Rabu, 13 Februari 2008

[psikologi_transformatif] Re: kepada Yth Bapak Rahmat Budi

Kalo gitu, kirim japri aja. kalo masuk milis, semua member punya hak untuk
nimbrung. Tolol!

manneke

Quoting imeldyamike3ku <imeldyamike3ku@yahoo.com>:

> wah, terimakasih atas tanggapannya hapasteos!
> tapi maaf, saya menujukan topik ini untuk psikolog saja!
> dan kebetulan topik ini untuk Bapak rahmat budi.
>
> terimakasih eniwey atas perhatiannya ya hapasteos
>
>
> salam, saya.
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@... wrote:
> >
> > Nih orang tolol atau buta huruf? udah dibilang juga bahwa Pak RB adalah
> > psikolog, masih nanya lagi. Udah dibilang juga kalo kebiasaannya
> mengulang-
> > ulang posting, masih diulang juga. Sakiiiiiiiiit!
> >
> > manneke
> >
> > Quoting imeldyamike3ku <imeldyamike3ku@...>:
> >
> > > Re: kepada Yth Bapak Rahmat Budi
> > >
> > > pertama-tama saya ingin meluruskan tentang hal yang telah terjadi
> > > tanpa niatan saya
> > >
> > > 1."Kalau kamu mau tanya soal tulisan kamu yang berulang-ulang"
> > > @saya tidak berniat mengulang2nya pak!
> > >
> > > kedua, saya ingin bertanya kepada bapak sebagai seorang psikolog.
> > > 2. setelah mengetahui dari saya tentang hal yang telah terjadi diluar
> > > niatan saya tersebut, apakah benar "semua" penjelasan bapak yang ada
> > > dibawah penilaian awal tersebut tidak berlaku lagi dan sebaiknya saya
> > > hiraukan saja?
> > >
> > > ketiga, kalau boleh saya tau apakah bapak benar2 seorang psikolog?
> > >
> > > keempat,saya ingin menyampaikan kepada bapak kalau saya ada topik
> > > mengenai member2 milis psikologi_transformatif beserta keterangan,
> > > keterbukaan, dan juga kepentingannya di milis psikologi_transformatif
> > > ini. hal tersebut saya buat dengan harapan
> > > dapat bermanfaat bagi member2 yang baru yang tidak dan belum
> > > mengetahui agar tidak bingung. (at least, dapat menghemat biaya untuk
> > > mengakses internet).
> > > jadi menurut saya, tak ada salahnya kalau bapak Rahmat Budi dapat
> > > memberikan keterangan, keterbukaan, dan juga kepentingannya di milis
> > > psikologi_transformatif ini di topik tersebut.
> > > topiknya bisa di klik disini:
> > > http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/38830
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Rahmat Budi"
> > > <rahmatbudi@> wrote:
> > > >
> > > > Dear Dyami,
> > > >
> > > > ya benar, saya seorang psikolog. Kalau kamu mau tanya soal tulisan
> > > kamu yang
> > > > berulang-ulang seperti yang di :
> > > >
> > > > http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/38811
> > > >
> > > > maka jawaban saya adalah B belum tentu memiliki penyakit seperti
> > > yang anda
> > > > nyatakan pada tulisan tersebut. Ini salah satu contoh yang
> > > mengesankan bahwa
> > > > anda sengaja cari-cari masalah. Tidak semua anggota mailist ini
> bersedia
> > > > menanggapi pertanyaan-pertanyaan oneliner apalagi yang terkesan
> > > iseng. Tidak
> > > > menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu, tidak dapat secara
> langsung
> > > > diartikan bahwa yang bersangkutan memiliki gangguan kejiwaan. Di
> mailist
> > > > ini, tertawa sebagai suatu unsur tulisan sering dilakukan oleh cukup
> > > banyak
> > > > anggota. Konon, Hendrik Bakrie adalah perintisnya ..... memakai
> tertawa
> > > > sebagai pembukaan unsur dalam tulisan-tulisannya. Maka Bung Manneke
> > > > menyebutnya, sindrom hendrik.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > 2008/2/8 Elang Kecil <imeldyamike3ku@>:
> > > >
> > > > > salam kenal bapak Rahmat Budi
> > > > > kalau boleh saya bertanya, apakah bapak Rahmat Budi adalah seorang
> > > > > psikolog?
> > > > >
> > > > > ------------------------------
> > > > > Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile.
> > > Try it
> > > > >
> > >
> >
>
now.<http://us.rd.yahoo.com/evt=51733/*http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8
> > HDtDypao8Wcj9tAcJ>
> > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Women of Curves

on Yahoo! Groups

see how women are

changing their lives.

.

__,_._,___

[psikologi_transformatif] Re: Bunga-Bunga Cinta Di Dalam Hati

lagi jatuh cinta atau jatuh cinta lagi?

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "agussyafii"
<agussyafii@...> wrote:
>
> jeng ratih ini kok tau saya jatuh cinta lagi.
> kecuali jatuh cinta ama jeng ratih lo..
>
> :D
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "ratih ibrahim"
> <personalgrowth@> wrote:
> >
> > agus ini lagi jatuh cinta lagi rupanya....
> > selamat ya bung...
> > :-)
> >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Your school could

win a $25K donation.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Cat Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about cats.

.

__,_._,___

[psikologi_transformatif] Re: kepada Yth Bapak Rahmat Budi

wah, terimakasih atas tanggapannya hapasteos!
tapi maaf, saya menujukan topik ini untuk psikolog saja!
dan kebetulan topik ini untuk Bapak rahmat budi.

terimakasih eniwey atas perhatiannya ya hapasteos

salam, saya.

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@... wrote:
>
> Nih orang tolol atau buta huruf? udah dibilang juga bahwa Pak RB adalah
> psikolog, masih nanya lagi. Udah dibilang juga kalo kebiasaannya
mengulang-
> ulang posting, masih diulang juga. Sakiiiiiiiiit!
>
> manneke
>
> Quoting imeldyamike3ku <imeldyamike3ku@...>:
>
> > Re: kepada Yth Bapak Rahmat Budi
> >
> > pertama-tama saya ingin meluruskan tentang hal yang telah terjadi
> > tanpa niatan saya
> >
> > 1."Kalau kamu mau tanya soal tulisan kamu yang berulang-ulang"
> > @saya tidak berniat mengulang2nya pak!
> >
> > kedua, saya ingin bertanya kepada bapak sebagai seorang psikolog.
> > 2. setelah mengetahui dari saya tentang hal yang telah terjadi diluar
> > niatan saya tersebut, apakah benar "semua" penjelasan bapak yang ada
> > dibawah penilaian awal tersebut tidak berlaku lagi dan sebaiknya saya
> > hiraukan saja?
> >
> > ketiga, kalau boleh saya tau apakah bapak benar2 seorang psikolog?
> >
> > keempat,saya ingin menyampaikan kepada bapak kalau saya ada topik
> > mengenai member2 milis psikologi_transformatif beserta keterangan,
> > keterbukaan, dan juga kepentingannya di milis psikologi_transformatif
> > ini. hal tersebut saya buat dengan harapan
> > dapat bermanfaat bagi member2 yang baru yang tidak dan belum
> > mengetahui agar tidak bingung. (at least, dapat menghemat biaya untuk
> > mengakses internet).
> > jadi menurut saya, tak ada salahnya kalau bapak Rahmat Budi dapat
> > memberikan keterangan, keterbukaan, dan juga kepentingannya di milis
> > psikologi_transformatif ini di topik tersebut.
> > topiknya bisa di klik disini:
> > http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/38830
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Rahmat Budi"
> > <rahmatbudi@> wrote:
> > >
> > > Dear Dyami,
> > >
> > > ya benar, saya seorang psikolog. Kalau kamu mau tanya soal tulisan
> > kamu yang
> > > berulang-ulang seperti yang di :
> > >
> > > http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/38811
> > >
> > > maka jawaban saya adalah B belum tentu memiliki penyakit seperti
> > yang anda
> > > nyatakan pada tulisan tersebut. Ini salah satu contoh yang
> > mengesankan bahwa
> > > anda sengaja cari-cari masalah. Tidak semua anggota mailist ini
bersedia
> > > menanggapi pertanyaan-pertanyaan oneliner apalagi yang terkesan
> > iseng. Tidak
> > > menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu, tidak dapat secara
langsung
> > > diartikan bahwa yang bersangkutan memiliki gangguan kejiwaan. Di
mailist
> > > ini, tertawa sebagai suatu unsur tulisan sering dilakukan oleh cukup
> > banyak
> > > anggota. Konon, Hendrik Bakrie adalah perintisnya ..... memakai
tertawa
> > > sebagai pembukaan unsur dalam tulisan-tulisannya. Maka Bung Manneke
> > > menyebutnya, sindrom hendrik.
> > >
> > >
> > >
> > > 2008/2/8 Elang Kecil <imeldyamike3ku@>:
> > >
> > > > salam kenal bapak Rahmat Budi
> > > > kalau boleh saya bertanya, apakah bapak Rahmat Budi adalah seorang
> > > > psikolog?
> > > >
> > > > ------------------------------
> > > > Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile.
> > Try it
> > > >
> >
>
now.<http://us.rd.yahoo.com/evt=51733/*http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8
> HDtDypao8Wcj9tAcJ>
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Y! Messenger

Instant hello

Chat over IM with

group members.

Yahoo! Groups

Lawn & Garden

ideas and tips

for a green thumb.

.

__,_._,___

[beasiswa] [OOT] TALKSHOW PENULISAN FISIP UI: andrea Hirata, Qaris Tajudin, Oktian Arijito

BEM FISIP UI

Presents


TALKSHOW PENULISAN
LIMAS UI 2008
"Menulis? Siapa Takut!"


Kamis, 21 FEBRUARI 2008
Pukul 13.30-selesai
Aula AJB, Kampus FISIP UI-Depok

Pembicara:
1. Andrea Hirata (Penulis Novel "Laskar Pelangi")
2. Qaris Tajudin (Redaktur TEMPO)
3. Oktian Arijito (Pemenang PIMNAS)


FREE ENTRY!!
Free CERTIFICATE, SNACK, GOODIE BAGS!!


CONTACT PERSON:
Sabrina (021-93557092)
Nandari (0817-4906160)


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

[psikologi_transformatif] METRIS: Solusi Akar Pangkat Tiga_Bilangan Prima

Tulisan ini dituangkan untuk memberikan informasi baru kepada pembaca adanya Ilmu Hitung Baru dibidang pendidikan aritmatika.

METRIS:  SOLUSI AKAR PANGKAT TIGA – BILANGAN PRIMA

        Pikiran saya dibuat cukup terperanjat ketika tiba-tiba ada sebuah pesan singkat sms yang masuk ke HP saya.  Pesan itu dikirim dari seorang guru SD yang pernah mengikuti pelatihan Metode Horisontal (Metris).  Begini isi pesan tersebut "Selamat sore pak, maaf mengganggu, pak apakah bisa metris digunakan untuk mencari akar pangkat tiga bilangan jutaan dengan hasil bilangan prima? terima-kasih pak, Ephi".  Waktu itu saya belum terpikirkan untuk memecahkan masalah tersebut, akan tetapi saya optimis pasti bisa hanya butuh waktu untuk mencari solusinya.  Kemudian dengan segera saya balas sms tersebut "Ibu Ephi, pemecahannya akan saya coba cari ya, mungkin sekitar dua minggu lagi ibu akan saya beritahu hasilnya, terima-kasih juga, Ivan".

Itulah sepenggal cerita di atas yang mengawali metris sebagai metode untuk memecahkan soal akar pangkat tiga.  Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi oleh bilangan itu sendiri dan satu.  Metode konvensional untuk mencari akar pangkat tiga menggunakan cara pohon faktor.  Akan tetapi dengan cara ini menjadi terlalu lama untuk mencari akar pangkat tiga bilangan jutaan terlebih bila hasilnya ternyata merupakan bilangan prima.

Setelah waktu dua minggu berlalu saya memberitahu ibu Ephi kalau ada kesempatan bisa datang ke kantor, akan saya beritahu rahasianya.  Tanpa menunda waktu dia bersama rekannya datang ke kantor dan inilah pemecahannya yang akan saya bagikan juga kepada pembaca.

Misal yang akan dicari (abc) akar pakat tiga dari bilangan asal 822.656.953

. Untuk menyelesaikannya dibutuhkan tabel pangkat tiga seperti di bawah ini.

Tabel :

Angka :      0      1      2      3      4      5      6      7      8      9

Pangkat tiga :     0      1      8      27     64     125   216   343   512   729

Urutan angka yang akan dicari adalah nilai a kemudian c dan terakhir b.

Mencari nilai a, yaitu dengan membagi bilangan asal dengan sejuta, ambil bilangan lebih besar dari nol (822).  Bandingkan dengan tabel dan pilih yang terdekat tetapi masih lebih kecil (729), hasilnya nilai a = 9.

Mencari nilai c, yaitu membandingkan satuan bilangan asal (3) dengan angka yang ada ditabel, dipilih yang punya satuan sama (343), yaitu c = 7.

Mencari nilai b.

Langkah pertama :

Kuadratkan nilai c = 7 diperoleh 49, cukup dipilih satuannya saja yaitu 9.

Langkah kedua :

Hasil langkah pertama dikalikan dengan angka tiga diperoleh 27, cukup dipilih satuannya saja yaitu 7.

Langkah ketiga :

Ambil angka puluhan dari bilangan asal (5) kemudian dikurangkan dengan angka puluhan dari pangkat tiga nilai c (4), diperoleh hasil satu (1), bila hasilnya negatip tambahkan dengan bilangan sepuluh.

Langkah keempat :

Bila hasil pada langkah ketiga (1) lebih kecil daripada hasil pada langkah kedua (7), maka tambahkan bilangan hasil yang telah diperoleh pada langkah ketiga dengan bilangan puluhan (sepuluh, duapuluh,…) hingga hasilnya bisa dibagi dengan 7.  Akhirnya hasil langkah ketiga ditambah dengan duapuluh sehingga dihasilkan 21, hasil pembagian ini (21:7) merupakan nilai b yang dicari yaitu b = 3. Jadi akar pangkat tiga dari 822.656.953 adalah abc = 937 (bilangan prima).

Bila dicermati cara penyelesaian dengan metris jauh lebih mudah dibandingkan dengan pohon faktor, pembaca juga dapat belajar gratis tentang metris lainnya di situs www.sigmetris.com bagian artikel dan http://groups.yahoo.com/group/metode_horisontal

Contoh lain bilangan prima : 197, 269, 317, 463, 571, 659, 743, 839, 967 dll.

Penulis : Stephanus Ivan Goenawan

Penemu Metris

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Y! Messenger

Quick file sharing

Send up to 1GB of

files in an IM.

Yahoo! Groups

Wellness Spot

A resource for living

the Curves lifestyle.

.

__,_._,___

[psikologi_transformatif] Antara Surga dan Madame Syuga

ANTARA SURGA DAN MADAME SYUGA

Dear Friends, Berikut SEBAGIAN tanya-jawab tentang
topik SURGA DAN MADAME SYUGA yang berasal dari milis
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>.
Semoga bermanfaat bagi rekan2 lainnya. (Leo)

+++++++++++++

POSTINGAN MAS A: BIDADARI SURGA OR SYUURRGA

Numpang posting yah Pak Leo... Bidadari Surga.. he he
he.. nyam nyam nyam, gleks... upps... astagfirullah...
istigfar mas...

Istilah Surga penuh bidadari memang menggiurkan...
cantik cantik... sexy sexy... wuihhh... siapa sih yg
nggak mau... mau dong... mau dong... (begging mode:
ON). Itulah mengapa di Surga disebutkan banyak
bidadari... semua orang menginginkan... eit kata
siapa... ha ha ha... Mbak yg di pojok itu marah2...
nggak adil - nggak adil... kalo laki2 dapet bidadari
kok saya nggak dapet bidadara...

Pokoknya nggak adil... ha ha ha ha ha ha... surganya
mbak itu adalah jadi bidadari... yg nanti melayani
laki2 kata si om itu yg berambut kribo ..

Emoh... aku emoh... kalo gitu aku nggak mau masuk
Surga ah... emoohhh...

Yah memang banyak berita2 textual yang tertulis di
kitab suci, yg seolah2 janggal bagi sebagian orang...
yang kalau tidak dipahami dengan jernih, alih2 menjadi
petunjuk malah membuat pengikutnya menjadi absurd dan
bertindak tanpa menggunakan akal sehat... seperti
misalnya potongan2 ayat pada Al Qur'an mengenai
bidadari yg banyak dibahas tempo hari... kalau masih
otot2an mulut, eh bukan deng... otot2an jari.. masih
seru dilihatnya... tapi kalo udah pake otot kawat
balung besi... ha ha ha... bisa rame deh...

Hal ini terus berulang... bertahun-tahun... entah ada
apa yg salah..., baik antar umat beragama, maupun
antar umat yg seagama... terus begitu... menghabiskan
energi... sampai kita lupa hal yg paling hakiki dalam
beragama... perkembangan jiwa kita menuju Tuhan.
Apakah Tuhan mengajari untuk memupuk rasa dengki dan
kebencian....

Hmm... baiklah... untuk sekedar menghilangkan rasa
penasaran aku coba2 gali apa maksud ayat Al Qur'an
mengenai bidadari tersebut -ha ha ha, sok tau mode:
ON. - Nabi2 itu diutus untuk membimbing manusia kepada
jalan keselamatan... untuk itu mereka pasti dibekali
pengetahuan, rasa, logika, dan kekuatan hati untuk
bisa menyampaikan petunjuk Tuhan tersebut agar bisa
diterima, dimengerti dan dipahami oleh manusia pada
masa itu sesuai jamannya...

Jaman Arab sebelum Islam digambarkan sebagai jaman
jahiliyah, jaman kebodohan; kenapa dibilang bodoh,
padahal banyak orang pintar2 waktu itu... karena
telalu memperturutkan hawa nafsunya... mengumbar
syahwat semaunya.... wanita pada masa itu digambarkan
tidak lebih dari pemuas sex belaka, kalo tidak dikubur
hidup2 di waktu kecil.

Nabi Muhammad datang membawa petunjuk Tuhan, untuk
mengubah hal itu demi keselamatan mereka... tentunya
petunjuk itu datang sesuai dengan alam fikiran masa
itu, sehingga bisa dipahami dan mereka mau untuk
melaksanakannya... gambaran Surga dipenuhi bidadari
bisa diterima oleh alam fikiran mereka tentang
keindahan dan kenikmatan... karena memang
hakekatnya Surga itu adalah keindahan dan kenikmatan
yg tiada batas. Dengan itu perlahan2 mereka bisa
di"giring" untuk mengikuti petunjuk Tuhan menjadi
manusia yg beradab; kemudian ditanamkan di dada mereka
kecintaan kepada Tuhan, sifat ikhlas, kasih sayang
tanpa pamrih, dan kecintaan terhadap sesama manusia...
Kemudian ketika Cinta kepada Tuhan itu telah melekat,
seluruh hidupnya akan diabdikan untuk melaksanakan
tugas/suruh/perintah Tuhan di dunia... yg diinginkan
adalah ridhoNya... yg diharapkan adalah perjumpaan
denganNya... kekasih bertemu dengan terkasih.
Disitulah Surga... rindu dendam yg terpuaskan... di
sinilah baru terwujud ungkapan orang Islam "Innalilahi
wa inna ilaihi rojiunn" sesungguhnya semua berasal
dari Allah dan akan kembali kepadaNya.

Balik lagi ke pertanyaan mbak yg di pojok tadi... di
surga ada bidadara nggak... ha ha ha. ha...

Ya ada mbak.... kalo yg laki2 dapat bidadari kalau yg
perempuan dapat bidadara... kalo yg laki2 72 bidadari
kalo yg perempuan 72 bidadara... he he he... bidadari
itu akan istilah aja... bisa juga diartikan belahan
hati, belahan jiwa... atau sesuatu yg sangat kita
kasihi... hmmm... sekarang mungkin masalahnya adalah
pengambaran kita mengenai kehidupan di Surga itu
bagaimana saja yg berlainan... Teks2 tertulis di kitab
suci itu kan disesuaikan dengan alam fikiran masa
itu.. kita yg mempunyai akal budi kan bisa menangkap
maksudnya, ruhnya... sehingga bisa selalu up to date.
Air itu dari dulu kan memang begitu, nggak berubah2
bentuknya, cuma kalo orang dulu hanya
menerjemahkan air sebagai makan/minum atau alat untuk
bersih2 orang sekarang bisa lebih jauh lagi, sumber
tenaga listrik misalnya.

Kembali ke laptop... Dalam konteks agama Islam, kalo
di Al Quran itu kan ada ayat2 yg muhkamat, yg artinya
jelas, tidak perlu penafsiran, ada yg mutasyabihat, yg
bersayap, yg proses memahaminya adalah penafsiran itu
sendiri... kehidupan di surga itu sesungguhnya
bagaimana kita sendiri kan tidak tahu... Nabi2
menggambarkan kan memakai bahasa yg bisa dimengerti...
Bagi kita pada umumnya penggambaran seperti itu
mungkin cukup bisa diterima, tapi bagi yg lain, yg
mendalami hal-hal spiritual mungkin tidak cukup
memuaskan. Kalau dipaksakan kok nggak klop, rasanya
kok nggak sreg; di sini lah peranan ulama sebagai
pewaris nabi untuk menjelaskan maksud dari ayat2
tersebut... Duh siapa yah yg bisa menjelaskan :((

Aku bukan ulama, ndak punya kapasitas untuk itu...
tapi aku yakin di milis ini banyak yg paham... jadi ok
aja yah, kalo salah di koreksi...

Surga itu adalah puncak kenikmatan tertinggi, di mana
seorang kekasih bertemu dengan yg dikasihinya, bisa
dibilang bertemu, bisa juga bersatu, bisa melebur...
hi hi hi... emangnya besi... Kerinduan yg bersambut...
perjalanan panjang mata air yg menemukan
muaranya di lautan...

Ada sebuah riwayat yg menyebutkan bahwa kenikmatan
tertinggi dari penghuni Surga adalah "melihat Wajah
Tuhannya"... bagi orang spiritual... ketika ruh/spirit
itu telah berpisah dari jasad... maka tak ada lagi yg
namanya gender... tak ada itu jenis kelamin... tidak
ada laki2... tidak ada perempuan... tidak ada 1/2
laki2 atau 1/2 perempuan... yg ada itu hanya spirit,
kesadaran satu, yg "bergerak" seperti magnet mencari
kesadaran induknya tempat dia berlabuh... Seperti anak
ayam yg merasa nyaman dalam dekapan induknya...

Dalam teks Al Quran ada disebutkan mengenai penciptaan
Adam as(sebelumnya maaf bagi yg tidak berkenan)..

"Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya,
dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka
tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud"

Ada juga mengenai kejadian di akhirat, ketika manusia
dikumpulkan bersama para malaikat, di situ manusia
disebutkan sebagai ruh..

"Pada hari, ketika ruh dan para malaikat berdiri
bershaf- shaf, mereka tidak berkata-kata, kecuali
siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang
Maha Pemurah; dan ia mengucapkan kata yang benar."

"Dan (ingatlah) akan hari (yang di waktu itu) Allah
mengumpulkan mereka, (mereka merasa di hari itu)
seakan-akan mereka tidak pernah berdiam (di dunia)
hanya sesaat di siang hari, (di waktu itu) mereka
saling berkenalan. Sesungguhnya rugilah orang-orang
yang mendustakan pertemuan mereka dengan Allah dan
mereka tidak mendapat petunjuk "

Hhhhhh... Surga dalam kacamata spiritual adalah
bertemu ruh dengan Ruh... Ruh itu tidak bergender...
laki2 dan perempuan mempunyai ruh yg sama... hanya
ketika di dunia menempati wadag/fisik/tubuh yg
berbeda2. Maaf kalo banyak yg salah. Salam, (A)


+++++++++++++

KOMENTAR SAYA: YANG ADA MALAIKAT DAN _BUKAN_ BIDADARI

Ya Mas A, menurut saya memang begitu pengertiannya.
Tapi kata2 (bahasa) yang dipakai itu memang TIDAK
politically correct, gituh. TERLALU PATRIARKHAL
(terlalu berpihak kepada gender maskulin).

KITAB2 SUCI Yahudi dan Kristen juga sangat GENDER
BIAS. Bias gender itu terlalu mencolok sehingga perlu
re-interpretasi dengan kepala dingin. Kita harus jujur
mengatakan bahwa MEMANG wanita itu ditempatkan dengan
derajad lebih rendah di masyarakat SEMITIK (Yahudi dan
Arab). Dan menggunakan perumpamaan yang berasal dari
Kitab Suci yang ditulis dalam Bahasa Ibrani dan Arab
mau gak mau memaksa kita untuk MEMELINTIR apa yang
jelas2 dituliskan sehinga benar2 bisa dimengerti
dengan KONTEKS SAAT INI which is menghormati
KESETARAAN GENDER.

Bahkan Perjanjian Baru yang menggunakan Bahasa Yunani
juga tidak luput dari BIAS GENDER itu. Rasul Paulus di
Perjanjian Baru menuliskan bahwa wanita2 itu, kalau
mau ikut beribadah bersama laki2 harus memakai PENUTUP
KEPALA (rambut terurai itu katanya gimana gituh, bikin
malaikat tersinggung, something like that). So, bahkan
sampai saat ini wanita2 yang mengikuti tradisi Kristen
Tradisional selalu memakai PENUTUP KEPALA (bisa juga
topi) kalau masuk acara peribadatan di gedung gereja.

Tapi Rasul Paulus itu juga SOK TAHU mengatur rambut
laki2 juga. Jadi,... katanya laki2 itu memancarkan
kemuliaan Allah, jadi kepalanya itu harus TERBUKA.

So,... gak ada pria di Gereja Kristen yang masuk ke
dalam Gedung Gereja dengan tutup kepala. Semua tutup
kepala itu HARUS DIBUKA.

Jadi, bahkan PECI itu termasuk gak boleh dipakai di
dalam gedung gereja. Yang boleh dipakai cuma semacam
KULUK yang NEMPEL di kulit kepala.

Tapi itu BUKAN SYARIAT, cuma himbauan aja dari seorang
rasul yang SOK TAU. Dan GALAK juga, benernya. Paulus
itu terkenal galak. Non kompromistis.

Kalau tentang KONSEP SURGA, benernya itu perkembangan
baru. Setahu saya, tidak ada konsep Surga di
Perjanjian Lama (sebelum Nabi Isa).

Jadi, nabi2 Yahudi pra Nabi Isa itu mengenal kata
"GEHENNA" (dunia orang mati/underworld). Orang yang
kelakuannya minus itu setelah meninggal akan pergi ke
Gehenna; itu tempat segala dhemit dan keturunannya...
Sedangkan roh2 manusia bertakwa yang meninggal itu
konon akan dikumpulkan bersama "roh2 nenek moyang
mereka", sementara tubuh merka dikuburkan di bumi.
HARUS DIKUBUR sebab orang2 Yahudi itu percaya akan
KEBANGKITAN ORANG MATI. Jadi, mereka percaya bahwa
pada AKHIR JAMAN orang2 yang telah mati itu akan
DIBANGKITKAN KEMBALI untuk hidup selama-lamanya.
Something like that.

Karenanya, orang2 Yahudi itu selalu MENGUBUR orang2
mati, gak ada yang dibakar. Dan kuburan itu selalu
dijaga dan dirawat dengan baik karena mereka percaya
bahwa orang2 yang sudah mati itu akan BANGKIT KEMBALI
pada akhir jaman. Jadi, tulang2 itu akan hidup kembali
sehingga kuburan TIDAK BOLEH dibongkar. Harus dijaga
dan dirawat terus.

Orang2 di PERJANJIAN LAMA (pra Nabi Isa) TIDAK
mengenal Konsep Surga. So, gimanah ? Berarti kan itu
memang KONSEP DOANG. Dibikin doang. Dan BUKAN memang
seperti itu dari sononya. Ini perlu dimengerti bagi
orang2 yang berpikir bahwa semua nabi2 itu mengajarkan
konsep Surga sejak awal mula.

Jawabannya TIDAK BEGITU. Konsep Surga itu termasuk
PERKEMBANGAN MUTAKHIR. Mulai kira2 sejak Jaman Nabi
Isa dan lalu dilanjutkan oleh Nabi Muhammad.

Tapi Nabi Isa itu TIDAK BILANG ada bidadari di surga.
Dia cuma bilang kalau di dunia sana itu TIDAK ADA
pria, dan TIDAK ADA wanita. Just that. Jadi, SEX itu
cuma ada di dunia ini saja.

Di dunia sebelah sana kita akan seperti MALAIKAT
(ANGELS) yang bukan pria DAN bukan wanita. Begitu
katanya jelas2.

So, kita juga banyak salah kaprah bilang "Angels"
itu wanita, itu SALAH KAPRAH. Angels itu malaikat, dan
BUKAN bidadari. Angels atau Malaikat itu BUKAN wanita/
pria. Angels are SEXLESS.

Dan, in my opinion, enakan memang TANPA SEX. Kalau
masih ada gairah sex itu ribet. Rasanya kayak
ketarik-tarik buat gimana gituh, pedahal cuma gitu2
aja, kalo udah keluar juga plong aja. Cappe dehh ~!!
(Leo)

+++++++++++++

KOMENTAR MAS S: SURGA NERAKA BUKAN URUSANKU

Tak ada yang salah Mas A, karena seturut apa yang
dituliskan demikianlah yang diyakini dan diragukannya,
yang dimaui dan yang ditolak dll dualisme yang ada
dalam diri manusia termasuk Mas A.

Pakai sedikit logika dan perasaan, itu yang namanya
teks yang menuliskan Allah sebagai Maha Kuasa & segala
Maha, demikian putus asa, seperti kurang pengikut dan
tak percaya diri (Maha Tidak Percaya Diri); beliau
lupa diri kalau Maha Kuasa kayaknya, sampai mengajak
orang-2 yang suka memperkosa dan ber libido liar
dengan iming-2 pesta makin gila libido surga. Baru
tahu saya kalau yang dimaksudkan untuk
mengajak khusus pada waktu itu yang memang berkelakuan
seperti itu.

Terbayang kasihan kaum perempuan waktu itu, lupa di
kasih iming-2 yang jelas ngapain di Surga, suasana
bagi kaum perempuan seperti apa.

Kebayang mereka ada kerjaan, melihat kaum lelaki main
seks terus menerus, karena bidadarinya selalu perawan
(habis ditembak utuh lagi, terus menerus) dan tak
sempat melirit bekas istrinya di bumi. Bisa jadi kaum
perempuan kerepotan membersihkan air mani yang muncrat
kemana-mana (karena mainnya di taman Surga, jadi bisa
sambil guling-2 dan jengkang-jengking seenak
nafsunya), tetapi karena ada sungai yang mengalir jadi
pekerjaan kaum perempuan lebih ringan, tinggal dibasuh
dengan air sungai madu, tak perlu menimba atau
mondar-mandir cari air.

Soal imbalan lain yang tidak dijelaskan dalam buku
pedoman, tentu harus ditanyakan apakah perlu ada
adendum atau diralat supaya klop buat perempuan juga.
Kebayang juga, kalau di Surga saja tak jelas
statusnya apalagi di Neraka, setidaknya di Surga akan
lebih enaklah daripada di Neraka, pastinya lebih enak
daripada di neraka dunia.

Baru tahu juga, bahwa untuk pria yang suka pria dan
wanita yang suka wanita, apa ada surganya ya ? Kalau
ada, belum jelas pedomannya. Apa mesti masuk Neraka ?
Perlu protes lah.

Karena sekarang banyak koruptor, kenapa ya tak
diiming-imingi segala harta di Surga, supaya mereka
tak menumpuk harta di dunia, misalkan pohon duit, buah
emas, kerikil permata, tumpukan deposito dan surat
saham dll.

Wah-2 pusing saya, mending balik ke bumi saja setelah
berimajinasi soal Surga bagi kaum pemerkosa yang
bertobat.

Yang tak main perempuan dan suka bernyanyi, apa ya
tetap dipakai harus main bidadari ?

Jaman sekarang ini berlimpah buku, teks-2 yang
menginspirasi, tetapi kenapa masih membahas teks
membingungkan abad-2 lampau ? Mungkin belum
mendapat hidayah untuk membiaskan, mensayapkan,
mengembangkan supaya selalu benar apa yang sudah
dituliskan. Saya pilih hidup saat ini dan
di tempat ini saja. Surga Neraka bukan urusanku. Salam
dan terimakasih, (S)

+++++++++++++

KOMENTAR PAKDHE WS: DEWI SOEKARNO ITU MADAME SYUGA

Salam, Mendingan lihat albumnya DEWI RATNA SARI yang
berjudul MADAME SYUGA. Yang sangat syuuur. Album itu
dilarang KEJAKSAAN Indonesia tetapi saya dapat beli di
Tokyo. Pada waktu itu Dewi sudah berumur 40 tahunan
tetapi masih in running condition. Pokoknya bisa
dibuat masturbasi sambil membayangkan Anda sebagai
Bung Karno. Wasalam, (WS)

+++++++++++++

[Leo seorang praktisi Psikologi Transpersonal dan bisa
dihubungi di no HP: 0818-183-615. Untuk bergabung
dengan Milis Spiritual-Indonesia, please click:
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia/join>.
NOTE: Except mine, all names used in the YM / email
conversations are PSEUDONYMS.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

How-To Zone

on Yahoo! Groups

Find garden, home

& auto groups.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

.

__,_._,___

[psikologi_transformatif] BUDDHISME & HOMOSEKSUALITAS

Atas permintaan seorang pembaca milis, saya tayangkan pandangan Buddhisme terhadap masalah homoseksualitas, ditulis oleh Kerry Trembath. Dalam artikel ini disebut juga referensi tulisan A.L. de Silva yang dimuat di Buddhanet. Sebuah artikel yang memuat banyak link lain adalah "Buddhism & Homosexuality" dari http://www.religioustolerance.org; artikel ini juga memberi link ke artikel Kerry Trembath di bawah ini.

Mohon maaf, saya tidak sempat menerjemahkan artikel ini. Dalam kesimpulan tulisan itu (conclusion), dinyatakan oleh penulis bahwa "setiap tindakan seksual apa pun tidak menyalahi sila ketiga dari Pancasila apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
- apabila terdapat kesepakatan bersama;
- apabila tidak ada kerugian terhadap siapa pun;
- apabila tidak menyalahi komitmen yang pernah dibuat terhadap orang lain;
- dan apabila tujuannya adalah untuk menyatakan kasih sayang dengan respek, dan memberikan kenikmatan kepada kedua belah pihak.
Ini berlaku tanpa memandang gender atau orientasi seksual dari pihak-pihak yang terlibat. Prinsip yang sama dapat digunakan untuk menilai semua hubungan & perilaku seksual, entah heteroseksual entah homoseksual."

Salam,
Hudoyo

Dari: http://www.geocities.com/WestHollywood/5738/impo-10.htm

Buddhism and Homosexuality

by Kerry Trembath


INTRODUCTION

In browsing through the Net, I have come across a number of articles relating to religion and homosexuality. Almost all of these assume a Judaeo-Christian viewpoint, perhaps with passing references to Islam and an occasional glance over the shoulder at the ancient Greeks and Romans. As I am a practicing Buddhist, I would like to share with you my perspective on how homosexuality is treated in Buddhism. We should start with a very brief outline of Buddhism, particularly in relation to how the Buddha advised us to regulate our behaviour.


WHAT IS BUDDHISM?

This is not an easy question to answer, because Buddhism is comprised of many systems of belief and practice, or what we call traditions. These traditions have developed in different times and different countries, and in some degree of isolation from each other. Each has developed distinctive features which to a casual observer might appear to be major differences. However, these differences are frequently merely cultural overlays, and in other cases they are only differences in emphasis or approach. All traditions in fact are underpinned by a central core of common belief and practice1.


THE TEACHINGS OF THE BUDDHA

One of the fundamental insights achieved by the Buddha through his experience of enlightenment was his analysis of suffering or unhappiness. This has been passed down to us in the form of a teaching which is traditionally described as the Four Noble Truths:
The first of these truths is that life is characterised by suffering. Most human endeavour is concerned with trying to avoid suffering and achieve happiness.
The second identifies the causes of suffering. Directly or indirectly, all the suffering we experience is caused by craving and ignorance. We crave so many things, and our ignorance leads us to believe that these things will make us happy.
The third states that it is possible to transcend suffering and attain the freedom and contentment of Nirvana. This is the state attained by the Buddha, where all the characteristics we associate with this existence (birth, death, movement in time and space, and the feeling of being a separate self) do not apply.
The fourth states that the way leading to the end of suffering is eightfold, and involves the cultivation of our speech, action, livelihood, thought, understanding, mindfulness, effort and concentration. These are sometimes summarised in three groups - morality, concentration/meditation and wisdom.

BUDDHIST PRECEPTS

Let us look more closely at morality, which provides the essential behavioural foundation on which further mental cultivation and spiritual development can take place. Ordinary Buddhists (ie those who are not monks or nuns) try to live in accordance with five precepts, which are in effect promises or undertakings which we make to ourselves. Ordained Buddhists take vows to observe additional precepts, including celibacy. The usual English translation of the five precepts is:

I undertake to observe the precept to abstain from
- destroying or harming living beings
- taking things not given
- sexual misconduct
- false speech
- taking anything that causes intoxication or heedlessness.

Observation of these precepts helps in cultivating the positive virtues of
- compassion
- generosity and non-attachment
- contentment
- truthfulness
- mental clarity and mindfulness.

These are not commandments, but training rules which Buddhists undertake voluntarily. They are undertaken not because we fear punishment by a deity but for our own benefit and the welfare of all other living beings. Buddhists believe that everything is subject to cause and effect, and all volitional actions have karmic consequences. If we do not behave in accordance with the precepts, we will cause suffering to others and ultimately make ourselves unhappy too.


HOMOSEXUALITY AND SEXUAL MISCONDUCT

The third of the five precepts refers to sexual behaviour. In the Theravada tradition of Buddhism, with which I am most familiar, the third precept is perhaps more precisely rendered as "I undertake the rule of training not to go the wrong way for sexual pleasure". What then would constitute "going the wrong way" and would this include homosexual acts? To determine this, we need to consider the criteria which Buddhists are advised to use in making ethical judgements. From the Buddha's discourses, there can be discerned three bases on which we can make judgements about our behaviour:-
- we should consider the consequences of our actions, their effects on ourselves and others
- we should consider how we would feel if others did the same thing to us
- we should consider whether the behaviour is instrumental to our goal of Nirvana.


Using these criteria, Buddhist commentators have usually construed sexual misconduct to include rape, sexual harassment, molestation of children, and unfaithfulness to one's spouse. Clearly, these manifestations of sexual misconduct can apply equally to homosexual and heterosexual behaviour. The third precept is not a blanket prohibition, nor a simplistic depiction of some behaviours as wrong and other behaviours as right.

In fact, Buddhist ethics have been described as utilitarian, in that they are concerned less with "good" and "evil" and more with whether an action is "skilful", ie conducive to a good end in relation to the criteria mentioned above and whether it is motivated by good intentions (based upon generosity, love and understanding) 2.

The sayings of the Buddha, as recorded in the Pali Canon, do not I believe include any explicit reference to homosexuality or to homosexual acts. This has been taken to mean that the Buddha did not consider that one's sexual orientation was relevant to his message, which was how to escape from suffering and achieve enlightenment. If it was not important enough to mention, homosexuality could not have been considered a barrier to one's moral and spiritual development.

On the other hand, the Buddha's teachings in no way exhort us to a life of hedonistic pursuit of pleasure, sexual or otherwise. While the Buddha did not deny the existence of enjoyment in this world, he pointed out that all worldly pleasure is bound up with suffering, and enslavement to our cravings will keep us spinning in a vortex of disappointment and satiation. The Buddhist's objective is not to eliminate sensual pleasures but to see them as they are through the systematic practice of mindfulness.

One feature of Buddhism which may interest gays and lesbians is that the teachings place no particular value on procreation. Marriage and the raising of children are seen as positive but are by no means compulsory. On the contrary, celibacy is in most traditions considered to be a requirement for those seeking higher levels of development as Buddhists. Monks and nuns take vows of strict celibacy, and even pious lay people undertake to be celibate at certain times in order to pursue their mental and spiritual development. This means that from the religious perspective there is no stigma which is necessarily attached to being unmarried and childless, although there may of course be social and cultural pressures which override this.


BUDDHIST DEPICTIONS OF SAME SEX RELATIONSHIPS

Buddhist texts contain many examples of deeply affectionate relationships between members of the same sex. One of the most popular of all Buddhist texts, the Jatakas, comprises a large collection of stories of the lives of the Buddha before his final life on this earth. The Jatakas repeatedly extol love and devotion between men, although this is never of an overtly sexual nature. In these stories the bodhisattva, or Buddha-to-be, is often shown as having a close male companion or attendant. Other texts describing the life of the historical Buddha relate the lifetime friendship of the Buddha and Ananda, who was his constant companion and personal attendant. Some writers have seen homoerotic elements in these texts 3. It is sufficient to say that loving relationships between unmarried men are treated very positively in Buddhist scriptures.

Unfortunately, it cannot be said that homosexuals in countries where Buddhists are in the majority are any more free from prejudice and discrimination than they are in other countries. Everywhere it has taken root, Buddhism has absorbed aspects of the dominant culture, and this has sometimes been to its detriment. Neither is it true to say that people who espouse Buddhism are themselves any more free from prejudiced views than those of other persuasions. However it is clear that there is nothing in the Buddha's teachings to justify condemnation of homosexuality or homosexual acts. It seems to me that many gays and lesbians, particularly in Western countries, are drawn to Buddhism because of its tolerance and its reluctance to draw rigid moral lines, although of course I have no hard evidence for this.


CONCLUSION

From my readings of the Buddhist texts, and from the answers of the Buddhist monks I have questioned on this issue, I have concluded that, for lay Buddhists, any sexual act would not be breaking the third precept
- where there is mutual consent,
- where there is no harm done to anyone,
- where the breaking of a commitment to another person is not involved,
- and where our intention is to express affection with respect, and give pleasure to each other.
This would apply irrespective of the gender or sexual orientation of the parties involved. The same principles would be used to evaluate all relationships and sexual behaviour, whether heterosexual or homosexual.

- o - o - o - o - o - o - o - o -


POSTSCRIPT: BUDDHISM AND GOD

I feel I must take issue with the assertion that belief in and reverence for deities is necessarily a defining characteristic of religions. Buddhism clearly meets most definitions of a religion, yet it is possible to practice as a Buddhist with no belief in a God or superhuman being(s)4. Buddhism does not deny the existence of gods or of other worlds, and indeed the devotional practices of many Buddhist traditions involve the veneration and invocation of special beings such as Avalokitesvara (known as Kwan Yin to many Chinese, or Kannon to the Japanese). However, at its core Buddhism is a non-theistic religion and, unlike other world religions, Buddhism is not a doctrine of revelation. The Buddha did not claim to be the bearer of a message from on high. He made it clear that what he taught he had discovered for himself through his own efforts.

The Buddha himself is revered not as a deity or supernatural being but as a very special kind of human being. He was a human who achieved the ultimate in development of his human potential. The Buddha taught that this achievement is within the reach of every human being, and he spent his life teaching a practical methodology which, if followed with purity of mind and great diligence, would enable others to reach the same objective. In other words, he taught a method rather than a doctrine. When questioned about the validity of his teachings, the Buddha did not refer to the higher authority of a deity. He explained that his teachings were based on his own direct personal experience, and he invited all who were interested to test for themselves whether the method he taught was effective.

- o - o - o - o - o - o - o - o -

1 There are many excellent introductions to Buddhism on the Web. Two good sources which emanate from my own country, Australia, are: The Buddhist Council of New South Wales, an Introduction to Buddhism by Graeme Lyall at http://www.zip.com.au/~lyallg/buddh.html and BuddhaNet, operated by the Venerable Pannavaro at http://www2.hawkesbury.uws.edu.au/BuddhaNet/
2 A L De Silva, Homosexuality and Theravada Buddhism, not currently in print, but can be found at http://www2.hawkesbury.uws.edu.au/BuddhaNet/
3 Leonard Zwilling, Homosexuality As Seen in Indian Buddhist Texts, in Buddhism, Sexuality and Gender, edited by Jose Ignacio Cabezon, State University of New York Press, New York, 1992.
4 William Herbrechtsmeier, Buddhism and the Definition of Religion: One More Time, Journal for the Scientific Study of Religion, 1993, 32 (1), 1-18.


Originally posted at :
http://www.geocities.com/WestHollywood/5738/impo-10.htm

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Your school could

win a $25K donation.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

.

__,_._,___