Jumat, 22 Februari 2008

[beasiswa] [INFO] S2/S3 NTUST Taiwan

Bpk2 dan Ibu2 millist, jika ada yg berminat utk study di NTUST Taiwan, ada penawaran bagus dari NTUST utk S2 dan S3. Syaratnya tidak sulit, hanya melampirkan CV dan Research Plan.. Bagi yg berminat, silahkan datang ke UGM tanggal 29 February. Ada presentasi dan pembukaan pendaftaran disana.
Bapak2 dan Ibu2, pesan ini saya teruskan atas permintaan Prof saya di NTUST. Beliau menjadi ketua delegasi ke UGM.
Bagi yg masih ragu, jangan segan2 kontak saya.
Selamat mencoba
Indra


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

[psikologi_transformatif] Re: Bude Ratih, Pak Manneke, Oom Goen, Mas Leo dan lain-lain

Saluuut. Semoga sukses dan lancar.
Rupanya Mas Audi nurut saran saya, membuat buku yang lebih populer dan
dapat dipahami oleh masyarakat yang tingkat intelektualitasnya masih
dibawah-rata-rata, yang ceruk pasarnya lebih luas kalau dibandingkan
dengan buku yang sudah terbit "Semiotika Tuhan". Yang kalau menurut
terjamah bebas saya judul itu kurang tepat, yang tepat adalah
"Rumiotika Tuhan" (dibaca Rumitnya Tuhan, ha..ha..ha...).

Salam Iri.

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, audifax -
<audivacx@...> wrote:
>
> Ya, doakan aja semuanya lancar. Pengalamanku menerbitkan "Semiotika
Tuhan" di Pinus sih cepat.
>
> Saya sendiri terpikir melauncing di Surabaya atau Jakarta. Atau bisa
juga Jakarta dan Surabaya, karena dengan demikian enggak terlalu
ribet. Cuma satu penulis yang mesti berangkat keluar kota sementara
satunya lagi bisa merangkap jadi "panitia". Kalo di Bandung atau Jogja
repot, karena enggak ada yang ngurusi persiapan launcing, coz kedua
penulis sama-sama di luar Jogja dan Bandung.
>
> Salam Hangat dari Surabaya

> Audifax

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Be a career mentor

for undergrads.

Y! Messenger

Send pics quick

Share photos while

you IM friends.

Yahoo! Groups

Lawn & Garden

ideas and tips

for a green thumb.

.

__,_._,___

[psikologi_transformatif] Re: Sebuah Renungan -Via sapa aja deh-

Bentoel internasional, Mas Edy.

Ilmu gendheng kalo dipake sebagai strategi ngadepin sesama gendheng, bisa
mujarab. Yang gawat kalo gendheng beneran. Ini yang susah warasnya. Tapi
kayanya kita tak perlu kuatir, kan ada ilmu "terapi marah" patennya Mas Edy.
Nanti kalo aku gendheng beneran, aku jalan-jalan ke Pekalongan ya. Disuruh
menggambar apa aja mau deh :)

manneke

Quoting edy_pekalongan <edy_pekalongan@yahoo.co.uk>:

> bung fastabikul ,boleh saja meniru pak manneke ...
>
> biar gendheng tapi bisa menyembuhkan dirinya sendiri.
> lha wong ilmune wis dhuwur.
>
> yo langsung waras brigas maning..
>
> betul apa bentoel pak man ?
>
> salam,.
> edy
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@... wrote:
> >
> > Bung Faskho,
> >
> > Kata moderatornya, milis ini sekaligus klinik dan lahan eksperimen
> psikologi.
> > Kalo Anda awasi dengan cermat kelakuan kami-kami ini, akan
> buaaaaaanyak
> > perilaku manusia yang bisa Anda pelajari. Semuanya ekstrem dan
> aneh, makanya
> > pada awalnya mungkin Anda rada syok. Coba ikuti saja sambil nyatet.
> Nanti kalo
> > ada yang gak ngarti karena saking anehnya, tinggal konsultasi sama
> Bude Tih,
> > Audivacx, Mas Harez, dan Swastinika.
> >
> > Asal jangan ikuan gendheng kaya kami ya :)
> >
> > manneke
> >
> > Quoting fastabihkul khoiroh <faskho@...>:
> >
> > > saudaraku, sahabatku n sedulur 4 sinoro wedi,
> > > terus terang, awal aku kepincut nang media iki???
> > > aku kepingin weruh apa-apa substansi mengenahi bab jeruh kalbu
> manungso sing
> > > katon nang jobo, yo iku sifat laku, sifat tindak lan sopo, dalam
> bentuk
> > > knowledge, disebut psikologi....??
> > > aku pingin ero, tapi gak usah kuliah nang bangku sekolah, seng
> jarene nganti
> > > 145 SKS, bahkan ditambah 50 sks, yen pingin dadi master, terus,
> penelitian
> > > lan metodologi yen kempingin dai PhD,
> > > .......
> > > sak wise tak leboni media iki...???
> > > aku dadi kaget, ping laksa kaget,...
> > > lho kok ngene substansi psikologi????
> > > .......
> > > sedulurku sing bagus, ngganteng, ayu, maniss, lan sing kenez-kenez
> > > ketika aku mlaku-mlaku nang candi borobudur,
> > > sing tak sawang nang nisor plataran iku gundukan tanah
> > > langsung munggah candi katon relief-relief sing bagus, relief
> cerito
> > > rahmayana,
> > > relief-relief mau ono nangggone dinding candi segi papat,
> > > begitu mungga, terus keatas bentuk persegi suwe-suwe, step demi
> step berubah
> > > terakhir dadi segi 8,
> > > terakhir dan teratas adalah segi sempurna,,,,,lingkaran
> > > ......
> > > sedulurku sing bagus, ganteng, ayu lan kenez-kenez
> > > opo maknane iku????
> > > maknane bangunan iku makin keatas makin segi banyak terakhir segi
> sempurna
> > > (lingkaran)
> > > .......
> > > mbalik nang relief,....
> > > sejatime,..nang pelataran mau ono relief sing porno,...
> > > alasan teknis (foundation building structure system), lan alasan
> > > asusila...(pornografi and pornoaksi)
> > > relief mau ditutup koyo sing sak iki bentuke
> > > ......
> > > sedulurku...
> > > akeh sing pingin tak gagas
> > > ikilah media iki...
> > > aku kepingin media iki, media psikologi sing bersifat psikologi,
> koyo aku
> > > pingin ero koyo opo seh jajan psikologi iku????, dimensine???,
> kualitase??,
> > > kuantitase??, warnanae, teksture, bahkan matrane.
> > >
> > > koyo aku kepingin weruh borobudur sing asli,
> > > walau ditutup tapi ngerti makna lan tujuane,...
> > > ikuloh kepnginku..sadulurku
> > > aku gak mampu kuliah nang psikologi
> > > tapi aku kepingin weruh barabg spikologi....
> > > yok opo yo carane???
> > >
> > > Thanks
> > > Faskho
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > ----- Original Message ----
> > > From: "pradita@..." <pradita@...>
> > > To: psikologi_transformatif@yahoogroups.com
> > > Sent: Friday, February 22, 2008 12:15:23 AM
> > > Subject: [psikologi_transformatif] Re: Sebuah Renungan -Via sapa
> aja deh-
> > >
> > > Ayaz iki ternyata cuma gede bacot. Tak berani terlibat dalam inti
> substansi,
> > >
> > > maka bisanya cuma cuap-cuap soal sarana. Keilmiahan dibajak untuk
> menutupi
> > > ketololan. Ah, what a pity....dan dia kira dia bisa impress
> banyak orang. Ha
> > > ha
> > > ha...ha ha haa...ha ha ha...ha ha ha....
> > >
> > > manneke
> > >
> > > Quoting ayaz <hellaz1001@yahoo. com>:
> > >
> > > > Eh!! Cak Anwar melek juga tho!! Menurut anda ada yang gak beres
> ya?
> > > > haha.....gima giman mas, aku isih durung ngehh iki. Emang gk
> ilmiah
> > > > ya kelakuane dulurmu iku hahaha......
> > > >
> > > > kita lanjut nanti deh...suwun ya cak.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transform atif@yahoogroups .com, "Anwar
> Haryono"
> > > > <aharyono@ .> wrote:
> > > > >
> > > > > Fikiran, sanggahan, dan pertanyaan Hendrik "orisinil
> > > > banget"?.... ..setujuh
> > > > > bangeutt.he. .he..sangking orisinilnya, ini kutipan definisi
> ilmiah
> > > > versi
> > > > > Hendrik:
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > "hahahah.... hahahaha. ...hahaha. ... saya mau jawab juga
> dikit ya
> > > > mas...
> > > > > ilmiah bagi saya adalah ketika itu masuk akal (rasional)
> sebab
> > > > memiliki
> > > > > dalil yg bisa dipertanggungjawabk an dan memenuhi
> kaidah2nya.. ."
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > Salam,
> > > > >
> > > > > Anwar
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > _____
> > > > >
> > > > > From: psikologi_transform atif@yahoogroups .com
> > > > > [mailto:psikologi_transform atif@yahoogroups .com] On Behalf
> Of
> > > > > pradita@
> > > > > Sent: Thursday, February 21, 2008 3:02 AM
> > > > > To: psikologi_transform atif@yahoogroups .com
> > > > > Subject: [psikologi_transfor matif] Re: Sebuah Renungan -Via
> Menneke
> > > > Budiman
> > > > > II-
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > Ha ha ha...ha ha ha...ha ha ha...ha ha ha...(hendrik mode
> on), wah,
> > > > tengkyu
> > > > > Mas
> > > > > Ayaz, atas sarannya yang "orisinil". Ya, ya, ya, betul,
> makanya saya
> > > > > maki-maki
> > > > > hendrik aja ya? Soale, gue tak mau dijebak untuk balas maki-
> maki
> > > > Islam. Gue
> > > > > tahu elo-elo pada nunggu-nunggu itu dengan iler bertetesan,
> tapi
> > > > sori jika
> > > > > mengecewakan harapanmu.
> > > > >
> > > > > Dan sekarang juga menjadi sangat gamblang bahwa situ sama
> hendrik
> > > > yopodo
> > > > > wae.
> > > > > Bedanya, hendrik jujur, situ muna.
> > > > >
> > > > > Fikiran, sanggahan, dan pertanyaan hendrik"orisinil banget"?
> Kita
> > > > ngomong
> > > > > soal
> > > > > iman, Bung. Anda sendiri langsung muntab sama Insan Syukur
> yang
> > > > menyanggah
> > > > > Syiah. Bukankah Insan Syukur juga sangat "orisinil banget"
> > > > pemikirannya?
> > > > > Lalu
> > > > > kok situ jadi tantrum? Kirain pikiranmu luas, gak taunya
> sektarian
> > > > juga.
> > > > > Cepat
> > > > > sekali engkau melucuti kedokmu sendiri?
> > > > >
> > > > > Ah, jangan pakai retorika persaudaraan sesama manusia lah.
> Sudah
> > > > ketauan
> > > > > situ
> > > > > siapa. Ha ha ha...ha ha ha...ha ha ha...ha ha ha...ha ha
> ha...ha ha
> > > > ha...
> > > > >
> > > > > manneke
> > > > >
> > > > > Quoting ayaz <hellaz1001@ yahoo. <mailto:hellaz1001%
> 40yahoo.com>
> > > > com>:
> > > > >
> > > > > > Ha..ha...saya juga gak ada urusan ma situ. Tapi kalau
> masalah
> > > > Hendrik
> > > > > > gampang menurut aku sih..tinggal guwe ketemu langsung
> ceprak-
> > > > ceprok
> > > > > > kalau perlu kita plintir lehernya langsung mak klesek,
> kenapa???
> > > > > > soale dia jelek2in agama situ!!
> > > > > >
> > > > > > Cuma masalahnya saya gak bisa matiin fikiran, sanggahan,
> dan
> > > > > > pertanyaan2 dia, orisinil banget sih. itu masalah utamanya
> > > > > > hahha.....paling banter yang bisa saya lukan cuma ngata-
> ngatain
> > > > > > pribadi dia Anjing, Babi, cunguk, anjing ngentot,
> bokong...paling
> > > > > > itu2 aja bung!!! biar kliatan udah dianiaya gitu....nah! !!
> gimana
> > > > > > tu????!
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > --- In psikologi_transform
> > > > > <mailto:psikologi_ transformatif% 40yahoogroups. com>
> > > > atif@yahoogroups. com,
> > > > > pradita@ wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > Nah, silakanlah berperang dengan para wahabi di milis
> ini, dan
> > > > saya
> > > > > > akan lanjut
> > > > > > > perang sama hendrik bongkrek bin bokonglebus, oke? Wong
> mau
> > > > perang
> > > > > > sama wahabi
> > > > > > > aja kok repot-repot negor saya segala?
> > > > > > >
> > > > > > > Buat saya, apa yang terjadi adalah pelajaran bagus buah
> hendrik
> > > > > > (kalo dia bisa
> > > > > > > narik pelajaran lho). Sebagai warga syiah yang merupakan
> sebuah
> > > > > > kelompok yang
> > > > > > > sepanjang sejarahnya teraniaya, sebaiknya ia tidak
> melakukan
> > > > hal
> > > > > > yang sama pada
> > > > > > > kelompok agama lain. Siapa menabur angin, dia menuai
> badai.
> > > > Jika
> > > > > > dia melakukan
> > > > > > > penistaan pada agama lain, ya tinggal tunggu tanggal
> maennya
> > > > aja
> > > > > > sebelum
> > > > > > > agamanya dinista orang lain juga. Hukum alam. Fair.
> > > > > > >
> > > > > > > Dalam urusan saya dengan hendrik, saya sekali lagi akan
> terus
> > > > > > memakai apa saja
> > > > > > > yang bisa saya pakai untuk menghadapkan dia pada dirinya
> > > > sendiri.
> > > > > > Silakan dia
> > > > > > > jawab itu tudingan dan hujatan dari mereka yang Anda
> sebut kaum
> > > > > > wahabi. Saya?
> > > > > > > Ngapain repot-repot memahami persoalan wahabi versus
> syiah?
> > > > > > Persoalan saya
> > > > > > > sendiri sebagai orang kristen juga tak dipahami oleh
> lawan
> > > > bicara
> > > > > > saya si
> > > > > > > kambing congek itu kok? Bukankah yang ada selama ini
> hujatan
> > > > dan
> > > > > > penistaan
> > > > > > > terhadap kristen? Sekarang Anda mau ngomong soal paham-
> pahaman?
> > > > > > Telaaaaaaat,
> > > > > > > Mas.
> > > > > > >
> > > > > > > Baguslah kalo pemahaman agama Anda lahir dari dialektika
> > > > filosofis
> > > > > > (opo sih
> > > > > > > maksude?). Ya sudah, silakan saja beragama yang bener.
> Saya sih
> > > > > > akan lanjutkan
> > > > > > > main gundu sama si hendrik. Yang saya heran, kenapa kok
> situ
> > > > jadi
> > > > > > sewot
> > > > > > > soal urusan saya sama hendrik? Sewotnya baru sekarang
> lagi.
> > > > > > Wuehehehehe.
> > > > > > >
> > > > > > > Eh, pertanyaan saya kok belum dijawab? Gimana sih tips
> > > > menghadapi
> > > > > > hendrik
> > > > > > > menurut situ? Diskusi ilmiah? (ha ha ha...ha ha ha...ha
> ha
> > > > ha...).
> > > > > > Bungkem?
> > > > > > > Ketawa-ketiwi? Merem? Katanya pakai premanisme seperti
> yang
> > > > dipakai
> > > > > > hendrik
> > > > > > > dilarang ya? Anda ada baru sekali dua kali senggolan sama
> saya
> > > > udah
> > > > > > mulai
> > > > > > > menunjukkan gejala-gejala premanisme juga. jadi, gak usah
> heran
> > > > > > dong kalo saya
> > > > > > > yang udah veteran sama hendrik milih strategi premanisme
> > > > sebagai
> > > > > > senjata.
> > > > > > >
> > > > > > > Ayaz, atau siapa deh namamu, buat saya simpel saja: kalau
> lawan
> > > > > > diskusi saya
> > > > > > > beradab, saya juga beradab. lawan diskusi saya ilmiah,
> saya
> > > > juga
> > > > > > ilmiah. lawan
> > > > > > > diskusi saya guyonan, saya juga guyonan. Tapi kalo lawan
> > > > diskusi
> > > > > > saya preman,
> > > > > > > saya juga preman. Nah, kalo situ sudah biasa preman,
> baguslah.
> > > > > > Teruskan aja
> > > > > > > nimbrungnya. Jadi makin rame kan? Jadi, gak usahlah pake
> mbulet
> > > > > > pura-pura mau
> > > > > > > ilmiah dan sopan segala.
> > > > > > >
> > > > > > > Identitas saya tak bisa direduksi oleh siapapun juga
> menjadi
> > > > cuma
> > > > > > intelektual
> > > > > > > thok, dan gak boleh jadi yang lain. Saya juga bapak,
> suami,
> > > > murid,
> > > > > > anak, guru,
> > > > > > > dan 1001 identitas lain. Saya pakai semua itu kalau sikon
> > > > menuntut
> > > > > > demikian.
> > > > > > > Masalah situ mau mikir saya apa, who cares?
> > > > > > >
> > > > > > > manneke
> > > > > > >
> > > > > > > Quoting ayaz <hellaz1001@ >:
> > > > > > >
> > > > > > > > Ha..ha...ini jadinya lebih lucu dari jawaban yang
> sebelumnya!
> > > > > > anda
> > > > > > > > mencoba memposisikan diri sebagai pihak yang teraniaya,
> > > > dengan
> > > > > > model
> > > > > > > > gaya premanisme yang dipilih. haha....gak papa bung
> kita juga
> > > > > > bisa
> > > > > > > > sama-sama jadi preman kog!! gampang buat gituan
> sich...udah
> > > > > > kenyang
> > > > > > > > juga gue!!
> > > > > > > >
> > > > > > > > Kalau buat saya sih Wahabisme itu "makanan" lezat, dan
> kita
> > > > malah
> > > > > > > > seneng kalau bisa jagongan ame itu sekte. dan sudah
> biasa
> > > > kita
> > > > > > > > kuyah2. Hanya saja yang bikin nEk adalah munculnya
> orang
> > > > seperti
> > > > > > > > sampeyan yang menunggangi dan ikut2 ngriwui,
> lho...katanya
> > > > gak
> > > > > > mau
> > > > > > > > menyerang agama dan keyakinan orang....kog malah.....di
> air
> > > > > > keruh!!!
> > > > > > > > masalae...kl you faham sih gak masalah jd enak
> gebuk2ane,tp. ..
> > > > > > > >
> > > > > > > > Untuk yang berhubungan dengan bela membela agama saya
> gak
> > > > > > > > berkepentingan, kenapa??? karena keyakinan keagamaan
> saya
> > > > lahir
> > > > > > juga
> > > > > > > > dari sebuah dialektika filosofis, Nah!! siapa yang siap
> > > > digrojok
> > > > > > > > ribuan pertanyaan.. ......???
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > > --- In psikologi_transform
> > > > > <mailto:psikologi_ transformatif% 40yahoogroups. com>
> > > > atif@yahoogroups. com,
> > > > > pradita@ wrote:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > TULISAN ILMIAH????? Buat menghadapi hendrik?
> Wuahahahahaha.
> > > > > > Anda
> > > > > > > > ini ngimpi
> > > > > > > > > atau baru bangun dari mabok? Preman kok disuruh
> menghadapi
> > > > > > pakai
> > > > > > > > tulisan ilmiah?
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Yang saya heran, sampeyan orang yang sudah
> luaaaaaaaaama
> > > > banget
> > > > > > di
> > > > > > > > milis ini,
> > > > > > > > > dan ngakunya udah kenyang makan asem garam gebuk-
> gebukan,
> > > > kok
> > > > > > bisa
> > > > > > > > masih
> > > > > > > > > terkaget-kaget dengan hadirnya wahabi-isme di sini?
> Kalo
> > > > liat
> > > > > > kata-
> > > > > > > > kata jorok
> > > > > > > > > yang ditjukan hendrik bokonglebus tak henti-hentinya
> kepada
> > > > > > iman
> > > > > > > > kristen, gak
> > > > > > > > > terkaget-kaget ya? Haloooo? Apa saya sedang
> menyaksikan
> > > > standar
> > > > > > > > ganda di sini?
> > > > > > > > > Anda bersuara nyaring menolak hadirnya wahabi-isme di
> sini
> > > > tapi
> > > > > > > > selama ini
> > > > > > > > > bungkam dengan sepak terjang hendrik yang tak pernah
> sepi
> > > > dari
> > > > > > > > penistaan itu?
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Hoi, sejak kapan pula di sini ada keharusan orang
> jadi
> > > > > > intelektual?
> > > > > > > > Atau
> > > > > > > > > seorang intelektual wajib dan kudu berbicara dengan
> > > > intelek?
> > > > > > Aturan
> > > > > > > > baru buatan
> > > > > > > > > Audivacx kah ini?
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Buat saya satu hal sudah amat jelas: premanisme tanpa
> batas
> > > > > > > > terhadap suatu
> > > > > > > > > keimanan yang dibiarkan terjadi begitu saja dan semua
> orang
> > > > > > tutup
> > > > > > > > mata, HANYA
> > > > > > > > > bisa dilawan dengan premanisme yang lebih keras lagi.
> Buat
> > > > > > makhluk
> > > > > > > > seperti
> > > > > > > > > hendrik, tak ada demokrasi, intelektualitas, akal
> sehat,
> > > > dan
> > > > > > apalah
> > > > > > > > itu namanya
> > > > > > > > > yang kau mau gunakan.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Saya punya hak menjadi preman untuk melawan kambing
> busuk
> > > > macam
> > > > > > > > hendrik, dan
> > > > > > > > > tidakkah Anda merasa lucu sekarang mau repot-repot
> > > > mengatakan
> > > > > > bahwa
> > > > > > > > saya harus
> > > > > > > > > malu dengan responsi-responsi saya terhadap hendrik?
> Saya
> > > > mau
> > > > > > tanya
> > > > > > > > nih kepada
> > > > > > > > > Anda dan teman-teman Anda yang mengeluh soal saya:
> > > > bagaimana
> > > > > > > > seharusnya saya
> > > > > > > > > bersikap dalam menghadapi nistaan dan hujatan
> hendrik?
> > > > Jangan
> > > > > > > > bilang saya mesti
> > > > > > > > > diskusi ilmiah, ah. Ini murahan banget. As if you
> didn't
> > > > know
> > > > > > who
> > > > > > > > hendrik is?
> > > > > > > > > Atau didiemin aja? Lha situ sendiri gak tahan untuk
> berdiam
> > > > > > diri
> > > > > > > > liat posting-
> > > > > > > > > posting wahabi.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Saya tak menolak nasihat jika itu diberikan secara
> adil dan
> > > > > > jernih.
> > > > > > > > Di luar
> > > > > > > > > ini, saya anggap semua omong kosong dan mengamini
> > > > hendrikisme
> > > > > > saja.
> > > > > > > > Sori...
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Ingat, Bung. Saya mencaci-maki dan menghujat hendrik,
> bukan
> > > > > > ISLAM.
> > > > > > > > Dan sekali
> > > > > > > > > lagi, jika Anda ingin perangi wahabi-isme di milis
> ini,
> > > > saya
> > > > > > jangan
> > > > > > > > dijadikan
> > > > > > > > > tumbalmu. Saya memilih berasyik ria sama si hendrik
> aja.
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > manneke
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > Quoting ayaz <hellaz1001@ >:
> > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Saya juga gak peduli apa oret-oretan saya ttg
> Wahabisme
> > > > > > > > bermanfaat
> > > > > > > > > > buat anda ato tidak itu sama sekali gak penting
> buat
> > > > saya.
> > > > > > Tapi
> > > > > > > > saya
> > > > > > > > > > yakin "pirsawan" kaca millis ini pasti ada yang
> Ngehh.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Kita emang sudah terbiasa dengan segala umpatan dan
> > > > gebuk2an
> > > > > > > > versi
> > > > > > > > > > millis ini, itu udah mafhum!! bahkan sebelum
> > > > anda "datang"
> > > > > > > > dimillis
> > > > > > > > > > ini, dan kita udah enjoy jg kog!!! tapi fenomena
> > > > Wahabisme
> > > > > > betul2
> > > > > > > > > > angin baru yang kencang berhembus.
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Nah! masalah anda dengan hendrik itu sih tontonan
> lama
> > > > yang
> > > > > > > > diputar2
> > > > > > > > > > terus. banyak orang rasan-rasan kog manneke cuma
> gitu
> > > > > > gitu....aja
> > > > > > > > > > dari dulu. mana dong tulisan2 ilmiahnya, sapa tahu
> bisa
> > > > > > > > didiskusikan
> > > > > > > > > > dengan yang lain, sayang kan jauh2 ngluruk dinegeri
> orang
> > > > > > dengan
> > > > > > > > > > titel yang mau digondol kog tulisane super jorok
> dan
> > > > > > > > > > sangat...... kalau aku sih sayang. tapi terserah
> sampeyan
> > > > > > sih!!!
> > > > > > > > > > mungkin inilah refleksi intelektual Indonesia.
> > > > hahaha...... .
> > > > > > > > sorry
> > > > > > > > > > lho Bung....
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > Yup!! ayo ketopraan maneh karo hendrik, kene tak
> keploi
> > > > > > sisan!
> > > > > > > > ben
> > > > > > > > > > kapok!!! hahaha......
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > --- In psikologi_transform
> > > > > <mailto:psikologi_ transformatif% 40yahoogroups. com>
> > > > atif@yahoogroups. com,
> > > > > pradita@
> > > > > > wrote:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Nah, kalo kelamaan ngilang dari milis lalu tiba-
> tiba
> > > > nongol
> > > > > > > > lagi
> > > > > > > > > > dan langsung
> > > > > > > > > > > nyebur, beginilah jadinya. Gak tau pangkal, gak
> tau
> > > > ujung.
> > > > > > > > Tuanku
> > > > > > > > > > Bung Ayaz,
> > > > > > > > > > > kenapa Anda kira saya sama hendrik bokonglebus
> itu lagi
> > > > > > diskusi
> > > > > > > > > > serius? kami
> > > > > > > > > > > lagi maen-maen kok dengan sepuas-puasnya dan
> sebebas-
> > > > > > bebasnya.
> > > > > > > > Dan
> > > > > > > > > > rasanya
> > > > > > > > > > > mareeeeeeem betul. Nikmaaaaaaaat jeeee....
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Jadi, siapa yang peduli wahabi-isme atau salafi-
> isme,
> > > > atau
> > > > > > > > syiah-
> > > > > > > > > > isme, atau
> > > > > > > > > > > puting maria, atau penis yesus? Kulo mboten
> terseret
> > > > > > > > pergumulan,
> > > > > > > > > > Bung. Siapa
> > > > > > > > > > > juga sudi bergumul sama hendrik? Dia kan udah
> dikapling
> > > > > > sama
> > > > > > > > ani
> > > > > > > > > > munafich. Kalo
> > > > > > > > > > > tak kenal siapa ani munafich--berhubung Anda
> kelamaan
> > > > > > ngilang--
> > > > > > > > > > tanya sama
> > > > > > > > > > > adikmu Lulu.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Jadi, keterangan Anda panjang lebar tentang
> wahabi-isme
> > > > itu
> > > > > > > > buatku
> > > > > > > > > > tak relevan.
> > > > > > > > > > > Aku tak peduli. Yang penting, bisa fun sama si
> hendrik
> > > > > > bongrek
> > > > > > > > bin
> > > > > > > > > > > kambingcongek bin babi ngepet. Ha ha ha...ha ha
> ha...ha
> > > > ha
> > > > > > > > ha...ha
> > > > > > > > > > ha ha...
> > > > > > > > > > > (tuh, sampe ketawanya aja udah ketularan sama
> wedus
> > > > gimbal
> > > > > > itu).
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Dalam bermaen sama hendrik (bukan bergumul lho!)
> > > > siapapun
> > > > > > dan
> > > > > > > > > > apapun yang bisa
> > > > > > > > > > > didomplengi, ya mari. Si Wahab juga mendompleng
> gue
> > > > buat
> > > > > > > > memicis si
> > > > > > > > > > syiah kok.
> > > > > > > > > > > Jadi, sampeyan rileks ajalah. Nonton boleh, tapi
> > > > mungkin
> > > > > > kalo
> > > > > > > > jadi
> > > > > > > > > > wasit,
> > > > > > > > > > > risiko tanggung sendiri. Ha ha ha...ha ha ha...ha
> ha
> > > > ha...
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Udah ya Bung Ayaz, mau balik nih, Ditunggu
> hendrik :)
> > > > Salam
> > > > > > ya
> > > > > > > > buat
> > > > > > > > > > Lulu.
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > manneke
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > Quoting ayaz <hellaz1001@ >:
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Hari-hari ini saya hanya bisa terbengong-
> bengong,
> > > > betapa
> > > > > > > > tidak
> > > > > > > > > > > > seorang yang saya kagumi dan aset kita bersama
> > > > setikanya
> > > > > > di
> > > > > > > > ruang
> > > > > > > > > > > > maya millis ini saudara Menneke Budiman tiba-
> tiba
> > > > saja
> > > > > > > > terseret
> > > > > > > > > > arus
> > > > > > > > > > > > pergumulan saling tikam dengan seorang hendrik
> dan
> > > > yang
> > > > > > lebih
> > > > > > > > > > membuat
> > > > > > > > > > > > miris tuanku bung Menneke justru bergulat
> > > > > > dan "mendompleng"
> > > > > > > > > > setiap
> > > > > > > > > > > > postingan Narsis dan tidak bertanggung jawab
> dari
> > > > seorang
> > > > > > > > > > provokator
> > > > > > > > > > > > seperti Insan syukur.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Tak ayal lagi Insan adalah model yang mewarisi
> masa
> > > > lalu
> > > > > > > > sebuah
> > > > > > > > > > sekte
> > > > > > > > > > > > baru yang muncul dipenghujung abad ke 20,
> sebuah
> > > > gerakan
> > > > > > > > > > wahabisme
> > > > > > > > > > > > yang melancarkan "tajdid-pembaharuan "
> disemenanjung
> > > > > > arabia.
> > > > > > > > > > Sebuah
> > > > > > > > > > > > epos "baru" yang dikendalikan dari kota tua
> Thaif ini
> > > > > > > > bergerak
> > > > > > > > > > maju
> > > > > > > > > > > > menyerang setiap kaum muslimin yang menolak
> bergabung
> > > > > > dengan
> > > > > > > > > > > > keyakinan yang absurd ini.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Kota-kota diarabia dalam waktu yang tak terlalu
> lama
> > > > > > disulap
> > > > > > > > > > menjadi
> > > > > > > > > > > > genangan darah dan bangkai kaum muslimin yang
> tidak
> > > > siap
> > > > > > > > dengan
> > > > > > > > > > > > serangan fajar yang biadab tersebut, tidak
> kurang
> > > > dari 20
> > > > > > > > ribu
> > > > > > > > > > nyawa
> > > > > > > > > > > > yang tanpa mengerti apa maksud dari
> "pembaharuan" ala
> > > > > > > > pagnisme
> > > > > > > > > > ini
> > > > > > > > > > > > mati sia-sia.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Tak ayal serangan dan pembantaian atas nama al-
> Quran
> > > > ini
> > > > > > > > menuai
> > > > > > > > > > > > kritik dunia internasional saat itu, kaum
> muslimin
> > > > dunia
> > > > > > > > dibawah
> > > > > > > > > > > > payung Monarki Ustmani Turki melayangkan protes
> keras
> > > > dan
> > > > > > > > > > menghendaki
> > > > > > > > > > > > adanya pengadilan besar-besaran atas kejahatan
> > > > > > kemanusiaan
> > > > > > > > ini.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Wahabi dan wahbisme adalah sebuah fenomena
> keagamaan
> > > > yang
> > > > > > > > sangat
> > > > > > > > > > > > absurd, sebuah sekte yang memiliki kemiripin
> figh
> > > > dengan
> > > > > > > > madzab
> > > > > > > > > > > > maliki ini tak urung sering menuai kritik dari
> dari
> > > > > > pengikut2
> > > > > > > > > > Maliki
> > > > > > > > > > > > sendiri yang terheran2 dengan sikap keagamaan
> wahabi
> > > > yang
> > > > > > > > > > senantiasa
> > > > > > > > > > > > menjatuhkan talak KAFIR dan wajib di Bunuh
> sebagai
> > > > > > landasan
> > > > > > > > > > otensitas
> > > > > > > > > > > > keagamaannya.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Serangan fajar wahabi tepat menghujam jantung
> kaum
> > > > > > muslimin
> > > > > > > > dunia
> > > > > > > > > > > > yang berdaulat seperti Madzab Sunni ahlussunah
> wal
> > > > jamaah
> > > > > > dan
> > > > > > > > > > saudara
> > > > > > > > > > > > mereka Madzab Syiah Istnaasyariah. Provokasi
> yang
> > > > > > dilancarkan
> > > > > > > > > > untuk
> > > > > > > > > > > > menjauhkan berbagai madhab dalam tubuh kaum
> muslimin
> > > > > > dunia
> > > > > > > > > > sepertinya
> > > > > > > > > > > > hanya tinggal mimpi tua kaum wahabi semata.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Fenomema sekte wahabi sebenarnya memiliki akar
> > > > panjang
> > > > > > yang
> > > > > > > > redup
> > > > > > > > > > > > redam disepanjang sejarah Islam, wahabisme
> memiliki
> > > > > > tautan
> > > > > > > > kuat
> > > > > > > > > > dan
> > > > > > > > > > > > pemahaman yang berbanding lurus dengan gerakan
> ingkar
> > > > > > > > Khawarij
> > > > > > > > > > diawal-
> > > > > > > > > > > > awal kemunculannya. gerakan teror yang
> dilancarkan
> > > > orang-
> > > > > > > > orang
> > > > > > > > > > dungu
> > > > > > > > > > > > inilah yang kemudian menjelma dizaman modern
> dengan
> > > > jubah
> > > > > > > > yang
> > > > > > > > > > sama.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Ahlu sunnah benar-benar kitiban pulung dan
> nasib
> > > > sial,
> > > > > > betapa
> > > > > > > > > > tidak
> > > > > > > > > > > > sebuah madzab resmi ini kini tiba2 harus
> berdesak-
> > > > desakan
> > > > > > > > dengan
> > > > > > > > > > > > sekte Wahabi yang entah dari mana tiba2 pula
> mengaku
> > > > diri
> > > > > > > > sebagai
> > > > > > > > > > > > Ahlussunah, sebuah tragedi keagamaan yang berat
> yang
> > > > > > akhirnya
> > > > > > > > > > > > membebani keramahan madzab besar ini. Mungkin
> inilah
> > > > yang
> > > > > > > > > > mendesak
> > > > > > > > > > > > seorang seperti Gus dur dan kolega2 beliau
> dalam
> > > > tubuh NU
> > > > > > > > untuk
> > > > > > > > > > > > senantiasa menjaga jarak dan membatasi diri
> dengan
> > > > > > gerakan
> > > > > > > > Aneh
> > > > > > > > > > yang
> > > > > > > > > > > > dimotori oleh anak-anak asuhan Muhammad ibn
> abdul
> > > > Wahab
> > > > > > ini.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Masih segar dalam ingatan kita betapa sebuah
> ledakan
> > > > > > dahsyat
> > > > > > > > > > telah
> > > > > > > > > > > > meluluh lantakkan sebuah tempat hiburan di Bali
> dan
> > > > > > > > menyisakan
> > > > > > > > > > > > bangkai-bangkai manusia tak berdosa yang
> > > > bergelimpangan
> > > > > > > > > > disembarang
> > > > > > > > > > > > tempat, tak ayal adalah aksi terorisme yang
> dilakukan
> > > > > > oleh
> > > > > > > > > > sekelompok
> > > > > > > > > > > > manusia dungu yang berafiliasi dan memiliki
> kemiripan
> > > > > > dengan
> > > > > > > > > > faham
> > > > > > > > > > > > ekstrim wahabisme. lalu siapa yang ketiban
> > > > > > sial......masih
> > > > > > > > > > banyak,
> > > > > > > > > > > > banyak dan banyak sekali sejumlah keanehan yang
> bisa
> > > > > > ditemui
> > > > > > > > pada
> > > > > > > > > > > > keyakinan wahabisme ini. belum lagi jika kita
> > > > telusuri
> > > > > > kredo
> > > > > > > > dan
> > > > > > > > > > > > sistem theology sekte sial ini, anda akan
> temuai
> > > > sebuah
> > > > > > hantu
> > > > > > > > > > yang
> > > > > > > > > > > > berkedok manusia agamis.
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > > Ayyaz
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > > >
> > > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> >
>
__________________________________________________________
> > ____
> > > Looking for last minute shopping deals?
> > > Find them fast with Yahoo! Search.
> > > http://tools.search.yahoo.com/newsearch/
> category.php?category=shopping
> >
>
>
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

.

__,_._,___

Re: [beasiswa] [NEED INFO] TOEFL, Bahasa Jerman dan Belanda di Semarang

Berdasar pengalaman saya,tes TOEFL institusional yang diakui (misalnya oleh NEC-Netherlands Education Center) di Semarang tuch di CLT Jl Menteri Supeno (milik UNIKA SOEGIJAPRANATA).Kalo gak salah di universitas ini juga ada les bahasa Belanda,coba aja kontak ke kampusnya 8441555 (hunting).

Good luck,
RIANA

Hye Seong <hyemania@gmail.com> wrote: Les bahasa Jerman seh cuma ada di Jakarta dan Bandung.
Dulu ada di Surabaya, tapi katanya udah ditutup.
Itu tu di Goethe Institut.

Klu yang private seh mungkin ada aja ya...

hye

2008/2/20 Jhon Purba <Jhn_prb@yahoo.com>:

> Dear teman,
>
> Adakah yang bisa membantu saya dengan memberikan siapa, tempat, dan nomor
> kontak untuk:
> (1). TOEFL Test (Institutional, yang diakui)
> (2). Les Bahasa Jerman
> (3). Les Bahasa Belanda
>
> di Kota Semarang?
>
> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih :)
> Salam Sehat!
>
> ~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~
> @}-^--,---------
> Best Regards,
> JHON PURBA
> Indonesia
> !MakePOVERTYhistory!
> ~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~+~


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Membership Information at MyFreePaysite.com

This e-mail has been sent to you because you have just requested your login information at MyFreePaysite.com, having certified under penalty of perjury that you are over 18 years of age and having agreed to our terms and conditions.



Thanks for being a member of MyFreePaysite.com!

Here is your login information:
USERNAME: almubdi@gmail.com
PASSWORD: sinterklaas

CLICK HERE TO LOGIN or copy and paste the URL below:
http://www.myfreepaysite.com/members/

Please save your username and password, and print this e-mail for your records. When logging in to the members area, please make sure to enter your username and password EXACTLY as they appear above. Once logged in, you will be able to change your password to something easier to remember. You are now a full member of MyFreePaysite.com and we are delighted to have you!

ENTER THE MEMBERS AREA NOW



Now that you are a member...

If you still haven't had a chance, you should complete your FREE REGISTRATION FORM with our content provider iFriends. This will serve to prove that you are over the age of 18 and will allow you to get access to thousands of live cameras and videos in our members area absolutely free. Fill out a simple form and you're all set!

CLICK HERE TO REGISTER FREE WITH IFRIENDS

If you've already registered with iFriends, use the membership information at the top of this e-mail to Enter MyFreePaysite.com and enjoy your free lifetime membership!



Thanks and enjoy! - MyFreePaysite.com Team
E-Mail Us with any questions or comments.

You may at any time delete your membership and you'll never hear from us again.  
Our physical address is: Cybertania, Inc. P.O. Box 465, Glenview, IL 60025 USA.

[beasiswa] Re: Beasiswa DIKTI untuk ke jepang

Ada teman yang mendapat beasiswa Dikti ini, minta untuk terima
beasiswa mulai Februari 2008 krn harus ujian masuk awal februari tapi
tidak bisa dan tetap april. Akhirnya dia datang dgn biaya sendiri ke
Jepang utk tes masuk. Kebetulan di lab tsb tidak ada fee lain utk
ujian masuk, alhamdulillah diterima dan dia sekarang balik ke
Indonesia utk datang lagi april nanti.

Saya kira ini sudah lebih baik dan akan terus berupaya lebih baik
meningkatkan keprofesionalan Dikti.


salam,

--- In beasiswa@yahoogroups.com, "aditya rk" <aditya.rk@...> wrote:
>
> Dear all,
>
> Saya bukan pencari beasiswa DIKTI, tp saya kebagian ditanyain sama
sensei
> saya yg diminta rekomendasinya oleh pelamar beasiswa DIKTI ini.
>
> Pertanyaan Prof saya adalah:
> 1. Siapa yg mencover entrance fee examination (30rb yen/2.5 jt) and
> admission fee( 282rb yen/24 jt) (bukan tuition fee loh) ? Apakah ini
sama
> dgn application cost.
> 2. Untuk studi dibulan october, harus mengikuti ujian tes masuk doctor
> sekitar bulan July atau August. Ujian ini adalah ujian dari pihak
> Universitas walaupun yg bersangkutan sudah/akan mendapatkan beasiswa
dari
> pihak manapun (kecuali Mombukagakusho), ujian ini tetap
dilaksanakan. Apakah
> DIKTI mengetahui prosedur ini? Dan bagaimana DIKTI menyelesaikannya.
> Contoh: klo penerima beasiswa JICA and (sebagian)Panasonic, mereka
dateng ke
> jepang untuk tes masuk, sebelum memulai studi. Apakah ini dicover juga?
>
> Klo urusan kyak gini (terutama beasiswa pemerintah) harus ditanya
> detail2nya. Kasian klo penerimanya udah kesini, tapi kerjaannya hanya
> ngurusin birokrasi yg ga jelas, nanti risetnya malah terbengkalai.
>
> Mudah2an DIKTI and pemerintah bisa profesional lah nyurusin ginian.
>
> Terima kasih atas bantuannya
> ¤è¤í¤·¤¯¤ª´ê¤¤¤·¤Þ¤¹¡£
> regards,
> -r/K-
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Membership Information at MyFreePaysite.com

Ringkasan ini tidak tersedia. Harap klik di sini untuk melihat postingan.

[psikologi_transformatif] ILHAM, INSPIRASI, DAN IMAJINASI (oleh Ciu Cahyono)

ILHAM, INSPIRASI, DAN IMAJINASI

Banyak orang mendefinisikan ilham dan juga inspirasi. Sebagian orang menyebut ilham sebagai inspirasi, sebagian yang lain membedakannya. Baiklah, kita tak perlu memperdebatkannya. Sekarang kita buat saja suatu penyederhanaan seperti di bawah ini.

Ilham adalah sesuatu hal. Sesuatu hal itu bisa berupa benda, kejadian,  kenyataan, pengetahuan, maupun pengalaman, dan masih banyak lagi jika kita mau menyebutkan. Terlalu sederhana? Tunggu dulu. Masih ada kelanjutannya. Contohnya begini: Topi adalah benda. Bagi semua orang topi adalah penutup kepala / rambut. Namun bagi seorang pengarang, topi ini bisa menggugah batin dan pikirannya untuk membuat sebuah cerita. Topi bagi pengarang bisa berarti kehormatan; sebagai barang yang selalu diperebutkan raja-raja (mahkota). Nah, peristiwa tergugahnya batin dan pikiran pengarang ini kita sebut sebagai inspirasi. Sementara topi yang telah menggugah batin dan pikiran pengarang itu kita sebut sebagai ilham.

Dengan begitu, ilham adalah sesuatu hal yang diamati pengarang dengan sisi pandang yang berbeda. Hujan, pohon cemara, awan, kelaparan, pembunuhan, pesta, cinta, marah… bisa menjadi ilham bagi seorang pengarang, bisa membuat seorang pengarang dalam kondisi ter-inspirasi.

Lantas apa itu imajinasi? Imajinasi adalah sesuatu yang bersifat khayali atau tidak nyata yang terbentuk dalam pikiran manusia. Imajinasi ini adalah suatu daya, suatu kekuatan yang dimiliki manusia. Bisa berupa lamunan, angan-angan, pengandaian, keinginan, dan bahkan cita-cita pun termasuk ke dalam imajinasi. Imajinasi ini amat dekat hubungannya dengan ilham dan inspirasi. Ketiganya saling mendukung.

Imajinasi kita bedakan jadi dua macam:

[1]. Imajinasi-realitas. Adalah imajinasi yang masih 'mem-bumi', masuk akal, dan berpotensi menjadi kenyataan. Contoh: Kita duduk bersandar pada batang pohon besar. Lalu kita membayangkan seandainya dahan pohon besar di atas kita patah dan menimpa kepala kita. Meskipun bertahun-tahun sudah kita duduk di bawah pohon itu dan tak pernah tertimpa dahannya, namun patahnya dahan pohon adalah wajar; mungkin karena angin, atau karena dahan sudah lapuk.

[2]. Imajinasi-fantasi. Adalah imajinasi yang 'meng-awan', tak masuk akal, dan tak berpotensi menjadi kenyataan. Contoh: Kita duduk bersandar pada batang pohon besar. Lalu kita membayangkan seandainya batang pohon tempat punggung kita bersandar tiba-tiba menghilang entah kemana, dan kita terjengkang karenanya.

Kedua macam imajinasi di atas bisa kita gunakan untuk mengarang cerita. Jika kita jeli menghadapi ilham, tak menolak inspirasi, pintar merangkai cerita, dan mahir menggunakan bahasa, maka sebuah cerita yang menarik dan mengesankan tentu dapat kita lahirkan.

TEMA, PLOT, ALUR, DAN ADEGAN

Tema adalah ide dasar suatu karangan. Tema ini muncul bersamaan dengan inspirasi. Sadar atau tidak sadar, pengarang telah memiliki 'tema' sejak batin dan pikirannya dikuasai ilham. Misalnya begini: ketika sebuah topi menjadi ilham bagi pengarang, pada saat itu juga dalam batin dan pikiran pengarang tergugah untuk mengarang cerita tentang topi yang menjadi simbol kehormatan dan harga diri bagi seseorang. Nah, topi sebagai simbol kehormatan inilah yang menjadi tema bagi karangan tersebut.

Kemudian, bagaimana peran imajinasi terhadap 'ilham' dan 'inspirasi' serta 'tema'? Sebetulnya, ketika pengarang sampai pada kesimpulan bahwa topi menjadi simbol kehormatan ia sudah ber-imajinasi. Tetapi imajinasi yang paling awal. Dan pengarang tak mungkin bisa mengarang cerita bila hanya sampai pada imajinasi awal tadi.

Maka langkah selanjutnya adalah pengarang meng-otak-atik imajinasi awal tadi. Pengarang harus terus mencari segala kemungkinan tentang topi sebagai simbol kehormatan. Tentu saja, kemungkinan-kemungkinan itu berupa jalan cerita. Setelah melewati banyak pertimbangan, dari beberapa kemungkinan yang muncul, pengarang akhirnya memutuskan memilih sebuah jalan cerita yang sesuai dengan tema.

Contoh: Dua orang lelaki muda bertengkar. Arma dan Rama. Arma duduk di sudut meja, menahan marah. Topi ia lepas dari kepala, dan ditaruh di atas meja, di samping asbak. Arma mengelap dahinya yang berkeringat. Terus mencoba bersabar. Rama yang sengaja memancing amarah Arma jadi makin tak sabar. Ia menyambar topi Arma, membanting ke lantai, dan menginjak-injak topi. Pada saat itulah Arma dengan geram melemparkan asbak.

Contoh di atas sudah sesuai dengan tema, tapi belum bisa dikatakan sebagai jalan cerita yang utuh. Contoh di atas disebut dasar plot. Maka, pengarang harus mengembangkannya menjadi plot; jalan cerita yang utuh dan sesuai dengan tema. Dalam 'Mengarang (Teknik Awal)' ini kita coba kupas-bahas plot dalam artian main-plot, atau plot utama. Sementara sub-plot atau plot tambahan akan kita temukan pada 'Mengarang (Teknik Lanjutan)'.

Membicarakan plot tentu tak bisa menanggalkan apa yang kita sebut sebagai alur. Plot tidak ada dalam wilayah teknik. Seperti halnya tema, plot itu lebih pada jiwa atau isi karangan fiksi dengan bentuk sebagai kejadian-kejadian yang ada dalam karangan fiksi. Sementara alur berada pada wilayah teknik mengarang. Tapi pada proses selanjutnya, dalam karang-mengarang, hal-hal teknis selalu bercampur-ramu dengan non teknis.

Pembahasan untuk bagian-bagian plot ada dalam bab ini, sementara untuk pembahasan gaya plot ada pada bab GAYA.

Plot yang paling sederhana adalah:

[1]. Prolog.

[2]. Klimaks.

[3]. Epilog.

Tak sedikit pengarang yang mulai mengerjakan karangannya justru dari bagian tengah, yakni ketika cerita mencapai klimaks; ketika cerita mencapai pokok persoalannya, ketika tokoh-tokoh di dalamnya terlibat konflik. Mengapa demikian? Karena banyak pula pengarang yang mendapat ilham cerita dari sebuah kejadian. Setelah menyelesaikan klimaks, pengarang baru memulai menggarap bagian prolog: asal mula atau benih-benih konflik (klimaks), dan mengerjakan bagian akhir karangan, yakni epilog: berakhirnya jalan cerita oleh sebab berakhirnya klimaks.

Akan tetapi, meskipun pengerjaannya terpisah, umumnya pengarang sudah membayangkan dasar plot dari awal hingga akhir cerita. Karena sebuah karangan itu ibarat rangkaian gerbong kereta api. Adalah susunan sebab-akibat, yang satu dengan yang lainnya tak bisa dipisahkan.

Lantas, apakah susunan sebab-akibat itu mesti diceritakan runtut dari awal hingga akhir? Tidak mesti begitu. Untuk tujuan-tujuan tertentu pengarang menempatkan bagian klimaks justru di bagian pertama dalam karangannya, lalu menyusul bagian prolog, barulah epilog sebagai penutup. Banyak juga pengarang yang tiba-tiba memulai karangan pada bagian epilog, lalu klimaks, dan ditutup oleh bagian prolog. Semua itu memiliki tujuan-tujuan tertentu

Penempatan atau penyusunan bagian-bagian dari karangan yang berupa prolog-klimaks-epilog itu disebut teknik alur. Disebut teknik alur karena ini berhubungan dengan cara pengarang menyajikan "rentetan cerita yang kemudian menjadi lengkap-memanjang" pada pembaca.

Pembicaraan tentang alur ini sejatinya lebih condong pada teknik dalam mengarang. Dalam karang-mengarang, kita mengenal beberapa macam (teknik) alur:

[1]. Alur maju; berupa penempatan prolog-klimaks-epilog.

[2]. Alur mundur; berupa penempatan epilog-klimaks-prolog.

[3]. Alur campuran dari alur maju dan alur mundur; berupa penempatan klimaks-prolog-epilog, prolog-epilog-klimaks, dst.

[4]. Alur insert; berupa alur maju atau alur mundur atau alur campuran yang pada tiap bagian mendapat sisipan sebuah atau lebih potongan dari prolog, klimaks, atau epilog.

Dari tiga bagian susunan plot tersebut, baik prolog, klimaks, ataupun epilog terdiri dari bagian-bagian atau potongan-potongan yang lebih kecil lagi. Kita menyebutnya sebagai adegan. Istilah adegan sering kita dengar dalam dunia film atau drama panggung. Tetapi istilah ini pun dapat kita gunakan pada dunia karangan fiksi karena sifat dan hakikatnya yang sama.

Adegan adalah kejadian dalam karangan fiksi yang didalamnya terdapat laku dan atau tutur dari tokoh-tokoh cerita, yang terbingkai dalam satu seting waktu dan seting tempat.

Dalam dunia karang-mengarang fiksi, segala kemungkinan bisa terjadi. Sebuah klimaks bisa saja hanya terdiri dari satu adegan, tapi bisa pula terdiri dari puluhan adegan. Contoh dasar plot di atas tadi menunjukkan pada kita bahwa bagian klimaks hanya terdiri dari satu adegan.

TOKOH CERITA, KARAKTER,

DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONFLIK

Tokoh cerita adalah seluruh pelaku yang ada dalam karangan fiksi. Tokoh ini bisa berupa manusia, binatang, atau bahkan benda-benda. Untuk bisa disebut tokoh cerita / pelaku, manusia atau benda-benda dalam karangan fiksi haruslah terlibat secara langsung dengan cerita.

Contoh : Monday, kucing yang tengah bunting itu, nangkring di atas kursi rotan teras rumah Nyonya Rara. Matanya berkedip-kedip, terarah pada anak-anak sekolah yang berjalan tergesa di seberang jalan. Sejurus kemudian Monday turun dari kursi rotan, berjalan pelan hingga dua kaki depannya menginjak rumput halaman, saat di depan pintu pagar Nyonya Rara menyorong teralis besi itu. Bersamaan dengan suara besi menggesek tembok pagar, Nyonya Rara menyapa: "Monday, bagaimana kabar calon anakmu?"

Contoh di atas merupakan penggalan dari sebuah cerita, kita beri saja judul 'Anak-Anak Monday'. Jika dilihat dari penggalan itu kita bisa menentukan mana yang tokoh cerita dan yang bukan. Monday dan Nyonya Rara menjadi tokoh cerita, sementara anak-anak sekolah bukanlah tokoh cerita.

Dalam sebuah karangan fiksi, tokoh-tokoh cerita atau pelaku harus memiliki karakter yang jelas dan logis. Karakter adalah sifat dasar yang dimiliki oleh tokoh dalam cerita atau pelaku. Karakter-karakter dari tokoh-tokoh cerita inilah yang nantinya akan mendorong munculnya konflik. Dalam karangan fiksi kita mengenal tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis mewakili karakter tokoh yang baik, sementara tokoh antagonis mewakili karakter tokoh yang jahat.

Di awal-awal sejarah kesusastraan modern Indonesia, dalam karangannya di masa itu pengarang selalu membuat tokoh protagonis berhadapan dengan tokoh antagonis. Tokoh protagonis ini bisa memiliki karakter super-putih, tak ada cela dan cacat sedikit pun. Begitu juga dengan tokoh antagonisnya; pengarang masa itu menggambarkannya sebagai tokoh yang super-hitam, bahkan tak hanya sifat dan kelakuannya tapi juga dari sisi fisiknya.

Di masa kesusastraan mutakhir kini, model karangan yang 'hitam-putih' tersebut lenyap. Karena tak ada seorang pun yang tak memiliki cacat, dan ada sisi gelap dalam hidup seseorang yang baik. Begitu pula sebaliknya.

Salah satu hal yang mendorong munculnya konflik adalah perbedaan karakter. Tetapi perbedaan karakter ini hanya sebatas pendorong munculnya konflik. Dalam kehidupan nyata terdapat beragam karakter tapi toh tidak selalu melahirkan konflik. Perbedaan karakter itu baru bisa melahirkan konflik jika tokoh cerita satu dengan tokoh lainnya terdapat pertentangan kepentingan, pertentangan kemauan, pertentangan harapan, pertentangan sikap, dll.

Karena dalam sebuah karangan fiksi berisi banyak tokoh dengan bermacam-ragam karakter, maka pengarang harus dapat membuat sebuah identifikasi tokoh cerita yang detil. Identifikasi tokoh cerita yang detil ini akan memudahkan pembaca dalam menelusuri cerita dalam karangan. Identifikasi tokoh cerita beserta karakternya berupa:

[1]. Nama : Ini yang paling umum dan pertama ditempuh pengarang dalam memberi identifikasi tokoh cerita.

[2]. Ciri visual dan suara : Pengarang mengidentifikasikan tokoh ceritanya melalui citra visual dan suara yang berupa bentuk tubuhnya, jenis suaranya, dst.

[3]. Ciri sikap : Ciri ini menunjuk pada karakter. Ciri ini meliputi respon-respon tokoh terhadap tokoh lain, keinginan, cita-cita, dst.

[4]. Ciri laku dan cakap : Pengarang dalam menggambarkan identitas tokoh cerita beserta karakternya dapat menggunakan citra laku dan cakap. Misalnya, seorang yang pemberani biasanya berjalan dengan muka menatap ke lurus ke depan, dengan pancaran mata yang tak ragu-ragu. Atau melukiskan tokoh cerita yang tak sopan dengan menunjukkan kebiasaan si tokoh berbicara dengan teriak dan tawa ngakak.

Sedangkan cara ungkap identifikasi tersebut bisa dilakukan pengarang dengan :

[1]. Langsung; yakni menuliskan bahwa si tokoh adalah seorang penyabar, pemberani, dst.

[2]. Tidak langsung; yakni melalui (komentar) tokoh lain bahwa si tokoh seorang tak sopan, pemalu, dst.

SETTING WAKTU, SETTING TEMPAT,

DAN MENGGABUNGKAN KEDUANYA.

Sebuah kejadian selalu ada dalam bingkai waktu dan tempat. Begitu juga dengan cerita dalam karangan fiksi. Penanda waktu dan tempat dalam karangan fiksi dikenal dengan istilah 'setting waktu' dan 'setting tempat'.

Dalam menjelaskan 'kapan terjadinya cerita' pengarang bisa langsung menyebut 'setting waktu'.

Contoh :  Minggu pagi aku bertemu dengannya. Tak seperti dua hari sebelumnya,  Jumat sore, ia melemparkan senyum padaku. Sebentuk senyum yang belum pernah kulihat selama hidupku; seulas senyum yang amat indah.

Dalam mengungkapkan penanda waktu, pengarang pun bisa secara tidak langsung. Misalnya dengan frasa: debu beterbangan. "debu beterbangan" menjadi petunjuk bahwa cerita terjadi pada saat kemarau. Atau bisa pula dengan kalimat: hujan tak mau henti sejak tadi pagi. Ini artinya cerita terjadi pada saat musim penghujan.

Pengarang tak hanya berkesempatan mengungkapkan satu 'setting waktu' tapi bisa juga mengungkapkan dua 'setting waktu' sekaligus dalam satu kalimat.

Contoh 1 : Ini adalah kejadian memalukan yang kudapatkan di hari pertama masuk kelas. ('hari pertama masuk kelas' bisa berarti 'hari senin').

Contoh 2 : Sewaktu lapar kau tak suka tertawa seperti ini. ('kalau lapar tak suka tertawa' menunjuk pada waktu lain. Sementara 'tertawa seperti ini' menunjukkan bahwa kau saat ini sedang tertawa).

Sama halnya dengan cara ungkap 'setting waktu', setting tempat bisa ditunjukkan secara langsung dan tak langsung. Cara ungkap secara langsung bisa dilakukan dengan menyebut tempat, menyebut nama kota, dst. Sementara cara ungkap yang tak langsung bisa dengan menyebut julukan tempat, simbol-simbol kota, dst.

Contoh 1 :  Pinggiran jalan kota Solo ramai oleh pedagang kaki lama.

Contoh 2 : Aku duduk terkantuk di kursi panjang dari besi yang catnya mengelupas, sementara hirukpikuk kendaraan tak juga reda di depanku. ('kursi panjang dari besi' yang ada di tepi jalan ramai menunjukkan pada pembaca bahwa "aku" tengah berada di halte).

Umumnya, pengarang membuat sebuah paragraf berisi kalimat-kalimat yang hanya menunjukkan 'setting waktu' atau 'setting tempat' saja. Padahal, pengarang pun dapat menggabungkan 'setting tempat' dan 'setting waktu' bahkan dalam satu kalimat pendek.

Contoh :    Kota bengawan bangkit dari tidur. ('kota bengawan' menunjuk pada kota Solo, sementara 'bangkit dari tidur' artinya pagi hari. Kalimat ini bisa menjadi awal untuk menuliskan geliat kota Solo di kala pagi).

GAYA

Jika bab-bab sebelumnya membahas hal-hal mengenai teknik mengarang (daya, alur, dst) dan juga jiwa atau isi dalam karangan (tema, plot, dst), maka pada bab ini kita coba kupas masalah 'gaya' dalam karangan fiksi.

Beberapa hal yang kita sebut setelah ini masuk dalam lingkup 'gaya' karena hal-hal ini lebih pada pilihan pengarang. Yakni:

[1]. Gaya pandang penceritaan.

Secara umum dalam dunia karang-mengarang fiksi pengarang dihadapkan pada dua pilihan gaya pandang penceritaan: 'gaya aku', dan 'gaya narator'. Karangan yang menggunakan 'gaya aku' tokoh utamanya atau menjadi pencerita. Tokoh sampingan bisa pula menjadi pencerita bagi tokoh utama.

Jika menggunakan gaya ini, secara logis, pengarang hanya dapat menceritakan kejadian-kejadian yang langsung dialami tokoh pencerita, atau yang ia dengar dari tokoh lainnya. Sementara pada 'gaya narator', pengarang bertindak sebagai pencerita yang mutlak mengetahui segala kejadian yang dialami tiap tokoh dalam karangan fiksi.

[2]. Gaya plot.

Secara sederhana, ada dua macam 'gaya plot'. Dua gaya ini diletakkan di bagian akhir dalam karangan fiksi. Yakni: 'gaya plot buntu', dan 'gaya plot tak buntu'. Karangan fiksi yang menggunakan 'gaya plot buntu' tak memberi kesempatan bagi pembaca membayangkan kemungkinan-kemungkinan cerita selanjutnya setelah karangan fiksi selesai. Sedangkan 'gaya plot tak buntu' memberi kesempatan bagi pembaca untuk membayangkan cerita selanjutnya setelah karangan fiksi selesai.

[3]. Gaya tempo cerita.

Tempo cerita menjadi pilihan bagi pengarang. Cepat atau lambatnya jalan cerita disesuaikan dengan jiwa karangan sendiri, dan juga karakter tokoh-tokoh di dalamnya, serta persepsi estetika pengarang. Misalnya, menceritakan orang-orang kota dengan seribu kesibukannya tentu akan lebih pas jika menggunakan tempo cerita yang cepat, dst.

[4]. Gaya bahasa.

Bahasa menjadi sangat penting untuk diperhatikan pengarang. Karena bahasa-lah yang menjadi jembatan komunikasi pengarang dan pembaca agar isi karangan dan segala maksud pengarang bisa sampai pada pembaca. Gaya ini pun menjadi pilihan bagi pengarang; apakah ingin menggunakan gaya puitika, gaya realis klasik, dst.

[5]. Gaya aliran.

Aliran dalam karangan fiksi secara garis-besar terbagi dalam: aliran realis, aliran surealis, aliran absurd, dan aliran baru (nouveau roman). Bab-bab dalam artikel 'Mengarang (Teknik Awal)' ini dimaksudkan untuk teknik mengarang aliran realis. Aliran surealis, aliran absurd, dan aliran baru akan dibahas dalam artikel 'Mengarang (Teknik Lanjutan)'.

DAYA FIKSI, KESAN PEMBACA,

DAN PENGARUH FIKSI TERHADAP PEMBACA.

Sebuah karangan fiksi harus memiliki daya. Agar dalam batin dan pikiran pembaca terbentuk kesan-kesan tertentu. Kesan-kesan itu mungkin bisa sangat samar, atau sebaliknya. Bisa sangat lama tinggal berada dalam hati dan kepala pembaca, atau sebaliknya. Tapi yang pasti, kesan-kesan itulah yang akan mempengaruhi pembaca.

Daya fiksi membuat pembaca ingin melanjutkan membaca karangan sejak paragraf pertama, bahkan seusai kalimat pertama selesai dibaca. Daya ini pula yang nantinya dapat membuat pembaca memiliki kesan-kesan tertentu, baik setelah fiksi berakhir pun di saat fiksi belum sampai pada ending. Kesan-kesan pembaca terhadap karangan bisa berupa tercapainya rasa: gembira-riang, sedih-tragis, trenyuh, terinspirasi, takut-horor, atau bisa juga deg-degan selama pembaca menikmati karangan, dst.

Daya yang harus dipenuhi pengarang dalam fiksi adalah: [1]. Daya pikat, [2]. Daya rangsang, [3]. Daya tanya, [4]. Daya libat, [5]. Daya kejut. [6]. Daya guna.

Idealnya, sebuah karangan fiksi memiliki 6 (enam) daya tersebut. Meskipun memang banyak karangan fiksi yang diakui sebagai karya bagus tidak memiliki keenam daya sekaligus. Ini adalah pilihan dari pengarang. Ini adalah seberapa piawainya pengarang membuat cerita yang sederhana menjadi sebuah cerita yang menarik. Beberapa contoh tentang penggunaan daya fiksi bisa kita bicarakan pada sesi pembahasan.

Sekarang coba kita kupas keenam daya fiksi. Penomoran daya di bawah ini tidak untuk menunjukkan urutan pemakaian daya dalam sebuah karangan fiksi.

[1]. Daya pikat.

Pertama kali yang dibaca pembaca adalah judul. Dalam sebuah karangan fiksi, judul memiliki kekuatan tersendiri. Untuk itu, pengarang mesti pandai dan jeli membuat judul. Judul haruslah relevan (sesuai dengan isi fiksi), provokatif, mudah diingat, dan mengajak orang mengira-ira seberapa bagus isi fiksi.

Contoh: Kening Seorang Pelacur. Ini adalah pilihan judul yang menarik, jika dibanding dengan Kening, meskipun judul Kening relevan pula dengan isi fiksinya. Pilihan judul yang pertama akan membuat pembaca bertanya "ada apa dengan kening seorang pelacur?" atau "apakah kening pelacur dalam cerita ini beda dengan kening pelacur lainnya?" atau "apa beda kening seorang pelacur dengan kening seorang pelajar?". Sementara pilihan judul yang kedua kurang memberi kesempatan pada pembaca untuk menebak-nebak.

[2]. Daya rangsang.

Pengarang harus pandai mengkondisikan pembaca untuk tetap membaca. Ini mesti dilakukan pengarang sejak paragraf pertama, bahkan sejak kalimat awal. Daya ini erat sekali dengan imajinasi yang terbentuk dalam kepala pembaca setelah judul dan bagian pertama karangan fiksi dibaca.

Ada banyak cara pengarang merangsang imajinasi pembaca di bagian pertama karangan fiksi. Misalnya, dengan melukiskan dulu seting tempat cerita yang unik.

Contoh: Pintu rumah tua yang diapit dua jendela itu seperti susunan hidung dan mata. Hidung dan mata milik seorang lelaki tua yang menyeramkan. Dinding di sekitar pintu dan jendela tampak mengelupas, ada sayatan-sayatan tegas di sana. Seperti keriput di wajah pemilik rumah. Jika malam tiba, dan lampu menerobos korden jendela, dua jendela itu seperti tengah memelototi siapapun yang lewat di depan rumah…

Selain itu, pengarang bisa pula menggabungkan daya rangsang ini dengan penggunaan plot. Itu artinya, di bagian pertama karangan fiksi, pengarang tiba-tiba menempatkan sebuah kejadian, atau akhir kejadian yang heboh.

Contoh: "Kau membunuh pengemis itu?!"

[3]. Daya tanya.

Daya ini bisa diusahakan atau diletakkan oleh pengarang di bagian mana saja dari karangan fiksi, agar pembaca ingin terus membaca dan mencari jawaban dari teka-teki cerita. Cerita-cerita detektif seringkali menggunakan daya ini di hampir semua bagian cerita, dari awal hingga menjelang akhir cerita.

[4]. Daya libat.

Daya ini digunakan pengarang untuk membuat pembaca hanyut ke dalam cerita; seolah-olah pembaca menjadi tokoh cerita dan terlibat dalam kejadian-kejadian yang dialami tokoh cerita. Daya ini digunakan pengarang untuk membuat pembaca dalam kondisi: ber-simpati, ber-antipati, ataupun ber-empati.

[5]. Daya kejut.

Pengarang menggunakan daya ini agar pembaca memberi kesan-kesan tertentu yang lebih nyata. Misalnya, dengan menguasai daya kejut, pengarang bisa membelokkan jalan cerita dengan logis. Daya kejut ini bisa berdampak macam-macam kepada pembaca. Ada pembaca yang merasa tersentak, merasa tebakannya keliru, karena jalan cerita dalam karangan fiksi yang dibaca ternyata beda dengan jalan cerita yang dibayangkan. Jadi, tak aneh bila ada pembaca yang setelah membaca karangan fiksi berteriak: "Walah, ternyata begini!", atau "Malahan dia yang membunuh?!".

Daya ini pun bisa menimbulkan respon pembaca yang nyata dalam artian fisik. Misalkan pada cerita-cerita horor. Seringkali cerita horor membuat bulu kuduk pembaca berdiri, merasa tercekam, dst.

[6]. Daya guna.

Karangan fiksi bisa menjadi sebuah ajakan, bisa membuat pembaca memiliki pemahaman baru yang lebih baik tentang sesuatu. Dan bisa pula menjadi obat, karena banyak orang yang putus-asa menjadi 'bangkit' kembali setelah membaca karangan fiksi. Ini suatu misal.

Bagaimanapun, pengarang harus menyadari kegunaan dari karangan yang ditulisnya, bagi pembaca. Daya guna ini muncul bersamaan dengan munculnya ide atau gagasan cerita dalam kepala pengarang.

Sebagai contoh mudahnya, jika menulis kisah tentang penderitaan para pengungsi korban bencana alam, pengarang hendaknya tak hanya mengarang fiksi yang membuat pembaca menangis dan sedih. Lebih dari itu, dengan karangannya, pengarang hendaknya bisa menggerakkan hati pembaca untuk turut meringankan penderitaan pengungsi.

KONSEKWENSI LOGIS DALAM KARANGAN FIKSI

Sebuah karangan fiksi tak bisa lepas dari dunia luar. Tokoh-tokoh ceritanya tentu terlibat dan terpengaruh dengan keadaan sosial, dengan 'setting tempat', dengan 'setting waktu', dll. Cerita yang terjadi dalam karangan fiksi pun terpengaruh pula oleh 'setting tempat', oleh 'setting waktu', oleh kondisi psikologis tokoh-tokohnya, dll.

Ini adalah konsekwensi logis dalam karangan fiksi. Konsekwensi logis ini meliputi 'konsekwensi sosiologis', dan 'konsekwensi psikologis'. Misalnya, menjadi tak masuk akal bila seorang pengarang menceritakan pertemuan dua orang muda-mudi yang sama-sama lahir dan besar di Solo dan menuliskan percakapan mereka dengan menggunakan kata 'gue' (kata ganti aku) dan 'lu' (kata ganti kamu), meskipun saat bercakap keduanya ada di Jakarta.

Pengarang harus memiliki pengetahuan yang cukup, dan memiliki bahan-bahan yang lengkap untuk menuliskan sebuah karangan fiksi. Pengetahuan dan bahan-bahan inilah yang akan membuat karangan menjadi logis, dan bisa diterima oleh pembaca.

Untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut pengarang bisa melakukan observasi, mengamati secara langsung, atau mencari tahu dari buku.


TIPS-TIPS

Pengarang harus selalu jeli menghadapi segala hal yang ada di hadapannya. Selalu merenung. Selalu mengamati. Selalu mencoba berpikir dengan sisi pandang lain.

Pengarang yang bersedia mengingat kembali masa lalu ~sepahit apapun itu~ dan bersedia membayangkan masa depan ~sesuram apapun itu~ akan lebih berpotensi melahirkan karya-karya yang bagus.

Karangan fiksi yang bagus berisi tokoh-tokoh cerita dengan beragam karakter yang jelas (dan unik). Namun karena karangan fiksi adalah rentetan kejadian yang bermakna, maka hendaklah pengarang mampu memperkembangkan karakter tokoh-tokoh ceritanya dengan logis.

Karena karangan fiksi berupa rentetan kejadian / cerita yang tak lepas pula dari sebab-akibat dengan penggunaan daya-daya fiksi, maka hendaklah pengarang mendesain dasar plot agar nantinya karangan fiksi menjadi me-liku dan me-liuk.

Karangan fiksi yang bagus adalah karangan yang ketika kita membaca seolah-olah kita tengah mengikuti adegan demi adegan sebuah film yang ditembakkan ke layar, dan layar itu ada dalam kepala kita. Maka, hendaklah setiap adegan memiliki makna dan tak percuma, meskipun sekilas terlihat sebagai adegan yang sederhana.

Karena karangan fiksi memiliki bahan dasar imajinasi (khayali), maka hendaklah isi di dalamnya dibuat sedemikian me-liku dan me-liuk namun tetap logis, serta memanfaatkan keenam daya fiksi di atas.

Karangan fiksi ditulis untuk menimbulkan kesan-kesan tertentu dan memberi pengaruh baik pada pembaca. Agar kesan-kesan itu mengendap lama dalam batin dan pikiran pembaca, maka hendaklah pengarang membuat: judul yang memikat, isi yang mengikat, dan makna yang menjerat.

http://www.kampung.8m.net/

Disusun oleh Ciu Cahyono dengan melalui pengayaan sastra dan pengalaman proses kreatifnya serta mengikutsertakan metode-metode khusus sebagai pendukung penting. Sebagai bahan bahasan pada pertemuan Proses Penulisan Puisi dan Cerpen untuk SMP - SMU di Perpusda Blora, 2-3 Agustus 2006



http://herilatief.wordpress.com/


Looking for last minute shopping deals? Find them fast with Yahoo! Search.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Be a career mentor

for undergrads.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Best of Y! Groups

Discover groups

that are the best

of their class.

.

__,_._,___