Kamis, 14 Februari 2008

Re: [beasiswa] Re: [Butuh Info] Jaminan Keuangan Visa ke Jerman

Pengalaman saya..

Kedubes Jerman memang meminta rekening khusus (harus buka account baru) untuk jaminan keuangan selama 1 tahun sebesar 7ribu sekian Euro (lupa persisnya). Dengan kurs mengikuti saat Anda mengajukan visa. Uang tsb harus dikirimkan seluruhnya segera setelah Anda tiba dan membuka rekening di Jerman.

Nah.. cara membuatnya.. print template surat jaminan keuangan yang diberikan di website Kedubes Jerman. Bawa template tersebut ke Bank kepercayaan Anda (maksudnya yang sudah Anda kenal CSO-nya). Buka rekening baru dengan jumlah sekian Euro tersebut. Lebih baik dilebihkan sedikit jaga2 untuk perubahan kurs. Jelaskan masalahnya kepada CSO bahwa surat jaminan keuangan tersebut harus sama persis dengan template yang disediakan.

Perlakuan Bank terhadap rekening khusus tadi berbeda2. Teman saya membuka rekening tsb di suatu bank pemerintah, rekeningnya di-blok selama 1 bulan. Dan memang seharusnya begitu.
Saya membuka rekening di Bank swasta, rasanya tidak apa waktu itu jika ingin dipergunakan (jadi tidak di-blok). Tapi toh tetap tidak saya apa2kan rekening tsb sampai saya tiba di Jerman.

Namun, ketika Anda nanti di Jerman akan melakukan registrasi stay permit untuk studi, biasanya (tapi tidak selalu) akan diminta print rekening Anda di Jerman. Dan pada saat itu seharusnya rekening Anda sudah terisi sebesar 7ribu sekian Euro tsb. Jika saldo rekening tidak mencukupi, kemungkinan besar Anda akan mendapat masalah, misalnya diberikan ijin stay permit hanya 3 bulan dan harus diperpanjang lagi setelah itu dengan menunjukkan rekening yang telah terisi mencukupi. Bahkan ada juga teman yang sampai harus diminta membuat Sparkonto (sejumlah uang ditaruh di rekening dan di blok).

Jadi saran saya.. ikutilah prosedur yang diminta Kedubes sampai Anda mendapatkan stay permit. Setelah itu bolehlah Anda gunakan uang tsb sesukanya. Rekening hanya akan diperlukan lagi setiap kali perpanjangan stay permit.


regards,

ps: maaf panjang ya ternyata.. ;-)

----- Original Message ----
From: defon li <defon_li@yahoo.com>
To: choco_popstar@yahoo.com
Cc: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 13 February, 2008 4:39:30 PM
Subject: [beasiswa] Re: [Butuh Info] Jaminan Keuangan Visa ke Jerman



hiii theresia, kebetulan aku juga S1 dan akan berangkat ke jerman bulan febuary ini, sedang menunggu visa.

Uang jaminan yang di taro di kedutaan akan bisa di transfer lagi ke Indo setelah proses pembukaan rekening kita yang baru setelah berada di jerman, dan baru bisa kita cairkan, tapi sebaik nya uang jaminan itu tidak perlu di transfer lagi ke indo, karena nanti biaya transfer nya lagi mahal, jadi uang jaminan sebesar 7020 euro itu kurang lebih untuk biaya hidup kita selama setahun di sana. Jadi uang itu memang untuk kita pergunakan sendiri. Itu aja yg aku tahu. Moga membantu mba theresia


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: