Selasa, 18 Desember 2007

[psikologi_transformatif] Mengenali pola, lahirkan perubahan

appreciative life

Mengenali pola, lahirkan perubahan

Budi Setiawan, M.Psi
Pendidik di Fakultas Psikologi Unair
LP3T, Pelopor Psikologi Positif

    Hari-hari ini. Saya lagi menikmati lejitan keasyikan Damai, putri semata wayang, dalam berceloteh. Satu kata demi satu kata. Tiba-tiba dalam usianya yang masih belum genap 2 tahun, melejit menjadi dua, tiga bahkan empat kata. Kemarin setelah mandi, Damai menolak pakaian yang akan dipakaikan oleh ibunya buat dirinya. "meme ndak mau ini...yang lain...meme pakai kaos aja...". Bagi mereka yang memperhatikan anaknya bermain bahasa, setiap tahapannya merupakan keajaiban kecil yang mewarnai hari.  Kok ajaib? Bayangkan, anak kita yang sama sekali tidak paham alfabet, bisa-bisanya menggunakan kata dan kalimat menarik.
    Lain lagi kisah teman saya yang imut, dewi paling suka menyanyi di karaoke. Kalau sudah nyanyi, habis-habisan katarsis. Menumpahkan seluruh beban dan rasa. Bagaimanapun, saya harus acungi jempol. Habisnya, saya sendiri kalau nyanyi selalu konsisten. Konsisten di luar jalur. Alias fals terus. Herannya, dewi dan saya itu sama-sama tidak bisa membaca not balok. Tidak tahu tata cara menyanyi yang baik dan benar.
    Apa yang bisa kita pelajari dari dua contoh tersebut? Secara alami. Secara manusiawi. Kita melakukan segala sesuatunya dengan memahami pola terlebih dahulu, bukan elemen-elemennya. Memahami maksud dan kalimat yang mengandung maksud itu. Bukannya mengenali dan menghafalkan abjad terlebih dahulu. Memahami ritme dan memproduksi suara sesuai ritme itu. Bukannya mengenali not balok dan menghafalkannya terlebih dahulu. Terus terang. Saya minta ampun kalau disuruh ngajari abjad demi abjad ke Damai. Dan lebih minta ampun lagi, kalau disuruh mengenali dan menghafalkan not balok.
    Intinya. Kenali pola. Apa pentingnya? Makna suatu pola jauh melampui penjumlahan elemen-elemen pembentuknya. Semisal, 3 warna dasar (merah, hijau dan biru) bisa membentuk sebuah lukisan yang indah. Garing kalau kita menikmati lukisan indah itu dengan mengenali warna dasar yang digunakan. Mahakarya Beethoven "Fur Elize", Mais Que Nada dari Sergio Mendez, maupun Menghapus Jejakmu Peter Pan diciptakan dari hanya 12 not musik. Dashyat! Seluruh revolusi komputer dan jaman informasi sekarang berpijak pada dua digit, nol dan satu.
    Kapasitas mengenali pola ini atau berpikir sistem, merupakan suatu cara memandang keseluruhan, daripada memandang bagian per bagian. Pergeseran dari melihat elemen, kejadian, fungsi menjadi melihat proses, struktur, relasi dan hasil. Cara ini dapat menghindarkan kita dari solusi reaktif, solusi yang berguna secara jangka pendek dan memperparah penyakit dalam jangka panjang. Cara yang dapat memastikan tindakan perubahan dan pembelajaran yang kita lakukan berjalan mulus.
    Bagaimana praktisnya berpikir sistem dalam kehidupan organisasi dan bisnis kita? Salah satunya adalah dengan teknik 5-mengapa. Teknik ini mengurai rantai penyebab suatu persoalan hingga beberapa langkah sebelumnya, dengan mengajukan 5 pertanyaan mengapa kepada suatu gejala. Agar efektif, jawaban atas setiap pertanyaan hendaknya dijauhkan dari tindakan menyalahkan individu. Ingatlah, tujuan kita adalah mendapatkan penjelasan sistemik atas suatu gejala.
    Penggunaan teknik ini semakin menarik ketika dikombinasikan dengan teknik memandang dari helikokpter (helicopter view). Berhenti sejenak. Bayangkan, anda menjadi reporter tengah meliput dari sebuah helikopter yang terbang diatas lokasi gejala. Awalnya, bayangkan anda meliput ketika gejala terjadi. Ajukan pertanyaan mengapa. Perluas lingkup waktunya. Anda telah meliput sehari sebelum gejala terjadi. Ajukan pertanyaan mengapa. Perluas terus menjadi seminggu, sebulan, setahun, tiga tahun atau bahkan lebih. Setiap kali bertanya mengapa, perluas lingkup waktunya.

Lebih lanjut klik disini
atau di http://appreciativeorganization.wordpress.com

Sumber: Majalah People & Bussiness



Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Instant hello

Chat over IM with

group members.

Connect w/Parents

on Yahoo! Groups

Get support and

share information.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: