HOHOHO (ketawa ala pabrik_t)..
Kang Kabayan ini bagaimana sih...
hari gene masih mempersoalkan identitas..bisa kena semprot lho ama
mas audifax dan sang guru pabrik_t...
apa itu identitas?
apa pentingnya Adhi atau Pitaloka? atau Adhipitaloka?
sehingga perlu diperjelas begitu?
ku bagi gratis aja nih monde nya buat bekal jadi penonton...
--- In psikologi_transform
<kabayangelo@
>
> TEU BOHONG ENTEU! KADANG ADHI KADANG PITALOKA NAMINA WAE
ADHIPITALOKA.
>
>
> On 10/31/07, monde78100 <monde78100@
> >
> > Maaf Yth. Mas Goen,
> > jari menari ini bukan milik Mas Merkurius Adhi. Tapi, Monde tidak
> > bisa memaksa Mas Goen, mungkin ada hubungan khusus antara Mas
Goen
> > dan Mas Merkurius Adhi. Penjelasan Mas Goen sebagai pakar nurani,
> > masih membuat Monde tercengang.. sampe hampir gosong monde
cookies
> > nya. Mas Goen menulis serangan ke ego (anjing)..? Wah.. anjing
punya
> > ego ya.. hehehe..
> >
> > Monde sebagai pengagum Mas Goen, cuma merasa khawatir kalau ada
> > pengagum lain, mungkin klien Mas Goen, pembaca buku nurani Mas
Goen
> > yang mengikuti milis ini menjadi pingsan melihat tulisan Mas
Goen di
> > milis ini. Begitu pun cara penarikan kesimpulan atas identitas
> > Monde, ah ah.. bukan tidak mungkin nanti muncul id yang
> > berteriak 'itu bukan Mas Goen penulis nurani, tidak mungkin
sependek
> > itu penarikan kesimpulannya, tidak mungkin rangkaian kalimatnya
> > begitu.. Mas Goen penulis nurani perangkai kalimat indah seperti
di
> > bukunya.. tak mungkin.. tak mungkin..'
> >
> > Tapi akan Monde sodorin monde cookies agar pengagum Mas Goen
tidak
> > terlalu histeris;)
> >
> >
> > --- In
psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "goenardjoadi"
> > <goenardjoadi@
> > >
> > > itu begini lho Mas Adhi,
> > >
> > > maksudnya bolavolley, pabrik_t, wonsosubali, ahli dekon itu
adalah
> > > menyerang ego [anjing] secara langsung, tujuannya supaya ego
itu
> > > bisa dikalahkan, kemarin contohnya ketika sudah ditinggal
> > Nalaratih
> > > [eh, Mbak Isti], sudah kalap, sudah histeris, namun ego nya
masih
> > > terlalu tinggi, sampai marah-marahin Mbak Swastinika, yang
imut-
> > > imut, ngundang rapat RT atas nama Yun Hok,
> > >
> > > jadi gak sembuh-sembuh, itu akibat ego tercampur dengan batin,
> > > istilahnya komplikasi, jadi gak stabil, istilah kerennya
chaotic
> > > management.
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > --- In
psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "monde78100"
> > > <monde78100@
> > > >
> > > > Hehehe.. Mas Goen ini lho.. terlalu ramah, tadi Mas Merkurius
> > > Adhi,
> > > > sekarang Pak Yun Hok, ini absen ya? Lha.. pakar nurani kan
Mas
> > > Goen,
> > > > ya Monde nanya ke Mas Goen dong, apa mesti beli bukunya?
Wah..
> > > > sepertinya selalu kehabisan, ga nemu-nemu.. jadi mumpung bisa
> > > > langsung ngobrol di milis, Monde nanya;) Hati nurani itu
> > > kebebasan,
> > > > berdasarkan mengerti kebenaran.. hmmm
> > > > (berpikir..berpikir
maki
> > > kan
> > > > Mas Goen? Atau kebebasan mendukung caci maki? aduh.. maaf
> > ya ,Mas
> > > > Goen sabar kan? Terima kasih Mas Goen.
> > > >
> > > > Jadi beli monde nya? ada bonus special;)
> > > >
> > > > --- In
psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "goenardjoadi"
> > > > <goenardjoadi@
> > > > >
> > > > > yayaya, sekarang sudah agak sembuh, sudah balik rada
cerdas.
> > > > >
> > > > > memihak? dipikir hati nurani itu sabar, tidak memihak?
siapa
> > > > > bilang? hati nurani itu kebebasan, berdasarkan mengerti
> > > > kebenaran.
> > > > > nah, kalau sampeyan sudah mengerti, ya syukur, kalau gak
> > ngerti-
> > > > > ngerti ya dikembalikan ke Pak Yun Hok.
> > > > >
> > > > > salam,
> > > > > goen
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > --- In
psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "monde78100"
> > > > > <monde78100@
> > > > > >
> > > > > > Yang terhormast Mas Goen, kok maunya sama Mas Merkurius
Adhi
> > > > > terus?
> > > > > > Monde jadi nggak enak nih, duh, maafin Monde ya Mas
> > Merkurius
> > > > Adhi
> > > > > > kalau baca. Untuk urusan marah-marah, apa yang marah-
marah
> > di
> > > > > milis
> > > > > > itu setelah didekon? Jadi semua sudah didekon ya?
Bagaimana
> > > > > > dinamikanya dalam kacamata nurani Mas Goen? Monde dikasih
> > > > > penjelasan
> > > > > > dong rantainya, kalau cuma klaim, kesimpulan .. hehehe
Monde
> > > > > > bingung.. kata Pak Guru di sekolah, kita harus menekankan
> > dan
> > > > > > menghargai proses, tidak hanya hasil akhir, sehingga bisa
> > > > mendapat
> > > > > > pemahaman menyeluruh dan tidak menghentikan proses
> > > pembelajaran,
> > > > > > kalau ada kekeliruan bisa kelihatan gitu.. bisa diurai.
> > > > > >
> > > > > > Kalau caci maki bagaimana Mas Goen? Pasti Mas Goen juga
> > faham
> > > > > > tentang amarah, bagaimana ekspresi marah yang positif,
tidak
> > > > > anarki
> > > > > > atau mencaci? Marah secara konstruktif, bagaimana hati
> > nurani
> > > di
> > > > > > sini Mas Goen?
> > > > > >
> > > > > > Kok hati nurani mengincar kubu? Bukannya untuk menyelinap
> > dan
> > > > > > berbisik hingga mendatangkan saling pengertian dan damai?
> > Apa
> > > > > > hubungannya sama raba-raba Mas Goen? Aih.. sepertinya
Monde
> > > > lihat
> > > > > di
> > > > > > sini banyak yang nuraninya pada gundul, mesti ditanamin
> > lagi..
> > > > lha
> > > > > > Mas Goen yang penanam atau ..?
> > > > > >
> > > > > > Silahkan cicipin monde nya Mas Goen, sambil nyeruput teh
> > > hangat
> > > > > juga
> > > > > > boleh, biar ga marah-marah;
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > --- In
> > psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "goenardjoadi"
> > > > > > <goenardjoadi@
> > > > > > >
> > > > > > > ya yayayaya,
> > > > > > >
> > > > > > > Mas Merkurius Adhi khan juga pernah marah-marah soal
asal
> > > usul
> > > > > > hati
> > > > > > > nurani ini. ini juga karena efek dekon, amarah.
> > > > > > >
> > > > > > > kalau saya, saya mau di dekon sama Mas Merkurius Adhi,
> > tapi
> > > > gak
> > > > > > pake
> > > > > > > diraba-raba ya.
> > > > > > >
> > > > > > > salam,
> > > > > > > goen
> > > > > > > [suka geli....]
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > --- In
> > psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "monde78100"
> > > > > > > <monde78100@
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ternyata Mas Goen suka maen hom pim pah ya.. Monde
lebih
> > > > > takjub
> > > > > > > > lagi, karena Mas Goen kok bisa mengatakan 'semua juga
> > > karena
> > > > > > efek
> > > > > > > > dekon, amarah' .. wah..wah.. atau diam-diam sudah
ikutan
> > > > dekon
> > > > > > ya?
> > > > > > > > Siapa yang mendekon? atau mengamati pake nurani semua
> > > > dekon,
> > > > > > > lha..
> > > > > > > > apa iya hasilnya amarah? Kalo begitu, besok-besok
temeni
> > > > Monde
> > > > > > > > jualan monde yang legit ya.. ke orang-orang yang
dekon,
> > > > bukan
> > > > > > > monde
> > > > > > > > gosong deh.. nanti Monde bilang ke pabrik_t sekalian
> > ajak
> > > > > > pengawas
> > > > > > > > yang super disiplin om haute.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Tapi Mas Goen, bukankah maaf, minta maaf juga memberi
> > maaf
> > > > itu
> > > > > > > dari
> > > > > > > > nurani? kok hom pim pah, seperti petak umpet? Ah..
atau
> > > hati
> > > > > > > nurani
> > > > > > > > ogah di sini? Bukannya itu yang dirindukan kala
amarah
> > > > > > menggelora
> > > > > > > > (jika itu rasa yang didapat oleh Mas Goen dari
dekon).
> > > Atau
> > > > > hati
> > > > > > > > nurani itu ternyata bisa untuk hom pim pah? Monde
rasa
> > > perlu
> > > > > > > berguru
> > > > > > > > nurani juga ke Mas Goen (Mahaguru caci maki,
pabrik_t,
> > mau
> > > > > > gabung
> > > > > > > > tidak?) Mungkin bisa lahir mata kuliah Caci Maki
> > berdasar
> > > > > Nurani
> > > > > > > > atau Nurani berdasar Caci Maki? Hm.. Monde tunggu
deh..
> > > > > > > >
> > > > > > > > Atau Mas Goen mau berbagi nurani di milis ini dengan
> > > sepenuh
> > > > > > hati
> > > > > > > > nurani? Sudah sekian waktu kan Mas Goen di sini
dengan
> > > > nurani?
> > > > > > > >
> > > > > > > > Mas Goen mau beli monde juga? Ga bikin marah deh...
> > > kecuali
> > > > > kalo
> > > > > > > > yang gosong, hehehe..
> > > > > > > >
> > > > > > > > ;)
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- In
> > > >
psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "goenardjoadi"
> > > > > > > > <goenardjoadi@
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > hompimpah saja, siapa yang kalah minta maaf duluan,
> > > lagian
> > > > > ini
> > > > > > > > semua
> > > > > > > > > juga karena efek dekon, amarah.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > salam,
> > > > > > > > > goen
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > --- In
> > >
psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "sinagahp"
> > > > > > > > > <sinagahp@> wrote:
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > --- In
Komunikasi_Empati@
40yahoogroups.
> > Mang Iyus
> > > > > > <juswan@>
> > > > > > > > > wrote:
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Netters,
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Kejadian ke Solo terjadi setidaknya 3 bulan yang
> > > lampau.
> > > > > > > Banyak
> > > > > > > > hal
> > > > > > > > > > telah berubah sejak waktu itu.
> > > > > > > > > > Termasuk perubahan pada karakter Vincent sendiri
> > yang
> > > > > tampak
> > > > > > > > bagi
> > > > > > > > > saya
> > > > > > > > > > yang "menjaga jarak"
> > > > > > > > > > selama 3 bulan terakhir ini sehingga dapat
melihat
> > > > dengan
> > > > > > > > > sedikit "lebih
> > > > > > > > > > obyektif" karena tidak
> > > > > > > > > > terlibat secara pribadi.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 1. Semua analisis, baik yang dilakukan oleh B.
> > > Sudjanto
> > > > > > maupun
> > > > > > > > oleh
> > > > > > > > > > Vincent, sifatnya "post hoc"
> > > > > > > > > > Artinya analisis dibuat "post mortem" yaitu
SETELAH
> > > > > semuanya
> > > > > > > > telah
> > > > > > > > > > terjadi dan menjadi data historis.
> > > > > > > > > > Maka penafsiran terhadap kejadian tersebut
> > > > > dilatarbelakangi
> > > > > > > > > situasi dan
> > > > > > > > > > kondisi SEKARANG ini,
> > > > > > > > > > yaitu setelah terjadi PERUBAHAN paradigma
berpikir
> > > > maupun
> > > > > > > > perubahan
> > > > > > > > > > sikap dan perilaku ybs.
> > > > > > > > > > Termasuk di dalamnya fakta adanya "peperangan
> > virtual"
> > > > di
> > > > > > dunia
> > > > > > > > > > maya/mailing list sebagai latar
> > > > > > > > > > belakang pembuatan analisis. Akibatnya beberapa
> > > > pandangan
> > > > > > > > kemudian
> > > > > > > > > > menjadi agak BIAS.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 2. Misalnya saja "tuduhan" Vincent bahwa Leo
> > > mengajaknya
> > > > > ke
> > > > > > > Solo
> > > > > > > > > dalam
> > > > > > > > > > kerangka "black
> > > > > > > > > > scenario" untuk "memojokkannya sejak awal". Saya
> > > berani
> > > > > > > berkata
> > > > > > > > > bahwa
> > > > > > > > > > hal ini PASTI tidak benar
> > > > > > > > > > dan lebih merupakan suatu OPINI subyektif yang
> > > apriori.
> > > > > Saat
> > > > > > > itu
> > > > > > > > > > hubungan pribadi Vincent dan
> > > > > > > > > > Leo masih baik-baik saja. Tuduhan bahwa Leo
menjadi
> > > > bagian
> > > > > > > dari
> > > > > > > > > kubu
> > > > > > > > > > Pabrik_T sama sekali
> > > > > > > > > > tidak memiliki dasar, apalagi dasar yang kuat.
> > Vincent
> > > > > kini
> > > > > > > > > melihatnya
> > > > > > > > > > dari cermin yang sudah buram.
> > > > > > > > > > Kata-kata seperti "ditindas dan "dipojokkan"
selama
> > 2
> > > > > minggu
> > > > > > > > > aromanya
> > > > > > > > > > sangat pleonasme juga.
> > > > > > > > > > Permusuhan Vincent dengan Audifax juga dimulai
saat
> > > > > Vincent
> > > > > > > mau
> > > > > > > > > mendepak
> > > > > > > > > > Pabrik-T tetapi
> > > > > > > > > > dicegah Audifax yang justru mengeluarkan Vincent
> > dari
> > > > > milis
> > > > > > > Psi-
> > > > > > > > > Trans.
> > > > > > > > > > Kalau 'casus belli' itu tidak
> > > > > > > > > > ada maka perang juga tidak terjadi. Kejadian
> > Auduifax
> > > > > > menginap
> > > > > > > 2
> > > > > > > > > bulan
> > > > > > > > > > di rumah Vincent
> > > > > > > > > > diungkit-ungkit beberapa kali. Kalau saya jadi
> > > Auduifax
> > > > > maka
> > > > > > > > > sayapun
> > > > > > > > > > akan meradang karena
> > > > > > > > > > kesannya tidak tulus memberikan tumpangan bagi
yang
> > > lagi
> > > > > > > perlu.
> > > > > > > > Ini
> > > > > > > > > > membuat luka batin juga.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 3. Sebagai observer luar yang berusaha independen
> > saya
> > > > > > memang
> > > > > > > > > mengamati
> > > > > > > > > > adanya semacam
> > > > > > > > > > "persaingan tersamar" yang "agak kurang sehat"
> > antara
> > > > Leo
> > > > > > dan
> > > > > > > > > Vincent
> > > > > > > > > > walaupun saling mengaku
> > > > > > > > > > sebagai "saudara angkat" tetapi sekaligus ada
> > > > > > semacam "sibling
> > > > > > > > > rivalry"
> > > > > > > > > > untuk mengkatrol
> > > > > > > > > > popularitas pribadi dan kulakan/bakulan masing-
> > masing.
> > > > > > > > > > Pada saat pertemuan di Pasca Sarjana Sahid
maupun di
> > > > > > Kesehatan
> > > > > > > > > > Masyarakat Untar, maka
> > > > > > > > > > Leo tampak mencoba "mengkonter keadaan" dengan
> > > > menunjukkan
> > > > > > > > > kebolehannya
> > > > > > > > > > dalam meramal
> > > > > > > > > > Tarot. Padahal jelas-jelas bahwa "panggung
diskusi"
> > > > > tersebut
> > > > > > > > > tujuannya
> > > > > > > > > > khusus membahas materi
> > > > > > > > > > Komunikasi Empati. Jelas bahwa kesempatan meramal
> > > secara
> > > > > > > > > gratis "lebih
> > > > > > > > > > menarik" daripada
> > > > > > > > > > diskusi mengenai Komunikasi Empati yang berat-
berat
> > > dan
> > > > > > masih
> > > > > > > > kabur
> > > > > > > > > > entah "what species".
> > > > > > > > > > Ada hubungan apa dan urusannya Komunikasi Empati
> > > dengan
> > > > > > Acara
> > > > > > > > > Penebaran
> > > > > > > > > > Tarot?
> > > > > > > > > > Kalau semua terdekon bisa instant baca Tarot mka
> > > kulakan
> > > > > Leo
> > > > > > > > sudah
> > > > > > > > > pasti
> > > > > > > > > > bakal terancam.
> > > > > > > > > > Bahwa pada awalnya Leo selalu mendukung Vincent
> > > > merupakan
> > > > > > > fakta.
> > > > > > > > > Namun
> > > > > > > > > > tidak pula dapat
> > > > > > > > > > diabaikan sebaliknya Leo juga "sedikit banyak"
> > > mendapat
> > > > > > > dukungan
> > > > > > > > > dari
> > > > > > > > > > Vincent pada saat
> > > > > > > > > > kariernya sebagai pembaca tarot masih mandeg dan
> > belum
> > > > > > terlalu
> > > > > > > > > terkenal
> > > > > > > > > > seperti keadaannya
> > > > > > > > > > akhir-akhir ini yang relatif sudah maju pesat
dengan
> > > > klien
> > > > > > > > > mancanegara
> > > > > > > > > > pula.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 4. Jelas antara karakter Vincent yang polos,
> > > > cengengesan,
> > > > > > > kurang
> > > > > > > > > santun,
> > > > > > > > > > norak dan resek
> > > > > > > > > > dan kerap menjengkelkan itu bersifat antagonis
> > dengan
> > > > > > karakter
> > > > > > > > Leo
> > > > > > > > > yang
> > > > > > > > > > kalem, santun,
> > > > > > > > > > siap melayani orang dengan (semula) ramalan
> > gratisnya.
> > > > > > > > > > Kalau ditanya omongan siapa yang lebih menarik
dan
> > > > > > dipercayai
> > > > > > > > saya
> > > > > > > > > pikir
> > > > > > > > > > jawabannya juga jelas.
> > > > > > > > > > Namun saya tidak mau bersikap hitam atau putih.
> > Apakah
> > > > Leo
> > > > > > > atau
> > > > > > > > > Vincent
> > > > > > > > > > yang 'totally white'
> > > > > > > > > > atau 'totally black'? Saya pikir tidak ada
> > > kategorisasi
> > > > > > > seperti
> > > > > > > > itu
> > > > > > > > > > untuk karakter manusia. Jadi tidak
> > > > > > > > > > fair kalau membagi mereka menurut kriteria
tersebut.
> > > > Yang
> > > > > > satu
> > > > > > > > > kulakan
> > > > > > > > > > kompati yang lainnya kulakan
> > > > > > > > > > Tarot. Yang satu kulakan Dekon yang lainnya
kulakan
> > > > Rekon.
> > > > > > > Yang
> > > > > > > > > satu
> > > > > > > > > > kulakan Instink yang
> > > > > > > > > > lainnya kulakan Intuisi. Semula sih (katanya)
> > inginnya
> > > > > > saling
> > > > > > > > > mengisi
> > > > > > > > > > tetapi "setelah merasa kuat"
> > > > > > > > > > ingin saling bersaing saling mematikan. Nafsu
> > > mematikan
> > > > > ini
> > > > > > > > jelas-
> > > > > > > > > jelas
> > > > > > > > > > lebih kuat pada satu pihak
> > > > > > > > > > yang pernah mengutuk (umpamanya soal futie dsb)
> > > > > dibandingkan
> > > > > > > > dengan
> > > > > > > > > > pihak lainnya yang flat.
> > > > > > > > > > Kedua-duanya "ngerjain" orang dengan bayaran
> > (relatif
> > > > > mahal)
> > > > > > > > tetapi
> > > > > > > > > > sama-sama tidak berani
> > > > > > > > > > menjamin "keberhasilan" apapun dari kegiatan
> > > operasinya.
> > > > > > > > > > Adonan ramalan ialah 35% truth, 35% bullshit dan
30%
> > > > > sugesti
> > > > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > > > Kalau ramalan nasib bagus tepat maka asalnya dari
> > 35%
> > > > > truth
> > > > > > +
> > > > > > > 30%
> > > > > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > > > Kalau nasib sial maka pasrah saja karena asalnya
35%
> > > > > > bullshit
> > > > > > > +
> > > > > > > > 30%
> > > > > > > > > > ngambang.
> > > > > > > > > > Apapun kejadiannya outputnya dikonfontrir dengan
> > > ramalan
> > > > > > maka
> > > > > > > > > peramal
> > > > > > > > > > tetap safe terhadap
> > > > > > > > > > tuduhan malpraktek. Begitu pula dengan dekon,
sejak
> > > > > > > > semula "sudah
> > > > > > > > > pasang
> > > > > > > > > > tameng" bahwa
> > > > > > > > > > tidak menjanjikan "perubahan" apapun. Jadi
> > > > > kalau "mengharap
> > > > > > > > > perubahan"
> > > > > > > > > > maka salah sendiri
> > > > > > > > > > kenapa mau didekon. Ibarat beli jamu obat kuat:
> > > > jika 'jadi
> > > > > > > joss'
> > > > > > > > > maka
> > > > > > > > > > diam-diam saja
> > > > > > > > > > karena happy tetapi kalau 'tetap loyo' juga diam-
> > diam
> > > > saja
> > > > > > > > karena
> > > > > > > > > malu
> > > > > > > > > > ketahuan bodonya.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 5. Kini setelah Leo "mapan" dengan bisnis Tarot
dan
> > M-
> > > 3
> > > > > > dengan
> > > > > > > > > sistem
> > > > > > > > > > tarif yang mirip sistem
> > > > > > > > > > Vincent (mula-mula 300 kini 500 dan di Mal) tentu
> > > mampu
> > > > > > > > > berbicara "agak
> > > > > > > > > > keras" karena
> > > > > > > > > > sudah tidak membutuhkan sama sekali dukungan
apapun
> > > dari
> > > > > > > > Vincent,
> > > > > > > > > baik
> > > > > > > > > > secara moral
> > > > > > > > > > apalagi secara material.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 6. Pemisahan 'elmu' yang "totally instinctive"
> > > > > dan "totally
> > > > > > > > > intuitive"
> > > > > > > > > > saya pikir juga sangat absurd,
> > > > > > > > > > tidak logis, sekaligus keliru juga. Mana ada
manusia
> > > > yang
> > > > > > > tidak
> > > > > > > > > punya
> > > > > > > > > > intuisi? Mana ada sih
> > > > > > > > > > manusia yang tidak punya instink? Tajam atau
tumpul
> > > soal
> > > > > > kedua.
> > > > > > > > > > Kebutuhan akan pangan,
> > > > > > > > > > shelter dan seks jelas-jelas instinktif. Siapa
yang
> > > gak
> > > > > > punya?
> > > > > > > > > Bahkan
> > > > > > > > > > rohaniwan yang pedofil
> > > > > > > > > > masih punya godaan-godaan seksual yang
instinktif,
> > > > > demikian
> > > > > > > juga
> > > > > > > > > mereka
> > > > > > > > > > yang senang dijamu
> > > > > > > > > > gelojoh/makan enak dan yang suka minum-minum
alkohol
> > > di
> > > > > > biara.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 7. Menurut paradigma evolusi Darwinian jelas pada
> > otak
> > > > > > manusia
> > > > > > > > > tampak
> > > > > > > > > > bahwa kemampuan-
> > > > > > > > > > kemampuan instinktif MENDAHULUI kemampuan-
kemampuan
> > > > > > intuitif.
> > > > > > > > > Kemampuan
> > > > > > > > > > yang terakhir
> > > > > > > > > > ini baru dimulai pada saat homo sapiens memiliki
> > organ
> > > > > > > > > CEREBELLUM/otak
> > > > > > > > > > kecil - neo-korteks
> > > > > > > > > > untuk berpikir logis dan amygdala untuk merasakan
> > > secara
> > > > > > > > emosional
> > > > > > > > > (
> > > > > > > > > > yang lebih dulu ada
> > > > > > > > > > dari neo korteks tetapi lebih belakangan dari
lobus
> > > > > > > pendengaran
> > > > > > > > dan
> > > > > > > > > > penglihatan. Letaknya di
> > > > > > > > > > endoencephalon)
> > > > > > > > > > Maka kemampuan intuitif MELENGKAPI kemampuan
> > > instinktif
> > > > > dan
> > > > > > > sama
> > > > > > > > > sekali
> > > > > > > > > > bukan untuk
> > > > > > > > > > substitusi menggantikannya. Menuduh Vincent
totally
> > > > > > unstinktif
> > > > > > > > sama
> > > > > > > > > > sekali tidak berdasar. Sic!
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 8. Fakta kehidupan modern membuktikan bahwa
> > kemampuan-
> > > > > > kemampuan
> > > > > > > > > > instinktif manusia
> > > > > > > > > > kota/urban telah menjadi semakin TUMPUL bahkan
> > hampir
> > > > > > lenyap.
> > > > > > > > > Sedangkan
> > > > > > > > > > pada manusia
> > > > > > > > > > desa terutama daerah terpencil/terisolas
kemampuan
> > > > > > instinktif
> > > > > > > > itu
> > > > > > > > > masih
> > > > > > > > > > sangat tajam dan kuat.
> > > > > > > > > > Sistem pendidikan modern yang
> > mengandalkan 'kecerdasan
> > > > > > > rasional'
> > > > > > > > > semakin
> > > > > > > > > > menekan habis-
> > > > > > > > > > habisan baik 'kemampuan intuitif'
apalagi 'kemampuan
> > > > > > > instinktif'
> > > > > > > > > > siswa-siswa sekolah maupun
> > > > > > > > > > alumni akademik.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 9. Sinyalemen Vincent ada benarnya. Orang yang
> > terlalu
> > > > > > banyak
> > > > > > > > > bicara
> > > > > > > > > > soal "supra natural"
> > > > > > > > > > ("bangunan atas = supra struktur) kerap kali
> > > kehilangan
> > > > > > > fondasi
> > > > > > > > > yang
> > > > > > > > > > kuat pada "struktur bawah".
> > > > > > > > > > Melayang-layang di menara gading. Ibarat ilmu
silat
> > > > tidak
> > > > > > > > mempunyai
> > > > > > > > > > bhesi/kuda-kuda yang
> > > > > > > > > > kuat dan kalau sekali saja disabet kakinya pakai
> > > sapuan
> > > > > > bawah
> > > > > > > > maka
> > > > > > > > > > segera akan rubuh.
> > > > > > > > > > Akibatnya, banyak orang yang menyibukkan diri
dengan
> > > > > urusan
> > > > > > > > > spiritual
> > > > > > > > > > dan sorgawi tetapi
> > > > > > > > > > sangat rapuh dalam soal soal keduniawian. Kedua
sub-
> > > > > struktur
> > > > > > > > inipun
> > > > > > > > > > sidatnya
> > > > > > > > > > KOMPLEMENTER dan sama sekali bukan diametral
apalagi
> > > > > > > > antagonistik.
> > > > > > > > > > Gereja atau mesjid juga tidak bisa dibangun kalau
> > > tidak
> > > > > ada
> > > > > > > duit
> > > > > > > > > para
> > > > > > > > > > pengusaha donatur yang
> > > > > > > > > > menjadi umatnya, bahkan untuk urusan makan dan
> > > > lodgingnya
> > > > > > juga.
> > > > > > > > > > Tidak ada duit juga para paderi tidak bisa
dikirim
> > > untuk
> > > > > > studi
> > > > > > > S-
> > > > > > > > 2
> > > > > > > > > atau
> > > > > > > > > > S-3 di manca negara.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 10. Pertanyaannya kemudian ialah mana yang perlu
> > > > > > didahulukan?
> > > > > > > > Bikin
> > > > > > > > > > "fondasi" lebih dahulu atau
> > > > > > > > > > pasang "atap". Tak usah jadi insinyur untuk
menjawab
> > > > > > > pertanyaan
> > > > > > > > > ini.
> > > > > > > > > > Tanpa struktur fondasi
> > > > > > > > > > tidak mungkin bisa dipasang atap. Orang tidak
bisa
> > > ujug-
> > > > > > ujung
> > > > > > > > mau
> > > > > > > > > pasang
> > > > > > > > > > dinding, apalagi atap,
> > > > > > > > > > bila tidak pakai fondasi. Memang bisa, tetapi
begitu
> > > ada
> > > > > > > banjir,
> > > > > > > > > longsor
> > > > > > > > > > atau gempa maka seluruh
> > > > > > > > > > bangunan jadi ambrol. Demikian pula yang
> > > > > > > mengandalkan "kemampuan
> > > > > > > > > > intuisi" saja bila terjadi
> > > > > > > > > > gempa/longsor/
tidak
> > > > > berasap
> > > > > > > maka
> > > > > > > > > > semuanya jadi hancur
> > > > > > > > > > berantakan tanpa ampun.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > 11. Anjing memang binatang dan dianggap "punya
> > > perasaan"
> > > > > > > > terutama
> > > > > > > > > sifat
> > > > > > > > > > "kesetiaan" dan tentu
> > > > > > > > > > saja ini semua semata-mata hanyalah
soal "kebiasaan
> > > yang
> > > > > > > > terbentuk"
> > > > > > > > > > selama beberapa kurun
> > > > > > > > > > waktu. Pembandingan karakter manusia dengan
> > kareakter
> > > > > anjing
> > > > > > > > > tentulah
> > > > > > > > > > hanya bersifat analogi.
> > > > > > > > > > Anjing tidak punya moral tetapi manusia
seharusnya
> > > > punya.
> > > > > > > Karena
> > > > > > > > > > amygdala belum berkembang
> > > > > > > > > > pada organ otak anjing maka anjing akan
menunggang
> > > > > biangnya
> > > > > > > > > sendiri. Hal
> > > > > > > > > > itu tidak mungkin
> > > > > > > > > > terjadi pada manusia yang beradab yang mampu
> > > menghindari
> > > > > > > hubungan
> > > > > > > > > > incest.
> > > > > > > > > > Maka menarik kesimpulan bahwa anjingpun mempunyai
> > > > > kecerdasan
> > > > > > > > logis
> > > > > > > > > untuk
> > > > > > > > > > membuat range
> > > > > > > > > > dan scale (rentang dan skala) hanyalah PROYEKSI
> > > > paradigma
> > > > > > > > berpikir
> > > > > > > > > > Vincent yang diterapkan
> > > > > > > > > > pada anjing. Bukan secara ipso facto memang ada
> > proses
> > > > > > > berpikir
> > > > > > > > > demikian
> > > > > > > > > > itu pada seekor anjing.
> > > > > > > > > > Kalau tesis Vincent benar maka semua anjing
manapun
> > di
> > > > > dunia
> > > > > > > ini
> > > > > > > > > mampu
> > > > > > > > > > membuat rentang dan
> > > > > > > > > > skala. Anehnya semua anjing pasti menggonggong ke
> > > tukang
> > > > > > korek-
> > > > > > > > > korek
> > > > > > > > > > sampah. Itulah instink
> > > > > > > > > > murni anjing dan bukannya akibat proses dekon.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Ini hanya refleksi pribadi yang diusahakan
> > seobyektif
> > > > > > mungkin
> > > > > > > > tanpa
> > > > > > > > > > melakukan "judging" terhadap
> > > > > > > > > > kedua sohib saya Vincent maupun Leo. Dan saya
hanya
> > > > > (seperti
> > > > > > > > > diajarkan
> > > > > > > > > > Leo) harus "berbicara
> > > > > > > > > > apa adanya" tanpa perlu merasa berpihak secara
> > > partisan
> > > > > > kepada
> > > > > > > > > pihak
> > > > > > > > > > manapun. Maaf-maaf kata
> > > > > > > > > > kalau sekiranya ada yang merasa tersinggung oleh
> > > > tanggapan
> > > > > > > saya
> > > > > > > > > ini.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Mang Iyus
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Vincent Liong wrote:
> > > > > > > > > > Bagian I
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Pada saat pergi ke Solo tsb memang saya
bermental
> > > > > > > > > > > seperti bahkan lebih dari Blacky. Ketika seekor
> > > Blacky
> > > > > > > > > > > ditekan, dipojokkan diinjak-injak yang bisa
> > dilakukan
> > > > > > > > > > > hanya makan dan minum lebih, juga beol dan
kencing
> > > > > > > > > > > lebih banyak. The point is saya harus membuat
> > > > > > > > > > > subsitusi dari kondisi dipojokkan dan
dipermainkan
> > > > > > > > > > > dengan cara makan, minum, belol dan kencing
lebih
> > > > > > > > > > > banyak dari seharusnya. Seekor Vincent Liong si
> > > Blacky
> > > > > > > > > > > akan menahan diri dengan sikap defensive selama
> > > > > > > > > > > dirinya ditekan dan akan menggigit ketika
dirinya
> > > > > > > > > > > berkesempatan lari atau telah lepas dari
tekanan
> > > > > > > > > > > karena toh dirinya harus bertahan untuk tetap
hidup
> > > > > > > > > > > sampai akhir masa terpojoknya. Seekor Blacky
akan
> > > > > > > > > > > lebih sakit hati apabila ditindas tanpa sebab-
> > musebab
> > > > > > > > > > > yang jelas bukan karena sebelumnya dia menindas
> > pihak
> > > > > > > > > > > yang menindasnya.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Leonardo Rimba meminta saya untuk menemaninya
ke
> > Solo
> > > > > > > > > > > bersama anda saat itu adalah pada kondisi
dimana
> > > > > > > > > > > skenario tekanan mental yang sedang dijalankan
> > dengan
> > > > > > > > > > > sangat kuatnya di maillist, dlsb. Skenario
untuk
> > > > > > > > > > > memojokkan saya sejak awal dengan memanfaatkan
> > sifat
> > > > > > > > > > > anda yang tentunya lebih percaya kata-kata
indah
> > > > > > > > > > > Leonardo Rimba dibanding saya yang memang tidak
> > tidak
> > > > > > > > > > > menjilat anda untuk lebih menyukai atau percaya
> > saya,
> > > > > > > > > > > saya berusaha jadi orang apa adanya. Kata-kata
> > > > > > > > > > > misalnya tentang begitu banyaknya korban
> > kompatiologi
> > > > > > > > > > > yang dibicarakan kepada anda memang tidak
> > memerlukan
> > > > > > > > > > > bukti kongkrit, hanya perlu cara menjelaskan
yang
> > > > > > > > > > > tampak sangat menjanjikan dan itu membuat anda
> > > menjadi
> > > > > > > > > > > berkacamata kuda hanya bisa melihat sisi buruk
> > saya.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Saya tentunya sebagai manusia punya batas
ketahanan
> > > > > > > > > > > mental. Untuk terror yang saat itu (sebelum ke
> > Solo)
> > > > > > > > > > > sudah berjalan sekitar dua bulan dengan
> > pengkhianatan
> > > > > > > > > > > Audifax sebagai kado ulangtahun buat saya, lalu
> > > > > > > > > > > kelelahan itu ditambah jebakan yang tidak saya
> > > > > > > > > > > sangka-sangka yang dipersiapkan sahabat saya
> > sendiri
> > > > > > > > > > > Leonardo Rimba untuk mendukung peran yang lain
dari
> > > > > > > > > > > skenario yang dijalankan oleh Nurudin Asyhadie
di
> > > > > > > > > > > bawah provokasi Audifax. Saya bersyukur saya
masih
> > > > > > > > > > > kuat, saya menjalaninya hingga usai pulang dari
> > Solo.
> > > > > > > > > > > Sempat tidak tahan tetapi ya berusaha tahan
juga
> > > > > > > > > > > melaluinya hingga saat ini sudah lebih dari
> > setengah
> > > > > > > > > > > tahun. Saya bersyukur bahwa saya masih hidup
dan
> > > > > > > > > > > ketahanan mental saya lebih kuat dari
sebelumnya.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Bicara tentang anjing saya Blacky, saya tinggal
> > > > > > > > > > > bersama anjing saya Blacky setiap hari sejak
kecil.
> > > > > > > > > > > Jadi buat saya binatang itu (si blacky) kadang-
> > kadang
> > > > > > > > > > > bisa lebih manusiawi daripada manusia.
Keyakinan
> > akan
> > > > > > > > > > > hal ini tentunya tidak dianut oleh orang yang
tidak
> > > > > > > > > > > memelihara anjing secara intense tidur sekamar
di
> > > > > > > > > > > rumah. Blacky secara teori memang hidup hanya
untuk
> > > > > > > > > > > makan dan beol, tetapi buat saja Blacky tahu
kapan
> > > > > > > > > > > saya membutuhkan perhatian dan itu di luar
urusan
> > > > > > > > > > > kebutuhannya untuk sekedar makan.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Bagian I I
> > > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Dalam kacamata kuda yang sudah ditanamkan
Leonardo
> > > > > > > > > > > Rimba kepada anda, tentang betapa Blacky-nya
saya
> > dan
> > > > > > > > > > > betapa saya mendidik orang-orang saya menjadi
> > > `Blacky'
> > > > > > > > > > > (makhluk hidup yang mengukur data dengan
insting)
> > > anda
> > > > > > > > > > > memang selayaknya bingung soal mengapa saya
masih
> > > > > > > > > > > sedikit civilize dengan masih berpakaian,
> > menggunakan
> > > > > > > > > > > piama untuk tidur, mandi, dlsb yang dilakukan
> > manusia
> > > > > > > > > > > setiap hari tetapi tidak dilakukan anjing. Ini
> > > > > > > > > > > pertanyaan yang bagus,semoga jawaban saya bisa
> > > > > > > > > > > menjawab keingintahuan anda
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Baik manusia maupun Blacky mengalami pengalaman
> > > > > > > > > > > hidupnya dengan pengalaman indrawinya, ini yang
> > > > > > > > > > > disebut insting kebinatangan, yang sangat
dianggap
> > > > > > > > > > > rendah dan buruk oleh Leonardo Rimba. Baik
manusia
> > > > > > > > > > > atau hewan masuk ke tahap selanjutnya yaitu
> > memetakan
> > > > > > > > > > > posisi-posisi dan rumus sebab-akibat dari
> > pengalaman
> > > > > > > > > > > tsb, ini mengapa baik manusia maupun Blacky
bisa
> > > > > > > > > > > dididik untuk be civilize, sampai dimana
civilize-
> > nya
> > > > > > > > > > > ya tergantung dari kebutuhan dan aturan yang
> > > > > > > > > > > ditanamkan secara langsung atau secara sadar
tidak
> > > > > > > > > > > sadar dipelajarinya. Misalnya si Blacky
peliharaan
> > > > > > > > > > > saya suka tidur di ruangan ber-AC, menganggap
> > rendah
> > > > > > > > > > > derajat anjing lain yang dikandangkan di rumah
> > saya,
> > > > > > > > > > > menggaruk-garuk pintu saat ingin dibukakan
pintu,
> > > > > > > > > > > buang air di kebun, tidak suka menginjak lantai
> > yang
> > > > > > > > > > > basah, dlsb. Semut pun civilize dalam aturan
> > > > > > > > > > > populasinya sendiri.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Yang membuat saya sungguh mengagumi Blacky
sebagai
> > > > > > > > > > > anjing yang kadang-kadang bias lebih berusaha
> > > civilize
> > > > > > > > > > > dibanding manusia adalah ketika saya mengetahui
> > > Blacky
> > > > > > > > > > > mengalami sakit prostat sampai mengalami
kelumpuhan
> > > > > > > > > > > setengah badan (kaki depan bias bergerak,
tetapi
> > otot
> > > > > > > > > > > tulang punggung sampai kaki belakang mati)
gara-
> > gara
> > > > > > > > > > > menahan kencing setiap hari di kamar saya.
Dokter
> > > > > > > > > > > hewan hanya menyarankan anjing saya disuntik
mati,
> > > > > > > > > > > tetapi satu sikap Blacky yang membuat kami
> > sekeluarga
> > > > > > > > > > > respect padanya; Blacky setiap ingin pipis
berusaha
> > > > > > > > > > > sekuat tenaga menggunakan kakidepannya yang
belum
> > > > > > > > > > > lumpuh untuk merangkak sampai ke taman
berkerikil
> > > > > > > > > > > tempatnya biasa buang air hingga tubuhnya luka-
> > luka,
> > > > > > > > > > > sakit prostat-nya membuat Blacky tidak mampu
> > > > > > > > > > > mengontrol dan merasakan kalau dirinya sudah
> > > > > > > > > > > mengeluarkan air kencing sehingga membuat
lantai
> > > > > > > > > > > menjadi kotor, jadi setiap kencing ayah saya
> > > > > > > > > > > mencebokkan pantat dan burungnya Blacky. Hampir
> > lima
> > > > > > > > > > > juta rupiah kami sudah keluarkan untuk mencari
cara
> > > > > > > > > > > menolong Blacky, berbagai dokter dicoba satu
demi
> > > > > > > > > > > satu, hingga akhirnya Blacky sembuh total
dengan
> > > > > > > > > > > bantuan seorang akupunturist khusus hewan,
padahal
> > > > > > > > > > > harga seekor Blacky hanya satu juta rupiah.
Kalau
> > > anda
> > > > > > > > > > > sakit anda masih bisa memaafkan diri anda untuk
> > > > > > > > > > > kencing di tempat tidur, tetapi seekor Blacky
tidak
> > > > > > > > > > > memaafkan dirinya untuk hal semacam itu.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Secara alamiahnya intuisi adalah proses
> > rekonstruksi
> > > > > > > > > > > akibat lanjutan dari pengalaman ber-insting.
> > > > > > > > > > > Aturan-aturan yang terbentuk dalam pengalaman
> > insting
> > > > > > > > > > > menghasilkan suatu teori, konsep, keyakinan,
> > believe
> > > > > > > > > > > system, dlsb dimana ada suatu titik tujuan
> > kebenaran
> > > > > > > > > > > yang paling mendekati mutlak yang bisa
dicapai. Ini
> > > > > > > > > > > bisa berkaitan dengan hal ketuhanan kalau
> > individunya
> > > > > > > > > > > punya teori ketuhanan, atau bisa berkaitan
dengan
> > > > > > > > > > > suatu hal empiris, suatu keilmiahan, aturan
main,
> > > > > > > > > > > norma, dlsb.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Nah, believe system yang saya sering sindir
dalam
> > > > > > > > > > > konteks ilmu kompatiologi adalah adalah ketia
> > > > > > > > > > > seseorang memiliki proses intuisi (memiliki
teori,
> > > > > > > > > > > konsep, keyakinan, believe system, dlsb) yang
tidak
> > > > > > > > > > > berhubungan dengan proses pengalaman
instingnya.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Mengapa Leonardo Rimba selalu menjelek-jelekkan
> > > > > > > > > > > insting adalah agar kliennnya tidak mau
menghargai
> > > > > > > > > > > proses instingnya, langsung bicara intuisi
dengan
> > > > > > > > > > > teori, konsep, keyakinan, believe system, dlsb
yang
> > > > > > > > > > > bikinan Leonardo Rimba bukan hasil proses
> > pengalaman
> > > > > > > > > > > kontemplasi orang itu sendiri. Kalau seorang
> > manusia
> > > > > > > > > > > memiliki hubungan relasi antara insting ke
intuisi
> > > > > > > > > > > yang berkaitan erat maka tidak dibutuhkan lagi
> > guru,
> > > > > > > > > > > pembimbing spiritual juga peramal; orang itu
> > menjadi
> > > > > > > > > > > independent, ini yang dikahwatirkan Leonardo
Rimba
> > > dan
> > > > > > > > > > > juga ahli-ahli ilmupengetahuan social ilmiah,
> > agama,
> > > > > > > > > > > spiritual dan metafisika yang mengharapkan
> > > > > > > > > > > ketergantungan klien kepada dirinya. Kalau
proses
> > > > > > > > > > > intuisi seseorang adalah hasil bikinan orang
lain
> > > yang
> > > > > > > > > > > tidak memiliki hubungan relasi dengan
instingnya,
> > > maka
> > > > > > > > > > > akibatnya orang tsb akan selalu membutuhkan
saran,
> > > > > > > > > > > nasehat, bimbingan dari si pembuat proses
intuisi
> > > yang
> > > > > > > > > > > ada pada dirinya.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Kepentingan Vincent Liong sebagai pendiri
> > > kompatiologi
> > > > > > > > > > > dan Leonardo Rimba sebagai seorang peramal
tarot
> > dan
> > > > > > > > > > > ahli mata ketiga terhadap kliennya adalah amat
> > sangat
> > > > > > > > > > > bertolakbelakang:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Harapan seorang Vincent Liong terhadap kliennya
> > > adalah
> > > > > > > > > > > seseorang meminta bantuannya sekali saja dan
> > > > > > > > > > > diharapkan agar orang tsb tidak sekalipun
datang ke
> > > > > > > > > > > Vincent Liong untuk meminta pertolongan yang
sama
> > > > > > > > > > > seumur hidupnya. Itu kenapa rohaniwan Titus
> > Budiyanto
> > > > > > > > > > > mendatangi Vincent dari Bangka untuk belajar
> > > > > > > > > > > kompatiologi dan bisa mengajarkannya ke
kliennya
> > > > > > > > > > > adalah karena kesedihannya sebagai rohaniawan
> > > > > > > > > > > menghadapi klien yang makin hari makin
> > ketergantungan
> > > > > > > > > > > sehingga lebih mengharga bila bisa memberikan
klein
> > > > > > > > > > > tsb independensi yang diharapkan bersifat
> > permanent.
> > > > > > > > > > > Itu alasannya mengapa setelah ikut dekon dan
> > belajar
> > > > > > > > > > > jadi pendekon Titus Budiyanto langsung
berangkat ke
> > > > > > > > > > > Batam untuk mendekon sekitar 28 orang dalam
kira-
> > kira
> > > > > > > > > > > 5 hari, lalu dilanjutkan dengan berkeliling
> > > > > > > > > > > pulau-ke-pulau di kepulauan Riau yang
terpencil dan
> > > > > > > > > > > sulit ada sarana komunikasi, satu kali memimpin
> > umat
> > > > > > > > > > > menjalankan ritual kerohaniannya dan sekali
> > melakukan
> > > > > > > > > > > dekon kompatiologi setiap hari.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Harapan seorang Leonardo Rimba terhadap
kliennya
> > > > > > > > > > > adalah seorang memintanya secara rutin
> > > (berkelanjutan)
> > > > > > > > > > > untuk diramal menggunakan kartu tarot,
mengikuti
> > > > > > > > > > > program konseling dan ilmu mata ketiganya.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Tentang "Democratic People Republic of Korea"
> > (Korea
> > > > > > > > > > > Utara), Vincent Liong memang bangga sebagai
orang
> > > > > > > > > > > Indonesia yang bisa melakukan observasi selama
satu
> > > > > > > > > > > tahun lebih terhadap anak-anak aparat kedutaan
> > Korea
> > > > > > > > > > > Utara adalah kesempaan yang langka dan bisa
> > digunakan
> > > > > > > > > > > untuk mempelajari banyak hal dari kacamata
> > > > > > > > > > > sudutpandang yang berbeda-beda.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Vincent Liong harus terus menelepon ke Jakarta
saat
> > > > > > > > > > > itu adalah untuk memantau secara terus menerus
> > > > > > > > > > > perkembangan teror yang sedang dijalankan ke
> > segenap
> > > > > > > > > > > praktisi kompatiologi, meskipun tekanan bagi
> > Vincent
> > > > > > > > > > > Liong sendiri tetap dialami sepanjang hari
melalui
> > > > > > > > > > > provokasi Leonardo Rimba. Apa boleh buat
Vincent
> > > Liong
> > > > > > > > > > > sebagai pendiri kompatiologi harus
bertanggungjawab
> > > > > > > > > > > dalam kondisi apapun juga terhadap keselamatan
para
> > > > > > > > > > > praktisi kompatiologi di Jakarta di masa teror
yang
> > > > > > > > > > > begitu intens dan berkelanjutan. Hal ini tidak
ada
> > > > > > > > > > > hubungannya dengan pengalaman Vincent Liong
> > mengamati
> > > > > > > > > > > secara partisipasi anak-anak aparat kedutaan
Korea
> > > > > > > > > > > Utara.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Bagian I I I
> > > > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Peneliti Kompatiologi sudah meneliti
menggunakan
> > bau,
> > > > > > > > > > > masalahnya bau mudah melekat di hidung sehingga
> > sulit
> > > > > > > > > > > digunakan sebagai alat sampler yang berdurasi
> > cepat.
> > > > > > > > > > > Menggunakan pengelihatan dan pendengaran juga
> > pernah
> > > > > > > > > > > kami coba, masalahnya orang sudah terlalu
> > > > > > > > > > > berpengalaman berkomunikasi dengan
pengelihatan dan
> > > > > > > > > > > pendengaran sehingga tidak bisa dilakukan
sampling
> > > > > > > > > > > yang bebas dari intepretasi berdasarkan
pengalaman
> > > > > > > > > > > verbal.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Ttd,
> > > > > > > > > > > Vincent Liong
> > > > > > > > > > > Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2007
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > --- End forwarded message
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar