa meminta masukan dari orang lain yang bisa
> > dipercaya.
> > > Selain itu kita bisa mencoba menjawab beberapa
> > >
> > kuis[6]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=i\
> >
> nbox&th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftn6>sede
> rha\
> > na
> > > yang bertujuan mengukur
> > > *multiple intelligences* kita. Pertanyaan selanjutnya adalah
> seberapa
> > jujur
> > > kita mengamati diri kita sendiri dan dalam menjawab
> > pertanyaan-pertanyaan
> > > tersebut. Mungkinkah ada harapan-harapan bawah sadar yang
> terikut di
> > situ,
> > > sehingga mempengaruhi kualitas jawaban kita?
> > >
> > > Nah, hal yang sama juga terjadi pada anak kita. Tentu semakin
> muda
> > usia anak
> > > akan semakin sulit bagi dia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
> dalam
> > kuis.
> > > Pun untuk mencermati dirinya sendiri. Kitalah yang harus
> melakukannya
> > bagi
> > > si anak. Tetapi sekali lagi, apakah kita mampu sungguh-sungguh
> peka
> > dan
> > > jujur dalam mengamati maupun menjawab kuis tersebut untuk anak?
> > >
> > > Mengapa penting untuk bisa mendeteksi kecerdasan anak sejak dini
> > adalah
> > > agar, mudah-mudahan kita bisa pas dalam membantu anak
> mengembangkan
> > dirinya
> > > secara lebih sesuai dengan karakteristik yang ia miliki, dan
> tentunya
> > juga
> > > lebih optimal.
> > >
> > > *Setelah teridentifikasi, lalu apa?*
> > >
> > > Sangat penting kita sadari bahwa mengenali MI itu bukan tujuan.
> MI
> > adalah
> > > sarana untuk mengenal anak dan seluruh kapasitas potensinya
> secara
> > lebih
> > > baik. Setelah memperoleh hasilnya, kita akanmelihat variasi-
> variasi
> > > kecerdasan yang ada pada anak. Pertanyaan sekarang, adalah apa
> yang
> > bisa
> > > saya lakukan untuk membantu anak berkembang?
> > >
> > > Menurut Gardner ada hal-hal yang dibutuhkan untuk membantu
> > mengembangkan MI
> > > pada anak-anak kita, sebagai berikut :
> > >
> > > 1. *Culture: support for diverse learners and hard work. *
> Acting on a
> > > value system which maintains that diverse students can learn and
> > succeed,
> > > that learning is exciting, and that hard work by teachers is
> > necessary.
> > >
> > > 2. *Readiness: awareness-building for implementing MI. *Building
> staff
> > > awareness of MI and of the different ways that students learn.
> > >
> > > 3. *Tool*: MI is a means to foster high quality work. Using MI
> as a
> > > tool to promote high quality student work rather than using the
> theory
> > as an
> > > end in and of itself.
> > >
> > > 4. *Collaboration*: informal and formal exchanges. Sharing ideas
> and
> > > constructive suggestions by the staff in formal and informal
> > exchanges.
> > >
> > > 5. *Choice*: meaningful curriculum and assessment options.
> Embedding
> > > curriculum and assessment in activities that are valued both by
> > students and
> > > the wider culture.
> > >
> > > 6. *Arts*. Employing the arts to develop children's skills and
> > > understanding within and across disciplines.
> > >
> > >
> > >
> > > *Bagaimana cara menyelenggarakannya?*
> > >
> > > Nah, untuk hal yang terakhir ini, adalah tugas kita untuk
> > bersama-sama, juga
> > > bersama anak, untuk menemukannya.
> > >
> > >
> > > -o0o-
> > > ------------------------------
> > >
> > >
> > [1]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> >
> &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref1>Steve
> > > Biddulph,1998, The Secret of Happy Children, Harper Collins
> Publishers
> > >
> > >
> > [2]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref2>A
> > > School Principal and Author, in Andrew Mullins, 2005. Parenting
> for
> > > Character. Equipping Your Child for Life.
> > >
> > >
> > >
> > >
> > [3]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> >
> &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref3>Norma
> n
> > > A. Sprinthall, Richard C. Sprinthall, 1990. Educational
> Psychology
> > –
> > > A Development Approach. 5th edition. Mac Graw-Hill Publishing
> Company.
> > >
> > >
> > >
> > > *Learning referring to a process that leads to a relative
> permanent
> > change
> > > in behavior resulting from past experience. Thus such activities
> as
> > > acquiring physical skills, memorizing poems, acquiring attitudes
> and
> > > prejudices or even tics and mannerisms are all examples of
> learning.
> > > Learning may be conscious or unconscious, adaptive or
> maladaptive,
> > overt or
> > > covert. Although the learning process is typically measured on
> the
> > basis of
> > > a change in performance, most psychologists agree that an
> accompanying
> > > change occurs within the nervous system. Though there are a
> great many
> > > theories and explanations concerning learning, there is general
> > agreement
> > > regarding its definition.*
> > >
> > > * *
> > >
> > >
> > [4]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref4>
> > > Ken
> > > Russell & Philip Carter, 1999. Test Your IQ, Foulsham The
> Publishing
> > House.
> > >
> > > * *
> > >
> > > *IQ is the abbreviation for Intelligence Quotient. The dictionary
> > definition
> > > of quotient is 'the number of times one quantity is contained
> within
> > > another'. The definition of intelligence is 'intellectual skill',
> > 'mental
> > > brightness', quick of mind'.*
> > >
> > > * *
> > >
> > > *When measuring the IQ of a child, the child would attempt an
> > intelligence
> > > test which had been given to thousands of children, and the
> results
> > > correlated so that the average score had been assessed for each
> age
> > group.*
> > >
> > >
> > [5]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> >
> &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref5>Lihat
> > > dalam "Short Biography of Howard Gardner"
> > >
> > >
> > [6]<http://mail.google.com/mail/?
> ui=1&ik=76845a1764&view=cv&search=inbox\
> > &th=117580d9e808de86&ww=1003&cvap=1&qt=&zx=tquuwlrno92#_ftnref6>
> > > Lihat
> > > "Self Quiz"
> > >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Your school could

win a $25K donation.

Best of Y! Groups

Check out the best

of what Yahoo!

Groups has to offer.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: