Jumat, 24 Agustus 2007

Re: [beasiswa] [Butuh Info] EIFFEL scholarship in France-thanks Siska

Dear Siska,

Saya Sari.
Email saya mungkin sudah diedit (baca hapus sama moderator, itu email
dalam bhs Prancis korespondensi saya dengan petugas di Eiffel, si Mme yg
namanya saya sebut ).

Aku udah cek website itu bbrp kali, spt kata si Mme, memang belum ada info
tambahan di site tsb, jadi lebih baik saya lihat site itu lagi bulan
OKtober, krn untuk info beasiswa lainnya di site egide, sudah ada
informasi termasuk form online

Untuk Bahasa aku sudah mempersiapkan, Juni lalu udah ambil DELF, dan
alhamdulillah dapat DELF B1, sekarang masih lanjut di kelas Conversation.


Skedar info untuk yang belum tahu, DELF ini spt test IELTS (tingkatannya
A1,A2, B1, B2, C1 , C2 kata Profesor saya di CCF yang juga dapat beasiswa
S3 dari World Bank untuk ambil S3 di Perancis, untuk Science minimal harus
punya A2, untuk sosial/ non science, minimal harus punya DELF B1) tapi
untuk penguasaan bhs Prancis, diadakan setahun sekali tiap bulan Juni oleh
Departemen Pendidikan Perancis, dan untuk Indonesia bisa mendaftar melalui
CCF 1 bulan sebelumnya (CCF juga mengadakan Kelas Persiapan DELF, untuk
pelajar CCF dan umum).

Salam,
Sari H




Lady'ofTheJungle <siska_elang@yahoo.com>
Sent by: beasiswa@yahoogroups.com
08/23/2007 04:31 PM
Please respond to
beasiswa@yahoogroups.com


To
beasiswa@yahoogroups.com
cc

Subject
Re: [beasiswa] [Butuh Info] EIFFEL scholarship in France






salam kenal juga (ps: tapi namanya sapa???)
iya, pendaftaran tuk master degree emang sudah tutup buat tahun ini,
kecuali buat S3, ada lagi pendaftaran mulai dari september.
btw, siapakah Mme de LA ROCHEFOUCAULD? n emailnya yang mana??
soal website, emang benar di Egide, seperti website yang dah pernah saya
kasih dalam email sebelumnya.
nih, saya coba jawab pertanyaanya :

1. ada batasan umurkah? buat master degree kalo ga salah maximum 26 tahun
(saya waktu mendaftar sudah 25, 5 tahun, ;-) buat program master.

2. Cara pendaftarannya seperti apa? apa kita perlu menghubungi langsung
Universitas dan professour? Iya, kita langsung kontak universitas, seperti
yg sudah saya tulis di email sebelumnya, kontak dulu bagian relation
internationale dari universitas yang bersangkutan, sekalian kirim CV biar
dia langsung tertarik, trus bilang kalo kita tertarik sama EIFFEL n tanya
apakah mereka bersedia membantu. EIFFEL tidak melayani pendaftaran
langsung. Tapi saya dulu mencoba kontak DUA ARAH : EIFFEL and University.
Dua2nya skalian dikirimin CV n bilang ketertarikan kenapa mmo ndaftar
EIFFEL (ingin ngelanjutin study tapi keterbatasan dana tentunya). Biasanya
mereka akan bilang apakah mereka tertarik mo bantu ato tidak mo sama
sekali. However, jangan cuma nunggu, kalo bisa follow up setiap email yang
dikirim, n kirim CV ke sebanyak mungkin univ yang diminati. mudah2an cukup
jelas yah.???

3. Beasiswa mencakup apa saja? SEMUA yang dibutuhkan buat survive: grant
1180€/ month (sudah lebih dari cukup buat di manapun di Prancis, even
PAris!!!), bantuan rumah, biasanya 50% dari sewa apartement ditanggung
EIFFEL (yg paling mahal tuh rumah disini), asuransi kesehatan
140an€/tahun (tuk assuransi yg lumayan cuma 196€/tahun, jadi cuma nambah
beberapa euro aja). Trus kalo ada deplacement, juga di cover beberapa
euro. CUMA ga ada jatah komputer n tiket pulang kampung cuma pp, tapi
dengan uang saku segitu, kita bisa pulang kampung tampa butuh bantuan
EGIDe kok. Oh yah, selama tinggal di Prancis, EGIDe lah yang akan mengurus
semua urusan kita. Prancis memiliki admisnistrasi yang rumit, dengan
bantuan EGIDE, hidup akan lebih gampang. Misalnya aja, kita ga harus
pusing2 nyari apartement, soalnya AGIDe dah nyiapin (disini nyari
apartement susaaaaah banget, n urusannya ribet). TAPI, dengan uang saku
segitu, kita (saya) ga dikasi hak tinggal di Cite université (asrama
mahasiswa).
Tuk lbih jelasnya apa aja yg dicver ma EIFFEL, buka di site yang sudah
saya kirim kemaren.

4. Untuk program MBA atau manajemen HRD termasuk dalam beasiswa? keknya
iya deh..kan ada 3 : science, management, n satu lagi saya lupa. :-(

5. Persyaratan bahasa, apakah ditentukan minimal punya DELF tingkat
berapa? Waduh, saya ga gitu tau ya soal ini, keknya universitas yang
mutusin deh... Emang seh, pintar bahasa Prancis akan lebih bagus, tapi
kalo ga, ga usah khawatir deh...saya mah dulu DELF saya -100 kali
yaaaa....saya kan ga bisa ma sekali bahsa prancis..bisa seh..cuma
bonjour!!! hahhaha...sampe ada yg bilang : "mampus kamu ntar"..tapi
alhamdulillah saya bertahan kuliah n ujian dengan bahasa Prancis , n malah
dah slesai dgn nilai rata2 yang cukup ok (ga jelek2 amat lah...malah
prancis sendiri ada yg lbih jelek dari saya..hehehhe...).
So, DONT WORRY TOO MUCH about language!!! asal kita niatnya kuat, courage,
brusaha adaptasi, ntar juga jadi kok. kalo kata pak de koe: Where there is
a wish, there is a way!!! Lagian nanti EGIDE akan ndaftarin kita dulu di
summer class buat blajar bahasa (kita bayar 0€) n pengenalan budaya
(banyakan party di chateau n degustation euy, plus jlan2 di region..seru
deh pokoknya...). hayyooo..courage..smangat donk..buruan siapin CV.

6. bisa share pengalaman anda pribadi saat apply beasiswa ini? tuh, dari
crita diatas itu pengalamn pribadi saya...

7. Proses seleksinya terdiri dari berapa tahap? please, kasih bocoran ya?
saya ga gitu tau..soalnya kan sekolah/ universitas yang ngurusin file2
kita. saya dulu cuma ngirimin file2 (CV dulu, trus mereka minta motivation
lettre, document2 yang bisa support kek penghargaan kalo ada..kalo ga juga
gpp..soalnya penghargaan yang kudapat cuma penghargaan cross country
competition, survival jungle n navigasi darat, etc. ga ada hubungannya ma
kimia!!!), trus mereka bilang OK, ntar kita daftarin, n let see.
:-)

tips blajar bahasa :
1. Harus cerewet!!! kalo diem aja ga bakalan pernah bisa.
2. Jangan takut diketawain..bodo jujga..bayangin aja kalo mereka disuruh
ngomong bahasa kita..hasilnya pasi ga akan jauh beda..ya ga..???
3. Banyak2 nonton tv..hehehhe..bcanda dink..tapi bener lho..tv lbih bagus
daripada radio..
4. Jangan lupa berbagi pengalamn ma senior2 disekitar kita...so jangan
terlalu sibuk ma temen2 prancis aja atau ma temen2 Indo aja (karena
banyakan orang Prancis ga welcome banget kek kita..)..bref..bagi2 deh!!!

so..mudah2an jelas yah..info ku..
soalnya saya ga gitu bagus kok dalam penulisan formal...(malas..kesannya
terlalu serius..)

salamm,
Siska

sari_h@ap.omron.com wrote: Dear Siska,



[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: