Sabtu, 01 Desember 2007

[psikologi_transformatif] WARKOP INSTITUTE

WARKOP INSTITUTE:

http://warkop-institute.blogspot.com

27 Maret 2007.

 

HUMAN SCALE CITY

Mengatasi masalah SOSIAL-LINGKUNGAN melalui ´City Scale´?...

Menarik -sekaligus menyentak- bagi saya, bahwa di kota Jakarta, sebagai metropolitan yang -konon khabarnya- tempat berkumpulnya ½intelektual bangsa½, ternyata sangat LAMBAN... Saya ulangi, SANGAT LAMBAN menyadari bahwa faktor
´DAYA DUKUNG KOTA´ adalah salah satu simpul rawan utama terjadinya kekisruhan alam-sosial, baik di kota itu sendiri, maupun disekitarnya. ..

Perhatikan kutipan-kutipan berikut, yang saya postingkan di milis Psi-Trans, thread Everything is a Deal, 22 Maret 2007:

Quote:
Tidak perlulah kita mencontoh dari mana mana... Kita bisa satu rumah, tapi tak harus berpakaian yang sama... ½

 

Contoh pembangunan model Jakarta, menurut saya adalah contoh kegagalan, sekian banyak petuah petuah yang telah mengalir dengan pola terpusat, buktinya mereka di Jakarta NGGAK BECUS mengurus kota mereka, lalu apa yang mau kita contoh?...

Setiap kota itu punya DAYA DUKUNG administratif, populatif, bisnis yang terbatas, apakah itu tidak dikatakan dalam ilmu planologi? Kalau tidak, wah planologi itu ´dogma´ juga jadinya... (Dalam Kopitalisme, hal ini disebut sebagai ½ParaDogma½)

Kalau daya dukung sebuah kota ini kapasitasnya terlampaui maka, kekisruhan alam dan sosial di kota itu dan juga disekitarnya akan tunggu waktu saja..

 

Yang perlu kita pikirkan adalah gimana itu membangun ´human scale city´ yang sinergis dengan perubahan berikut antisipasi ampas-ampas perubahan itu sendiri... Ini yang TIDAK DIMILIKI oleh Jakarta, ½The Big Brother½ itu... (By: Warkop Institute)

(Dialog diatas saya ambil dari ketika masih menjadi salah satu anggota lembaga konsultatif pengembangan kota di Mks, hampir 6 tahun lalu: 2001)

Sehari kemudian, 23 Maret 2007, saya postingkan (mengcopy-paste dialog di atas) sekali lagi di milis Mediacare, dalam thread ½Spiritual dan Perut Lapar½.

Hari ini 26 Maret 2007, ada undangan online melalui milis-milis sebagai berikut:

Jakarta dan Kelelahan Daya Dukungnya:
Tata Ruang Dikalahkan Tata Uang

 

(Sumber: http://warkop-institute.blogspot.com/2007/03/human-scale-city.html )

May FUN be with you

Tuhantu

http://hole-spirit.blogspot.com

 

 

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Best of Y! Groups

Check it out

and nominate your

group to be featured.

Fitness Edge

A Yahoo! Group

about sharing fitness

and endurance goals.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: