Liyan--> Yang-Lain (The others)
Apapun yang bukan 'Aku' adalah 'Liyan' atau Others
Dalam Neo-Psikoanalisa dan Fenomenologinya Emmanuel Levinas, Liyan
banyak dibahas. Liyan adalah bagaimana mempertanyakan kembali Ego
Cogito atau Cogito Ergo Sum dari Descartes.
Ternyata, Aku-Berpikir tak sejernih seperti apa yang diutarakan
Descartes. Levinas banyak mengangkat dari sudut pandang Perang Dunia
II, terutama pembantaian Yahudi.
Dalam bukunya yang berjudul 'Totality and Infinity' (Aku punya dua,
mau?) Levinas membahas bahwa totalitas ego sebenarnya seketika luruh
ketika berhadapan dengan Liyan. Kenapa? Karena Liyan adalah sesuatu
yang tak bisa direngkuh sepenuhnya dalam 'Aku-Berpikir'
hanya bisa menampak sebagai 'wajah'.
Term 'wajah' yang digunakan Levinas di sini bukan merujuk pada mata,
hidung, kepala, telinga, dll itu, melainkan pada suatu kemenampakan.
Levinas memang menggunakan pendekatan yang lebih banyak ke
fenomenologi. Di kemudian hari, Derrida banyak berhutang dari
pemikiran-pemikiran Levinas.
Nah, itu dulu tentang Liyan. Nanti kalo kurang, tak imbuhi
Salam Nasi Bebek Surabaya
(Iya Bude..enggak cocok kalo bikin dekon sego bebek...eh, kalo dekon
sate erwe gimana?Di sini banyak erwe)
--- In psikologi_transform
<personalgrowth@
>
> liyan itu anak mana?
>
>
>
> On 11/21/07, audifax - <audivacx@..
> >
> > *Kecerdasan (membaca) Liyan*
> >
> >
> > Dalam psikologi kognitif, terdapat telaah mengenai 'Long-Term
Memory'
> > (LTM) dan 'Short-Term Memory' (STM). Secara sederhana, LTM bisa
dijelaskan
> > sebagai ingatan jangka panjang atau ingatan akan sesuatu yang
bertahan untuk
> > waktu lama. STM adalah ingatan jangka pendek atau ingatan yang
sifatnya
> > sementara. Ingatan ini ada karena hal yang diingat masih
diperlukan atau
> > digunakan di keseharian.
> >
> >
> > Dalam psikoanalisa, terdapat telaah mengenai Alam-Pra-Sadar dan
> > Alam-Bawah-Sadar. Meski tak sepenuhnya sama, hal-hal yang ada di
> > Alam-Pra-Sadar mirip dengan STM, sedangkan hal-hal yang ada di
> > Alam-Bawah-Sadar kerapkali adalah hal-hal yang ada di LTM.
Pembahasan
> > mengenai trauma akibat suatu peristiwa di masa kecil misalnya,
adalah
> > hal-hal yang dalam psikoanalisa dikaitkan dengan Alam-Bawah-
Sadar, sedangkan
> > hal-hal seperti password, nomor telepon adalah hal-hal yang ada
di
> > Alam-Pra-Sadar. Ia terbenam, namun masih dekat di ambang
kesadaran sehingga
> > mudah dipanggil ke kesadaran.
> >
> >
> > Sampai di sini, saya perlu menjelaskan bahwa paparan yang saya
mulai
> > dengan menghadirkan pokok bahasan penting di psikologi kognitif
dan
> > psikoanalisa ini merupakan introduksi untuk masuk pada
pembahasan tentang
> > 'kecerdasan' dan 'liyan'.
> >
> >
> > Dengan merujuk pada pemahaman kesadaran cartesian, maka 'Ada'
diletakkan
> > pada bagaimana 'Aku-Berpikir-
yang ada
> > pada STM, LTM, Alam-Pra-Sadar maupun Alam-Bawah-Sadar adalah hal
yang
> > terletak di luar 'Aku-Berpikir' namun 'Ada-menyertai-
imbuhan'
> > (partes extra partes) atau 'Ada-sebagai-
> >
> >
> > Saya hendak membawa pembahasan ini pada tema kecerdasan, sebagai
lanjutan
> > dari thread minggu lalu.
> >
> >
> > Menurut teman-teman di sini: "Apakah suatu kecerdasan mesti
> > memperhitungkan bagaimana membaca Liyan ini atau cukup hanya
membahas apa
> > yang terpikir di otak saja?"
> >
> >
> >
> >
> >
> > ------------
> > Be a better sports nut! Let your teams follow you with Yahoo
Mobile. Try
> > it
now.<http://us.rd.
;_ylt=At9_qDKvtAbMu
> >
> >
> >
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar