Selasa, 08 Januari 2008

[beasiswa] [OOT] UNY Upayakan Terobosan Internasional via Pengajaran Bahasa Indonesia

Dear all,
Mengapa bahasa dan budaya dipakai sebagai media kerjasama? Karena keduanya amat fleksibel untuk upaya saling memahami. Amat bagus jika di antara universitas yg bekerjasama mempunyai pusat studi budaya keduanya. Berikutnya, kerjasama juga dilakukan di bidang lain.

Ada yg berminat melakukan kerjasama di bidang budaya dan bahasa dengan universitas di LN???

Salam,
Pangesti

=====================

Selasa, 08 Januari 2008

Perguruan Tinggi
UNY Upayakan Terobosan Internasional


Yogyakarta, Kompas - Untuk internasionalisasi kampus, Universitas Negeri Yogyakarta melakukan upaya terobosan dengan menjalin kerja sama dengan luar negeri. Berbagai kerja sama di bidang pendidikan telah dilaksanakan, antara lain dengan Filipina, Thailand, dan Australia. Saat ini, UNY juga mulai menjalin kerja sama dengan India.

"Kami mulai mengawali dengan mengirim mahasiswa dan dosen ke luar negeri. UNY terus komitmen untuk meningkatkan kerja sama," ujar Rektor UNY Sugeng Mardiyono saat menerima The Honorary Consul of Republic Indonesia dari Chennai, India, KJ Khumar, Senin (7/1).

Khumar menawarkan kerja sama untuk training bagi mahasiswa pada bidang mechanical engineering di Tamilmadu, India. Akhir Desember lalu, UNY juga telah menandatangani kerja sama dengan APEX Institute of Management di Pune, India. Penandatanganan tersebut sebagai langkah awal kerja sama untuk membuka program bahasa Indonesia bagi penutur asing di Pune.

Dalam tahap awal, kerja sama pendidikan bahasa Indonesia akan dilakukan dalam bentuk pelatihan singkat selama empat bulan. Hal ini karena pembentukan program khusus diploma satu tahun membutuhkan prosedur perizinan yang relatif lebih lama untuk penyusunan program akademik, kurikulum, dan silabus.

Program pendidikan tersebut akan ditingkatkan menjadi program D1. Penyusunan kurikulum, matrikulasi, serta silabus akan dirumuskan sesuai standar pendidikan di Indonesia dan India. Sugeng berharap tiap konsulat jenderal nantinya bisa memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia. Kontribusi besar

Sultan Shaikh dari APEX dalam siaran persnya menyatakan bahwa bahasa Indonesia dipergunakan lebih dari 300 juta penduduk di tujuh negara di dunia. Pemahaman dan penguasaan bahasa Indonesia dipandang akan memberikan kontribusi besar bagi perkembangan industri dan perekonomian India.

Untuk memenuhi ketersediaan pendidikan guru bertaraf internasional yang semakin mendesak, UNY juga menyiapkan pendidikan bagi calon guru di sekolah internasional bilingual. Apalagi, saat ini telah bermunculan aneka sekolah unggulan berwawasan internasional yang menuntut tersedianya tenaga guru yang tangguh.

Sejak 2006, UNY mulai mengembangkan kelas khusus bagi guru sekolah unggulan. (WKM)


[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: