hahaha maksudnya antene kartu halo?
ada yang bilang katanya psikolog karena bisa 'melihat orang' maka
susah mencari jodoh?
salam,
goen
--- In psikologi_transformatif@yahoogroups , "ratih ibrahim".com
<personalgrowth@...> wrote: > ben boleh mengaku2 bijaksana...
>. > On 11/27/07, goenardjoadi <goenardjoadi@
> hahahahahaaaaaa.......... .
> gara2 baca bukunya mas Goen nih....
> *keliatan ga, di atas kepala ada 'halo'nya...*
>
>...> wrote: psikologi_transform
> >
> > mbak..... sampeyan asli sabar yo... wong omongane tuyul anake
tukul
> > kok ditanggapi. banyak minum jus timun ya? supaya sabar..
> > menurunkan darah tinggi
> >
> > salam,
> > goen
> >
> > --- Inatif@yahoogroups <psikologi_transform.com atif%
40yahoogroups.com >,
> > "ratih ibrahim"
> > <personalgrowth@> wrote:
> > >
> > > terima kasih banyak tuyul.
> > > karena *jika dalam membaca postingan tuyul di bawah, segala
> > pelabelan,
> > > pengumpatan, dan penistaannya terhadap pihak2 yang namanya
> > dipaparkan di
> > > bawah ini dihilangkan, tulisan tuyul = lumayan juga....*
> > > **
> > > bude tih
> > >
> > >
> > > On 11/27/07, tuyul50 <tuyul50@> wrote:
> > > >
> > > > Ini sebuah kado buat bu de Tih, mudah2an bisa membantu
tugasnya
> > > > sebagai moderator dalam ceramah Djohan Salim, agar supaya ke-
> > salah-
> > > > kaprah-annya tidak semakin ber-larut2 menyesatkan khalayak
ramai,
> > > > bahkan lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don Campbell.
> > Jika
> > > > bude Tih tidak bersedia mendengarkan, apalagi menuruti,
nasihat,
> > yah
> > > > terserah. Akibatnya nanti kan bude Tih dan Djohan Salaim yang
> > malu
> > > > sendiri, jika berhadapan dengan pakar2 musik yang benar2
mengerti
> > > > musik. Kebenaran komentar dibawah ini silahkan di-check
dengan
> > > > pakar musik siapa saja, juga bisa diverifikasi di Internet
pakai
> > > > Google, atau bahkan bisa didengar lewat YouTube dan dari on-
line
> > > > sample iklan2 penjualan CD.
> > > >
> > > > Lantaran tidak ada harganya buat membeli bukunya Djohan
Salim,
> > > > seperti halnya dengan komentar yang duluan (Erie Setiawan,
> > Kompas 25
> > > > Maret 2007) komentar kali ini diambil dari sebuah ulasan
dalam
> > > > majalah Tempo oleh Afthonul Afif yang bisa di-akses di:
> > > >
> > > > http://www.ruangbaca.com/ruangbaca/ ?
> > > >
> >
doky=MjAwNw==&dokm=MDQ=&dokd=Mjk=&dig=YXJjaGl2ZXM=&on=VUxT&uniq=NDY5
> > > >
> > > > Untuk jelasnya, artikel Tempo yang lengkap di reproduksi
dibawah
> > > > komentar ini.
> > > >
> > > > KOMENTAR:
> > > > Ulasan AA sama sekali tidak mangacu pada musiknya Mozart.
> > melainkan
> > > > menjelaskan efek musik secara UMUM, bahkan semua jenis musik
> > > > termasuk musik pop(uler), Jazz, Rap, dan segala macam
bunyi2an
> > yang
> > > > paling primitif sekalipun. Musik Mozart memang benar
memiliki ke-
> > > > unikan yang ada hubungannya dengan IQ, tetapi di-besar2kan
oleh
> > Don
> > > > Campbell dan luput dibahas, diperhatikan, ataupun diketahui
oleh
> > > > Djohan Salim. Artinya, si pengulas (Afthonul Afif, Mahasiwa
> > > > Psikologi Klinis Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta) tidak
> > mengerti
> > > > musiknya Mozart (mengkali juga belon pernah mendenger). Lha
kok
> > > > brani2nya kasi komentar? Tapi ya bisa dimaafkan deh, sebab si
> > Afif
> > > > ini masih tingkat mahasiswa. Tapi jeleknya, kok dimuat di
TEMPO
> > > > yang dibaca oleh khalayak ramai, hingga akibatnya masyarakat
> > > > Indonesia ikut tertipu, kebudayaannya tidak maju2, sebab
semakin
> > > > tersesat salah-jalan dalam perkembangannya.
> > > >
> > > > Misalnya, Afthonul Afif keliru besar bahwa musiknya Mozart
> > dicirikan
> > > > dengan oleh *in nominee domini* (in the name of the Lord)
> > > > [persisnya `Benedictus qui venit in nominee Domini'
(`Blessed is
> > he
> > > > that comes in the name of the Lord') yakni salah satu aria
dalam
> > > > oratorio Mozart yang terkenal, REQUIEM]. Ciri keagamaan
demikian
> > > > barangkali boleh diberikan kepada Johann Sebastian Bach
(tetapi
> > > > tidak kepada Antonio Vivaldi yang lebih penuh gairah hidup,
> > > > sekalipun sama2 jaman Barok), tetapi sama sekali jauh buat
> > seorang
> > > > Mozart. Sebagai komponis dari jaman Pencerahan (Aufklaerung),
> > musik
> > > > Mozart mengungkapkan KEINDAHAN DUNIA serta GAIRAH HIDUP dalam
> > bentuk
> > > > yang paling murni, tanpa di ganggu, di nodai atau di warnai
oleh
> > > > perasaan2 pribadi. Perasaan2 pribadi adalah ciri utama dari
musik
> > > > ROMANTIK. Sedangkan musik dari jaman KLASIK (Mozart, Haydn,
J.C.
> > > > Bach, Johann Heinichen, dsbnya) keindahannya universal,
objektif,
> > > > spontan dan murni. Disini jelas komentar Afthonul Afif bahwa
> > > > *seharusnya yang menjadi efek Mozart sesungguhnya* adalah
salah-
> > > > kaprah dan membuktikan bahwa Afthonul Afif tidak mengerti
musik
> > > > Mozart. Salah-mengertinya dilanjutkan lagi dengan *gemuruh
yang
> > > > menakutkan dari Don Giovanni*. Opera Don Giovanni (Don Juan)
> > lebih
> > > > bersifat LUCU ketimbang *gemuruh menakutkan* (Afthonul
Afif), hal
> > > > mana jelas dengan sendirinya dari katalogisasi oleh Mozart
> > sendiri
> > > > sebagai *opera buffa* (opera lucu). Bahkan adegan terakhir,
waktu
> > > > Don Giovanni diseret masuk kedalam bumi yang terbelah oleh
patung
> > > > batu yang datang memenuhi undangan makan-malam oleh si Don
> > Giovanni,
> > > > lebih bersifat lucu ketimbang dramatis, apalagi *menakutkan*
> > (AA).
> > > > Juga komentar Afthonul Afif akan *gempita kebahagiaan* dalam
> > opera
> > > > *The Magic Flute* (die Zauberflöte) meleset sama sekali,
sebab
> > > > sekali lagi opera ini lebih bersifat menakjubkan
(bezaubernd) dan
> > > > lucu (komische Oper). Dan kalo orang mo bilang ada adegan2
yang
> > > > *menakutkan*, maka opera ini mengandung lebih banyak aria2
dan
> > > > bagian2 musik yang demikian, seperti misalnya aria *Koenigin
der
> > > > Nacht* (Queen of the Night) yang nadanya sangat *powerful*
serta
> > > > memerlukan teknik vokal yang amat canggih (aria "Der Hölle
Rache
> > > > kocht in meinem Herzen" = "The vengeance of Hell boils in my
> > heart").
> > > >
> > > > Ulasan AA tentang *keruwetan harmoni simfoninya* Mozart itu
> > > > menyesatkan, sebab terbalik seratus-delapan-puluh derajat!
Boleh
> > > > dicheck dengan pakar musik siapapun juga, harmoni dalam musik
> > > > instrumental Mozart adalah yang paling sederhana, jernih dan
> > > > transparent, samasekali terbalik daripada *ruwet*. Justru
berkat
> > > > kesederhanaan dan transparensi itulah maka musik Mozart bisa
di-
> > > > asosiasi-kan dengan kemampuan melatih dan merangsang IQ
ketaraf
> > yang
> > > > lebih tinggi. Singkatnya, musik Mozart itu seperti musik
kanak2
> > > > yang innocent; samasekali tidak ruwet, melainkan spontan dan
> > > > langsung. Contoh yang terbaik disini adalah *Eine Kleine
> > > > Nachtmusik* (musik malam kecil) yang digubah dalam struktur
> > simfoni
> > > > (empat bagian: cepat-lambat-berirama- amat cepat). Jenis2
musik
> > > > sebelum maupun sesudah Mozart kurang mermenuhi kriteria
asosiatif
> > > > ini. Musik Barok terlalu religius dan bersifat *stylish*,
hingga
> > > > orang harus lebih dulu membiasakan diri dengan musik gaya
Barok,
> > > > sebelum bisa mengerti dan menikmati musiknya Bach dan
Vivaldi.
> > > > Demikian juga musik romantik (Beethoven dan komponis2
> > sesudahnya),
> > > > musiknya dicampuri oleh semrawutnya emosi2 pribadi yang kuat
dan
> > > > amat beraneka ragam, hingga seringkali membikin bingung
seorang
> > > > novice yang masih me-raba2. Musik modern (misalnya Richard
> > Strauss
> > > > atu Shostakovich) lebih2 lagi tidak memenuhi kriteria, sebab
buat
> > > > bisa menikmati keindahannya saja, orang yang IQ nya biasa2
saja
> > > > mesti banyak belajar dan banyak mendengarkan.
> > > >
> > > > Unsur2 lain yang membuat musik klasik (bukan hanya Mozart)
> > berkaitan
> > > > dengan IQ yang canggih terutama adalah komposisinya yang
dinamis
> > > > (cepat-lambat), teknik permainan instrumen/vokal yang paling
> > > > canggih, pergantian tangga nada yang terus menerus, teknik2
> > > > komposisi yang canggih, seperti a.l . teknik fuga (2-3 tema
yang
> > > > dimainkan ber-sama2 dan saling berkejar2an) dan teknik
*counter
> > > > point* (2 tema yang saling kontras dimainkan sekaligus ber-
sama2.
> > > > Setiap komponis adalah seorang master, yang karyanya demikian
> > > > sempurnanya hingga tidak mungkin di perbaiki atau ubah barang
> > satu
> > > > not pun tanpa mengubah isinya. Satu2nya perkecualian disini
> > adalah
> > > > komponis Chopin, yang memang ahli dalam teknik instrumental
> > piano,
> > > > tetapi tidak begitu mahir dalam teknik orkestrasi: kedua
konserto
> > > > pianonya yang kita dengar hari ini orkestrasinya telah
diperbaiki
> > > > oleh rekannya.
> > > >
> > > > Tapi se-sederhana2nya musik orkes, musik instrumen-tunggal
> > tentunya
> > > > lebih spontan dan langsung. Mungkin oleh sebab itulah Don
> > Campbell
> > > > mengambil contoh Sonata (piano) dalam D major, meskipun
> > barangkali
> > > > Sonata dalam C major lebih gemilang (brilian) dan lebih
spontan.
> > > > Jadi, memang bisa dimengerti bahwa Sonata2 piano dari Mozart
> > adalah
> > > > yang paling tepat buah menggugah minat dan merangsang IQ
anak2.
> > > > Yang pasti benar adalah, mendengarkan dan menikmati musik
klasik
> > > > membutuhkan IQ yang tinggi.
> > > >
> > > > Jadi, adalah keliru besar memberikan predikat *ruwet* pada
musik
> > > > atau harmoni musiknya Mozart. Ruwet adalah simfoni2 Romantik,
> > > > misalnya Beethoven dan Brahms. Lebih ruwet lagi simfoni2 nya
> > > > Tschaikovsky dan komponis2 Romantik akhir, dan yang paling
ruwet
> > > > adalah musik modern (Shostakovich, Strauss). Kalau yang
dimaksud
> > > > oleh AA dengan *harmoni* adalah akkoord (chord, korda), maka
AA
> > juga
> > > > sekali lagi salah-kaprah. Harmoni atau korda2 yang digunakan
oleh
> > > > Mozart adalah harmoni yang basic dan standard. Kejeniusan
Mozart
> > > > bukan pada pemakaian tangga-nada/kunci, melainkan pada
pergantian
> > > > tangga-nada. Ini pun bukan monopoli Mozart, melainkan ciri2
dari
> > > > SEMUA musik klasik (disini *klasik* sebagai istilah generic
yang
> > > > mencakup seluruh jenis musik seni yang canggih, mulai dari
> > Vivaldi
> > > > sampai dengan hari ini. Pergantian tangga-nada atau kunci ini
> > > > adalah salah satu unsur yang membuat musik klasik tidak mudah
> > > > difahami dan dinikmati oleh orang2 yang IQ nya rendah, karena
> > mereka
> > > > pada umumnya cuma bisa mengerti *do-re-mi-fa-sol-la-si* saja.
> > Musik
> > > > klasik TIDAK BISA dinyanyikan dengan *do-re-mi-fa-sol-la-si* ,
> > > > melainkan selalu berganti2 tangga nada atau kunci, misalnya
mulai
> > > > dalam G major, kemudian dalam tema yang berikutnya berubah
> > menjadi
> > > > D major, kemudian berubah lagi menjadi D minor, F major, dan
> > > > demikian seterusnya. Contoh yang khas misalnya adalah aria
> > > > Cherubino *Voi Che Sapete* dari operanya Mozart *Le Nozze di
> > Figaro*
> > > > (the Marriage of Figaro), yang berganti tangga nada hampir
pada
> > > > setiap langkahnya. Pergantian tangga nada atau kunci ini
adalah
> > > > salah satu ciri yang khas dari ke-jenius-annya para komponis
> > musik
> > > > klasik (istilah klasik disini mencakup seluruh genre musik
seni,
> > > > dari Vivaldi sampai musik kontemporer). Dinamika dalam tempo,
> > > > pergantian tangga nada, teknik komposisi yang canggih seperti
> > fuga
> > > > dan *coiunter point*, serta teknik permainan instrument atau
> > vokal
> > > > yang paling canggih, ini semua adalah unsur2 yang berkaitan
> > dengan
> > > > IQ, karena pada umumnya hanya bisa ditanggapi, dipahami dan
> > > > dinikmati oleh otak2 yang memiliki daya analisa yang canggih,
> > atau
> > > > dengan perkataan lain, punya IQ tinggi.
> > > >
> > > > Musik Mozart memiliki keunikan lain, yaitu sebagai wakil dari
> > jaman
> > > > Pencerahan (Enlightenment). Musiknya bersifat membebaskan
pikiran
> > > > dan perasaaan manusia dari segala belenggu, termasuk belenggu
> > > > kefantikan agama dari jaman sebelumnya (musik Barok), maupun
> > > > belenggu kefanatikan emosi pribadi (musik Romantik) dari
jaman
> > > > sesudahnya. Disini rupanya Don Campbell terutama di-ilhami
oleh
> > > > pendapat umum di Eropa maupun Amerika, bahwa manusia2 yang
IQ nya
> > > > canggih pada umumnya akan menggemari musik klasik (Hati2!
> > sebaliknya
> > > > TIDAK benar, yaitu bahwa orang2 yang menggemari musik klasik
itu
> > IQ
> > > > nya tinggi). Dari pengamatan pribadi, baik di Indonesia,
Eropa
> > > > maupun Amerika, orang2 yang punya IQ canggih pada umumnya
akan
> > > > segera tertarik oleh musik klasik, sekalipun sebelumnya belum
> > pernah
> > > > ter-ekspos (exposed) kepada musik jenis demikian. Oleh
karena itu
> > > > maka Don Campbell mencoba mengkaitkannya dengan efek yang
diduga
> > > > olehnya boleh jadi bisa meningkatkan IQ jabang bayi. Data2
> > > > statistiknya Don Campbell samasekali tidak ada artinya.
Statistik
> > > > itu mudah sekali di selewengkan untuk membenarkan hasil riset
> > > > seseorang, apalagi dalam bidang Non-Sains (non IPA), yang
umumnya
> > > > tidak memiliki landasan yang cukup dalam matematika
statistik.
> > > >
> > > > Tentang ke-universil-an musik Mozart, Afthonul Afif keblinger
> > > > sedangkan Djohan Salim lebih benar. Musik Mozart memang
bersifat
> > > > universal, sebab keindahannya objektif, tidak memerlukan
> > > > interpretasi atau fantasi apa2 guna menikmati keindahan
musiknya.
> > > > Ulasan AA tentang periodisasi musik Mozart yang ditarafkan
sama
> > > > dengan Jazz dan Rock sudah saya bahas dalam tulisan sebelum
ini,
> > > > yaitu Afthonul Afif telah melakukan BLUNDER yang fatal dan
tidak
> > > > tertolong lagi. Pendapat ini boleh diverifikasi dengan Google
> > > > ataupun ahli musik yang punya kredibilitas. Kalau tidak sama,
> > boleh
> > > > dirujuk kembali dimilis ini, nanti akan terbukti bahwa yang
tidak
> > > > sama itu yang salah-kaprah. Bukti2 nya banyak sekali dan juga
> > mudah
> > > > dicari didunia Internet. Sedangkan pendapat yang berlawanan,
> > > > silahkan cari buktinya, baik dalam Internet maupun buku, bisa
> > > > dipastikan pasti gagal. Sekalipun demikian, dua2 Afthonul
Afif
> > dan
> > > > Djohan Salim keblinger tak tertolong lagi, karena telah
salah-
> > > > mengenali keunikan musik Mozart.
> > > >
> > > > Ucapan Djohan Salim menyindir kecerobohan orang Indonesia
yang
> > > > selalu menganggap produk pengetahuan apa pun yang dihasilkan
oleh
> > > > bangsa Jerman seolah-olah tidak patut dipertanyakan, adalah
> > pendapat
> > > > seekor katak-dibawah-tempurung, sebab salah-mengenali musik
Eropa
> > > > sebagai standard musik dunia dan sebagai seni musik yang
telah
> > > > dikembangkan beratus2 tahun lamanya secara konitnu dan tidak
> > pernah
> > > > terputus (dari Vivaldi s/d hari ini). Sarannya untuk meneliti
> > karya
> > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito, Narto
Sabdo,
> > atau
> > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu, adalah *kegede rumongso*
hingga
> > > > benar2 seperti katak-dibawah-tempurung yang tidak tahu diri.
> > > > Setiap pakar musik tentu maklum bahwa musik2 daerah itu
tidak ada
> > > > apa2nya dibandingkan dengan musik *klasik*. Apalagi ulasan
Djohan
> > > > Salim bahwa musik regional yang disebutkannya itu *tentu
memiliki
> > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih realistis*,
> > adalah
> > > > pendapat yang tekebur dan tidak-tahu-diri.
> > > >
> > > > Kecorobohan? Bangsa Jerman? Jerman/Austria (=Austro-Hungarian
> > > > empire) memang adalah pusat kebudayaan dunia s/d abad ke-19!
> > Bukan
> > > > saja seni musik, tetapi juga seni lukis dan cabang2 seni
lainnya.
> > > > Di Eropa sampai hari ini orang baru bisa diakui sebagai
seorang
> > > > intelek (cendekiawan), hanya dan hanya jika ia sanggup ikut
> > bicara
> > > > dan mengemukakan pendapat yang berbobot (bukannya yang
amburadul
> > > > kayak Djohan Salim) dalam diskusi2 (bebas maupun resmi)
tentang
> > > > soal seni, terutama sekali seni musik. Seni musik (Eropa)
adalah
> > > > yang satu2nya musik yang telah berkembang paling tinggi
sedunia
> > > > (secara kontinu mulai dari tahun 1700 sampai dengan hari
ini),
> > > > lagipula bersifat universal, hingga dengan mudah meng-
absorbsi
> > dan
> > > > meng-integrasi musik bangsa2 lain dengan hati yang lapang dan
> > tangan
> > > > terbuka, sudah barang tentu asal nilai seninya cukup tinggi.
> > Musik
> > > > instrumentalnya bisa difahami dan dinikmati oleh seluruh
bangsa2
> > > > didunia (sudah tentu ada syarat IQ), terlepas dari kebidayaan
> > lokal
> > > > maupun bahasa. Contoh yang paling jelas adalah, opera paling
> > bagus
> > > > untuk dinikmati dalam bahasa aslinya, sebab secara tidak
sadar
> > sang
> > > > komponis telah mengintegrasikan lafal (bunyi khas) dari
bahasanya
> > > > kedalam musiknya. Misalnya, opera2 Italia akan berkurang
banyak
> > > > keindahannya maupun ekspresi perasaannya jika dinyanyikan
dalam
> > > > bahasa Inggris. Demikian juga opera Perancis dan operetta
Jerman
> > > > akan kehilangan paling sedikit separo dari keindahannya jika
> > > > dinyanyikan dalam bahasa lain. Oleh karena itu opera hampir
> > selalu
> > > > disajikan dalam bahasa aslinya, sekalipun sebagian besar para
> > > > penonton tidak mengerti. Terjemahan libretto nya bisa dibaca
> > > > sebagai text dibelakang kursi dihadapan masing2 penonton.
> > > >
> > > > Dewasa ini musik internasional tidak hanya diwakili oleh
Jerman,
> > > > tetapi juga Perancis, Eropa Timur (yang disebut dengan
istilah
> > > > Bohemia), Rusia, Amerika Selatan, dan sejak baru2 ini juga
> > Tiongkok,
> > > > yang telah membebaskan diri dari tangganada tradisionil yang
> > > > pentatonis. Musik Asia, termasuk musik Jawa, adalah musik
eksotik
> > > > yang pentatonis (lima nada), kekurangan dua nada dibandingkan
> > > > tangganada diatonis, sama juga seperti musik tradisionil
Tiongkok
> > > > dan Jepang. Karena kekurangan dua nada, akibatnya kurang bisa
> > > > mengekspresi perasaan/emosi manusia secara lengkap, atau
> > ekspresinya
> > > > menjadi aneh dan tidak wajar (eksotik). Kecuali itu juga
otomatis
> > > > tidak memungkinkan perubahan tangga nada dengan menggunakan
cross
> > > > dan flat (kunci C major, G-major (satu cross), F-major (satu
> > flat)
> > > > dsbnya. Tangganada diatonis masih diperluas lagi dengan
> > tangganada
> > > > MINOR, yang nada dasarnya adalah LA, bukannya DO. Sejak
Vivaldi,
> > > > musik klasik sudah biasa (bahkan harus! demi keindahan)
> > menggunakan
> > > > perpindahan tangga nada, juga dari Major ke Minor, dan
> > sebaliknya,
> > > > secara plastis dan kontinu. Bakat seorang komponis ditetapkan
> > > > antara lain (syarat mutlak) oleh kesanggupannya berpindah2
tangga
> > > > nada secara wajar dan plastis. Ke-jenius-annya Mozart
terulang
> > lagi
> > > > pada komponis modern Richard Strauss, dikembangkan menjadi
suatu
> > > > *aliran* tangganada yang kontinu (dengarkan misalnya The Four
> > Last
> > > > Songs), yang kemudian diteruskan dengan musik a-tonal (bebas
> > tangga
> > > > nada, bukannya 7 nada diatonis, tetapi seluruh 12 nada
kromatis
> > > > digunakan secara sama rata dan sama tingkat), contohnya
Arnold
> > > > Schoenberg dan hampir semua komponis2 modern dan kontemporer
> > (bukan
> > > > Jazz dan Rock nya si Afthonul). Aneka ragam ini tidak mungkin
> > > > eksis dalam musik Jawa, atau musik Tiongkok/Jepang yang
> > tradisionil,
> > > > hingga para pemusik nasional yang sadar akan kekurangan atau
> > > > kelemahan ini pasti berusaha memperbaikinya, seperti yang
telah
> > > > terjadi dengan Tiongkok modern (misalnya beberapa dari
komponis2
> > > > maupun soloist2 Tiongkok dewasa ini mulai terkenal di Eropa
dan
> > > > Amerika).
> > > >
> > > > Sebaliknya, jika orang keras kepala seperti Djohan Salim dan
> > tidak
> > > > mau kalah (padahal kalah jauh tidak kira2), yah akibatnya
akan
> > > > semakin terpuruk dan terpencil saja dari pergaulan masyarakat
> > > > dunia. Apresiasi musik barat ini samasekali tidak berarti
harus
> > > > memandang rendah musik rakyat bangsa sendiri. Seperti haknya
> > dengan
> > > > musik tradisonil Tiongkok dan Opera Peking, musik Jawa dan
Bali
> > > > memiliki keindahannya sendiri. Juga musik Kroncong dan musik
> > Dangdut
> > > > (dua2nya diatonis) memiliki nilai artistik yang cukup
canggih,
> > yaitu
> > > > sebagai musik rakyat, disini bisa dibandingkan dengan musik
> > Gypsy,
> > > > yang telah menjadi inspirasi bagi banyak sekali komponis2
Eropa.
> > > > Jelas disini, yang perlu adalah perkembangan musik dengan
hati
> > yang
> > > > terbuka tanpa prasangka, bukannya dengan keras kepala yang
> > Chauvinis.
> > > >
> > > > KESIMPULAN:
> > > > Djohan Salim maksudnya mau meluruskan khalayak ramai dari
bukunya
> > > > Don Campbell. Nggak taunya, lantaran ilmunya (atau IQ nya)
masih
> > > > terlalu rendah, Djohan Salim salah-kaprah, menyesatkan
khalayak
> > > > ramai, lebih menyesatkan lagi ketimbang bukunya Don Campbell.
> > > >
> > > > Memang betul, mendengarkan musik klasik TIDAK membuat
orang/bayi
> > > > menjadi lebih intelligent. IQ orang adalah pembawaan atau
bakat,
> > > > tidak gampang2 bisa dipertinggi dengan musik therapy macam
apapun
> > > > juga.
> > > >
> > > > Tetapi kemampuan mengerti dan menikmati musik klasik sedikit
> > banyak
> > > > menunjukkan taraf IQ si pendengar, menjadi semacam IQ TEST.
> > > >
> > > > Pendapat ini adalah pendapat umum di Eropa, baik Eropa Timur
> > maupun
> > > > Barat, termasuk Rusia dan negara2 Kaukasia.
> > > >
> > > > Bahkan di Amerika, yang justru wadahnya musik pop berasal dan
> > > > berkembang, sebagian besar dari masyarakat (yang ber-IQ
tinggi
> > > > tentunya) juga berpendapat demikian, hal mana bisa dibaca
dari
> > > > pendapat2 para pembaca dibawah ini:
> > > >
> > > > http://answers.yahoo.com/ question/ index?
qid=20070925025945AAav9oI
> > > > QUESTION: Does classical music makes you intelligent? why?
> > > >
> > > > RDENIG_M: No, I don't think it does. But, and dare I say
this,
> > only
> > > > those who are more intelligent to begin with listen to
classical
> > > > music. I'm not saying that anybody who doesn't listen is not
> > > > intelligent, but that it does take a certain amount of
> > intelligence
> > > > to begin to comprehend classical music.
> > > >
> > > > NASATIAN: To understand classical music you already have to
be
> > > > intelligent
> > > >
> > > > MALCOLM D: No, it does not make you more intelligent. If that
> > were
> > > > the case we could use it to upgrade people. However, if you
> > examine
> > > > the classical music audience, I think you would find an IQ
above
> > > > average. It simply attracts more intelligent people. So the
> > question
> > > > is really backwards.
> > > >
> > > > Ruang Baca TEMPO Edisi 29 April 2007
> > > > Ulasan bukunya Djohan Salim yang berjudul *Matinya Efek
Mozart*,
> > > > edisi I, 2007, oleh Afthonul Afif (AA), Mahasiwa Psikologi
Klinis
> > > > Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta
> > > >
> > > > Meskipun secara empiris efek Mozart tidak sebombastis promosi
> > produk-
> > > > produknya, bukan berarti musik Mozart tidak bermanfaat sama
> > sekali
> > > > bagi kehidupan manusia. Sebagaimana jenis musik lainnya,
pengaruh
> > > > musik Mozart pada dasarnya lebih bersifat afektif, yaitu
mampu
> > > > memicu timbulnya perasaan senang, gembira, tenang, dan
nyaman.
> > > > Namun, musik juga dapat mengaduk-aduk perasaan manusia
menjadi
> > kian
> > > > tak menentu, sehingga muncul perasaan cemas, sedih, dan
takut.
> > > > Apakah respon musik itu kemudian menimbulkan efek yang
> > menyenangkan
> > > > atau menyedihkan, hal itu tergantung banyak faktor:
kepribadian,
> > > > kondisi, memori, persepsi ruang-waktu, dan sebagainya.
> > > >
> > > > Sekali lagi, karya besar musik Mozart sama sekali tidak
berkaitan
> > > > dengan hal menjadi cerdas, atau mendatangkan kekuatan.
Musiknya
> > > > berbicara tentang bagaimana menjadi manusia dan hidup,
seperti
> > salah
> > > > satu lirik dalam musiknya, in nominee domini. Itu seharusnya
yang
> > > > menjadi efek Mozart sesungguhnya. Impresi seni dalam musik
Mozart
> > > > sangat bagus, gemuruh yang menakutkan dari Don Giovanni,
gempita
> > > > kebahagiaan The Magic Flute, keruwetan harmoni simfoninya,
dan
> > > > akhirnya yang transenden Ave Verum Corpus, La Clemenza di
Tito,
> > dan
> > > > Requiem--di mana semua ini seolah hilang oleh seorang penulis
> > buku
> > > > bernama Don Campbell (hlm. 128).
> > > >
> > > > Satu hal menarik yang dikemukakan penulis buku ini adalah
> > anggapan
> > > > yang mengatakan bahwa musik Mozart itu seolah-olah bersifat
> > > > universal. Padahal, sebuah karya musik--apa pun bentuknya,
akan
> > > > selalu tertawan oleh keterbatasan-keterbatasan faktor sosio-
> > historis
> > > > tertentu. Dan hal ini sebenarnya ditunjukkan melalui adanya
> > > > periodesasi dalam perkembangan musik dunia. Musik Mozart
> > > > dikategorikan sebagai musik klasik abad ke-18, yang berbeda
> > > > bentuknya dengan musik Jazz atau pun Rock misalnya, yang
> > berkembang
> > > > pada abad ke-20.
> > > >
> > > > Penulis juga menyindir kecerobohan kita yang selalu
menganggap
> > > > produk pengetahuan apa pun yang dihasilkan oleh bangsa Jerman
> > seolah-
> > > > olah tidak patut dipertanyakan. Mengapa kita tidak meneliti
karya
> > > > empu musik Jawa: Martopangrawit, Ki Tjokrowasito, Narto
Sabdo,
> > atau
> > > > Ismail Marzuki, Amir Pasaribu misalnya, yang tentu memiliki
> > > > keunggulan dan kecerdasan lokal yang jauh lebih realistis.
> > Jikalau
> > > > hasil penelitian dan analisis musiknya secara pedagogis,
> > sosiologis,
> > > > antropologis, dan psikologis terbukti bermanfaat, mungkin
akan
> > jauh
> > > > lebih tepat bila digunakan oleh orang Indonesia daripada
> > bersikeras
> > > > menggunakan musik Barat yang tidak semua anak bangsa ini
> > > > berkesempatan mengapresiasinya dengan baik dan benar.
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar