Selasa, 04 September 2007

Re: [psikologi_transformatif] Re: Tomy T saja :)

walah...mbak Swastinika ini....bilang aq manis....sekali lagi donk :)
pendapat yang aku bilang itu ya sudah ada beratus-ratus tahun yang lalu....
lihat aja semua ajaran filsafat (tokohnya) ajarannya kesana semua ko....
saya ke"konteks"nya mbak, biar lebih jelas ke mbak aja...sebelum juga ke konteks dengan contoh...
mbak bilang ngerti tapi mbak menunjukkan sebelumnya ga ngerti....ahahahah
pesan sponsor mbak....hati hati menggunakan pandangan nya mbak, entah itu prejudice atau bukan, apriori atau bukan, dst....karena ituhanya cara dan sistem.....bisa jatuh kerelativisme...sebelum memberi pandangan pegang dulu lah dasar dasarnya!
lihat aja contoh sekarang, sex bebas...kenapa? karena mereka melihat ah...biasa, kenapa harus dilarang kata mereka? kan enak? aku mencintainya ko? hukum itukan hanya kesepakatan manusia, nah saya sepakat ko sebelum melakukannya...dst adi kenapa harus dilarang???
begitu juga membunuh.....misalnya kalau anak yang di dalam kandungan tidak di bunuh maka ibunya 90 persen akan mati kata dokter. apakah kita lantas memutuskan anaknya saja mati? apakah membunuh anak itu lebih bermoral dari membunuh ibu nya? melihat nilai hidup...benarkan anak itu lebih rnedah nilainya dari ibunya?
nah....hati hati menggunakan nilai subyektif itu mbak...membunuh adalah membunuh. nilai dasar inilah yang harus di pegang sebelum membuat keputusan...
nah...sekarang konteks melulukan???
jadi bukan pandangan saya sendiri mbak....
wong aq ini dapat dari belajar yang di bayar mahal......:)
tomy

----- Original Message ----
From: swastinika <swastinika@yahoo.com>
To: psikologi_transformatif@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 4, 2007 4:43:07 AM
Subject: [psikologi_transformatif] Re: Tomy T saja :)

Mas Tomy yang manis,

Wah.. masih dibales lagi toh? Sekarang malah dikaitkan dengan konteks.

> sebenarnya sich dari awal saya ngerti banget sama apa yang mau di sampaikan mbak, cuma ada beberapa hal essensi yang saya anggap harus di pegang. saya kasi contoh lain...
> seorang yang berada di padang gurun yang kehausan, tentu melihat air itu berbeda dengan orang jakarta yang ga butuh air karena kebanjiran.. .tapi pandangan berbeda itu tetap tidak bisa mengubah essensi air sebagai air! air adalah air.....
> begitu juga membunuh mbak, racun, matahari dst....
> yang salah itu salah dan benar itu benar karena dalam dirinya itu. di sini letaknya mbak...

Saya mengerti sejak awal bahwa inti pendapat Mas Tomy adalah ini. Dan ini boleh2 saja, kalau memang Mas Tomy berpendapat demikian, saya tak hendak mengubahnya atau memaksa Mas Tomy melihatnya demikian :)

Tapi kalau menurut saya, membunuh adalah membunuh, racun adalah racun. Titik. Benar atau salah, baik atau buruk adalah nilai yang kita berikan padanya sesuai dengan pengalaman subyektif kita; atau seperti yang Mas contohkan bahwa seseorang di padang pasir akan melihat air sebagai suatu berkah, sementara saat kebanjiran orang Jakarta justru melihatnya sebagai musibah :)

jadi prejudice dalam masalah tulisan hendrik dalam lingkup diskusi dengan as as, nala dst..juga tidak bisa menentukan sesuatu itu benar dan tidak benar...prejudice itu cara bukan penentu.

True, prejudice tidak bisa menentukan sesuatu itu benar atau tidak benar :). Tapi prejudice bisa membuat seseorang menilai sesuatu secara tidak tepat (baca: tidak sesuai dengan hakikatnya) :) Sesuatu yang pada hakikatnya benar bisa dikatakan salah karena prejudice terhadap siapa yang mengatakannya :)

Anyway.. saya nggak bermaksud mengubah pandangan Mas Tomy lho... Cuma, walaupun Mas Tomy mengatakan sudah mengerti dari awal apa yang saya coba katakan, menurut saya kok Mas Tomy belum ngerti. Jadi saya coba jelaskan sekali lagi :)

Salam,



Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Dog Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about dogs.

Green Y! Groups

Environment Groups

Find them here

connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: