Jumat, 29 Februari 2008

[psikologi_transformatif] DAS KOPIkenTAL: Fatalisme Institusional

People needs $ymbol$ more than they need themselves.. .
By SeksPeare.

Beberapa waktu lewat, dalam suatu diskusi di sebuah mailing list (thread DAS KOPIkenTAL: Lennon & Lenin) seorang Penaggap sempat mengungkapkan keheranannya, mengapa ½Kopitalisme½ cendrung ½menyerang½ institusi?

Paragraf diatas adalah salah satu alasan mengapa ½Fatalisme Institusional½ ini menjadi topik DAS KOPIkenTAL.

Dan sebelumnya, saya ingin awali dengan beberapa illustrasi "kecil", sebagai berikut:

Sketsa 01:  Terdapat dua buah komunitas maya, dimana kedua komunitas tersebut –katakanlah komunitas A dan komunitas B- berisikan anggota berasal dari kelompok usia yg relative sama, medium yg sama yakni internet, dengan topic yang sama yaitu tulis menulis.

Suatu ketika kedua komunitas ini mengalami persinggungan di sebuah mailing list, dan selang beberapa saat lamanya terjadi adu pendapat, ketua kelompok A lalu menawarkan usulan kerja sama, yakni bergabung untuk melakukan aktifitas pelatihan tulis-menulis bagi anggota yg berminat dari kedua komunitas tersebut.

Selang beberapa saat lamanya, usulan pelatihan tulis-menulis ini ternyata tidak berjalan, alias menggantung.

Apa pasal?

Sketsa 02:  Terdapat sebuah kelompok profesi, yang anggotanya berisikan kalangan Arsitek, dengan usia yg bervariasi, dan berasal dari sebuah kota.

Anggota kelompok ini terlibat adu pendapat dan diskusi mengenai kondisi carut-marut kota dimana mereka beraktifitas. Dalam diskusi tersebut, diajukanlah berbagai model dan gagasan tentang pembangunan dan pengembangan kota yang dituliskan oleh beberapa Pakar perkotaan dari berbagai Negara.

Mereka yang terlibat diskusi tersebut, lalu berfikiran untuk menuangkan gagasan-gagasan tekstual dari buku tersebut, untuk dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah, thesis, disertasi, dll. Tak ketinggalan untuk mengerahkan para mahasiswa diterjunkan dalam penelitian-peneliti an dalam bingkai Arsitektural di kota tersebut.

Singkat cerita, berbagai seminar akademik, dilaksanakan berdasarkan thesis dan disertasi yg sebelumnya mereka rampungkan sesuai standard-standard ilmiah Arsitektural yg berlaku. Beberapa pihak senang dan puas, dari hasil yang mereka dapatkan. Yakni: kredit point, dan status dilengkapi dengan berbagai simbol-simbol akademik yang semakin mapan.

Berubahkah kondisi kota yang mereka tinggali?... TIDAK!... Bahkan semakin semrawut.

Apa pasal?

Sketsa 03: Sebuah proyek berskala internasional, yg objektifitasnya adalah meningkatkan standard pengelolaan manajemen pertanahan dengan melalui prosedur pendataan administrasi lahan pertanahan sebuah Negara yg dalam proses transisi. Proyek ini, melibatkan profesional lintas institusi beberapa Negara, kemudian amburadul, bahkan mungkin terancam ½ambruk½. Padahal semua privelej dibidang teknologi dan ilmu yg dibutuhkan tersedia, dengan budget yg sangat besar. Tak kurang, dilengkapi pula dengan kursus-kursus stress management, team building bertaraf internasional. ..

Apa pasal?...

Pasal selanjutnya. ..

 Be Fun

TuHanTu

http://hole-spirit.blogspot.com

 

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: