Kamis, 23 Agustus 2007

[beasiswa] Re: [BUTUH INFO] Topik Riset untuk Aplikasi ADS

Dear Nino,
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan2 anda, mudah2an bisa membantu.

1. Untuk menentukan mana topik riset yang baik itu susah, tapi
sepengetahuan saya, topik yang terkait dengan pengembangan
daerah/negara kita cukup menarik minat supervisor dari luar. Atau
topik yang lagi hangat di bicarakan saat ini (misalnya disaster,
poverty, dll), tapi tergantung lagi dengan jurusan anda.
Yang pertama anda lakukan adalah menentukan topik anda sendiri baru
menghubungi universitas mana yang anda akan tuju. Biasanya pihak
universitas atau school/department yang bersangkutan akan mencarikan
supervisor yang tepat buat anda. Nah, kalau anda sudah mendapatkan
alamat dari supervisor tersebut, sebaiknya anda langsung mengirimkan
outline proposal anda untuk meminta pendapatnya dan langsung
kesediaanya untuk menjadi supervisor anda seandainya anda mendapatkan
beasiswa ADS.
Kalau memang anda sudah mendapatkan alamat professor yang anda
inginkan jadi supervisor anda, anda bisa langsung kontak dengan dia
dan mendiskusikan topik yang akan anda teliti, tapi saran saya
sebaiknya anda sudah membuat outline proposal yang mungkin nanti bisa
anda gunakan untuk di lampirkan di formulir aplikasi ADS. Karena
kalau cuma topik, kurang bisa menggambarkan dengan jelas apa dan
bagaimana penelitian yang akan kita lakukan nanti.

2. Mungkin kalau dikatakan mutlak tidak juga, karena dari beberapa
pengalaman teman-teman ada yang sampai berubah total tergantung dari
supervisor anda nantinya. Karena sebelumnya anda kan cuman memberikan
gambaran secara umum saja. Tapi menurut saya "it's bit unfair" saja
kalau misalnya dalam proses mendapatkan beasiswa anda sudah
berhubungan/kontak/mendapatkan supervisor dan pada saat anda
mendapatkan beasiswa anda mau mengganti topik, bisa jadi anda juga
akan mengganti supervisor, padahal supervisor yang pertama yang telah
memberikan rekomendasi bersedia menjadi supervisor anda.

Mudah-mudahan bisa membantu.

Salam
Rini


--- In beasiswa@yahoogroups.com, Nino Laksmono <virtuoso_master@...>
wrote:
>


> Dear All,
>
> Saat ini saya sedang mempersiapkan proses aplikasi ADS 2007 - 2008.
Saya ingin mohon petunjuk dari teman-teman sekalian yang sudah pernah
mengikuti proses ini, khususnya yang mengambil jalur riset.
> Di dalam persyaratan ADS, disebutkan bahwa pelamar yang ingin
mengambil kuliah melalui jalur riset diharuskan membuat outline
mengenai topik riset yang akan dilakukan disana. Pertanyaan saya
adalah :
>
> 1. Bagaimana cara mendapatkan topik riset yang baik?
> Saya telah browsing website Universitas yang rencananya akan saya
tuju. Pada profil websitenya diulas area2 riset yang telah dilakukan
di universitas tersebut. Apakah saya harus menghubungi profesor/dosen
di universitas tersebut untuk meminta ijin bahwa saya akan
menggunakan topiknya?
>
> 2. Apakah topik riset yang sudah saya pilih bersifat mutlak, dalam
arti jika saya diterima di Universitas ybs, bisakah saya merubah
topik riset saya?
>
> Mohon pencerahan dari teman-teman sekalian dan terima kasih atas
perhatiannya.
>
> Jabat Erat,
> Nino
>


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: