Kamis, 23 Agustus 2007

Re: [beasiswa] Re: [Butuh Info] Melamar Beasiswa Sebelum Wisuda

Menambahkan catatan rekan Taufik di bawah (khususnya yg bs saya
bagikan adalah buat melanjut PhD).

Beberapa teman, saya tahu, sudah mendapatkan kepastian utk melanjut
PhD sebelum studi master mereka berakhir. Kebetulan waktu itu saya
juga demikian, sudah dpt kepastian beasiswa dan "informal" admission
letter sebelum wisuda master.

Jadi peluang mendapatkan beasiswa PhD sebelum master anda selesai ada
(kalau tidak bisa dibilang besar jg).

Tips yg bs saya bagikan adalah:
- Rajin-rajin mengontak profesor-profesor yg kita minati, jauh sebelum
kita lulus master. Do it a year before!
- Buat aplikasi lamaran yg banyak. Dulu Bung Atar / Vidya pernah
bilang di milist ini kalau ada seorang rekan: Anthony Siahaan yg
melamar sampe banyak sekali (hehehe) yg akhirnya tembus. Jadi, do it
as many as possible, walau tentu harus mempertimbangkan apakah bidang
studi itu akan cocok / sesuai minat anda atau tidak.
- Lampirkan proposal S2 anda, ceritakan progress S2 anda, CV dan contoh2x paper
- Buat statement of purpose yg spesifik, tergantung dari profesor yg
anda tuju dan kampus yg anda lamar. Memang akan melelahkan, tp
rewardnya juga besar.

Kendala yg saya hadapi ketika itu:
- Agak susah meminta rekomendasi dari supervisor kita, khususnya jika
progres penelitian S2 kita belum cukup.
- Kadang-kadang ada kampus yg ketat bahwa harus mengajukan ijasah,
walau sepertinya masalah ini bisa diselesaikan bila anda sudah
memiliki kontak profesor di kampus yg anda tuju dan dia yakin bahwa
anda akan memiliki ijasah itu pada waktu sebelum anda masuk jenjang
PhD.
- Kesusahan yg lain adalah tentunya bagi waktu antara mengerjakan
tesis s2 anda dan juga membagi waktu dengan korespondensi2x dan
membuat proposal s3.

Itu yg bs saya bagikan. Semoga berguna.

Tetap semangat ya!

Salam Hangat,


Saut
Kyoto
http://sautsagala.wordpress.com


On 8/24/07, Taufiq Asyhari <taufiq_baik@hotmail.com> wrote:
> >
> Hi,
>
> Taun ini saya apply program PhD di 2 university sebelum saya lulus
> undergraduate (apalagi wisuda). Sekitar bulan Mei saya apply ke UNSW
> dan University of Melbourne.. Pertimbangan apply saat itu karena yang
> UNSW deadline-nya 30 Mei dan sekalian aja apply yang Unimelb. FYI, baru
> akhir Juli kemaren saya diwisuda..
>
> Alhamdulillah, skrg yang UNSW dah dapat conditional offer.. Untuk
> menjadikan fully unconditional offer, saya tinggal mengirim certified
> copy degree certificate ama transcript semester terakhir.. 2 hal tsb
> bukan masalah lagi skrg karena saya dah diwisuda.. yang masih menunggu
> skrg adalah outcome dari scholarship yang saya apply (i.e. EIPRS) yang
> pengumumannya sktr pertengahan october..
>
> Yang Unimelb masih in progress..
>
> Peluang tetap ada asal bisa memenuhi persyaratan.. Dan yang lebih
> penting gimana convince mereka buat nerima kita.. kendala mungkin
> disuruh ngirim berkas2 berkali2 karena pada saat applikasi memang belum
> ada.. Juga, klo misalnya expected lulusnya tidak tepat waktu bisa jadi
> masalah.. Alhamdulillah, hal yang terakhir ini tidak terjadi pada kasus
> saya..
>
> Taufiq
>
>


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: