Sabtu, 02 Februari 2008

[psikologi_transformatif] Bingung nih mau nulis...

BINGUNG NIH MAU NULIS...


T = Pagi, Mas Leo !

J = Pagi juga, Mbak S !

T = Sebenarnya sudah beberapa hari pengin nulis, tapi
bingung mau nulisnya, karena kalau ngikutin pikiran
tulisannya bakal tidak terstruktur, runut dan enak
dibaca.. tapi pagi ini seiring dengan derasnya hujan
akhirnya aku serahkan aja pada jariku untuk mengetik
yang dia mau...

J = Sama, mbak, aku juga begitu. Serahkanlah semuanya
pada si dia. Kalo si dia itu ternyata namanya si Jari,
so what ? Apa yang terjadi, terjadilah, hmmm hmmm
hmmm...

T = Sudah cukup lama aku baca milist SI, yang ternyata
ikut trend juga sebenarnya; pas heboh Babe Harto sakit
pengin SMS Mas Leo komentarnya apa.. ternyata tanpa
kuminta udah jelas banget di babarkan dalam milist...
wow....

J = Wow juga...

T = Ada sedikit pengin berbagi, mengenai kata
"babaring lelakon" yang dimuat di milist beberapa
waktu lalu (Mas A), Kalo yang dimaksud "Babaring
lelakon" itu artinya "Penjelasan/ crita jelasnya/
detilnya"; kalo yang dimaksud "Bubaring lelakon"
berarti ya "akhirnya cerita". Mungkin itu dari saya
pribadi, banyak teman Jawa di milist yang mungkin
lebih ngerti.

J = Ya, memang begitu. Mas A itu ternyata ngomong
tentang BABARING lelakon (revealing the scenario),
tapi aku mengertinya tentang BUBARING lelakon (bubar
jalan, grak !), maklum aku kan orangnya gak sabaran,
pengennya cepet dibubarin aja deh,... cappe dehh !!

T = Kalo aku orang Jawa tulen mas, bapakku kejawen
dan ibuku abangan so dalam agama aku juga melalui
pencarian dengan pertanyaan yang muncul dihati. Di
saat teman sibuk pacaran, bermain, belajar, dll aku
malah sibuk mencari jawaban, "Tujuan hidup itu apa?".

J = Hmmm hmmm hmmm... a serious person nih.

T = Kembali ke Bokap, kalo tidak salah, Bokapku itu
sering bilang Darmo Gandul sebagai buku petunjuk dalam
semedi/ meneng/ eling. Jadi dalam kejawen yang dianut
Bokap sama dengan Kepercayaan kepada Tuhan YME yang
dulu disiarkan di TVRI dalam acara Mimbar Agama
(karena beliau dulu sering nonton), di akhir acara
pemandunya selalu menutup dengan "Eling-eling".

J = Ya, aku inget jaman dulu waktu aku masih kecil ada
acara TVRI yang namanya "Mimbar Kepercayaan",
something like that. Tapi acara itu BIKIN BT. Aku gak
ngerti itu orang2 tua pada ngomong apa di mimbar itu,
seinget aku mukanya itu ALWAYS tanpa senyum, apalagi
ketawa. Ngomongnya itu always DATAR. Gak ada seksi2nya
sama sekali, pedahal biarpun waktu itu aku masih kecil
(SD maybe), aku kan sukanya yang gimana gituh, hmmm
hmmm hmmm...

T = Aku tidak pernah baca kitab Darmo Gandul itu, tapi
dari diskusi Bokap dengan teman-temanya sering
kudengar bahwa ajarannya adalah sedulur papat lima
pancer, Kakang kawah adi ari-ari, dan sangkan paraning
dumadi dll. Tapi dalam ritual khusus aku sering lihat
Bokap nulis pake arab gundul (beda dengan tulisan arab
pada umumnya), entah apalah artinya waktu itu aku
belum ngeh usiaku masih SD.

J = Hmmm hmmm hmmm... kalo ARAB GUNDUL itu aku juga
gak ngerti mbak. Tapi dari Babe aku, aku pernah denger
juga, katanya Arab Gundul itu semacam tulisan yang
diajarkan kepada anak2 sekolah jaman dahulu kala,
generasi Babe aku. Tapi lucu juga yah, kok tulisan
dinamain "Arab Gundul", soalnya kalo bener ada "Arab
Gundul" kan mustinya ada "Arab Gondrong" juga yah ?...
Hmmm hmmm hmmm...

T = Mungkin sekelumit cerita ini bisa di share ke
teman di milist Mas M di Tasmania Utara.

J = Sure, so pasti de'e bakal baca juga.

T = Kitab Darmo Gandul pun memang bukan satu2nya kitab
untuk kejawen, karena seiring bertambahnya usia, Darmo
Gandul juga merupakan ajaran, jadi lebih ke
Hindu-Islam di dalamnya. Tapi benar tidaknya ya
silahkan bagi teman-teman yang lebih paham silahkan
ikut menambahkan...

J = Well, ya Darmo Gandul itu TERNYATA isinya ajaran
tentang Buddhi (Kesadaran, Eling, etc...). Aku juga
tahu tentang itu setelah mimpi digandulin sama Darmo
Gandul. Ceritanya waktu itu aku lagi tidur. Terus, aku
merasa ada yang pegangin kaki aku dan gak mao lepas.
Masa orang tidur kakinya dipegangin ? ... So, aku
bergerak-gerak ke kiri dan ke kanan, maksudnya supaya
dilepasin. Eh, gak mao dilepasin juga. Terus, di dalam
tidur itu aku "merasa" tahu bahwa yang megangin kaki
itu namanya DARMO GANDUL.

So what, pikir aku. Mao Darmo Gandul kek, mao Darmo
Gindul kek, pokoknya lepasin kaki gw, begitu aku
bilang sama dia. Eh, gak dilepasin juga. Terus aja dia
pegangin kaki aku sampe akhirnya aku BT sendiri dan
BANGON. Bangon aja. Daripada gw tidur digandulin terus
kakinya, kan mendingan bangon aja. Terus, waktu
bangon, sambil klayar kliyer,... kata2 DARMO GANDUL
itu terngiang-ngiang di kepala aku. Darmo Gandul ?
Darmo Gandul ? ... Apa ya artinya ?

Waktu itu aku TIDAK TAHU Darmo Gandul itu apa. Tapi,
karena "makhluk" itu udah gimana gituh sama aku waktu
aku lagi tidur, akhirnya aku cek di internet,...
penasaran juga tentang makhluk ET yang satu ini. So,
akhirnya aku mengerti juga tentang Darmo Gandul...
Ohhhh... ternyata begitu. Ternyata itu lho yang suka
gandulin kaki orang waktu lagi tidur, hmmm hmmm
hmmm... Ya, memang ajaran BUDDHI (atau Budi Pekerti).

T = Mengenai Sayidina Ali, (Perlu Mas Leo ketahui saya
beragama Katolik,jadi saya tidak pernah tau siapa itu
Saidin Ali menurut imel dari Mas M). Sedikit info,
beliau adalah menantu Nabi Muhammad, dan saya pun
kurang mengenal hanya tahu, beliau meninggal ditikam
saat beribadah. Bagi yang lebih tahu silahkan
diluruskan kalo salah....

J = Sama dong, aku juga GAK TAU siapa itu Saidin Ali
yang ada di Mekah. Sampe sekarang juga gak tau. Terus,
waktu komentarin imel dari Mas M tentang Saidin Ali,
aku itu SOK YAKIN aja waktu nulis "Sayyidina Ali",
pedahal aku itu bener2 gak tahu even yang aku tulis
itu. Cuma kayaknya namanya Sayyidina Ali, dan memang
aku "dapet" impressi tentang pembunuhan2, hmmm hmmm
hmm...

T = Nah mengenai komentar Mas Leo tentang ajaran agama
asalnya dari Yahudi, emang mas; Islam pun dalam
kitabnya menyampaikan bahwa Al Qur'an juga berasal
dari kitab-kitab terdahulu dan wajib di-imani oleh
umatnya, yaitu Zabur kitabnya Daud/ David, Taurat
kitabnya Musa/ Moses, dan Injil kitab Isa alaisalam/
Yesus.

J = Tapi dalam kenyataannya kan TIDAK dipraktekkan
dengan alesan kitab2 ZABUR, TAURAT, dan INJIL itu udah
digimanain gituh (Note: Zabur dan Taurat digunakan
oleh Orang2 Yahudi sampai sekarang; Zabur, Taurat, dan
Injil digunakan oleh penganut Kristen/Katolik dan
termuat di dalam Alkitab). Pedahal, menurut riset,
segala kitab2 itu memang begitu dari dulu, memang
seperti itu dari ribuan tahun yang lalu, dan gak ada
yang pernah robah2.

Tapi ustads2 itu kan banyakan PAKE DENGKUL mikirnya,
dan pada bilang kalo kitab2 yang dihormati oleh Al
Quran sendiri itu (Zabur, Taurat, dan Injil) udah
dirobah2, jadi seolah-olah gak asli. Biasa, itu soal
rebutan umat, supaya umat gak lari, musti dibuat agar
goblok terus. Dan ngibullah mereka. Dasar orang
agamis, cappe dehh !!

T = Dan aku setuju banget kalo nama2 Tuhan itu emang
diciptakan agar mudah dalam berdoa jadi disesuaikan
dengan daerah/negara masing2... dan penyebutan tuhan
dan nabi aku seneng dengan orang Jawa, bener2
kelihatan penyembahannya, walaupun aku tidak
memakainya. Jadi kalau negara lain memangil tuhannya
itu langsung; ya Tuhan, God, Allah ato apalah... di
jawa itu pasti dikasih embel2 "Gusti Pangeran, Duh
Pangeran kang akarya jagad, Gusti Kanjeng Nabi....".

Benar2 menggambarkan penghambaan, karena kalo mengeluh
baik dalam do'a ato spontanitas selalu pakai bahasa
Jawa yang paling alus... Mungkin ahli sejarah yang
lebih paham dalam hal ini....

J = Ya, memang begitu, hmmm hmmm hmmm...

T = Mas, satu lagi aku tuh kan baru tahap penikmat
milist SI, sebenarya pengin ikutan acaranya tapi tidak
PD mas, tidak ada yang kukenal, terus kalo boleh tahu
acaranya ngumpul gitu ngapain mas, kalo mau kasih
gambaran dong biar aku ada sedikit bayangan...

J = Mbak, one thing for sure, kalo kita ngumpul2 itu
acaranya is makan2 dan ngobrol ngalor-ngidul. Yang
jelas, bakal ketawa gak ada abis2nya. Dan gak usah
ragu2 buat dateng, itu BUKAN pameran kesaktian
(emangnya ada yang sakti ?) atau hal2 semacam itu
melainkan ajang SHARING dan SILATURAHMI. Kita2 itu kan
senengnya ngumpul dan ngobrol segala macem. Daripada
malem minggu gw ke mall (bosen ah), kan mendingan
ngumpul2 aja sama temen2 BARU. Setiap kali ngumpul
pasti ketemu temen2 baru. Yang datang selalu
berganti-ganti, dan gak perlu sungkan. Langsung aja
memperkenalkan diri dan sharing about anything. Apa
aja,... Lalu ada juga MEDITASI BERSAMA. Pokoknya, bisa
kek, atawa gak bisa kek, ya meditasi aja, merem aja.
So, please ikut aja next time, gak usah ragu.

T = Postingan Mbak M yang udah profesional dalam hal
spiritual, sangat bagus, sedikit juga saya pernah baca
dalam tingkatan ajaran suatu agama memang posisi Iman
tertinggi adalah umat tidak takut hukuman (neraka) dan
tidak mengharap hadiah (surga). Posisi seorang yang
beriman pada Tuhan (terserah model dan namanya apa)
adalah seperti yang selalu Mas Leo dengungkan, IKHLAS
dan PASRAH... jadi kalo berdoa tidak lagi menuntut ini
dan itu, jadi lebih kepada dialog dengan Tuhan, lebih
mengerti akan diri dan Tuhan yang dia sembah itu.

J = Ya, memang begitu. Meneng aja, diem aja.

T = Dalam tulisan yang kubaca ada tokoh perempuan
dengan kualitas keimanan yang sangat ingin dekat
dengan Tuhan nya, sampai dalam satu doanya,
"Kenerakapun aku mau, asal dengan ridha-Mu".

J = Kok aku jadi inget lagunya grup band UNGU sih,
mbak. Ada lagunya Ungu yang pake kata2 "ridha-mu" itu.
Lagunya sih enak, tapi penyanyinya si Pasha itu
akhirnya cere yah ? Akhirnya dihukum percobaan karena
mukul orang yah ? ... Well, in my opinion, Pasha Ungu
harus belajar Ikhlas dan Pasrah, harus belajar RIDHA.
Maksudnya bener2 Ridha, dan bukan cuma di lagu saja.

+++++++++++++

[Leo seorang praktisi Psikologi Transpersonal dan bisa
dihubungi di no HP: 0818-183-615. Untuk bergabung
dengan Milis Spiritual-Indonesia, please click:
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia/join>.
NOTE: Except mine, all names used in the YM / email
conversations are PSEUDONYMS.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Be a career mentor

for undergrads.

Special K Group

on Yahoo! Groups

Join the challenge

and lose weight.

Autos Group

on Yahoo! Groups

Discuss ways to

fix your car.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: