Jumat, 25 Januari 2008

[psikologi_transformatif] Tahun Baru Imlek & Chiong

Tahun Baru Imlek, Chiong & Buang Sial
Oleh : Suhana Lim

25-Jan-2008, 21:59:21 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - Pergantian tahun Imlek sudah di depan mata. Pada masa-masa seperti ini banyak sekali pembicaraan yang berkaitan dengan tahun apa dan shio yang chiong apa. Aneka buku dan ramalan seputar tahun mendatang ikut menyemarakan suasana. Tulisan ini adalah jawaban saya bagi mereka yang sudah mengemail saya menanyakan soal nasib, hoki,  peruntungan, jodoh dan lainnya di tahun baru mendatang. Mohon maaf saya tidak dapat menjawab email anda semua  satu persatu karena penjelasannya sama, jadi saya jawab secara terbuka saja melalui tulisan ini.

Pergantian tahun adalah sesuatu yang alami, yang pasti akan terjadi. Dampaknya tentu saja ada bagi kita, ada yang bagus dan tentu saja ada yang kurang. Coba saja amati, bukankah dalam pergantian musim ada flora dan fauna yang diuntungkan dan dirugikan. Itulah hukum alam. Kalau anda masih hobi mencari tahu mengenai apa yang akan terjadi bagi shio anda, silahkan saja. Tapi jangan sampai di-brain wash sehingga membuat anda menjadi cemas berlebihan atau sebaliknya.

Semua yang ditulis di buku-buku itu hanyalah secara garis besar saja. Misalnya kalau dikatakan shio anda akan ada bahaya, belum tentu akan terjadi. Kalau mau lebih akurat, harus dihitung dan dianalisa sampai ke jam, hari bulan dan tahun. Nah, semua yang dikatakan di buku-buku hanya menghitung dan analisa tahun saja. 

Kalau semua tadi benar,  bukankah berarti didunia ini hanya ada 12 (dua belas) macam nasib saja? Kenyataannya kan tidak demikian. Sama-sama shio macan misalnya, tetapi perbedaan jam, tanggal dan bulan akan membuat antar individu berbeda perjalanan hidupnya. Tidak boleh dilupakan pula faktor lingkungan dimana yang bersangkutan tinggal dan faktor pribadi (pendidikan, karakter, dsbnya) ikut pula mempengaruhi nasib seseorang. Thian, di dan ren!!

Urusan "membuang sial" juga cukup ramai dan rancu. Hal itu terkadang diekspose dalam skala yang berlebihan, sehingga hanya menjadi ritual yang membutuhkan biaya cukup besar.  Sebenarnya teknik untuk "membuang sial" yang paling jitu dan ampuh itu cukup mudah dan murah. Berbuatlah kebajikan setiap hari. Membantu orang, berderma kepada yang membutuhkan, atau hal-hal lain yang setiap hari bisa kita lakukan merupakan "jurus nomor wahid" untuk membantu melancarkan jalan hidup kita. Jadi tidak perlu menunggu saat tertentu dalam setahun untuk melakukan seremoni "buang sial" atau apapun istilah lainnya.

Akhir kata, sambutlah pergantian tahun (apaun shio tahunnya) dengan pikiran dan perasaan yang positif. Kalau dibilang shio kita bagus atau jelek yah terima saja, amini saja. Perjalanan hidup kita tidak ditentukan oleh aneka "ramalan" yang ditulis dibuku-buku. Bagaimana kita bersikap jauh lebih menentukan.

Xin Nian Guai Lo, Wan Se Ru Yi :) :)

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Be a career mentor

for undergrads.

Y! Messenger

Instant hello

Chat over IM with

group members.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: