dulu teman saya pernah bilang dia tahu cewek cantik atau tidak dari
cara telepon, sms, ternyata saya baru ngerti, apanya yang dilihat /
didengar? hahahahahhaha
cewek tidak cantik: mas udah makan?
cewek cantik: ........... [tolong bantu diisi mbak]
cewek tidak cantik: bagaimana khabar hari ini di kantor?
cewek cantik: ........... [tolong bantu diisi mbak]
salam,
goen
--- In psikologi_transform
<personalgrowth@
>
> perawan baby dongggggg...
> hehehehehe..
>
>
> On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@
> >
> > kalau dari pilihan kata-katanya yang ekspresif, opininya yang
> > langsung, dan pede, dan dilihat dari layar monitor, memang
> > kelihatannya ya perawan, mbak.
> >
> > tua?
> >
> > belum lah. Masih baby, ...... [dibanding Pak Jusuf dan Pak
Hudoyo.]
> >
> > salam,
> > goen
> >
> > --- In
psikologi_transform
40yahoogroups.
> > "ratih ibrahim"
> > <personalgrowth@
> > >
> > > barangkali juga ya?
> > > makanya saya diramal tuyul jadi perawan tua....
> > > *meringis*
> > >
> > > tua memang iya sihhhh......
> > > tapi perawan?????
> > > hahahahahahaaaaa.
> > >
> > >
> > > On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@
> > > >
> > > > hahaha maksudnya antene kartu halo?
> > > >
> > > > ada yang bilang katanya psikolog karena bisa 'melihat orang'
maka
> > > > susah mencari jodoh?
> > > >
> > > > salam,
> > > > goen
> > > >
> > > > --- In
> > psikologi_transform
40yahoogroups.
> > <psikologi_transfor
> > 40yahoogroups.
> > > > "ratih ibrahim"
> > > > <personalgrowth@
> > > > >
> > > > > ben boleh mengaku2 bijaksana...
> > > > > hahahahahaaaaaa.
> > > > > gara2 baca bukunya mas Goen nih....
> > > > > *keliatan ga, di atas kepala ada 'halo'nya...
> > > > >
> > > > >
> > > > > On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@
> > > > > >
> > > > > > mbak..... sampeyan asli sabar yo... wong omongane tuyul
anake
> > > > tukul
> > > > > > kok ditanggapi. banyak minum jus timun ya? supaya sabar..
> > > > > > menurunkan darah tinggi
> > > > > >
> > > > > > salam,
> > > > > > goen
> > > > > >
> > > > > > --- In
> > > >
psikologi_transform
40yahoogroups.
> > <psikologi_transfor
> > 40yahoogroups.
> > > > <psikologi_transfor
> > > > 40yahoogroups.
> > > > > > "ratih ibrahim"
> > > > > > <personalgrowth@
> > > > > > >
> > > > > > > terima kasih banyak tuyul.
> > > > > > > karena *jika dalam membaca postingan tuyul di bawah,
segala
> > > > > > pelabelan,
> > > > > > > pengumpatan, dan penistaannya terhadap pihak2 yang
namanya
> > > > > > dipaparkan di
> > > > > > > bawah ini dihilangkan, tulisan tuyul = lumayan
juga....*
> > > > > > > **
> > > > > > > bude tih
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > On 11/27/07, tuyul50 <tuyul50@> wrote:
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ini sebuah kado buat bu de Tih, mudah2an bisa
membantu
> > > > tugasnya
> > > > > > > > sebagai moderator dalam ceramah Djohan Salim, agar
> > supaya ke-
> > > > > > salah-
> > > > > > > > kaprah-annya tidak semakin ber-larut2 menyesatkan
> > khalayak
> > > > ramai,
> > > > > > > > bahkan lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don
> > Campbell.
> > > > > > Jika
> > > > > > > > bude Tih tidak bersedia mendengarkan, apalagi
menuruti,
> > > > nasihat,
> > > > > > yah
> > > > > > > > terserah. Akibatnya nanti kan bude Tih dan Djohan
Salaim
> > yang
> > > > > > malu
> > > > > > > > sendiri, jika berhadapan dengan pakar2 musik yang
benar2
> > > > mengerti
> > > > > > > > musik. Kebenaran komentar dibawah ini silahkan di-
check
> > > > dengan
> > > > > > > > pakar musik siapa saja, juga bisa diverifikasi di
> > Internet
> > > > pakai
> > > > > > > > Google, atau bahkan bisa didengar lewat YouTube dan
dari
> > on-
> > > > line
> > > > > > > > sample iklan2 penjualan CD.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Lantaran tidak ada harganya buat membeli bukunya
Djohan
> > > > Salim,
> > > > > > > > seperti halnya dengan komentar yang duluan (Erie
> > Setiawan,
> > > > > > Kompas 25
> > > > > > > > Maret 2007) komentar kali ini diambil dari sebuah
ulasan
> > > > dalam
> > > > > > > > majalah Tempo oleh Afthonul Afif yang bisa di-akses
di:
> > > > > > > >
> > > > > > > > http://www.ruangbac
> > > > > > > >
> > > > > >
> > > >
> >
doky=MjAwNw=
> > > > > > > >
> > > > > > > > Untuk jelasnya, artikel Tempo yang lengkap di
reproduksi
> > > > dibawah
> > > > > > > > komentar ini.
> > > > > > > >
> > > > > > > > KOMENTAR:
> > > > > > > > Ulasan AA sama sekali tidak mangacu pada musiknya
Mozart.
> > > > > > melainkan
> > > > > > > > menjelaskan efek musik secara UMUM, bahkan semua
jenis
> > musik
> > > > > > > > termasuk musik pop(uler), Jazz, Rap, dan segala macam
> > > > bunyi2an
> > > > > > yang
> > > > > > > > paling primitif sekalipun. Musik Mozart memang benar
> > > > memiliki ke-
> > > > > > > > unikan yang ada hubungannya dengan IQ, tetapi di-
> > besar2kan
> > > > oleh
> > > > > > Don
> > > > > > > > Campbell dan luput dibahas, diperhatikan, ataupun
> > diketahui
> > > > oleh
> > > > > > > > Djohan Salim. Artinya, si pengulas (Afthonul Afif,
> > Mahasiwa
> > > > > > > > Psikologi Klinis Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta)
> > tidak
> > > > > > mengerti
> > > > > > > > musiknya Mozart (mengkali juga belon pernah
mendenger).
> > Lha
> > > > kok
> > > > > > > > brani2nya kasi komentar? Tapi ya bisa dimaafkan deh,
> > sebab si
> > > > > > Afif
> > > > > > > > ini masih tingkat mahasiswa. Tapi jeleknya, kok
dimuat di
> > > > TEMPO
> > > > > > > > yang dibaca oleh khalayak ramai, hingga akibatnya
> > masyarakat
> > > > > > > > Indonesia ikut tertipu, kebudayaannya tidak maju2,
sebab
> > > > semakin
> > > > > > > > tersesat salah-jalan dalam perkembangannya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Misalnya, Afthonul Afif keliru besar bahwa musiknya
> > Mozart
> > > > > > dicirikan
> > > > > > > > dengan oleh *in nominee domini* (in the name of the
Lord)
> > > > > > > > [persisnya `Benedictus qui venit in nominee Domini'
> > > > (`Blessed is
> > > > > > he
> > > > > > > > that comes in the name of the Lord') yakni salah satu
> > aria
> > > > dalam
> > > > > > > > oratorio Mozart yang terkenal, REQUIEM]. Ciri
keagamaan
> > > > demikian
> > > > > > > > barangkali boleh diberikan kepada Johann Sebastian
Bach
> > > > (tetapi
> > > > > > > > tidak kepada Antonio Vivaldi yang lebih penuh gairah
> > hidup,
> > > > > > > > sekalipun sama2 jaman Barok), tetapi sama sekali jauh
> > buat
> > > > > > seorang
> > > > > > > > Mozart. Sebagai komponis dari jaman Pencerahan
> > (Aufklaerung)
> > > > > > musik
> > > > > > > > Mozart mengungkapkan KEINDAHAN DUNIA serta GAIRAH
HIDUP
> > dalam
> > > > > > bentuk
> > > > > > > > yang paling murni, tanpa di ganggu, di nodai atau di
> > warnai
> > > > oleh
> > > > > > > > perasaan2 pribadi. Perasaan2 pribadi adalah ciri
utama
> > dari
> > > > musik
> > > > > > > > ROMANTIK. Sedangkan musik dari jaman KLASIK (Mozart,
> > Haydn,
> > > > J.C.
> > > > > > > > Bach, Johann Heinichen, dsbnya) keindahannya
universal,
> > > > objektif,
> > > > > > > > spontan dan murni. Disini jelas komentar Afthonul
Afif
> > bahwa
> > > > > > > > *seharusnya yang menjadi efek Mozart sesungguhnya*
adalah
> > > > salah-
> > > > > > > > kaprah dan membuktikan bahwa Afthonul Afif tidak
mengerti
> > > > musik
> > > > > > > > Mozart. Salah-mengertinya dilanjutkan lagi dengan
> > *gemuruh
> > > > yang
> > > > > > > > menakutkan dari Don Giovanni*. Opera Don Giovanni
(Don
> > Juan)
> > > > > > lebih
> > > > > > > > bersifat LUCU ketimbang *gemuruh menakutkan*
(Afthonul
> > > > Afif), hal
> > > > > > > > mana jelas dengan sendirinya dari katalogisasi oleh
> > Mozart
> > > > > > sendiri
> > > > > > > > sebagai *opera buffa* (opera lucu). Bahkan adegan
> > terakhir,
> > > > waktu
> > > > > > > > Don Giovanni diseret masuk kedalam bumi yang terbelah
> > oleh
> > > > patung
> > > > > > > > batu yang datang memenuhi undangan makan-malam oleh
si
> > Don
> > > > > > Giovanni,
> > > > > > > > lebih bersifat lucu ketimbang dramatis, apalagi
> > *menakutkan*
> > > > > > (AA).
> > > > > > > > Juga komentar Afthonul Afif akan *gempita
kebahagiaan*
> > dalam
> > > > > > opera
> > > > > > > > *The Magic Flute* (die Zauberflöte) meleset sama
sekali,
> > > > sebab
> > > > > > > > sekali lagi opera ini lebih bersifat menakjubkan
> > > > (bezaubernd) dan
> > > > > > > > lucu (komische Oper). Dan kalo orang mo bilang ada
> > adegan2
> > > > yang
> > > > > > > > *menakutkan*
> > aria2
> > > > dan
> > > > > > > > bagian2 musik yang demikian, seperti misalnya aria
> > *Koenigin
> > > > der
> > > > > > > > Nacht* (Queen of the Night) yang nadanya sangat
> > *powerful*
> > > > serta
> > > > > > > > memerlukan teknik vokal yang amat canggih (aria "Der
> > Hölle
> > > > Rache
> > > > > > > > kocht in meinem Herzen" = "The vengeance of Hell
boils
> > in my
> > > > > > heart").
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ulasan AA tentang *keruwetan harmoni simfoninya*
Mozart
> > itu
> > > > > > > > menyesatkan, sebab terbalik seratus-delapan-
> > derajat!
> > > > Boleh
> > > > > > > > dicheck dengan pakar musik siapapun juga, harmoni
dalam
> > musik
> > > > > > > > instrumental Mozart adalah yang paling sederhana,
jernih
> > dan
> > > > > > > > transparent, samasekali terbalik daripada *ruwet*.
Justru
> > > > berkat
> > > > > > > > kesederhanaan dan transparensi itulah maka musik
Mozart
> > bisa
> > > > di-
> > > > > > > > asosiasi-kan dengan kemampuan melatih dan merangsang
IQ
> > > > ketaraf
> > > > > > yang
> > > > > > > > lebih tinggi. Singkatnya, musik Mozart itu seperti
musik
> > > > kanak2
> > > > > > > > yang innocent; samasekali tidak ruwet, melainkan
spontan
> > dan
> > > > > > > > langsung. Contoh yang terbaik disini adalah *Eine
Kleine
> > > > > > > > Nachtmusik* (musik malam kecil) yang digubah dalam
> > struktur
> > > > > > simfoni
> > > > > > > > (empat bagian: cepat-lambat-
Jenis2
> > > > musik
> > > > > > > > sebelum maupun sesudah Mozart kurang mermenuhi
kriteria
> > > > asosiatif
> > > > > > > > ini. Musik Barok terlalu religius dan bersifat
*stylish*,
> > > > hingga
> > > > > > > > orang harus lebih dulu membiasakan diri dengan musik
gaya
> > > > Barok,
> > > > > > > > sebelum bisa mengerti dan menikmati musiknya Bach dan
> > > > Vivaldi.
> > > > > > > > Demikian juga musik romantik (Beethoven dan komponis2
> > > > > > sesudahnya),
> > > > > > > > musiknya dicampuri oleh semrawutnya emosi2 pribadi
yang
> > kuat
> > > > dan
> > > > > > > > amat beraneka ragam, hingga seringkali membikin
bingung
> > > > seorang
> > > > > > > > novice yang masih me-raba2. Musik modern (misalnya
> > Richard
> > > > > > Strauss
> > > > > > > > atu Shostakovich) lebih2 lagi tidak memenuhi
kriteria,
> > sebab
> > > > buat
> > > > > > > > bisa menikmati keindahannya saja, orang yang IQ nya
> > biasa2
> > > > saja
> > > > > > > > mesti banyak belajar dan banyak mendengarkan.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Unsur2 lain yang membuat musik klasik (bukan hanya
> > Mozart)
> > > > > > berkaitan
> > > > > > > > dengan IQ yang canggih terutama adalah komposisinya
yang
> > > > dinamis
> > > > > > > > (cepat-lambat)
> > paling
> > > > > > > > canggih, pergantian tangga nada yang terus menerus,
> > teknik2
> > > > > > > > komposisi yang canggih, seperti a.l. teknik fuga (2-3
> > tema
> > > > yang
> > > > > > > > dimainkan ber-sama2 dan saling berkejar2an) dan
teknik
> > > > *counter
> > > > > > > > point* (2 tema yang saling kontras dimainkan
sekaligus
> > ber-
> > > > sama2.
> > > > > > > > Setiap komponis adalah seorang master, yang karyanya
> > demikian
> > > > > > > > sempurnanya hingga tidak mungkin di perbaiki atau
ubah
> > barang
> > > > > > satu
> > > > > > > > not pun tanpa mengubah isinya. Satu2nya perkecualian
> > disini
> > > > > > adalah
> > > > > > > > komponis Chopin, yang memang ahli dalam teknik
> > instrumental
> > > > > > piano,
> > > > > > > > tetapi tidak begitu mahir dalam teknik orkestrasi:
kedua
> > > > konserto
> > > > > > > > pianonya yang kita dengar hari ini orkestrasinya
telah
> > > > diperbaiki
> > > > > > > > oleh rekannya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Tapi se-sederhana2nya musik orkes, musik instrumen-
> > tunggal
> > > > > > tentunya
> > > > > > > > lebih spontan dan langsung. Mungkin oleh sebab
itulah Don
> > > > > > Campbell
> > > > > > > > mengambil contoh Sonata (piano) dalam D major,
meskipun
> > > > > > barangkali
> > > > > > > > Sonata dalam C major lebih gemilang (brilian) dan
lebih
> > > > spontan.
> > > > > > > > Jadi, memang bisa dimengerti bahwa Sonata2 piano dari
> > Mozart
> > > > > > adalah
> > > > > > > > yang paling tepat buah menggugah minat dan
merangsang IQ
> > > > anak2.
> > > > > > > > Yang pasti benar adalah, mendengarkan dan menikmati
musik
> > > > klasik
> > > > > > > > membutuhkan IQ yang tinggi.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Jadi, adalah keliru besar memberikan predikat *ruwet*
> > pada
> > > > musik
> > > > > > > > atau harmoni musiknya Mozart. Ruwet adalah simfoni2
> > Romantik,
> > > > > > > > misalnya Beethoven dan Brahms. Lebih ruwet lagi
simfoni2
> > nya
> > > > > > > > Tschaikovsky dan komponis2 Romantik akhir, dan yang
> > paling
> > > > ruwet
> > > > > > > > adalah musik modern (Shostakovich, Strauss). Kalau
yang
> > > > dimaksud
> > > > > > > > oleh AA dengan *harmoni* adalah akkoord (chord,
korda),
> > maka
> > > > AA
> > > > > > juga
> > > > > > > > sekali lagi salah-kaprah. Harmoni atau korda2 yang
> > digunakan
> > > > oleh
> > > > > > > > Mozart adalah harmoni yang basic dan standard.
Kejeniusan
> > > > Mozart
> > > > > > > > bukan pada pemakaian tangga-nada/
pada
> > > > pergantian
> > > > > > > > tangga-nada. Ini pun bukan monopoli Mozart, melainkan
> > ciri2
> > > > dari
> > > > > > > > SEMUA musik klasik (disini *klasik* sebagai istilah
> > generic
> > > > yang
> > > > > > > > mencakup seluruh jenis musik seni yang canggih, mulai
> > dari
> > > > > > Vivaldi
> > > > > > > > sampai dengan hari ini. Pergantian tangga-nada atau
> > kunci ini
> > > > > > > > adalah salah satu unsur yang membuat musik klasik
tidak
> > mudah
> > > > > > > > difahami dan dinikmati oleh orang2 yang IQ nya
rendah,
> > karena
> > > > > > mereka
> > > > > > > > pada umumnya cuma bisa mengerti *do-re-mi-fa-
si*
> > saja.
> > > > > > Musik
> > > > > > > > klasik TIDAK BISA dinyanyikan dengan *do-re-mi-fa-
sol-la-
> > si*,
> > > > > > > > melainkan selalu berganti2 tangga nada atau kunci,
> > misalnya
> > > > mulai
> > > > > > > > dalam G major, kemudian dalam tema yang berikutnya
> > berubah
> > > > > > menjadi
> > > > > > > > D major, kemudian berubah lagi menjadi D minor, F
major,
> > dan
> > > > > > > > demikian seterusnya. Contoh yang khas misalnya adalah
> > aria
> > > > > > > > Cherubino *Voi Che Sapete* dari operanya Mozart *Le
> > Nozze di
> > > > > > Figaro*
> > > > > > > > (the Marriage of Figaro), yang berganti tangga nada
> > hampir
> > > > pada
> > > > > > > > setiap langkahnya. Pergantian tangga nada atau kunci
ini
> > > > adalah
> > > > > > > > salah satu ciri yang khas dari ke-jenius-annya para
> > komponis
> > > > > > musik
> > > > > > > > klasik (istilah klasik disini mencakup seluruh genre
> > musik
> > > > seni,
> > > > > > > > dari Vivaldi sampai musik kontemporer)
dalam
> > tempo,
> > > > > > > > pergantian tangga nada, teknik komposisi yang canggih
> > seperti
> > > > > > fuga
> > > > > > > > dan *coiunter point*, serta teknik permainan
instrument
> > atau
> > > > > > vokal
> > > > > > > > yang paling canggih, ini semua adalah unsur2 yang
> > berkaitan
> > > > > > dengan
> > > > > > > > IQ, karena pada umumnya hanya bisa ditanggapi,
dipahami
> > dan
> > > > > > > > dinikmati oleh otak2 yang memiliki daya analisa yang
> > canggih,
> > > > > > atau
> > > > > > > > dengan perkataan lain, punya IQ tinggi.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Musik Mozart memiliki keunikan lain, yaitu sebagai
wakil
> > dari
> > > > > > jaman
> > > > > > > > Pencerahan (Enlightenment)
membebaskan
> > > > pikiran
> > > > > > > > dan perasaaan manusia dari segala belenggu, termasuk
> > belenggu
> > > > > > > > kefantikan agama dari jaman sebelumnya (musik Barok),
> > maupun
> > > > > > > > belenggu kefanatikan emosi pribadi (musik Romantik)
dari
> > > > jaman
> > > > > > > > sesudahnya. Disini rupanya Don Campbell terutama di-
> > ilhami
> > > > oleh
> > > > > > > > pendapat umum di Eropa maupun Amerika, bahwa manusia2
> > yang
> > > > IQ nya
> > > > > > > > canggih pada umumnya akan menggemari musik klasik
(Hati2!
> > > > > > sebaliknya
> > > > > > > > TIDAK benar, yaitu bahwa orang2 yang menggemari musik
> > klasik
> > > > itu
> > > > > > IQ
> > > > > > > > nya tinggi). Dari pengamatan pribadi, baik di
Indonesia,
> > > > Eropa
> > > > > > > > maupun Amerika, orang2 yang punya IQ canggih pada
umumnya
> > > > akan
> > > > > > > > segera tertarik oleh musik klasik, sekalipun
sebelumnya
> > belum
> > > > > > pernah
> > > > > > > > ter-ekspos (exposed) kepada musik jenis demikian.
Oleh
> > > > karena itu
> > > > > > > > maka Don Campbell mencoba mengkaitkannya dengan efek
yang
> > > > diduga
> > > > > > > > olehnya boleh jadi bisa meningkatkan IQ jabang bayi.
> > Data2
> > > > > > > > statistiknya Don Campbell samasekali tidak ada
artinya.
> > > > Statistik
> > > > > > > > itu mudah sekali di selewengkan untuk membenarkan
hasil
> > riset
> > > > > > > > seseorang, apalagi dalam bidang Non-Sains (non IPA),
yang
> > > > umumnya
> > > > > > > > tidak memiliki landasan yang cukup dalam matematika
> > > > statistik.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Tentang ke-universil-
> > keblinger
> > > > > > > > sedangkan Djohan Salim lebih benar. Musik Mozart
memang
> > > > bersifat
> > > > > > > > universal, sebab keindahannya objektif, tidak
memerlukan
> > > > > > > > interpretasi atau fantasi apa2 guna menikmati
keindahan
> > > > musiknya.
> > > > > > > > Ulasan AA tentang periodisasi musik Mozart yang
> > ditarafkan
> > > > sama
> > > > > > > > dengan Jazz dan Rock sudah saya bahas dalam tulisan
> > sebelum
> > > > ini,
> > > > > > > > yaitu Afthonul Afif telah melakukan BLUNDER yang
fatal
> > dan
> > > > tidak
> > > > > > > > tertolong lagi. Pendapat ini boleh diverifikasi
dengan
> > Google
> > > > > > > > ataupun ahli musik yang punya kredibilitas. Kalau
tidak
> > sama,
> > > > > > boleh
> > > > > > > > dirujuk kembali dimilis ini, nanti akan terbukti
bahwa
> > yang
> > > > tidak
> > > > > > > > sama itu yang salah-kaprah. Bukti2 nya banyak sekali
dan
> > juga
> > > > > > mudah
> > > > > > > > dicari didunia Internet. Sedangkan pendapat yang
> > berlawanan,
> > > > > > > > silahkan cari buktinya, baik dalam Internet maupun
buku,
> > bisa
> > > > > > > > dipastikan pasti gagal. Sekalipun demikian, dua2
Afthonul
> > > > Afif
> > > > > > dan
> > > > > > > > Djohan Salim keblinger tak tertolong lagi, karena
telah
> > > > salah-
> > > > > > > > mengenali keunikan musik Mozart.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ucapan Djohan Salim menyindir kecerobohan orang
Indonesia
> > > > yang
> > > > > > > > selalu menganggap produk pengetahuan apa pun yang
> > dihasilkan
> > > > oleh
> > > > > > > > bangsa Jerman seolah-olah tidak patut dipertanyakan,
> > adalah
> > > > > > pendapat
> > > > > > > > seekor katak-dibawah-
> > musik
> > > > Eropa
> > > > > > > > sebagai standard musik dunia dan sebagai seni musik
yang
> > > > telah
> > > > > > > > dikembangkan beratus2 tahun lamanya secara konitnu
dan
> > tidak
> > > > > > pernah
> > > > > > > > terputus (dari Vivaldi s/d hari ini). Sarannya untuk
> > meneliti
> > > > > > karya
> > > > > > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito,
Narto
> > > > Sabdo,
> > > > > > atau
> > > > > > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu, adalah *kegede
rumongso*
> > > > hingga
> > > > > > > > benar2 seperti katak-dibawah-
tahu
> > diri.
> > > > > > > > Setiap pakar musik tentu maklum bahwa musik2 daerah
itu
> > > > tidak ada
> > > > > > > > apa2nya dibandingkan dengan musik *klasik*. Apalagi
> > ulasan
> > > > Djohan
> > > > > > > > Salim bahwa musik regional yang disebutkannya itu
*tentu
> > > > memiliki
> > > > > > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih
> > realistis*,
> > > > > > adalah
> > > > > > > > pendapat yang tekebur dan tidak-tahu-diri.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Kecorobohan? Bangsa Jerman? Jerman/Austria (=Austro-
> > Hungarian
> > > > > > > > empire) memang adalah pusat kebudayaan dunia s/d
abad ke-
> > 19!
> > > > > > Bukan
> > > > > > > > saja seni musik, tetapi juga seni lukis dan cabang2
seni
> > > > lainnya.
> > > > > > > > Di Eropa sampai hari ini orang baru bisa diakui
sebagai
> > > > seorang
> > > > > > > > intelek (cendekiawan)
sanggup
> > ikut
> > > > > > bicara
> > > > > > > > dan mengemukakan pendapat yang berbobot (bukannya
yang
> > > > amburadul
> > > > > > > > kayak Djohan Salim) dalam diskusi2 (bebas maupun
resmi)
> > > > tentang
> > > > > > > > soal seni, terutama sekali seni musik. Seni musik
(Eropa)
> > > > adalah
> > > > > > > > yang satu2nya musik yang telah berkembang paling
tinggi
> > > > sedunia
> > > > > > > > (secara kontinu mulai dari tahun 1700 sampai dengan
hari
> > > > ini),
> > > > > > > > lagipula bersifat universal, hingga dengan mudah
meng-
> > > > absorbsi
> > > > > > dan
> > > > > > > > meng-integrasi musik bangsa2 lain dengan hati yang
> > lapang dan
> > > > > > tangan
> > > > > > > > terbuka, sudah barang tentu asal nilai seninya cukup
> > tinggi.
> > > > > > Musik
> > > > > > > > instrumentalnya bisa difahami dan dinikmati oleh
seluruh
> > > > bangsa2
> > > > > > > > didunia (sudah tentu ada syarat IQ), terlepas dari
> > kebidayaan
> > > > > > lokal
> > > > > > > > maupun bahasa. Contoh yang paling jelas adalah, opera
> > paling
> > > > > > bagus
> > > > > > > > untuk dinikmati dalam bahasa aslinya, sebab secara
tidak
> > > > sadar
> > > > > > sang
> > > > > > > > komponis telah mengintegrasikan lafal (bunyi khas)
dari
> > > > bahasanya
> > > > > > > > kedalam musiknya. Misalnya, opera2 Italia akan
berkurang
> > > > banyak
> > > > > > > > keindahannya maupun ekspresi perasaannya jika
dinyanyikan
> > > > dalam
> > > > > > > > bahasa Inggris. Demikian juga opera Perancis dan
operetta
> > > > Jerman
> > > > > > > > akan kehilangan paling sedikit separo dari
keindahannya
> > jika
> > > > > > > > dinyanyikan dalam bahasa lain. Oleh karena itu opera
> > hampir
> > > > > > selalu
> > > > > > > > disajikan dalam bahasa aslinya, sekalipun sebagian
besar
> > para
> > > > > > > > penonton tidak mengerti. Terjemahan libretto nya bisa
> > dibaca
> > > > > > > > sebagai text dibelakang kursi dihadapan masing2
penonton.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Dewasa ini musik internasional tidak hanya diwakili
oleh
> > > > Jerman,
> > > > > > > > tetapi juga Perancis, Eropa Timur (yang disebut
dengan
> > > > istilah
> > > > > > > > Bohemia), Rusia, Amerika Selatan, dan sejak baru2 ini
> > juga
> > > > > > Tiongkok,
> > > > > > > > yang telah membebaskan diri dari tangganada
tradisionil
> > yang
> > > > > > > > pentatonis. Musik Asia, termasuk musik Jawa, adalah
musik
> > > > eksotik
> > > > > > > > yang pentatonis (lima nada), kekurangan dua nada
> > dibandingkan
> > > > > > > > tangganada diatonis, sama juga seperti musik
tradisionil
> > > > Tiongkok
> > > > > > > > dan Jepang. Karena kekurangan dua nada, akibatnya
kurang
> > bisa
> > > > > > > > mengekspresi perasaan/emosi manusia secara lengkap,
atau
> > > > > > ekspresinya
> > > > > > > > menjadi aneh dan tidak wajar (eksotik). Kecuali itu
juga
> > > > otomatis
> > > > > > > > tidak memungkinkan perubahan tangga nada dengan
> > menggunakan
> > > > cross
> > > > > > > > dan flat (kunci C major, G-major (satu cross), F-
major
> > (satu
> > > > > > flat)
> > > > > > > > dsbnya. Tangganada diatonis masih diperluas lagi
dengan
> > > > > > tangganada
> > > > > > > > MINOR, yang nada dasarnya adalah LA, bukannya DO.
Sejak
> > > > Vivaldi,
> > > > > > > > musik klasik sudah biasa (bahkan harus! demi
keindahan)
> > > > > > menggunakan
> > > > > > > > perpindahan tangga nada, juga dari Major ke Minor,
dan
> > > > > > sebaliknya,
> > > > > > > > secara plastis dan kontinu. Bakat seorang komponis
> > ditetapkan
> > > > > > > > antara lain (syarat mutlak) oleh kesanggupannya
> > berpindah2
> > > > tangga
> > > > > > > > nada secara wajar dan plastis. Ke-jenius-annya Mozart
> > > > terulang
> > > > > > lagi
> > > > > > > > pada komponis modern Richard Strauss, dikembangkan
> > menjadi
> > > > suatu
> > > > > > > > *aliran* tangganada yang kontinu (dengarkan misalnya
The
> > Four
> > > > > > Last
> > > > > > > > Songs), yang kemudian diteruskan dengan musik a-tonal
> > (bebas
> > > > > > tangga
> > > > > > > > nada, bukannya 7 nada diatonis, tetapi seluruh 12
nada
> > > > kromatis
> > > > > > > > digunakan secara sama rata dan sama tingkat),
contohnya
> > > > Arnold
> > > > > > > > Schoenberg dan hampir semua komponis2 modern dan
> > kontemporer
> > > > > > (bukan
> > > > > > > > Jazz dan Rock nya si Afthonul). Aneka ragam ini tidak
> > mungkin
> > > > > > > > eksis dalam musik Jawa, atau musik Tiongkok/Jepang
yang
> > > > > > tradisionil,
> > > > > > > > hingga para pemusik nasional yang sadar akan
kekurangan
> > atau
> > > > > > > > kelemahan ini pasti berusaha memperbaikinya, seperti
yang
> > > > telah
> > > > > > > > terjadi dengan Tiongkok modern (misalnya beberapa
dari
> > > > komponis2
> > > > > > > > maupun soloist2 Tiongkok dewasa ini mulai terkenal di
> > Eropa
> > > > dan
> > > > > > > > Amerika).
> > > > > > > >
> > > > > > > > Sebaliknya, jika orang keras kepala seperti Djohan
Salim
> > dan
> > > > > > tidak
> > > > > > > > mau kalah (padahal kalah jauh tidak kira2), yah
akibatnya
> > > > akan
> > > > > > > > semakin terpuruk dan terpencil saja dari pergaulan
> > masyarakat
> > > > > > > > dunia. Apresiasi musik barat ini samasekali tidak
berarti
> > > > harus
> > > > > > > > memandang rendah musik rakyat bangsa sendiri. Seperti
> > haknya
> > > > > > dengan
> > > > > > > > musik tradisonil Tiongkok dan Opera Peking, musik
Jawa
> > dan
> > > > Bali
> > > > > > > > memiliki keindahannya sendiri. Juga musik Kroncong
dan
> > musik
> > > > > > Dangdut
> > > > > > > > (dua2nya diatonis) memiliki nilai artistik yang cukup
> > > > canggih,
> > > > > > yaitu
> > > > > > > > sebagai musik rakyat, disini bisa dibandingkan dengan
> > musik
> > > > > > Gypsy,
> > > > > > > > yang telah menjadi inspirasi bagi banyak sekali
komponis2
> > > > Eropa.
> > > > > > > > Jelas disini, yang perlu adalah perkembangan musik
dengan
> > > > hati
> > > > > > yang
> > > > > > > > terbuka tanpa prasangka, bukannya dengan keras kepala
> > yang
> > > > > > Chauvinis.
> > > > > > > >
> > > > > > > > KESIMPULAN:
> > > > > > > > Djohan Salim maksudnya mau meluruskan khalayak ramai
dari
> > > > bukunya
> > > > > > > > Don Campbell. Nggak taunya, lantaran ilmunya (atau IQ
> > nya)
> > > > masih
> > > > > > > > terlalu rendah, Djohan Salim salah-kaprah,
menyesatkan
> > > > khalayak
> > > > > > > > ramai, lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don
> > Campbell.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Memang betul, mendengarkan musik klasik TIDAK membuat
> > > > orang/bayi
> > > > > > > > menjadi lebih intelligent. IQ orang adalah pembawaan
atau
> > > > bakat,
> > > > > > > > tidak gampang2 bisa dipertinggi dengan musik therapy
> > macam
> > > > apapun
> > > > > > > > juga.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Tetapi kemampuan mengerti dan menikmati musik klasik
> > sedikit
> > > > > > banyak
> > > > > > > > menunjukkan taraf IQ si pendengar, menjadi semacam IQ
> > TEST.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Pendapat ini adalah pendapat umum di Eropa, baik
Eropa
> > Timur
> > > > > > maupun
> > > > > > > > Barat, termasuk Rusia dan negara2 Kaukasia.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Bahkan di Amerika, yang justru wadahnya musik pop
> > berasal dan
> > > > > > > > berkembang, sebagian besar dari masyarakat (yang ber-
IQ
> > > > tinggi
> > > > > > > > tentunya) juga berpendapat demikian, hal mana bisa
dibaca
> > > > dari
> > > > > > > > pendapat2 para pembaca dibawah ini:
> > > > > > > >
> > > > > > > > http://answers.
> > > > qid=20070925025945A
> > > > > > > > QUESTION: Does classical music makes you intelligent?
> > why?
> > > > > > > >
> > > > > > > > RDENIG_M: No, I don't think it does. But, and dare I
say
> > > > this,
> > > > > > only
> > > > > > > > those who are more intelligent to begin with listen
to
> > > > classical
> > > > > > > > music. I'm not saying that anybody who doesn't
listen is
> > not
> > > > > > > > intelligent, but that it does take a certain amount
of
> > > > > > intelligence
> > > > > > > > to begin to comprehend classical music.
> > > > > > > >
> > > > > > > > NASATIAN: To understand classical music you already
have
> > to
> > > > be
> > > > > > > > intelligent
> > > > > > > >
> > > > > > > > MALCOLM D: No, it does not make you more
intelligent. If
> > that
> > > > > > were
> > > > > > > > the case we could use it to upgrade people. However,
if
> > you
> > > > > > examine
> > > > > > > > the classical music audience, I think you would find
an
> > IQ
> > > > above
> > > > > > > > average. It simply attracts more intelligent people.
So
> > the
> > > > > > question
> > > > > > > > is really backwards.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Ruang Baca TEMPO Edisi 29 April 2007
> > > > > > > > Ulasan bukunya Djohan Salim yang berjudul *Matinya
Efek
> > > > Mozart*,
> > > > > > > > edisi I, 2007, oleh Afthonul Afif (AA), Mahasiwa
> > Psikologi
> > > > Klinis
> > > > > > > > Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta
> > > > > > > >
> > > > > > > > Meskipun secara empiris efek Mozart tidak sebombastis
> > promosi
> > > > > > produk-
> > > > > > > > produknya, bukan berarti musik Mozart tidak
bermanfaat
> > sama
> > > > > > sekali
> > > > > > > > bagi kehidupan manusia. Sebagaimana jenis musik
lainnya,
> > > > pengaruh
> > > > > > > > musik Mozart pada dasarnya lebih bersifat afektif,
yaitu
> > > > mampu
> > > > > > > > memicu timbulnya perasaan senang, gembira, tenang,
dan
> > > > nyaman.
> > > > > > > > Namun, musik juga dapat mengaduk-aduk perasaan
manusia
> > > > menjadi
> > > > > > kian
> > > > > > > > tak menentu, sehingga muncul perasaan cemas, sedih,
dan
> > > > takut.
> > > > > > > > Apakah respon musik itu kemudian menimbulkan efek
yang
> > > > > > menyenangkan
> > > > > > > > atau menyedihkan, hal itu tergantung banyak faktor:
> > > > kepribadian,
> > > > > > > > kondisi, memori, persepsi ruang-waktu, dan
sebagainya.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Sekali lagi, karya besar musik Mozart sama sekali
tidak
> > > > berkaitan
> > > > > > > > dengan hal menjadi cerdas, atau mendatangkan
kekuatan.
> > > > Musiknya
> > > > > > > > berbicara tentang bagaimana menjadi manusia dan
hidup,
> > > > seperti
> > > > > > salah
> > > > > > > > satu lirik dalam musiknya, in nominee domini. Itu
> > seharusnya
> > > > yang
> > > > > > > > menjadi efek Mozart sesungguhnya. Impresi seni dalam
> > musik
> > > > Mozart
> > > > > > > > sangat bagus, gemuruh yang menakutkan dari Don
Giovanni,
> > > > gempita
> > > > > > > > kebahagiaan The Magic Flute, keruwetan harmoni
> > simfoninya,
> > > > dan
> > > > > > > > akhirnya yang transenden Ave Verum Corpus, La
Clemenza di
> > > > Tito,
> > > > > > dan
> > > > > > > > Requiem--di mana semua ini seolah hilang oleh seorang
> > penulis
> > > > > > buku
> > > > > > > > bernama Don Campbell (hlm. 128).
> > > > > > > >
> > > > > > > > Satu hal menarik yang dikemukakan penulis buku ini
adalah
> > > > > > anggapan
> > > > > > > > yang mengatakan bahwa musik Mozart itu seolah-olah
> > bersifat
> > > > > > > > universal. Padahal, sebuah karya musik--apa pun
> > bentuknya,
> > > > akan
> > > > > > > > selalu tertawan oleh keterbatasan-
> > sosio-
> > > > > > historis
> > > > > > > > tertentu. Dan hal ini sebenarnya ditunjukkan melalui
> > adanya
> > > > > > > > periodesasi dalam perkembangan musik dunia. Musik
Mozart
> > > > > > > > dikategorikan sebagai musik klasik abad ke-18, yang
> > berbeda
> > > > > > > > bentuknya dengan musik Jazz atau pun Rock misalnya,
yang
> > > > > > berkembang
> > > > > > > > pada abad ke-20.
> > > > > > > >
> > > > > > > > Penulis juga menyindir kecerobohan kita yang selalu
> > > > menganggap
> > > > > > > > produk pengetahuan apa pun yang dihasilkan oleh
bangsa
> > Jerman
> > > > > > seolah-
> > > > > > > > olah tidak patut dipertanyakan. Mengapa kita tidak
> > meneliti
> > > > karya
> > > > > > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito,
Narto
> > > > Sabdo,
> > > > > > atau
> > > > > > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu misalnya, yang tentu
> > memiliki
> > > > > > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih
> > realistis.
> > > > > > Jikalau
> > > > > > > > hasil penelitian dan analisis musiknya secara
pedagogis,
> > > > > > sosiologis,
> > > > > > > > antropologis, dan psikologis terbukti bermanfaat,
mungkin
> > > > akan
> > > > > > jauh
> > > > > > > > lebih tepat bila digunakan oleh orang Indonesia
daripada
> > > > > > bersikeras
> > > > > > > > menggunakan musik Barat yang tidak semua anak bangsa
ini
> > > > > > > > berkesempatan mengapresiasinya dengan baik dan benar.
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar