Sabtu, 11 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] Bunda Maria dan Jatuh Cinta

Dear Friends, Berikut dua e-mail dari Rekan Rex di
Bali; yang pertama tentang PEREMPUAN PERANCIS dan
BUNDA MARIA, serta yang kedua tentang JATUH CINTA dan
TERIMA KASIH. Tanggapan saya ada di bawahnya. Semoga
bermanfaat bagi rekan2 lainnya. (Leo).

+++++++++++++

EMAIL I DARI REX: PEREMPUAN PERANCIS DAN BUNDA MARIA

Leo, beberapa hari yang lalu aku bertemu dengan
perempuan Prancis yang mengenalkan aku pada Mother
Mary.

+++++++++++++

EMAIL 2 DARI REX: JATUH CINTA DAN TERIMA KASIH

Leo, kamu benar, aku bisa menyembuhkan orang lain.
Mereka datang padaku dan tersembuhkan. Meskipun aku
tak menyadarinya. Cuma yang jadi masalah kadang
perasaan terbawa ketika saya dekat dengan orang yang
saya sembuhkan. Seperti ketika bertemu Caroline,
perempuan Prancis yang aku ceritakan. Jatuh cinta...
apakah itu wajar?

Terima kasih telah menolongku mengenal diri.

I Love you
Rex.

+++++++++++++

JAWABAN DARI SAYA:

Dear Rex,

It was just last Friday that I received your e-mail
telling me that a French woman had introduced you to
Mother Mary. Well, aku tahu bahwa maksudmu itu adalah
Bunda Maria,... dalam Bahasa Inggris memang disebut
sebagai Mother Mary.

Ingat lagu "LET IT BE" dari the Beatles?

"When I found myself in times of trouble,
Mother Mary comes to me,
Speaking Words of Wisdom,
Let it be, Let it be..."

Mother Mary di lagu itu tak lain dan tak bukan adalah
Bunda Maria atau Santa Maria Bunda Allah kalau
mengikuti dogma Gereja Katolik. So what? We can know
Mother Mary notwithstanding our status toward the
Catholic Church. Mother Mary is a simbol, a symbol of
womanhood. A woman true to her nature. A woman who
birthed Jesus that became the Christ. The same woman
that stood and looked intently at the Cross where
Jesus was crucified. -- That was Mother Mary, Bunda
Maria. A symbol of womanhood for all humanity.

Bunda Maria adalah milik segala bangsa, dan bukan
eksklusif kepunyaan Gereja Katolik, walaupun secara
organisatoris kegerejaan wanita sederhana dari
Palestina, 2000 tahun yang lalu itu, sekarang telah
digelari oleh Gereja Katolik Roma sebagai seorang
santa. Santa Perawan Maria, walaupun Bunda Maria
sendiri, setahu aku, tidak pernah sesumbar kalau dia
itu perawan. Jelas bukan perawan, wong at least
anaknya satu itu, Jesus the Christ.

Dalam Islam, Mother Mary dikenal sebagai Siti Maryam,
ibunda dari Isa the Prophet yang, karena "bapaknya"
gak ada, akhirnya disebut sebagai Isa bin Maryam.
Bahkan ada satu bagian dari Al Quran yang khusus
disebut sebagai Al Maryam. Itu tentang kisah kelahiran
Isa oleh Bunda Maria ala Arabia. So what?

So, you were introduced to Mother Mary by this French
Woman named Caroline. Very good? Then what?

Then you wrote to me that you fell in love with her.
Good, so what? Jatuh cinta adalah hal yang biasa, Rex.
Setiap orang jatuh cinta, tapi apakah cinta yang bisa
jatuh itu? Yang bisa jatuh adalah emosi kita kan?
Emosi bisa jatuh, dan kalau masih bisa jatuh berarti
itu bukan cinta sejati kan? Bukan cinta yang murni
kan? Berarti masih nafsu belaka kan? == Bukan aku anti
nafsu. Nafsu or naluri kepengen memiliki or mencicipi
seorang wanita (boleh wanita Perancis, or wanita Bali,
or wanita mana saja... it doesn't matter) is not a bad
think. Gak jelek. Cuma, apakah wanitanya itu ok juga?
Kalo orangnya ok2 aja, mao juga sama anda, so what?
Jalanin aja, nikmatin aja, enjoy aja...

Tapi kalo orangnya gak mao, ya jangan dipaksain dunk!
Jangan kayak Vincent Liong yang memperebutkan seorang
wanita kayak gak ada wanita tetangga sebelah aja. Aku
wis bilang ke Vincent kalo di toko sebelah masih
banyak. Tanya aja, pasti ada wanita yang jualan. Itu
wanita juga kan? Dan bukan hanya yang katanya wis
bablas en gak mao angkat telpon dia lagi itu kan? --
Indigo koyok ngono jangan dicontoh. Yes, you are a
sort of indigo juga tapi, please, jangan indigo yang
naluriah audzubillah kayak Vincent itu. Wallahualam
mendingan jangan dicontoh. Satu saja di Indonesia
sudah lebih dari cukup. Itu komentar aku about jatuh
cinta menurutmu itu. Kalo si bule ok, jadilah. Kalo si
bule ah oh ah oh, tinggalin aja. Di Bali kan banyak
bule, bukan cuman Perancis doang. Nyang Australia
lebih banyak. Ada juga nyang Jepang. Wanita juga kan?
Aromanya syuur juga kan? Why not? OK ?

Nah, tentang penyembuhan itu, itu memang bakatmu
alami. Aku yang bilang kalau kamu ini Shiva
incarnating. Everybody is Shiva incarnating. Only, not
all people could realize that. Masih takut2. Aku gak
takut, aku langsung bilang sama kamu tentang itu
walaupun akhirnya gara2 itu aku di-ban di Milis Babad
Bali. No problem, yang penting aku sudah bilang jujur.
Ngapain disembunyiin. You are Shiva incarnating. Kalo
satu wanita melengos, masih banyak wanita lain. Shiva
kan istrinya banyak! -- Bukan aku mao mendukung
poligami yang dulu memang banyak di Bali, but aku cuma
mau berusaha bilang bahwa you are seeking a symbol of
womanhood.

Ada symbol kewanitaan yang anda cari itu dan, sampai
kapanpun, itu gak akan ketemu. Femininitas yang asli,
yang semua pria straight (or even bi and gay) itu
cari, sebenarnya ada di dalam diri sendiri. Ada di
dalam dirimu. Ada di dalam diriku. Kalau pun ada di
luar diri dan menemukan realisasi sebagai istri
or pasangan resmi ataupun pasangan selingkuh, itu cuma
counterpart fisik saja, dan tetap gak akan bisa
menggantikan simbol yang hakiki itu, yang adanya cuma
di DALAM DIRI itu.

Sekali lagi, itu ANIMA, simbol FEMININITAS, dan adanya
cuma di DALAM DIRI KITA SENDIRI. May you get it yah?

I love you too,
Leo

+++++++++++++

[Leo adalah alumnus UI dan PennState, seorang praktisi
PSIKOLOGI TRANSPERSONAL. Untuk membuat appointment,
please contact him at HP number: 0818-183-615.
E-mail: <leonardo_rimba@ yahoo.com>.
Tentang REKON MATA KETIGA, please see this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia/message/1046>.
Tentang PROFILE LEO, please see this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia/message/992>.
Untuk bergabung dengan MILIS SPIRITUAL-INDONESIA,
please click this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia/join>].

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Yahoo! Avatars

Express Yourself

Show your style &

mood in Messenger.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Beauty & Fashion

on Yahoo! Groups

Share style tips

and advice.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: