sedikit info ini bung tuhantu...
tentang hati nurani & kebenaran...
kalau di jawa hati/qolbu itu disebut "manah "
" manah " dalam terjemah bahasa indonesia adalah memanah , sifatnya
aktif , membidik sasaran dari jarak jauh.
lah .. tinggal yang mau di panah siapa ?
tergantung kepentingan orang yang punya "manah " atau hati.
perkara bidikannya tepat atau meleset itu tergantung konsentrasi ,
pandangan mata , dan kekuatan lengan.
artinya untuk membuat "manah /hati" kamu hebat . perlu latihan pikiran
dan fisik. kalau di jawa itu namanya "olah roso " harus mengerti
dahului dengan "olah raga " dan " olah cipta "
sedangkan hati nurani yang bersih/tercerahkan menurut saya
disebut " roso kang sejati" . yang sudah "di udani " atau di telanjangi.
sudah tidak pake "baju "lagi. termasuk "baju kebenaran "
atau "baju ilmiah " atau "baju kepentingan diri lainnya "
jadi kalau yang mengaku pakai hati nurani tapi masih memakai
"baju kepentingan diri" di sindir dalam sebuah syair dalam kitab
wulang reh.
"akeh wong kang ngaku aku
pangrasane sampun udani "
(banyak orang mengaku ngaku
sudah memiliki pandangan hati yang jernih )
sekian dulu ,
salam,
edy
pekalongan
--- In psikologi_transform
<tuhantu_hantuhan@
>
>
> Quote: "hati nurani itu kebebasan, bedasarkan mengerti kebenaran".. Ini
> kalimat licin banget mas.. End of quote.
>
> Tuhantu: Uhmmmm... "hati nurani itu kebebasan, bedasarkan mengerti
> kebenaran"..
>
> Kalau ditanya, versinya Mas Goen, apa sih, itu ½Kebenaran½... Maka
> jawabnya, ½Kebenaran adalah kebebasan yang dimengerti berdasarkan
> oleh nurani½ ... Lalu, apa itu ½Kebebasan½? Maka jawabnya,
> ½Kebebasan adalah nurani berdasarkan mengerti apa itu
> kebenaran½... Dibolak balik gimanapun, pertanyaannya sama:
> Kebenarannya siopo, Mas Goen?... ;-)
>
> Be Fun
>
> Tuhantu
>
> http://hole-
>
>
>
>
>
> --- In psikologi_transform
> <nalaratih@> wrote:
> >
> > Menarik nih mas Goen..
> > "hati nurani itu kebebasan, bedasarkan mengerti kebenaran"..
> > Ini kalimat licin banget mas..
> >
> > smile with me
> > Nala
> >
> >
> >
> > --- In psikologi_transform
> > goenardjoadi@ wrote:
> > >
> > > yayaya, sekarang sudah agak sembuh, sudah balik rada cerdas.
> > >
> > > memihak? dipikir hati nurani itu sabar, tidak memihak? siapa
> > > bilang? hati nurani itu kebebasan, berdasarkan mengerti kebenaran.
> > > nah, kalau sampeyan sudah mengerti, ya syukur, kalau gak ngerti-
> > > ngerti ya dikembalikan ke Pak Yun Hok.
> > >
> > > salam,
> > > goen
> > >
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transform
> > > <monde78100@
> > > >
> > > > Yang terhormast Mas Goen, kok maunya sama Mas Merkurius Adhi
> > > terus?
> > > > Monde jadi nggak enak nih, duh, maafin Monde ya Mas Merkurius Adhi
> > > > kalau baca. Untuk urusan marah-marah, apa yang marah-marah di
> > > milis
> > > > itu setelah didekon? Jadi semua sudah didekon ya? Bagaimana
> > > > dinamikanya dalam kacamata nurani Mas Goen? Monde dikasih
> > > penjelasan
> > > > dong rantainya, kalau cuma klaim, kesimpulan .. hehehe Monde
> > > > bingung.. kata Pak Guru di sekolah, kita harus menekankan dan
> > > > menghargai proses, tidak hanya hasil akhir, sehingga bisa mendapat
> > > > pemahaman menyeluruh dan tidak menghentikan proses pembelajaran,
> > > > kalau ada kekeliruan bisa kelihatan gitu.. bisa diurai.
> > > >
> > > > Kalau caci maki bagaimana Mas Goen? Pasti Mas Goen juga faham
> > > > tentang amarah, bagaimana ekspresi marah yang positif, tidak
> > > anarki
> > > > atau mencaci? Marah secara konstruktif, bagaimana hati nurani di
> > > > sini Mas Goen?
> > > >
> > > > Kok hati nurani mengincar kubu? Bukannya untuk menyelinap dan
> > > > berbisik hingga mendatangkan saling pengertian dan damai? Apa
> > > > hubungannya sama raba-raba Mas Goen? Aih.. sepertinya Monde lihat
> > > di
> > > > sini banyak yang nuraninya pada gundul, mesti ditanamin lagi.. lha
> > > > Mas Goen yang penanam atau ..?
> > > >
> > > > Silahkan cicipin monde nya Mas Goen, sambil nyeruput teh hangat
> > > juga
> > > > boleh, biar ga marah-marah;
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transform
> > > > <goenardjoadi@
> > > > >
> > > > > ya yayayaya,
> > > > >
> > > > > Mas Merkurius Adhi khan juga pernah marah-marah soal asal usul
> > > > hati
> > > > > nurani ini. ini juga karena efek dekon, amarah.
> > > > >
> > > > > kalau saya, saya mau di dekon sama Mas Merkurius Adhi, tapi gak
> > > > pake
> > > > > diraba-raba ya.
> > > > >
> > > > > salam,
> > > > > goen
> > > > > [suka geli....]
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > --- In psikologi_transform
> > > > > <monde78100@
> > > > > >
> > > > > > Ternyata Mas Goen suka maen hom pim pah ya.. Monde lebih
> > > takjub
> > > > > > lagi, karena Mas Goen kok bisa mengatakan 'semua juga karena
> > > > efek
> > > > > > dekon, amarah' .. wah..wah.. atau diam-diam sudah ikutan dekon
> > > > ya?
> > > > > > Siapa yang mendekon? atau mengamati pake nurani semua dekon,
> > > > > lha..
> > > > > > apa iya hasilnya amarah? Kalo begitu, besok-besok temeni Monde
> > > > > > jualan monde yang legit ya.. ke orang-orang yang dekon, bukan
> > > > > monde
> > > > > > gosong deh.. nanti Monde bilang ke pabrik_t sekalian ajak
> > > > pengawas
> > > > > > yang super disiplin om haute.
> > > > > >
> > > > > > Tapi Mas Goen, bukankah maaf, minta maaf juga memberi maaf itu
> > > > > dari
> > > > > > nurani? kok hom pim pah, seperti petak umpet? Ah.. atau hati
> > > > > nurani
> > > > > > ogah di sini? Bukannya itu yang dirindukan kala amarah
> > > > menggelora
> > > > > > (jika itu rasa yang didapat oleh Mas Goen dari dekon). Atau
> > > hati
> > > > > > nurani itu ternyata bisa untuk hom pim pah? Monde rasa perlu
> > > > > berguru
> > > > > > nurani juga ke Mas Goen (Mahaguru caci maki, pabrik_t, mau
> > > > gabung
> > > > > > tidak?) Mungkin bisa lahir mata kuliah Caci Maki berdasar
> > > Nurani
> > > > > > atau Nurani berdasar Caci Maki? Hm.. Monde tunggu deh..
> > > > > >
> > > > > > Atau Mas Goen mau berbagi nurani di milis ini dengan sepenuh
> > > > hati
> > > > > > nurani? Sudah sekian waktu kan Mas Goen di sini dengan nurani?
> > > > > >
> > > > > > Mas Goen mau beli monde juga? Ga bikin marah deh... kecuali
> > > kalo
> > > > > > yang gosong, hehehe..
> > > > > >
> > > > > > ;)
> > > > > >
> > > > > > --- In psikologi_transform
> > > > > > <goenardjoadi@
> > > > > > >
> > > > > > > hompimpah saja, siapa yang kalah minta maaf duluan, lagian
> > > ini
> > > > > > semua
> > > > > > > juga karena efek dekon, amarah.
> > > > > > >
> > > > > > > salam,
> > > > > > > goen
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > --- In psikologi_transform
> > > > > > > <sinagahp@> wrote:
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- In Komunikasi_Empati@
> > > > <juswan@>
> > > > > > > wrote:
> > > > > > > >
> > > > > > > > Netters,
> > > > > > > >
> > > > > > > > Kejadian ke Solo terjadi setidaknya 3 bulan yang lampau.
> > > > > Banyak
> > > > > > hal
> > > > > > > > telah berubah sejak waktu itu.
> > > > > > > > Termasuk perubahan pada karakter Vincent sendiri yang
> > > tampak
> > > > > > bagi
> > > > > > > saya
> > > > > > > > yang "menjaga jarak"
> > > > > > > > selama 3 bulan terakhir ini sehingga dapat melihat dengan
> > > > > > > sedikit "lebih
> > > > > > > > obyektif" karena tidak
> > > > > > > > terlibat secara pribadi.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 1. Semua analisis, baik yang dilakukan oleh B. Sudjanto
> > > > maupun
> > > > > > oleh
> > > > > > > > Vincent, sifatnya "post hoc"
> > > > > > > > Artinya analisis dibuat "post mortem" yaitu SETELAH
> > > semuanya
> > > > > > telah
> > > > > > > > terjadi dan menjadi data historis.
> > > > > > > > Maka penafsiran terhadap kejadian tersebut
> > > dilatarbelakangi
> > > > > > > situasi dan
> > > > > > > > kondisi SEKARANG ini,
> > > > > > > > yaitu setelah terjadi PERUBAHAN paradigma berpikir maupun
> > > > > > perubahan
> > > > > > > > sikap dan perilaku ybs.
> > > > > > > > Termasuk di dalamnya fakta adanya "peperangan virtual" di
> > > > dunia
> > > > > > > > maya/mailing list sebagai latar
> > > > > > > > belakang pembuatan analisis. Akibatnya beberapa pandangan
> > > > > > kemudian
> > > > > > > > menjadi agak BIAS.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 2. Misalnya saja "tuduhan" Vincent bahwa Leo mengajaknya
> > > ke
> > > > > Solo
> > > > > > > dalam
> > > > > > > > kerangka "black
> > > > > > > > scenario" untuk "memojokkannya sejak awal". Saya berani
> > > > > berkata
> > > > > > > bahwa
> > > > > > > > hal ini PASTI tidak benar
> > > > > > > > dan lebih merupakan suatu OPINI subyektif yang apriori.
> > > Saat
> > > > > itu
> > > > > > > > hubungan pribadi Vincent dan
> > > > > > > > Leo masih baik-baik saja. Tuduhan bahwa Leo menjadi bagian
> > > > > dari
> > > > > > > kubu
> > > > > > > > Pabrik_T sama sekali
> > > > > > > > tidak memiliki dasar, apalagi dasar yang kuat. Vincent
> > > kini
> > > > > > > melihatnya
> > > > > > > > dari cermin yang sudah buram.
> > > > > > > > Kata-kata seperti "ditindas dan "dipojokkan" selama 2
> > > minggu
> > > > > > > aromanya
> > > > > > > > sangat pleonasme juga.
> > > > > > > > Permusuhan Vincent dengan Audifax juga dimulai saat
> > > Vincent
> > > > > mau
> > > > > > > mendepak
> > > > > > > > Pabrik-T tetapi
> > > > > > > > dicegah Audifax yang justru mengeluarkan Vincent dari
> > > milis
> > > > > Psi-
> > > > > > > Trans.
> > > > > > > > Kalau 'casus belli' itu tidak
> > > > > > > > ada maka perang juga tidak terjadi. Kejadian Auduifax
> > > > menginap
> > > > > 2
> > > > > > > bulan
> > > > > > > > di rumah Vincent
> > > > > > > > diungkit-ungkit beberapa kali. Kalau saya jadi Auduifax
> > > maka
> > > > > > > sayapun
> > > > > > > > akan meradang karena
> > > > > > > > kesannya tidak tulus memberikan tumpangan bagi yang lagi
> > > > > perlu.
> > > > > > Ini
> > > > > > > > membuat luka batin juga.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 3. Sebagai observer luar yang berusaha independen saya
> > > > memang
> > > > > > > mengamati
> > > > > > > > adanya semacam
> > > > > > > > "persaingan tersamar" yang "agak kurang sehat" antara Leo
> > > > dan
> > > > > > > Vincent
> > > > > > > > walaupun saling mengaku
> > > > > > > > sebagai "saudara angkat" tetapi sekaligus ada
> > > > semacam "sibling
> > > > > > > rivalry"
> > > > > > > > untuk mengkatrol
> > > > > > > > popularitas pribadi dan kulakan/bakulan masing-masing.
> > > > > > > > Pada saat pertemuan di Pasca Sarjana Sahid maupun di
> > > > Kesehatan
> > > > > > > > Masyarakat Untar, maka
> > > > > > > > Leo tampak mencoba "mengkonter keadaan" dengan menunjukkan
> > > > > > > kebolehannya
> > > > > > > > dalam meramal
> > > > > > > > Tarot. Padahal jelas-jelas bahwa "panggung diskusi"
> > > tersebut
> > > > > > > tujuannya
> > > > > > > > khusus membahas materi
> > > > > > > > Komunikasi Empati. Jelas bahwa kesempatan meramal secara
> > > > > > > gratis "lebih
> > > > > > > > menarik" daripada
> > > > > > > > diskusi mengenai Komunikasi Empati yang berat-berat dan
> > > > masih
> > > > > > kabur
> > > > > > > > entah "what species".
> > > > > > > > Ada hubungan apa dan urusannya Komunikasi Empati dengan
> > > > Acara
> > > > > > > Penebaran
> > > > > > > > Tarot?
> > > > > > > > Kalau semua terdekon bisa instant baca Tarot mka kulakan
> > > Leo
> > > > > > sudah
> > > > > > > pasti
> > > > > > > > bakal terancam.
> > > > > > > > Bahwa pada awalnya Leo selalu mendukung Vincent merupakan
> > > > > fakta.
> > > > > > > Namun
> > > > > > > > tidak pula dapat
> > > > > > > > diabaikan sebaliknya Leo juga "sedikit banyak" mendapat
> > > > > dukungan
> > > > > > > dari
> > > > > > > > Vincent pada saat
> > > > > > > > kariernya sebagai pembaca tarot masih mandeg dan belum
> > > > terlalu
> > > > > > > terkenal
> > > > > > > > seperti keadaannya
> > > > > > > > akhir-akhir ini yang relatif sudah maju pesat dengan klien
> > > > > > > mancanegara
> > > > > > > > pula.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 4. Jelas antara karakter Vincent yang polos, cengengesan,
> > > > > kurang
> > > > > > > santun,
> > > > > > > > norak dan resek
> > > > > > > > dan kerap menjengkelkan itu bersifat antagonis dengan
> > > > karakter
> > > > > > Leo
> > > > > > > yang
> > > > > > > > kalem, santun,
> > > > > > > > siap melayani orang dengan (semula) ramalan gratisnya.
> > > > > > > > Kalau ditanya omongan siapa yang lebih menarik dan
> > > > dipercayai
> > > > > > saya
> > > > > > > pikir
> > > > > > > > jawabannya juga jelas.
> > > > > > > > Namun saya tidak mau bersikap hitam atau putih. Apakah Leo
> > > > > atau
> > > > > > > Vincent
> > > > > > > > yang 'totally white'
> > > > > > > > atau 'totally black'? Saya pikir tidak ada kategorisasi
> > > > > seperti
> > > > > > itu
> > > > > > > > untuk karakter manusia. Jadi tidak
> > > > > > > > fair kalau membagi mereka menurut kriteria tersebut. Yang
> > > > satu
> > > > > > > kulakan
> > > > > > > > kompati yang lainnya kulakan
> > > > > > > > Tarot. Yang satu kulakan Dekon yang lainnya kulakan Rekon.
> > > > > Yang
> > > > > > > satu
> > > > > > > > kulakan Instink yang
> > > > > > > > lainnya kulakan Intuisi. Semula sih (katanya) inginnya
> > > > saling
> > > > > > > mengisi
> > > > > > > > tetapi "setelah merasa kuat"
> > > > > > > > ingin saling bersaing saling mematikan. Nafsu mematikan
> > > ini
> > > > > > jelas-
> > > > > > > jelas
> > > > > > > > lebih kuat pada satu pihak
> > > > > > > > yang pernah mengutuk (umpamanya soal futie dsb)
> > > dibandingkan
> > > > > > dengan
> > > > > > > > pihak lainnya yang flat.
> > > > > > > > Kedua-duanya "ngerjain" orang dengan bayaran (relatif
> > > mahal)
> > > > > > tetapi
> > > > > > > > sama-sama tidak berani
> > > > > > > > menjamin "keberhasilan" apapun dari kegiatan operasinya.
> > > > > > > > Adonan ramalan ialah 35% truth, 35% bullshit dan 30%
> > > sugesti
> > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > Kalau ramalan nasib bagus tepat maka asalnya dari 35%
> > > truth
> > > > +
> > > > > 30%
> > > > > > > > mengambang.
> > > > > > > > Kalau nasib sial maka pasrah saja karena asalnya 35%
> > > > bullshit
> > > > > +
> > > > > > 30%
> > > > > > > > ngambang.
> > > > > > > > Apapun kejadiannya outputnya dikonfontrir dengan ramalan
> > > > maka
> > > > > > > peramal
> > > > > > > > tetap safe terhadap
> > > > > > > > tuduhan malpraktek. Begitu pula dengan dekon, sejak
> > > > > > semula "sudah
> > > > > > > pasang
> > > > > > > > tameng" bahwa
> > > > > > > > tidak menjanjikan "perubahan" apapun. Jadi
> > > kalau "mengharap
> > > > > > > perubahan"
> > > > > > > > maka salah sendiri
> > > > > > > > kenapa mau didekon. Ibarat beli jamu obat kuat: jika 'jadi
> > > > > joss'
> > > > > > > maka
> > > > > > > > diam-diam saja
> > > > > > > > karena happy tetapi kalau 'tetap loyo' juga diam-diam saja
> > > > > > karena
> > > > > > > malu
> > > > > > > > ketahuan bodonya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 5. Kini setelah Leo "mapan" dengan bisnis Tarot dan M-3
> > > > dengan
> > > > > > > sistem
> > > > > > > > tarif yang mirip sistem
> > > > > > > > Vincent (mula-mula 300 kini 500 dan di Mal) tentu mampu
> > > > > > > berbicara "agak
> > > > > > > > keras" karena
> > > > > > > > sudah tidak membutuhkan sama sekali dukungan apapun dari
> > > > > > Vincent,
> > > > > > > baik
> > > > > > > > secara moral
> > > > > > > > apalagi secara material.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 6. Pemisahan 'elmu' yang "totally instinctive"
> > > dan "totally
> > > > > > > intuitive"
> > > > > > > > saya pikir juga sangat absurd,
> > > > > > > > tidak logis, sekaligus keliru juga. Mana ada manusia yang
> > > > > tidak
> > > > > > > punya
> > > > > > > > intuisi? Mana ada sih
> > > > > > > > manusia yang tidak punya instink? Tajam atau tumpul soal
> > > > kedua.
> > > > > > > > Kebutuhan akan pangan,
> > > > > > > > shelter dan seks jelas-jelas instinktif. Siapa yang gak
> > > > punya?
> > > > > > > Bahkan
> > > > > > > > rohaniwan yang pedofil
> > > > > > > > masih punya godaan-godaan seksual yang instinktif,
> > > demikian
> > > > > juga
> > > > > > > mereka
> > > > > > > > yang senang dijamu
> > > > > > > > gelojoh/makan enak dan yang suka minum-minum alkohol di
> > > > biara.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 7. Menurut paradigma evolusi Darwinian jelas pada otak
> > > > manusia
> > > > > > > tampak
> > > > > > > > bahwa kemampuan-
> > > > > > > > kemampuan instinktif MENDAHULUI kemampuan-kemampuan
> > > > intuitif.
> > > > > > > Kemampuan
> > > > > > > > yang terakhir
> > > > > > > > ini baru dimulai pada saat homo sapiens memiliki organ
> > > > > > > CEREBELLUM/otak
> > > > > > > > kecil - neo-korteks
> > > > > > > > untuk berpikir logis dan amygdala untuk merasakan secara
> > > > > > emosional
> > > > > > > (
> > > > > > > > yang lebih dulu ada
> > > > > > > > dari neo korteks tetapi lebih belakangan dari lobus
> > > > > pendengaran
> > > > > > dan
> > > > > > > > penglihatan. Letaknya di
> > > > > > > > endoencephalon)
> > > > > > > > Maka kemampuan intuitif MELENGKAPI kemampuan instinktif
> > > dan
> > > > > sama
> > > > > > > sekali
> > > > > > > > bukan untuk
> > > > > > > > substitusi menggantikannya. Menuduh Vincent totally
> > > > unstinktif
> > > > > > sama
> > > > > > > > sekali tidak berdasar. Sic!
> > > > > > > >
> > > > > > > > 8. Fakta kehidupan modern membuktikan bahwa kemampuan-
> > > > kemampuan
> > > > > > > > instinktif manusia
> > > > > > > > kota/urban telah menjadi semakin TUMPUL bahkan hampir
> > > > lenyap.
> > > > > > > Sedangkan
> > > > > > > > pada manusia
> > > > > > > > desa terutama daerah terpencil/terisolas
> > > > instinktif
> > > > > > itu
> > > > > > > masih
> > > > > > > > sangat tajam dan kuat.
> > > > > > > > Sistem pendidikan modern yang mengandalkan 'kecerdasan
> > > > > rasional'
> > > > > > > semakin
> > > > > > > > menekan habis-
> > > > > > > > habisan baik 'kemampuan intuitif' apalagi 'kemampuan
> > > > > instinktif'
> > > > > > > > siswa-siswa sekolah maupun
> > > > > > > > alumni akademik.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 9. Sinyalemen Vincent ada benarnya. Orang yang terlalu
> > > > banyak
> > > > > > > bicara
> > > > > > > > soal "supra natural"
> > > > > > > > ("bangunan atas = supra struktur) kerap kali kehilangan
> > > > > fondasi
> > > > > > > yang
> > > > > > > > kuat pada "struktur bawah".
> > > > > > > > Melayang-layang di menara gading. Ibarat ilmu silat tidak
> > > > > > mempunyai
> > > > > > > > bhesi/kuda-kuda yang
> > > > > > > > kuat dan kalau sekali saja disabet kakinya pakai sapuan
> > > > bawah
> > > > > > maka
> > > > > > > > segera akan rubuh.
> > > > > > > > Akibatnya, banyak orang yang menyibukkan diri dengan
> > > urusan
> > > > > > > spiritual
> > > > > > > > dan sorgawi tetapi
> > > > > > > > sangat rapuh dalam soal soal keduniawian. Kedua sub-
> > > struktur
> > > > > > inipun
> > > > > > > > sidatnya
> > > > > > > > KOMPLEMENTER dan sama sekali bukan diametral apalagi
> > > > > > antagonistik.
> > > > > > > > Gereja atau mesjid juga tidak bisa dibangun kalau tidak
> > > ada
> > > > > duit
> > > > > > > para
> > > > > > > > pengusaha donatur yang
> > > > > > > > menjadi umatnya, bahkan untuk urusan makan dan lodgingnya
> > > > juga.
> > > > > > > > Tidak ada duit juga para paderi tidak bisa dikirim untuk
> > > > studi
> > > > > S-
> > > > > > 2
> > > > > > > atau
> > > > > > > > S-3 di manca negara.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 10. Pertanyaannya kemudian ialah mana yang perlu
> > > > didahulukan?
> > > > > > Bikin
> > > > > > > > "fondasi" lebih dahulu atau
> > > > > > > > pasang "atap". Tak usah jadi insinyur untuk menjawab
> > > > > pertanyaan
> > > > > > > ini.
> > > > > > > > Tanpa struktur fondasi
> > > > > > > > tidak mungkin bisa dipasang atap. Orang tidak bisa ujug-
> > > > ujung
> > > > > > mau
> > > > > > > pasang
> > > > > > > > dinding, apalagi atap,
> > > > > > > > bila tidak pakai fondasi. Memang bisa, tetapi begitu ada
> > > > > banjir,
> > > > > > > longsor
> > > > > > > > atau gempa maka seluruh
> > > > > > > > bangunan jadi ambrol. Demikian pula yang
> > > > > mengandalkan "kemampuan
> > > > > > > > intuisi" saja bila terjadi
> > > > > > > > gempa/longsor/
> > > berasap
> > > > > maka
> > > > > > > > semuanya jadi hancur
> > > > > > > > berantakan tanpa ampun.
> > > > > > > >
> > > > > > > > 11. Anjing memang binatang dan dianggap "punya perasaan"
> > > > > > terutama
> > > > > > > sifat
> > > > > > > > "kesetiaan" dan tentu
> > > > > > > > saja ini semua semata-mata hanyalah soal "kebiasaan yang
> > > > > > terbentuk"
> > > > > > > > selama beberapa kurun
> > > > > > > > waktu. Pembandingan karakter manusia dengan kareakter
> > > anjing
> > > > > > > tentulah
> > > > > > > > hanya bersifat analogi.
> > > > > > > > Anjing tidak punya moral tetapi manusia seharusnya punya.
> > > > > Karena
> > > > > > > > amygdala belum berkembang
> > > > > > > > pada organ otak anjing maka anjing akan menunggang
> > > biangnya
> > > > > > > sendiri. Hal
> > > > > > > > itu tidak mungkin
> > > > > > > > terjadi pada manusia yang beradab yang mampu menghindari
> > > > > hubungan
> > > > > > > > incest.
> > > > > > > > Maka menarik kesimpulan bahwa anjingpun mempunyai
> > > kecerdasan
> > > > > > logis
> > > > > > > untuk
> > > > > > > > membuat range
> > > > > > > > dan scale (rentang dan skala) hanyalah PROYEKSI paradigma
> > > > > > berpikir
> > > > > > > > Vincent yang diterapkan
> > > > > > > > pada anjing. Bukan secara ipso facto memang ada proses
> > > > > berpikir
> > > > > > > demikian
> > > > > > > > itu pada seekor anjing.
> > > > > > > > Kalau tesis Vincent benar maka semua anjing manapun di
> > > dunia
> > > > > ini
> > > > > > > mampu
> > > > > > > > membuat rentang dan
> > > > > > > > skala. Anehnya semua anjing pasti menggonggong ke tukang
> > > > korek-
> > > > > > > korek
> > > > > > > > sampah. Itulah instink
> > > > > > > > murni anjing dan bukannya akibat proses dekon.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ini hanya refleksi pribadi yang diusahakan seobyektif
> > > > mungkin
> > > > > > tanpa
> > > > > > > > melakukan "judging" terhadap
> > > > > > > > kedua sohib saya Vincent maupun Leo. Dan saya hanya
> > > (seperti
> > > > > > > diajarkan
> > > > > > > > Leo) harus "berbicara
> > > > > > > > apa adanya" tanpa perlu merasa berpihak secara partisan
> > > > kepada
> > > > > > > pihak
> > > > > > > > manapun. Maaf-maaf kata
> > > > > > > > kalau sekiranya ada yang merasa tersinggung oleh tanggapan
> > > > > saya
> > > > > > > ini.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Mang Iyus
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > Vincent Liong wrote:
> > > > > > > > Bagian I
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Pada saat pergi ke Solo tsb memang saya bermental
> > > > > > > > > seperti bahkan lebih dari Blacky. Ketika seekor Blacky
> > > > > > > > > ditekan, dipojokkan diinjak-injak yang bisa dilakukan
> > > > > > > > > hanya makan dan minum lebih, juga beol dan kencing
> > > > > > > > > lebih banyak. The point is saya harus membuat
> > > > > > > > > subsitusi dari kondisi dipojokkan dan dipermainkan
> > > > > > > > > dengan cara makan, minum, belol dan kencing lebih
> > > > > > > > > banyak dari seharusnya. Seekor Vincent Liong si Blacky
> > > > > > > > > akan menahan diri dengan sikap defensive selama
> > > > > > > > > dirinya ditekan dan akan menggigit ketika dirinya
> > > > > > > > > berkesempatan lari atau telah lepas dari tekanan
> > > > > > > > > karena toh dirinya harus bertahan untuk tetap hidup
> > > > > > > > > sampai akhir masa terpojoknya. Seekor Blacky akan
> > > > > > > > > lebih sakit hati apabila ditindas tanpa sebab-musebab
> > > > > > > > > yang jelas bukan karena sebelumnya dia menindas pihak
> > > > > > > > > yang menindasnya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Leonardo Rimba meminta saya untuk menemaninya ke Solo
> > > > > > > > > bersama anda saat itu adalah pada kondisi dimana
> > > > > > > > > skenario tekanan mental yang sedang dijalankan dengan
> > > > > > > > > sangat kuatnya di maillist, dlsb. Skenario untuk
> > > > > > > > > memojokkan saya sejak awal dengan memanfaatkan sifat
> > > > > > > > > anda yang tentunya lebih percaya kata-kata indah
> > > > > > > > > Leonardo Rimba dibanding saya yang memang tidak tidak
> > > > > > > > > menjilat anda untuk lebih menyukai atau percaya saya,
> > > > > > > > > saya berusaha jadi orang apa adanya. Kata-kata
> > > > > > > > > misalnya tentang begitu banyaknya korban kompatiologi
> > > > > > > > > yang dibicarakan kepada anda memang tidak memerlukan
> > > > > > > > > bukti kongkrit, hanya perlu cara menjelaskan yang
> > > > > > > > > tampak sangat menjanjikan dan itu membuat anda menjadi
> > > > > > > > > berkacamata kuda hanya bisa melihat sisi buruk saya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Saya tentunya sebagai manusia punya batas ketahanan
> > > > > > > > > mental. Untuk terror yang saat itu (sebelum ke Solo)
> > > > > > > > > sudah berjalan sekitar dua bulan dengan pengkhianatan
> > > > > > > > > Audifax sebagai kado ulangtahun buat saya, lalu
> > > > > > > > > kelelahan itu ditambah jebakan yang tidak saya
> > > > > > > > > sangka-sangka yang dipersiapkan sahabat saya sendiri
> > > > > > > > > Leonardo Rimba untuk mendukung peran yang lain dari
> > > > > > > > > skenario yang dijalankan oleh Nurudin Asyhadie di
> > > > > > > > > bawah provokasi Audifax. Saya bersyukur saya masih
> > > > > > > > > kuat, saya menjalaninya hingga usai pulang dari Solo.
> > > > > > > > > Sempat tidak tahan tetapi ya berusaha tahan juga
> > > > > > > > > melaluinya hingga saat ini sudah lebih dari setengah
> > > > > > > > > tahun. Saya bersyukur bahwa saya masih hidup dan
> > > > > > > > > ketahanan mental saya lebih kuat dari sebelumnya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Bicara tentang anjing saya Blacky, saya tinggal
> > > > > > > > > bersama anjing saya Blacky setiap hari sejak kecil.
> > > > > > > > > Jadi buat saya binatang itu (si blacky) kadang-kadang
> > > > > > > > > bisa lebih manusiawi daripada manusia. Keyakinan akan
> > > > > > > > > hal ini tentunya tidak dianut oleh orang yang tidak
> > > > > > > > > memelihara anjing secara intense tidur sekamar di
> > > > > > > > > rumah. Blacky secara teori memang hidup hanya untuk
> > > > > > > > > makan dan beol, tetapi buat saja Blacky tahu kapan
> > > > > > > > > saya membutuhkan perhatian dan itu di luar urusan
> > > > > > > > > kebutuhannya untuk sekedar makan.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Bagian I I
> > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Dalam kacamata kuda yang sudah ditanamkan Leonardo
> > > > > > > > > Rimba kepada anda, tentang betapa Blacky-nya saya dan
> > > > > > > > > betapa saya mendidik orang-orang saya menjadi `Blacky'
> > > > > > > > > (makhluk hidup yang mengukur data dengan insting) anda
> > > > > > > > > memang selayaknya bingung soal mengapa saya masih
> > > > > > > > > sedikit civilize dengan masih berpakaian, menggunakan
> > > > > > > > > piama untuk tidur, mandi, dlsb yang dilakukan manusia
> > > > > > > > > setiap hari tetapi tidak dilakukan anjing. Ini
> > > > > > > > > pertanyaan yang bagus,semoga jawaban saya bisa
> > > > > > > > > menjawab keingintahuan anda
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Baik manusia maupun Blacky mengalami pengalaman
> > > > > > > > > hidupnya dengan pengalaman indrawinya, ini yang
> > > > > > > > > disebut insting kebinatangan, yang sangat dianggap
> > > > > > > > > rendah dan buruk oleh Leonardo Rimba. Baik manusia
> > > > > > > > > atau hewan masuk ke tahap selanjutnya yaitu memetakan
> > > > > > > > > posisi-posisi dan rumus sebab-akibat dari pengalaman
> > > > > > > > > tsb, ini mengapa baik manusia maupun Blacky bisa
> > > > > > > > > dididik untuk be civilize, sampai dimana civilize-nya
> > > > > > > > > ya tergantung dari kebutuhan dan aturan yang
> > > > > > > > > ditanamkan secara langsung atau secara sadar tidak
> > > > > > > > > sadar dipelajarinya. Misalnya si Blacky peliharaan
> > > > > > > > > saya suka tidur di ruangan ber-AC, menganggap rendah
> > > > > > > > > derajat anjing lain yang dikandangkan di rumah saya,
> > > > > > > > > menggaruk-garuk pintu saat ingin dibukakan pintu,
> > > > > > > > > buang air di kebun, tidak suka menginjak lantai yang
> > > > > > > > > basah, dlsb. Semut pun civilize dalam aturan
> > > > > > > > > populasinya sendiri.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Yang membuat saya sungguh mengagumi Blacky sebagai
> > > > > > > > > anjing yang kadang-kadang bias lebih berusaha civilize
> > > > > > > > > dibanding manusia adalah ketika saya mengetahui Blacky
> > > > > > > > > mengalami sakit prostat sampai mengalami kelumpuhan
> > > > > > > > > setengah badan (kaki depan bias bergerak, tetapi otot
> > > > > > > > > tulang punggung sampai kaki belakang mati) gara-gara
> > > > > > > > > menahan kencing setiap hari di kamar saya. Dokter
> > > > > > > > > hewan hanya menyarankan anjing saya disuntik mati,
> > > > > > > > > tetapi satu sikap Blacky yang membuat kami sekeluarga
> > > > > > > > > respect padanya; Blacky setiap ingin pipis berusaha
> > > > > > > > > sekuat tenaga menggunakan kakidepannya yang belum
> > > > > > > > > lumpuh untuk merangkak sampai ke taman berkerikil
> > > > > > > > > tempatnya biasa buang air hingga tubuhnya luka-luka,
> > > > > > > > > sakit prostat-nya membuat Blacky tidak mampu
> > > > > > > > > mengontrol dan merasakan kalau dirinya sudah
> > > > > > > > > mengeluarkan air kencing sehingga membuat lantai
> > > > > > > > > menjadi kotor, jadi setiap kencing ayah saya
> > > > > > > > > mencebokkan pantat dan burungnya Blacky. Hampir lima
> > > > > > > > > juta rupiah kami sudah keluarkan untuk mencari cara
> > > > > > > > > menolong Blacky, berbagai dokter dicoba satu demi
> > > > > > > > > satu, hingga akhirnya Blacky sembuh total dengan
> > > > > > > > > bantuan seorang akupunturist khusus hewan, padahal
> > > > > > > > > harga seekor Blacky hanya satu juta rupiah. Kalau anda
> > > > > > > > > sakit anda masih bisa memaafkan diri anda untuk
> > > > > > > > > kencing di tempat tidur, tetapi seekor Blacky tidak
> > > > > > > > > memaafkan dirinya untuk hal semacam itu.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Secara alamiahnya intuisi adalah proses rekonstruksi
> > > > > > > > > akibat lanjutan dari pengalaman ber-insting.
> > > > > > > > > Aturan-aturan yang terbentuk dalam pengalaman insting
> > > > > > > > > menghasilkan suatu teori, konsep, keyakinan, believe
> > > > > > > > > system, dlsb dimana ada suatu titik tujuan kebenaran
> > > > > > > > > yang paling mendekati mutlak yang bisa dicapai. Ini
> > > > > > > > > bisa berkaitan dengan hal ketuhanan kalau individunya
> > > > > > > > > punya teori ketuhanan, atau bisa berkaitan dengan
> > > > > > > > > suatu hal empiris, suatu keilmiahan, aturan main,
> > > > > > > > > norma, dlsb.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Nah, believe system yang saya sering sindir dalam
> > > > > > > > > konteks ilmu kompatiologi adalah adalah ketia
> > > > > > > > > seseorang memiliki proses intuisi (memiliki teori,
> > > > > > > > > konsep, keyakinan, believe system, dlsb) yang tidak
> > > > > > > > > berhubungan dengan proses pengalaman instingnya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Mengapa Leonardo Rimba selalu menjelek-jelekkan
> > > > > > > > > insting adalah agar kliennnya tidak mau menghargai
> > > > > > > > > proses instingnya, langsung bicara intuisi dengan
> > > > > > > > > teori, konsep, keyakinan, believe system, dlsb yang
> > > > > > > > > bikinan Leonardo Rimba bukan hasil proses pengalaman
> > > > > > > > > kontemplasi orang itu sendiri. Kalau seorang manusia
> > > > > > > > > memiliki hubungan relasi antara insting ke intuisi
> > > > > > > > > yang berkaitan erat maka tidak dibutuhkan lagi guru,
> > > > > > > > > pembimbing spiritual juga peramal; orang itu menjadi
> > > > > > > > > independent, ini yang dikahwatirkan Leonardo Rimba dan
> > > > > > > > > juga ahli-ahli ilmupengetahuan social ilmiah, agama,
> > > > > > > > > spiritual dan metafisika yang mengharapkan
> > > > > > > > > ketergantungan klien kepada dirinya. Kalau proses
> > > > > > > > > intuisi seseorang adalah hasil bikinan orang lain yang
> > > > > > > > > tidak memiliki hubungan relasi dengan instingnya, maka
> > > > > > > > > akibatnya orang tsb akan selalu membutuhkan saran,
> > > > > > > > > nasehat, bimbingan dari si pembuat proses intuisi yang
> > > > > > > > > ada pada dirinya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Kepentingan Vincent Liong sebagai pendiri kompatiologi
> > > > > > > > > dan Leonardo Rimba sebagai seorang peramal tarot dan
> > > > > > > > > ahli mata ketiga terhadap kliennya adalah amat sangat
> > > > > > > > > bertolakbelakang:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Harapan seorang Vincent Liong terhadap kliennya adalah
> > > > > > > > > seseorang meminta bantuannya sekali saja dan
> > > > > > > > > diharapkan agar orang tsb tidak sekalipun datang ke
> > > > > > > > > Vincent Liong untuk meminta pertolongan yang sama
> > > > > > > > > seumur hidupnya. Itu kenapa rohaniwan Titus Budiyanto
> > > > > > > > > mendatangi Vincent dari Bangka untuk belajar
> > > > > > > > > kompatiologi dan bisa mengajarkannya ke kliennya
> > > > > > > > > adalah karena kesedihannya sebagai rohaniawan
> > > > > > > > > menghadapi klien yang makin hari makin ketergantungan
> > > > > > > > > sehingga lebih mengharga bila bisa memberikan klein
> > > > > > > > > tsb independensi yang diharapkan bersifat permanent.
> > > > > > > > > Itu alasannya mengapa setelah ikut dekon dan belajar
> > > > > > > > > jadi pendekon Titus Budiyanto langsung berangkat ke
> > > > > > > > > Batam untuk mendekon sekitar 28 orang dalam kira-kira
> > > > > > > > > 5 hari, lalu dilanjutkan dengan berkeliling
> > > > > > > > > pulau-ke-pulau di kepulauan Riau yang terpencil dan
> > > > > > > > > sulit ada sarana komunikasi, satu kali memimpin umat
> > > > > > > > > menjalankan ritual kerohaniannya dan sekali melakukan
> > > > > > > > > dekon kompatiologi setiap hari.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Harapan seorang Leonardo Rimba terhadap kliennya
> > > > > > > > > adalah seorang memintanya secara rutin (berkelanjutan)
> > > > > > > > > untuk diramal menggunakan kartu tarot, mengikuti
> > > > > > > > > program konseling dan ilmu mata ketiganya.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Tentang "Democratic People Republic of Korea" (Korea
> > > > > > > > > Utara), Vincent Liong memang bangga sebagai orang
> > > > > > > > > Indonesia yang bisa melakukan observasi selama satu
> > > > > > > > > tahun lebih terhadap anak-anak aparat kedutaan Korea
> > > > > > > > > Utara adalah kesempaan yang langka dan bisa digunakan
> > > > > > > > > untuk mempelajari banyak hal dari kacamata
> > > > > > > > > sudutpandang yang berbeda-beda.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Vincent Liong harus terus menelepon ke Jakarta saat
> > > > > > > > > itu adalah untuk memantau secara terus menerus
> > > > > > > > > perkembangan teror yang sedang dijalankan ke segenap
> > > > > > > > > praktisi kompatiologi, meskipun tekanan bagi Vincent
> > > > > > > > > Liong sendiri tetap dialami sepanjang hari melalui
> > > > > > > > > provokasi Leonardo Rimba. Apa boleh buat Vincent Liong
> > > > > > > > > sebagai pendiri kompatiologi harus bertanggungjawab
> > > > > > > > > dalam kondisi apapun juga terhadap keselamatan para
> > > > > > > > > praktisi kompatiologi di Jakarta di masa teror yang
> > > > > > > > > begitu intens dan berkelanjutan. Hal ini tidak ada
> > > > > > > > > hubungannya dengan pengalaman Vincent Liong mengamati
> > > > > > > > > secara partisipasi anak-anak aparat kedutaan Korea
> > > > > > > > > Utara.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Bagian I I I
> > > > > > > > > Vincent Liong answer:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Peneliti Kompatiologi sudah meneliti menggunakan bau,
> > > > > > > > > masalahnya bau mudah melekat di hidung sehingga sulit
> > > > > > > > > digunakan sebagai alat sampler yang berdurasi cepat.
> > > > > > > > > Menggunakan pengelihatan dan pendengaran juga pernah
> > > > > > > > > kami coba, masalahnya orang sudah terlalu
> > > > > > > > > berpengalaman berkomunikasi dengan pengelihatan dan
> > > > > > > > > pendengaran sehingga tidak bisa dilakukan sampling
> > > > > > > > > yang bebas dari intepretasi berdasarkan pengalaman
> > > > > > > > > verbal.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Ttd,
> > > > > > > > > Vincent Liong
> > > > > > > > > Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2007
> > > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- End forwarded message
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> >
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar