Mestinya begitu. Dulu ada asumsi bahwa gerakan membangun kesadaran kritis yang
dilakukan para aktivis perempuan sasaran utamanya adalah perempuan sendiri.
Tapi, belakangan disadari bahwa justru target strategisnya mestinya laki-laki.
Tanpa kesediaan kaum laki-laki untuk memahami kondisi kaum perempuan, tak akan
ada kebebasan buat perempuan. Lawan yang dihadapi bukan hantu bukan setan,
melainkan bapak, kakak, suami, teman, saudara sendiri yang laki-laki. jadi, tak
mungkin perang bunuh-bunuhan sama mereka. Makanya lalu stress-nya mencakupi
juga awareness raising.
manneke
Quoting nalaratih <nalaratih@yahoo.
> Mas Manneke...Nala pinjem bahasanya Marianne Katopo..bukankah
> pembebasan perempuan itu berarti juga pembebasan lelaki?....:
> hehehe......
>
> smile with me
> Nala
>
>
> --- In psikologi_transform
> >
> > Lho? Komentar saya itu juga ditujukan untuk mengetahui reaksi
> Anda.
> > Kesimpulannya sama: Ternyata begitu ya reaksinya ... :) [;)]
> >
> > Wah, Ratna berutang budi kepada Anda dong. Eh, yang bikin saya
> makin gak abis
> > pikir, ngakunya "tergolong penghormat perempuan" tapi kok bisa
> punya pikiran
> > seperti yang tertuang dalam isu Pro XL ini ya?
> >
> > Ah, mestinya saya tak usah bingung. Kan cuma mau mancing reaksi
> orang. Bisa
> > berguna ya buat riset psikologi? Semoga.
> >
> > manneke
> >
> > Quoting sinagahp <sinagahp@..
> >
> > > Ha...ha...ha.
> > >
> > > Wah ... memang benar kalau anda ini ..... sejati :)
> > >
> > > Mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan.
> > >
> > > Komentar saya itu memang ditujukan untuk mengetahui bagaimana
> reaksi
> > > anda dan rekan-rekan. Ternyata begitu ya reaksinya .... :) [;)]
> > >
> > > Sejatinya, saya merasa saya tergolong penghormat perempuan. Boleh
> > > ditanya di psikologi ui, siapa yang mengkader dan mendukung
> Ratna jadi
> > > ketua senat mahasiswa, menembus tradisi. Boleh tanya Bu De Tih
> tuh ...
> > > :) Atau tanya Ipoet (E. Kristi Poerwandari) juga boleh ... :)
> > >
> > > Jangan jadi berang begitu ah ... :)
> > >
> > > salam,
> > > harez
> > >
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transform
> > > >
> > > > Sensitif? Atau situ yang gak punya kepekaan? Kalo yang bikin
> iklan itu
> > > di
> > > > otaknya gak menyamakan tubuh perempuan dengan pulsa murahan,
> kenapa
> > > pakai figue
> > > > perempuan dengan tulisan Rp 1/detik di dadanya? Kok gak pake
> kucing
> > > aja? Atau
> > > > bunga mawar?
> > > >
> > > > Harusnya angka berapa? Ini pertanyaan supertolol. Emang tubuh
> manusia
> > > bisa
> > > > dihargai dengan Rupiah?
> > > >
> > > > Soal iklan yang pakai model laki-laki, ya situ aja yang ngerasa
> > > laki-laki yang
> > > > protes. Kalo kau tak mau protes, yah salah kau sendirilah.
> Tapi kalo
> > > ada
> > > > perempuan protes soal iklan dengan citra negatif tentang
> perempuan, ya
> > > kau tak
> > > > usah sewotlah. Mbok yang agak sensitif dikit gitu!
> > > >
> > > > manneke
> > > >
> > > >
> > > > Quoting sinagahp sinagahp@:
> > > >
> > > > >
> > > > > > Citraan ini sangat merendahkan perempuan, memberi kesan
> tubuh
> > > > > > perempuan tersebut sama dengan seharga Rp 1 / per detik.
> Bahwa
> > > iklan
> > > > > > ini menunjukkan citraan penjualan seorang perempuan, atau
> ide dari
> > > > > > bisnis hotline.
> > > > >
> > > > > harez:
> > > > >
> > > > > Harusnya angkanya berapa per detik? seribu, sepuluh ribu,
> sejuta ?
> > > > > Kesannya siapa ? :)
> > > > >
> > > > > Kalau dilihat-lihat dan direnung-renung koq
> kesannya "sensitif"
> > > banget
> > > > > sih? Masa iya, orang berpikir tubuh perempuan sama ama pulsa
> > > murahan?
> > > > > Sejam 3600 perak, hampir sama ama chicki snacknya anak
> kecil. Yang
> > > betul
> > > > > aja ... Terlalu sensi nih .... :)
> > > > >
> > > > > Lagian, kalau ngomongin soal diskriminasi, koq iklan apa tuh
> (LMen
> > > ...?)
> > > > > atau iklannya AXE koq nggak diprotes? Kan itu
> nunjukin "udel"nya
> > > > > laki-laki? Atau malah menikmati .... ha...ha...ha.
> > > > >
> > > > > Kalau menurut saya, yang harus diprotes lebih keras itu malah
> > > > > iklan-iklan dan jasa hotline itu malah. Itu jelas-jelas
> menjual
> > > wanita,
> > > > > mulai dari suara dan seterusnya .... he...he...he.
> aja :)
> > > > >
> > > > >
> > > > > salam,
> > > > > harez
> > > > >
> > > > >
> > > > > --- In
> psikologi_transform
> > > > > adindatitiana@ wrote:
> > > > > >
> > > > > > MEDIA WATCH
> > > > > > Jl.Bangka Raya No 43 ,Jakarta Selatan 12770
> > > > > > Telp: 021-7192627 Fax:021-7192523
> > > > > > Email: pemantau_media@
> > > > > >
> > > > > > No : 001/E/MW/SK/
> > > > > > Lamp : 1 buah foto contoh iklan
> > > > > > Hal : Surat Keberatan
> > > > > >
> > > > > > Jakarta, 26 September 2007
> > > > > >
> > > > > > Kepada Yth.
> > > > > > Pimpinan Perusahaan
> > > > > > Kartu Seluler XL
> > > > > > di tempat
> > > > > >
> > > > > > Dengan hormat,
> > > > > > Kami bermaksud menyampaikan surat keberatan kami atas
> iklan XL
> > > versi
> > > > > > perempuan dengan menggunakan kaos bertuliskan Rp 1/detik
> > > > > > Dari cara mempromosikan iklan tersebut menunjukkan citra
> yang
> > > > > > melecehkan perempuan, karena :
> > > > > >
> > > > > > Model yang diperagakan adalah seorang perempuan dewasa
> berdiri dan
> > > > > > dibagian perut serta sekitar payudara bertuliskan Rp 1 /
> per
> > > detik.
> > > > > >
> > > > > > Citraan ini sangat merendahkan perempuan, memberi kesan
> tubuh
> > > > > > perempuan tersebut sama dengan seharga Rp 1 / per detik.
> Bahwa
> > > iklan
> > > > > > ini menunjukkan citraan penjualan seorang perempuan, atau
> ide dari
> > > > > > bisnis hotline.
> > > > > >
> > > > > > Dengan ini kami sangat keberatan sekali iklan tersebut
> terus
> > > menerus
> > > > > > ditayangkan dan diterbitkan di media-media sampai sekarang
> yang
> > > dapat
> > > > > > dilihat oleh semua orang. Masih banyak iklan XL lain
> sebelumnya
> > > yang
> > > > > > terlihat lebih kreatif tanpa mencitrakan perempuan seperti
> itu.
> > > > > >
> > > > > > Negara Indonesia sudah sepakat untuk menghapuskan semua
> bentuk
> > > > > > diskriminasi terhadap perempuan baik langsung maupun tidak
> > > langsung
> > > > > > (UU No. 7 Tahun 1984) salah satunya peran media massa
> (termasuk
> > > iklan)
> > > > > >
> > > > > > Semoga masukan dari kami ini sangat bermanfaat bagi
> perusahaan
> > > Anda.
> > > > > >
> > > > > > Kami sangat terbuka untuk berdialog dengan pihak XL
> mengenai
> > > keberatan
> > > > > > kami ini. Agar terjadi pengertian masyarakat dan untuk
> selanjutnya
> > > > > > silahkan menghubungi Dinda di 08151609391 atau email kami
> di
> > > > > > pemantau_media@ bila tertarik untuk merencanakan pertemuan.
> > > > > >
> > > > > > Media Watch akan terus memantau tayangan televisi yang
> memiliki
> > > > > > tayangan yang membuat citraan perempuan menjadi negatif.
> Tujuannya
> > > > > > bukan untuk memberangus media industri, tetapi
> memberi 'masukan
> > > lebih'
> > > > > > segala hal yang berhubungan dengan prinsip hak asasi
> manusia. Di
> > > > > > negara lain metode ini sudah diterapkan, diantaranya di
> Filipina.
> > > > > >
> > > > > > Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
> > > > > > Hormat kami,
> > > > > >
> > > > > > Mariana Amiruddin
> > > > > > Koordinator Umum
> > > > > >
> > > > > > CC:
> > > > > > 1.Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
> > > > > > 2.Komisi Penyiaran Indonesia
> > > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> > >
> >
>
>
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar