Rabu, 05 Maret 2008

[psikologi_transformatif] OoT: Jangan Merusak Birokrasi dengan Suap ?

Kompas, Kamis, 6 Maret 2008 memuat head line "Jangan Merusak Birokrasi dengan Suap".
 
Kompas menulis, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta dukungan dari kalangan pelaku usaha untuk tidak memanjakan dan merusak birokrasi pemerintahan melalui pemberian suap. Di ungkapkan, birokrat bukan malaikat. Jika terus digoda dengan suap, seberapa baiknya pun mereka lama lama akan hancur.
 
Apapun alasannya, kita tidak dapat "hanya" menyalahkan pihak lain karena dalam "suap menyuap" selalu ada dua pihak yang terlibat (belum termasuk broker….). Bisa saja pelaku usaha balik menyalahkan Birokrat yang seharusnya menjadi "ibu" dari economic society melalui fungsi regulasi/perijinan, infrastuktur, iklim usaha dsb. tidak pernah peduli terhadap hidup matinya perusahaan yang notabene harus menanggung biaya "pasti" gaji karyawannya, resiko penalti dari pelanggan, resiko bunga bank dsb. bahkan tidak jarang pengusaha malah dijadikan "sapi perahan" kepentingan politiknya.
 
Pameo "kalau bisa dipersulit mengapa dipermudah" mengindikasikan tidak berjalannya "sistem" birokrasi sehingga pihak pengusaha menjadi tergantung pada "oknum oknum" tertentu yang bisa melicinkan urusan pekerjaannya. Untungnya dalam hal ini supremasi hukum bisa "dibeli" oleh para pengusaha sehingga resiko hukum atas pelanggaran dapat diminimalkan.
 
Pernyataan "birokrat bukan malaikat" tidak berarti "membebaskan" birokrat dari kewajibannya untuk menjalankan birokrasi yang bersih dan profesional karena jika yang menjadi alasan adalah gaji yang tidak memadai, hal tersebut sudah merupakan resiko sebuah pilihan. 
 
Kiranya Model Servo (lihat : http://servocenter.wordpress.com/2007/05/02/model-servo/) dapat dijadikan rujukan dalam membangun sistem yang tumbuh dalam bernegara.
 
Salam,
 
Isywara Mahendratto


Looking for last minute shopping deals? Find them fast with Yahoo! Search.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Featured Y! Groups

and category pages.

There is something

for everyone.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: