Kamis, 16 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] iman dan ruang hidup baru...

dari salah satu web site islam....
 
Iman dan Ruang Hidup Baru
 
Iman memainkan peranan penting dalam kehidupan manusia, dengannya manusia menemukan perbedaan dengan masa lalunya. Iman juga merubah manusia dari dalam dan memperbarui ruh dan jiwanya. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan menjadikan bagian-bagian keberadaan manusia semakin selaras dan mencegah perubahan jiwa, dengan kata lain, iman adalah poin penting dalam kehidupan manusia.
Salah satu contoh penting dari perubahan manusia melalui iman dapat kita saksikan dari cerita Musa as dan Fir'aun. Al quran dalam berbagai surat mengisyaratkan cerita ini. Musa as diutus dikalangan bani Israel dibekali dengan mukjizat yang jelas, tetapi Firaun yang menganggap dirinya tuhan, tidak menyambut ajakan Musa as. Ia menganggap mu'jizat Musa as sebagai sihir. Firaun memerangi Musa as dengan janji yang menggiurkan. Ia mengundang tukang-tukang sihir dengan keahlian mereka untuk menaklukan Musa as. Dia menyebut Musa sebagai tukang sihir, haus kekuasaan, dan pengacau tatanan sosial.
Suatu hari tukang-tukang sihir dalam satu pertemuan besar melepas tali-tali dan tongkat mereka. Dengan kekuatan sihir mereka membuat seakan-akan tali dan tongkat tersebut berubah menjadi ular yang bergerak. Kemudian, Musa melempar tongkatnya dan orang-orang heran karena tongkat tersebut berubah menjadi ular yang besar dan memakan haibs ular-ular buatan tukang sihir. Para tukang sihir yang mengetahui tipu muslihat sihir mendapatkan bahwa yang dilakukan Musa as bukan sihir tetapi mu'jizat yang besar. Oleh karena itu, mereka beriman dan mengakui bahwa Musa adalah seorang Nabi.    
Sebegitu besar pengaruh iman hingga membuat ahli sihir dihadapan khalayak sujud dan menyembah Tuhan. Mereka meneriakkan dengan lantang dihadapan khalayak keimanan mereka. Firaun memprotes mereka karena tanpa seijinnya mereka beriman kepada Musa as. Ia mengancam akan memotong tangan dan kaki mereka serta badan mereka akan disalib. Dalam konteks Al quran, tukang-tukang sihir yang menemukan kebenaran berkata kepada Firaun, " Mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak akan mengutamakan kamu dari pada bukti-bukti yang nyata (mukjizat), yang telah datang kepada kami dan dari pada Tuhan yang menciptakan kami, maka putuskanlah apa yang hendak kamu putuskan.Sesungguhnya kamu hanya dapat memutuskan pada kehidupan didunia ini saja. Sesungguhnya kami telah beriman kepada Tuhan kami, agar Dia mengampuni kesalahan-kesalahan kami dan sihir yang telah kamu paksakan kepada kami melakukannya. Dan Allah lebih baik (pahala-Nya) dan lebih kekal (azab-Nya)".
Seperti inilah perubahan mendasar dari iman. Akan tetapi perlu diingat bahwa perubahan seseorang tergantung keimanannya, semakin tebal iman seseorang perubannya juga semakin besar. Hal ini tidak terbatas kondisi dan waktu. Di era teknologi modern saat ini pun iman mengalahkan ego seseorang. Manusia yang merasakan lezatnya keimanan, melihat ruang yang terang dan lebih luas dan merasa dirinya terlahir kembali.
Menyusul gelombang kecondongan terhadap Islam di Barat, kita menyaksikan pemuda-pemuda memeluk ke Islam. Mereka menghadapi kesulitan seperti meyakinkan keluarga tentang keputusan mereka. Tetapi, keberadaan mereka penuh dengan keimanan yang memberi kekuatan untuk menghadapi berbagai hambatan.
Rose Munez seorang wanita Amerika berusia 21 tahun yang baru masuk islam mempunyai perasaan dan kondisi tersendiri. Setelah masuk islam, dia makin menghormati keluarganya. Untuk meyakinkan keluarganya, dia mendatangi mereka dan dengan hormat sambil berkata: "Saya telah masuk Islam." Ibunya bertanya, kepercayaanmu terhadap Al Masih bagaimana? Rose menjawab, dia seorang utusan Tuhan, orang yang jujur dan suci, saya sangat menghormatinya akan tetapi dia bukanlah Tuhan".
Orang tua Rose hijrah dari New York ke Petersburg ketika Rosa masih kecil. Awalnya mereka tidak menganggap serius keputusan Rosa, tetapi satu hari Rosa berkata kepada mereka, "Saya dua kali dibabtis. Tetapi saya tidak pernah puas akan ajaran agama saya. Selama pergi ke gereja, saya lihat kursi paling depan untuk orang-orang yang berduit. Akan tetapi paling indahnya pemandangan yang sampai saat ini saya lihat, suasana yang penuh maknawi dan ketenangan adalah di masjid. Semuanya dalam satu barisan menjalankan shalat, tidak ada perbedaan antara kaya dan miskin. Dengan memilih Islam saya telah masuk ke dunia baru.
Rose berkata, "Orang-orang sekitarnya mengatakan dengan memakai busana muslim dia telah kehilangan kebebasannya, tetapi dia tidak keshilangan sesuatupun bahkan mendapatkan kepribadian yang baru. Sekarang pandangan lelaki yang lewat tidak mengganggunya. Dia semakin senang karena dengan berlalunya waktu hubungan dia dengan keluarganya semakin baik. Sambil tersenyum dia berkata, "Ibu sangat menyayangiku, terkadang ibu membelikan kerudung untukku, nenek juga membelikanku kerudung bordiran. Mereka menghormati agama, ibadah dan shalatku dan mereka senang akan perubahan sikap dan akhlak saya.
Para ahli agama melihat kebebasan beriman sebagai sebab antusias mencari kebenaran. Allah SWT dalam Al quran mengingatkan bahwa tidak ada paksaan dalam beragama. Seseorang ketika dalam kondisi sulit dan dengan pengetahuan dan kesadarannya menerima kebenaran, imannya sangat berharga. Keutamaan manusia terletak di keimanannya kepada Tuhan. Keadilan, kebebasan, kejujuran, kebenaran dan keamanan adalah pengertian-pengertian yang berharga dalam pandangan manusia jika dalam ruang keimanan. Dewasa ini, poin ini menjadi jelas jika kemanusian, moral dan pengertian-pengertian kemanusiaan menjadi rapuh dan dangkal tidak dilandasi keimanan terhadap Tuhan. Seperti halnya berapa banyak manusia yang egois dan haus kekuasaan juga berbicara tentang keadilan, kebebasan dan hak asasi manusia.
Rose mengatakan, "Syarat iman, percaya satu kitab samawi dengan ajarannya yang asli. Sebelum masuk Islam, salah seorang teman menitipkan naskah Al quran kepada saya. Saya mulai membuka kitab tersebut, lima halaman pertama saya pelajari dan saya tinggalkan. Tetapi ketika saya mempelajarinya dengan teliti Al quran bagi saya seperti cahaya penerang. Sedikit demi sedikit jalan Al quran menunjukkan jalan kebenaran. Apakah kalian tahu dalam al quran hal apa yang membuat saya merasa damai? Jika kalian cari akan kalian menemukan bahwa dalam Al quran rahmat dan ampunan Tuhan lebih besar dari kemarahan-Nya. Hal ini, sangat penting dan menyentuh hati dan mendekatkan hubungan manusia dengan Tuhan. Oleh karena itu, meskipun ibadah yang kita lakukan selalu dengan kesusahan, tetapi demi kerelaan dan memohon ampunan Tuhan pda hakikatnya ibadah tersebut indah dan mudah".
Rose termasuk anggota Organisasi Perempuan Amerika. Semuanya berkumpul menjadi satu, suara azan menjadi tanda salat. Wanita-wanita muda mulai melakukan ibadah salat. Perlahan-lahan suara doa memecah keheningan masjid. Nama Tuhan memenuhi masjid. Manusia yang hatinya hanya rindu kepada Tuhan dalam suasana maknawi bermunajat kepada Tuhan. Ruku' , sujud, berdiri dan ruh dan jiwanya dibersihkan dan diterangi dengan salat.
 


Take the Internet to Go: Yahoo!Go puts the Internet in your pocket: mail, news, photos more.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Yahoo! Avatars

Make a Virtual You

Show your style &

mood in Messenger.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Yahoo! Mail

Next gen email?

Try the all-new

Yahoo! Mail Beta.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: