Sabtu, 08 Desember 2007

[beasiswa] [info] pertukaran dosen dan dialog agama dan masyarakat di USA

Sebuah Dialog Agama dan Masyarakat
(Religion and Society Dialogue)

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Legacy International dan Center for Civic Education
Didanai oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat

Pendahuluan
Sebuah Dialog Agama dan Masyarakat (Religion and Society: A Dialogue) adalah sebuah program pertukaran yang dijalankan selama dua tahun yang ditujukan untuk cendikiawan muslim, alim ulama, dan tokoh masyarakat di Indonesia dan Amerika. Pada tahun pertama (2007), 14 orang dari Indonesia dan 6 orang dari Amerika akan, mengunjungi beberapa wilayah yang berbeda-beda di kedua negara, yang akan dipandu oleh universitas bergengsi dari masing-masing negara tersebut. Pada tahun kedua (2008), delegasi dari Indonesia sebanyak 12 orang dan dari Amerika 6 orang. Pertukaran ini akan mengundang partisipasi dari para profesional untuk lebih mendalami topik yang diberikan mengenai negara masing-masing; menciptakan suatu dialog tentang pendidikan dan praktek keagamaan (khususnya Islam) di kedua negara; mengkaji kesesuaian antara ajaran agama dengan nilai-nilai demokrasi sosial dan politik.

Tujuan
- Peserta dari Indonesia dapat meningkatkan pemahamannya mengenai posisi agama, kajian agama, khususnya Islam, di kehidupan Amerika.
- Sebagai forum bagi kedua negara untuk melatih dan mendiskusikan a) kesesuaian praktek keagamaan dengan nilai-nilai dan struktur dari demokrasi sosial dan politik, b) manfaat-manfaat yang timbul dari adanya perbedaan agama di masyarakat, c) kemampuan orang Islam untuk menerapkan ajaran agamanya di masyarakat yang berbeda budaya dan agama.
- Para tokoh pendidikan, agama, dan masyarakat di Amerika berusaha untuk memperluas pengetahuan mereka mengenai kebiasaan hidup, keragaman budaya, dan praktek-praktek keagamaan, serta lembaga-lembaga yang ada di Indonesia.
- Membuat hubungan yang baru dengan delegasi kedua negara beserta institusi yang mereka wakilkan akan memperat hubungan kerjasama dan dialog jangka panjang.
Dalam jangka waktu dua tahun, 26 orang peserta Indonesia dan 12 orang peserta Amerika akan mengunjungi negara masing-masing, yang akan dilakukan dalam dua tahap:

A. Tahap pertama: keberangkatan delegasi Indonesia ke Amerika pada bulan April 2007 dilanjutkan dengan kunjungan balasan delegasi Amerika ke Indonesia pada bulan Januari 2008.

B. Tahap kedua: delegasi Indonesia akan berangkat pada bulan April 2008. Lalu seperti tahap pertama delegasi Amerika akan datang ke Indonesia (waktu tentative).
Hubungan jangka panjang ini akan dilakukan melalui 12 lembaga pendidikan Indonesia dan 4 atau lebih lembaga penelitian Amerika dan universitas.

Persyaratan Calon Peserta Program:
1. memiliki gelar Master atau pasca sarjana teologi, filsafat agama, perbandingan agama, atau sedang melanjutkan program Doktor (S3) pada bidang ilmu tersebut di atas atau dengan latar belakang keilmuan di luar Islam namun menguasai dan mendalami Ilmu keislaman dan mampu untuk berdiskusi secara ilmiah.
2. pengajar di universitas atau Perguruan Tinggi
3. berusia antara 32 – 48 tahun
4. telah memiliki jam mengajar pada bidang studi keislaman minimal lima tahun, seorang tokoh masyarakat yang memiliki reputasi dan pandangan yang moderat dan tokoh agama yang dihormati
5. dapat berbicara secara efektif di depan umum
6. dapat mentoleransi perbedaan dan secara efektif menghadapi kritik atas suatu negara, agama dan atau kelompok etnis bila itu terjadi
7. dapat mengadakan suatu pertemuan, presentasi dan juga proyek berkelanjutan kepada rekan-rekan kerja yang lain
8. memiliki sebuah ketertarikan yang khusus pada suatu bidang kajian keislaman untuk dapat diaplikasikan setelah mengikuti kegiatan ini
9. sanggup menyediakan waktu dan perhatian untuk mengerjakan proyek lanjutan selama masa waktu yang ditentukan
10. delegasi mewakili keragaman suku dan agama
11. bisa berbahasa Inggris (lebih baik bila bisa berbahasa asing yang lain, mis. Bahasa Arab)
12. belum pernah ke Amerika

Program di Amerika Serikat
Organisasi-organisasi dibawah ini mewakili universitas-universitas yang memilki subyek kajian keislaman dan kajian Asia tenggara. Subyeknya juga berkaitan dengan perbandingan agama. Perwakilan dari organisasi profesional, Ulama Muslim dan tokoh masyarakat akan bergabung dalam kegiatan ini. Bersama dengan organisasi-organisasi di bawah ini Legacy mengatur kriteria para delegasi yang akan berangkat ke Indonesia:
- Universitas Princeton Jurusan Kajian Timur Dekat, Sejarah, dan Agama
- Universitas Temple: Jurusan Kajian Agama
- Universitas Indiana: Program Kajian Timur Tengah dan Islam, Bahasa-bahasa Timur Dekat
- Universitas Georgetown: Pusat kajian Muslim-Kristen
- Graduate Theological Union di Berkeley, CA
- Islamic Society of North America (ISNA)
- Council on American Islamic Relations (CAIR)
- All-Dulles Area Muslim Society (ADAMS Center)

Program di Indonesia
Setiap tahun para delegasi Amerika akan mengunjungi tempat-tempat di mana peserta Indonesia berasal. Tempat-tempat di Indonesia mewakili keragaman politik, sosial, ekonomi dan pengalaman pendidikan. Kunjungan ke Indonesia selama 15 hari dan akan termasuk juga pertemuan dengan staf keduataan dan Konsulat Amerika, dan presentasi dari tokoh agama Indonesia dan masyarakat. CCEI akan menyusun, setiap tahunnya, seminar di setiap tempat yang melibatkan sampai dengan 100 tokoh agama lokal dan masyarakat di mana para delegasi Amerika akan menyampaikan presentasi dan berpartisipasi di dalam workshop dan diskusi. Delegasi dari Amerika adalah Muslim dan Non-Muslim, yang mewakili lembaga masyarakat dan pendidikan yang telah membantu dalam memandu kegiatan-kegiatan program ini di Amerika. Sebelum meninggalkan Amerika para delegasi akan bekerjasama dengan CCEI dan staf dari kedutaan Amerika untuk menyiapkan topik dan pembahasan.

Publikasi Buku
Transkrip dari acara seminar, diskusi dan dialog yang dilakukan akan dikumpulkan menjadi sebuah buku dan dipublikasikan dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan Indonesia. Ini akan menjadi bagian dari hasil kegiatan. Buku ini akan didistribusikan kepada semua pembicara yang telah berpartisipasi, lembaga-lembaga, dan organisasi di kedua negara untuk koleksi perpustakaan. Lembaga-lembaga yang mendapat sponsor dari Departemen Luar Negeri Amerika, seperti American Corners dan LSM yang direkomendasikan oleh para peserta juga akan mendapat buku tersebut (lebih kurang 300 kopi).

Aktivitas Lanjutan
Program ini memfasilitasi hubungan secara personal dan kontak yang berkelanjutan dengan lembaga. Universitas dan lembaga akan mengeksplorasi kegiatan pertukaran mahasiswa, konsultasi pengembangan kurikulum, penelitian akademik dan dialog antar komunitas. Publikasi berupa buku tadi akan menjadi referensi di ruang kelas dan usaha untuk membangun sumber-sumber kepustakaan. Legacy dan CCEI akan memfasilitasi komunikasi berkelanjutan antar lembaga-lembaga di Amerika dan Indonesia, mengirimkan berita-berita pertukaran melalui website / milis yang mereka buat.

Lebih lanjut mengenai program ini serta penyelenggara program yaitu Center for Civic Education Indonesia dan Legacy International dan dapat dilihat di:
www.cce-indonesia.org
www.legacyintl.org


Hery Nugroho
Pemred Majalah Ma'arif NU Jateng/Alumni CLP USA
Jl. Dr. Cipto 180 Semarang


____________________________________________________________________________________
Be a better friend, newshound, and
know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.

http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8HDtDypao8Wcj9tAcJ


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: