Jumat, 23 November 2007

Bls: [psikologi_transformatif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)

Mas Tomy,

Coba cari buku karangan Prof. Dr Paul de Blot SJ, judulnya saya lupa.
Pada waktu Perang Dunia II, Jerman perlu merekruit orang muda dalam jumlah banyak menjadi tentara.
Kalau melalui procedure biasa, dengan psiko-test segala, produktivitasnya tidak akan bisa memenuhi target.
Akhirnya ditemukan teknik wawancara yang ternyata hasilnya tidak jauh berbeda.

Karena itu psiko test tidak lagi menjadi faktor penting, apalagi setelah perkembangan ilmu fisika kuantum yang meneliti hal-hal kecil yang tak terbatas di dunia sub-atomic dan yang super besar tak terbatas seperti galaxies.
Anda bisa membayangkan apa yang terjadi dalam kesimpulan hasil observasi kita setelah ternyata bumi, observatorium tempat kita mengamati galaxies ternyata merupakan bagian dari dengan sedang menari bersama obyek yang sedang diamati.
Ahli fisika kuantum akhirnya menyimpulkan bahwa kedudukan elektron seperti kabut yang menari dan posisinya tidak bisa dipastikan karena hanya merupakan kebolehjadian saja. Apalagi kalau yang diteliti adalah psyche !
Ini berarti hasil pengamatan kita tidak lagi bisa obyektif, karena tergantung dari situasi dan kondisi sang peneliti seperti dikatakan dalam syair sbb.

" When you see everything through your personal bias ,
Your view of realiity is clouded.
Truth simply as it is, but the clouded mind cannot grasp it "

( Seng T'san,  606)

Psikotest hanya bisa menjadi pegangan dan boleh dipersepsikan sebagai " daripada tidak ada pegangan sama sekali ".
Kalau dipaksakan akan mudah tergelincir ke dalam episteme fallacy " yang mestinya tipis malah ditebalkan ; yang mestiinya tebal malah ditipiskan " .
Karena itu seorang psikolog sebaiknya diberikan wawasan dan dilatih supaya bisa mencapai tingkat " see the great in the small and see the small in the perspective of the great " sehingga cara pandangnya tidak hanya berupa line and bloc, tapi bisa flowing.

Salam,
Jusuf Sutanto

----- Pesan Asli ----
Dari: Tomy T <tomigant@yahoo.com>
Kepada: psikologi_transformatif@yahoogroups.com
Terkirim: Sabtu, 24 November, 2007 6:52:14
Topik: Re: [psikologi_transformatif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)

penting menurut mbak ya :)

Yang penting saja ya :)

> ------------ --------- ------
> t: udah di jawab berapa kali ya pertanyaan ini. udah ada! sudah digunakan untuk test IQ! mbak suka ga suka...apa boleh buat ahahahaha. test itu berdiri sendiri! bukanlagi digunakan hanya sebagai test proiettive.. ..saya bilang ngitungnya rumit di banding test lain (raven dst...), bukan soal tersirat, tekanan garis dst. misalnya: untuk gambar laki2 ada 73 skor, gbr perempua 71 skor, yang hrs dilihat dalam gambarnya itu...

Dipakai ;)?

T: yang ke berapa kali ya, jawabannya ya! untung sabar ngelayaninya. ...masih keras nich....sini biar aq lembekkan lagi.

 

Kalau gitu dijelaskan kenapa untuk tes IQ dipakai tes yang sebenarnya tidak dikembangkan untuk tes IQ?

T: ga ngerti nich maksudnya opo? ikut alur mbak....ga dikembangkan gimana? maksudnya ga populer? apriori itu lho.....ahahahah

 

Apakah keadaan tidak memungkinkan untuk menggunakan tes yang memang didevelop untuk mengukur IQ, apakah karena tes ini lebih baik untuk mengukur IQ, atau apa ;)

T: gimana ga memungkinkan? sekarang itu dah ada mbak..yang memang setelah melewati banyak "cobaan" (pasti ada juga yang menyangkalnya. ...tapi test yang lainjuga begitu...apakah semuanya bersih?). kalau test itu gunanya mana lebih baik....Mmmmm belum tahu....yang jelas test itu bisa di gunakan tuk test IQ. itu kan pertanyaan mbak dulu??? (kalau saya yang mbak tanya...itu bisa saya jawab...menurut saya.... ahahahahah)

 

Seperti Anda bilang sendiri, ngitungnya rumit :)

T:yup....kalau di bandingkan dengan test yang populer...ngitung skor satu orang aja membutuhkan waktu....kalau test seperti IS200 atau DAT, periksanya tinggal "timpluk aja plastik kunci jawabannya di atas kertas jawan subyek, tinggal itung langsung dapat.

 

So.. tentu ada alasan dan konteksnya mengapa dipakai sesuatu yang lebih rumit, sementara ada yang lebih gampang ;)

Segitu dulu... :)

T:yup.....motivnya mungkin kita hrs lihat sejarah ilmu ini. namun begitu bisa kita sebut untuk membuktikan ada cara lain untuk menghitung kemampuan (termasuk IQ), keadaan manusia selain cara lain, melihat kreativitas  (yang tidak kelihatan jelas dalam test IQ yg lain),  membantu psikoanalisi- klinic untuk melihat sekali-gus keadaan subyek.

(mbak....jangan jangan mbak pernah bilang sama orang kalau menggambar ini tidak bisa gunakan untuk mengukur IQ? kelihatanya. ..gimana ya.....ahahahah, ah tomy memang senang nebak aja :):):) )

tomy


Send instant messages to your online friends http://uk.messenger .yahoo.com



Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Y! Messenger

Send pics quick

Share photos while

you IM friends.

Featured Y! Groups

and category pages.

There is something

for everyone.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: