Jumat, 31 Agustus 2007

[beasiswa] [BUTUH INFO] minta saran.. IPK bagus tapi ada komponen nilai D

Kepada para senior milister yth,
Ass. wr. wb,

Saya Putri, sedang menempuh kuliah tingkat akhir, di salah satu PTN di Bandung dan insya Allah semester depan akan menyusun skripsi. Saya termasuk beribu-ribu orang yang akan mencari beasiswa ke luar negeri setelah lulus S1. Tetapi ada satu permasalahan saya. Saya mempunyai satu mata kuliah bernilai D, saya telah mengulang mata kuliah tersebut sebanyak dua kali, dan hasilnya tetap sama. Ini mungkin dikarenakan saya pernah mempunyai sedikit masalah dengan dosen yang bersangkutan. Tetapi secara keseluruhan IPK saya tidak mengecewakan. IPK terakhir saya 3.4.
Yang ingin saya tanyakan adalah apakah nilai D tersebut akan diperhitungkan jika saya akan melanjutkan ke tingkat S2 nanti lewat jalur beasiswa atau tidak walaupun IPK terakhir saya bagus?
Berhubung saya ingin sekali melanjutkan pendidikan ke tingkat master. Terus terang, ini sangat menjadi beban pikiran saya, dan semester ini saya akan mengulang mata kuliah tersebut untuk yang ketiga kalinya.
Mohon bantuan dari para senior milister semuanya.

Salam,
Putri

//////////////// MODERATOR'S NOTE ////////////////////

Dampak adanya nilai D pada satu mata kuliah meskipun IPK keseluruhan bagus mungkin bisa memperhitungkan beberapa faktor:

- Seberapa penting mata kuliah tersebut dalam program S1 yg sekarang dijalani: apakah mata kuliah utama, pilihan, atau lainnya?

- Seberapa penting bidang yang dicakup oleh mata kuliah tersebut dalam program S2 yang akan diambil? Apakah mata kuliah tersebut bakalan menjadi major, minor, atau lainnya? Apakah mata kuliah tersebut menjadi salah satu requirement mata kuliah specific yang mesti diambil selama studi undergraduate, dsb?

- Subjective serta objective criteria dari pemberi beasiswa serta persepsi mereka atas kedua faktor di atas sebelumnya.

Entry requirement untuk master hingga spesifik nilai minimum (misalnya D atau lainnya) akan sangat bergantung dari universitas dan department masing-masing. Misalnya, tipikal rata2 entry requirement untuk studi tingkat master di Inggris mempersyaratkan hal2 sbb:

"Applicants for postgraduate taught programmes should have obtained at least an upper second class honours degree (or equivalent) ... Some of our taught programmes require you to have covered specific topics in your undergraduate degree."

Dari sini yang diminta adalah overall nilai selama undergraduate (S1), dengan batasan minimum upper second class honours degree (or equivalent). Tidak ada spesifikasi nilai minimal per mata kuliah di S1 sebelumnya. Namun memang ada persyaratan bahwa mata kuliah tertentu mesti sudah diambil sebelumnya di S1. Untuk lebih jelasnya apakah specific topics tersebut sifatnya kritikal, bisa dibaca prospektus masing2 jurusan/department.

Mestinya sih, selama tidak ada mata kuliah yang 'failed' selama S1, dengan IPK overall yang bagus Insya Allah tidak bakalan ada kesulitan untuk apply dan lanjut ke program master. Kalau untuk studi lanjut dengan beasiswa, paling tidak kita akan dimintai penjelasan mengapa satu nilai mata kuliah tersebut kurang baik (jadi, semacam justifikasi mengapa nilainya tidak sebagus nilai mata kuliah lainnya).

Jika kamu mengambil mata kuliah yang sama lebih dari satu kali (hampir tiga kali) tetapi nilai yg didapat tidak berubah, itu pun bisa berbalik menjadi bumerang buat dirimu. Jika permasalahan ada di dosenmu, telusuri apakah masih ada kemungkinan untuk ganti dosen.

//////////////////////////////////////////////////////


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: