Rabu, 23 Januari 2008

[psikologi_transformatif] Bertemu Lord Ganesha di dalam Vihara Buddhist

TENTANG MANTAN PRESIDEN SOEHARTO


Dear Friends, Kemarin sore saya menulis tentang mimpi
tentang Soeharto di malam sebelumnya, sbb:


+++

Aneh tapi nyata, malam tadi saya mimpi bertemu mantan
presiden Soeharto. Rasanya gak seperti mimpi, gituh,
so maybe itu OOBE (Out of Body Experience). Jadi, saya
merasa seperti berhadapan muka dengan Babe, dan Babe
kite itu kok kelihatannya sehat2 saja, gak sakit
gituh. Trus Babe ngoceh bahwa inilah Indonesia yang
diwariskannya. Memang seperti ini, dan itu yang
maksimum yang dia bisa lakukan.

Terus aku melihat bahwa di bagian dada Babe itu
seperti berderet-deret nama anak-anaknya. Terus aku
tanya bagaimana dengan segala sesuatu yang diributkan
dan sekarang atas nama anak2nya. Eh, Babe malah MARAH.
Bener2 marah, pokoknya galak deh. So, Babe kite bilang
bahwa anak2nya itu "Senior" bagi orang2 Indonesia
(Maksudnya "Senior" itu apa yah ?).

Terus Babe bilang, kalo mao, ya nyari sendiri2 aja,
dan gak usah ngutik2 apa yang udah dipegang sama
"Senior2" itu. Begitu yang aku lihat.

Ternyata gak sakit yah. Ternyata masih galak yah. Dan
yang diomongin oleh Babe itu ternyata cuma tentang
segala sesuatu yang dipegang oleh anak2nya itu. Babe
ternyata mao anak2nya itu dibiarin aja. Gak usah
dikutak-kutik gituh. Terus, kalo mao pake cara2 Babe
supaya bisa bikin orang jadi kayak anak2nya itu, ya
please jalan sendiri aja. Babe gak keberatan dengan
cara2 seperti itu.

Hmmm, mimpi yang GAMBLANG SEKALI. Belum pernah aku
mimpi ketemu Soeharto, apalagi ngomong face to face
dengan TOPIK SPESIFIK, yaitu tentang anak2nya.
Ternyata gak sakit yah, ternyata lagi fight buat bela
anak2nya. Just that.


+++

Seorang rekan mengomentari mimpi itu sbb:

ILMU BINATANG: Induk Semang Binatang (kendatipun
menyangkut Binatang yg terlemah. CONTOH: ambillah Ayam
Betina yg baru menetaskan telurnya) akan selalu
BERANGAS dan ATAU MENJADI SANGAT BUAS dan bahkan akan
Mempertaruhkan Jiwanya sendiri jika ada yg berani
mengancam Anak2nya atau jika Anak2 asuhannya terancam
dari bahaya. Dan Soehartopun tidak jauh dari......?
(itu).

+++

Dan berikut tanya jawab antara saya dan seorang rekan
lainnya di Palembang:

T = Met sore Mas Leo, bener niy ada mimpi soeharto
hehehe ?

J = Bener mas, ternyata GAK SAKIT tuh. Aku liat di
mimpi sehat2 saja tuh.

T = Hmm bisa gitu yah, cause di berita kan hampir
semua organ vital dah ga berfungsi gitu, cm otak yg
masih sehat berfungsi.. Mungkin Babe lg OOBE kali ya ?

J = Gak zelas tuh, aneh juga bisa face to face begitu.
Babe itu ngoceh tentang anak2nya. Dia mao anak2nya itu
dianggap "senior". Supaya dihormatin dan gak dikutak-
kutik. Ngomongnya cuma itu saja. Cuma minta anaknya
dianggap sesepuh dan dibiarkan, just that.

T = Hmm, saya merasa beliau itu masih bisa jalan2 via
OOBE gitu semacam rogo sukmo dsb. Bisa juga apa-apa
yang selama ini termasuk pembangunan yg pernah dia
lakukan di Indonesia jangan diganggu biarlah berjalan
sendiri, termasuk program2 utk rakyat yang
dicanangkannya spy dibiarin jalan terus; aku ngerasa
gitu, tp pengertian lainnya mkn spt yg mas sebutin
itu.

J = Ya itulah, aku sendiri GAK TERTARIK buat ngebahas
Soeharto. Aku gak minta, eh nongol sendiri. Close up
lagi. Dia itu seperti ngomong sendiri, ngomel2
sendiri.

T = Hmm jarang yg bisa spt itu..

J = Itu gak diminta mas, dateng sendiri. Belom pernah
Soeharto muncul di mimpi aku, apalagi close up dan
ngomel2 seperti itu. Maybe bener2 dia itu lagi
ngurusin anak2nya supaya aman2 aja. Yg diomongin BUKAN
tentang Indonesia, tapi tentang anak2nya. That's the
point.

+++++++++++++

ACARA SHARING / MEDITASI, 26 JANUARI 2008

T = Mas Leo, boleh tanya ya... saya pemula dalam hal
meditasi. Coba coba dengan mengkonsentrasikan di titik
antara 2 alis, mencoba "kosong", tapi kok yang ada
pikiran melayang layang kemana mana dan malah jadi
ngantuk. Gimana ya mas ?

J = Ya udah, kalo melayang, ya enjoy aja. Itu kan
meditasi di Cakra Mata Ketiga. Memang melayang, enjoy
aja.

T = Cepet banget ngantuk tapinya. Supaya bisa
konsentrasi penuh apa yang mesti saya lakukan ? Saya
coba melemaskan seluruh badan, rileks, eh yang ada
saya malah ketiduran.

J = Hmmm hmmm hmmm... supaya konsentrasi penuh, ya
SANTAI AJA. Gak usah maksain diri. Kalo ketiduran, ya
udah. Next time coba lagi. Begitu aja. Lama2 juga
bisa. Dan itu GAK lama. Paling sebulan juga udah
biasa. Yang penting gak usah tegang, gak usah maksain
diri. Apa adanya aja.

T = Ok, thx, sorry mau tanya lagi. Beberapa waktu lalu
saya bermimpi berturut turut tentang laut. Apa
maksudnya ya ?

J = Laut itu artinya ORANG BANYAK. Macam2 background.
Berarti pembelajaran melalui pertemuan dengan BANYAK
ORANG. Itu artinya, simbolik saja.

T = Saya kok nggak merasa ada peningkatan ya ? Gimana
menurut mas ?

J = Well, yang namanya peningkatan kan TIDAK harus
selalu dirasakan. Kalo kita udah bener2 gak perduli
mao meningkat atau tidak, itu baru peningkatan.

Kalo tinggal di Jakarta, nanti ikut aja acara sharing
dan meditasi bersama tgl 26 Januari 2008. Daftarnya di
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>.
It's free, acara dari kita dan untuk kita. Ikut aja,
langsung daftar aja.

+++++++++++++

MIMPI BERTEMU DENGAN ALMARHUM AYAH

Salam kenal Mas Leonardo Rimba, Gini mas, saya mau
tanya tentang arti mimpi kakak saya. Kakak saya
bermimpi kalo dia diajak ayah saya (sudah meninggal)
untuk memagari atau mengelilingi saya dengan kawat
berduri. Katanya, kakak saya bermimpi yang sama 2
kali. Kakak saya menafsirkan mimpinya, kalo saya
disuruh membuka hati untuk pria lain, karena saat ini
saya tengah menjalin hubungan dengan seorang pria yang
terpisah jarak, tapi apa hubungannya ???? ... Apakah
ada indikasi ayah saya tidak menyukai pacar saya ???

Istrinya (kakak ipar saya) juga bermimpi kalo saya
diajak ayah saya ke rumah kakak dan kakak ipar, dan
kita berempat ngobrol di kasur yang bagus.

Saya sendiri juga bermimpi kalo saya ngobrol dengan
ayah saya dan saya minta dia untuk hidup kembali dan
ayah menjawab "Tidak mungkin"; kemudian saya jawab
lagi "Ya sudah pokoknya saya ditemani" dan ayah saya
menjawab ya dia nanti akan menemanimu (sambil menunjuk
arwah ayah saya sendiri yang berdiri terpaku di
pojok).

Mohon dibantu ya mas... Sebelum dan sesudahnya saya
ucapkan banyak terima kasih... (Lia)

+++++++++++++

JAWABAN SAYA: DRAMA PSIKOLOGIS INTRA KELUARGA

Begini Mbak Lia, saya merasa Anda ini mempunyai
hubungan khusus dengan almarhum ayah anda. Jadi
seperti anda ini dulu memang sangat diproteksi oleh
ayah anda sehingga tidak dapat bebas menjadi diri anda
sendiri. Nah, anda itu dulu bukan semacam seorang anak
"pemberontak" tetapi lebih banyak menuruti kemauan
ayah anda. Sejak ayah anda meninggal, anda seperti
mencari-cari figur yang bisa mendekati, tetapi tidak
ada. Kalaupun ada, figur itu jauh secara fisik (pacar
anda sekarang). Saya sendiri merasa figur yang anda
cari itu tidak bisa dapat sampai sekarang. Anda
mungkin merasa bahwa pacar anda yang jauh itu paling
mendekati sosok ideal anda, tapi orang2 melihatnya
tidak seperti itu. Tapi anda TIDAK perduli. Well,...
ini semacam drama psikologis, mbak. Jadi ada semacam
ikatan2 dari masa lalu yang MASIH dicoba untuk
diteruskan. Menurut saya, hal2 semacam perasaan ingin
melindungi dsb... yang diperlihatkan oleh kakak dan
kakak ipar anda itu termasuk wajar2 saja. Mereka
merasa "mewarisi" rasa ingin melindungi anda, seperti
yang dulu diperlihatkan oleh almarhum ayah anda...
--So, solusi-nya itu lalu bagaimana ? Well, solusinya
itu is UP TO YOU. Anda itu mau mengikuti "tekanan2"
yang datang dari keluarga, atau mau mengikuti
"dorongan2" yang datang dari dalam diri anda sendiri.
Kalau anda mau keduanya, tarik menarik antara keluarga
(kakak dan kakak ipar) dan diri anda akan berlangsung
bertahun-tahun.

Kalau anda "memberontak", kemungkinan anda akan
berhasil dalam hubungan dengan pacar jarak jauh itu.
Kemungkinan gagal juga ada. So,... memang gak ada
solusi yang gampang. Ini kan, sekali lagi, termasuk
Drama Psikologis. Ada semacam pressure agar anda tetap
menjadi anak penurut, dan ada dorongan dari dalam diri
anda sendiri agar anda dengan SENGAJA melanggar apa
yang di masa lalu telah anda turuti. So,... dijalani
saja. Kalau mau langgar, ya langgarlah, it's your own
life. Kelihatannya harus seperti itu, sebab akan ada
PELAJARAN yang anda bisa dapat. Kalau menjadi anak
penurut kan dulu udah pernah, ngapain diterusin? (Leo)

+++++++++++++

WE ARE PART OF ONE ANOTHER

T = Aku nulis lagi nih. Ada kata kata "sabdo pandita
ratu", aku tau ini dari alm mertua. Trus pengertian
itu kita sambungkan dengan "manunggaling kawulo
gusti". Trus kita sambungkan lagi dengan jalan
"unity"

Lalu kita aduk aduk, mabuk sekali jadinya. Heran,
jadi nya ya biasa biasa saja. Jadi aku manusia
biasa. Aku udah nyampe, aku tau, aku memerintah, aku
mengasihi, aku marah. Trus nggak ada apa apa, aku
manusia biasa.

Trus, aku tau lagi, ya, ya, aku manusia biasa. Dirimu,
diriku. Cintamu, cintaku. Kasihmu, kasihku. Marahmu,
marahku.

Kalau aja boleh "nggak tau", bagai kan nggomong pada
orang buta + bisu + tuli, tapi harus ngomong.

J = Hmmmm hmmm hmmm... ya MEMANG BEGITULAH. I am part
of you, you are part of me. I live in you, you live in
me. And we all live in GOD (bagi yang pakai pengertian
GOD). We are part of one another, memang seperti itu.
Dan kalau sudah mengerti itu, ya udah aja. Enjoy aja.

+++++++++++++

APAKAH BISA MIMPI MEMPENGARUHI KEHIDUPAN NYATA ?

T = Hai Mas Leo, ketemu lagi. Ingat nggak mas bbrp
hari lalu aku pernah bertanya ttg mimpi mendaki puncak
gunung. Dan menurut Mas Leo berarti mengenai beratnya
masalah yg kami (aku dan kekasihku) akan hadapi,
meskipun masalah tsb sekarang tidak seberat dulu lagi
dan kami dapat melewatinya (menurut Mas Leo). Wah...
bikin seneng hatiku nich dengernya... hehehehe.
Mas, mungkin nggak sich mimpi bisa mempengaruhi
kehidupan nyata ?

J = Well, yang namanya "mimpi" dan "kehidupan nyata"
itu memang sambung-menyambung. Yang kita mimpikan itu
merupakan REFLEKSI (pantulan) dari kehidupan nyata.
Dan kehidupan nyata ini merupakan refleksi (pantulan)
dari yang kita mimpikan. Of course ada hubungannya.
Baik mimpi maupun kehidupan nyata sama2 REALITA.

Cuma, yang satu itu kita sebut sebagai Realita Mimpi,
dan yang ini kita sebut sebagai Realita Kehidupan
Nyata. Pedahal sama2 REALITA. Realita itu artinya REAL
atau nyata. Buat jiwa kita, gak ada bedanya pengalaman
itu dialami di dunia mimpi atau di dunia fisik. Cuma,
pikiran rasional kita itu membedakan antara mimpi dan
non mimpi. Pedahal, jiwa kita itu TIDAK MEMBEDAKAN.
Yang dialami di mimpi sama realistisnya dengan yang
dialami di dunia non mimpi. Sama2 pengalaman bagi
jiwa.

T = Tetapi yg membuat aku bingung sekarang ini adalah
justru masalahnya menjadi semakin komplek dg sakit
parahnya kekasihku, aku jadi bingung untuk bersikap.
Padahal aku sudah rela menerima dia apa adanya tetapi
sikapnya selalu sulit aku tebak. Bisa tolong
diteropong mas, kira2 bagaimana hubungan kami? Dan
bagaimana dg bisnis baru yg akan aku rintis, krn ada
beberapa teman yg mengajak bermitra tetapi aku masih
bingung menentukan pilihan mitra dan jenis usaha yg
sebaiknya segera direalisasikan. Makasih ya Mas Leo,
sorry... ngerepotin lagi nich, hehehe.. jangan kapok
ya, hehehe..

J = Begini mbak, yang aku lihat in your dream itu,
anda BISA menjadi diri anda sekarang ini karena
masalah yang dihadapi oleh pacar anda itu. Jadi,
sakitnya pacar anda itu membuat anda menjadi setegar
sekarang. So,... kalau pacar itu semakin lama semakin
impossible, itu JUSTRU membuat anda semakin tegar dan
siap menghadapi apapun, termasuk bisnis. Itu yang aku
lihat.

Jadi, memang masalah2 yang kita hadapi di dunia fisik
(non mimpi) itu seperti "tantangan2" yang kita pilih
sendiri, baik secara sadar maupun secara tidak sadar.
Tetapi Alam Bawah Sadar (Subconscious) kita itu TAHU
dan MENGERTI bahwa kita itu memang menerima masalah
itu dengan maksud agar kita itu BISA menjadi diri kita
yang lebih oke (Misalnya: lebih tegar, lebih dewasa,
lebih independen, dsb...). Jadi seperti memilih mata
kuliah. Mau ambil kuliah yang mana nih. Nah, di kuliah
itu kita akan diajarkan teori DAN praktek.

Life is like that. Hidup memang seperti itu, mbak.
Jadi, gak usah heran kalau melihat ada orang yang
mau2nya itu BERTAHAN TERUS dengan orang yang
impossible. Wong itu pilihan dia kok. Jiwa yang ada di
diri orang itu dengan SENGAJA memilih tantangan itu.
Dengan kata lain, itu sekolah dan mata kuliah yang
diambilnya sendiri. Nanti ada yang namanya "ujian2".
Dan kalo ujian udah jelas maunya lulus kan? That's my
answer for you. Semoga bisa ditangkap maksudnya.

+++++++++++++

BERTEMU LORD GANESHA DI DALAM VIHARA BUDDHIST

Dear Sir, Kemarin malam saya bermimpi, mungkin mimpi
saya ini bukan apa-apa, tetapi saya hanya penasaran
karena saya jarang sekali bermimpi. Begini, rasanya
saya melihat jalan yang sangat panjang seperti tidak
ada ujung dan pangkalnya, terdapat dua dinding yang
sangat tinggi di kanan dan kiri jalan itu (semacam
gang/lorong yang sangat panjang), saya sedang berjalan
di jalan itu. Bersama saya juga terdapat banyak
manusia-manusia lain yang juga sedang berjalan searah
dengan tujuan saya, semuanya hanya berjalan tidak
bersuara (diam), tiba-tiba dari arah belakang datang
mobil baja yang sangat besar dan memiliki lebar yang
sama persis dengan gang/jalan yang saya lalui,
perlahan tapi pasti mobil itu menggilas semua orang
yang ada di depannya, seketika saya menjadi panik,
saya bingung bagaimana cara agar bisa menghindar.
Tiba-tiba di sebelah kanan saya muncul sebuah pintu
dan saya masuk ke pintu itu, maka saya selamat, hanya
saya yang masuk ke pintu itu, sehingga yang lain tidak
selamat.

Kemudian saya merasakan hembusan angin yang sangat
lembut dan sejuk dari arah dalam pintu itu, saya pun
mencoba untuk melihat ke arah angin itu, saya melihat
sebuah wihara Budha disitu, ada rasa hati saya untuk
sembayang disitu tapi sebagian hati saya merasa ragu
(mungkin karena saya seorang Hindu dan itu adalah
Wihara Budha), tiba-tiba entah dari mana muncul
seorang wanita dan berkata kepada saya "Masuklah,
gak apa-apa", kemudian saya jawab "saya gak pernah
sembahyang disini", dia menjawab "gak apa-apa
sembahyang aja", kemudian wanita itu menghilang.

Sayapun masuk ke Wihara itu, saya melihat seorang
Chinese sedang sembahyang, di hadapannya saya melihat
"Vibuthi" yang tercampur dengan sisa-sisa dupa. Orang
Chinese tersebut mengambil Vibuthi itu tanpa
membersihkannya dulu, kemudian saya membersihkan
Vibuthi itu dan menaruhnya ke kening saya, lalu saya
masuk ke dalam, saya mencari-cari sang Budha didalam,
tetapi yang saya temukan adalah Lord Ganesha, saya
merasa sangat senang sekali hingga saya menangis
(Karena wihara adalah tempat sang Budha, tetapi saya
menemukan yang saya puja disitu), saya memujaNya
seperti orang gila, mula2 saya membisikan Mantram
Ganesha dikakiNya sehingga kedua matanya terbuka,
tetapi saya tidak puas, kemudian saya membisikkan
mantram tersebut di mataNya, tetapi saya juga tidak
puas, dan kemudian saya membacakan mantram tersebut
ditelingaNya, lalu mimpi itupun sirna, dan saya
kembali tenang dalam tidur saya...

Maaf ya Pak Leo, mimpinya panjang, saya yakin ada
sesuatu dibalik mimpi itu, tetapi saya tidak mengerti
apa itu, saya mohon bantuan Bapak, Terima kasih
sebelumnya... Rgrds, (Mohan Keswani)

++++++++++++++

JAWABAN SAYA: YOU ARE PART OF BOTH GANESHA/BUDDHA

Dear Mohan, What a WONDERFUL VISION ! Itu suatu
penglihatan yang luar biasa. Banyak yang berjalan di
lorong kehidupan, tapi hanya sedikit yang dibukakan
PINTU. Mimpi itu begitu jelas artinya. Lord Ganesha is
Buddha, dan BUDDHA is LORD GANESHA. Sama saja. Bahkan
di dalam Vihara anda akan menemukan Buddha sebagai
Lord Ganesha. Dan di dalam a Hindu Temple, seorang
Buddhist akan menemukan Buddha. What's the difference?

In essence, Buddha is Ganesha, dan Ganesha is Buddha.
Sama saja. Semua itu SIMBOL2 belaka untuk communicate
sesuatu yang very essential. The essence is the Spirit
of God. Dan itu bisa mengambil bentuk macam2 SIMBOL
seperti Buddha, Ganesha, Shiva,... Jesus, Saint Mary,
macam2 simbol untuk communicate essence yang sama.

I'm glad you did write. Well,.. by the way, I DID see
Ganesha in my vision. Beberapa tahun yang lalu, ketika
sedang meditasi, tiba2 Ganesha muncul di hadapan saya.
Itu VISION saya yang pertama ketika meditasi. Setelah
itu muncul vision2 yang lain seperti Syekh Abdul Qadir
Jaelani, Dewi Kuan Im (Bodhisatva Avalokitesvara),...
dan lain2. Tapi yang pertama kali muncul di vision
saya ketika meditasi itu memang LORD GANESHA. Very
serene, very soothing,... calmed. He is part of you,
and you are part of Him. (Leo)

+++++++++++++

[Leo seorang praktisi Psikologi Transpersonal dan bisa
dihubungi di no HP: 0818-183-615. Untuk bergabung
dengan Milis Spiritual-Indonesia, please click:
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia/join>.
NOTE: Except mine, all names used in the YM / email
conversations are PSEUDONYMS.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Y! Groups blog

the best source

for the latest

scoop on Groups.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: