Jumat, 02 November 2007

Re: [psikologi_transformatif] Re: Mengurangi Tawuran


Maaf, saya mau ikut komentar.

Pandangan Bapak Jusuf Sutanto kali ini tidak searif biasanya.
Saya kira Bapak bisa mengemukakan pandangan yang lebih arif.
Pandangan yang menentramkan, bukan malah menyulut.
Kearifan yang ada dibuku, bukan hanya untuk dibicarakan dan dijual,
silahkan diterapkan disini. Maaf.
 

On 11/3/07, Jusuf Sutanto < jusuf_sw@yahoo.co.id> wrote:



----- Pesan Asli ----
Dari: wolikertajiwa <wolikertajiwa@yahoo.com>
Kepada: psikologi_transformatif@yahoogroups.com
Terkirim: Jumat, 2 November, 2007 2:08:28
Topik: [psikologi_transformatif] Re: Mengurangi Tawuran 



--- In psikologi_transform atif@yahoogroups .com, "sinagahp"
<sinagahp@.. .> wrote:
>
> Rekan-rekan Yth.,
> Adakah yang dapat kita tarik dari pengalaman itu?
>
> Khususnya, untuk tujuan agar milis ini dapat menjadi sarana diskusi
> transformasi yang lebih berkembang dan berkualitas, daripada sekedar
> mengurusi apa yang pak Jusuf katakan sebagai "orang yang bernafas
dalam lumpur".
>
> salam,
> harez
===============

Kalau  anda  perhatikan  millis ini, maka setiap kali terjadi masalah , tiba-tiba muncul nama-nama fiktif baru pertanda adanya kepribadian yang terbelah  yang ikut meramaikan tawuran dunia maya ini dengan debat yang mulai dari senggol2an ; cubit2 an; tonjok2 an sampai saling melempar batu, mangkok piring dsb, didorong oleh insting pre-mordial yang bersumber dan berputar-putar pada ego nya sendiri.

Tidak nampak samasekali indikasi upaya untuk melihat masalah dari sudut ilmu pengetahuan dan bertanya pada orang yang berilmu supaya masalah yang dibahas menjadi terang ! Sehingga keadaannya mirip orang botak dan gundul yang sedang jambak-jambakan !

bandingkan  saat Newton melihat buah apel jatuh dari pohon, lalu dia tahu mengapa planet-planet yang berserakan di langit (chaos)  itu tidak bertabrakan, karena adanya hukum yang kemudian dikenal sebagai hukum Newton.

Kemudian imaginasinya berkembang lagi dan dia seolah terbang ke langit, hinggap di matahari, dan sampai pada kesimpulan ternyata yang menjadi pusat adalah matahari, bukan seperti anggapan semula bumi sebagai pusatnya.

Kesadaran baru ini membuat perubahan mendasar dalam memahami hakikat manusia yang kini mulai bisa memikirkan siapa dirinya, dari mana asalnya dan sedang menuju kemana " sangkan paraning dumadi ".

Akibatnya kita membuang-buang waktu saja di milllis untuk melampiaskan naluri  ' pokoke aku menang, yang menentang akan kugilas '.  Tanpa pernah mengkritisi diri lalu untuk apa dan manfaat apa yang saya akan dapat dari terlibat dalam tawuran ini ?

Teknologi internet yang seharusnya bisa menjadi wahana untuk belajar dan terus belajar menjadi manusia supaya bisa menjalani hidupnya dalam tingkatan yang setinggi mungkin (Konfusius) ,  lalu menjadi mubazir.

Lucunya lagi yang berpendidikan psikologi alih-alih ikut menjernihkan, malahan ada yang tampil dengan berbagai nama samaran dan ikut tawuran juga.  Karena itu selalu saya ingatkan mengapa tidak  menyimak kembali disertasi Fuad Hassan  bahwa manusia adalah mahluk yang belum jadi dan terus menerus  sedang dalam proses  eternal becoming !
Ini sejalan dengan ajaran Konfusius supaya kita jangan sibuk berdebat tentang ' kepercayaan' mengenai  masa depan sesudah mati, tapi ikut mengalir dalam proses menjadi manusia yang terus menerus mau belajar yang akhirnya  seperti ratusan sungai akan bertemu juga dalam samudera.


Kita tentu bisa minta supaya moderator mengambil insisiatif untuk mengarahkan, tapi dalam suasana kebebasan yang sedang marak, adalah lbh cantik kalau mulai dari dirinya sendiri seperti lagi2 terpaksa hrs saya kutip Konfusius " jangan berbuat sesuatu pada orang lain yang kamu tidak mau orang lain melakukan hal itu kepadamu ".

Ini bisa dibaca dalam buku mengenai penerapan ajaran Konfusius di Singapore yang diterbitkan oleh Hikmah / Mizan dengan Kata Pengantar dari saya dan juga Fuad Hassan.

Salam,

Jusuf Sutanto




Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
10 pairs of tickets

a day from Yahoo!

Fly home for the

Holidays for free.

HDTV Support

on Yahoo! Groups

Help with Samsung

HDTVs and devices

Special K Challenge

on Yahoo! Groups

Find shape-up

tips and tools.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: