Jumat, 31 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] “There is nothing new the same sun”

Tulisan ini saya repost lagi karena diskusi tentang suatu topik yang beberapa tahun lalu pernah ramai didiskusikan kembali muncul di salah satu milis yang saya ikuti dan sebagian besar para peserta nya juga itu-itu juga..... dan sebagai tambahan untuk tulisan di bawah, seorang sahabat saya, mantan manager saya tepatnya, di salah satu kantor akuntan publik pernah mengatakan bahwa kalau kita tidak bisa menghadapi dan menyesaikan suatu permasalahan dengan baik dan memperoleh pelajaran yang lengkap darinya atau menemukan hikmah dari peristiwa atau kejadian itu, kejadian yang sama atau sencara esensial sama itu akan muncul lagi dan muncul lagi seperti siklus yang berulang... selamat menikmati dan selamat berakhir pekan...
 
==
Ucapan itu pertama kali saya dengar waktu saya masih kuliah di Yogya, dari mulut dosen Auditing saya yang doktor lulusan amrik. Beliau mengatakan ini waktu menceritakan pengalamannya kuliah di Amrik saya, dan Professornya bilang begitu waktu dia nanya, untuk thesis Doktoralnya topik apa sih yang belum ada dan bisa ditulis, ya dijawab begitu, dan juga ditambahkan bahwa, "There is nothing new under the same sun, what is new is the approach and the point of view in the way people presenting those .... " , lalu si Pak dosen ini menulis sesuatu dan dapat nilai A juga... hehehe
 
Ujaran "There is nothing new under the same sun" itu mungkin sebelumnya sudah pernah saya dengar atau baca, cuma, mungkin dulunya tidak memberikan kesan apa-apa, tidak memberikan makna apa-apa bagi saya, namun dengan berjalannya waktu banyak kejadian yang menjadikan saya memahaminya dengan lebih mendalam.
 
Anda juga tentu sama dengan saya,, dan dalam keseharian kita tentu banyak memperoleh informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber dan bisa saja pada satu masa kita baru menyadari makna, maksud atau rahasia dari satu atau lebih pandanga orang  yang pernah kita baca,  dan umumnya itu terjadi sesudah ada kejadian-kejadian yang menjadikan kita mau merenungkan kejadian itu lebih mendalam dan lalu pengetahuan itu menjadi lebih bermakna.
 
Ada dua poin yang ingin kita obrolkan hari ini, yang pertama tadi adalah there is nothing new under the same sum alias tidak ada sesuatu yang baru di dunia ini, di bawah matahari yang sama. Yang ada itu hanyalah pengulangan-pengulangan akan segala sesuatu yang sudah pernah terjadi, sudah pernah ada. Tentu anda tahu dan pernah terpikirkan akan hal ini dalam kehidupan anda. Ini tidak hanya di dunia mode - fashion, di dunia pekerjaan dst dst. Boleh dikatakan semua bagian dari kehidupan ini adalah pengulangan-pengulangan atau perputaran-perputaran, atau siklus. Apa anda sudah lupa? Bumi kan berputar mengelilingi Matahari, dan juga mengitari galaksi Bima sakti, berputar juga pada porosnya dan entah pada apalagi berputar atau beredar.... bukankah itu juga merupakan sebuah pertanda bahwa kita itu sebetulnya berputar-putar, hidup dalam sebuah labirin besar?? Hehehehe.
 
Nah, kalau anda bisa mamahami hal ini, sebetulnya ketika anda menemukan sesuatu yang baru atau penting bagi anda, semoga anda lalu tidak membiarkan rasa bangga, sombong atau semacam itu tumbuh di dalam batin anda, karena, itu sangat mungkin bukanlah sesuatu yang baru bagi orang lain. Bisa saja itu sudah basi bagi orang banyak. Tapi, tidak perlu juga anda jadi minder kalau anda ternyata itu tahu atau menemukannya itu paling lambat di antara komunitas anda, ya, sangat bisa jadi, ketika orang lain sudah menemukan atau memperhatikan apa yang baru saja anda temukan atau perhatikan itu, anda sedang menikmati kegiatan lain, pengetahuan lain atau hal-hal lain. Wajar saja. Jadi dengan memahami akan siklus ini, anda bisa tenang, tidak sombong atau pun tidak rendah diri.....
 
Poin kedua yang ingin saya obrolkan itu adalah soal anda sudah pernah mendengar sesuatu atau membaca sesuatu, tapi lalu kesannya itu tidak ada bekasnya dalam diri anda alias lupa atau tidak ingat atau tidak memberikan makna. Lalu ketika ada kejadian yang menimpa anda dan lalu membuat anda mau merenungkannya, baru anda bisa menemukan makna dari apa yang pernah anda baca sebelumnya.
 
Dalam dunia spiritual, seorang guru saya pernah berkata begini,"Anda tidak pernah akan bisa ingat uraian ajaran yang mendalam, yang tataran untuk itu belum anda capai. Tapi ketika tataran batin itu dicapai atau kondisi batin anda itu sudah pada tataran/frekwensi itu, ingatan akan uraian ajaran itu akan muncul dengan sendirinya."
 
Nah, mungkin sekali, ketika anda membaca sebuah tulisan tentang apa saja, bukan soal spiritual saja, tingkat pengetahuan anda akan tulisan itu baru sebatas mengerti secara pikiran, secara simbol-simbol pemikiran dalam bentuk tulisan, bentuk kata-kata dan pemahaman anda itu hanya dalam bentuk rangkaian analogi atas ingatan anda akan makna kata dan hubungannya dengan kata lain yang tersusun dalam tulisan itu. Untuk uraian yang berkaitan dengan kegiatan fisik, ilmu pengetahuan yang barkaitan dengan benda, orang secara fisik tentu saja akan bisa dipahami dengan pendekatan analogi dan memori semacam itu, namun, tulisan spiritual biasanya tidak berkaitan dengan makna analogis semacam itu, namun lebih pada upaya menganalogikan sesuatu yang lebih halus dari analogi memori dan pengkaitan makna simbolis dari kata-kata itu agar bisa menjadi suatu referensi bagi para peminat spiritual lainnya bahwa pada waktu ketenangan dan kepekaan batin si penekun itu telah berada pada tataran yang dimaksud si penulis, pengalaman batin yang mirip dengannya itu akan bisa ditemukan atau dialami.
 
Oh ya, ini hadiah wik en buat Pak TDA, thank you atas inspirasinya....
 
hahahaha, selamat berakhir pekan.
 
Serpong, empat belas oktober duaribu enam


Diskusi dan pertanyaan mohon di kirim ke japri;irwan.sutjipto@yahoo.com
http://www.friendster.com/isutjipto
http://groups.yahoo.com/group/irwan_sutjipto/
http://www.friendster.com/group/tabmain.php?statpos=gdis&fid=303848
Gallery:
http://www.flickr.com/photos/10455309@N05/


Park yourself in front of a world of choices in alternative vehicles.
Visit the Yahoo! Auto Green Center.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Official Samsung

Yahoo! Group for

supporting your

HDTVs and devices.

Fashion Groups

on Yahoo! Groups

A great place to

connect and share.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: