Justru gak perlu tuhan untuk membangun ethics to...kalo belum ada, ya konperensi bisa bahas ethicsnya dulu…at least mereka semua sadar yang dibawa ke konperensi adalah interest…bukan wangsit..jadi kemungkinannya ada dua…ribut atau gak ribut
Kalo konperensi theis kepleset, semua datang dah bawa wangsit mutlak dari tuhannya masing2…..lha apanya yang mau dibahas? Hasilnya sudah pasti cuma satu, ribut
From:
Sent: Thursday, December 06, 2007 12:37 PM
To:
Subject: Balasan: [psikologi_transfor
ethics siapa yang akan jadi "pegangan" ketika atheis berkumpul untuk
membahas sesuatu dalam konferensi ?
ethics kita? ethics aku? ethics kami?
gimana kalau ethics gue yang dipakai('ethics gigolology')
konfrensi bertelanjang saja semua.
--- In psikologi_transform
<aharyono@..
>
> Kalo konperensi atheis kali malah gak ribut mas, masih ada
ethics….justru
> gak ada potensi jadi tuhan ndiri2, wong ndak percaya….yang ada fight for
> interest, praktis prgmatis….tapi realistis
>
>
>
> yang paling potensi ribut tuh konperensi theis2 yang kepleset
>
>
>
>
>
> _____
>
> From: psikologi_transform
> [mailto:psikologi_transform
> Sent: Thursday, December 06, 2007 9:19 AM
> To: psikologi_transform
> Subject: Balasan: [psikologi_transfor
Datang dan
> Bersuara
>
>
>
> Atheis datang lalu berkumpul, semacam konvensi atau konferensi maka
> akan muncul "keributan" baru, mengapa?
> Karena yang datang semua sudah menjadi tuhan yaitu dirinya sendiri
> dengan berbagai kepentingan. Lalu muncul pepatah lama "tidak ada yang
> abadi di dunia ini selain kepentingan/
> Soal "diakuai" atau "tidak diakui" tidak menjadi relevan lagi.
>
> Salam
>
> --- In psikologi_transform
> <mailto:psikologi_
> lulu <lu2_mm@> wrote:
> >
> > untuk yang agama baru ...
> > mungkin bakal lebih seru lagi , mengingat dengan agama yang ada
> sekarang aja udah segini kondusifnya, apalagi entar kalo ada tambahan
> baru lagi ya ..
> > untuk mas gotho, satu hal yang menarik dari anda yaitu ...
> > makin flexible dengan hal yang berbau `baru`..
> > tapi kalo misal aplikasi dari ``Atheis datang? Untuk menghilangkan
> agama dengan tanpa agama, maka ketika berkumpul akan menjadi agama
> baru..``satu gebrakan baru nih, dan kira2 bakal bisa gak ya `agama
> baru` itu di akui di
> >
> > salam manis
> > /Lu2
> >
> >
> > gotholoco <gotholoco@> wrote:
> > Agama dan Politik itu mirip kok, malah hampir identik.
> > Kedua-duanya sama "berbicara" "what ought to be, what should to be"
> > ('berbicara bagaimana sebaiknya, bagaimana seharusnya, NTAR ESOK
HARI').
> > Bedanya 'di titik' kalau agama : pencarian Sang Khalik, kalau Politik
> > pencarian "Kekuasaan".
> > Ketika beragama tidak "ketemu" Sang Khalik, maka disitulah agama
> > menjadi pencarian kekuasaan di berbagai bidang atau agama akan identik
> > dengan politik.
> >
> > Atheis datang? Untuk menghilangkan agama dengan tanpa agama, maka
> > ketika berkumpul akan menjadi agama baru..he..he.
> >
> >
> > --- In psikologi_transform
> <mailto:psikologi_
> Angga Wijaya
> > <anggaji@> wrote:
> > >
> > > Atheis Juli 30, 2007
> > > Agama akan tetap bertahan dalam hidup manusia, tapi
> > layakkah ia dibela?
> > >
> > >
> > > Christopher Hitchens baru-baru ini menarik perhatian ketika bukunya
> > terbit dengan judul God Is Not Great: Religion Poisons Everything.
> > Penulis Inggris ini—yang yakin bahwa Tuhan tidak akbar dan bahwa
agama
> > adalah racun—tak bersuara sendirian di awal abad ke-21 ini. Di tahun
> > 2004 terbit The End of Faith, oleh Sam Harris, yang tahun lalu
> > mempertegas posisinya dengan menyerang agama Kristen dalam Letter to a
> > Christian Nation. Yang juga terkenal adalah karya Richard Dawkins,
> > seorang pakar biologi, The God Delusion, yang mengutip satu kalimat
> > pengarang lain: "Bila seseorang menderita waham, gejala itu akan
> > disebut gila. Bila banyak orang menderita waham, gejala itu akan
> > disebut agama."
> > >
> > >
> > > Saya belum khatam membaca buku-buku itu, tapi saya telah merasa
> > setengah terusik, tersinggung, berdebar-debar, terangsang berpikir,
> > tapi juga gembira. Baiklah saya jelaskan kenapa saya gembira: kini
> > datang beberapa orang atheis yang sangat fasih dengan argumen yang
> > seperti pisau bedah. Dengan analisa yang tajam mereka menyerang semua
> > agama, tanpa kecuali, di zaman ketika iman dikibarkan dengan rasa
> > ketakutan, dan rasa ketakutan dengan segera diubah jadi kebencian.
> > Dunia tak bertambah damai karenanya. Maka siapa tahu memang dunia
> > menantikan Hitchens, Harris, dan Dawkins. Siapa tahu para atheis
> > inilah yang akan membuat kalangan agama mengalihkan fokus mereka dan
> > kemudian berhenti bermusuhan.
> > >
> > >
> > > Apalagi ada benarnya ketika Christopher Hitchens bicara tentang
> > iman dan rasa aman. Sepekan sebelum 11 September 2001, hari yang
> > bersejarah itu, ia ditanya dalam sebuah wawancara radio: "Bayangkan
> > Anda berada di sebuah
> > besar orang datang ke arah Anda. Akan lebih merasa amankah Anda, atau
> > justru merasa kurang aman, bila Anda tahu orang-orang itu baru selesai
> > berkumpul untuk berdoa?"
> > >
> > >
> > > Hitchens, yang pernah berada di
> >
> > >
> > >
> > > Ia tak bicara dari khayal. Ia telah menyaksikan permusuhan antara
> > orang Katolik dan Protestan di Ulster; Islam dan Kristen di Beirut dan
> >
> > orang Islam di bekas
> > Beribu-ribu orang tewas dan cacat dan telantar.
> > >
> > >
> > > Maka bagi Hitchens, agama adalah "sebuah pengganda besar", an
> > enormous multiplier, "kecurigaan dan kebencian antarpuak".
> > >
> > >
> > > Tapi menarik bahwa Hitchens tak menyatakan agama sebagai sumber
> > sikap negatif itu.
> > >
> > >
> > > Dalam hal ini ia berbeda dari Sam Harris. Bagi Harris, konflik
> > antara umat Katolik dan Protestan yang berdarah di Irlandia—yang
> > bermula baru di abad ke-17—bersumber pada teks Alkitab, tak ada
> > hubungannya dengan politik pertanahan di wilayah kekuasaan Inggris
> > masa itu. Harris tak melihat endapan sejarah dalam tiap tafsir atas
> > akidah—dan dalam hal ini ia mirip seorang fundamentalis Kristen atau
> > Islam. Pandangannya yang menampik sejarah akan bisa mengatakan bahwa
> > doktrin Quran itulah yang membuat sejumlah orang menghancurkan Menara
> > Kembar
> > 2001. Harris tak akan melihat bahwa hari itu "Islam" identik dengan
> > amarah karena ada kepahitan kolonialisme di Timur Tengah, Afrika, dan
> >
> > >
> > >
> > > Dari sini, memang ada benarnya apologi yang terkenal itu: bukan
> > agamanya yang salah, melainkan manusianya.
> > >
> > >
> > > Tapi persoalan tak selesai di situ. Orang-orang atheis semacam
> > Hitchens akan bertanya: Jika faktor manusia yang menyebabkan keburukan
> > tumbuh dalam suatu umat, berarti tak ada peran agama dalam memperbaiki
> > umat itu. Jika demikian, jika akidah ditentukan oleh sejarah, dan
> > bukan sebaliknya, apa guna agama bagi perbaikan dunia?
> > >
> > >
> > > Mungkin sebuah nol. Bahkan melihat begitu banyak pembunuhan
> > dilakukan atas nama agama hari-hari ini, orang memang mudah sampai
> > kepada atheisme Hitchens dan kesimpulannya: agama meracuni segala hal.
> > >
> > >
> > > Tapi kita dapat juga sampai pada kesimpulan yang lain:
> > jangan-jangan agama memang tak punya peran bagi perbaikan dunia.
> > Perannya memang bisa lain sama sekali—terutama bila dilihat dari awal
> > lahirnya agama-agama.
> > >
> > >
> > > Dalam ceramahnya yang diselenggarakan oleh MUIS (Majlis Ugama Islam
> > Singapura) bulan Juni yang lalu, Karen Armstrong mengatakan sesuatu
> > yang tak lazim: agama lahir dari sikap jeri (recoil) atas kekerasan.
> > Juga Islam, yang kini tak urung dihubungkan dengan bom bunuh diri,
> > konflik berdarah di Irak, Afganistan, dan
> > sebagai pembangun perdamaian di sekitar Mekah, di tengah suku-suku
> > Arab yang saling galak.
> > >
> > >
> > > Tapi mungkin juga Karen Armstrong bisa menelusurinya lebih jauh:
> > jika agama memang lahir dari rasa jeri akan kekerasan, rasa jeri itu
> > bertaut dengan kesadaran akan ketakberdayaan. Agama sebab itu tak
> > merasa kuasa untuk memperbaiki dunia; ia justru berada di kancah yang
> > tersisih, menemani mereka yang daif—sebuah posisi yang kian tampak
> > dalam keadaan manusia teraniaya.
> > >
> > >
> > > Tapi kini, dalam mencoba menyaingi gagahnya modernitas, agama
> > cenderung melupakan "empati asali"-nya sendiri. Orang-orang Islam
> > merayakan Hijrah bukan dengan rasa setia kawan dan bela rasa kepada
> > mereka yang diteror, walaupun Hijrah bermula dari nasib sekelompok
> > minoritas yang dikejar-kejar. Orang merayakan Hijrah lebih sebagai
> > kemenangan. Mungkin dengan tendensi itu, pengalaman kedaifan sendiri
> > terlupa: pekan lalu atas nama "Islam" orang-orang mengancam para
> > biarawati Karmel yang hendak berkumpul untuk berdoa di lembah
> > Cikanyere di wilayah Cianjur.
> > >
> > >
> > > Dalam keadaan lupa kepada yang tak berdaya itulah agama bisa jadi
> > tenaga yang dahsyat. Tapi ia juga bisa jadi tenaga yang tak tahu
> > batas. Di saat seperti itu, bukankah para atheis perlu datang dan
> > bersuara?
> > >
> > >
> > > ~Majalah Tempo Edisi. 23/XXXIIIIII/
> > >
> > >
> > >
> > > sumber: http://caping.
> <http://caping.
> wordpress.com/
> > >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> > ------------
> > Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di
> Yahoo! Answers
> >
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar