Besok bikin iklan cewek mau memilih sekolah, biar pintar, atau ikut
Oom, langsung dapat hp, ipod, cartier?
dijamin iklannya langsung di banned sama Pak Manneke.....
atau bikin iklan:
laki-laki sirik dengan wanita, karena lebih sulit dapat hp dalam
semalam. sekarang ini bakal ada gerakan demo dari kaum laki-laki
karena sekarang semakin sulit [relatif dibandingkan gadis-gadis]
untuk memperoleh pekerjaan, mendapatkan hp, membeli handbag, dll.
salam,
goen
--- In psikologi_transform
<personalgrowth@
>
> lepas dari segala obrolan peka gender dan feminis ini,
> kejengkelan dan kegerahan yang diakibatkannya,
> menurutku, iklan perempuan satu rupiah per detik itu efektif dan
berhasil.
> buktinya?
> diomongin sampai ga habis2.....
>
> *hebat* yang bikin iklan....
>
> *jadi mikir,
> gimana caranya bisa menggunakan cara yang sama untuk tujuan yang
lain, ya?
> termasuk jualan ideologi membangun bangsa.....
> atau setia, satu pasangan aja itu yang terbaik
> atau anak itu harus diurus baik2.
> atau... apalah yang menurutmu baik itu....*
>
>
>
>
> On 10/2/07, swastinika <swastinika@
> >
> > Saya garis bawahi saja satu kalimat menawan dari Pak
Manneke :)
> >
> > > Tapi, realitasnya adalah iklan itu pendek, minim kata, dan
utuh dalam
> > dirinya
> > > sendiri. Kalaupun ada sesuatu "beyond" the text, yah sangat
disayangkan
> > karena
> > > yang tertangkap indera dan persepsi orang hanya apa yang ada
di teks.
> > Itu
> > > sebabnya, membuat iklan perlu kepekaan ekstra: karena iklan
itu sebagai
> > teks
> > > sudah utuh.
> >
> > Setuju sekali :). Iklan itu pendek, sehingga memang butuh
kepekaan ekstra
> > dalam membuat iklan supaya "pesannya (tentang produk yang dijual
> > itu) sampai", tapi juga mengurangi kemungkinan interpretasi lain
yang
> > melenceng jauh dari sasaran.
> >
> > Ini mungkin yang luput diantisipasi oleh Account Manager di biro
iklan
> > pembuatnya dan/atau Brand Manager-nya. Sejauh pengalaman saya,
seorang AM
> > atau BM yang baik bisa mengantisipasi hal2 seperti ini, dan
membicarakannya
> > dengan creative team. Kalau perlu, sebelum diluncurkan,
dilakukan penelitian
> > konsumen terlebih dahulu terhadap storyboard dari "calon iklan"
itu. Dengan
> > demikian, bisa diantisipasi sejak dini masalahnya dan tidak
menjadi berlarut
> > seperti ini.
> >
> > Balik lagi, itulah yang namanya persepsi. Creative Team
memandang sesuatu
> > di ranah ide, sementara mungkin konsumen akan memandangnya
berbeda. AM &
> > BM-lah yang sebenarnya harus bisa menjembatani ini. Jadi, justru
di sini
> > yang perlu dipertanyakan: AM dan BM-nya ngapain aja, kok nggak
> > mengantisipasi yang seperti ini ;)? Apakah AM & BM-nya kurang
memahami
> > konsumen ;)?
> >
> > Anyway.. nice discussion, Pak Manneke. Senang bisa sampai di
tahap ini :)
> >
> > Salam,
> >
> >
> > --- In psikologi_transform
> > >
> > > Banyak point Swastinika yang saya setujui, kecuali satu:
perbandingan
> > iklan
> > > dengan naratif, yang dijadikan apologia untuk memaklumi
kedangkalan
> > message
> > > sebuah teks iklan. Saya pikir, membuat iklan tidak lebih mudah
daripada
> > membuat
> > > teks naratif atau puisi, justru karena ia ringkas. Jika iklan
boleh
> > berpanjang
> > > lebar, pembuatnya bisa memberi macam-macam penjelasan untuk
meminimalkan
> >
> > > ketersinggungan orang.
> > >
> > > Tapi, realitasnya adalah iklan itu pendek, minim kata, dan
utuh dalam
> > dirinya
> > > sendiri. Kalaupun ada sesuatu "beyond" the text, yah sangat
disayangkan
> > karena
> > > yang tertangkap indera dan persepsi orang hanya apa yang ada
di teks.
> > Itu
> > > sebabnya, membuat iklan perlu kepekaan ekstra: karena iklan
itu sebagai
> > teks
> > > sudah utuh. Kurang lebihnya, ya semuanya ada di situ. Betul
bahwa sebuah
> > teks
> > > macam iklan bisa mengandung makna berbeda dalam tataran
literal dan
> > simbolik.
> > > Namun, yang tertangkap orang mula-mula adalah yang literal
karena ini
> > yang
> > > tersurat. Sedang yang simbolik, maknanya bisa macam-macam dan
dari satu
> > orang
> > > ke orang lain bisa berbeda.
> > >
> > > Maka itu, dalam mendesain iklan, sekali lagi, dibutuhkan
kepekaan
> > ekstra.
> > > Kerjanya lebih menantang, karena ruang untuk membangun makna
yang
> > berlapis
> > > tidaklah luas. Di samping itu, makna simbolik apapun yang
hendak
> > disertakan, ia
> > > kan konon tak boleh sampai menafikan tujuan utama iklan itu
sendiri,
> > yaitu
> > > jualan produk. Tegangan antara dua sasaran ini yang sebaiknya
tidak
> > menjadi
> > > sesuatu yang taken for granted bagi kalangan iklan.
> > >
> > > manneke
> > >
> > > Quoting swastinika swastinika@:
> > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transform
wrote:
> > > > >
> > > > > Masalahnya, apakah pembuat iklan Pro XL ini ingin membuat
kita
> > > > "melihat beyond
> > > > > the literal meaning" atau justru secara sistematik, lewat
desian
> > > > iklannya,
> > > > > berusaha menggiring penikmat iklannya untuk melihat
analogi yang
> > > > mengusik
> > > > > antara perempuan dan Rp.1,-/dtk itu?
> > > >
> > > > Hehehe.. Pak Manneke, kalau dilihat dari gaya beriklannya,
serta
> > dilihat
> > > > dari positioning Pro XL selama ini, saya kok yakin bahwa
target yang
> > > > dituju adalah mereka2 yang "diharapkan" bisa melihat beyond
the
> > literal
> > > > meaning :) Mirip2 dengan iklan A Mild yang kalau buat
sebagian orang
> > > > adalah iklan paling tidak jelas sedunia ;).
> > > >
> > > > Mungkin kesalahannya the creative team adalah mereka kurang
> > > > memperhitungkan bahwa "tubuh perempuan" itu termasuk salah
satu isyu
> > > > yang bisa bikin gerah sebagian orang :).
> > > >
> > > > Terima kasih dikatakan pengamat yang kritis.. ini karena
sering
> > ngurusin
> > > > iklan aja kok ;)
> > > >
> > > > > Dalam filem Star Trek yang kemarin diobrolin itu, banyak
juga yang
> > > > berpendapat
> > > > > bahwa busana 7-of-9 atau T'pol terlalu menonjolkan tubuh
perempuan.
> > > > Dan ini
> > > > > sangat betul. Hanya saja, citra yang dibangun dalam filem
itu lebih
> > > > kompleks
> > > > > karena kedua perempuan tak hanya digambarkan bagus bentuk
tubuhnya
> > > > saja, tapi
> > > > > otaknya juga cemerlang, gesit membuat keputusan, dan tak
kalah dalam
> > > > segala hal
> > > > > dari laki-laki.
> > > >
> > > > Hehehe.. kalau kita mengikuti Star Trek secara
berkesinambungan, dan
> > > > berkesempatan melihat perkembangan karakter Seven of Nine
atau Deanna
> > > > Troi, memang kita akan melihat beyond their gorgeous
body :). Tapi
> > kalau
> > > > ada seseorang yang gak gemar nonton Star Trek, dan hanya
nonton 1-2
> > > > episode, atau Star Trek tidak dijadikan film seri, besar
> > kemungkinannya
> > > > yang teringat ya hanya body indah mereka saja :)
> > > >
> > > > > Bandingkan dengan iklan Pro XL, yang tampaknya tak punya
message
> > lain
> > > > di luar
> > > > > visual yang ditampilkannya tentang perempuan itu. Inilah
yang
> > disebut
> > > > dengan
> > > > > stereotipe. Citra cuma dikemas dalam dimensi hitam dan
putih saja.
> > > > Dangkal.
> > > >
> > > > Sebagai sebuah iklan pendek, memang tidak memungkinkan
perkembangan
> > > > karakter. Kita dituntut memaknai sesuatu dari sebuah cerita
singkat
> > yang
> > > > hanya 15 - 30 detik, bahkan kadang lebih singkat lagi. Kalau
> > > > dibandingkan dengan film, apalagi film seri, ini memang
keadaan yang
> > > > sangat tidak menguntungkan bagi iklan.
> > > >
> > > > Tapi, kalau menurut saya, justru memang kita tidak bisa
memperlakukan
> > > > iklan seperti film seri yang penuh narasi. Kita dituntut
untuk
> > memahami
> > > > beyond the story tanpa harus mendengar story-nya diceritakan
lebih
> > > > dahulu :)
> > > >
> > > > Ibaratnya memahami cerita bersambung, dengan memahami puisi,
kan
> > memang
> > > > nggak bisa sama. Tapi.. bukan berarti suatu puisi itu tidak
punya
> > > > message lain :)
> > > >
> > > > Salam,
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar