Minggu, 12 Agustus 2007

Re: [beasiswa] [butuh info]: hidup S3 di Riyadh Saudi Arabia dan cara bawa family?

Wa'alaikumussalam Wr Wb

Selamat yah mas tony sudah diterima di KSU. Mudah2an
ilmu yg didapat disana bermanfaat buat pembangunan di
Indonesia kelak. amiin.

Tahun 2000-2003 saya tinggal di KSU ambil jurusan
bahasa Arab. Saya akan menjawab pertanyaan2 mas tony
sepanjang yg saya ingat, semoga membantu.

1. Mas Tony bersyukur dapat 2000 real/bln. Utk
mahasiswa S1, dulu saya hanya mendapatkan 840
real/bln. Utk mahasiswa asing, semua mendapatkan
penginapan gratis di asrama (kynya mhsw S3 skrg juga
dpt). Lokasi asrama bersebelahan dgn kampus. Jadi ke
kampus bisa jalan kaki. Trus biaya hidup selama
disana, utk makan bisa di kantin dgn beli voucher
khusus mhsw: pagi 1 real, siang&malem 2 real. Dgn
voucher itu, kita bisa dapat 6 jenis utk mkn (air
minum [pepsi, 7Up, susu, dll], nasi/roti, daging,
sayur, kue, buah), dijamin deh mas tony gakan mati
kelaparan disana :). Kalau sehari abis 5 real utk
makan, berarti sebulan abis 150 real. Ditambah utk
biaya jalan2 & pulsa telpon selama sebulan abis 200
real. Jadi ... masih banyak sisanya tuh. Internet bisa
dapet gratis di perpustakaan dgn jatah 2 jam/hari ...
itu dulu, ntah kl sekarang ktnya sudah ada hotspot.
Trus utk tiket pesawat, dulu saya beli dulu dan nanti
bisa diklaim ke kampus utk penggantian. Dan tiap tahun
(juni-agustus) libur panjang kuliah, kita dapet ticket
gratis PP sampai tempat tinggal kita (misal mas Tony
tinggal di Papua, maka dapet tiket gratis PP
Riyadh-Jkt-Papua-Jkt-Riyadh)

2. Utk bawa istri, sepanjang yg saya tahu, tidak
begitu dianjurkan. Teman2 saya dulu bawa istri melalui
jalur KBRI Riyadh. Biasa bapak2 disana yg baik2
menolong kita utk dapatkan calling visa utk istri&anak
kita tinggal Riyadh. Utk istri&anak, biaya ditanggung
sendiri tapi bisa kita daftarkan ke kampus utk
mendapatkan asuransi kesehatan. Teman saya mendapatkan
biaya gratis melahirkan di Riyadh saat kuliah di KSU.
Jadi, mungkin mas TOny bisa tinggal 1 semester dulu di
Riyadh sambil melihat kemungkinan bawa istri ke
Riyadh. Nanti liburan semester pulang bawa istri,
tentu dgn biaya sendiri. Biasa teman2 yg sudah
berkeluarga pulang dulu ke tanah air waktu liburan
agak panjang (sktr 2 minggu) saat lebaran idul fitri.
Biaya hidup di Riyadh utk anak&istri, saya tidak
begitu tahu karena saat itu sy di KSU masih bujangan
:). Tp diperkirakan utk sewa kamar di Riyadh sekitar
2000 real/semester. Biaya hidup di luar kampus bisa
2-3 kali lipat biaya di asrama kampus. Kl di kantin
kampus bisa 5 real per hari, di luar bisa 15 real/hari
krn tidak ada subsidi. Utk sekolah disana, anak Anda
bisa disekolahkan di SIR (Sekolah Indonesia Riyadh).
Alhamdulillah guru2 disana sangat hormat & baik sm
mahasiswa KSU. Asuransi kesehatan utk mahasiswa
dijamin 100% tanpa batasan, tapi walaupun gratis,
tetap yg penting itu sehat, jgn mau sakit di negeri
orang ... menyedihkan :)

3. Utk pekerjaan istri. Disana kultur arabnya masih
kental. Jadi para wanita agak kesulitan utk bekerja.
Mereka bekerja di sekolah2 sebagai guru, atau menjadi
dokter. Nasib baik istri Anda dokter, barangkali bisa
coba apply kerja di rumah sakit KSU yg masih berada di
lingkungan kampus KSU. Utk seorang dokter, tidak
diperlukan kemampuan bahasa Arab, semua dokter di RS
KSU diwajibkan bisa bahasa Inggris.

4. Kualitas S3 di Arab ... saya tidak tahu.

5. Peluang kerja part time ... kalau tidak salah utk
mahasiswa S3 parttimenya jadi dosen di KSU juga, bener
gak yah? :) Nah utk parttime beneran sih ntar pas
musim haji, biasa mahasiswa jadi mutawif atau
pembimbing haji para TKI/TKW. Karena jarak
riyadh-mekah itu sekitar 1000 km, jadi agak susah utk
jadi parttime sejati haji/umrah disana. Jadi,
parttime-nya musiman. Kalau pembimbing TKI/TKW, 1
minggu parttime sekitar 4000 real kita dapet. Kalau
utk travel2 ONH Plus (ini harus punya kenalan
mahasiswa di mekah/madinah), emang keren jadi
pembimbing ONH Plus, tp 1 bulan dapetnya sekitar
3500-5000 real. Pilih yg 1 bulan atau 1 minggu? :)

Ok mas tony ... sukses yah ... semoga informasi ini
bermanfaat. Kalau perlu, saya masih ada kawan di
Riyadh utk kontak2. Mohon doanya juga saya sedang coba
apply lg ke KSU utk program 1 tahun.

Wassalam

Rizal
Jl. Ir. Sutami 69
Bandung


--- tonydwisusanto2003 <tonydwisusanto2003@yahoo.com>
wrote:

> Assalamualaikum Wr. Wb.
>
> Alhamdulillaah semoga rahmat Alloh terlimpah kepada
> semua teman
> milinglist dan moderator yang selama ini ikut
> menjaga semangat
> mencari S3 saya.
> Akhirnya...setelah ikhtiar mencari beasiswa S3 lebih
> dari 2
> tahun..Alloh berkenan memberinya: Alhamdulillaah
> saya salah satu
> dari temen2 yang memperoleh beasiswa S3 dari KSU
> Saudi Arabia tahun
> ini
> (di kesempatan lain saya akan testimoni bagaimana
> perjalanan ikhtiar
> saya memperoleh beasiswa BPPS UGM, IATSS Forum di
> Jepang, Visiting
> Researcher di Australia dan akhirnya S3 Arab ini,
> padahal IPK S1
> saya hanya 2,85 dari jurusan yg kurang laku dan
> bahasa English saya
> dapat didongkrak dari dibawah TOEFL 450 hingga
> terakhir
> 560..mudah2an bermanfaat).
>
> Kesempatan ini saya mohon informasi dari temen2 yg
> tahu atau pernah
> tinggal di Saudi Arabia:
> 1. Diluar bebas Tuition Fee, Beasiswa KSU ini
> sebesar 2000 reyal
> perbulan dan 6000 reyal untuk housing (mungkin yg
> ini utk 1 tahun):
> Berapa ya Biaya hidup perbulan di Riyadh? Beaya sewa
> rumah untuk
> family? utk kost? cukupkah 2000 reyal/bulan? Berapa
> biaya establish
> saya (biaya tiket pesawat dan lain2)?
>
> 2. Saya mendengar di Arab, hanya mungkin membawa
> keluarga kalo sudah
> 1 tahun. Benarkah? adakah temen2 yang dapat membantu
> memberitahu
> tips membawa keluarga tinggal di Saudi Arabia
> (termasuk biaya hidup
> untuk 1 isteri + 2 anak balita)? sistem sekolah
> untuk anak di sana?
> adakah asuransi?
>
> 3. Bagaimana agar isteri saya dapat bekerja di sana
> selagi saya S3?
> (Isteri saya seorang dokter, Master- Health Services
> Management dari
> Flinders Uni Australia, English TOEFL 587, Bahasa
> Arab nggak bisa:)
>
> 4. Bagaimana kualitas S3 di Saudi Arabia? khususnya
> bidang Teknik
> Informatika/Komputer? khususnya KSU university?
>
> 5. Peluang kerja parttime disana ada nggak? ada
> nggak hubungan
> antara uni dengan industri di sana?
>
> Mohon informasi dari temen2. Please, Jazakumullooh.
> Percayalah, Pertolongan Alloh akan datang manakala
> kita terus
> berusaha, percaya dan ber"transaksi kebaikan"
> dengan-Nya.
>
> Wassalamualaikum...saya menunggu info temen2.
> Tony
>
>
>
>

___________________________________________________________
To help you stay safe and secure online, we've developed the all new Yahoo! Security Centre. http://uk.security.yahoo.com


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: