Sabtu, 22 September 2007

[psikologi_transformatif] Makhluk Halus dan Belief System

MAKHLUK HALUS DAN BELIEF SYSTEM

Dear Friends,

Menurut pengalaman aku, yang sering disebut sebagai
"makhluk halus" oleh orang Indonesia sebenarnya cuma
bagian dari PSYCHE. Bagian dari JIWA orang yang
meng-klaim itu. Terkadang malahan _bukan_ klaim dari
orangnya, melainkan "MITOS" yang dipegang secara turun
temurun. Jadi, secara kultural memang memiliki FORM
(BENTUK). Dan karena telah memiliki "bentuk" tertentu,
maka tentu saja memiliki "energy". Tetapi semuanya itu
adanya di dalam Psyche atau Jiwa anggota2 lingkungan
budaya dimana Belief System itu dipakai.

Apa yang disebut sebagai "Malaikat Pelindung" di satu
sub kultur (dalam hal ini Katolik Jawa) bisa diartikan
sebagai "Jin" di satu sub kultur lainnya (Jawa Islam),
dan bisa berarti "Leluhur" di sub kultur lainnya lagi
(Jawa Abangan). So what ?

Yang penting adalah KESEHATAN JIWA itu kan ? Yang
penting bisa berfungsi secara optimal dan
BERTRANSFORMASI sehingga menjadi orang2 yang lebih
manusiawi, dan bukan menjadi seperti anjing2 yang
menggonggong dan kalau digebuk cuma ngaku bercanda
doang itu kan ?

Kalo segala paranormal gak keruan itu, memang hobbynya
untuk bilang ada makhluk halus ini atau itu. On the
other hand, mereka itu kan bicara dalam terminologi
yang ada dalam Belief System mereka sendiri. Aku bisa
mengikuti karena terbiasa untuk men-TRANSLATE simbol2
yang digunakan dalam satu culture ke culture lainnya.
Ada simbol2 yang parallel sehingga it is VERY POSSIBLE
that BUNDA MARIA di budaya Katolik akhirnya menjadi
KANJENG RATU KIDUL di dalam budaya Jawa. Very much
possible, and it HAPPENS.

Energi is Energi dan memang _bukan_ makhluk halus.
E = mc2. Hukum Kekekalan Energi. Energi bisa menjadi
massa dan sebaliknya _apabila_ ada kecepatan. It's
very simple. On the other hand, "makhluk halus" is
definitely SOCIALLY CONSTRUCTED. Makanya musti dilihat
dulu, yang ngomong "makhluk halus" itu background
budayanya apa.

Kalau kasih konseling ke clients, mao gak mao kan
harus diikutin cara penalarannya. Kalo orangnya
superstitious, which is more or less the fact with
orang2 kita, maka mao gak mao harus kasih solusi on
that line juga. Terkadang bisa dijebretin en bilang
ITU NONSENSE, GAK ADA MAKHLUK HALUS. Terkadang bisa
kalo aku merasa begitu.

Tetapi, terkadang juga harus berbicara nyerempet2
dikit sebab memang ter "deteksi" adanya energi beda
yang berasal dari dalam PSYCHE (jiwa) client itu.
Misalnya tentang roh2 leluhur itu, terkadang memang
kuat sekali berasanya, ada energinya, dan itu asalnya
dari BELIEF SYSTEM. Nah, Belief System manusia itu kan
gak maen2 kalo udah dijalanin dengan iman,
apalagi sudah berjalan turun temurun dan masih
dipraktekkan sampai sekarang. So, tact and wisdom is
needed to handle such... --Tujuannya tak lain dan tak
bukan agar clients bisa mencapai STABILITAS BARU, agar
bisa smooth mengarungi PROSES TRANSFORMASI menuju
bentuk stabilitas kejiwaan yang lebih tinggi.

Aku kan pengikut Carl Jung juga jadi agak gimana
gituh. ARCHETYPES istilah yang dibuat oleh Jung, dan
mungkin that's a better term. Makhluk2 halus itu
seringkali bisa di-interpretasikan sebagai ARCHETYPES
yang hidup di dalam psyche clients itu sendiri. Dan
ada energinya memang. Dan itu besar sekali, dan itu
bisa mendorong proses transformasi. Dan, kalau di-
handle dengan benar, bisa di-utilisasi untuk MEMBANTU
menemukan solusi bagi permasalahan hidup yang sedang
dihadapi oleh clients.

Energi itu macem2 lho, aku bisa berasa langsung. Kalo
ada, memang bisa berasa di fisik. Tetapi, kalo gak
ada, biarpun dia claim ada, pasti gak ada rasanya.
But,... ini kan ENERGI PRANA, REIKI, CHI,... atau
bahkan yang disebut KHODAM. Aku bisa deteksi. Cuma
mesin apa yang bisa deteksi itu, that I don't know.

All the Best,
Leo

+++++++++++++

PENGERTIAN "GURU SEJATI" DAN WUJUDNYA

A = Andy
L = Leo

A = Malam, Leo !

L = Malam, Andy !

A = Lg apa nih Leo kok malam2 biasa samadhi kok malah
online, samadhi sambil online ya ?

L = Bayu bangon tiduy. Cekayang yagi bayes email. Ntay
bobo lagi... Ngapain samadhi, kayak orang kurang
kerjaan aja ? Ini kan malem minggu, dewa2 juga pada
cuti, gak ngelayanin orang2 yang dateng menghaturkan
sembah. BT gw dipuji terus, kata dewanya; emangnya gw
gila hormat, katanya.

A = Hahaha.. Leo, setiap aq connect ma km, aq kok
merasa download banyak energy dari km ya, thanks
banyak ya Leo.

L = You're welcome. Sama2, aku juga banyak download
dari kamu. Memorynya banyak yah ?

A = Download dr km slalu up 2 date, jadi virus yang di
aq langsung kena scan dr km, langsung quarantine deh
tuh virus.

L = Abis di scan dikoleksi, masuk album, ntar dipajang
di friendster. Ini piyusnya ci itu yah,.. lucu deh.
Bentuknya aneh2, ada yang kayak amoeba. Ada yang kayak
laba2. Macem2. Hm?

A = Leo mau tanya nih. Blh gak ?

L = Boleh aja, tentang apa ?

A = Tentang guru sejati, apa sih mnurut km ?

L = Guru Sejati is OUR HIGHER SELF. One of the terms.
Orang Jawa Katolik bisa menyebutnya sebagai Malaikat
Pelindung. Yang abangan bilang itu Leluhur. Yang
muslim bisa bilang itu "Jin". Diri kita yang lebih
tinggi. KESADARAN TINGGI yang ada di diri kita
sendiri. Dan itu gak bisa dicari di luar diri kita.
Harus MASUK KE DALAM DIRI untuk menemukannya.

Bisa disebut sebagai SEMAR. Semar itu tempatnya di
Mata Ketiga juga. Ada yang manggil guru sejatinya
dengan sebutan "Eyang". Eyang Semar. Bisa aja. Tetapi
itu semua adanya di DALAM DIRI SENDIRI.

A = Apakah dia juga berwujud ?

L = Wujud kan artinya bisa terlihat. Well, bisa aja
terlihat, tapi dengan Mata Batin dan bukan dengan Mata
Fisik... --BIMA DEWA RUCI. Ingat itu, Bima Dewa Ruci.
Nah, Dewa Ruci itu siapa ? Dewa Ruci itu GURU SEJATI
dari Bima. Dan Bima menemukannya di DALAM SEGORO. Di
dalam samudera, lautan, which is SIMBOL dari EMOSI2
atau PERASAAN yang ada di diri Bimo itu sendiri. Bukan
lautan fisik, melainkan lautan emosi, di dalam diri
sendiri.

A = Kalo gak ada wujud tapi ada komunikasi and slalu
kasih tuntunan bisa disebut guru sejati juga gak ?

L = Ya, bisa saja. "Guru Sejati" itu kan konsep saja.
Konsep hybrid dari pengertian2 jawa asli plus
theosophy, kalau menurut aku. Theosophy itu sudah
masuk ke Indonesia sejak awal abad ke 20, dan
pengaruhnya di gerakan Kejawen besar sekali. Istilah2
Kejawen sekarang terasa modern karena sudah
terpengaruh oleh teosophy sejak jaman Belanda.

A = Kalau dalam dunia tasawuf, seorang sufy bisa
komunikasi dgn mursyidnya. Padahal sang mursyid
tidak dgn dia. Sang mursyid berwujud dan komunikasi
dgn sufy itu; apa itu hanya jin yg menyerupai
mursyidnya, ato itu guru sejati yg mewujudkan diri
sbg mursyid ?

L = Mursyid itu SIMBOL dari pengertian GURU SEJATI
yang hidup di dalam sang sufy. Maksud aku, Guru Sejati
is SIMBOL di dalam orang yang memegangnya,... simbol
itu bisa berasal dari orang hidup. Orangnya masih
hidup secara fisik dan bisa saja telah menjadi SIMBOL.
Nah, orangnya secara fisik bisa berada di mana saja.
Tetapi, mereka yang percaya dan melihat orang itu
sebagai suatu SIMBOL DARI GURU SEJATI bisa selalu
melakukan KOMUNIKASI. Dan komunikasi itu berjalan
terus menerus, tanpa tergantung dari orang yang
menjadi simbol itu lagi. Tidak tergantung dari fisik
orang itu lagi.

L = Wah, aku juga pengalaman seperti itu. Aku diajarin
tentang Mata Ketiga oleh seorang sesepuh Kejawen dari
Kraton Yogya yang "muncul" di dalam MIMPI aku. Aku
panggil dia Romo, dan aku lihat
Romo itu datang ke rumah aku. Lalu titik diantara
kedua alis aku dipegang-pegangnya. Benar2 berasa
dipegang, dipijit-pijit gitu. Lalu aku diajak keliling
rumah oleh si Romo itu. Nah, lalu aku melihat warna2
dari pemandangan di sekeliling rumah itu
berganti-ganti. Cuma itu saja, berganti-ganti, tapi
secara fisik tidak berubah.

Dan itu semua terjadi di dalam MIMPI. Trus aku tahu
artinya itu apa. Artinya, secara fisik kita GAK liat
apa2. Kita cuma bisa melihat secara BATIN. Dan itu
"diajarkan" oleh Romo itu ke aku di DALAM MIMPI.
Waktu itu aku ketemu dia seminggu sekali. Ada acara
meditasi bareng setiap kamis malam di rumahnya. Waktu
ketemu dia, aku cuma nyengar nyengir aja. Si Romo juga
cuma nyengar nyengir aja. Aku gak pernah cerita
tentang "pertemuan" di mimpi itu ke Romo. Romo,
walaupun aku percaya sudah dikasih tahu tentang
pengalaman aku mengenai mimpi ketemu dia, juga GAK
PERNAH NANYA tentang itu ke aku. Kalo ketemu cuma
ketawa2 gak jelas aja. Malah, dia itu kalo ngomong gak
pernah straight to the point kayak aku begini.

L = Nah, bisa ikutin aku gak ? Jadi, ada simbol dari
"Guru Sejati" yang muncul di kita. Tetapi itu
sebenarnya BAGIAN DARI DIRI KITA SENDIRI JUGA.
Kalaupun ada bentuknya, wujudnya, maka itu cuma wujud
"pinjaman" doang agar kita mengerti SIAPA itu yang
muncul di mimpi atau penglihatan kita itu. Maksudnya
agar ada INTERPRETASI yang benar sehingga MAKNA YANG
DISAMPAIKAN itu dimengerti dengan jelas. Kalau
dimengerti, berarti maksud sudah tercapai. MISSION
ACCOMPLISHED. Kalo gak dimengerti kan artinya
mubazir, dan kalau mubazir berarti percuma, gak ada
gunanya. Can you follow me ?

A = Yes, i can follow u.

L = I am a "symbol" in your consciousness. You are a
"symbol" in my consciousness. I "live" in you. You
"live" in me. Akhirnya living together. Samen leven.
Kawin tapi gak nikah, bobo bareng, etc...
gitu lho. Hem ?

A = Ok, aq ngerti Leo, cuma aq bingung aja, aq tau
kalo itu bagian dr kita. Cuma kadang kan ada yg omong
guru sejati itu ada wujudnya ?

L = Diyacain aja ya, pake ROSO aja. Roso _tidak_
berarti harus ada wujudnya, walaupun bisa juga ada.
Dan kalau muncul wujudnya, bisa beda. Bisa beda2,...

A = Sedang aq blm pernah melihat wujudnya.

L = Someday you will. Someday you will "meet" with
Guru Sejati in your dreams. Bisa ngomong memang, bisa
komunikasi memang. Tapi itu kan tetap SIMBOL saja.
Harus di-interpretasikan juga. Bisa melihat atau
bertemu dengan "Guru Sejati" itu kala OOBE. Bisa
dikala tirakat. Macam2. Yang pasti bukan secara face
to face fisik, gak gitu.

A = Slama ini stiap aq komunikasi dgn dia, aq tanya ke
dia. Tolong aq pengen ngerti tentang km, walo hanya
dalam mimpi. Tp jawabnya "blm waktunya Andy."

L = Ya udah, kalo belom waktunya berarti SOMEDAY akan
sampai. One day akan SAMPAI WAKTUNYA... --So, sampe
nanti ya,... have a nice weekend. Ntar ketemu aku di
mimpi ya ? Aku pake topi biru ya ? Bay bay !!

A = Ok deh, Leo. Bye ! Aq tunggu di mimpi !

+++++++++++++

TELEPATI KE MAKHLUK ANGKASA LUAR

A = Ardi
L = Leo

A = Halo, Mas Leo. Siang !

L = Siang, Ardi !

A = Tadi ada coba2 telepati, mas. Hmm, coba telepati
ke Makhluk Luar Angkasa; kan seperti mas bilang mereka
adalah simbol kesadaran tinggi. Jadi saya minta
bantuan sama mereka, bimbingan kepada saya dan minta
diproteksi juga, hasilnya ada rasa energi damai
diseluruh tubuh mas, seakan rasa "anda telah
mengaktifkan bantuan besar yang tersedia dan kami
selalu ada". Itu yang saya rasakan mas, diiringi
dengan energi damai meyelimuti aura dan tubuh saya....
--"Rasa"nya telepati itu bukan dalam
bicara, but dalam bentuk pengertian gitu ya mas ?

L = Lha, emang gitu. Memang dalam bentuk IMPRESSI2.
Seperti sesuatu yang TEREKAM di dalam BATIN.

A = i see. Lalu saya kan pernah baca buku spiritual
ttg comander ashtar mas, pernah kenal dengan nama
comander ashtar ini ???

L = Gak. Siapa ?

A = Hmmm, mirip master spiritual gitu ya mas; pas
telepati saya merasakan energi sejuk dari dia, sejuk
dan "besar".

L = Ya, air, elemennya AIR. Seperti itu ?

A = Kurang tau juga ya mas, but ada koneksi mirip
saudara2 luar angkasa; hubungan dengan luar angkasa
gitu dia mas, but intinya telepati sama mereka ada
penuh inspirasi.

L = Hm.

A = kenapa pas saat gempa itu rasanya tubuh saya lemes
ya mas ? atau memang tubuh saya capek ??? but temen2
saya sesama praktisi reiki agak lemes waktu gempa tsb

L = Banyak yang ngerasain di fisik, gak apa2. Kita kan
memang connected, berhubungan.

A = Jadi gak ada masalah ya mas ?

L = Gak. Sama aja kayak cuaca. Kalo lagi panas, kita
lemes. Gempa kan mempengaruhi cuaca. Itu kan
pergerakan alam.

A = i see. Mas Leo, orang waskita itu mata3 nya
terbuka ya mas ??

L = Hm, seharusnya begitu kalau itu benar dan bukan
boong2an... Aku harus jalan sekarang, ada appointment
jam 12. Bye !

A = Ok deh, bye !

+++++++++++++

KRISTAL QUARTZ UNTUK NETRALISIR ENERGI NEGATIF

T = Tony
L = Leo

T = Siang, Mas Leo. Saya Tony di Sidoarjo. Wah, ..
lagi nunggu antrian .. BUZZ!!!

L = Siang Mas Tony, anything I can do for you ?
Sidoardjo deket Lapindo yah ?

T = Ya dekat lapindo, tapi agak jauhan, ndak kena
dampak. Mo tanya Mas Leo, perihal air keras & bawang
putih lanang u/ netralin energi yg ndak karuan .. Adik
saya kalo tidur sering digangguin, ada yg utik2 gitu;
ya .. udah saya bersihin, saya kasih bola energi
perlindungan.

L = Trus ?

T = Tapi kadang masih bisa masuk juga nih, gimana
menurut Mas Leo, apakah energi alam semesta yg saya
pake kurang ? saya sekarang lagi akses itu energi,
gimana nurut Mas Leo ?

L = Pakai kristal lebih praktis. Kristal Quartz. Pakai
yang kecil saja, dikantongin saja. Quartz itu
mendaur-ulang energi negatif.

T = Apaan tuh ?

L = Kristal, batu kristal. Batu kristal asli dari
dalam tanah, dan bukan buatan pabrik.

T = ooh .. belinya ada dimana ?

L = Belinya di toko batu2an. Kristal itu termasuk
amethyst, citrine, quartz, kecubung putih,...
dsb.

L = hm ..

L = Di Indonesia, QUARTZ lebih dikenal dengan nama
KECUBUNG PUTIH. Itu bisa diisi energi dan dibawa-bawa.
Tapi, menurut aku, tanpa diisi energipun memang bawaan
alami batu itu mendaur ulang energi negatif. Jadi,
ditaruh saja sudah ok. Sekali-sekali dicuci pakai
sabun dan air garam. Itu saja.

T = Begitu ya .. Mengenai enrgi yg saya akses skarang
ini nurut Mas Leo gimana ?

L = Ok aja. Itu udah cukup lageeh. It's enough, kok
masih ribet ? Gak usah nervous, ikhlas dan pasrah aja,
gak ada yang bisa masuk kok.

T = Tapi info adik saya kadang masih bisa masuk,
digangguin gitu, ada saran ?

L = Menurut aku, gak ada yang bisa masuk. Nah, dia itu
NERVOUS. Ada SUGESTI. Caranya ya doa, ikhlas
pasrah,... en jujur deh. Gak usah manja. Musti maksain
diri supaya PD. Lama2 PD sendiri. Gelang tembaga itu
juga ok, kalo mao pake. Aku merasa seperti itu, for
this case.

T = Hm, oke deh, my energi oke Mas Leo ? cukup kuat
?baeknya untuk penyembuhan fisik ato mental ? saya
kirim ke Mas Leo ...

L = Itu MENTAL mas, MENTAL ASLI. Buat jebretin orang2
yang SOK TAHU. Buat bikin melek orang2 yang gak mao
melek. Termasuk buat NYADARIN orang2 yang TERLALU
MANJA. Pake aja, tembakkin aja. It's MOSTLY MENTAL.
Ngomong aja apa adanya, orang2 akan langsung bisa
mengerti. Please prove it ya,... harus dibuktikan
sendiri. Bicara saja. You have to TALK everywhere you
go. And people will be helped when you TALK. Itu aja
yang aku lihat dari sini.

T = Oke deh Mas Leo, thanks !

L = You're welcome. Bay bay!!

T = Bye !

+++++++++++++

DOA ITU MEDITASI, DAN MEDITASI ITU DOA

A = Aris
L = Leo

A = Sore, pak !

L = Sore, Mas Aris !

A = Ganggu gak nih ?

L = Gak, why ?

A = Tadi pagi, pas abis sholat subuh saya coba wirid,
masih di sajadah posisi sila baca laila haillalah,
makin lama kain kenceng.

L = Then ?

A = Makin merinding, trus saya makin kayak trance. Ini
pertama buat saya, lama2 kok kayak ketarik ke atas
sampe jadi gak bisa nafas; kayak mau di-pull ini jiwa
saya, tapi saya terusin sampe akhirnya jadi lossss.

L = Nanti biasa aja, memang begitu rasanya. Hm...
bukan "jadi gak bisa nafas" benernya, tapi NAPAS JADI
PERLAHAN SEKALI. Napas perlaaaaahaaaaannnnn
sseeeeekaaaaleeeeeeehhhh slloowwwwwww.....

A = ooo... Kan lagi bersila tuh, kaki saya mulai
ngambang, tapi karena udah keringetan dan takut,
akhirnya jadi terjengkang ke belakang.

L = Lah ?

A = Emang gitu ya pak ? Ga tau deh, makanya nanya
bapak, takut abisnya...

L = Rileks aja, rileks tapi tetap tegak. Kalo kaki
kesemutan, berenti dulu. Trus lanjutin lagi. Gak usah
takut. Aku aja bisa pake interval.

A = Sebenernya nggak kesemutan, tapi mulai ngangkat.

L = Hm... sensasi "ngangkat" itu juga biasa, benernya.

A = Interval? maklum pertama kali nih, pak.

L = Ya, interval, bisa stop dulu bentar. Trus
dilanjutin lagi. Emangnya gak boleh pake interval
?Suka suka kita dunk.

A = Oh, oke. Kalo perasaan tercekik ga bisa nafas itu
gimana ngatasin nya ?

L = Tarik napas yang panjang. Tarik sampai full.
Sampai bener2 full baru dilepas... Setelah full sampai
BAWAH baru tarik napas lagi. Tarik sampai full di
ATAS, setelah itu baru lepas. Jadi, nanti akan seperti
RODA yang berputar.

A = Oh, oke oke.

L = Tarik napas sampai mentok di ATAS, lalu berganti
haluan; dikeluarkan terus sampai mentok di BAWAH, lalu
berganti haluan lagi. Begitu seterusnya. Dan makin
lama memang NAPAS MENJADI MAKIN PERLAHAN. Itu
otomatis.

A = Saking ga bisa nafas sampe kepala saya mendongak
tinggi banget supaya dapet udara... --Sebenernya saya
udah mulai dapet efek yang nyaman, soothing, kiri
kanan jadi putih kayak awan.

L = Good, terusin aja. It's ok. Aku juga gitu.

A = Jadi ketagihan.

L = He he he.

A = kalo udah gitu kita bisa pergi kemana tuh pak ?

L = Wah, disitu-situ aja seh, emangnya mao pergi
kemana lageeh ? According to my experience, yang
"jalan2" itu nanti di mimpi. Nanti di mimpi bisa lihat
macem2, SIMBOL2. Bisa ketemu macem2. Itu nanti di
MIMPI. Kalau sedang meditasi dengan wirid, paling
muncul penglihatan sekejap saja.

A = ic ic.

L = Aku pernah dapat penglihatan tiba2 berbentuk Dewa
Ganesha. Di kesempatan lain muncul Syekh Abdul
Qadir Jaelani (ini yang ngagetin, ternyata bule dan
gede banget). Di kesempatan lain muncul penglihatan
Dewi Kwan Im. Things like that... Bisa juga tiba2
mendengar suara tanpa ada yang berbicara. Tapi pada
umumnya, meditasi dengan wirid itu cuma memunculkan
PERASAAN TENANG. Perasaan seperti dicharged dengan
energi. Dan energinya beda. You know yourself that
ENERGI DARI MATA KETIGA itu beda banget. Gak sama
dengan energi yang dari fisik atau cakra2 level bawah.
Beda mas, dari Mata Batin itu rasanya menyegarkan,...
terkadang pengen nangis jadinya. So much for the
experience. Terusin aja yah !

A = Meditasi wirid ini termasuk mengasah mata ketiga
kan ya pak ?

L = Well, emangnya piso mao diasah ?

A = hehehehe

L = Waduh, istilahnya apa ya ? Aku seh sukanya nyebut
itu DOA. Bagi aku, DOA ITU MEDITASI. Dan MEDITASI
ITU DOA. Dan melakukannya seperti itu. Gak pake
visualisasi, melainkan doa yang diulang-ulang di Mata
Ketiga. Just that. Very simple. Aku kan orangnya gak
neko2. Gak punya teknik macem2. Cuma satu itu aja. Hem
?

A = Badan abis itu seger banget, nyaman, very
soothing...

L = Yeah... Well, siap2 buka puasa ya, talk with
you later yah ?

A = Oke pak, thanks for the chat, bye !

L = You're welcome. Bay bay !!

+++++++++++++

[Leo adalah seorang praktisi PSIKOLOGI TRANSPERSONAL
dan bisa dihubungi di nomor HP: 0818-183-615.
E-mail: <leonardo_rimba@ yahoo.com>.
Untuk bergabung dengan MILIS SPIRITUAL-INDONESIA,
please click this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia>].

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Endurance Zone

on Yahoo! Groups

Communities about

higher endurance.

Fashion Groups

on Yahoo! Groups

A great place to

connect and share.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: